tiktok live streaming

9 Tips Memulai Tiktok Live Streaming Untuk Pemula

Pelajari cara memulai tiktok live streaming serta cara mempromosikan akun tiktok, serta cara menghindari kesalahan saat melakukan siaran langsung.

Apabila anda memiliki target audience di kisaran usia 15-25 tahun maka platform Tiktok bisa menjadi social media yang dipilih untuk mempromosikan akun tiktok atau brand yang anda miliki.

Dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai 800 Juta orang dan terus bertambah setiap harinya, maka Tiktok akan membantu anda menjangkau konsumen yang diinginkan.

Tidak hanya itu, Tiktok juga menawarkan peluang bagi marketer atau influencer untuk menjangkau konsumen dan target audience yang tepat melalui konten video pendek atau tiktok live streaming yang menarik.

Layanan Tiktok live streaming yang diluncurkan pada tahun 2019 ini berhasil mencuri perhatian penggunanya dimana mereka bisa melakukan interaksi dua arah dengan pengguna tiktok dan pengikutnya melalui konten yang seru dan menarik.

Tidak hanya itu, kreator juga memiliki peluang untuk mendapatkan uang dari tiktok melalui sejumlah gift yang dikirimkan penonton dengan jumlah tertentu sesuai dengan gambar yang diberikan.

Sehingga tidak mengherankan banyak pengguna tiktok yang berlomba-lomba untuk membuat tiktok live streaming untuk mendapatkan hasil uang yang menggiurkan.

Namun, sebelum melakukan siaran langsung di Tiktok, maka ketahui dulu cara memulai tiktok live streaming serta ide kontennya.

TmsPCn4Tr69ivFrIjKZs

Cara Memulai Tiktok Live Streaming Untuk Pemula

Tiktok live streaming memiliki kesamaan dengan fitur siaran langsung di social media lainnya.

Meskipun begitu, terdapat beberapa perbedaan fitur antara tiktok live streaming dengan social media dengan fitur yang sama.

Pertama adalah keberadaan fitur gift dimana penonton bisa mengirimkan apresiasi berupa hadiah dengan nominal uang tertentu yang bisa digunakan oleh kreator.

Kedua adalah tersambungnya tiktok live streaming dengan shopping, sehingga penonton bisa melihat siaran langsung tersebut sembari melakukan transaksi jual beli produk yang diinginkan.

Ketiga adalah tiktok live streaming juga direkomendasikan ke pengguna tiktok lainnya saat mereka melakukan scrolling konten video.

Sehingga siaran langsung anda berkesempatan dilihat oleh pengguna tiktok lain yang tertarik pada konten anda, meskipun mereka tidak mengikuti akun anda sebelumnya.

Kedua fitur unggulan tersebut membuat kreator, influencer, atau brand berlomba-lomba untuk menggunakan layanan tiktok live streaming untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Meskipun begitu sebelum memulai tiktok live streaming, maka anda perlu mengetahui cara menggunakan layanan ini dengan mudah dan cepat.

Pertama, masuk ke aplikasi Tiktok dan pastikan anda sudah mendaftarkan akun tiktok yang anda miliki.

Kedua, klik pada ikon + yang berada di bagian bawah layar kemudian anda akan menemukan opsi tiktok live streaming.

Ketiga, berikan deskripsi video berupa kegiatan yang akan anda lakukan di siaran langsung tersebut sehingga penonton mengetahui kegiatan yang anda lakukan.

Keempat, pastikan untuk memasang cover photo, topik yang relevan, serta filter yang akan membuat tampilan tiktok live streaming menjadi lebih menarik.

Kelima, setelah semua persiapan berhasil dilakukan maka anda tinggal melakukan klik pada ikon Live yang akan membuat siaran langsung anda disiarkan ke pengguna tiktok lainnya.

Selain memulai tiktok live streaming secara mandiri, anda juga bisa ikut meramaikan siaran langsung dar kreator lain atau seseorang yang anda kenal dengan cara mudah.

