pexels pressmaster 3851253 1

Bagaimana Share of Voice Bekerja di Social Media

Kenali cara mengukur kekuatan brand anda dengan kompetitor lain menggunakan pengukuran share of voice.

Dalam mengembangkan sebuah brand atau produk, pastinya anda akan menemukan kompetitor yang memiliki produk yang sama, bahkan target market yang relevan.

Persamaan inilah yang terkadang menjadi tolak ukur dalam mengukur kinerja anda agar bisa mengungguli atau setara dengan kompetitor tersebut.

Sehingga tidak jarang apabila metrik share of voice kerap kali menjadi laporan yang harus diukur dan dilaporkan dengan anggota tim marketing lainnya.

Di sisi lain, share of voice merupakan metrik serbaguna yang bisa digunakan untuk analisa kompetitif media sosial, organif traffic, serta iklan berbayar.

Sedangkan bagi marketer sendiri, penggunaan share of voice berguna untuk membantu anda dalam memahami kinerja brand anda dalam bersaing dengan kompetitor lain.

Karenanya ketahui lebih dalam mengenai pengukuran share of voice, melalui pengertian serta cara pengukurannya.

share of voice

Apa Itu Share Of Voice

Share of voice merupakan pengukuran target pasar anda dibandingkan dengan kompetitor lain.

Keberadaan share of voice sendiri bertindak sebagai pengukuran untuk keberadaan brand anda dengan banyaknya orang yang membicarakan brand anda dan industri yang anda tekuni.

Salah satu contohnya, apabila anda menyebutkan industri mie instan, maka merk Indomie akan menjadi brand nomor satu yang muncul di pikiran banyak orang.

Hal ini karena Indomie telah mendominiasi banyak konsumen di kalangan industri tersebut, baru diikuti dengan berbagai merk lain yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Dengan menguasai percakapan di industri tertentu, maka anda akan semakin menguasai pasar tertentu, serta menaikkan popularitas brand anda di kalangan konsumen dan calon pembeli.

Keberadaan share of voice juga memiliki definisi yang lebih luas dengan elemen pemasaran dan periklanan digital, termasuk penyebutan produk dan brand anda di social media, kinerja iklan berbayar, serta tagline promosi yang beredar dan mudah diingat oleh konsumen.

Dengan mengetahui share voice anda, maka anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai brand anda, serta menempatkan tantangan dan posisi saat ini di industri yang anda geluti.

Selain itu, anda juga bisa mengetahui mengenai seberapa banyak orang yang mengetahui brand anda, serta mengindentifikasi area yang anda kuasai.

Salah satu contohnya adalah jika anda memiliki share of voice yang lebih banyak di social media, namun tidak sebanyak di organic traffic, maka anda bisa menyusun strategi untuk melengkapi kelemahan tersebut.

Sehingga anda akan mendapatkan lebih banyak wawasan mengenai strategi perkembangan brand anda serta cara memikat pengguna yang efektif.

qJ17IKDRNSH03NyZA5MJ

Keuntungan Menggunakan Share of Voice

Sebuah share of voice akan memberi tahu anda mengenai kinerja sebuah brand, produk, atau layanan yang anda berikan ke target konsumen.

Mengukur share of voice ke beberapa platform pemasaran, akan memberikan anda lebih banyak keuntungan yang akan memberikan dampak baik bagi usaha anda.

Selain itu, share of voice juga akan memberikan anda wawasan yang bermanfaat kepada brand yang anda jalankan.

Karenanya berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan share of voices dalam pengukuran performa brand atau merk.

Analisa Performa Kompetitor

Sebuah share of voice akan membantu anda dalam memberikan gambaran mengenai pasar yang anda masuki, sehingga semakin banyak wawasan yang anda miliki, maka akan menghasilkan keputusan yang lebih bijak.

Di sisi lain, analisa kompetitor juga menunjukkan posisi anda di mata persaingan produk dan menunjukkan arah pengembangan merk anda, apakah menuju arah yang lebih baik atau membutuhkan perubahan yang maksimal.

Sehingga penghitungan share of voice akan menunjukkan kepada anda mengenai level dari kehadiran anda dibandingkan dengan kompetitor lainnya. 

Selain itu, menganalisa kehadiran kompetitor anda dan jumlah postingan social media yang dibagikan oleh orang lain akan membantu dalam mengetahui kelemahan yang bisa anda perbaiki ke depannya.

Anda bisa memulai dengan mengidentifikasi tipe konten yang disukai oleh konsumen serta menemukan pengetahuan baru yang bisa diaplikasikan pada produk yang baru.

Beberapa analisa yang bisa diukur di share of voice social media adalah jangkauan sosial media, reputasi, serta jumlah penyebutan yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Mempelajari Keinginan Konsumen

Dalam menyasar sebuah target konsumen, biasanya calon pembeli memiliki berbagai keinginan khusus yang berasal dari masalah yang dihadapi selama ini.

Salah satu contohnya adalah ibu-ibu yang ingin mendapatkan produk rumah tangga dengan kualitas yang bagus namun dengan harga yang masih terjangkau.

Sehingga untuk menyanggupi keinginan konsumen, maka penjual perlu mengetahui permintaan tersebut yang bisa diukur melalui metrik share of voice.

Adanya share of voice juga membantu anda mengenal lebih dalam mengenai konsumen yang dimiliki, sehingga anda dapat mengukur sentimen di sekitar brand anda dan mempelajari mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Memasukkan beberapa data dalam segmen share of voice akan membantu anda dalam merangkum keinginan konsumen secara efisien.

Hal ini bisa anda lakukan dengan memberikan jumlah penyebutan nama brand atau produk anda untuk memberikan wawasan konsumen melalui berbagai saluran pemasaran.

Bantuan dari social media monitoring tools juga akan membantu dalam menemukan saluran pemasaran dimana konsumen anda banyak berdiam diri.

Mengukur Campaign Marketing

Agar brand dan produk yang anda pasarkan dikenal oleh banyak banyak orang, maka diperlukan promosi untuk menyasar konsumen yang diinginkan.

Namun, sudahkah promosi anda sesuai target serta berhasil dikenal oleh masyarakat luas?

Guna mengetahui hasil dari campaign marketing, maka anda bisa menggunakan pengukuran share of voice di berbagai saluran pemasaran yang anda lakukan.

Mengukur perubahan di metrik share of voice akan membantu anda dalam menentukan marketing campaign yang dinilai sukses, sehingga bisa diulang dan dimodifikasi pada waktu yang akan datang.

Pengukuran share of voice merupakan salah satu indikator kinerja strategi digital marketing yang telah anda jalankan.

Sehingga dengan melacak share of voice akan menentukan berapa banyak orang yang dijangkau oleh campaign promosi anda, sumber dari penyebutan nama brand dan produk, serta sentimen di sekitar campaign anda.

Memprioritaskan Kanal Social Media

Saat melakukan promosi produk atau brand anda, tentunya anda akan melakukannya di berbagai platform social media yang berbeda.

Di tambah lagi, berbagai platform tersebut menyediakan layanan iklan berbayar yang membuat promosi anda semakin maksimal dengan pilihan target konsumen yang sesuai dengan budget.

Karenanya mengukur metrik share of voice di berbagai social media akan membantu anda dalam mengidentifikasi akun yang memiliki performa paling tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari social media yang memiliki share of voice tertinggi, dan dilihat dengan jumlah interaksi yang tinggi serta sentimen positif.

Sehingga tidak mengherankan apabila social media management menjadi cara terbaik untuk meningkatkan jumlah penyebutan di internet.

Cara Menghitung Share of Voice

Guna menghitung share of voice, anda bisa memulai dengan cara berikut :

VQXL7PmCThW6zST6HecF

Pengukuran tersebut bisa berupa penyebutan di social media, jumlah klik di iklan yang telah anda tayangkan, serta jumlah pengunjung di halaman website anda.

Namun, untuk menemukan hasil dari share of voice, anda juga memerlukan bantuan dari marketing tools, berupa social media automations tools yang biasanya tersedia di website social media manegement untuk menghitung jumlah penyebutan brand, produk, atau campaign anda atau kompetitor lainnya.

Setelah menambahkan semua brand metric tersebut, maka anda bisa membaginya dengan menjumlahkah rata-rata share of voice.

Dengan menghitung jumlah share of voice, juga akan membantu anda dalam memahami kanal socila media yang membutuhkan perhatian lebih dan kelemahan yang dimiliki saat melawan kompetitor lainnya.

Setelah itu, anda juga perlu mengetahui saluran yang perlu anda hitung dalam metrik share of voice.

Metrik Share of Voice

Dalam pengukuran performa share of voice, anda perlu mengukur beberapa saluran yang biasa anda gunakan untuk media promosi di internet.

Berikut beberapa metrik share of voice yang perlu anda ketahui dan dimasukkan ke dalam kalkulasi share of voice.

Iklan 

Saat mengakses layanan internet, pengguna biasanya menemukan berbagai iklan yang diselipkan saat melihat konten social media atau membaca konten artikel.

Pemberian iklan ini biasa dilakukan oleh marketer, agar promosi yang dilakukan dapat menyasar target konsumen yang diinginkan.

Sehingga ketika anda membahas iklan, maka penting bagi anda untuk menemukan metrik share of voice, guna melihat performa iklan anda dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Guna menemukan hasil pengukuran tersebut, maka anda bisa membagi kinerja iklan anda dalam metrik iklan berbayar dibagi dengan jumlah total di industri yang sama.

Sedangkan untuk jenis iklan PPC, maka anda bisa melihat pada jumlah impresi yang menunjukkan jumlah iklan anda dilihat oleh orang lain, yang kemudian dibagi dengan peluang iklan anda akan ditampilkan, berdasarkan pengaturan kata kunci serta campaign.

Contohnya apabila hasil iklan dari produk kopi luwak mendapatkan hasil 150 views maka peluang iklan yang di dapatkan harus lebih besar, seperti 200 atau 250 views.

Di sisi lain, apabila anda menggunakan Google Ads sebagai media iklan internet, maka anda bisa mengukur jumlah impresi pada kolom impression share di akun anda dengan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, masuk ke akun Google Ads yang anda miliki kemudian masuk ke kolom campaign.
  • Kedua, Klik pada kolom ikon kemudian pilih modify, pada bagian ini, anda bisa melakukan klik pada metrik kompetitor dan tambahkan impresi dengan mengecek kolom di sebelah nama mereka.
  • Ketiga, Klik apply dan data impresi akan diperlihatkan dalam bentuk tabel.

Penggunaan share of voice pada iklan sangat penting untuk mengatur pengeluaran yang akan anda gunakan, serta mengukur keefektifan campaign, serta melihat kinerja dari kompetitor lain.

Blogs

Bagi sebuah brand yang menjual produk berupa layanan pelanggan, memiliki blog atau website menjadi satu kewajiban, mengingat pada tempat ini, penjual bisa melakukan proses jual beli sembari mengedukasi konsumen.

Sebuah artikel yang berhasil menyita perhatian konsumen, akan membantu dalam mempromosikan layanan yang anda jual, tanpa perlu melakukan promosi yang terus menerus.

Apalagi jika brand anda semakin terkenal dan diberitakan oleh banyak media online yang dapat membantu menaikkan eksistensi anda di mata konsumen.

Karenanya mengukur metrik share of voice melalui berita atau media online akan membantu dalam menghitung seberapa sering anda dibicarakan oleh orang lain.

