facebook live

16 Cara Meningkatkan Facebook Engagement

Naikkan popularitas akun facebook yang dikembangkan dengan menaikkan facebook engagement dengan beberapa langkah mudah.

Sebagai seorang kreator yang juga mengelola banyak akun social media tentunya Facebook menjadi salah satu platform yang juga dikembangkan.

Di awal kemunculannya, Facebook berhasil mencuri perhatian banyak orang yang akhirnya berbondong-bondong untuk membuat akun Facebook.

Meskipun kini sudah banyak platform social media yang bermunculan namun Facebook masih diminati oleh banyak pengguna internet untuk berbagai kebutuhan.

Platform Facebook sendiri juga sangat cocok digunakan sebagai media promosi produk mengingat banyaknya pengikut yag dimiiki dan juga tersedianya berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh penggunanya.

Karenanya agar akun facebook yang anda miliki bisa lebih terkenal berikut beberapa langkah mudah menaikkan facebook engagement yang dimiliki.

facebook engagement

Langkah-Langkah Menaikkan Facebook Engagement

Disaat mengembangkan akun facebook tentunya kreator akan menemukan facebook engagement meningkat dan menurun dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini bisa saja terjadi ketika konten yang diunggah mulai kehilangan peminat atau perubahan algoritma yang mengakibatkan perubahan facebook engagement.

Kebutuhan akan facebook engagement ini tentunya dibutuhkan oleh kreator agar akun yang dikembangkan dapat menjangkau pengguna facebook yang lebih luas melalui konten yang dikembangkan.

Disisi lain, facebook engagement sendiri bisa di dapatkan melalui likes, share, dan juga komentar yang di dapatkan setiap mengunggah konten dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga kreator mau tak mau harus memutar otak untuk mengetahui konten yang disukai oleh konsumen dan juga target konsumen yang dituju.

Guna mempermudah jalan dalam meningkatkan facebook engagement membeli likes atau komentar dari internet dalam jumlah tertentu menjadi jalan pintas untuk menambah facebook engagement dalam waktu cepat.

Sayangnya cara ini tidak disukai oleh facebook dan malah menyebabkan akun anda mendapatkan peringatan atau shadowband dalam jangka waktu tertentu.

Karenanya agar kreator dapat mengembangkan facebook engagement secara organik berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menaikkan engagement yang dimiliki.

Unggah Konten di Waktu Aktif Konsumen

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan facebook engagement yang dimiliki adalah dengan mengunggah konten pada waktu aktif konsumen.

Dengan mengunggah pada waktu tersebut maka meningkatkan peluang konten anda dilihat oleh konsumen yang dimiliki sehingga meningkatkan facebook engagement yang dimiliki.

Bagi kreator yang ingin mengetahui waktu aktif konsumen maka bisa melihatnya di fitur insight facebook business dan memperhatikan waktu dimana pengikut anda membuka facebook dan berinteraksi dengan pengguna facebook lainnya.

Disaat kreator mengetahui waktu aktif konsumen maka akan mempermudah kreator untuk menjadwalkan konten yang akan diunggah melalui creator studio atau website social media management.

Penggunaan fitur penjadwalan konten akan memudahkan konsumen untuk mengunggah konten di waktu yang tepat dan secara otomatis.

Unggah Konten Secara Konsisten

Tidak hanya mengunggah konten di waktu aktif konsumen namun kreator juga sebaiknya mengunggah konten secara konsisten.

Membuat dan mengunggah konten sekali dan membiarkannya begitu saja tentu tidak akan membuat facebook engagement anda meningkat namun malah semakin menurun mengingat kurangnya interaksi yang dilakukan.

Karenanya kreator sebaiknya menjadwalkan konten melalui kalender konten agar bisa konsisten mengunggah konten dengan ide yang berbeda setiap harinya.

Dengan penggunaan kalender konten tentunya akan lebih efektif mengunggah konten secara rutin dan konsisten dalam jangka waktu lama.

Buat Konten yang Disukai Konsumen

Banyaknya fitur yang disediakan oleh Facebook akhirnya membuat kreator mencoba berbagai fasilitas yang ada untuk menghasilkan konten yang variatif.

Namun jenis konten yang berubah sepanjang waktu terkadang tidak berpengaruh pada facebook engagement yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan konsumen cenderung menyukai satu jenis konten saja meskipun konten tersebut diunggah berulang kali.

Karenanya dibandingkan mengunggah berbagai jenis konten yang kurang disukai maka kreator sebaiknya berfokus membuat satu jenis konten yang disukai oleh konsumen.

Hal ini dilakukan agar kreator berfokus dalam membuat konten yang berkualitas dibandingkan terus menerus bereksperimen membuat konten yang berbeda setiap harinya.

Untuk mengetahui apakah konten yang anda unggah disukai oleh konsumen maka kreator bisa melihat hasilnya di fitur insight untuk melihat performa facebook engagement di konten yang diunggah.

Jika kreator sudah menemukan konten yang membuat akun anda viral dan disukai oleh konsumen maka kreator bisa membuat variasi dari satu jenis konten tersebut.

Namun bagi kreator yang baru saja mengembangkan akun facebook maka akan lebih baik membuat berbagai variasi jenis konten yang berbeda untuk di uji coba ke konsumen yang dituju.

Apabila kreator sudah menemukan konten yang disukai oleh konsumen maka bisa menggunakan konten tersebut sebagai alat utama mengembangkankan facebook engagement.

Buat Variasi Konten yang Menarik

Salah satu tujuan utama untuk membuat akun Facebook adalah mempromosikan brand atau produk yang dimiliki.

Namun bukan berarti kreator harus terus menerus membuat konten promosi secara terus menerus dan di unggah di akun facebook yang dimiliki.

Penggunaan konten promosi secara terus menerus nantinya akan membuat konsumen bosan dan akhinya membuat facebook engagement menerun.

Karenanya untuk mencegah hal ini maka kreator bisa melakukan variasi konten dengan mengunggah konten komedi atau edukasi yang dapat menghibur konsumen dan meninggalkan jejak berupa facebook engagement secara sukarela.

Ikuti Trend yang Sedang Naik Daun

Media internet menjadi salah satu tempat dimana konsumen bisa menemukan berbagai hal baru secara mudah dan cepat.

Munculnya trend terbaru tentunya akan membuat beberapa platform memperbincangkannya dalam jangka waktu tertentu.

Beredarnya trend yang sedang naik daun juga bisa dimanfaatkan kreator untuk membuat konten yang berkaitan dengan topik perbincangan tersebut.

Apabila kreator ikut bergabung dengan topik yang tengah naik daun tersebut maka kesempatan akun dan konten anda menjadi viral pun lebih besar sehingga bisa lebih dikenal oleh konsumen lain.

Beberapa usaha kecil atau brand yang mampu memanfaatkan trend ini tentunya akan memiliki kesempatan besar untuk dikenal oleh calon konsumen yang sebelumnya belum mengenal produk anda.

Sebarkan Juga Konten Edukasi

Disaat calon konsumen melihat konten promosi anda di social media tentunya pembeli akan melihat kelebihan produk anda dibandingkan produk lain yang ditemukan di pasaran.

Karenanya untuk memamerkan kelebihan produk anda dibandingkan brand lain maka kreator bisa memberikan konten edukasi yang berkaitan dengan brand yang anda kembangkan.

Salah satu caranya adalah dengan membuat konten mengenai kelebihan dari bahan yang terdapat di produk yang anda gunakan dan juga manfaat setelah menggunaka produk anda dalam jangka waktu tertentu.

Pemberian konten testimoni juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen sehingga percaya pada produk yang anda kembangkan dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Lemaskan Otot dengan Konten Komedi

Padatnya kegiatan yang dilakukan sepanjang hari terkadang membuat pengguna internet membutuhkan hiburan untuk memperbaiki mood yang berubah selama seharian penuh.

Karenanya terkadang pengguna internet berkunjung ke akun social media yang dimiliki untuk menemukan berbagai konten yang lucu dan mengundang tawa dibandingkan melihat konten promosi.

Guna memanjakan konsumen yang dimiliki maka kreator bisa sesekali mengunggah konten komedi yang dibuat sendiri atau repost dari akun lain.

Konten yang lucu dan mengundang tawa tentunya akan membuat konsumen senang dan bahagia sehingga memberikan apresiasi berupa likes atau komentar yang dapat membantu untuk menaikkan facebook engagement yang dimiliki.

Apabila kreator ingin membuat konten komedia sendiri maka kreator bisa membuat parodi yang berkaitan dengan produk ada atau kejadian sehari-hari yang juga dialami oleh banyak orang sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengguna social media yang mungkin melihat konten anda.

Maksimalkan Fitur Foto di Facebook

Sebagai social media yang menonjolkan visual tentunya konten foto menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna facebook untuk melihat konten anda dan berkunjung ke akun facebook yang anda miliki.

Karenanya jika kreator ingin menaikkan facebook engagement di akun yang dikembangkan maka menonjolkan konten visual menjadi kekuatan tersendiri untuk akun facebook anda.

Namun kreator juga tidak hanya menonjolkan konten foto produk untuk menaikkan facebook engagement yang dimiliki.

Menampilkan pemeran di balik layar produk atau brand yang anda kembangkan juga bisa menjadi daya tarik yang membuat konsumen lebih mengenal produk yang anda miliki.

Menampilkan kegiatan mengenai behind the scene pembuatan produk juga membuat konsumen mengenal produk anda lebih jauh dan juga membuat pelanggan untuk terus belanja di toko yang anda miliki.

Prioritaskan Interaksi dengan Konsumen

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kriteria penting untuk menaikkan facebook engagement adalah dengan menaikkan interaksi dengan konsumen.

Beberapa jenis interaksi yang dihitung oleh facebook adalah komentar, likes, dan juga tanda suka di konten yang diunggah setiap harinya.

Karenanya sebagai seorang kreator sebaiknya meningkatkan facebook engagement dengan cara membalas komentar konsumen secara rutin.

Selain itu, membalas pesan yang masuk ke akun anda juga dapat meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki serta menyelesaikan masalah konsumen dengan mudah dan cepat.

Dengan tingkat interaksi yang sering akan membuat konsumen sering berkunjung ke akun anda dan memberikan komentar pada setiap konten yang diunggah.

Kreator yang sering melakukan interaksi dengan konsumen tentunya akan dengan mudah mengetahui keinginan konsumen dan bisa menjadi bahan evaluasi untuk pengembangan layanan dan produk ke depannya.

Kembangkan Konten yang Dapat Menaikkan Facebook Engagement

Facebook engagement berupa pemberian likes, comment, atau share tidak hanya menjadi standar pengukuran interaksi yang dilakukan oleh pengikut anda di Facebook namun juga menjadi dasar untuk mengetahui konten yang disukai oleh konsumen yang dimiliki.

Karenanya penting bagi kreator untuk memahami konten apa saja yang disukai oleh konsumen dengan melihat facebook engagement yang di dapatkan di setiap unggahan konten yang di dapatkan.

Berikut beberapa konten yang dapat dikembangkan untuk menaikkan facebook engagement dan juga disukai oleh banyak pengguna social media.

Konten yang Menyentuh Hati

Salah satu jenis konten yang biasanya mendapatkan facebook engagement paling banyak adalah konten yang menyentuh hati.

Konten satu ini biasanya membahas berbagai masalah yang dihadapi orang dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Perjuangan dalam menghadapi masalah yang ada di depan mata terkadang membuat pengguna facebook dan memberikan engagement berupa likes atau komentar yang menguatkan konsumen tersebut.

Kreator juga dapat membuat konten yang menyentuh hati dengan cara membuat konten testimoni konsumen yang digabungkan dengan masalah yang dihadapi.

Ulasan yang menarik dan sesuai dengan kenyataan tentunya akan membuat pengguna facebook tersentuh dan membeli produk yang anda jual.

Konten Quiz

Cara lain untuk meningkatkan interaksi konsumen adalah dengan membuat konten giveaway dimana pembeli diminta untuk melakukan berbagai tantangan yang menarik.

Salah satu tantangan yang bisa dilakukan adalah dengan menjawab konten quiz yang diberikan sehingga membuat konsumen berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan di konten tersebut.

Semakin banyak pengguna facebook yang berpartisipasi pada konten giveaway anda maka akan menaikkan facebook engagement pada akun facebook yang anda kembangkan.

Informasi yang Menarik

Membaca fakta yang menarik dan unik tidak hanya dapat mengisi waktu luang namun juga meningkatkan pengetahuan bagi pembacanya.

Tidak hanya itu, bagi sebagian besar pengguna internet adanya fakta yang menarik juga bisa menjadi sarana diskusi yang asyik dengan banyak orang.

Karenanya menyajikan konten informasi juga bisa menjadi salah satu jalan untuk menaikkan facebook engagement yang dimiliki.

Dengan menyajikan konten yang menarik dan juga berkaitan dengan produk anda maka membuat konsumen anda tertarik untuk berkomentar di konten anda dan juga menyebarkannya ke orang lain sebagai bahan diskusi.

Meskipun begitu dalam menyajikan konten informasi pastikan untuk memberikan fakta yang akurat dan sesuai dengan kejadian di lapangan sehingga tidak memberikan pemahaman yang berbeda bagi orang awam.

Konten Tutorial

Kreator yang mengembangkan konten untuk brand bahan masakan atau masakan siap saji bisa memberikan konten tutorial yang menjadi alternatif konsumen untuk menggunakan produk yang dipromosikan.

Pemberian konten resep yang menarik dan mudah dicoba tentunya akan membuat konsumen tertarik untuk mencobanya sehingga berbondong-bondong untuk membeli produk tersebut.

Kreator juga bisa menggandeng influencer untuk membuat konten tutorial yang kreatif dan bisa ditiru oleh pengikutnya sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Gunakan Kalimat Call To Action

Saat mengunggah konten di facebook biasanya kreator menambahkan kalimat call to action agar pengikut anda memberikan likes atau comment di konten yang anda unggah.

Meskipun kalimat call to action tersebut efektif untuk menaikkan facebook engagement namun cara tersebut kurang disukai oleh facebook.

Karenanya kreator dapat membuat alternatif lain untuk menaikkan interaksi dengan konsumen seperti memberikan konten berupa tanya jawab atau membuat konten yang memicu diskusi di kolom komentar.

Ruang diskusi yang sehat dengan pendapat yang berbeda tentunya akan membuat pengikut anda tertarik untuk berkomentar yang dapat membantu untuk menaikkan facebook engagement di akun yang anda miliki.

Unggah Konten Video ke Facebook

Tidak hanya konten foto yang mampu menarik perhatian pengguna facebook untuk berkunjung ke akun facebook yang anda miliki namun konten video juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Apalagi jika konten video tersebut diiringi dengan alunan lagu yang menyenangkan dan juga visual yang menarik maka akan membuat konsumen tertarik untuk melihat video yang anda unggah sampai tuntas.

Karenanya kreator bisa mengunggah video promosi di facebook yang dapat merangkum semua koleksi terbaru produk yang dimiliki dan juga produk baru yang anda luncurkan.

Konten video tersebut juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif yang mampu menarik rasa penasaran pengguna facebook untuk mencoba produk yang dilihat di iklan berbayar.

Akan tetapi dalam membuat konten video sebaiknya kreator membuat durasi video yang pendek namun menjelaskan isi produk dengan padat sehingga pengguna facebook yang melihatnya akan menonton video tersebut hingga tuntas.

Penggunaan konten siaran langsung yang tersedia di facebook juga mampu membuat pengikut anda tertarik untuk bergabung dalam interaksi dua arah ini sehingga meningkatkan facebook engagement yang di dapatkan.

Sebuah siaran langsung yang sering diadakan serta mendapatkan banyak viewers tentunya bisa menjangkau pengguna facebook yang lebih luas sehingga mampu mendapatkan calon konsumen yang diinginkan.

Buat Konten yang Singkat dan Padat

Salah satu tujuan untuk mengunjungi akun facebook yang dimiliki adalah mendapatkan hiburan dari akun yang diikuti atau konten yang disukai oleh teman facebook anda.

Karenanya pengguna facebook cenderung menghindari konten yang panjang karena lebih menguras waktu dan kurang cocok dibaca di waktu senggang.

Guna mengatasi hal ini maka kreator bisa membuat yang singkat dan padat namun jelas sehingga bisa dipahami dengan mudah oleh pengikut facebook yang anda miliki.

Selain itu, konten yang pendek juga lebih mudah dibagikan dan dipahami oleh pengikut facebook yang belum mengenal anda sebelumnya.

Fokus Pada Kualitas Konten

Salah satu daya tarik konten yang membuat konsumen datang ke akun facebook anda adalah kualitas konten yang berkualitas.

Sebuah konten yang berkualitas bisa diukur dengan tingginya resolusi foto dan video yang diunggah sehingga membuat konsumen tertarik untuk melihat konten anda berlama-lama dan memberikan apresiasi berupa likes atau comment.

Tidak hanya itu, isi konten yang berbobot dan juga menarik untuk dibahas bisa menjadi salah satu alasan mengapa konsumen tertarik untuk mengunjungi akun facebook anda setiap harinya.

Guna meningkatkan kualitas dari konten facebook yang dimiliki maka kreator bisa menggunakan social media tools berupa aplikasi edit foto dan video yang beredar luas di internet dan bisa digunakan secara gratis.

Promosikan Akun Facebook dari Website yang Dimiliki

Bagi sebuah brand yang sedang berkembang atau tengah melaju pesat biasanya akan memiliki website perusahaan sendiri.

Adanya website perusahaan ini biasanya berisi produk yang dipasarkan, promo yang sedang berlangsung, dan juga latar belakang perusahaan.

Bagi seorang konsumen yang sudah mengunjungi website perusahaan anda biasanya akan mencari akun social media yang dimiliki agar tetap update terhadap berbagai informasi yang diberikan.

Hal ini menjadi kesempatan yang tepat bagi kreator untuk mempromosikan akun facebook yang dimiliki di website bisnis anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen serta memberikan informasi produk terbaru.

Mulai Aktif di Grup Facebook

Meningkatkan facebook engagement tidak hanya dilakukan dengan mengumpulkan banyak likes dan juga komentar dari pengikut yang dimiliki.

Namun kreator juga bisa meningkatkan interaksi dengan fans yang dimiliki menggunakan facebook grup dengan mengundang beberapa fans tertentu.

Interaksi yang intens di grup yang dimiliki tentunya akan membuat konsumen yang dimiliki semakin setia pada produk anda dan juga merekomendasikannya kepada orang lain.

Beberapa ide konten di facebook grup yang dimiliki adalah dengan membagikan infromasi terbaru mengenai produk yang dimiliki dan juga tips menggunakan produk yang tepat sehingga konsumen bisa bereksperimen dengan produk yang dimiliki.

Interaksi yang intens serta dua arah ini tentunya membuat kedekatan anda dengan konsumen yang dimiliki semakin tidak bisa dipisahkan.

Gunakan Facebook Story

Konten video atau foto pendek dalam durasi waktu tertentu juga bisa dimanfaatkan untuk membangun facebook engagement dengan konsumen yang dimiliki.

Kreator bisa menggunakan fitur yang tersedia di facebook story untuk membuat konten story yang menarik juga meningkatkan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Salah satu fitur dan konten yang bisa digunakan oleh kreator adalah konten tanya jawab dimana kreator bisa menggunakan fitur tanya jawab untuk menentukan jawaban yang tepat.

Kreator juga bisa mengumpulkan pendapat dari konsumen dengan fitur QnA sehingga kreator bisa mengumpulkan berbagai usulan konsumen dengan mudah dan cepat,

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.