Anda bisa mencari akun tiktok yang sedang melakukan siaran langsung atau pastikan teman anda sudah melakukan tiktok live streaming terlebih dahulu.

Kemudian pada kolom komentar, anda bisa menemukan ikon wajah tersenyum, anda bisa mengirimkan permintaan siaran langsung dengan melakukan klik pada ikon tersebut.

Setelah permintaan anda diterima, maka layar tiktok live streaming akan terbagi menjadi dua yang akan memunculkan wajah anda dan orang lain dalam satu siaran langsung.

Meskipun acara siaran langsung mudah untuk dimulai, namun anda juga perlu memahami beberapa persyaratan yang diajukan oleh Tiktok untuk memulai siaran langsung.

Pertama adalah pastikan anda berusia diatas 18 tahun agar bisa melakukan tiktok live streaming sambil mendapatkan hadiah dari penonton.

Kedua adalah memiliki setidaknya 1.000 pengikut untuk memulai siaran langsung di Tiktok.

tips memulai tiktok live streaming

Tips Memulai Tiktok Live Streaming

Benefit yang di dapatkan saat melakukan tiktok live streaming, tentunya membuat banyak orang tertarik untuk melakukan siaran langsung tersebut.

Namun, bagi kreator, influencer, atau brand yang baru memulai tiktok live streaming tentu sebaiknya mengetahui cara melakukan siaran langsung yang menarik untuk pertama kali.

Karenanya berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum melakukan tiktok live streaming yang sesuai keinginan.

Pilih Waktu Aktif Audience

Bagi pengguna tiktok aktif, tentunya anda sering menemukan tiktok live streaming di berbagai jam penayangan, sehingga bisa menemani saat sendiri atau bosan.

Meskipun begitu, bukan berarti anda bisa melakukan tiktok live streaming selama 24 jam, namun anda juga perlu mengetahui waktu-waktu aktif dari target audience yang dituju.

Hal ini dilakukan agar tiktok live streaming bisa berjalan lama dengan jumlah penonton yang cukup banyak.

Karenanya penting bagi anda untuk mengetahui waktu aktif audience sebelum melakukan tiktok live streaming.

Anda bisa mengeceknya dengan masuk ke kolom creator tools kemudian pilih analytics dan berlanjut ke followers.

Dengan cara tersebut anda bisa mengetahui waktu aktif audience serta mengetahui durasi waktu penayangan tiktok live streaming.

Akan tetapi, apabila tiktok belum merangkum waktu aktif audience, maka anda bisa melakukan siaran langsung dimana penonton sekiranya melakukan banyak aktivitas di Tiktok.

Misalnya adalah jam 7 – 9 malam dimana pengguna melakukan siaran langsung sebelum akhirnya bersiap untuk tidur, sehingga mereka bisa menonton tiktok live streaming yang anda lakukan.

Anda juga bisa bertanya ke pengikut anda mengetahui waktu yang biasa mereka gunakan untuk mengakses Tiktok, sehingga anda dapat menjangkau audience yang lebih banyak dan aktif melakukan interaksi.

Tentukan Durasi Tiktok Live Streaming

Tiktok sendiri memiliki batasan waktu siaran langsung hingga 60 menit, sehingga bisa dimanfaatkan bagi pengguna tiktok untuk melihat konten anda dengan durasi yang lebih panjang.

Meskipun begitu, anda juga perlu menentukan durasi saat melakukan tiktok live streaming untuk pertama kali.

Penentuan durasi siaran langsung dilakukan agar penonton tidak bosan denga konten yang anda sajikan, serta menonton tiktok live streaming hingga akhir.

Tiktok sendiri merekomendasikan durasi siaran langsung selama 30 menit agar penonton aktif melakukan interaksi dengan topik yang anda bawakan serta bisa memilih produk yang sesuai keinginan.

Unggah Konten Secara Konsisten

Meskipun acara siaran langsung biasanya muncul secara acak di timeline Tiktok, namun penonton juga bisa mendapatkan rekomendasi tiktok live streaming saat mereka sering melihat konten anda di halaman for your page.

Apalagi jika konten anda lewat di halaman for your page saat anda melakukan siaran langsung, sehingga penonton tertarik untuk bergabung dengan siaran langsung yang sedang dilakukan.

Sehingga penting bagi anda untuk mengunggah konten yang relevan dengan topik dan industri yang anda jalankan.

Memiliki konten tiktok yang relevan dengan topik yang anda lakukan di siaran langsung, akan membantu penonton memahami branding yang anda tampilkan di Tiktok, sehingga tertarik untuk mengikuti akun tiktok yang memiliki konten yang menarik.

Selain itu, apabila anda seorang kreator tiktok yang aktif melakukan siaran langsung, maka memiliki konten yang relevan juga akan membantu meningkatkan jumlah penonton serta interaksi secara signifikan setelah acara siaran langsung dilakukan.

Anda juga bisa mengunggah konten tiktok yang berisi promosi konten siaran langsung yang anda lakukan dengan brand tertentu, sehingga membantu meningkatkan jumlah penonton pada acara tersebut.

Pilih Peralatan yang Memadai

Salah satu daya tarik dari tiktok live streaming adalah visual yang menarik untuk dipandang serta suara yang jelas.

Hal ini dikarenakan penonton biasanya menyimak tiktok live streaming hingga habis atau mendengarkannya sambila mengerjakan kegiatan lainnya.

Karenanya agar hasil tiktok live streaming semakin menarik, maka anda perlu membekalinya dengan beberapa perlengkapan yang memadai.

Pertama adalah handphone yang memiliki kamera yang tinggi serta memori penyimpanan yang besar.

Handphone tersebut nantinya akan digunakan untuk menyiarkan siaran langsung dengan hasil yang lebih baik serta menarik untuk dilihat oleh penonton.

Sementara memori penyimpanan yang besar akan membantu agar acara tiktok live streaming tidak berhenti di tengah jalan karena tidak mampu menampung pengunjung yang masuk.

Selanjutnya adalah memastikan ruangan dalam pencahayaan yang sesuai, dengan tidak terlalu gelap atau terlalu terang, sehingga hasil siaran langsung lebih enak dipandang.

Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan pencahayaan lampu yang bisa diatur skala penerangannya.

Beberapa kreator atau influencer yang melakukan siaran langsung di tiktok live streaming biasanya juga membekali diri dengan mic yang dipasang di bagian kerah baju.

Penggunaan mic dengan kualitas yang bagus juga akan membantu menangkap suara dengan lebih baik sehingga penonton dapat mendengarkan suara anda dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, anda juga perlu membuat penampilan produk menjadi lebih menarik dengan memajangnya menggunakan rak penyimpanan terbuka sehingga penonton bisa melihat produk anda dengan lebih baik.

Biasanya streamer akan memajang produk menggunakan meja khusus yang berisi berbagai macam produk yang ditawarkan, sehingga penonton dapat melihat berbagai produk yang dimiliki.

Akan tetapi, apabila anda melakukan siaran langsung di toko yang dimiliki maka anda bisa berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya, agar penonton bisa melihat berbagai produk yang dijual.

Penggunaan kostum khusus bisa menjadi pertimbangan saat melakukan tiktok live streaming.

Karena penonton juga ingin melihat penampilan terbaik dari kreator kesukaan sembari mendengarkna berbagai interaksi yang dilakukan dengan penggemar lain.

Apabila anda melakukan siaran langsung untuk promosi brand tertentu, maka anda bisa menggunakan tema baju yang tepat dengan ciri khas warna brand tersebut sehingga tampilan video akan menjadi lebih menarik dan sesuai.

Biasanya tiktok live streaming akan dilakukan di dalam ruangan agar menampilkan berbagai produk jualan dengan mudah, namun apabila anda memiliki hobi berjalan-jalan atau sedang melakukan kunjungan ke tempat lain, maka opsi siaran langsung di luar ruangan bisa menjadi ide menarik.

Sehingga penonton dapat melihat berbagai suasana luar ruangan yang lebih segar dan enak dipandang mata.

Kegiatan siaran langsung di luar ruangan juga kerap kali dilakukan oleh kreator atau influencer tertentu untuk mendapatkan tema yang lebih menarik.

Gunakan Provider Internet Terbaik

Saat menonton dan melakukan siaran langsung maka anda tentunya berharap kelancaran internet agar menghasilkan tampilan yang menarik, suara yang jelas, serta kelancaran video tiktok live streaming.

Karenanya sebelum melakukan siaran langsung maka anda sebaiknya memiliki jaringan terbaik di lingkungan anda.

Sehingga anda perlu melakukan survey provider internet yang memiliki kualitas terbaik serta jarang mendapatkan gangguan sinyak.

Tidak hanya itu, anda juga perlu memastikan bahwa anda memiliki paket data internet yang cukup, sehingga siaran langsung bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Biasanya harga paket data internet beraneka ragam sesuai dengan kualitas serta kuota internet yang disediakan, sehingga anda perlu memilah dan memilih harga paket data yang sesuai budget karena layanan siaran langsung akan menghabiskan banyak data internet.

Cara ini juga bisa anda lakukan saat memilih wifi dengan kualitas terbaik sehingga menghasilkan siaran langsung yang sesuai.

Selain itu, anda juga perlu memastikan bahwa koneksi listrik tidak terputus tiba-tiba dengan mengisi kuota listrik serta memastikan tidak ada pemadaman bergilir.

Pastikan Memiliki Rencana Siaran Langsung

Meskipun acara tiktok live streaming memiliki kesamaan dengan siaran langsung di social media lainnya, namun bukan berarti anda bisa melakukan siaran langsung sesuka hati tanpa perencanaan yang matang.

Apalagi jika anda melakukan siaran langsung untuk brand tertentu untuk melakukan promosi produk tertentu, maka anda sebaiknya memiliki ide konsep video yang unik agar penonton bisa tertarik untuk melakukan interaksi di tiktok live streaming.

Berbagai rencana yang bisa anda lakukan adalah mengetahui waktu aktif konsumen serta target audience yang dituju.

Informasi tersebut akan membantu anda untuk memahami waktu yang tepat untuk melakukan siaran langsung sehingga mendapatkan jumlah penonton yang diinginkan.

Selain itu, anda juga sebaiknya mengenali target audience yang dituju, seperti gender, usia, serta gaya bahasa yang biasa digunakan.

Informasi tersebut akan membantu anda untuk memahami interaksi yang bisa dilakukan untuk memancing interaksi dengan penonton.

Selain itu, anda juga bisa menentukan konsep video yang tepat dan membuat penonton tertarik untuk bergabung di siaran langsung tersebut.

Selanjutnya adalah menentukan kapan waktu yang tepat untuk mulai menyambut penonton, memulai jual beli, atau melakukan penutupan siaran langsung.

Sehingga penonton yang tidak sabar menunggu acara siaran langsung dapat mengikuti acara dengan baik hingga akhir.

Apabila anda melakukan tiktok live streaming untuk pertama kali, maka anda bisa membuat pertanyaan yang biasa ditanyakan pengikut di kolom komentar atau direct message.

Berbagai daftar pertanyaan tersebut akan membantu anda memancing interaksi penonton untuk bertanya di kolom komentar sehingga siaran langsung akan menjadi lebih seru.

Selain itu, anda juga bisa menyiapkan berbagai pertanyaan yang dapat memancing interaksi penonton sehingga mereka mulai bertanya mengenai produk yang ditampilkan di depan layar.

Akan tetapi apabila anda melakukan siaran langsung sendiri maka anda bisa mengangkat topik yang sedang ramai akhir-akhir ini atau memperlihatkan kegiatan dalam membuat produk tertentu.

Konten ini banyak anda temukan di tiktok live streaming dimana seseroang membuat berbaga produk tertentu tanpa bicara namun tetap menarik untuk ditonton.

Be6FduBFTcavyj4BiK3v

Ide Konten Tiktok Live Streaming

Banyaknya pengguna tiktok yang berlomba-lomba untuk mendapatkan uang dari Tiktok melalui tiktok live streaming, tentunya membuat anda harus memiliki konsep acara yang tepat untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Di tiktok sendiri terdapat tiga ide konten tiktok live streaming yang biasanya mendapatkan perhatian dari penonton dan mendapatkan jumlah penonton yang cukup tinggi.

Berikut beberapa ide konten tiktok live streaming yang bisa anda gunakan untuk memulai siaran langsung pertama kali.

Tiktok Live Shopping

Tiktok live shopping menjadi salah satu siaran langsung yang banyak ditemukan di Tiktok live streaming.

Dimana anda menemukan sebuah brand yang memasarkan produk mereka melalui siaran langsung, sehingga membuat penonton tertarik untuk membelinya di Tiktok shop.

Penggunaan tiktok live streaming sebagai media transaksi juga menjadi ide cemerlang untuk mempromosikan akun anda dengan efektif serta menjangkau target audience yang diinginkan.

Dalam melakukan tiktok live shopping, biasanya streamer akan memajang produk yang dimiliki di depan layar sehingga memudahkan penonton untuk memilih barang yang diinginkan.

Pastikan juga untuk mencantumkan harga dan tampilan produk di fitur katalog untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi saat siaran langsung.

Selain itu, Kreator juga bisa membahas masalah yang bisa diatasi oleh produk tersebut sehingga meyakinkan pembeli untuk membelinya atau bertanya mengenai masalah yang serupa.

Misalnya saja, anda memiliki pet shop yang menjual berbagai macam produk yag berkaitan dengan hewan peliharaan.

Maka anda bisa membantu masalah konsumen dengan memberikan rekomendasi produk yang sesuai, sehingga penonton tertarik untuk membeli produk tersebut di akun tiktok shop.

Perlihatkan Behind the Scene Pembuatan Produk

Seorang konsumen yang telah mengikuti akun tiktok anda sejak lama, mungkin saja masih penasaran mengenai cara pengemasan produk serta bagaimana produk dibuat sebelum dipasarkan ke konsumen.

Guna menjawab pertanyaan tersebut maka anda bisa melakukan tiktok live streaming sembari memperlihatkan berbagai proses pembuatan produk.

Cara ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen serta memancing pengikut yang telah mengamati produk anda sejak lama namun masih belum tertarik melakukan pembelian barang.

Sembari memperlihatkan behind the scene pembuatan produk, anda juga bisa melakukan promosi produk dengan berbagai penawaran yang menarik.

Tidak hanya itu, ide konten tiktok live streaming ini juga bisa anda gunakan untuk menyiarkan acara yang sedang anda selenggarakan atau event yang sedang anda ikuti.

Sehingga penonton yang sedang berada di area tersebut bisa tertarik untuk berkunjung dan membeli produk yang anda tawarkan.

Konsep siaran langsung sambil berjualan ini kerap kali digunakan oleh usaha kecil dan menengah yang hendak mempromosikan produknya sambil memperlihatkan proses pembuatan produk.

Kolaborasi dengan Kreator atau Influencer Tiktok

Seorang kreator dan influencer tiktok yang tengah naik daun, tidak hanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengikut yang lebih banyak atau mendapatkan tawaran endorsement dari brand tertentu.

Apabila anda sering melakukan siaran langsung serta memiliki pembawaaan yang menarik dan menyenangkan, maka anda juga berkesempatan untuk membawakan siaran langsung dari brand tertentu.

Kolaborasi ini sudah jama ditemukan di Tiktok dimana sebuah brand mengajak kolaborasi seorang influencer untuk memandu acara siaran langsung yang dimiliki untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki pengikut setia yang penasaran akan kegiatan yang dilakukan dengan brand lain.

Selain itu, kepercayaan konsumen juga bisa meningkat tajam sebab anda membawa influencer yang memiliki minat yang sama dengan industri yang anda jalankan.

Sumber :

https://influencermarketinghub.com/tiktok-live-video/

https://buffer.com/library/how-to-go-live-on-tiktok/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *