cara membuat kalimat call to action yang memikat

Cara Membuat Kalimat Call To Action yang Memikat Konsumen

Tarik perhatian konsumen dengan kalimat call to action yang memikat perhatian dan membuat pembeli tertarik untuk mencobanya.

Sosial media menjadi salah satu tempat yang efektif untuk promosi produk dan layanan yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan sosial media memiliki banyak pengikut aktif yang terdiri dari berbagai kalangan usia, minat, dan gender yang tentunya memiliki kebutuhannya masing-masing.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak usaha yang membuat akun sosial media untuk mempromosikan produk yang dimiliki.

Banyaknya produk yang layanan yang melakukan promosi di sosial media, juga membuat pelaku usaha harus menentukan strategi yang tepat agar konten promosi memikat konsumen.

Salah satunya adalah dengan membuat kalimat call to action yang memikat audience untuk membeli produk dan layanan yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa tips membuat kalimat call to action yang memikat konsumen pada pandangan pertama.

Apa Itu Kalimat Call to Action

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna sosial media adalah mengikuti akun dari brand tertentu yang disukai.

Kegiatan ini dilakukan agar tidak ketinggalan berbagai promosi terbaru atau perilisan produk dari brand yang sudah lama diikuti.

Saat melihat berbagai konten promosi yang disuguhkan, anda tetunya juga melihat kalimat call to action yang ditulis di bagian caption.

Pemberian kalimat call to action ini digunakan untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan atau melakukan berbagai kegiatan promosi yang diminta, sehingga campaign yang dilakukan semakin sukses.

Penggunaan kalimat call to action juga membuat audience tertarik untuk meningkatkan interaksi, seperti memberikan tanggapan di kolom komentar, menyukai konten tersebut, atau membagikannya ke orang lain, sehingga dapat meningkatkan engagement rate.

Kehadiran call to action sendiri juga bisa anda temukan di konten organik dan iklan yang membuat audience tertarik untuk melakukan kegiatan yang diminta.

pholicalyskin

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram brand pholicalyskin yang menggunakan kalimat call to action untuk menarik minat audience dalam membeli produk yang ditawarkan.

Pemakaian kalimat call to action bisa digunakan menggunakan satu kata ajakan seperti “yuk”, “beli sekarang”, atau “jangan lupa ikuti akun instagram ini”, namun untuk memberikan penawaran yang lebih efektif, maka anda bisa menggunakan kalimat call to action yang lebih panjang dan memikat penonton.

Selain itu, anda juga bisa menjelaskan keuntungan yang di dapatkan oleh konsumen setelah mengikuti kalimat call to action, sehingga konsumen lebih tertarik untuk membelinya.

Misalnya saja anda meminta konsumen untuk membeli produk pengharum ruangan untuk mendapatkan kesegaran ruangan yang tahan lama dan terhindar dari bau apek, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Semakin banyak penawaran yang diberikan, tentunya akan menarik perhatian konsumen untuk melakukan kegiatan yang diminta.

HrosmrGSySUKFoh6iigw

Bagaimana Cara Menulis Kalimat Call to Action di Sosial Media

Sebelum memulai menulis kalimat call to action, kreator perlu mengetahui kegiatan yang harus audience lakukan setelah melihat postingan tersebut.

Misalnya anda ingin mempromosikan e-book gratis, maka konsumen harus melakukan klik pada link tertentu untuk mendapatkan produk dan layanan gratis yang diinginkan.

Hal ini juga berlakuk apabila anda ingin mempromosikan produk dan layanan yang baru dirilis atau mengajak audience untuk melakukan interaksi di konten terbaru yang telah diunggah sebelumnya.

Selain itu, kalimat call to action yang digunakan juga sebaiknya sesuai dengan strategi konten marketing yang telah dibuat sehingga dapat mencapai tujuan promosi yang diinginkan.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat kalimat call to action yang menarik di sosial media.

Bangun Komunikasi Dua Arah

Pembuatan kalimat call to action tidak melulu harus bersikap formal, namun anda juga bisa membuat komunikasi dua arah agar audience seperti diajak mengobrol bukan diminta untuk melakukan kegiatan tertentu.

Cara ini dilakukan agar konsumen lebih berminat untuk melakukan kegiatan tertentu karena ajakan bukan paksaan.

Anda bisa menggunakan kata penunjuk orang non formal seperti kata “kamu” atau “anda” sehingga pesan yang disampaikan lebih terasa personal dan tidak terlihat seperti sedang melakukan promosi.

Ok0M35LR2Glw5edZfNLg

Penggunaan kata tersebut juga digunakan oleh akun instagram brand kloverskin yang menggunakan kata “your” untuk mengajak konsumen dalam mengaktifkan pengingat untuk membeli produk dengan harga yang lebih terjangkau pada waktu tertentu.

