facebook likes

Cara Mendapatkan Facebook Likes Secara Organik

Facebook likes membantu algoritma facebook dan konsumen bahwa halaman dan konten anda layak untuk diperbincangkan oleh pengguna facebook.

Promosi menggunakan kalimat “Like Us on Facebook” menjadi kata-kata yang sering digunakan bagi kreator facebook untuk menarik minat konsumen dalam mengunjungi serta memberikan tanda suka pada halaman facebook.

Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ke halaman facebook sehingga meningkatkan poin algoritma serta memberikan interaksi pada konten facebook yang telah diunggah sebelumnya.

Namun, selain meminta pengguna facebook untuk menyukai halaman anda, adakah cara lain untuk meningkatkan facebook likes secara organik dan efektif?

Berikut beberapa cara menaikkan facebook likes dengan strategi konten yang akan menyasar konsumen yang tepat.

facebook likes

Keuntungan Facebook Likes

Saat membuka dan mengembangkan akun facebook business tentunya tujuan utama dari seorang pelaku usaha adalah mendapatkan banyak pengikut agar brand serta produk yang dimiliki lebih mudah dikenal di pasaran.

Meskipun begitu, jumlah pengikut yang banyak juga sebaiknya di dukung dengan jumlah facebook likes baik untuk halaman facebook atau konten yang diunggah.

Hal ini dikarenakan facebook likes penting bagi algoritma facebook guna membantu menaikkan konten anda di kalangan pengguna facebook yang sesuai.

Selain itu, memiliki facebook likes yang selalu meningkat secara organik juga akan memberikan beberapa keuntungan, diantaranya sebagai berikut :

Facebook Likes Meningkatkan Performa Algoritma Facebook

Facebook sendiri memiliki banyak pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia dan Indonesia menjadi salah satu wilayah yang banyak menggunakan facebook.

Jumlah pengguna facebook yang banyak juga menjadikan pelaku usaha terkadang menemukan akun facebook yang memiliki lebih banyak pengikut serta facebook likes dan menjual produk yang sama.

Faktor inilah yang menjadikan kreator sebaiknya menjadikan akun facebook anda lebih unggul dibandingkan yang lain dengan meningkatkan facebook likes secara organik.

Selain itu, facebook likes sangatlah penting bagi algoritma facebook untuk menaikkan konten facebook ke konsumen yang tepat.

Cara kerja algoritma facebook sendiri masih menjadi misteri di antara pengguna facebook namun facebook likes masih menjadi pendorong dalam menaikkan poin algoritma konten di facebook.

Facebook Likes Sebagai Bukti yang Akurat

Saat menemukan akun jualan di facebook yang memiliki produk yang anda inginkan tentunya anda mungkin tertarik untuk membeli sehingga mengunjungi akun facebook tersebut.

Sayangnya saat membuka akun facebook yang dipilih ternyata akun tersebut minim interaksi sehingga menimbulkan rasa curiga saat membeli, apakah produk yang dikirim asli atau malah berujung penipuan yang tentunya akan menimbulkan kerugian bagi konsumen.

Karenanya facebook likes baik di halaman atau konten facebook sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya konsumen dalam mempelajar atau membeli produk yang anda promosikan.

Di sisi lain, penilaian algoritma facebook masih terasa samar di mata pengguna facebook namun facebook likes berbeda dari yang lainnya.

Hal ini dikarenakan facebook likes mudah dilihat oleh orang lain sehingga menjadi bukti yang kuat untuk memengaruhi calon konsumen yang anda tuju.

Facebook likes yang banyak juga menjadi pancingan bagi pengguna facebook dalam melakukan interaksi dengan konten facebook yang telah anda unggah sebelumnya.

Kata social proof sendiri meskipun terdengar indah namun bisa menjadi tekanan bagi banyak orang khususnya marketer.

Hal ini dikarenakan social proff mengacu pada orang-orang yang ikut pada interaksi tertentu saat melihat konten facebook yang lewat di timeline.

Karenanya keterlibatan interaksi berupa komentar atau facebook likes juga membantu konsumen untuk meniru cara yang sama saat melihat konten anda di facebook.

Facebook likes juga menjadi bukti bahwa pengguna facebook lain telah melakukan interaksi dengan akun dan facebook anda sehingga memancing orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Facebook Likes Menjadikan Konten Facebook Terlihat

Setiap hari, seorang kreator facebook pastinya mengunggah berbagai konten facebook baik melalui gambar, video, atau siarang langsung dengan pengikut yang dimiliki.

Namun berbagai strategi konten yang diberikan tidak akan efektif apabila tidak di dukung dengan pemberian interaksi berupa facebook likes dari pengguna facebook.

Karenanya pemberian facebook likes dapat membantu meningkatkan jangkauan facebook anda sehingga mampu menaikkan konten yang telah di unggah sehingga dapat ditemukan oleh konsumen yang sesuai.

Selain itu, jika konten facebook anda menjadi viral dengan mendapatkan facebook likes yang banyak tentunya anda dapat menjangkau pengguna facebook yang lebih luas sehingga meningkatkan brand awareness dari brand atau produk yang anda miliki.

Saat ini, algorta facebook feed juga akan menampilkan konten facebook yang disukai oleh kelompok minat yang sama, sehingga jika konten anda mendapatkan banyak facebook likes maka akan ada kemungkinan besar konten tersebut menjangkau komunitas yang serupa,

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak hanya dari konten facebook yang viral.

pexels iconcom 479358 1

Tips Mendapatkan Facebook Likes

Mendapatkan facebook likes sendiri bisa dilakukan melalui dua cara yakni meningkatkan jangkauan konten serta interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Namun, dua cara tersebut mungkin sulit dilakukan bagi akun facebook business yang baru saja dibuat serta membutuhkan lebih banyak pengikut baru.

Hal ini dikarenakan meningkatkan jangkauan berarti menarik lebih banyak perhatian pengguna facebook di konten anda, semakin banyak orang yang melihat maka kesempatan mendapatkan facebook likes semakin tinggi.

Di sisi lain, meningkatkan engagement facebook berarti mendapatkan lebih banyak facebook likes dari orang yang melihat konten anda.

Cara tersebut memang terlihat mudah namun akan lebih efisien jika dibantu dengan beberapa tips untuk meningkatkan facebook likes secara organik.

Mulai dengan Strategi Marketing yang Tepat

Saat mengembangkan sebuah akun facebook, kreator tidak hanya mengunggah berbagai konten dengan memanfaatkan berbagai fitur facebook namun juga dibarengi dengan strategi marketing yang tepat.

Hal ini dilakukan agar konten facebook yang dibuat disukai oleh konsumen sehingga dapat meningkatkan facebook likes secara organik dan menjadi perbincangan orang lain.

Selain itu, konten facebok yang sesuai akan membuat konsumen dengan senang hati berkunjung ke akun facebook anda agar tidak ketinggalan konten facebook yang mungkin saja ketinggalan hari ini.

Di sisi lain, saat kreator mengetahui apa saja yang ingin ditampilkan di social media maka kehadiran anda di facebook tentunya akan bermanfaat bagi pengguna facebook dan tidak menjadi konten yang selewat saja.

Karenanya sebelum menciptakan konten terbaik yang viral maka sebaiknya anda memikirkan kontribusi konten pada setiap promosi yang dibuat.

Caranya adalah dengan membuat konten yang dapat menjawab masalah konsumen dengan format yang disukai konsumen.

Kreator bisa mulai menelisik topik yang biasa dibicarakan oleh konsumen sehingga bisa diangkat menjadi ide konten yang menarik.

Tidak hanya itu, maksimalkan juga berbagai konten yang tersedia di facebook, baik dari facebook feed, video, live, story, dan reels.

Pemanfaatan konten yang tepat akan membantu meningkatkan performa algoritma facebook sehingga meningkatkan facebook likes yang lebih banyak.

Ketahui Konten yang Ingin Dilihat Konsumen

Ketika anda membuka akun facebook yang dimiliki pastinya akan menemukan berbagai variasi konten yang berbeda, baik dari konten foto, video, hingga konten pendek yang hilang dalam 24 jam.

Berbagai konten yang diberikan oleh Facebook juga menjadi alternatif saat membuka facebook sehingga tidak bosan dengan konten yang disajikan.

Namun, tidak semua orang melihat berbagai konten yang ditampilkan oleh facebook melainkan hanya melihat satu jenis konten yang disukai dan akan menjadi tujuan utama saat membuka facebook.

Hal inilah yang menjadi alasan bagi kreator facebook untuk mengetahui tipe konten yang disukai dan sering dilihat oleh konsumen.

Cara ini dilakukan agar kreator mengetahui jenis konten apa saja yang sebaiknya ditingkatkan untuk mendapatkan perhatian calon konsumen serta pengikut yang dimiliki

Sebelum membuat konten yang membuat konsumen melakukan interaksi dengan anda maka kreator sebaiknya menyediakan waktu untuk mencari tahu apa saja yang mereka sukai.

Membuat keputusan berdasarkan data dengan konteks yang spesifik akan membantu konten anda mendapatkan lebih banyak facebook likes.

Untungnya, sudah ada beberapa facebook tools yang membantu anda dalam menganalisa data, salah satunya menggunakan layanan dari facebook yakni Business Manager guna menggali data dari platform Meta.

Selain itu, sudah banyak juga website social media management yang membantu dalam mengintegrasikan data dari berbagai social media.

Sekali anda mendapatkan data yang diinginkan maka pastikan anda fokus pada tujuan yang diinginkan.

Kreator bisa menghitung jumlah engagement melalui jumlah facebook likes yang di dapatkan serta jangkauan facebook yang di dapatkan setelah konsumen menyebarkan konten anda ke orang lain.

Semakin jumlah interaksi yang di dapatkan maka akan membantu anda dalam mengetahui jenis konten yang disukai konsumen sehingga bisa dikembangkan di akun facebook yang dimiliki.

Ketahui Waktu Aktif Konsumen

Setelah membuat konten facebook, mungkin saja kreator langsung menunggahnya agar bisa dinikmati oleh pengikut facebook anda.

Namun cara tersebut kurang efektif untuk meningkatkan facebook likes sehingga konten anda mendapatkan interaksi yang sedikit.

Hal ini dikarenakan saat anda mengunggah konten maka bisa saja konsumen yang anda miliki sedang tidak membuka facebook sehingga postingan anda tidak mendapaptkan interaksi yang diinginkan.

Padahal facebook selalu mendorong sebuah konten yang baru diungah pada halaman utama agar mendapatkan perhatian dari pengguna facebook.

Karenanya sebelum mengunggah konten facebook maka kreator sebaiknya mengetahui waktu aktif konsumen dengan melihatnya pada kolom insight yang ada pada facebook business.

Pada halaman tersebut anda akan diberitahukan waktu aktif konsumen yang bisa digunakan untuk mengunggah konten tertentu yang berbeda setiap harinya.

Akan tetapi, jika kreator baru membuka akun facebook business dan belum mengetahui informasi waktu aktif konsumen maka anda bisa menggunakan waktu 8:00 atau 12:00 dimana pada waktu tersebut konsumen lebih banyak membuka akun facebook.

Dengan mengetahui waktu aktif konsumen yang tepat maka akan mempermudah kreator dalam membuat penjadwalan konten di facebook schedule post sehingga konten akan otomatis mengunnggah pada waktu yang diinginkan.

Kreator juga bisa menggunakan layanan dari website social media management yang akan membantu dalam mencari waktu aktif konsumen serta menjadwalkan konten tepat waktu.

Saat anda sudah menemukan titik yang tepat maka langkah selanjutnya adalah konsisten dalam mengunggah konten di waktu yang ditentukan.

Pengguna dan algoritma facebook tentunya akan secara alami memahami waktu aktif tersebut sehingga bisa menunggu saat konten anda diberikan.

Ketahui Facebook Trend

Konsisten dengan konten yang biasa anda unggah tentunya akan memanjakan konsumen yang dimiliki serta mempermudah dalam pembuatan konten facebook.

Namun mengunggah konten facebook yang sedang viral juga dapat membantu anda menjangkau pengguna facebook yang lebih luas sehingga dapat menaikkan facebook likes yang dimiliki.

Di tambah lagi jika anda menggabungkan konten viral dengan produk yang anda miliki tentunya akan membuat calon konsumen berkunjung ke akun facebook yang anda miliki.

Di sisi lain, anda juga bisa menarik lebih banyak perhatian jika berada di atas facebook trend yang tengah viral dimana pengguna facebook mencari konten yang relevan dengan topik tersebut.

Facebook reels juga menjadi konten yang berkembang sangat cepat di platform facebook, dan facebook juga mempromosikan terus menerus.

Mengambil kesempatan dari kenaikan fitur facebook reels akan membantu mendapatkan facebook likes yang lebih banyak dari konten video pendek.

Pengguna facebook juga menggunakan layanan reels untuk mencari informasi mengenai produk atau brand tertentu sehingga bisa digunakan kreator sebagai media promosi yang sesuai untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Ditambah lagi, Hootsuite melaporkan bahwa 53% pengguna facebook pada kisaran usia 16-24 tahun menggunakan reels untuk mencari informasi mengenai brand tertentu.

Hal ini tentunya menguntungkan pelaku usaha dengan konsumen pada usia tersebut untuk melakukan promosi produk menggunakan konten tersebut.

Anda juga bisa mempromosikan akun facebook shop yang dimiliki dengan mengunggah konten reels yang terhubung pada akun shops anda sehingga membantu dalam meningkatkan kunjungan pembeli baru.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengambil langkah lebih dengan meletakkan nama brand anda pada siaran langsung facebook shop yang menjadi cara bagus untuk memperlihatkan bisnis anda serta menaikkan facebook likes yang dimiliki.

Meskipun begitu, kreator juga sebaiknya memastikan trend yang dipilih sesuai dengan strategi marketing yang telah dibuat dengan memastikan data untuk melihat apakah trend facebook tersebut cocok dengan anda.

Pinned Konten Populer

Salah satu tips yang diberikan untuk meningkatkan facebook likes adalah ketahui konten yang bekerja dengan baik.

Di saat anda menyimpan konten tersebut di bagian atas maka anda akan membuat konten anda lebih mudah dilihat serta memberikan lebih banyak facebook likes.

Facebook memiliki fitur yang jarang ditemui di social media lain, yakni pinned post.

Melalui fitur ini, kreator bisa menaruh konten yang pernah viral di kalangan pengguna facebook dan membuat akun anda menjadi lebih terkenal.

Dengan menaruh pinned post di bagian atas maka akan menjadi ciri khas tersendiri bagi akun anda sehingga membedakan dengan akun facebook yang lain.

Selain itu, kreator juga bisa menyimpan konten mengenai profil brand anda sehingga memudahkan konsumen dalam mempelajari produk anda atau melakukan interaksi dengan konten tersebut sehingga membantu menaikkan engagement serta likes facebook.

Di sisi lain, anda juga bisa mengubah pinned post ke konten lain yang lebih viral serta menjanglau lebih banyak pengguna facebook agar tidak membuat konsumen facebook anda merasa bosan serta memberikan ciri khas yang lain.

Anda juga bisa memajang promosi campaign tertentu akan pengguna facebook yang mengunjungi akun anda bisa tertarik untuk membeli dan ikut serta pada promosi yang anda lakukan.

Lakukan Promosi di Social Media Lain

Dalam melakukan promosi di internet seorang kreator tentunya tidak hanya melakukan promosi di satu tempat melainkan membuat berbagai akun social media untuk menjangkau konsumen yang lebih beragam.

Banyaknya akun social media yang anda miliki tentunya berguna untuk melakukan promosi antar social media untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Di tambah lagi biasanya pengguna internet tidak hanya memiliki satu akun social media namun berbagai akun di platform yang berbeda.

Di sisi lain, terkadang salah satu akun social media yang dimiliki memiliki pengikut yang lebih banyak sehingga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi yang lebih menguntungkan.

Kreator bisa menuliskan event yang akan diadakan di facebook serta hadiah yang diberikan sehingga membuat konsumen tertarik untuk mengikuti event tersebut dan menyukai halaman facebook anda sehingga meningkatkan jumlah facebook likes.

Promosi antar social media juga tidak terbatas pada akun social media yang dimiliki namun anda bisa melakukannya dengan mengunggah pemberitahuan event di website yang anda miliki sehingga konsumen yang sedang berbelanja juga bisa mengetahui dan mengikuti acara yang anda adakan.

Buatlah cara mudah untuk melakukan promosi di facebook sehingga konsumen bisa melakukan interaksi yang lebih banyak .

Jalankan Iklan Berbayar

Meningkatkan facebook likes memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi jika akun facebook yang anda miliki baru saja dibuka.

Di sisi lain, tanpa bantuan promosi berbayar tentunya jangkauan anda hanya mencapai 5% dari pengikut yang dimiliki.

Namun jika anda memilih untuk menjalankan iklan berbayar maka anda akan mendapatkan keuntungan dari penargetan facebook untuk memastikan konten anda menjangkau kosnumen yang diinginkan.

Guna mempercepat dan mempermudah kenaikan facebook likes di halaman serta konten facebook anda maka kreator bisa mulai menjalankan Facebook Ads.

Cara ini dilakukan agar konten dan halaman anda dipromosikan pada pengguna facebook yang memiliki minat yang sama dengan anda sehingga kreator bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Promosi menggunakan facebook ads tentunya sangat menguntungkan mengingat kreator bisa memilih jangkauan, konsumen, serta wilayah yang diinginkan sehingga dapa menjangkau konsumen yang tepat.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menentukan biaya iklan yang dikeluarkan sehingga tidak keluar pada budget yang dimiliki.

Namun, sebelum memulai menjalankan Facebook ads maka pastikan anda mengumpulkan data mengenai konsumen yang ingin dituju, promosi yang dilakukan, serta wilayah yang dipilih agar hasil iklan berbayar semakin maksimal.

Lakukan Event GiveAway

Apabila anda ingin melakukan promosi berbayar selain melalui iklan maka menjalankan event give away cocok untuk anda.

Strategi pemasaran satu ini cocok untuk memasarkan produk yang tengah rilis atau sedang menjadi perbincangan konsumen sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk mengikuti event tersebut.

Di sisi lain, event give away juga mampu menjangkau konsumen yang diinginkan dan tertarik mengikuti halaman facebook yang anda kembangkan.

Selain itu, dengan meminta pengguna facebook melakukan tag pada orang lain akan membuat halaman facebook anda akan mendapatkan lebih banyak pengikut baru yang baru mengenal brand anda.

Agar promosi give away anda menjangkau lebih banyak konsumen maka anda bisa membagikan ke facebook group, website, dan tentunya halaman facebook.

Dengan membuka jalan untuk mengunjungi akun facebook anda maka akan meningkatkan jumlah pengikut yang lebih banyak.

Sumber :

https://id.oberlo.com/blog/facebook-followers

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.