Tutorial Gunakan WhatsApp Business Untuk Promosi Bisnis Makanan

Tutorial Gunakan WhatsApp Business Untuk Promosi Bisnis Makanan

Menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat memang cocok apabila ditemani dengan makanan yang enak dan menggugah selera. Apalagi saat ini jika makanan tersebut bisa dipesan secara mudah melalui jasa pesan antar atau WhatsApp Business.

Kemudahan komunikasi kini menjadikan konsumen dan penjual pun bisa terhubung lebih cepat berkat adanya WhatsApp.

Platform komunikasi yang saat ini digunakan oleh banyak orang ini  mempermudah untuk mengirim pesan hanya dari handphone yang ada di tangan.

Tidak hanya sebagai media penghubung namun WhatsApp kini  juga bisa digunakan sebagai sarana promosi yang mudah dan murah khususnya bagi penjual makanan online yang mendapatkan pesanan dari WhatsApp yang dikirimkan pembeli.

Dengan menggunakan WhatsApp juga pembeli tidak perlu datang untuk memesan dan menghabiskan waktu untuk mengantri namun hanya tinggal pesan maka makanan akan diantarkan atau diambil sendiri ketika sudah selesai.

Memiliki nomor penjual juga memudahkan pembeli saat ingin membeli makanan dengan jumlah banyak sehingga bisa sekaligus memilih variasi makanan dan menentukan harga yang sesuai dengan jumlah pesanan makanan.

Bagi penjual juga, WhatsApp Business berguna untuk mempromosikan makanan ke konsumen atau teman terdekat saat akan memulai usaha makanan sehingga penjual akan mendapatkan pelanggan pertama dengan mudah.

Karenanya ketahui dulu cara tarik konsumen ke WhatsApp agar bisa dimanfaatkan untuk promosi produk makanan.

Mengapa WhatsApp Business Ampuh Untuk Promosi

Mengapa WhatsApp Business Ampuh Untuk Promosi

Hobi memesan makanan kini menjadi kebiasaan banyak orang apalagi saat ini tersedia jasa pesan antar seperti Gofood atau Grabfood yang memberikan  diskon besar-besaran sehngga pembeli dapat membeli makanan kesukaan dengan harga murah tanpa perlu keluar rumah.

Selain menggunakan jasa pesan antar, konsumen juga bisa memesan makanan secara langsung kepada penjualnya melalui chat WhatsApp sehingga pengguna hanya perlu menunggu makanan selesai dimasak dan tinggal mengambilnya sehigga tidak perlu antri.

Strategi membeli makanan tanpa antri dengan pesan dahulu ini pun bisa dimanfaatkan penjual untuk menyebarkan berbagai promo makanan kepada pembeli melalui pesan broadcast atau status WhatsApp sehingga penjual bisa menjual berbagai produk dengan cepat.

Untuk memudahkan proses komunikasi dengan pelanggan dan agar tidak tertukar dengan nomor pribadi maka penjual bisa membeli nomor baru dan mengunduh WhatsApp Business. Platform khusus buatan WhatsApp ini terbukti dapat membantu penjualan.

Hal ini dikarenakan banyaknya fasilitas yang memudahkan penjual dan pembeli untuk transaksi dan berbagai keuntungan lainnya saat menggunakan WhatsApp untuk promosi jualan.

Penguna WhatsApp Terus Bertambah

Sebuah data menyebutkan bahwa di tahun 2021 sudah ada 2 milliar pengguna WhatsApp yang tersebar di seluruh dunia.

Hal ini tidak mengherankan karena platform komunikasi ini sangat mudah dipelajari dan diunduh di Google Play Store atau App Store bahkan bisa digunakan di personal computer melalui website.

WhatsApp sendiri diguanakan untuk berbagai kegunaan, diantaranya melakukan interaksi dengan orang lain melalui chatting, video call, dan juga telepon. Selain itu, penguna juga bisa mengirimkan file berupa data pekerjaan atau video-video dan foto lucu dalam ukuran tertentu.

Berbagai kemudahan ini membuat banyak orang beralih ke WhatsApp untuk melakukan komunikasi. Tidak terkecuali bagi penjual yang ingin mendekatkan diri kepada pembeli dengan cara promosi melalui WhatsApp.

WhatsApp sendiri menyadari banyaknya usaha yang mengguankan platform ini sebagai media komunikasi dan promosi dengan penjualnya. Karenanya muncullah salah satu fitur bernama WhatsApp Business.

Melalui fitur ini, pengguna bisa lebih fokus mempromosikan barang dagangannya dengan berbagai fitur yang ada.

Penggunaan WhatsApp Business untuk Promosi Makanan

Tutorial Penggunaan WhatsApp Business untuk Promosi Makanan

Tidak hanya memfasilitasi penggunanya untuk berkomunikasi dengan mudah namun WhatsApp sendiri juga menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk kelancaran bisnis melalui WhatsApp Business.

Cara mengunduh aplikasi ini pun sangat mudah dan bisa dilakukan dengan waktu singkat yaitu dengan membuka aplikasi Google Play Store atau Apple Store dan cari aplikasi WhatsApp Business kemudian pengguna pun bisa mengunduhnya dengan cepat.

WhatsApp Business sendiri juga bisa diakses melalui website di personal computer dan langsung tersambung dengan akun yang kita miliki.

Penjual bisa memanfaatkan berbagai fitur dan layanan yang tersedia sehingga proses komunikasi dan transaksi dengan lancar, berikut beberapa kemudahan dalam menggunakan WhatsApp Business :

Tersedianya Akun Pengguna

Guna mengenalkan usaha kita kepada pembeli tentunya sebuah akun WhatsApp harus diberi nama yang menarik dan mudah dikenali. Penjual bisa menggunakan nama yang sama dipakai di social media bisnis.

Akan tetapi, WhatsApp Business sendiri memiliki beberapa peraturan dalam penulisan nama akun bisnis yang harus dipatuhi oleh pengguna.

Pertama adalah tidak diperkenankan menulisakan nama usaha menggunakan huruf besar kecuali untuk singkatan atau huruf di awal.

Selain itu, tidak dibolehkan untuk memberikan spasi diantara kata namun diperbolehkan untuk menjadikan spasi sebagai pemisah diantara dua nama yang terpisah.

Selanjutnya adalah tidak ada tanda baca yang diselipkan di nama akun dan juga penggunaan emoticon, simbol, ataupun karakter spesial.

Tidak hanya itu, pengguna juga dilarang untuk menuliskan nama bisnis menggunakan nama lengkap, istilah umum, lokasi geografis seperti nama tempat.

Penggunaan nama akun yang sesuai akan mempermudah untuk di verifikasi oleh WhatsApp dan juga meyakinkan pembeli saat memesan melalui WhatsApp Business.

Adanya Foto Profile Pengguna

Salah satu fitur yang juga ada di Whatapp Business adalah adanya foto profil pengguna. Dengan adanya fasilitas ini pengguna bisa memasukkan logo brand usaha untuk meyakinkan konsumen bahwa nomor tersebut merupakan kontak asli penjual.

Pemberian foto profil pun juga akan membuat usaha anda terlihat profesional dan juga bisa menarik konsumen lebih banyak,

Usahakan juga untuk menyamakan foto profil WhatsApp dengan berbagai social media lainnya sehingga terlihat bahwa nomor tersebut merupakan kontak asli.

Apabila penjual belum memiliki logo atau foto profil untuk WhatsApp business yang dimiliki maka bisa membuatnya secara mudah dan gratis melalui berbagai aplikasi edit foto seperti Canva, PicsArt, atau Logomaker.

Pastikan juga untuk memlih logo dengan warna yang sesuai produk yang dipasarkan untuk membangung branding yang sesuai.

Deskripsikan Produk Melalui Profil

Apabila penjual sudah selesai dengan penulisan profil maka selanjutnya penjual dapat mendiskripsikan produk yang dijual dengan jelas melalui profil.

Pada fitur deskripsi ini pengguna bisa menuliskan berbagai informasi bisnis yang sesuai. Beberapa deskripsi yang bisa ditulis diantaranya alamat usaha, kategori bisnis, deskripsi singkat.

Apabila pengguna memiliki social media atau  toko di platform jual beli online maka pengguna bisa menyelipkan URL di dalam deskripsi agar bisa lebih mudah diakses konsumen yang ingin lebih tahu mengenai konten yang dikembangkan.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah konsumen baru untuk mengetahui produk apa saja yang dijual dan lokasi pembeliannya untuk meyakinkan bahwa produk yang dijual merupakan barang asli.

Kirimkan Pesan Secara Otomatis Ke Pelanggan

Melalui penggunaan WhatsApp Business pengguna juga bisa lebih cepat melayani konsumen dengan adanya pesan otomatis yang akan langsung menjawab apabila pembeli pertama kali melakukan chatting ke nomor yang diberikan.

Pada pesan otomatis, penjual juga bisa menggunakan kata-kata ucapan selamat datang sehingga pembeli akan merasa disambut dengan baik dan memberikan kesan pertama yang baik.

Namun apabila konsumen mengirimkan pesan di luar jam kerja maka pengguna bisa memberikan kalimat yang meminta pembeli untuk menunggu beberapa saat karena admin sedang istirahat atau tidak menerima pesan di hari libur.

WhatsApp Business sendiri menyediakan tiga fitur pesan otomatis yang bisa dipilih dan digunakan oleh pengguna sehingga memudahkan komunikasi dengan pembeli.

Pertama adalah fitur Away Message dimana pembeli akan mendapatkan pesan otomatis apabila mengirimkan pesan di luar jam kerja atau saat bisnis sedang tutup.

Kedua adalah fitur Greeting Message yang bisa di dapatkan pembeli ketika mengirimkan pesan pertama kali ke nomor pengguna.

Manfaatkan hal ini dengan memberikan kata sambutan yang menarik dan membuat pembeli semakin berminat untuk membeli produk.

Ketiga adalah fitur Quick Replies yang dapat menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen sehingga bisa dijawab secara otomatis oleh WhatsApp Business.

Pengguna bisa mengurutkan pertanyaan apa saja yang sering diajukan dan berikanlah jawaban yang relevan dan mudah dipahami.

Pengguna juga dapat membuat sendiri pesan otomatis yang diinginkan dan sesuai dengan konsumen

Buat Katalog Untuk Promosikan Produk

Tidak hanya Facebook dan juga Instagram yang menyediakan fasilitas katalog untuk melihat produk, pada WhatsApp Business sendiri pengguna dapat memasukkan foto produk yang nantinya akan menjadi katalog yang bisa dilihat secara mandiri oleh konsumen.

Karenanya pilihan gambar yang jelas dan resolusi tinggi akan membuat konsumen tertarik setelah melihat detail makanan dan juga harga yang dicantumkan di dalam gambar.

Pilihlah gambar yang cerah dan menarik perhatian agar konsumen bersemangat saat memilih menu makanan yang diinginkan.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menyisipkan link toko market place agar pembeli bisa langsung check out tanpa perlu bertanya lagi ke pembeli.

Pilih Variasi Produk dengan Kategori Bisnis

Banyaknya produk yang dijual tentu saja masih bisa dipromosikan melalui WhatsApp Busines melalui fitur kategori bisnis.

Pengguna bisa mengelompokkannya sesuai dengan list yang ada dan bila masih kurang bisa menggunakan opsi others.

Penggunaan fitur ini tentu memudahkan pembeli untuk mengetahui produk yang dijual dan bisa memilih varian barang sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen.

Kelompokkan Konsumen dengan Label

Banyaknya pesanan yang masuk ke dalam chat WhatsApp Business merupakan sesuatu yang disyukuri namun juga membingungkan untuk mengetahui pesanan yang sudah selesai dan dalam proses.

Untungnya, WhatsApp Business juga menyediakan fitur label dimana pengguna bisa memberikan tanda pada chat pesanan yang sudah selesai, dalam proses, dan juga menunggu konfirmasi selanjutnya. Sehingga bisa mengetahui prioritas saat membalas pesan.

Verifikasikan Akun Bisnis Anda

Sebuah akun WhatsApp Business yang sudah lama digunakan untuk transaksi bisa saja diverfikasi oleh WhatsApp sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang akan dibeli.

Tanda apabila akun sudah terverifikasi oleh WhatsApp Business adalah adanya tanda centang hijau yang bisa dilihat oleh konsumen. Selain itu, pembeli juga dapat melihat nama bisnis meskipun belum ditambahkan ke kontak telepon.

Cara Tarik Konsumen ke WhatsApp Business

Cara Tarik Konsumen ke WhatsApp Business

Setelah membuat berbagai macam pengaturan di akun WhatsApp Business yang dimiliki maka inilah saatnya untuk mempromosikan nomor tersebut ke pelanggan agar proses promosi lebih mudah dilakukan.

Beberapa cara berikut bisa dilakukan untuk menarik konsumen ke akun WhatsApp Business yang dimiliki :

Dapatkan Data Pelanggan dari Pemesanan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menarik konsumen adalah dengan mengumpulkan data pelanggan yang pernah memesan atau sekedar bertanya produk yang dipasarkan.

Pengguna bisa memulai dengan menyimpan nomor tersebut agar bisa terkoneksi dan juga mengirimkan berbagai broadcast berupa promo produk.

Kirimkan Pesan Notifikasi dan Broadcast

Setelah mengumpulkan berbagai nomor telefon pelanggan maka pengguna bisa mengirimkan pesan broadcast kepada konsumen berupa promo terbaru dari produk makanan yang ditawarkan atau bisa juga mengirimkan pesan sambutan kepada pelanggan yang baru saja mulai memesan.

Pengguna juga sebaiknya membuat kata-kata yang variatif dan juga menarik sehingga pembeli tidak menyadari bahwa pesan tersebut adalah broadcast yang dikirimkan ke banyak orang sehingga terlihat seperti pesan pribdadi.

Pesan broadcast pun sebaiknya tidak dikirimkan setiap hari melainkan pada waktu tertentu saja sebagai pengingat agar konsumen tidak merasa risih dan berujung pada memblokir nomer kita dan akhirnya menimbulkan kerugian.

Beberapa konten pesan broadcast yang bisa dikirimkan adalah pengingat diskon atau launching produk yang dibungkus dengan penawaran khusus apabila pembeli menukarkan diskonnya ke toko.

Layani Konsumen Lebih Cepat dengan Fitur Keranjang

Banyaknya variasi produk yang dijual dan juga konsumen yang terus mengirim pesan setiap saat juga sering membuat penjual bingung untuk memilih pesanan mana yang harus dilayani terlebih dahulu.

Guna mengatasi masalah ini, penjual bisa menggunakan fasilitas keranjang dimana pembeli yang sudah tertarik pada produk tertentu bisa memasukkan ke dalam fitur keranjang sehingga bisa langusng dilayani oleh penjual.

Hal ini juga akan mempermudah proses penjualan karena barang yang telah dimasukkan tentu saja sudah spesifik.

Tips Promosikan  Produk Makanan di WhatsApp Business

Tips Promosikan Produk Makanan di WhatsApp Business

Memiliki WhatsApp Business yang aktif tidak menjadi jaminan barang yang dijual akan laris manis apabila tidak diringi dengan strategi yang tepat untuk mempromosikan produk makanan di akun yang dimiliki.

Selain mecantumkan nomor WhatsApp untuk menarik pelanggan, pengguna juga bisa membuat berbagai konten yang menarik melalui berbagai fitur yang ada sehingga pembeli akan tertarik untuk memesan makanan.

Rekomendasi Konten untuk Promosikan Makanan

Salah satu penarik pengunjung agar terus menerus melihat update terbaru dari akun WhatsApp Business yang dimiliki adalah dengan membuat berbagai konten yang menarik.

Beberapa konten yang bisa dikembangkan untuk WhatsApp Business adalah konten WhatssApp story atau konten foto.

Pada konten WhatsApp story sendiri penjual bisa mengirimkan berbagai video pendek berupa promosi menu atau video-video lucu sebagai selingan di kala promosi.

Tak hanya itu, penjual juga bisa membuat konten video behind the scene saat pembuatan produk makanan agar pembeli lebih tertarik dan juga segera memesan makanan yang sedang di masak.

Tambahkan juga dengan berbagai caption yang menarik dan juga mengundang dengan kalimat yang singkat agar pembeli bisa membacanya sambil melihat video story yang diputar.

Pastikan juga video yang digunakan memiliki resolusi yang bagus dan tidak pecah sehingga bisa dilihat dengan jelas oleh pembeli

Durasi video yang pendek ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik agar tetap bisa menarik pelanggan.

Penjual juga bisa mengirimkan konten foto berupa promosi produk terbaru dan disertai deskirpsi mengenai nama dan juga harga makanan agar konsumen bisa melihatnya dalam waktu singkat.

Gunakan juga warna yang cerah sebagai background dan desertai dengan editan yang menarik agar pembeli selalu berminat membuka WhatsApp story anda dan meningkatkan peluang agar produk semakin banyak dibeli.

Tidak hanya itu, sebagai konten selingan penjual juga bisa mengirimkan konten foto berupa kalimat motivasi pagi atau renungan sehingga bisa dijadikan penyemangat oleh konsumen.

Berbagai konten tips singkat menyimpan atau mengolah produk makanan yang dijual juga bisa digunakan agar konsumen juga ikut teredukasi dan juga tertarik membeli produk untuk mencoba variasi masakan yang ada.

Untuk menghasilkan konten video dan foto yang bagus maka penjual bisa menggunakan berbagai aplikasi edit foto dan video secara mudah dan gratis, beberapa aplikasi yang dapat digunakan diantranya : PicsArt, Canva, dan juga Adobe Premier Pro

Disarankan juga untuk membuat berbagai ide konten dan membuat penjadwalan konten yang akan di upload sehingga anda bisa membuat berbagai variasi konten foto dan video dalam jumlah banyak sehingga bisa langsung mengunggah ke WhatsApp story tanpa perlu membuat terlebih dahulu.

Strategi Promosi Melalui WhatsApp Story

Salah satu fitur yang sering digunakan dan dibuka oleh pengguna WhatsApp adalah story yang berupa gambar atau video pendek sepanang 30 detik. Fitur ini pun berguna bagi penjual untuk mempromosikan produknya secara mudah dan murah.

Penjual juga bisa mengrimkan berbagai konten promosi berupa foto dan video pendek atau berbagai konten hiburan sebagai selingan.

Untuk strateginya sendiri agar penjualan bisa meningkat melalui WhatsApp story adalah mengirimkan konten sekitar 3-5 kali sehari agar konsumen tidak bosan dan tertarik untuk melihat konten yang dikirimkan.

Selain itu jangan lupa untuk aktif memberikan respon dari setiap WhatsApp story yang dibalas, bisa menggunakan stiker atau berbagai kalimat komunikatif yang memancing chat agar lebih panjang dan berujung pada pembelian produk.

Agar komunikasi makin menarik, penjual juga bisa menggunakan berbagai stiker lucu yang anda buat sendiri dan bisa disebarkan ke pengguna yang lain.

Lakukan Komunikasi Dengan Reseller

Bagi penjual yang telah memiliki banyak konsumen dan juga mengembangkan promosi produk melalui reseller maka melakukan komunikasi melalui WhatsApp Business juga bisa dilakukan untuk memberikan edukasi produk dan juga meningkatkan kedekatan dengan reseller.

Penjual bisa bertanya mengenai permasalahan promosi yang dihadapi sehingga bisa dibantu bersama-sama sehingga menghasilkan solusi yang mampu untuk meningkatkan penjualan.

Pedagang juga bisa mendengarkan kritik dan saran dari reseller mengenai produk yang dijual sehingga bisa diperbaiki ke depannya dan juga dijadikan inovasi agar produk semakin diminati konsumen.

Disaat akan merilis produk baru maka penjual juga bisa melakukan sosialisasi produk tersebut kepada reseller agar lebih paham dan reseller bisa bertukar pikiran mengenai barang yang dipromosikan.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa membagikan tutorial mengenai produk yang dijual agar bisa dimanfaatkan reseller untuk konten di social media yang mereka miliki sebagai media promosi.

Selain itu, apabila anda memiliki berbagai konten yang bisa digunakan oleh reseller maka bisa dikirimkan melalui group reseller sehingga tidak perlu mengirimkan satu persatu.

Melakukan komunikasi yang intens dengan reseller juga akan meningkatkan keakraban satu sama lain dan menyamakan visi dan misi untuk meningkatkan penjualan sehinga penjual dan reseller mendapatkan keuntungan yang sama.

Kenalkan Produk Melalui Katalog

Banyaknya produk yang dijual terkadang membuat penjual bingung untuk mempromosikannya di WhatsApp Business.

Hal ini tidak perlu menjadi masalah karena platfrom ini juga menyediakan fasilitas katalog dimana penjual bisa menaruh gambar produk di satu tempat sehingga bisa dilihat dengan mudah oleh pembeli.

Pada fitur katalog ini, pembeli tidak hanya bisa melihat berbagai foto produk namun tersedia juga deskripsi produk dan juga harga yang telah dicantumkan sehingga konsumen tidak perlu bertanya lagi kepada penjual mengenai barang yang diinginkan.

Bagi penjual, melalui fitur katalog ini bisa dicantumkan link menuju akun market place sehingga apabila pembeli ingin mendapatkan diskon melalui platform pesan antar tertentu bisa tinggal klik yang disediakan dan diarahkan langsung ke akun toko yang dimiliki.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan katalog ini adalah penjual bisa memasukkan gambar sampai 500 foto sehingga mempermudah untuk mempromosikan berbagai produk yang dimiliki.

Akan tetapi, bila produk yang disediakan sedang habis atau tidak lagi dijual maka penjual bisa menghapusnya dan diisi dengan foto produk lain. Hal ini juga akan membuat konsumen tidak merasa tertipu ketika produk yang diinginkan sedang tidak dijual.

Cantumkan Nomor WhatsApp Business di Linktree

Agar mendapatkan lebih banyak konsumen secara cepar maka penjual bisa mempromosukan nomor WhatsApp dengan mencantumkan di berbagai bio social media yang dimiliki atau konten yang di unggah sehingga bisa diakses oleh banyak konsumen.

Selain itu, pengguna juga bisa memasukkan link nomor telepon ke akun Linktree yang dimiliki agar konsumen bisa langsung masuk ke WhatsApp Business yang dimiliki.

kesimpulan

Kesimpulan

Banyaknya konsumen yang dimiliki di bisnis makanan yang dikembangkan maka harus di dukung juga dengan mendekatkan komunikasi antar konsumen dan penjual.

Guna meningkatkan kedekatan ini, penjual sebaiknya tidak menggunakan WhatsApp pribadi melainkan menggunakan fasilitas WhatsApp Business yang memiliki berbagai fitur yang bermanfaat bagi penjual.

Selain itu, dengan menggunakan WhatsApp Business maka akan mendukung penjualan dengan berbagai promosi yang dilakukan di pesan otomatis atau WhatsApp story sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan.

Semoga info ini dapat membantu bisnis makanan anda ya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.