Facebook Ads: Manfaat dan Cara Mengelolanya

Facebook Ads: Manfaat dan Cara Mengelolanya

Cara ampuh menarik konsumen dengan kemampuan Facebook Ads. Platform marketing termudah dan efektif untuk mengenalkan bisnis Anda!

Apakah Anda pernah melihat iklan yang ada di beranda Facebook Anda? Ya, itulah Facebook Ads. Sebenarnya apa itu Facebook Ads? Facebook Ads adalah sebuah layanan iklan berbayar yang bisa Anda gunakan melalui platform Facebook.

Secara umum, tujuannya adalah untuk membantu bisnis Anda mendapatkan visibilitas sesuai target konsumen dari produk Anda.

Melalui platform tersebut, Anda bisa mengelola iklan dengan menyesuaikan target audience, demografi, usia, jenis kelamin, dan lainnya.

Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih mudah tepat sasaran karena sudah di setting dengan langkah-langkah yang telah diterapkan.

facebook ads

Mengapa Facebook Ads Penting?

Ada informasi menyebutkan bahwa Facebook merupakan platform media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia.

Pada bulan Maret 2021 lalu, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta yang artinya merupakan angka yang cukup tinggi dari total populasi di tanah air.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa Facebook Ads merupakan salah satu tindakan pemasaran yang cukup efektif untuk mendatangkan calon konsumen.

Tapi sayangnya, saat ini masih banyak pebisnis yang belum mengetahui bahkan malas belajar tentang layanan iklan berbayar ini. Banyak yang mengatakan bahwa, cara penggunaannya ribet dan membutuhkan banyak biaya.

Padahal, Facebook Ads sangat murah dibandingkan dengan layanan iklan lainnya, Anda juga dapat mendapatkan feedback dengan cepat jika menggunakannya secara benar.

7 Manfaat Facebook Ads Untuk Bisnis

Kemunculan Facebook Ads, tentu saja sangat membantu para pebisnis dan digital marketer untuk memasarkan produknya.

Hanya dengan mengisi formulir dan melakukan pembayaran online, bisnis Anda bisa menjangkau banyak orang sesuai target. Berikut kami rangkum 7 manfaat dari Facebook Ads:

Sesuai Target Konsumen

Tujuan dari bisnis adalah untuk mendapatkan banyak konsumen, agar dapat meningkatkan jumlah penjualan.

Ketika akan mengiklankan bisnis di Facebook Ads, Anda wajib mengisi formulir yang nantinya akan mempengaruhi target bisnis Anda.

Pasalnya saat ini dunia marketing semakin canggih, ada sebuah sistem yang dapat mendeteksi interest dari setiap pengguna Facebook.

Sehingga, jika pengguna Facebook tersebut tertarik dengan produk Anda, maka ada kemungkinan bisnis Anda akan muncul di berandanya.

Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu cara agar calon konsumen mengingat bisnis Anda adalah dengan cara terus berpromosi. Dengan mengiklankan bisnis Anda di Facebook, secara tak langsung mereka melihat identitas bisnis Anda.

Entah itu dari merek, warna, logo hingga slogannya, dengan begitu mereka mulai mengenal bisnis Anda sebagai bahan pertimbangan.

Jadi, janganlah menganggap sepele layanan iklan di Facebook ini, Anda bisa mendapatkan banyak feedback yang tak disangka sebelumnya.

Meningkatkan Engagement Bisnis

Dalam dunia bisnis, engagement merupakan suatu hal yang sangat penting. Keterlibatan konsumen terhadap bisnis Anda, dapat meningkatkan penjualan yang cukup besar.

Engagement tersebut diantaranya like, comment dan sejumlah interaksi yang ada di analitik iklan Anda. Jangan lupa untuk meningkatkan kualitas bisnis yaitu dengan cara menampilkan konten yang menarik, sehingga calon konsumen betah berada di toko bisnis Anda.

Mengetahui Perilaku Target

Keunggulan dari Facebook Ads yaitu dapat melihat hasil atau tracking audiens yang melakukan interaksi pada iklan Anda. Fitur Facebook Pixel yang ada di layanan iklan, mampu merekam semua aktivitas perilaku audiens.

Sehingga dari hasil tersebut, Anda dapat melihat pelaporan seperti performa iklan, traffic, hingga daftar audiens. Dari data tersebut, Anda bisa mengevaluasi dan mengimprovisasi iklan yang akan dilakukan selanjutnya.

Menyesuaikan Budget Iklan

Facebook Ads adalah pilihan yang tepat bagi bisnis kecil sekalipun. Anda dapat beriklan mulai dari harga Rp 10.000,00 saja, sangat murah bukan?

Walaupun bisnis Anda masih kecil dan belum mendapatkan pemasukan yang besar, cobalah gunakan layanan iklan Facebook untuk meningkatkan konversi bisnis Anda!

Lebih Cepat dan Efektif

Layanan iklan Facebook terjadi secara real time, bisa bekerja dengan cepat dan menyeluruh. Tak seperti cara promosi lainnya yang menggunakan brosur, papan billboard atau bahkan endorsement yang mana harus menunggu influencer tersebut mempostingnya.

Karena bisa saja barang yang dipromosikan keburu habis stok, belum lagi adanya kendala-kendala yang mempengaruhi jadwal promosi.

Satu hal yang wajib Anda ketahui, Facebook Ads bekerja dengan cepat sehingga Anda harus punya kesiapan seperti merespon dengan cepat, mempunyai banyak stok barang, dan pengetahuan seputar produk.

Menjangkau Pasar Internasional

Facebook Ads tak hanya menjangkau kota seluruh Indonesia saja, Anda bisa menayangkan iklan hingga mancanegara. Saat mengisi formulir, ada pengaturan yang merujuk pada negara-negara yang ingin dituju.

Maka dari itu persiapkanlah segala detail penjualan, seperti pengetahuan seputar pengiriman, pemahaman bahasa Inggris, dan lainnya.

jenis

Jenis Iklan Layanan Facebook

Facebook Ads menyediakan beragam kebutuhan jenis iklan, yang nantinya ditampilkan pada beranda Facebook. Tentu saja hal ini sangat memudahkan Anda sebagai pebisnis.

Jenis iklan yang dipakai nantinya akan mempengaruhi konversi penjualan, maka dari itu pikirkanlah sebaik mungkin bagaimana copywritingnya, desain dan juga tema yang akan ditampilkan.

Berikut ini jenis-jenis iklan yang wajib Anda ketahui:

Facebook Image Ads

Facebook Image Ads adalah jenis iklan di Facebook feed yang berupa gambar. Agar iklan berjalan dengan efektif, tampilkan gambar yang bagus dan menarik agar audiens tertarik untuk membelinya.

Jenis iklan ini cukup optimal untuk perangkat mobile dan desktop. Untuk ukurannya Anda bisa tentukan sendiri, baik berbentuk persegi maupun persegi panjang,

Facebook Video Ads

Jika Anda ingin menampilkan jenis iklan yang lebih kreatif, gunakanlah iklan berbentuk video. Buatlah video semenarik mungkin, usahakan jangan terlalu panjang karena akan mempengaruhi ketertarikan audiens.

Gunakan alur cerita yang mudah dipahami walaupun berdurasi singkat.

Facebook Stories Ads

Facebook stories adalah fitur terbaru dari Facebook yang sangat recomended dijadikan tempat beriklan.

Dengan adanya fitur baru ini, pengguna Facebook dinilai lebih aktif karena ketertarikan mereka untuk melihat momen yang dibagikan oleh followingnya.

Iklan dari bisnis Anda nantinya akan muncul di sela-sela, saat target Anda membuka stories teman-temannya. Maka dari itu, berikanlah informasi yang singkat dan padat dengan copywriting yang menarik supaya iklan Anda tidak di skip.

Facebook Carousel Ads

Facebook Carousel Ads adalah jenis iklan yang berupa foto atau video yang bisa di swipe dalam jumlah banyak. Anda bisa menampilkan informasi produk yang lebih beragam.

Jenis iklan ini cocok untuk produk seperti fashion, kecantikan dan juga makanan. Tampilkan foto-foto yang menarik dan menggugah, agar audiens semakin tertarik membeli produk Anda.

Facebook Carousel terdiri dari berbagai jenis, yaitu:

  • Facebook Feed Ads
  • Facebook Instant Article
  • Facebook Right Column
  • Facebook Audience
  • Facebook Marketplace
  • Messenger Inbox

Facebook Canvas Ads

Facebook Canvas Ads memberikan tampilan seperti landing page pada website. Format iklan jenis ini baru dirancang Facebook, khusus untuk dilihat oleh pengguna mobile.

Iklan Canvas Ads muncul ketika Anda meng-klik iklan tersebut di halaman target pasar Anda.

Facebook Offer Ads

Facebook Offer Ads merupakan jenis iklan yang unik, tujuannya adalah untuk memberitahukan diskon, sehingga akan mendorong calon konsumen membuka situs web bisnis Anda.

Jenis iklan ini juga bisa digunakan sebagai promosi retail atau reseller.

Facebook Leads Ads

Cara kerjanya agak berbeda dengan jenis iklan lainnya, Facebook Leads Ads merupakan salah satu cara yang sangat efektif.

Dengan menggunakan Leads Ads, calon konsumen berpotensi untuk mendaftar dan mengisi formulir bila tertarik dengan produk Anda.

Hal ini merupakan kesempatan yang bagus, Anda akan mendapatkan data berupa email yang nantinya bisa di follow up pada kemudian hari.

Facebook Collection Ads

Facebook Collection Ads adalah jenis iklan berupa visual, yang dapat menampilkan segala koleksi dari produk atau layanan Anda.

Format tersebut, memungkinkan calon konsumen untuk menjelajahi produk-produk Anda secara langsung. Cara kerjanya yaitu mereka akan meng-klik iklan Anda, lalu nantinya akan tersambung ke iklan canvas.

Facebook Page Likes

Facebook Page Likes adalah format iklan yang berfokus pada interaksi. Uniknya iklan ini bukan merupakan bentuk iklan yang hardselling, melainkan lebih melibatkan konsumen lain dengan berbagi cerita mengenai bisnis Anda.

Hal tersebut dapat memacu audiens untuk lebih penasaran dengan produk Anda.

Iklan Facebook VS Google Ads

Facebook Ads dan Google Ads seringkali menjadi perdebatan, mana layanan yang lebih baik untuk digunakan. Pasalnya hal ini tergantung dengan jenis bisnis dan kemampuan budget Anda,

Keunggulan beriklan di Facebook, Anda bisa lebih fokus pada audiens dan menyesuaikan target. Sedangkan Google Ads muncul berdasarkan keyword yang konsumen cari.

Hal yang sangat membedakan dari kedua layanan ini adalah masalah biaya, budget yang dikeluarkan untuk Facebook Ads adalah sepertiga dari Google Ads.

Biaya yang dikeluarkan dengan Adwords bisa menghabiskan lebih dari 100 dollar per klik. Berbeda jauh dengan layanan iklan di Facebook yaitu hanya 0.25 dollar per klik berdasarkan CTR (click through rate).

Namun, jika dibandingkan dengan Adwords, CPC (cost per acquisition) yang ada pada Facebook akan memakan biaya yang lebih mahal, tetapi nilai CPC Facebook lebih rendah dibandingkan Adwords.

Kesimpulannya, perhitungkanlah kedua layanan tersebut dengan menyesuaikan produk dan budget Anda. Sebelum memutuskan menggunakan layanan iklan tersebut, ada baiknya Anda riset terlebih dahulu.

Tetapi jika Anda seorang pemula, ada baiknya untuk menggunakan Facebook Ads.

cara

Cara Membuat Iklan di Facebook

Setelah mengetahui manfaat, jenis dan perbedaannya, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Berikut kami rangkum untuk Anda :

Buat Akun Business Manager

Berbeda dengan akun Facebook Personal, Business Manager khusus digunakan untuk akun berbisnis. Business Manager dibuat oleh Facebook untuk bisa mengelola banyak fanpage dan akun iklan dalam satu tempat sekaligus.

Dengan membuat akun Business Manager, Anda dapat memiliki lebih dari 1 akun iklan. Sehingga jika iklan Anda tiba-tiba di banned oleh Facebook, maka Anda bisa buat untuk cadangannya.

Berikut cara membuatnya:

  • Kunjungi website Business Manager.
  • Klik create account yang ada di pojok kanan atas.
  • Isilah data yang ada dengan menulis nama bisnis Anda, agar mudah diterima oleh Facebook gunakanlah kata shop atau store dan huruf kapital di awal kalimat.
  • Klik continue lalu masukkan nama dan email Anda.
  • Selesai.

Setelah Anda mengkonfirmasi email bisnis, Anda akan dibawa masuk ke dalam Dashboard akun Business Manager.

Lakukan tahap pembayaran dengan masuk ke dalam menu payment kemudian masukkan kartu kredit Anda.

Buat Fanpage

Fanpage merupakan tempat Anda beriklan, di sanalah konten iklan produk Anda dibuat. Caranya mudah, yaitu :

  • Klik Business Manager lalu klik Business Settings.
  • Klik Pages dan Add New Pages.

Setelah itu muncul pilihan kategori yang bisa Anda pilih, untuk lebih mudah Anda bisa gunakan opsi yang paling bawah yaitu Cause Or Community

Jika Anda mengelola iklan bersama partner, pilihlah Add People untuk menambah orang agar bisa mengakses halaman Facebook Ads.

Membuat Akun Iklan Facebook

Setelah Anda membuat akun Business Manager, sekarang saatnya untuk membuat akun iklan bisnis.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Klik Ad Accounts lalu pilih Add New Ad Accounts.
  • Pilih opsi Create a New Ad Account.
  • Masukkan nama akun iklan.
  • Pilih time zone, currency dan payment methods.
  • Setelah selesai, klik Create Ad Account.

Menjalankan Iklan Facebook

Setelah membuat akun iklan di Business Manager, langkah selanjutnya adalah menjalankan iklan.

Memang prosesnya agak sedikit rumit dan harus teliti, karena apa yang diisi sekarang nantinya akan ditampilkan berdasarkan target iklan.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka halaman Business Manager.
  • Klik Ad Accounts yang telah Anda buat.
  • Klik Campaign lalu Create Ad.
  • Tentukan tujuan iklan dalam 3 kategori yaitu Awareness, Consideration dan Conversion.
  • Klik tujuan iklan bisnis, Anda bisa pilih lintas/trafik.
  • Pilihlah jenis iklan Facebook, terdapat 2 jenis yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran.

Apa perbedaan dari Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran, berikut informasinya:

Uji split memungkinkan Anda untuk membuat 2 iklan dengan konten yang serupa. Nantinya target Anda akan terbagi menjadi 2 dengan konten iklan yang berbeda.

Jenis ini membutuhkan biaya 2 kali lipat, maka dari itu jika Anda pemula sebaiknya gunakan Pengoptimalan Anggaran saja.

Pengoptimalan Anggaran memungkinkan Anda untuk menentukan biaya iklan di Facebook Ads.

Biaya iklan dapat ditentukan dari hal-hal berikut ini :

  • CPC (cost per click) : biayadihitung berdasarkan jumlah klik target.
  • CPM (cost per mille) : biaya dihitung berdasarkan per 1000 penayangan iklan.
  • CPV (cost per view) : biaya dihitung per satu kali penayangan video.
  • CPA (cost per action) : biaya dihitung berdasarkan transaksi di website Anda.
  • CPL (cost per like) : biaya dihitung berdasarakan banyaknya like di laman Facebook.

Pengisian Formulir

Anda akan dialihkan ke penulisan nama iklan, selanjutnya pilihlah tujuan trafik yang ingin Anda arahkan. Arahkan trafik ke website, marketplace, aplikasi, WhatsApp, dan lainnya.

Setelah itu, tentukan target audiens Anda, di formulir tersebut Anda harus mengisi secara detail mulai dari costume audience, location, age, gender, language, detailed targeting dan connection.

Jika sudah mengisi formulir maka setting lah jadwal posting, tentukan kapan mulai iklannya dan kapan selesainya.

Pilih Format Iklan

Facebook Ads menyajikan 5 jenis format iklan yang bisa Anda pilih, formatnya terdiri dari carousel, image, video, slide, dan collection.

Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Tahapan Akhir

Di tahap akhir ini Anda akan diminta untuk membuat teks berupa deskripsi iklan, buatlah copywriting yang semenarik mungkin agar audiens penasaran.

Setelah itu, pilihlah gambar atau format yang sudah Anda pilih dan masukkan judul sesuai dengan produk Anda. Lalu isi URL tujuan ke website atau informasi kontak bisnis Anda,

Pembayaran

Langkah terakhir adalah pembayaran, masukan nomor kartu kredit atau kartu debit yang Anda miliki. Jika iklan Anda telah teruji memenuhi syarat dan pantas ditampilkan di Facebook, maka dengan cepat iklan Anda akan ter-publish.

Membuat Facebook Ads memang memerlukan pengetahuan, jika Anda kesulitan segeralah meminta bantuan pada ahlinya.

Anda bisa minta ajarkan seorang ahli agar kedepannya bisa dilakukan sendiri. Layanan iklan Facebook merupakan salah satu jalan yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Sangat banyak bukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Facebook Ads? Tentu bisnis Anda akan banyak dikenal orang, dan pastinya dapat menaikkan penjualan produk.

Maka dari itu, yuk segera gunakan Facebook Ads!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *