twitter trending

Twitter Trending: Cari Tahu Hal Menarik di Dalamnya!

Ketahui fakta menarik tentang isu melalui twitter trending. Baca artikel kami, untuk mengetahui informasinya.

Twitter trending adalah peringkat topik populer yang sedang dibahas oleh pengguna akun Twitter. Topik yang masuk pada twitter trending, mengacu pada algoritma berdasarkan  siapa yang Anda ikuti dan dimana Anda berada.

Biasanya kata kunci yang ada di peringkat didahului dengan tanda (#) tapi bisa juga hanya berupa kata frasa.

twitter trending

7 Fakta Menarik Tentang Twitter Trending yang Perlu Anda Ketahui

Sangat berbeda dengan media sosial lainnya, Twitter memiliki keunikan sendiri, karena terdapat fitur trending topic. Dengan adanya fitur tersebut, twitter dinilai sebagai platform terbaik untuk ajang diskusi dan mengetahui isu terbaru.

Selain dalam negeri, Anda juga bisa cepat mengetahui informasi, dan berita terbaru di seluruh dunia hanya dengan melalui twitter trending. Berikut ini, 7 fakta menarik twitter trending yang wajib Anda ketahui:

Trending Ditentukan Oleh Algoritma

Topik hangat yang dibicarakan oleh warganet twitter, akan berpengaruh pada fitur trending topic. Lalu sebenarnya apa sih penyebab suatu topik bisa trending?

Tentu saja hal tersebut mengikuti sistem yang ada pada algoritma twitter yang memiliki ketentuan- ketentuan tertentu.

Trending Topic Twitter Bisa Diubah

Tahukah Anda, bahwa trending topic di twitter bisa diubah? Jika Anda pergi ke halaman search twitter, Anda akan menemukan berbagai topik twitter trending dibawahnya.

Pada letak kanan atas terdapat setting yang berisi “show content in this location” dan “trends for you”. Di settings tersebut, Anda bisa mengubahnya, dengan negara apa yang ingin Anda lihat trending topic nya.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah trending berdasarkan akun, atau konten yang Anda ikuti.

Trending Mengikuti Hal yang Sedang Viral

Pada umumnya, twitter bisa mengetahui topik apa saja yang sedang viral, dan sedang dibicarakan di twitter.

Sehingga, trending juga bisa mengikuti berita yang sedang viral.  Twitter trending mempunyai sistem algoritma, yang mengetahui apa saja yang pantas untuk dijadikan tren.

Sehingga topik yang dibicarakan dapat mengundang banyak diskusi. Misalnya, ada tagar terbaru mengenai #blacklivesmatter, yang dulu sempat menjadi trend topic dunia.

Tweets tersebut, layak trending di seluruh dunia, karena terjadinya kekerasan polisi terhadap George Floyd’s seorang African-American yang akhirnya meninggal dunia.

Diskusi Melalui Trending

Siapapun yang menggunakan twitter, maka berhak untuk ikut berpartisipasi, atau mendiskusikan topik melalui trending.

Caranya mudah, Anda tinggal pergi ke fitur trending yang berada di bawah kolom search, setelah itu klik salah satu kata atau tagar yang ingin Anda ikuti isu nya.

Warganet twitter, terkenal dengan istilah “jbjb” artinya join bareng, Anda bisa diskusi dengan pengguna lain, yang sedang membahas isu tersebut. Bisa berupa tanggapan dengan me-reply, likes atau retweet.

Twitter Trending Membatasi Topik

Twitter membatasi setiap topik yang menurutnya tidak layak, atau berstigma negatif. Banyak akun-akun cabul yang berseliweran, dengan menggunakan tagar yang tidak pantas.

Selain itu, ada juga topik yang sensitif mengenai isu yang menyinggung ras, orientasi seksual, dan kata-kata ujaran kebencian.

Biasanya telah di filter oleh twitter agar tidak memancing keributan. Namun, terkadang, ada juga kata atau tagar negatif, yang tidak sengaja lolos karena algoritma yang tidak menangkapnya.

Keterangan Pada Trending Topic

Keterangan pada trending, akan menjelaskan tema apa yang sedang dibahas oleh pengguna twitter.

Sehingga sebelum Anda mengetahui tentang apa topik tersebut, twitter sudah memberikan tema tentang topik yang sedang hangat dibahas.

Misalnya, warganet sedang ramai membahas adanya sistem error pada jejaring sosial yaitu Whatsapp. Kejadian tersebut menimbulkan warganet membahas istilah “whatsapp” sehingga menjadi trending topic.

Maka, pada peringkat trending, kata whatsapp akan diberi tema technology.

Trending Topic Berbayar

Selain karena alogaritma twitter, yang membuat topik bisa trending. Twitter juga menyediakan trending topic berbayar. Tren ini dibagi menjadi 2 yaitu:

Tren promosi, merupakan penyisipan yang berada dalam peringkat tren nomer 1, yang berdampak tinggi selama 24 jam berada di twitter trending.

Tren promosi spotlight, merupakan sebuah produk terbaru twitter, yang memungkinkan brand, untuk promosi agar produknya dapat dilihat oleh pengguna twitter. Spotlight ini, dilengkapi dengan GIF atau foto statis yang berdurasi 6 detik.

2

Mengenal Algoritma Twitter Trending, Bagaimana Agar Topik Bisa Trending?

Pada dasarnya, tidak semua orang suka memiliki algoritma yang ada pada twitter trending.

Oleh karena itu, twitter menyediakan pilihan trends for you dan content location. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kedua pilihan tersebut bisa Anda atur.

Lalu, bagaimana spesifik mengenai algoritma twitter?Kenapa bisa trending di twitter Anda?

Sebenarnya, indikator yang membuat kata, dan tagar trending, bukan hanya keseluruhan banyaknya tweet yang mengandung tagar tersebut saja.

Namun, seberapa cepat kenaikan jumlah tweet, dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, ada sebuah tagar yang sedang dinaikkan oleh beberapa warganet twitter.

Namun tagar yang digunakan tidak disebut dengan periode waktu yang singkat, atau tidak adanya jumlah retweet yang banyak mengenai tagar tersebut. Maka, hal tersebutlah yang menjadi faktor tagar tidak naik, meskipun banyak digunakan warganet.

Namun, jika tagar dan retweet seimbang, dan digunakan dengan periode waktu penyebutan yang singkat, maka tagar tersebut bisa menjadi trending.

Jika Anda hanya mengandalkan jumlah tweets saja, tagar Anda akan kalah dengan tagar baru, yang disebut dalam waktu singkat. Namun di retweet dan digunakan dengan waktu yang singkat.

Twitter juga terkenal dengan sistem bot, sistem tersebut melakukan posting tweet, dan me-retweet sejumlah tweet,  yang mengandung sebuah tagar, yang sedang naik dalam jumlah besar.

Namun Anda bisa membedakannya, yaitu dengan cara memperhatikan pola tweet, dan retweetnya. Sistem bot, cenderung hanya melakukan retweet pada akun yang itu-itu saja, sedangkan manusia akan me-retweet akun beragam.

Trending Topic Twitter yang Paling Banyak dibicarakan di Indonesia

Twitter trending menjadi salah satu fitur penting, dalam merespon suatu peristiwa atau kejadian. Tak heran,  bila warganet Indonesia, selalu merespon peristiwa tersebut dengan cepat.

Berdasarkan PT. Bakrie Telecom yang dilansir dari kominfo, pengguna twitter di Indonesia mencapai 19,5 juta dari total 500 juta pengguna di seluruh dunia.

Maka dari itu, twitter menjadi ajang yang tepat, untuk merespon, mempromosikan, dan mengetahui informasi secara real-time, dari berbagai belahan dunia.

Dengan begitu, Anda akan lebih cepat mendapatkan informasi terbaru, dibandingkan dengan pengguna media sosial yang lain. Apakah Anda penasaran, apa saja trending topic twitter yang sering masuk pada peringkat trending?

Berikut ini, topik-topik yang paling banyak dibicarakan di Indonesia :

4

Trending Keseharian

Jika Anda pengguna yang selalu membuka twitter disetiap harinya, pasti tidak aneh kalau tagar #jumatberkah, #besoksenin, dan kata “pagi” yang selalu trending disetiap waktu. Mengapa demikian? Karena warganet menyukai hal-hal yang menjadi kebiasaan di setiap waktunya.

Misalnya tagar #besoksenin, merupakan tagar yang biasa dilakukan pada hari minggu, untuk memberitahu bahwa besok adalah hari Senin, dimana Anda harus melakukan rutinitas kembali.

Tindakan menaikan tagar tersebut artinya bukan untuk kesenangan, melainkan kata sarkas yang menandakan weekend telah berakhir.

Trending untuk Hype

Trending selanjutnya, yang sering dinaikkan oleh warganet twitter, yaitu tagar untuk menyemangati, merayakan dan menanti sesuatu. Misalnya tagar #LittleMomSeries atau #GreyApFinalTokyo2021 yang sempat trending beberapa bulan lalu.

Tagar #LittleMomSeries, merupakan tagar yang di hype, untuk menanti tayangnya film Little Mom yang disiarkan melalui weTV.

Sedangkan #GreyApFinalTokyo2021, merupakan tagar untuk merayakan sekaligus menyemangati perwakilan Indonesia, yaitu Greysia dan Apriyani dalam ajang olimpiade Tokyo 2021.

7

Trending Hari Besar

Dalam merayakan hari besar, baik di Indonesia maupun seluruh dunia, warganet menerapkan tagar atau kata seperti #DirgahayuRI76, #eidmubarak atau #DirgahayuTNI.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa hari-hari besar merupakan momen dimana seluruh warga, bahkan dunia memperingati adanya kejadian dimasa lalu.

Hal tersebut dirayakan, sebagai rasa menghargai perjuangan leluhur yang sudah terlebih dahulu meninggalkan kita semua.

Trending K-Pop

Trending k-pop atau Korean pop, merupakan salah satu trending yang paling sering mengisi daftar peringkat trending. Hal tersebut dikarenakan, komunitas k-pop memiliki kultur untuk mengapresiasi suatu aktivitas yang sedang dilakukan oleh idolanya.

Trending k-pop paling banyak, di dominasi oleh idol BTS, EXO, NCT, Blackpink, dan lain-lain. Misalnya #BTSconcert, #Sticker5thWin atau #DontFightTheFeeling.

Selain merayakan aktivitas atau musik. Komunitas k-pop juga sering merayakan ulang tahun, menyemangati, bahkan protes melalui tagar atau kata-kata.

Trending Membela Kebenaran

Warganet merupakan komunitas yang paling “kuat” dalam membela kebenaran. Tindakannya dapat mempengaruhi, bahkan membuat seluruh dunia tahu, bahwa ada suatu kejadian yang menurut warganet tidak adil.

Seperti yang terjadi pada ketentuan omnibus law beberapa waktu lalu. Banyak warganet yang kotra, sehingga membuat hastag #MosiTidakPercaya atau #DPRKhianatiRakyat.

 Bahkan trending tersebut sempat menjadi twitter trending dunia pada saat itu.

Trending Berita Terhangat

Berita yang baru saja muncul, dapat menjadi trending topic jika hal tersebut benar-benar memicu emosi pikiran rakyat. Tagar dan kata-kata, biasanya timbul pada peringkat pertama, ketika berita tersebut baru pertama kali muncul.

Seperti contohnya #BongkarPandoraPapers, yang merupakan berita tertangkapnya pejabat, dan orang kaya menyembunyikan asetnya, dengan menghindari pajak.

Lalu ada juga hastag #AnakMudaPapuaPastiBisa, yang membahas mengenai meningkatnya anggaran pendidikan Papua, sehingga pemerintah mendukung generasi muda Papua, untuk membangun Indonesia dari tanahnya.

3

Apakah Twitter trending Bisa dimanipulasi?

Perlu Anda ketahui, bahwa twitter trending juga bisa dimanipulasi.

Seperti berita yang dikeluarkan dari berbagai sumber artikel pada bulan Juni lalu, Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL) di Swiss, menyatakan bahwa twitter trending memungkinkan untuk dimanipulasi.

Pasalnya, twitter trending telah dimanfaatkan oleh pengguna nakal, dengan memakai bot yang mengeksploitasi kerentanan pada algoritma twitter.

Seperti yang Anda ketahui bahwa, trend pada twitter merupakan jendela hebat, untuk mengetahui topik terpopuler di kalangan pengguna media sosial.

Melalui twitter trending, banyak juga berbagai model bisnis menggunakannya sebagai saluran iklan. Twitter bahkan memanfaatkan kesempatan tersebut, untuk mempromosikan brand di trend selama sehari penuh.

Penelitian yang dilakukan oleh EPFL menemukan bahwa, realita dari twitter trend sangat berbeda. Lembaga di Turki juga menemukan adanya kelemahan dalam sistem algoritma twitter, yang mana jejaring sosial tersebut, tidak memperhitungkan tweets yang dihapus.

Sehingga, trending bisa terdorong dengan mudah naik ke peringkat nomor satu pada twitter trending di Turki. Bahkan lembaga EPFL mengutarakan 47 persen tren lokal dari Turki, dan 20 persen tren globalnya bersifat palsu. Hal ini merupakan ulah dari bot yang terlibat.

Ketika melakukan penelitian pada 2015 lalu, EPFL menemukan 108 ribu akun bot, yang terlibat atas kecurangan untuk memanipulasi twitter trending.

Trik palsu tersebut dikenal sebagai Astroturfing, yang masuk kedalam kategori seperti slogan politik, ujaran kebencian, aplikasi phising, dan lain-lain.

Perusahaan yang menggunakan serangan Astroturfing, ingin mempromosikan dirinya menggunakan slogan, untuk merayakan satu tahun dalam bisnis melalui twitter trending Turki.

Hal tersebut alih-alih dilakukan, untuk menunjukan bahwa perusahaannya merupakan bisnis yang berkembang. Penelitian dilakukan, karena kecurigaan penggunaan tagar #wetrustinCiftlinkBank tiba-tiba menjadi twitter trending.

Ditambah saat itu, bos dari Cif link Bank menipu sejumlah 128 juta AS, sebelum akhirnya melarikan diri pada Maret 2018 lalu. Dari kisah tersebut, twitter telah diperingati untuk lebih menjaga keamanan tentang algoritma.

Meskipun perusahaan Amerika sudah paham akan situasi tersebut, namun mereka menolak adanya perubahan apapun.

8

Hal-Hal yang Tidak Disukai Warganet Tentang Twitter Trending

Bermain twitter, adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Berbagai macam orang berkumpul di twitter, sebagai pelarian dari lelahnya aktivitas di dunia nyata. Media sosial twitter, disebut juga sebagai media sosial tempat curahan hati seseorang.

Jika Anda memiliki akun twitter, Anda bebas untuk melakukan apa saja, dan menge-tweet apapun sesuai isi pikiran Anda. Namun, banyak juga pengguna twitter yang menyalahgunakan akunnya untuk hal-hal yang negatif.

Mulai dari membuat akun penyebar kebencian, pornografi dan penipuan. Inilah 3 hal yang tidak disukai warganet tentang twitter trending.

Foto dan Video Pornografi

Maraknya twitter bagi anak remaja sampai dewasa, membuat para oknum nakal mengambil kesempatan tersebut, untuk dijadikan hal-hal yang negatif.

Ketika ada hastag atau kata yang sedang trending, para oknum nakal mulai memposting foto, atau video pornografi untuk mendapat perhatian warganet.

Tentu saja, hal tersebut menjadi kekesalan warganet karena tidak sesuai dengan konteks trending yang sedang dibicarakan. Maka dari itu, twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki rate umur yaitu 13 tahun keatas.

Kesempatan Bagi Penipu

Oknum nakal lainnya yaitu para penipu, mereka mengambil kesempatan pada kata yang sedang trending untuk berjualan. Tujuannya tidak lain adalah agar produk yang dijualnya dapat dilihat banyak orang.

Warganet yang ingin mendapatkan informasi dari kata twitter trending akan terbuai, jika tertarik dengan produk yang dijual oleh penipu tersebut. Pasalnya, menipu melalui online sedang marak di masyarakat sekarang ini.

Penyebaran Hoax dan Out Of Topic

Bayangkan saja, Anda sedang kepo dengan topik yang sedang trending, namun ada oknum yang menyebarkan opini hoax, atau pembahasan yang out of topic yang akhirnya Anda menjadi terpengaruh.

Selain akan membuat Anda terprovokasi, hoax juga akan memicu kecemasan, dan memicu kepanikan pada warganet. Sehingga yang seharusnya topik viral dibicarakan malah jadi ter-distract untuk membahas hoax yang disebarkan.

Twitter trending merupakan fitur menarik yang hanya bisa Anda temukan di media sosial twitter.

Ingat! Satu hal yang harus Anda lakukan ketika bermain twitter, adalah dengan memanfaatkannya secara bijak. Ambil saja topik yang positif sehingga akan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan Anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *