facebook post

Apa Itu Facebook Shops dan Keuntungannya Untuk Bisnis

Jangkau konsumen yang lebih luas dengan gunakan layanan facebook shop dengan berbagai fasilitas serta tools yang dimiliki.

Beberapa tahun ke belakang mulai banyak produk yang mulai berjualan melalui market place atau social media shops.

Hal ini dilakukan mengingat banyak pengguna internet yang mulai berbelanja via online shop ditambah berbagai tempat belanja daring tersebut juga menyediakan fasilitas jual beli yang praktis.

Hadirnya facebook shops ini juga membuka kesempatan bagi penjual yang baru memulai atau sudah memiliki banyak konsumen untuk menjangkau konsumen yang lebih luas serta penjualan yang lebih banyak

Salah satu social media yang sudah mulai membuka layanan berbelanja online adalah Facebook dimana platform ini memberikan berbagai tools yang memudahkan dalam penjualan dan pembayaran produk.

apa itu facebook shops

Apa Itu Facebook Shops

Facebook shops sendiri merupakan fitur gratis dari facebook yang memberikan layanan berupa katalog produk yang bisa digunakan sebagai tempat jual beli oleh pelaku usaha dan pembeli.

Layanan yang tersedia di fitur ini juga bisa digunakan dengan mudah namun hanya bisa diakses melalui dekstop atau personal computer untuk pemberian informasi produk yang lebih lengkap.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengakses berbagai fasilitas lainnya seperti unggah produk. melakukan tag produk di unggahan konten facebook serta transaksi melalui akun facebook shops.

Keuntungan lain dari facebook shops adalah sekali kreator melakukan settig akun facebook shops maka anda akan memiliki akses untuk membuat toko di dua platform sekaligus serta membuat penjualan di akun jualan yang anda miliki.

Tidak hanya itu, guna memudahkan komunikasi dengan konsumen serta pelayanan produk yang lebih cepat maka facebook shops juga bisa disambungkan ke WhatsApp Business Account.

jualan di facebook shops

Siapa Saja yang Bisa Berjualan di Facebook Shops

Awalnya facebook shops di rilis guna membantu pelaku usaha untuk tetap bertahan di masa pandemi sehingga bisa memperoleh keuntungan lebih meskipun hanya berjualan dari rumah.

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak brand besar yang mulai menjajakan produknya di facebook shops guna menjangkau konsumen yang luas serta keuntungan yang berlipat ganda.

Singkatnya, platform facebook shops sendiri cocok untuk beberapa pelaku usaha berikut :

Usaha Kecil dan Menengah

Semenjak datangnya masa pandemi dimana banyak orang yang mulai melakukan aktivitas dari rumah serta mengurangi kegiatan di luar ruangan menjadikan market place dan social media shops.

Hal ini juga membuat pelaku usaha mau tak mau melakukan inovasi agar produk yang dijual dapat menjangkau konsumen yang diinginkan meskipun tidak melakukan jual beli di luar ruangan.

Disisi lain, saat memulai berjualan secara online terkadang penjual merasa kebingungan dalam menggunakan berbagai fasilitas dan fitur yang ada sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulai jualan di social media shops atau market place.

Untungnya, facebook shops hadir dengan berbagai layanan yang mudah dipelajari dan digunakan oleh pelaku usaha sehingga bisa memulai jualan online lebih cepat.

Usaha Baru yang Membutuhkan Banyak Konsumen

Bagi pelaku usaha yang akan atau sedang membuka usaha tentunya membutuhkan konsumen yang lebih banyak agar produk lebih mudah dikenal serta meningkatkan brand awareness.

Saat ini, promosi tidak hanya dilakukan secara langsung namun melalui layanan internet yang tentunya memiliki banyak pengguna serta pilihan konsumen yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Facebook shops hadir dengan kelebihan berupa pengguna facebook yang mencapai miliaran orang serta tersebar di seluruh dunia sehingga memungkinkan pelaku usaha untuk mendapatkan konsumen yang diinginkan.

Brand Produk yang Memiliki Banyak Konsumen

Meskipun awalnya facebook shops diluncurkan untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah di masa pandemi namun berbagai brand besar juga bisa bergabung di facebook shops.

Malah bergabungnya brand besar tersebut di facebook shops akan menimbulkan keuntungan yang lebih banyak mengingat produk tersebut sudah memiliki banyak konsumen setia di facebook.

Hal ini tentunya memudahkan pelaku usaha untuk melakukan promosi dan jual beli di facebook shops sehingga akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

alasan menggunakan facebook shops

Alasan Menggunakan Facebook Shops

Meskipun saat ini banyak sekali market place atau social media shops yang berlomba-lomba untuk meraih perhatian penjual online, namun facebook shops sendiri juga memiliki beberapa keuntungan yang hanya di dapatkan platform satu ini.

Keuntungan yang Lebih Banyak

Alasan pertama untuk menggunakan facebook shops adalah platform ini menyediakan layanan yang lebih banyak seperti kemudahan menggunakan berbagai fitur dan tools yang tersedia serta jumlah pengguna facebook yang tersebar di seluruh dunia.

Hal ini tentunya menguntungkan pelaku usaha yang baru memulai membuka akun online shop di facebook shops guna mendapatkan konsumen yang sesuai dengan keinginan serta produk yang dijual.

Disisi lain, apabila pelaku usaha sudah memiliki akun online shop di market place atau social media shops lain maka dengan membuka akun facebook shops akan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak.

Ditambah lagi jika pelaku usaha sudah memiliki banyak fans di facebook sehingga memudahkan untuk proses promosi dan penjualan di facebook shops.

Kanal penjualan yang banyak tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih banyak juga kan?

Pendaftaran Facebook Shops yang Mudah

Salah satu penghalang saat memulai berjualan di market place atau social media shops adalah kesulitan dalam mempelajari berbagai layanan dan tools yang diberikan.

Padahal jika pelaku usaha mampu memanfaatkan berbagai fasilitas yang diberikan maka akun facebook shops anda lebih mudah menjangkau konsumen di facebook.

Hal ini terkadang membuat pelaku usaha menyerah di tengah jalan atau membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memprlajari berbagai fasilitas yang diberikan oleh platform tersebut.

Untungnya, berbagai tools yang diberikan oleh facebook shops sangat mudah digunakan sehingga tidak membutuhkan waktu lama bagi kreator untuk memulai berjualan di platform satu ini.

Facebook Shops Terintegrasi dengan Platform Lain

Seperti yang banyak orang tahu, founder dari facebookjuga telah mengakuisisi beberapa platform social media seperti Instagram dan Whatsapp.

Bergabungnya beberapa social media besar dalam wadah baru bernama Meta menjadikan penggunanya dapat mengintegrasikan ketiga platform tersebut secara mudah.

Salah satunya adalah pengguna facebook shops yang dapat membuat akun instagram shops tanpa harus mendaftar ulang kembali serta memudahkan komunikasi dengan pembeli melalui WhatsApp.

Hal ini tentunya menguntungkan penjual agar tidak bekerja dua kali dalam membuat berbagai akun jualan di social media shops.

Kemudahan Membeli Barang di Satu Tempat

Saat pengguna social media menemukan produk keinginan dengan harga terjangkau tentunya keinginan membeli akan semakin menggebu-gebu.

Sayangnya beberapa akun jualan yang tidak memiliki akun facebook shops akhirnya menggunakan akun market place untuk proses transaksi jual beli.

Hal ini tentunya merepotkan konsumen untuk pergi dari akun social media ke market place yang dituju guna membayar barang yang dipilih.

Akan tetapi, saat kreator menggunakan akun facebook shops tentunya akan memudahkan konsumen dalam membeli barang keinginan secara langsung tanpa perlu melompat dari satu akun ke akun lain.

Kemudahan Dalam Menambah Produk di Facebook Shops

Bagi pelaku usaha yang memiliki banyak produk tentunya membutuhkan ruang yang besar untuk memamerkan berbagai barang jualannya sehingga bisa diminati oleh banyak konsumen.

Limitasi dalam mengunggah produk tentunya akan membuat pelaku usaha kesal sehingga mau tak mau menghapus beberapa barang jualan yang mungkin sudah tidak diminati lagi.

Disisi lain, facebook shops memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memasukkan berbagai barang jualan di akun yang dimiliki sehingga pebisnis bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, anda juga tidak perlu menghapus beberapa produk yang kurang diminati pembeli sehingga bisa di pajang dalam jangka waktu lama.

Kemudahan Memesan Melalui Facebook Messenger

Saat ini konsumen hanya bisa memesan produk melalui akun facebook shops yang dituju sehingga konsumen harus mencari satu persatu barang keinginan yang tentunya akan memakan waktu serta membuat pembeli tergoda untuk membeli barang lain.

Alasan inilah yang membuat facebook shops mempertimbangkan untuk menjadikan fitur facebook messenger sarana jual beli sehingga konsumen hanya perlu mengirimkan pesan ke akun tersebut dan kreator akan memberika rekomendasi produk yang diminta,

Hal ini tentunya memudahkan konsumen dalam memesan barang di facebook shops secara mudah dan cepat.

writing 3934298 640

Cara Memulai Jualan di Facebook Shops

Sudah bersiap untuk memulai jualan di facebook shops? sebelum itu, kreator sebaiknya mengetahui cara membuat akun facebook shops dan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk promosi produk yang lebih efektif.

Pastikan Memiliki Akun Commerce Manager

Sebelum mulai membuat akun facebook shops, pastikan dulu untuk membuat akun commerce manager dengan masuk ke akun berikut : facebook.com/commerce_manager/.

image

Kreator bisa membuat akun baru dan memilih Set Up yang sesuai dengan akun facebook anda dengan pilihan berikut.

Facebook shops 1.png

Akan tetapi, jika kreator telah memiliki akun di platform shopify maka anda hanya perlu mengunggah produk dan mengumpulkannya di kategori khusus.

Pilih Kategori yang Sesuai

Setelah anda memiliki akun facebook shops maka kreator bisa mengisi beberapa informasi guna melengkapi informasi yang sesuai.

Facebook shops 2.png 1

Pertama adalah mengisi pertanyaan mengenai bisnis anda dan pastikan anda mengisi informasi dengan benar.

Facebook shops 3.png

Kedua adalah tambahkan juga produk yang akan dijual dan masukkan juga ke beberapa kategori produk yang sesuai.

Masukkan juga pilihan pengiriman produk yang akan digunakan dan sering digunakan oleh konsumen anda.

Pastikan juga untuk mengisi informasi layanan konsumen sehingga memudahkan konsumen untuk menghubungi anda apabila ada masalah dalam pengiriman produk.

Ketiga adalah bagian paling penting yakni pilihan pembayaran produk yang bisa dipilih oleh konsumen agar produk yang diinginkan bisa dibeli dengan mudah.

Kreator tidak bisa mengubah pilihan pembayaran produk ini sehingga kreator harus mengisi informasi tersebut dengan tepat.

Setelah mengisi informasi yang diminta maka kreator bisa melakukan klik pada ikon Set Up dan Get Started guna finalisasi data.

Masukkan Produk ke Akun Facebook Shops

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan setelah mengisi beberapa informasi adalah menambahkan produk ke akun facebook shops atau shopify yang dimiliki.

Guna menambahkan koleksi produk maka kreator bisa melakukan klik pada ikon Collections di akun Commerce Manager kemudian pilih Create Collection dan tambahkan beberapa detail berikut :

Name : Berikan nama produk yang anda unggah pastikan juga tidak terjadi kesalahan penulisan serta mudah dicari oleh konsumen dan pengguna internet.

Facebook shops sendiri memberikan 30 karakter yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengisi nama produk yang diinginkan.

Pastikan menulis nama produk yang jelas agar konsumen tidak perlu menebak-nebak nama produk yang dijual.

Deskripsi Produk : Konsumen tidak hanya ingin menemukan dan mencari nama produk yang diinginkan namun deskripsi produk untuk melihat kegunaan produk, ukuran serta variasi yang diberikan sehingga bisa dipilih sebelum melakukan check out.

Kreator tidak perlu ragu apabila deskripsi produk tidak cukup untuk dijelaskan dalam satu kolom deskripsi karena facebook shops memberikan 200 karakter yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Meskipun pilihan deskripsi produk ini bersifat opsional namun pemberian keterangan ini dapat membantu menarik perhatian konsumen sehingga tertarik untuk membeli produk anda meskipun sebelumnya hanya berniat melihat barang jualan anda.

Cover Media : Pemberian gambar produk juga mampu menarik perhatian konsumen serta memberikan gambaran pada produk yang akan dibeli.

Dalam memasukkan gambar ke akun facebook shops maka kreator memerlukan ukuran gambar sebesar (4:3 Ratio dengan 800×600 pixel).

Kreator bisa memberikan gambar yang atraktif guna membuat konsumen penasaran mengenai barang yang anda jual sehingga masuk ke kategori tersebut.

Ketika anda sudah menyelesaikan berbagai informasi yang diminta maka kreator bisa melanjutkan untuk mengisi beberapa data berikut :

Name : Hal yang paling penting dalam mengunggah produk di akun facebook shops adalah pemberian nama produk. Dibandingkan memberi nama produk estetik maka lebih baik kreator menuliskan nama yang mudah dideskripsikan oleh konsumen.

Hal ini akan memudahkan konsumen saat memberikan rekomendasi produk ke orang lain dan menghindari kesulitan dalam mencari nama produk tersebut di kolom pencarian.

Unggah Foto Produk : Gambar produk yang bagus tentunya akan meningkatkan minat konsumen untuk membeli dibandingkan foto yang terlihat buram dan sulit untuk di deskripsikan oleh calon pembeli.

Karenanya pastikan memiliki gambar produk dengan kualitas tingi dengan bantuan kamera yang bagus, teknik foto yang sesuai, serta aplikasi edit foto yang dapat membantu hasil foto produk menjadi lebih bagus.

Facebook shops sendiri memiliki ukuran foto sendiri yakni 600×600 pixels untuk tampilan gambar yang maksimal.

Link Website : Apabila kreator memiliki akun market place, social media shops, serta website maka bisa mencantumkan alamat tersebut di link website yang telah disediakan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila produk yang dijual di facebook shop habis sehingga konsumen bisa memiliki alternatif website lain yang bisa diakses.

Apabila kreator memiliki promo pada event tertentu maka kreator bisa memasukkannya sebagai informasi tambahan guna membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda saat itu juga.

Kreator juga bisa menambahkan infromasi yang berkaitan dengan produk yang dijual sehingga barang akan lebih mudah terjual.

Apabila kreator sudah melengkapi berbagai informasi yang diminta maka kreator bisa mengkonfirmasinya dengan melakukan klik pada ikon Confirm dan Publish.

Unggah Produk Melalui Shopify

Kreator tidak hanya bisa mengunggah produk melalui akun facebooks shops namun juga Shopify dimana platform tersebut berhubungan langsung satu sama lain.

Karenanya jika kreator memiliki akun shopify maka bisa mengunggah produk secara mudah dengan menggunakan beberapa langkah berikut :

Langkah 1 : klik pada ikon product tabs yang ada di akun shopify dan pilih produk yang ingin anda unggah.

Langkah 2 : Pilih ikon actions kemudian pastikan produk tersedia sebelum dimasukkan ke menu tersebut.

Langkah 3 : Kreator akan menemukan pop up dimana kreator akan diberikan pilihan untuk menampilkan produk anda. Pilih ikon Facebook dan klik pada ikon make product avaiable.

Setelah menyelesaikan semua langkah tersebut maka produk anda akan ditampilkan pada akun facebook shops anda.

Sebelum produk anda ditampilkan di facebook shops maka kreator membutuhkan waktu sehari penuh untuk diulas oleh facebook.

Karenanya kreator lebih baik mengunggah semua produk secara bersamaan agar tidak memakan waktu lama dalam memamerkan produk anda apalagi jika kreator akan mengadakan event promosi produk.

Kustomisasi Facebook Shops

Agar tampilan akun facebook shops anda menjadi lebih bagus maka kreator bisa melakukan kustomiasi akun anda dengan beberapa langkah berikut :

Pilih Produk yang akan Dipamerkan : Apakah anda memiliki produk yang sedang naik daun atau memiliki barang jualan yang perlu dinaikkan? maka kreator bisa memilih barang tersebut agar berada di bagian beranda akun facebook shops.

Unggah, Pilih, atau Hapus Produk : Kreator bisa mengkreasikan tampilan kategori facebook shops agar indah dilihat oleh konsumen anda.

Ubah Ukuran Tulisan dan Warna : Jadikan foto produk anda menjadi lebih unik dan indah dengan mengubah tulisan dan warna guna memudahkan konsumen melihat akun facebook shops anda.

store 3867742 640

Tips Promosi di Facebook Shops

Facebook shops tentunya menjadi tempat yang cocok bagi pelaku usaha yang baru memulai jualan online atau pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Namun untuk mengembangkan promosi jualan serta memudahkan dalam membuat strategi marketing yang tepat maka kreator bisa melakukan beberapa tips berikut :

Promosikan Akun Facebook Shops

Meskipun konsumen setia akan dengan mudah menemukan fitur facebook shops di layanan facebook profile namun pengguna facebook yang baru mengenal mungkin belum mengetahui layanan tersebut.

Karenanya agar akun facebook shops anda lebih mudah dikenal maka kreator bisa mempromosikannya melalui iklan berbayar.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membuat konten mengenai pengalaman berbelanja di facebook shops sehingga membuat konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi toko anda.

Konten tersebut bisa berupa tutorial berbelanja di akun facebook shops atau melakukan facebook live yang berisi langkah berbelanja di akun anda sehingga konsumen juga bisa bertanya melalui live chat di siaran langsung.

Strategi promosi konten yang tepat tentunya akan membuat akun anda menjangkau lebih banyak konsumen serta membantu meningkatkan penjualan produk.

Persiapkan Juga Permintaan yang Tinggi

Disaat akun facebook shops anda mulai viral dan dikenal oleh banyak pengguna facebook tentunya akan membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan lebih banyak pembeli dalam waktu singkat.

Hal ini tentunya perlu diantisipasi bagi penjual agar semua pesanan yang masuk bisa diterima dan dilayani dengan baik sehingga konsumen baru akan kembali membeli produk anda.

Tentunya anda tidak mau kesempatan emas ini menghilang begitu saja bukan?

Karenanya pelaku perlu menyiapkan kesempatan yang akan datang dengan memilih karyawan yang kompeten serta dapat melayanai konsumen dengan baik.

Pelaku usaha juga perlu menyiapkan standar operasional pelayanan yang bisa diterapkan dalam proses jual beli dan mengatasi berbagai masalah yang muncul.

Kelengkapan Informasi Menjadi Kunci Penting

Salah satu alasan mengapa beberapa orang terkadang ragu untuk membeli barang di internet adalah kemungkinan untuk mendapatkan penipuan dimana konsumen sudah mengirimkan uang pembayaran namun barang tidak kunjung dikirim atau mengalami kerusakan.

Guna mengurangi keraguan konsumen dalam berbelanja maka berbagai market place dan social media shops memberikan kolom yang dapat diisi berbagai informasi lengkap mengenai akun facebook shops yang dijalankan.

Keberadaan bagian informasi bisa dimanfaatkan kreator untuk meningkatkan kepercayaan konsumen guna membeli produk di akun facebook shops anda.

Pastikan juga kreator terus memperbarui informasi yang ada agar konsumen lebih yakin dalam berbelanja di akun facebook shops anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.