facebook live

Facebook Live : Tips, Tools, dan Penggunaannya

Tingkatkan interaksi dengan pengikut facebook yang anda miliki dengan melakukan facebook live secara rutin.

Layanan siaran langsung mendapatkan banyak perhatian warga internet sejak 2016. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan interaksi dengan pengikutnya secara langsung sehingga mampu meningkatkan kedekatan serta promosi yang lebih mudah.

Berbagai keuntungan yang diberikan oleh layanan siaran langsung menjadikan banyak social media meluncurkan fitur ini guna mendekatkan interaksi antar pengguna, seperti Facebook, Youtube, dan juga Instagram.

Tidak heran apabila saat ini, banyak gelaran penghargaan bergengsi melakukan siaran langsung guna menjangkau lebih banyak penonton serta mengenalkan acara mereka ke konsumen awam.

Facebook sebagai salah satu social media terbesar di internet juga memiliki layanan siaran langsung bernama facebook live yang memungkinkan penggunanya melakukan interaksi dua arah dengan konsumen di dukung dengan berbagai tools yang membantu jalannya siaran langsung.

Karenanya agar kreator dapat merasakan berbagai manfaat dari facebook live maka ketahui dulu cara penggunaan layanan ini serta berbagai tools yang dapat mendukung jalannya siaran langsung.

apa itu facebook live

Apa Itu Facebook Live

Apakah anda memiliki halaman favorit di Facebook yang selalu dinantikan setiap unggahannya? Jika iya, tentunya anda akan menunggu saat adanya sesi facebook live.

Pada sesi ini pengguna facebook dapat melakukan siaran langsung dengan pemiik akun facebook tersebut serta memberikan pertanyaan seputar produk atau brand yang dimiliki memiliki fitur live chat.

Apabila anda beruntung maka bisa saja chat anda di balas dan juga pertanyaan mengenai produk tertentu bisa langsung di jawab.

Sebenarnya, apa sih facebook live itu?

Layanan siaran langsung dari facebook ini memungkinkan kreator facebook dan juga pengikutnya melakukan interaksi secara langsung yang tentunya berguna untuk meningkatkan exposure serta membangun hubungan yang erat dengan pengikut yang dimiliki.

Pada layanan facebook live, penonton bisa memberikan reaksi pada video yang ditayangkan dengan memberikan komentar atau likes di siaran langsung tersebut.

Tidak hanya itu, siaran facebook live ini juga bisa disimpan dan diunduh agar bisa ditayangkan kembali di lain waktu.

Disisi lain, siaran facebook live merupakan cara yang menyenangkan untuk berkomunikasi dengan video guna mengenalkan brand yang dimiliki serta membangun hubungan dengan pengikut yang dimiliki secara langsung.

Facebook live sendiri juga memiliki beberapa tools yang tentunya dapat membantu kreator jangkau konsumen yang lebih luas serta konsumen awam yang belum mengetahui produk anda sebelumnya.

cara menggunakan facebook live

Cara Menggunakan Facebook Live

Siaran facebook live bersifat publik sehingga semua pengguna internet dapat melihatnya tanpa perlu memiliki akun facebook terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, kreator juga dapat melakukan facebook live melalui profile, halaman, grup, dan bahkan event facebook.

Namun sebelum memulai facebook live tentunya kreator sebaiknya mengetahui cara melakukan facebook live di aplikasi atau website facebook.

Karenanya berikut tutorial memulai siaran langsung melalui aplikasi atau website facebook.

Tutorial Siaran Langsung di Aplikasi Facebook

Masuk ke akun facebook yang anda miliki dengan melakukan Log In akun Facebook terlebih dahulu.

Pergi ke fitur Facebook profile, group, atau event tergantung dimana kreator ingin melakukan siaran langsung.

How to Use Facebook Live The Ultimate Guide 1

Jika anda masuk ke fitur profile maka klik pada ikon status dimana kreator bisa menemukan tombol kamera yang akan membawa kreator ke fitur facebook live.

Jangan lupa isikan kolom deskripsi agar calon penonton anda bisa mengetahui isi dari facebook live yang akan atau sedang anda lakukan.

Klik pada ikon tombol di bagian bawah untuk mengatur informasi serta layanan pihak ketiga yang akan anda gunakan selama siaran langsung.

How to Use Facebook Live The Ultimate Guide

Klik pada gambar Start Live Video apabila kreator sudah siap melakukan siaran langsung serta segala persiapan sudah selesai dilakukan dengan baik.

Tutorial Siaran Langsung di Website Facebook

How to Use Facebook Live The Ultimate Guide 1

Pertama, masuk ke halaman pencarian seperti Google Chrome lalu ketikkan nama Facebook, Pada halaman utama, kreator akan menemukan website tersebut dan kemudian kreator bisa melakukan Log In menggunakan alamat email dan kata sandi yang dimiliki.

How to Use Facebook Live The Ultimate Guide 2

Kedua, Pada halaman facebook, kreator akan menemukan ikon kamera dengan tulisan Live yang berada di bagian bawah kolom status.

How to Use Facebook Live The Ultimate Guide Dec 21 2021 11 18 41 94 PM

Ketiga, kreator bisa memilih ikon Go Live atau Create Live Video Event

Keempat, jangan lupa tambahkan detail informasi seperti waktu penayangan, judul facebook live, dan juga keterangan singkat mengenai siaran yang akan berlangsung. Kreator juga bisa mengatur audio atau video apabila hasilnya kurang memuaskan.

Kelima, Klik ikon Go Live yang berada di bagian bawah kiri apabila kreator siap untuk melakukan siaran langsung.

tools facebook live

Tools di Facebook Live

Facebook live tidak hanya menyediakan layanan siaran langsung melalui video bagi penggunanya. Namun, fitur ini juga memberikan berbagai tools yang tentunya akan membantu meningkatkan performa saat melakukan siaran langsung.

Tidak hanya itu, berbagai tools tersebut juga akan membantu dalam meningkatkan facebook engagement serta memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna internet yang mengikuti sesi siaran langsung dengan anda.

Berikut beberapa tools yang bisa digunakan selama siaran facebook live berlangsung :

Live Polls

Ketahui keinginan konsumen untuk peningkatkan pelayanan produk dan brand yang anda miliki dengan menggunakan layanan live pollls yang bisa di bagikan selama siaran facebook live berlangsung.

Setelah hasil dari live pollis di dapatkan maka kreator bisa mendapatkan data mengenai keinginan konsumen yang bisa dipertimbangkan dalam melayani konsumen ke depannya.

Featured Links

Fungsi utama dari adanya facebook live adalah kemudahan bagi kreator dalam melakukan promosi produk dan brand yang dimiliki sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan kegiatan yang anda minta.

Kreator juga bisa meminta konsumen untuk mengunjungi link website atau market place yang anda miliki dengan memasukkan featurd links ke dalam caption facebook live.

Live Comment Moderation

Saat melakukan siaran facebook live tidak jarang kreator mendapatkan berbagai komentar yang nyeleneh seperti komentar yang berisi ketidaksukaan atau link promosi yang menjual produk yang sama dengan anda.

Karenanya agar sesi siaran langsung berjalan dengan kondusif maka kreator bisa mengatur komentar yang masuk ke dalam facebook live anda.

Kreator bisa melakukan sendiri atau meminta moderator siaran langsung yang ikut mengawasi jalannya facebook live yang anda lakukan.

Tidak hanya itu, apabila jumlah komentar yang masuk dirasa sudah semakin banyak maka kreator bisa memilih opsi limit komentar agar hanya komentar penting saja yang bisa masuk dan ditanggapi oleh kreator.

Front Row

Siaran langsung yang diadakan secara rutin tentunya akan membuat anda memiliki banyak penggemar yang setia menunggu setiap sesi facebook live yang anda lakukan.

Guna memberikan apresiasi khusus terhadap fans tersebut maka kreator bisa menempatkan beberapa penggemar tersebut di tempat khusus dimana kreator bisa menyapa fans tersebut serta memberikan interaksi khsusu yang tidak di dapatkan oleh penonton lain.

Badges

Tidak hanya memberikan tempat khusus bagi fans setia di front row maka facebook juga memberikan tempat khusus bagi fans tersebut dengan pemberian badge.

Facebook akan memberikan badge khusus bagi fans yang mengaktifkan lonceng pengingat facebook live anda atau aktif dalam melakukan interaksi terhadap konte yang telah anda unggah.

Donations

Kadang kala, kreator yang memiliki banyak fans mendapatkan apresiasi dari penggemarnya berupa pemberian stiker yang memiliki nominal sendiri.

Semakin banyak penggemar yang memberikan donasi maka kreator akan mendapatkan banyak uang dari setiap siaran langsung yang dilakukan.

Donasi tersebut bisa anda dapatkan tanpa potongan sepeserpun sehingga kreator bisa menggunakan uang tersebut guna membeli tools yang dapat membantu dalam mengembangkan akun facebook yang dimiliki.

Live With

Melakukan siaran langsung sendiri terkadang merasa membosankan bukan? karenanya kreator bisa mengajak orang lain guna melakukan facebook live dengan akun facebook anda sehingga sesi ini akan semakin seru dan anda berpeluang mendapatkan banyak fans baru.

Tidak hanya itu, apabila kreator memiliki brand ambassador maka kreator bisa mengajaknya untuk melakukan sesi bincang-bincang atau promosi produk yang anda miliki sehingga semakin banyak orang yang mengenal brand anda dan tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

Live Shopping

Facebook sendiri memiliki fitur shopping dimana kreator bisa berjualan produk yang dimiliki serta konsumen bisa membeli barang keinginan secara langsung.

Agar promosi akun facebook live semakin efektif maka kreator bisa melakukan sesi facebook live guna menjual barang jualan yang tentunya dapat diarahkan langsung ke akun facebook shop yang dimiliki.

facebook live

Tips Maksimalkan Penggunaan Facebook Live

Siaran langsung yang diadakan secara rutin dengan isi konten yang sama bisa saja membuat konsumen bosan dan berhenti untuk melihat sesi facebook live yang anda adakan.

Karenanya agar siaran facebook live berjalan dengan seru dan dapat menjangkau konsumen yang lebih luas maka kreator bisa melakukan tips siaran facebook live yang menyenangkan.

Temukan Ide Konten dan Tema yang Cocok

Banyaknya pengguna aktif facebook menjadikan kreator mendapatkan berbagai pilihan konsumen yang sesuai dengan produk yang anda jual serta brand yang anda kembangkan.

Agar kreator bisa menjangkau konsumen yang sesuai maka sebaiknya kreator menemukan ide konten dan tema yang cocok yang selalu diperbincangkan oleh konsumen.

Hal ini dilakukan agar kreator tidak kehilangan ide dalam menemukan topik obrolan yang cocok setiap melakukan sesi facebook live.

Kreator juga bisa menggunakan topik yang sedang hangat sebagai bahan perbincangan atau bertanya kepada konsumen anda mengenai tema facebook live yang akan berlangsung.

Penggunaan fitur voting di status facebook, pertanyaan konsumen, serta pesan yang masuk bisa menjadi ide konten facebook live yang bagus serta membuat konsumen aktif dalam mengikuti sesi siaran langsung yang anda adakan.

Lakukan Promosi Sebelum Siaran Langsung

Bagi konsumen yang baru saja mengenal dan mengikuti akun facebook anda terkadang tidak mengetahui sesi facebook live yang anda adakan sehingga terlewat konten siaran langsung tersebut.

Padahal sesi satu ini sangat efektif dalam membangung keakraban dengan konsumen melalui interaksi yang berlangsung serta sebagai media promosi yang bisa diandalkan.

Karenanya agar semakin banyak pengikut anda yang mengikuti sesi siaran langsung ini maka kreator bisa melakukan promosi terlebih dahulu dengan mengunggah pengumuman di status facebook.

Tidak hanya itu, apabila kreator memiliki kanan komunikasi dengan konsumen melalui telegram atau whatsapp maka kreator bisa mengingatkan kembali dengan mengirimkan broadcast ke kontak konsumen yang dimiliki.

Kreator juga bisa mempromosikan konten siaran langsung yang diadakan secara rutin ini melalui iklan berbayar agar menjangkau lebih banyak pengguna facebook serta meningkatkan keteratarikan orang lain terhadap facebook live yang anda lakukan.

Tersedia juga layanan event dimana kreator dapat memberikan pengingat berupa notifikasi facebook live yang dapat mengingatkan pengikut anda mengenai sesi siaran yang akan berlangsung.

Disisi lain, pemberian pemberitahuan terus menerus melalui status facebook atau broadcast terkadang membuat konsumen terganggu hingga memutuskan komunikasi dengan nomor anda setelah pembeluan produk berlangsung.

Karenanya agar konsumen selalu menunggu setiap pemberitahuan sesi facebook live yang akan berlangsung maka kreator bisa memberikan nilai atau inti topik yang akan dibicarakan sehingga konsumen berminat mengikuti siaran langsung yang anda adakan.

Membangun ketertarikan terhadap sesi facebook live yang akan berlangsung tentunya akan membantu meningkatkan jumlah penonton di siaran langsung yang anda lakukan.

Persiapkan Diri Pada Gangguan Tidak Terduga

Saat melakukan sesi siaran langsung terkadang anda menemukan berbagai halangan yang tidak terduga seperti komentar tidak pantas atau promosi yang masuk bahkan sinyal internet yang terputus menjadikan sesi facebook live anda terhambat bahkan terhenti untuk sementara waktu.

Guna mengatasi masalah ini maka kreator bisa menempatkan satu moderator khusus yang dapat mengatur sesi facebook live yang berlangsung, seperti menghapus komentar yang tidak pantas atau mengaktifkan modem cadangan yang bisa diaktifkan ketika sesi siaran langsung mendadak tidak berjalan akibat jaringan internet yang mati.

Facebook juga membantu kreator agar sesi siaran langsung berjalan lancar dengan memberikan fitur private broadcast guna mengecek apakah pencahanyaan yang digunakan sudah cukup terang atau outfit yang dipakai sesuai dengan topik yang akan disiarkan hari ini.

Kreator juga bisa menggunakan tools tambahan seperti tripod atau peredam suara agar hasil rekaman video semakin bagus serta dapat meredam suara yang berada di luar ruangan sehingga tidak mengganggu konsumen yang mendengar anda di siaran facebook live.

Penggnaan koneksi internet juga patut diperhatikan agar sesi siaran langsung anda tidak berhenti di tengah jalan atau terputus karena kuota internet yang habis .

Pada saat pertama melakukan sesi siaran langsung terkadang kreator akan merasa malu dan gugup untuk berbicara di depan layar namun seiring dengan berjalannya langsung tentunya kreator akan semakin pede dan mampu membangun setiap topik yang ditanyakan oleh konsumen.

Pilih Format yang Sesuai

Guna menambah pengalaman konsumen dalam mengikuti sesi facebook live yang diadakan maka kreator bisa memilih format video yang diinginkan, baik secara vertikal maupun horizontal.

Penggunaan format kamera yang berbeda tentunya akan menghasilkan hasil rekaman yang tidak sama juga.

Salah satunya adalah saat kreator menggunakan kamera vertikal maka wajah kreator terlihat lebih dekat kamera, format satu ini biasanya digunakan dalam melakukan sesi shopping live dimana kreator bisa menunjukkan isi produk yang lebih detail,

Disisi lain, jika kreator ingin membangun keakraban dengan konsumen yang dimiliki dengan melihat isi live chat yang lebih jelas maka kreator bisa menggunakan format kamera dalam bentuk horizontal.

Penggunaan kamera serta aplikasi pihak ketiga saat melakukan siaran langsung juga penting agar hasil video semakin bagus dan enak dilihat oleh konsumen.

Pastikan kreator menggunakan gadget yang memiliki resolusi kamera yang tinggi serta memori penyimpnan yang besar agar sesi facebook live tidak berhenti di tengah jalan.

Kreator juga sebaiknya memikirkan kapan waktu yang tepat dalam melakukan sesi facebook live agar semakin banyak penonton yang melihat sesi siaran langsung anda.

Cara mengecek waktu aktif konsumen adalah dengan melihat kolom facebook insight guna melihat hari atau jam dimana konsumen banyak mengunjungi akun facebook atau berinteraksi dengan konten yang anda unggah.

Bagian terakhir dalam membuat format facebook live yang sesuai adalah dengan mengetahui bagaimana anda menyampaikan konten? apakah anda ingin berbicara sendiri atau mengundang bintang tama agar sesi siaran langsung semakin seru?

Namun, jika anda ingin mengundang tamu spesial, apakah format siaran langsung dalam bentuk interview atau percakapan biasa seperti layaknya dua teman akrab yang bertemu?

Kreator bisa memulai dengan membuat list pertanyaan mengenai isi format video yang akan dilakukan dan menemukan solusi dari setiap pertanyaan tersebut.

Apabila permasalahan tersebut belum menemukan solusinya maka isi facebook live tersebut belum bisa dilakukan saat ini.

Gunakan Pembukaan Siaran Langsung yang Unik

Saat memulai sesi facebook live tentunya anda akan berfikir untuk mengenalkan diri anda terlebih dahulu dan kemudian masuk ke dalam topik siarang langsung yang telah ditentukan sebelumnya.

Penggunaan inisial juga bagus guna membantu interaksi anda dengan konsumen yang dimiliki sehingga siaran langsung bisa semakin seru dan hidup.

Kreator juga bisa mengenalkan diri berkali-kali setiap penonton siaran langsung bertambah drastis dan pastikan konsumen mengetahui topik yang anda bahas sehingga bisa ikut bergabung dalam sesi siaran langsung tersebut.

Selain itu, kreator juga bisa membangun ekspektasi penonton dengan mengetahui keinginan konsumen sehingga mereka akan tetap berdiam diri di siaran langsung hingga selesai.

Salah satu caranya adalah dengan mengingatkan kembali mengenai topik yang dibahas serta tujuan dalam mengikuti sesi siaran langsung ini.

Lakukan Interaksi dan Respon Komentar yang Masuk

Live comments dan juga reaksi penonton berupa pemberian stiker atau emotikon merupakan bagian yang tidak terpisahkan yang membuat sesi siaran langsung semakin hidup.

Respon tersebut membuat interaksi semakin hidup sehingga kreator dan konsumen bersemangat dalam menyelesaikan sesi facebook live hingga selesai.

Salah satu cara paling efektif dalam meningkatkan facebook engagement adalah dengan menunjukkan komentar yang muncul di siaran langsung.

Hal ini akan membantu banyak orang dalam menyebarkan pendapat dan pemikiran mereka sela sesi facebook live berlangsung.

Apabila kreator merasa kesulitan dalam merespon setiap komentar yang masuk maka kreator dapat meminta bantuan moderator dalam memilih komentar yang menarik yang dirasa membuat sesi siaran langsung semakin menarik.

Kreator juga perlu mengingat bahwa facebook live merupakan jalan yang dapat membantu dalam meningkatkan interaksi konsumen secara langsung.

Respon kreator terhadap setiap komentar yang masuk akan membuat konsumen bertahan dengan siaran langsung anda sampai akhir.

Tidak hanya itu, meskipun sesi facebook live telah selesai namun keator tetap bisa membalas komentar yang masuk dengan melihatnya di postingan facebook live yang telah diunggah oleh facebook.

Interaksi ini dilakukan untuk menaikkan penonton diantara pengikut yang tidak mengikuti sesi siaran langsung anda dengan memberikan apresiasi berupa ucapan terima kasih kepada konsumen yang telah menonton.

Kreator juga bisa memberikan status dan komentar baru guna meningkatkan alternatif engagement sehingga penonton yang menonton siaran langsung anda merasa diapresiasi.

Anda juga bisa memberikan call to action yang dapat meminta konsumen untuk mendaftar ke website, campaign, atau membeli produk yang baru diluncurkan.

Analisa Hasil Facebook Live

Sudah melakukan siaran langsung secara rutin dan ingin mengetahui engagement dari facebook live yang anda adakan?

Maka kreator bisa memanfaatkan layanan facebook insight guna melihat jumlah penonton dalam jangka waktu tertentu serta banyaknya respon yang diberikan dalam setiap siaran yang berlangsung.

Berbagai informasi tersebut tentunya akan membantu kreator dalam membuat strategi siaran langsung yang sesuai dengan keinginan konsumen guna menjangkau lebih banyak pengguna facebook lainnya,

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.