facebook trends

10 Facebook Trends yang Cocok Untuk Kembangkan Bisnis

Ketahui facebook trends yang cocok di tahun 2022 yang bakal bantu promosi bisnis lebih lancar dan hasilkan lebih banyak keuntungan.

Sebagai social media dengan salah satu pengguna terbesar yang juga menguasai platform media lainnya, Facebook tentunya cocok untuk promosi bisnis dan juga personal brand di mata pengguna internet.

Tak hanya itu, melakukan promosi di Facebook tentulah sangat menguntungkan mengingat banyaknya pengguna aktif di social media ini dan juga berbagai fitur yang dapat membantu dalam promosi di platform sejuta umat ini

Dari tahun ke tahun facebook terus mengembangkan fitur yang dimiliki dan juga merubah algoritma yang dimiliki sehingga membantu penjual agar lebih mudah dalam melakukan jual beli serta dapat menyasar konsumen yang tepat.

Karenanya agar promosi di facebook dapat berjalan lancar berikut beberapa facebook trend yang bisa digunakan di tahun 2022.

keuntungan promosi di facebook

Keuntungan Promosi di Facebook

Di awal peluncurannya di tahun 2004, Facebook sudah menyita perhatian banyak orang sebagai social media yang mampu menawarkan berbagai fitur seperti unggahan foto dan juga video.

Facebook sendiri juga cocok sebagai tempat ekspresi diri mengingat pengguna bisa mengunggah foto dan video dengan mudah bahkan mengumpulkannya di satu album tertentu sehingga bisa dilihat ulang dengan mudah.

Tak hanya itu, Facebook sendiri juga cocok sebagai tempat untuk promosi bisnis dan personal branding yang dapat menjangkau konsumen dan komunitas yang diinginkan secara efektif dan tentunya lebih mudah.

Tak heran bila banyak brand besar yang menggunakan facebook sebagai sarana untuk promosi bisnis berkat berbagai keuntungan yang diberikan sebagai berikut :

Facebook Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Facebook sendiri saar ini tercatat memiliki pengguna aktif sebanyak 2,9 Milliar. Angka ini tentunya menjadikan Facebook sebagai salah satu social media terbesar selama bertahun-tahun.

Jumlah angka yang fantastis ini bisa dipahami mengingat banyak pengguna facebook yang berasal dari berbagai kalangan umur dan juga latar belakang menjadikan platform ini memiliki kebiasaan unik yang tidak ditemui di social media lain.

Tak hanya itu, pengguna pun bisa dengan mudah mendaftar di Facebook karena dengan email yang sudah terverifikasi dan umur yang cukup maka pengguna bisa mengakses semua fitur yang tersedia di social media ini.

Banyaknya konsumen yang beragam ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri dari pelaku bisnis yang melakukan promisi di Facebook untuk memilih konsumen yang beragam.

Ditambah lagi, jika pelaku usaha menggunakan fitur Facebook Fanpage dan juga iklan berbayar tentunya akan mempermudah anda dalam menjangkau serta memilih konsumen yang sesuai.

Tak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur dan layanan di Facebook untuk melakukan interaksi dengan konsumen di Facebook.

Media Promosi yang Terjangkau dan Efektif

Sebagai social media dengan pengguna terbanyak tentunya Facebook memiliki layanan dan juga fitur yang bisa digunakan untuk mengunggah berbagai konten di akun yang dimiliki.

Hadirnya berbagai fitur ini juga membantu kreator maupun pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis dan juga persona branding yang dimiliki.

Beberapa fitur yang berguna sebagai media promosi ada;ah konten video dan foto, facebook story, dan juga siaran langsung.

Fitur video di Facebook yang memiliki durasi yang cukup panjang cocok bagi pelaku usaha untuk membuat konten berupa edukasi sehingga memberikan informasi tambahan kepada konsumen terhadap produk yang dijual.

Tak hanya itu, kreator juga bisa membuat video tutorial atau tips menggunakan produk tertentu sehingga konsumen lebih tertarik untuk membeli barang yang dipasarkan guna mencoba tips tersebut di rumah.

Fitur lainnya dari Facebook yang belum digunakan di social media lain adalah album foto dimana kreator bisa memasukkan berbagai macam foto produk dalam satu tempat.

Adanya album foto ini tentunya memudahkan konsumen untuk mencari barang keinginan sesuai dengan kategori produk yang diunggah sehingga tidak perlu mencari satu persatu di postingan facebook.

Facebook juga tidak mau kalah dengan social media lain dimana platform ini juga menghadirkan fitur story dimana kreator bisa mengunggah video dalam durasi pendek dan juga foto tertentu yang akan hilang dalam waktu sehari.

Fitur story ini tentunya bermanfaat bagi kreator untuk menyebarkan info event yang akan diadakan sehingga dapat menjangkau konsumen yang selalu melihat konten story dibandingkan facebook feed.

Satu Akun Untuk Berbagai Manfaat

Bergabungnya Instagram dengan Facebook tentunya menjadi angin segar bagi pelaku usaha yang juga melakukan promosi di platform satu ini.

Hal ini dikarenakan kreator bisa menggunakan layanan di Instagram dengan mudah di Facebook sehingga tidak perlu mengakses dua akun sekaligus.

Salah satu fitur dari Instagram yang bisa digunakan di Facebook adalah penjadwalan konten Instagram sehingga kreator tidak perlu membuka akun Instagram untuk mengunggah konten yang sudah dibuat.

Cukup dengan menggunakan Facebook maka kreator bisa memasukkan konten tertentu yang akan diunggah secara otomatis oleh Instagram pada waktu yang ditentukan.

Tak hanya itu, kreator juga bisa membalasa pesan yang masuk di direct message Instagram melalui Facebook sehingga anda bisa melayani dua jenis konsumen dalam satu tempat.

Selain itu, kreator juga bisa merancang perencanan iklan baik untuk Facebook dan Instagram dalam satu platform. Layanan ini tentunya menghemat waktu kreator sehingga bisa mengerjakan berbagai pekerjaan lain secara efektif.

Guna memanfaatkan layanan ini, kreator bisa mendaftarkan akun Instagram yang dimiliki dengan akun Facebook sehingga bisa mengakses layanan di Facebook dan Instagram secara bersamaan.

fitur untuk promosi di facebook

Fitur – Fitur yang Cocok Untuk Promosi di Facebook

Selama 18 tahun melanglang buana di internet tentunya facebook terus bereksperimen untuk menghadirkan berbagai fitur dan layanan yang cocok untuk penggunanya.

Berbagai fitur ini juga membantu konsumen untuk merasakan eksperimen lebih dalam menggunakan Facebook dan juga mengembangkan konten untuk promosi dan ekspresi diri di Facebook.

Layanan yang ada di Facebook ini juga menjadi facebook trend yang tengah naik daun di tahun 2022. Karenanya berikut beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten kreatif di Facebook.

Promosi Produk dengan Siaran Langsung

Beberapa social media seperti Instagram dan Facebook memiliki layanan siaran langsung dimana pemilik akun melakukan interaksi dengan pengikutnya secara langsung.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tanya jawab atau mempromosikan barang jualannya secara langsung dengan konsumennya.

Fitur ini tentunya menguntungkan bagi konsumen karena dapat melihat barang keinginan sebelum memutuskan membelinya.

Tak hanya itu, fitur siaran langsung ini juga memudahkan penjual untuk mempromosikan barang jualannya secara langsung sehingga dapat membantu untuk meningkatkan penjualan secara cepat.

Facebook sendiri juga memiliki fitur siaran langsung dimana konsumen bisa berinteraksi dua arah dengan pemilik akun tersebut sehingga membantu menjawab pertanyaan mengenai produk yang akan dibeli juga membantu meyakinkan konsumen akan produk yang dijual.

Menariknya lagi penonton bisa mengirimkan sejumlah uang saat siaran langsung dalam bentuk koin yang bisa dikonversikan ke dalam bentuk uang oleh kreator.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan uang tambahan dari melakukan siarang langsung yang diadakan secara rutin.

Perbedaan lain dari siaran langsung di Facebook adalah pengguna facebook masih bisa melihat tayangan live tersebut bahkan setelah siaran berakhir.

Video dari siaran langsung juga bisa diunggah kembali di akun social media sebagai media promosi atau konten video yang menarik perhatian.

Semakin banyak interaksi yang dilakukan saat siaran langsung maka memungkinkan tayangan live anda bisa menyebar ke pengguna facebook yang lain sehingga meningkatkan engagement dari akun yang dikembangkan.

Jangkau Konsumen Lebih Luas dengan Facebook Ads

Banyaknya pengguna facebook terkadang membuat pengguna instagram kesulitan untuk menjangkau konsumen yang diinginkan.

Ditambah lagi apabila akun yang dikembangkan termasuk baru di Facebook sehingga tidak memiliki banyak pengikut atau sedikit pengguna facebook yang mengetahui akun anda.

Guna mengatasi masalah ini pengguna facebook bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads yang tersedia di platform ini.

Dengan menggunakan layanan iklan berbayar ini pengguna bisa menjangkau lebih banyak pengguna facebook sesuai konsumen yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan fitur Facebook Ads menyediakan pilihan konsumen baik dari gender maupun usia sesuai dengan konsumen yang ingin dituju.

Tak hanya itu, tersedia juga pilihan kota dan juga daerah yang dituju sehingga pengguna bisa menjangkau tempat keinginan sesuai dengan produk yang dijual.

Pengguna juga tidak perlu takut masalah biaya yang dikeluarkan dalam promosi melalui Facebook Ads karena anda bisa memilih pengeluaran sesuai dengan jumlah konsumen dan juga penjadwalan tayang yang diinginkan.

Tampilkan Produk dengan Konten Foto dan Video

Saat melakukan promosi di Facebook tentunya pengguna wajib menampilkan produk yang dijual melalui foto dan video.

Facebook sendiri menyediakan tempat untuk mengunggah berbagai foto atau video tersebut melalui caption yang tersedia.

Pengguna juga bisa mengunggah banyak foto dalam waktu bersamaan sehingga lebih efisien dan memudahkan konsumen untuk melihat berbagai pilihan produk yang dijual.

Tak hanya itu, ada juga konten video dimana pengguna bisa mengunggah video dalam durasi yang panjang sehingga berguna untuk konten promosi dan juga edukasi untuk konsumen.

Caption facebook yang memiliki ruang yang cukup besar tentunya menguntungkan bagi pengguna untuk menulis deskripsi produk lebih lengkap sehingga menjadi informasi lebih bagi konsumen yang ingin membelinya.

Jual Produk dengan Facebook Shop

Perkembangan internet yang sangat cepat saat ini akhirnya merubah kebiasaan banyak orang salah satunya adalah dalam hal berbelanja.

Jika dahulu kita perlu pergi ke toko atau tempat perbelanjaan untuk membeli barang tertentu namun kini kita bisa mendapatkan barang keinginan dengan mudah melalui marketplace yang bisa dipesan melalui handphone.

Perubahan inilah yang akhirnya membuat facebook meluncurkan layanan Facebook Shop dimana penjual bisa menjual barang melalui toko tersebut yang kemudian bisa dibeli oleh konsumen lainnya.

Fitur ini tentunya membantu penjual untuk meningkatkan penjualan dan juga memudahkan konsumen untuk berbelanja barang keinginan.

facebook trends 2022

10 Facebook Trends Viral di Tahun 2022

Penggunaan facebook sebagai social media dengan milyaran pengguna tentunya akan menimbulkan facebook trends baru yang bermunculan setiap tahunnya.

Berbagai facebook trends ini juga di dukung oleh berbagai fitur baru yang diluncurkan oleh Facebook dalam jangka waktu tertentu.

Sebagai kreator dan juga pelaku bisnis yang melakukan promosi di Facebook sebaiknya mengetahui facebook trends apa saja yang sedang muncul sehingga membantu untuk menaikkan engagement dan juga yang dibuat.

Karenanya agar tidak ketinggalan jaman berikut beberapa facebook trends yang muncul dan akan viral di tahun 2022.

Metaverse Menjadi Andalan Baru Facebook Trends

Pada tanggal 28 Oktober 2021, Facebook mengumumkan pergantian nama perusahaan dari Facebook menjadi Meta.

Perubahan ini menimbulkan pro kontra namun banyak juga yang menyambut rencana baik tersebut untuk melihat inovasi apa saja yang akan diluncurkan oleh facebook.

Penggantian nama ini tidak hanya sekedar sebagai branding perusahaan namun juga bergantinya fokus social media ini yang berfokus pada penggunaan metaverse.

Beberapa tahun yang akan datang, Facebook diharapkan mampu menghadirkan layanan 3D reality world yang tentunya berguna untuk mengembangkan konten dan juga hiburan di bidang game, olahraga, edukasi, dan lain sebagainya.

Peluncuran meta juga ditunggu berbagai inovasi untuk menghadirkan facebook trends terbaru yang bisa digunakan pengguna facebook untuk membuat konten yang lebih bervariasi.

Reels Menjadi Mesin Uang Terbaik

Tidak hanya, Instagram yang menyediakan layanan Reels namun platform Facebook juga telah merilis fitur Reels.

Layanan reels yang baru tersedia di 150 negara ini menjadi facebook trends yang mampu untuk meningkatkan pertumbuhan konten sehingga menjangkau lebih banyak pengguna facebook.

Fitur reels ini juga tersebar di berbagai tempat baik di story, watch tab, atau di bagian atas beranda facebook bahkan direkomendasikan juga di facebook news feed.

Berbagai konten yang menarik di reels juga dapat menarik perhatian banyak pengguna facebook dan bahkan menjadi facebook trends yang mampu tersebar dengan cepat.

Tak hanya itu, kreator juga bisa memonitasi konten reels yang menjadi facebook trends dengan memasukkan iklan sehingga dapat membantu kreator untuk menghasilkan uang dari facebook.

Kreator juga dapat memilih jenis iklan yang sesuai dengan reels yang diunggah yakni Overlay Ads atau sticker ads.

Semakin banyak pengguna facebook yang melihat konten reels yang anda buat dan menjadi facebook trends maka akan semakin banyak uang yang anda dapatkan dengan mudah dan cepat.

Penggunaan konten reels yang menarik perhatian juga bisa menjadi facebook trends yang berguna bagi kreator untuk mengenalkan bisnis dan juga akun facebook yang dikembangkan.

Kreator bisa memasukkan iklan di reels melalui pengaturan yang ada di pengaturan iklan.

Facebook Groups Lebih Mudah Ditangani

Bagi pelaku bisnis yang menggunakan fitur groups untuk mengumpulkan konsumen atau reseller yang dimiliki maka tahun facebook trends satu ini menjadi angin segar yang menyejukkan.

Hal ini dikarenakan Facebook telah merancang ulang Groups Tabs yang sudah tersedia di tahun 2019.

Dengan perubahan ini pengguna facebook bisa mendapatkan akses mudah ke segala fitur dan juga konten di grup yang diikuti.

Pada awal bulan maret 2022 ini Facebook juga meluncurkan layanan baru yang memudahkan admin group untuk mengontrol komunitas yang berkumpul di satu grup agar lebih sehat dan juga menghindari missinformasi yang beredar di grup yang dikelola.

Beberapa fitur baru yang dapat digunakan oleh admin grup adalah kemudahan untuk menangguhkan angota grup yang dirasa mengganggu dan juga membatalkan konten yang akan diunggah oleh pengikut grup tersebut.

Di hari yang sama, Facebook juga mengumumkan bahwa admin grup dapat mengundang anggota lain melalui link yang bisa disebarkan ke alamat email.

Fitur terbaru ini tentunya menguntungkan bagi admin agar bisa mengundang banyak orang dalam waktu singkat sehingga tidak memakan banyak waktu.

Konsumen Mengunjungi Facebook Untuk Informasi Produk

Sebuah survei yang diadakan oleh Hootsuite di tahun 2022 mengatakan sebagian besar pengguna internet menggunakan social media untuk memperoleh informasi mengenai suatu produk.

Hal ini berarti pengguna internet di usia tersebut tentunya lebih tertarik untuk mencari informasi mengenai suatu brand di akun social media perusahaan tersebut dibandingkan mengakses informasi di website perusahaan yang menyediakan lebih banyak informasi.

Karenanya, sebuah brand sebaiknya lebih aktif dalam mengembangkan social media yang dimiliki untuk mengembangkan lebih banyak konten yang berisi informasi produk dan juga konten yang dapat menarik perhatian konsumen.

Ditambah lagi, di tahun 2026 pengguna internet di usia tersebut diharapkan menjadi sasaran konsumen terbesar.

Tidak hanya mengembangkan konten yang berisi berbagai informasi mengenai produk yang ditawarkan namun kreator juga bisa menggunakan Facebook Business untuk menyediakan informasi lebih dalam mengenai brand dan juga produk yang ditawarkan.

Karenanya pemanfaatan halaman facebook business ini juga bisa menjadi facebook trends terbaru yang bisa dikembangkan mulai dari sekarang.

Facebook Messenger Menjadi Jalan Komunikasi

Beberapa tahun yang lalu sebelum penggunaan social media yang masif seperti sekarang ini, konsumen yang ingin melakukan komplain terhadap produk tertentu biasanya mengalami jalan yang sulit untuk mendapatkan barang yang layak dan sesuai keinginan.

Seorang konsumen harus menghubungi customer service terlebih dahulu atau mengirimkan pesan ke email perusahaan yang dituju.

Proses ini terkadang memakan waktu lama karena bisa saja email keluhan tidak dibaca atau telepon tidak tersambung ke layanan konsumen.

Namun setelah hadirnya social media dan merebaknya penggunaan social media sebagai media promosi kini konsumen bisa lebih mudah melakukan komplain terhadap barang yang telah dibeli.

Penggunaan messenger sebagai media komunikasi ini ternyata membuat konsumen lebih nyaman dan memudahkan dalam menyampaikan keluhan yang dialami.

survei facebook

Hal ini dikarenakan konsumen juga mengguankan fitur pesan untuk berkomunikasi dengan teman atau saudara melalui social media.

Selain itu, masalah konsumen juga lebih mudah dan cepat diatasi sehingga pembeli tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikan permasalahan mengenai barang yang dibeli.

Guna memudahkan komunikasi dengan konsumen maka pelaku bisnis bisa menggunakan pesan otomatis yang bisa dimasukkan ke berbagai pesan social media sehingga anda tidak perlu khawatir apabila pesan konsumen tidak terbaca atau tenggelam di pesan yang lain.

Penggunaan messenger yang tepat juga menjadi facebook trends bagi pelaku usaha untuk berkomunikasi secara intim dengan konsumen sehingga dapat membangun kedekatan satu sama lain.

Semakin Banyak Konsumen dan Penjual yang Menggunakan Facebook Shops

Meskipun banyak konsumen yang menggunakan marketplace sebagai tempat jual beli namun beberapa konsumen juga tetap menggunakan facebook shops sebagai sarana pembelian barang yang mudah dan praktis.

Sejak peluncuran Facebook Shop di tahun 2020, banyak brand besar atau sedang berkembang berbondong-bondong untuk mendaftarkan toko yang dimiliki ke Facebook shops.

Hasilnya di tahun 2021, Facebook shops telah memiliki 1 juta toko yang tersebar di seluruh dunia dan memiliki banyak konsumen aktif hingga hari ini.

Hal ini juga ditunjukkan dengan hasil positif dari brand yang membuat akun di facebook shops dengan naiknya pendapatan hingga 66% dibandingkan di akun jual beli yang lain.

Capture 1

Penggunaan facebook shops yang kian banyak dari hari ke hari tentunya menjadi peluang bagus dan menjadi facebook trend di tahun 2022.

Siaran Langsung Semakin di Depan

Fitur siaran langsung juga menjadi jawaban bagi konsumen yang ingin berinteraksi langsung dengan brand kesukaan dan juga membantu pelaku usaha untuk memamerkan barang jualannya,

Keberadan facebook yang menjadi social media nomor dua yang sering dipakai di dunia tentunya menyediakan layanan ini yang cocok bagi konsumen yang suka berinteraksi secara langsung.

Penggunaan siaran langsung ini juga membantu konsumen untuk lebih mengenal brand yang disukai dan mengetahui produk apa saja yang sedang dirilis dan beredar di pasaran.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.