Waktu Yang Tepat

Waktu Yang Tepat untuk Posting Jualan di Media Sosial.

Banyaknya pengguna media sosial saat ini menjadi peluang yang menguntungkan bagi para pembisnis. Jualan di Media Sosial itu menjadi hal yang sangat penting!

Mereka bisa dengan mudah menggaet pelanggan dengan cara memasarkan produk via sosial media.

Nah.. bagi Anda  yang memulai bisnis pemula mungkin bisa memanfaatkan Instagram, Facebook hingga Twitter sebagai sarana promosi.

jam 6
Source: Unsplash.com

Tetapi, supaya lebih efektif, Anda harus mengetahui terlebih dahulu nih, gimana perilaku warganet di media sosial.

Kayak kapan audien atau pengikut anda sedang aktif-aktifnya saat mereka menggunakan media sosial?

Tujuannya.. Yah jadi acuan untuk menentukan waktu yang tepat untuk jualan di media sosial.

Jualan di Media Sosial Facebook

Waktu Yang Tepat
Source: Unsplah.com

Banyak perusahaan yang telah mempelajari tren dan menganalisa waktu terbaik untuk memposting produk mereka di Facebook.

Meskipun Anda telah menggunakan Facebook Ads, tapi gak ada salahnya untuk tetap menerapkan online marketing dengan mengelola postingan akun. Semakin tepat, potensi untuk dilirik oleh lebih banyak pengguna akan semakin besar. Otomatis popularitas bisnismu juga akan meningkat nantinya.

Dikutip dari Sproutsocial, inilah waktu terbaik untuk memposting produk bisnismu di Facebook:

1. Setiap hari kerja jam 10.00 sampai jam 15.00

2. Khusus hari Rabu paling tepat di jam 12.00 sampai 14.00

3. Sementara untuk hari Kamis adalah hari terbaik untuk mempromosikan produk di Facebook, tapi lebih tepat di jam 13.00 sampai 14.00

4. Memposting di pagi hari dan malam hari sedikit kurang efektif

5. Hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit ketimbang hari-hari lainnya.

Berdasarkan data tersebut, bisa dilihat bahwa rata-rata jumlah pengguna Facebook akan membludak pada siang hari di hari kerja.

Karena jam-jam segitu banyak pengguna khususnya yang pekerja sedang menjalani istirahat makan siang.

Selain itu, akhir pekan cenderung kurang efektif untuk promosi karena banyak pengguna yang lebih sibuk di dunia nyata ketimbang memegang handphone mereka.

Tap sepertinya menjadikan Facebook sebagai sarana promosi merupakan hal yang sulit.

Lah kenapa ya?

Karena algoritma Facebook tidak memungkinkan pengguna melihat postingan-postingan di luar lingkungan pertemanan mereka. Beranda Facebook lebih sering memperlihatkan postingan teman, keluarga dari pada halaman bisnis.

Jualan di Media Sosial Instagram

Waktu Yang Tepat
Source: Unsplash.com

Online marketing akan semakin sukses kalau memanfaatkan beragam platform. Gak cuma Facebook, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan jumlah pengunjung bisnis Anda. Strateginya adalah, selain menggunakan Instagram Ads, Anda juga bisa meraih traffic dengan memposting produk di waktu yang tepat.

Mengelola postingan Instagram apalagi untuk bisnis membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang tepat. Tujuannya agar setiap postinganmu menyasar ke audiens secara efektif.

Dikutip dari expertvoice, ternyata waktu paling efektif untuk jualan di media sosial, adalah sekitar pukul 2 dini hari. Kenapa efektif? Padahal itu pagi-pagi buta banget, karena jam-jam segitu gak banyak orang memposting foto di Instagram, namun, ketika pagi datang, produkmu bisa langsung dilihat oleh pengguna.

Lantas, jam berapa dan hari apa ya waktu yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan produk via Instagram?

1. Minggu, pukul 17.00

2. Senin, pukul 19.00 dan 22.00

3. Selasa, pukul 03.00 dan 22.00

4. Rabu, pukul 17.00

5. Kamis, pukul 07.00 dan 23.00

6. Sabtu, pukul 12.00 dan 02.00

Penentuan waktu tersebut bukan didasarkan pada jumlah like, tetapi terkait dengan seberapa banyaknya orang melihat postingan Anda.

TWITTER

Waktu Yang Tepat
Source: Unsplah.com

Twitter merupakan platform media sosial yang memiliki jutaan pengguna aktif tiap bulannya, dengan total lebih dari lima ratus miliar tweet per harinya.

Oleh sebab itu, Twitter berpotensi menjadi platform online marketing yang efektif, meskipun kamu bakal terbatas dengan jumlah maksimal 280 karakter per postingan.

Rasio klik tertingginya, dikutip dari thesmallbusiness adalah pada hari Senin dan Kamis, tepatnya pukul 13.00 dan 15.00. Anda bisa memanfaatkan waktu ini sebagai jadwal yang ideal untuk memposting produk Anda.

Sementara itu, untuk waktu yang paling buruk untuk jualan di media sosial adalah pada akhir pekan, pukul 20.00 ke atas dan hari Jumat pukul 15.00 ke atas.

Supaya makin efektif, jangan lupa dengan mencantumkan gambar di setiap tweet produkmu. Penggunaan gambar dinilai efektif menarik perhatian ketimbang hanya sebatas tulisan.

Nah.. itulah tadi waktu ideal untuk jualan di media sosial seperti: Facebook, Instagram, maupun Twitter.

Tapi ingat, hal ini belum tentu membuat dagangan atau bisnismu langsung laku keras, karena tetap kualitas produk lah yang menentukan. Sekeras apapun usaha pemasaran bisnis Anda kalau tidak diimbangi dengan kualitas produk yang bagus ya gak bakal laku juga.

Semoga bermanfaat.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *