8 cara download video di facebook mudah dan cepat

8 Cara Download Video di Facebook Mudah dan Cepat

Bingung bagaimana cara download video di Facebook? Jangan khawatir! Kami akan membahasnya secara tuntas untuk Anda!

Ada beberapa cara download video di Facebook yang harus Anda tahu jika Anda ingin menyimpan video favorit di perangkat smartphone atau komputer Anda.

Facebook merupakan situs layanan jejaring sosial di mana para penggunanya bisa membagikan foto, teks (status), tautan, atau kabar terbaru.

Pengguna Facebook juga bisa memposting komentar, memberikan suka dan emoji pada postingan pengguna lainnya. Namun saat ini, media sosial ini belum menyediakan fitur cara download video di Facebook.

Pendiri sekaligus pembuat Facebook adalah Mark Zuckerberg. Pada awalnya dia membuat Facemash pada tanggal 28 Oktober 2003, yakni saat masih menjadi mahasiswa di Harvard pada tahun kedua.

Facemash ini merupakan pendahulu FB sebelum ia resmi diluncurkan. Selanjutnya, Facebook resmi diluncurkan pada Februari, 2004. Saat itu gunanya hanya sebatas untuk jejaring sosial di tingkat universitas Harvard.

Pada 2006, Facebook resmi dirilis untuk umum. Bahkan, bisa digunakan oleh pengguna dengan usia 13 tahun ke atas.

Sejak saat itu, Facebook langsung dikenal oleh masyarakat luas di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Bahkan jumlah pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg itu nomor dua terbesar di Asia, setelah India. Pengguna Facebook di Indonesia sendiri mencapai angka 175,3 juta pada akhir Maret 2021.

Persentase pengguna Facebook jika dibandingkan dengan pengguna internet di Indonesia mencapai 82% atau sekitar 63,4% dari jumlah total estimasi populasi yang mencapai 276,36 juta jiwa.

Sebagai informasi, jumlah pengguna Facebook di Asia mencapai 1,12 miliar atau sekitar 26% dari total populasi yang mencapai 4,3 miliar jiwa.

Jumlah tersebut setara 40,6% dari total pengguna internet di benua kuning. Sementara pengguna Face Book di dunia mencapai 2,8 miliar atau 35,59% dari total populasi 7,87 miliar jiwa.

Angka yang cukup fantastis bukan?

Statistik menarik lainnya mengenai media sosial raksasa satu ini adalah diperkirakan sekitar 400 pengguna baru mendaftarkan akunnya setiap menit. Apa saja yang mereka cari di Facebook?

Rata-rata pengguna Facebook menggunakannya sebagai media mencari hiburan, sebesar 33%. Sekitar 23% pengguna menggunakan Facebook untuk mencari berita.

Pengguna Facebook juga didominasi oleh orang dewasa. 65% orang dewasa berusia antara 50 dan 64 tahun menggunakan Facebook. Sedangkan hanya 51% pengguna remaja yang menggunakan Facebook.

Sekitar 25% pengguna Facebook berusia antara 25 tahun hingga 34 tahun. Mereka yang berusia 65 tahun ke atas diwakili sebagai demografis pertumbuhan tertinggi menggunakan Facebook.

Kategori tersebut menunjukkan kenaikan lebih dari 20% dari tahun 2018 yang mengarah ke 62% pengguna lansia. Konten yang tersedia pada platform Facebook cukup beragam mulai dari teks, foto, hingga video.

Secara khusus, ada 600% peningkatan interaksi di Facebook ketika konten berupa video diposting. Begitu pula dengan pengguna Facebook yang menikmati konten hiburan berupa video.

Mungkin Anda menemukan video yang Anda sukai dan ingin menyimpannya di perangkat Anda untuk ditonton di lain waktu atau dibagikan kepada orang lain.

Lalu bagaimana cara download video di Facebook padahal platform satu ini tidak menyediakan fitur untuk hal tersebut? Ada beberapa cara download video di Facebook yang bisa Anda coba.

Kami telah merangkum beberapa alternatif cara download video di Facebook untuk Anda. Simak pembahasannya berikut ini.

cara download video di Facebook

Cara Download Video di Facebook Menggunakan Aplikasi

Cara download video di Facebook yang pertama adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Apabila Anda mencari aplikasi untuk mengunduh video di Facebok di PlayStore atau AppStore, banyak opsi yang tersedia.

Mana aplikasi yang bagus dan mudah digunakan? Kami akan membahas beberapa rekomendasi aplikasi sebagai cara download video di Facebook untuk Anda.

Saat ini sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang memberikan layanan untuk download video Facebook dengan lebih mudah dan praktis. Berikut ini daftar aplikasinya.

FastVid

Aplikasi untuk cara download video yang pertama yaitu FastVid. Keunggulan aplikasi FastVid adalah ukurannya yang terbilang ringan, hanya 6,8 MB. Cocok bagi Anda dengan ruang penyimpanan yang terbatas.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan dua metode untuk cara download video di Facebook, yaitu dengan login akun atau cukup dengan menyalin tautan. Anda juga dapat mengunduh video dengan kualitas HD.

Langkah pertama sebelum memulai adalah unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi FastVid di smartphone Anda. Anda dapat menemukan aplikasi ini di PlayStore atau klik link berikut ini FastVid.

Untuk cara download video di Facebook melalui aplikasi FastVid menggunakan login, setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi tersebut. Terdapat tiga opsi menu yang tersedia, pilih menu Facebook.

1

Anda akan diminta login ke akun Facebook Anda. Masukkan alamat email dan password, kemudian pilih video yang akan Anda unduh. Jika sudah, klik opsi Download dan pilih kualitas video yang Anda inginkan.

2

Selanjutnya, video akan otomatis terunduh dan tersimpan di perangkat Anda.

Cara kedua adalah dengan menggunakan link atau tautan video. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi login ke akun Facebook di aplikasi FastVid. Selain lebih aman, cara ini juga lebih praktis.

Langkah-langkahnya adalah, salin tautan video yang Anda inginkan terlebih dahulu . Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas postingan, kemudian pilih opsi Salin Tautan.

Jika sudah, buka aplikasi FastVid dan pilih menu URL. Tempel tautan yang sudah disalin pada kolom yang tersedia.

3

Selanjutnya, klik tombol Download dan tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai. Jika sudah, video yang sudah diunduh dapat Anda lihat pada menu Downloads.

Video Downloader

Aplikasi selanjutnya yang bisa membantu Anda untuk cara download video di Facebook adalah Video Downloader by Secure Soft Inc.

Jika Anda mencari di PlayStore dengan kata kunci “video downloader for facebook”, akan muncul banyak aplikasi serupa dengan berbagai macam rating dan ukuran.

Video Downloader ini meraih rating sebesar 4,8. Cukup tinggi bukan? Artinya pengguna yang memakai aplikasi ini mayoritas memiliki pengalaman atau user experience yang baik.

Selain itu, ukurannya juga sangat ringan, hanya 5,9 MB saja. Anda dapat mengunduh video di Facebook dengan kualitas HD. Selain itu, aplikasi ini tergolong user friendly atau mudah digunakan oleh pengguna.

Video Downloader ini juga menyediakan dua alternatif cara download video di Facebook, yaitu dengan login ke akun media sosial Anda atau cukup dengan menyalin tautan video yang diinginkan.

Langkah pertama sebelum mulai mengunduh adalah tentu Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi ini terlebih dahulu di perangkat Anda. Aplikasi ini dapat Anda unduh lewat link berikut Video Downloader.

Jika sudah, langkah selanjutnya serupa dengan rekomendasi aplikasi sebelumnya. Untuk cara download video di Facebook, buka aplikasi Video Downloader kemudian pilih menu Telusuri pada baris menu di bawah.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook Anda. Jika sudah, cari video yang ingin Anda unduh, kemudian klik pada video tersebut. Akan muncul beberapa opsi unduhan.

Pilih Video HD untuk mengunduh video dengan kualitas HD. Setelah itu, proses pengunduhan akan berjalan, tunggu beberapa saat. Video yang sudah diunduh dapat dilihat pada menu File Saya.

Untuk mengunduh dengan menggunakan tautan, Anda perlu menyalin tautan video yang ingin diunduh terlebih dahulu. Pada postingan video, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas kemudian klik Salin Tautan.

Setelah itu buka aplikasi Video Downloader, proses pengunduhan akan dimulai secara otomatis dan video tersebut akan tersimpan di perangkat Anda. Mudah, bukan?

My Video Downloader

Jika Anda mencari aplikasi untuk mengunduh video di Facebook yang lebih sederhana, Anda bisa mencoba My Video Downloader. Aplikasi ini hanya berukuran 3,9 MB saja lho!

Selain itu, fitur yang tersedia pada aplikasi ini juga sederhana namun cukup dan fungsional untuk mengunduh video di Facebook. My Video Downloader mendukung cara pengunduhan menggunakan tautan.

Langkah pertama, unduh dan instal aplikasi My Video Downloader. Anda dapat menggunakan tautan berikut agar lebih mudah My Video Downloader.

Jika sudah, pilihlah video yang ingin Anda unduh. Klik ikon tiga titik di pojok kanan postingan, kemudian pilih Salin Tautan. Selanjutnya, buka aplikasi My Video Downloader.

Video Facebook Anda akan terunduh secara otomatis, dan Anda bisa menontonnya kapan pun melalui perangkat Anda.

Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi

Cara download video di Facebook selanjutnya tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Saat ini, banyak situs yang menyediakan layanan pengunduhan video, baik dari Facebook maupun platform lainnya.

Jika Anda mengetikkan kata kunci “facebook video downloader”, akan muncul banyak situs yang bisa Anda pilih. Keunggulan menggunakan cara ini adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga di perangkat Anda.

Selain itu, cara ini juga fleksibel digunakan pada perangkat smartphone ataupun komputer. Lalu, situs apa saja yang terbaik untuk cara download video di Facebook?

Berikut beberapa rekomendasi dari kami!

Savefrom.net

Anda pasti sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Savefrom.net adalah salah satu situs layanan pengunduhan video yang sangat populer dan banyak digunakan.

Selain caranya yang mudah, situs ini bisa digunakan untuk mengunduh video dari berbagai platform lain seperti Youtube, Instagram, Vimeo, Vine, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, situs ini menyediakan beragam format dan kualitas video dan audio yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Berikut cara download video di Facebook menggunakan situs ini.

Langkah pertama, Anda membutuhkan tautan video yang ingin diunduh. Salin tautan video seperti cara di atas, kemudian buka halaman https://id.savefrom.net/28/

4

Setelah itu, tempelkan tautan yang sudah disalin sebelumnya pada kolom yang tersedia. Tunggu beberapa saat, situs akan menampilkan thumbnail video yang akan diunduh.

Jika sudah, pilih format dan kualitas video yang Anda kehendaki, kemudian klik tombol Unduh di samping thumbnail video. Selanjutnya, video Anda akan diunduh dan tersimpan di perangkat Anda.

FDown.net

Rekomendasi situs untuk cara download video di Facebook selanjutnya adalah FDown.net. Situs ini khusus untuk mengunduh video dari Facebook saja, sehingga lebih sederhana.

Cara menggunakan situs ini pun mudah, Anda cukup menyiapkan tautan video yang ingin diunduh, kemudian buka halaman https://fdown.net/

Setelah itu, tempel tautan dari video yang ingin Anda unduh, kemudian klik Download. Jika sudah, akan muncul opsi kualitas video yang bisa Anda pilih.

Langkah selanjutnya setelah memilih kualitas video, klik lagi tombol Download dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Snapsave.app

Situs layanan pengunduhan video Facebook yang ketiga adalah Snapsave.app. Pada situs ini, Anda hanya bisa mengunduh video dari Facebook saja dengan menyediakan tautan dari video tersebut.

Selain itu, Anda dapat mengunduh video dengan kualitas HD. Cara download video di Facebook melalui situs ini sangat mudah. Sediakan tautan video yang ingin diunduh dari Facebook terlebih dahulu.

Setelah itu, buka halaman https://snapsave.app/id dan tempelkan tautan yang sudah disiapkan sebelumnya pada kolom yang tersedia. Kemudian klik tombol Download.

Langkah selanjutnya, pilih kualitas video yang Anda inginkan, dan video akan terunduh secara otomatis. Jika proses pengunduhan selesai, Anda dapat menikmati video tersebut secara offline.

Downloadvideosfrom.com

Serupa dengan situs layanan pengunduhan video sebelumnya, pada situs downloadvideosfrom.com ini Anda dapat mengunduh video Facebook dengan kualitas tinggi.

Selain itu, tidak hanya mengunduh video Facebook dalam format MP4, situs ini juga menyediakan fitur untuk mengunduh video tersebut dalam format MP3 atau audio.

Caranya mudah, cukup siapkan tautan dari video yang ingin Anda unduh dari Facebook, kemudian buka situs https://www.downloadvideosfrom.com/.

Tempelkan tautan video pada kolom yang tersedia di situs tersebut. Klik opsi Download MP4 kemudian pilih kualitas video yang Anda kehendaki.

Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan video selesai, dan file video akan tersimpan di perangkat Anda.

Dredown.com

Rekomendasi situs terakhir untuk cara download video di Facebook yaitu Dredown.com. Situs ini memiliki konsep serupa dengan Savefrom.net yaitu Anda bisa mengunduh file dari berbagai jenis platform.

Anda bisa mengunduh video dari Instagram, Youtube, Twitter, Tumblr, Twitch, dan masih banyak lagi melalui situs Dredown.com.

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu tautan video yang ingin Anda unduh dari Facebook. Kemudian buka situs https://www.dredown.com/ dan klik ikon Facebook.

dredown

Sebuah kolom akan muncul. Tempelkan tautan video Anda pada kolom tersebut dan klik tombol Dredown yang terletak di sebelah kolom. Selanjutnya, pilih kualitas video yang Anda inginkan dan klik Download.

Selesai! Video tersebut akan tersimpan pada perangkat Anda dan bisa ditonton kapanpun. Mudah, bukan?

Nah, itu dia beberapa alternatif cara download video di Facebook yang bisa Anda coba. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau memanfaatkan situs layanan pengunduh video.

Keduanya sama-sama mudah dan praktis, tinggal preferensi Anda saja ingin memilih yang mana.

Kunjungi halaman Social Media Marketer untuk tips pemasaran di media sosial lainnya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.