messenger

Tips Maksimalkan Fitur Facebook Messenger

Maksimalkan pelayanan konsumen di facebook dengan berbagai layanan yang disediakan oleh facebook messenger.

Keberadaan social media tidak hanya menjadi tempat yang tepat untuk promosi secara gratis namun juga layanan pelanggan dengan efektif.

Salah satunya adalah Facebook dimana social media satu ini menyediakan layanan facebook messenger yang memudahkan penggunanya untuk membalas pesan konsumen atau merespon keluhan yang masuk lebih cepat dan mudah.

Facebook messenger juga merupakan layanan pesan antar social media yang dikembangkan oleh Meta dengan satu milliar pengguna aktif yang akan terus bertambah setiap harinya.

Messenger juga bisa menjadi marketing tools yang tepat bagi sebuah brand guna melakukan interaksi dengan konsumen di facebook.

Karenanya sebelum menggunakan berbagai layanan di facebook messenger maka ketahui dulu berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan di platform pesan instan satu ini.

facebook messenger

Alasan Menggunakan Facebook Messenger Untuk Promosi Bisnis

Facebook messenger bisa menjadi bagian terbaik untuk strategi marketing facebook, jika anda menggunakannya dengan baik.

Berikut beberapa manfaat menggunaan layanan facebook messenger untuk promosi bisnis.

Facebook Memberikan Konsumen Kualitas Tinggi

Saat memiliki layanan facebook messenger biasanya kreator tidak hanya menerima pesan berupa keluhan pelanggan atau testimoni konsumen pada produk yang anda jual.

Namun, bisa saja anda mendapatkan pesan dari konsumen yang tertarik dengan layanan anda berkat iklan facebook yang anda tayangkan.

Keberadaan pesan dari calon konsumen yang tertarik pada produk anda menjadi kesempatan bagi brand anda untuk menghasilkan pembeli yang potensial serta menarik mereka menjadi pelanggan dengan percakapan yang menarik.

Hal ini juga termasuk memberikan edukasi kepada konsumen mengenai layanan atau produk, menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, serta meminta feedback setelah membeli barang yang anda jual.

Tidak hanya itu, guna menjangkau konsumen yang lebih luas maka kreator juga bisa menyebarkan iklan facebook untuk menargetkan pembeli yang tertarik pada layanan anda dan melayani mereka melalui messenger.

Pemberian Layanan Konsumen yang Luar Biasa

Beberapa tahun lalu sebelum facebook messenger booming seperti saat ini, baik customer service atau konsumen perlu melakukan kerja keras guna memberikan layanan konsumen yang terbaik.

Salah satunya adalah menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen melalui telefon atau bertemu langsung guna mengatasi masalah produk yang dimiliki.

Meskipun layanan tersebut masih digunakan hingga saat ini namun kreator kini dapat melayani konsumen yang jauh dari jangkauan dengan menggunakan layanan facebook messenger.

Cukup dengan mengirimkan ke akun social media produk yang anda miliki maka berbagai masalah anda akan diatasi dengan komunikasi jarak jauh sehingga konsumen bisa menyelesaikan masalahnya dengan mudah dan cepat sehingga tidak memakan banyak waktu.

Penggunaan facebook messenger untuk layanan konsumen dapat membantu anda guna menyimpan konsumen potensial.

Tidak hanya memberikan layanan yang cepat dan respon yang efisien terhadap permintaan konsumen, namun layanan ini juga memberikan mereka personalisasi serta platform pribadi guna menyuarakan pendapat atau pemikiran mereka terhadap produk yang anda jual.

Customer service pun tidak perlu takut apabila pesan konsumen di facebook messenger tidak terbalas dengan cepat karena messenger kini bisa membalas via chat bot dimana akan terdapat pesan pembuka dimana pengirim pesan akan disambut dengan template tertentu sehingga pesan akan terbalas lebih cepat.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memasang kata kunci tertentu di layanan facebook messenger sehingga konsumen bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan dengan memilih kata keyword yang sesuai.

Transaksi Secara Mudah Melalui Facebook Messenger

Banyaknya pengguna facebook yang menggunakan layanan ini untuk interaksi dengan produk dan brand yang disukai menjadikan fitur ini terus melakukan inovasi dengan memberikan layanan yang memudahkan proses jual beli.

Salah satunya adalah kemampuan facebook messenger dalam melakukan transaksi dengan konsumen dengan membawa konsumen ke akun market place yang dimiliki.

Caranya adalah dengan memasukkan link produk di akun market place ke konsumen yang ingin membeli produk anda sehingga bisa melakukan transkasi melalui link tersebut.

Di sisi lain, apabila akun brand anda menggunakan facebook shop maka admin bisa mengarahkan konsumen untuk melakukan pembayaran barang melalui link shop yang dimiliki sehingga tidak perlu ke luar aplikasi guna membeli barang yang diinginkan.

Layanan ini juga dinilai efektif bagi konsumen sehingga tidak perlu meninggalkan halaman facebook guna membeli berbagai barang keinginan.

Tidak hanya sebagai media pembelian barang namun facebook messenger juga bisa digunakan konsumen untuk memesan tempat di tanggal tertentu atau meminta refund dari produk yang telah dibeli.

Membangun Kepercayaan Terhadap Brand atau Produk

Salah satu strategi agar produk anda tetapi disukai oleh konsumen meskipun banyak kompetitor yang menjual hal yang sama adalah dengan membangun kepercayaan konsumen.

Dengan pemberian kepercayaan tersebut maka konsumen akan terus membeli produk tertentu di brand meskipun akan banyak penawaran menarik di luar sana.

Sebuah penelitian dari Facebook menyatakan konsumen yang tersebar di beberapa negara menyatakan lebih nyaman dengan sebuah brand yang dapat mereka ajak komunikasi melalui messenger dan yang lainnya merasakan kedekatan saat mengirim pesan ke brand tertentu.

facebook meta

Karenanya penting bagi customer service untuk melayani konsumen di facebook messenger dengan baik serta membangun kedekatan personal menggunakan pilihan bahasa yang bersahabat dan mudah dipahami oleh konsumen sehingga dapat memperpanjang komunikasi agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Memberikan Tempat yang Aman untuk Percakapan Khusus

Saat konsumen menemukan kendala dalam menggunakan produk tertentu maka bisa saja konsumen menanyakan hal tersebut di kolom komentar untuk mendapatkan jawaban secara cepat.

Di sisi lain, mungkin saja ada konsumen yang memiliki masalah yang serupa namun merasa malu untuk bertanya di kolom komentar.

Karena itulah layanan facebook messsenger hadir untuk membantu konsumen menayakana masalah yang dihadapi secara personal namun tetap menjaga data pribadi konsumen.

Hal ini dikarenakan orang lain tidak akan membaca data pribadi anda selain admin serta diri anda sendiri.

Di samping itu, konsumen juga bisa memberikan beberapa gambar ke dalam percakapan di facebook messenger sebagai bukti produk yang anda keluhkan.

Hal ini juga memungkinkan apabila anda tidak sengaja melakukan kesalahan nmun tidak ingin membawa konsumen lain ke dalam masalah tersebut.

Dengan meminta pelanggan yang tidak puas dengan layanan anda untuk menghubungi anda secara pribadi melalui messenger maka anda mampu untuk melayani konsumen secara satu persatu guna mengurangi potensi situasi yang tidak dapat anda kendalikan.

Hal ini tentunya efektif untuk melayani konsumen secara intens serta terkoordinasi dengan mudah sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih besar ke depannya.

Karenanya penting bagi customer service melayani konsumen secara personal meskipun ada layanan bot yang siap membantu konsumen.

messenger

Cara Maksimalkan Fitur Facebook Messenger

Setelah mengetahui berbagai benefit yang diberikan oleh facebook messenger maka inilah saat memanfaatkan berbagai fitur yang diberikan oleh messenger.

Berbagai fitur tersebut tentunya bisa digunakan ke promosi bisnis yang anda miliki dengan beberapa langkah berikut.

Aktifkan Layanan Messenger di Halaman Business

Saat kreator mulai mengubah akun facebook pribadi ke business maka saat itulah layanan messenger bisa diaktifkan.

Di sisi lain, apabila kreator masih ingin mengecek dan mengkonfirmasi informasi business maka anda bisa masuk ke halaman pengaturan, klik general, dan pilih ikon “if people can contact my page privately” agar bisa aktif di layanan messenger.

Apabila cara tersebut masih tidak bisa digunakan maka, klik pada ikon edit yang berada di baris yang sama serta nyalakan fitur tersebut.

Hal ini akan memungkinkan customer service menerima berbagai pesan tanpa perlu konfirmasi terlebih dahulu.

Meskipun begitu, pengaturan privasi ini akhirnya membuat anda hanya dapat mengirim pesan ke konsumen yang telah terhubung dengan anda terlebih dahulu.

Cara ini dilakukan agar menghindari adanya spam pesan dari akun bisnis lain yang tentunya menggangu pengguna facebook sehingga merusak ekosistem yang telah di bangun di facebook.

Keuntungan lain dari menggunakan platform facebook messenger adalah layanan ini bisa digunakan di gadget melalui aplikasi messenger sehingga anda bisa menjawab berbagai pertanyaan konsumen di mana saja dan kapan saja.

Tambahkan Tombol Pesan ke Facebook Profile

Bagi konsumen yang ingin mengirim anda pesan langsung melalui facebook messenger maka bisa saja kebingungan mencari tombol pesan atau bingung untuk mengirimkan pesan melalui messenger.

Guna mengatasi masalah ini kreator bisa menempatkan tombol pesan di facebook profile guna memudahkan konsumen dalam mengirimkan pesan lebih cepat dan mudah.

Caranya adalah masuk ke halaman pengaturan dimana kreator bisa memilih ikon Add a button dan pilih Send Message from the list.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menambahkan kata call to action yang menarik agar konsumen bisa mengirimkan pesan kepada anda serta dibantu untuk diselesaikan masalahnya.

Di sisi lain, agar menarik konsumen masuk ke layanan facebook messenger maka kreator bisa mengarahkan konsumen yang bertanya mengenai suatu masalah untuk bertanya melalui layanan facebook messenger.

Hal ini dilakukan agar masalah yang dialami bisa diselesaikan secara pribadi serta mendapatkan layanan yang lebih memuaskan.

Izinkan Facebook Messenger Untuk Campaign Event

Sebagai bagian dari promosi, terkadang sebuah brand mengadakan event tertentu guna menarik konsumen mengikuti berbagai kegiatan yang di berikan serta membeli produk atau layanan yang di promosikan.

Sebuah campaign yang sukses biasanya akan mendapat sambungan hangat dari konsumen atau pengguna facebook untuk membeli barang tersebut dengan harga spesial tentunya.

Di sisi lain, beberapa konsumen terkadang menghubungi anda melalui facebook messenger guna menanyakan promo yang diadakan serta cara membeli barang yang dijual tersebut.

Guna membantu permasalahan konsumen tersebut maka anda bisa memasang messenger untuk campaign event tertentu.

Dimana konsumen bisa membeli barang yang anda jual dengan mudah melalui kata kunci tertentu sehingga bisa langsung mendapatkan produk keinginan secara cepat tanpa perlu melakukan berbagai proses pembelian yang terlalu panjang.

Tidak hanya itu, konsumen juga dapat mengetahui jumlah kesediaan barang sehingga bisa membeli secara langsung atau menunggu hingga produk yang diinginkan tersedia kembali.

Cara mengaktifkan layanan tersebut cukup mudah yakni masuk ke halaman pengaturan lalu pilih kolom event, kreator bisa memilih event setting guna mengaktifkan layanan messaging checkbox.

Maksimalkan Pesan Otomatis di Facebook Messenger

Banyaknya konsumen yang dimiliki tak jarang membuat customer service kewalahan dalam membalas satu per satu pesan yang masuk.

Padahal konsumen tentunya ingin pesan yang dikirimkan mendapatkan respon yang cepat agar masalah yang dihadapi bisa segera teratasi.

Untungnya saat ini Facebook messenger menyediakan layanan pesan otomatis dimana terdapat bot yang membalas pesan konsumen saat pertama kali mengirim pesan ke akun facebook anda serta memberikan jawaban melalui kata kunci tertentu.

Terdapat beberapa layanan pesan otomatis facebook messenger yang bisa digunakan oleh kreator guna pelayanan yang maksimal ke konsumen yang dimiliki :

instant reply facebook messenger

Instan Reply

Salah satu layanan pesan otomatis yang tentunya disukai oleh customer service adalah instan reply, dimana facebook messenger akan membalas pesan langsung tanpa perlu anda membalasnya terlebih dahulu.

Pesan otomatis ini menguntungkan customer service karena tidak perlu membalas pesan baru yang masuk satu persatu sehingga bisa menghemat waktu untuk melayani masalah konsumen.

Instan reply yang bisa dimanfaatkan oleh kreator adalah pesan pembuka yang akan menyambut konsumen yang baru melakukan interaksi dengan facebook messenger anda sehingga tidak merasa terabaikan.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memasang fitur instan reply untuk membantu menyelesaikan masalah konsumen dengan pemberian kata kunci tertentu yang dapat memberikan balasan saat konsumen membalas pesan tersebut.

Dalam menggunakan layanan pesan instan maka kreator sebaiknya membuat pesan yang disampaikan terkesan luwes sehingga konsumen akan melihat pesan yang dikirim berasal dari orang asli bukan pesan bot.

away message facebook messenger 1

Away Message

Sebagai seorang manusia biasa tentunya seorang customer service memerlukan waktu istirahat sejenak dari membalas berbagai pesan masuk untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Di sisi lain, layanan pelanggan yang dilakukan seorang diri terkadang membuat seorang pelaku usaha tidak fokus untuk membagi waktu dalam melayani konsumen, packing barang, atau membuat barang pesanan.

Guna menyelesaikan masalah ini maka anda mengaktifkan layanan away message yang akan memberikan pemberitahuan kepada konsumen yang dimiliki untuk menunda mengirim pesan pada jam-jam tertentu.

Notifikasi ini juga berguna bagi konsumen untuk mengetahui waktu yang tepat dalam mengirim pesan guna mendapatkan respon yang cepat dari pembeli.

Dengan penundaan waktu mengirim pesan maka pelaku usaha bisa menggunakannya untuk beristirahat sejenak atau fokus dalam produksi serta pengiriman produk.

faqs facebook messenger

Frequency Asked Question (FAQ)

Saat membalas berbagai pesan yang masuk terkadang customer service menemukan beberapa pertanyaan sama yang sering ditanyakan oleh konsumen berkali-kali.

Hal ini tentunya akan terasa melelahkan apabila menjawab pesan yang sama berulang kali setiap harinya.

Kreator bisa mengatasi masalah ini dengan mengaktifkan layanan FAQ dimana berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen bisa dijadikan satu ke dalam kata kunci yang sesuai.

Dengan adanya layanan ini maka konsumen bisa mendapatkan keyword mengenai masalah yang dihadapi dan bisa langsung dijawab saat menggunakan kata kunci tertentu.

Cara ini tentunya menguntungkan bagi customer service untuk menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

comment to message facebook messenger

Balasan Komentar Konsumen

Salah satu cara untuk meningkatkan point engagement facebook yang dimiliki adalah sering melakukan interaksi dengan konsumen melalui membalas pesan atau komentar konsumen.

Kebiasaan pengguna internet yang menanyakan suatu masalah tertentu di kolom komentar menjadikan admin social media aktif mengecek berbagai interaksi yang masuk agar tidak ada yang terlewat sekalipun.

Facebook messenger memahami masalah tersebut sehingga meluncurkan layanan balasan komentar konsumen sebagai fitur messenger.

Dengan mengaktifkan layanan tersebut maka berbagai komentar konsumen dapat terbalas dengan cepat melalui penggunaan tagar tertentu sehingga admin bisa menjawab komentar lain di konten facebook yang telah di unggah.

messenger insights

Analisa Performa Facebook Messenger

Setelah aktif menjawab berbagai pertanyaan konsumen di facebook messenger tentunya kreator perlu mengetahui performa pesan yang dikirimkan sehingga menjadi parameter kesuksesan interaksi dengan konsumen atau sejauh mana konsumen membeli produk anda.

Sebagai salah satu layanan facebook tentunya messenger memiliki fitur analisa yang dapat mengecek performa pelayanan admin dalam membalas berbagai pesan yang masuk.

Beberapa data yang bisa dimanfaatkan oleh kreator adalah jumlah konversi ke website market place atau akun facebook shop yang dimiliki, koneksi yang di blokir, dan jumlah blokir dalam jangka waktu tertentu.

Berbagai informasi yang di dapatkan dari analisa facebook messenger juga bisa digunakan untuk membuat strategi marketing yang tepat dalam mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki.

pexels nothing ahead 8296105

Tips Penggunaan Facebook Messenger

Saat menggunakan layanan facebook messenger tentunya kreator tidak hanya memanfaatkan berbagai fitur yang diberikan namun juga memerlukan trik khusus agar interaksi dengan konsumen terasa lebih menyenangkan.

Berikut beberapa trik mudah memanfaatkan berbagai fitur facebook messenger.

Memberikan Respon yang Tanggap

Pemberian tanggapan yang responsif dapat meningkatkan pengalaman konsumen dalam menggunakan facebook messenger.

Konsumen sendiri memiliki ekspektasi untuk mendapatkan respon dalam jangka waktu 10 menit setelah mengirim pesan ke facebook messenger.

Padahal, customer service tentunya membalas berbagai pesan konsumen yang masuk serta membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Karenanya untuk mengatasi hal tersebut maka kreator bisa memasang layanan chat bot guna menyambut konsumen atau menjawab pertanyaan konsumen yang sekiranya bisa dijawab melalui pesan instan.

Meskipun sudah tersedia layanan bot namun customer service perlu sesekali membalas pesan konsumen secara langsung guna mendapatkan jawaban dengan sisi manusia dibandingkan robot yang terkesan kaku.

Personalisasi Facebook Messenger

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, seorang konsumen tentunya menginginkan jawaban yang lebih personal dibandingkan balasan robot yang terkesan kaku.

Pemberian jawaban secara pribadi juga membantu meningkatkan hubungan dengan konsumen serta meningkatkan interaksi satu sama lain.

Karenanya dalam membalas pesan konsumen maka customer service sebaiknya memeberikan sisi humanis agar konsumen nyaman melakukan percakapan dengan anda.

Salah satunya menjawab pesan menggunakan nama panggilan konsumen agar pembeli merasa dilayani dengan baik.

Customer service juga sebaiknya memberikan apresiasi dengan mengucapkan selamat datang atau terima kasih pada saat memulai atau mengakhiri komunikasi.

Targetkan Ulangg Konsumen yang Dituju

Facebook messenger merupakan layanan facebook yang bagus bagi konsumen yang potensial. Namun, berita baiknya adalah messenger dapat digunakan untuk menargetkan konsumen yang ada di facebook dan membawa mereka menjadi pelanggan tetap.

Di saat anda melakukan pengaturan target iklan di facebook maka kreator dapat memilih ke konsumen yang pernah mengirimi anda pesan sebelumnya.

Hal ini dilakukan mengingat konsumen tersebut telah menunjukkan ketertarikan pada produk yang anda pasarkan sehingga melakukan penargetan kembali tentunya menguntungkan untuk membawa konsumen membeli produk anda kembali atau mencoba layanan baru yang anda tawarkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.