Dengan menggunakan informasi berupa jumlah penyebutan di internet, juga akan membantu content writer di blog dalam memahami keinginan konsumen, mengetahui topik yang sedang naik daun, serta membandingkan dengan kinerja kompetitor lainnya.

Guna mendapatkan informasi tersebut, anda bisa mengaktifkan pemberitahuan dari Google News Alerts.

SEO and Pencarian Organik

Di saat produk atau brand anda tengah naik daun di kalangan komunitas tertentu, maka peluang nama anda dicari di internet akan semakin besar.

Hal ini juga akan menaikkan jumlah pencarian di internet atau social media menggunakan kata kunci tertentu.

Sehingga untuk mengukur jumlah share of voice di pencarian organik, maka anda perlu melihat pada jumlah penyebutan brand anda di halaman pencarian.

Biasanya jumlah impresi akan digunakan untuk mengukur hasil tersebut, namun anda juga bisa menggunakan jumlah klik dengan bantuan beberapa tools untuk mengumpulkan informasi tersebut.

Dengan mengukur jumlah share of voice dari kata kunci tertentu maka akan membantu anda dalam mengetahui ranking website berdasarkan penggunaan keyword yang telah anda pilih.

Salah satu contohnya adalah mengecek kinerja tagline campaign promosi yang digunakan oleh konsumen di internet.

Sekali anda memutuskan daftar dari kata kunci atau topik yang ingin anda fokuskan, dan mencari hasilnya melalui website analisa kata kunci, maka anda bisa melihat hasilnya melalui tabel dengan visual yang mudah dipahami.

Social Media

 Saat ini, sosial media banyak digunakan oleh banyak marketer sebagai media promosi yang efektif.

Hal ini dikarenakan konsumen akan terus menerus membuka social media untuk melihat konten terbaru atau terhubung dengan teman, sehingga membuka peluang bagi anda untuk menjangkau konsumen setiap harinya.

Di social media, anda juga bisa mengukur jumlah brand mentions, hashtag, jangkauan, impresi, bahkan sentiment analysis dari orang lain.

Guna mengukur share of voice dari social media, anda tidak perlu memerlukan bantuan dari website social media manager, karena berbaga platform social media telah memiliki layanan sendiri yang bisa anda akses melalui akun bisnis.

Keberadaan share of voice di social media juga penting untuk menentukan kompetitor yang sedang viral, mengidentifikasi kekurangan di strategi marketing, influencer yang bisa digunakan, serta social media yang sesuai dengan kompetitor.

d540ToHfQgdflXSWjtJw

Share of Voice Tools

Dalam mengukur share of voice, tentunya mengukur secara manual akan memakan banyak waktu serta tidak efektif karena banyak data yang dikumpulkan bisa saja menimbulkan kesalahan.

Karenanya bantuan dari beberapa share of voice tools berikut akan membantu anda dalam mengukur kinerja secara tepat.

hhSlAYHQSJiU7KcB0vnB

Hubspot Social Media Management

Website pertama yang bisa anda gunakan adalah Hubspot Social Media Management yang menyajikan berbagai fitur yang dapat membantu dalam membangun dan mengecek campaign marketing, serta bisa digunakan untuk pengukuran social listening.

Anda juga bisa membuat beberapa pantauan kata kunci, melihat interaksi social media, serta menaikkan email marketing apabila terdapat penyebutan yang mencantumkan nama anda.

Dengan berbagai layanan yang ditawarkan, juga akan membantu anda menghemat waktu untuk melihat kinerja beberapa akun social media yang anda miliki, pantauan otomatis, serta fokus pada interaksi yang penting.

Igi0D4atTlyWlDPkiSOX

Hootsuite

Layanan selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah website hootsuite yang membantu anda dalam melihat kegiatan dari konsumen yang menyebutkan nama anda di social media, mengecek kata kunci yang relevan, serta penggunaan hashtag yang sesuai.

Hootsuite juga mengizinkan penggunanya untuk mengakses informasi dari satu dashboard khusus, sehingga anda tidak perlu membuka berbagai tab baru di internet untuk melaukan interaksi dengan konsumen atau mengunggah konten secara otomatis.

Kelebihan lainnya adalah Hootsuite menyajikan berbagai artikel yang berisi strategi social media yang bisa anda terapakan di strategi marketing anda, sehingga pendekatan yang dilakukan semakin maksimal dan sesuai dengan keinginan konsumen.

EYIRpgjXQ1uvTeHpdGEa

Talkwalker

Apabila anda mencari website yang fokus pada social media listening atau brand voice, maka platform satu ini bisa anda gunakan.

Talkwalker merupakan website yang akan membantu anda dalam memantau penyebutan brand anda di media online, platform social media, blog, serta website.

Platform ini juga akan membantu anda dalam menyelami analisa yang lebih luas, bukan hanya share share of voice namun juga analisa sentimen dari konsumen lain.

Kelebihan lainnnya adalah Talkwalker bisa digunakan di 25 bahasa internasional, sehingga cocok bagi anda yang berencana melebarkan sayap brand atau produk ke jangkauan yang lebih luas.

Anda juga bisa menggunakan layanan artifical intelegence visual listening yang dapat membantu memantau logo brand anda di berbagai social media atau internet untuk melihat kinerja logo merk anda di tempat lain.

BPU6omN3QLejLs3D3vzS

Bagi seorang marketer, kegiatan promosi tidak hanya dilakukan di social media saja, namun saluran lainnya seperti halaman pencarian yang akan memunculkan nama brand atau produk anda di bagian teratas.

Hal ini juga akan memudahkan nama brand anda mendapatkan perhatian lebih di mata konsumen yang mencari nama anda atau barang yang berkaitan dengan industri anda.

Dalam membuat iklan tersebut, anda membutuhkan bantuan dari Google Ads guna membantu mengedarkan iklan ke target konsumen yang sesuai beserta jumlah penayangan yang diinginkan.

Tidak hanya itu, Google Ads juga bisa digunakan untuk mengukur hasil dari PPC share of voice dengan menggunakan pengukuran impresi.

Selain itu, anda juga bisa menghubungkan akun Google Ads dengan layanan search console yang akan menghitung jumlah impresei konten artikel anda.

Kelebihan lainnya dari Google Ads adalah penggunaan yang luas serta sudah biasa digunakan untuk campaign pemasaran, serta penyajian data yang mudah dipahami dalam bentuk tabel.

7OjuFhufQYuS7MOsCaHE

Ahrefs

Ingin mengukur kinerja website atau blog anda secara efektif? maka website Ahrefs bisa menjadi andalan.

Melalui platform satu ini anda bisa mengukur performa share of voice dari kata kunci yang anda gunakan di artikel, serta anda akan mendapatkan data mengenai jumlah kunjungan secara organik dibandingkan dengan kompetitor lain menggunakan fitur analisa yang mumpuni.

Selain itu, anda juga bisa mengecek kinerja share of voice dari kompetitor lain dengan membandingkan mereka menggunakan kata kunci yang telah anda pilih sebelumnya.

Sehingga platform ini cocok untuk mengecek kinerja kata kunci secara efektif.

QlAkds88TSKevM6SfqB8

SEMrush

Seorang marketer tentunya tidak asing dengan website satu ini, SEMrush sering kali digunakan untuk mengukur kinerja website pribadi atau kompetitor lain menggunakan kata kunci, domain, serta URL tertentu.

Sama seperti Ahrefs, SEMrush juga digunakan untuk mengukur performa SEO menggunakan berbagai layanan yang dimiliki, guna mengecek share of voice dengan kompetitor lain.

Sumber:

What Is Share of Voice? How to Measure It Across Channels (ahrefs.com)

How to Measure the Share of Voice? | Brand24

The Beginner’s Guide to Share of Voice (hubspot.com)

What Is Share of Voice (SOV)? | Sprout Social

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.