Strategi ini akan membuat konsumen lebih tertarik untuk mengikuti ajakan tersebut karena penggunaan kata non formal yang menarik.

Gunakan Kalimat Ajakan 

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengajak konsumen melakukan kegiatan yang diminta adalah menggunakan kalimat ajakan.

Hal ini dikarenakan kalimat call to action sudah sepatutnya memiliki kekuatan untuk memikat penonton, menjelaskan isi ajakan dengan lengkap, serta menghindari pilihan ajakan  yang malah menimbulkan keraguan.

Beberapa contoh kalimat call to action yang biasanya ditemukan di sosial media adalah : “Sign up for your free trial”, “Download the guide”, “get your free voucher”.

Penggunaan kalimat call to action yang singkat dan jelas merupakan cara terbaik untuk membuat pembaca tertarik melakukan berbagai kegiatan yang diminta.

bp9a7a23QhemXlpKfB3B

Pemakaian kalimat call to action yang menarik juga digunakan oleh akun instagram motherlove_id di bagian paragraf terakhir, dimana brand tersebut mengajak pengguna instagram untuk membeli berbagai produk yang dimiliki di akun marketplace yang dimiliki setelah menunjukkan berbagai kelebihan barang yang dijual.

Tulis Kalimat Ajakan Secara Spesifik

Salah satu alasan mengapa audience kurang tertarik pada promosi yang diberikan adalah kurangnya penjelasan pada kalimat call to action.

Sehingga pembaca akan sulit mengtahui keuntungan dan kelebihan yang di dapatkan setelah membeli produk tersebut.

Karenanya penting bagi kreator untuk menuliskan keuntungan dan kelebihan melakukan kegiatan yang ditawarkan, sehingga pembaca tertarik untuk melakukan kegiatan yang dilakukan.

Misalnya saja anda menuliskan kalimat call to action “sign up for free ebook” maka konsumen akan mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan ebook gratis setelah melakukan pendaftaran di halaman website brand tersebut.

cgv

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand cgv yang memberikan kalimat ajakan untuk membeli tiket eksklusif khusus sehingga penonton akan mendapatkan merchandise gratis yang terbatas.

Pastikan juga untuk memberikan satu penawaran khusus di kalimat call to action, sehingga tidak membingungkan penonton yang ingin melakukan pembelian dengan tawaran promosi yang diberikan.

Tuliskan Durasi Promosi Produk

Pernahkan anda melihat kalimat call to action yang memiliki batas waktu tertentu? pemberian durasi ini akan membuat pembaca tertarik untuk buru-buru membeli produk yang ditawarkan guna mendapatkan harga spesial.

Biasanya penggunaan durasi promosi produk diberikan saat promosi peluncuran produk tertentu atau pada waktu diskon di marketplace, sehingga konsumen dapat membeli produk dan layanan dengan harga yang lebih murah.

Penggunaan kalimat call to action dengan menuliskan durasi promosi produk juga diyakini lebih efektif untuk mendorong penjualan yang lebih banyak.

Namun, dalam menuliskan durasi promosi produk, ada baiknya anda mencantumkan waktu yang ditentukan, misalnya pada tanggal 12.12 atau waktu tertentu, sehingga konsumen tidak membuang waktu untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan kata “sekarang”, “hari ini”, atau “minggu ini saja” sehingg pembeli bisa langsung membeli saat itu juga tanpa membuang banyak waktu.

prior

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand prior.id yang membuat kalimat call to action menggunakan tanggal spesifik, sehingga membuat konsumen mempersiapkan diri di waktu yang telah ditentukan.

Fokus Pada Keuntungan

Berbagai produk yang ditawarkan akan membuat audience tertarik untuk membelinya, namun manfaat yang diberikan menjadikan pengguna instagram tertarik pada promosi yang ditawarkan.

Contohnya dibandingkan menuliskan kalimat call to action “Daftarkan diri anda untuk mendapatkan layanan gratis selama satu bulan” maka anda bisa menuliskan kalimat “pelajari tips untuk menjual produk di instagram” sehingga audience yang tertarik bisa langsung melakukan kegiatan yang anda minta.

Kedua kalimat ajakan tersebut memang mampu menarik audience untuk melakukan kegiatan yang diminta, namun dengan memberikan tips yang menarik akan membuat konsumen lebih tertarik untuk mendapatkan keuntungan yang dibeirkan.

Berikan Sesuatu yang Bermanfaat

Pemberian keuntungan yang menarik memang menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen untuk melihat kalimat call to action yang ditawarkan.

Namun, untuk menarik minat audience, maka anda bisa memberikan penawaran yang jarang diberikan oleh kompetitor lain.

Misalnya saja adalah pemberian gratis biaya pengiriman tanpa limit pembelanjaan tertentu.

Penawaran ini tentunya menarik perhatian konsumen mengingat biaya pengiriman menjadi pertimbangan saat akan membeli barang secara daring.

Selain itu, anda juga bisa memberikan penawaran diskon besar-besaran pada jangka waktu tertentu.

Pemberian penawaran yang menarik ini tentunya akan memikat audience untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan.

Selain itu, anda juga bisa memberikan penawaran berupa pemberian produk dan layanan gratis yang bisa diakses seumur hidup, sehingga konsumen tertarik untuk melakukan kegiatan tertentu untuk mengambil fitur gratis tersebut.

alette beauty

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand alette.beauty yang memberikan promosi khusus di tanggal khusus serta memberikan diskon dan voucher biaya pengiriman.

Pemberian promosi yang bertubi-tubi tentunya membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Tarik Perhatian Konsumen

Berbagai brand yang mempromosikan produk dan layanannya di sosial media, menjadikan kreator harus memutar otak untuk memberikan kalimat call to action yang menarik perhatian.

Anda bisa mengguankan kalimat call to action yang mengandung jargon yang mudah diingat, sehingga saat konsumen mengingat nama brand anda maka mereka akan mengingat jargon yang diberikan.

Penggunaan jargon yang sesuai juga akan memudahkan membuat kalimat call to action yang sesuai dengan slogan yang diberikan.

Pastikan juga untuk menggunakan kalimat call to action yang mudah dipahami dan menjelaskan keuntungan secara jelas, sehingga konsumen tidak membuang banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang diminta serta membeli produk dan layanan yang diberikan.

Pemberian kalimat call to action yang sulit dimengerti juga akan membuat konsumen kehilangan rasa penasaran, sehingga mereka beralih ke brand lain yang memberikan penawaran yang lebih menggiurkan.

Letakkan Kalimat Call to Action di Tempat yang Tepat

Meksipun kalimat call to action biasanya diletakkan di bagian caption untuk menarik minat audience, namun anda bisa meletakkan kalimat ajakan tersebut di berbagai kolom sosial media.

Cara ini dilakukan karena konsumen baru bisa muncul dari berbagai saluran yang tidak pernah anda duga sebelumnya.

Social Media Bio

Sebuah konten sosial media yang viral bisa membuka peluang bagi audience untuk mengunjungi akun brand tersebut.

Hal pertama yang dilihat oleh pengguna sosial media saat memasuki sebuah akun sosial media brand adalah sosial media bio yang berisi penjelasan singkat mengenai produk tersebut.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan sosial media bio untuk menarik minat konsumen untuk mengakses berbagai produk gratis yang ditawarkan.

Mislanya saja anda menaruh link akses ebook gratis di kolom sosial media bio yang membuat audience tertarik untuk mengakses layanan tersebut.

Penyematan kalimat call to action di kolom sosial media bio juga bisa menjadi cara tepat untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung saat konten yang dimiliki mendadal viral.

Caption Konten 

Kolom caption menjadi tempat terbaik bagi kreator sosial media untuk meletakkan kalimat call to action yang menarik.

Hal ini dilakukan mengingat pengguna sosial media biasanya akan membaca kolom caption setelah melihat konten promosi yang disuguhkan untuk mendapatkan penawaran yang diberikan.

Meskipun begitu, anda juga perlu mengetahui berbagai tempat yang tepat untuk mendapatkan perhatian konsumen di kolom call to action 

  • Bagian awal caption menjadi tempat yang tepat untuk menarik perhatian konsumen di tempat pertama.
  • Bagian tengah caption juga bisa digunakan sebagai tempat untuk meletakkan kalimat call to action setelah anda memadukan dengan beberapa kalimat pembukaan.
  • Bagian akhir caption biasa dipakai untuk menaruh kalimat call to action setelh anda memberikan penjelasan mengenai topik tertentu yang relevan.

Salah satu contohnya adalah apabila anda hendak mengajak audience untuk mengunjungi konten artikel yang baru saja diunggah di website yang dimiliki, maka anda bisa memberikan penjelasan singkat mengenai topik tersebut kemudian untuk penjelasan lebih lengkap maka konsumen bisa mengaksesnya di website tertentu.

Konten Instagram Story 

Fitur stiker link menjadi layanan unggulan yang dimiliki oleh instagram untuk memudahkan berbagai kegiatan promosi tertentu.

Misalnya saja membarikan link akun marketplace atau website yang bisa diakses dengan mudah oleh pengguna instagram.

Guna menarik minat konsumen untuk membuka link tertentu maka anda bisa menggunakan kalimat call to action untuk memikat penonton.

Anda bisa memulainya dengan membuat konten promosi atau edukasi terlebih dahulu, kemudian di akhir slide instagram story, anda bisa menaruh kalimat call to action serta link tertentu.

Cara ini akan lebih efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung karena memberikan manfaat terlebih dahulu kemudian cara untuk mengakses tips yang diberikan.

Lakukan Eksperimen Konten 

Setiap akun sosial media brand tentunya memiliki komunitas konsumen dengan minat dan kebiasaan yang berbeda-beda.

Perbedaan ini tentunya mempengaruhi cara untuk memikat konsumen menggunakan kalimat call to action.

Sehingga apabila sebuah kalimat call to action kurang memikat, maka anda tidak perlu patah hati, namun melakukan berbagai eksperimen untuk mendapatkan perpaduan kalimat call to action yang menarik minat konsumen.

Anda juga perlu mengkolaborasikannya dengan berbagai fitur sosial media untuk mendapatkan hasil konten promosi yang lebih baik.

Selain itu, pastikan juga gaya bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tidak ada kesalahan tanda baca untuk mengurangi perbedaan persepsi.

contoh kalimat call to action yang menarik

Contoh Kalimat Call to Action yang Menarik Perhatian

Setelah mengetahui berbagai tips untuk menulis kalimat call to action yang menarik, maka inilah saatnya untuk menggunakannya di berbagai konten promosi yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa tips dan beberapa contoh kalimat call to action yang bisa digunakan untuk promosi produk dan campaign tertentu.

Kalimat Call to Action Untuk Membagikan E-Book

Salah satu konten gratis yang sering dibagikan adalah e-book gratis yang berisi informasi dan edukasi tertentu yang berkaitan dengan brand yang dimiliki.

Namun, untuk memikat perhatian audience sosial media, maka anda perlu menaruh kalimat call to action di tempat yang tepat.

Misalnya saja untuk menaruh kalimat call to action di bagian bio sosial media, sehingga pengunjung yang ingin mencari informsi mengenai produk tertentu bisa mengakses ebook tersebut.

Peletakan kalimat call to action di bio sosial media juga digunakan oleh akun instagram brand finansialku_com yang memberikan konten ebook dengan kalimat call to action yang singkat dan padat.

Anda juga bisa menaruh kalimat call to action di bagian kolom caption konten dengan pemberian beberapa narasi yang menarik.

Misalnya memberikan konten edukasi atau apreasiasi terlebih dahulu, setelah konsumen tertarik untuk melihat konten yang disajikan, maka mereka bisa mengakses link konten gratis yang diberikan.

Kalimat Call to Action untuk Promosi Produk 

Penggunaan kalimat call to action biasanya digunakan untuk promosi produk atau promosi campaign tertentu, sehingga anda perlu menggunakan kalimat ajakan yang menarik perhatian konsumen.

Salah satu cara untuk membuat kalimat call to action untuk promosi produk dan campaign adalah menggunakan kata ajakan untuk membuat konsumen lebih tertarik.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan kalimat ajakan yang menunjukkan durasi waktu tertentu, sehingga konsumen bisa langsung melakukan tindakan setelah membaca promosi tersebut.

Pastikan juga untuk menjelaskan benefit yang dijelaskan secara lengkap, sehingga konsumen bisa mengetahui hasil yang di dapatkan setelah melakukan kegiatan tertentu.

Kalimat Call to Action untuk Giveaway

Strategi promosi menggunakan giveaway merupakan salah satu promosi yang disukai oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan konsumen bisa mendapatkan produk yang diinginkan secara gratis setelah melakukan tantangan tertentu.

Meskipun begitu, anda juga perlu menggunakan kalimat call to action yang tepat agar konsumen tertarik untuk melakukan kegiatan yang dilakukan.

Bagian paling penting untuk membuat kalimat ajakan untuk giveaway adalah memberikan penjelasan lengkap mengenai tantangan yang harus dilakukan, sehingga mereka dapat membuat konten yang sesuai dengan tanangan tertentu.

Selain itu, anda juga bisa menyisipkan kalimat ajakan agar konsumen lebih tertarik untuk melakukan tantangan untuk mendapatkan hadiah tertentu.

Kalimat Call to Action untuk Interaksi 

Salah satu cara untuk membuat akun sosial media menjadi lebih terkenal adalah melakuan interaksi dengan pengikut dan pengguna sosial media.

Semakin banyak interaksi yang dilakukan setiap hari maka akan membuat akun sosial media anda menjadi lebih terkenal.

Sayangnya berbagai konten interaksi yang diunggah oleh kreator sosial media, terkadang kurang mendapatkan perhatian dari pengguna sosial media karena kalimat ajakan yang kurang menarik.

Karenanya penting bagi kreator sosial media untuk membuat kalimat call to action yang menarik, caranya adalah dengan membuat kalimat yang mengantung kata tanya, sehingga membuat audience tertarik untuk melakukan interaksi.

Sumber :

https://blog.hubspot.com/marketing/call-to-action-examples

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *