ide facebook post

6 Ide Facebook Post Untuk Promosi

Jadikan akun facebook business anda menjadi lebih terkanal dengan konten facebook post yang tahan lama dan mampu menarik engagement facebook.

Facebook menjadi salah satu social media populer di dunia yang membantu penggunanya untuk menghubungkan dengan teman melalui dunia maya, menonton video, serta membagikan cerita sehari-hari secara mudah.

Selain itu, Facebook sendiri merupakan kanal yang bagus untuk berhubungan dengan konsumen yang dimiliki dimana sebagian besar penggunanya melakukan analisa produk sebelum membeli di facebook.

Namun, bagi kreator yang hendak melakukan promosi di facebook sebaiknya mengetahui strategi yang tepat agar konten yang dibuat bisa menarik perhatian pengikut anda untuk melakukan interaksi sehingga mampu menjangkau pengguna facebook yang lebih luas.

Karenanya, kreator juga sebaiknya mengeti bagaimana menggunakan platform facebook dengan tepat sehingga bisa digunakan untuk promosi menggunakan facebook post serta tips memaksimalkan konten yang diunggah di facebook.

mengapa harus mengunggah facebook post

Mengapa Harus Mengunggah Konten di Facebook?

Saat membuat akun facebook tentunya kreator menginginkan brand atau produk yang dipromosikan mendapat perhatian pengguna facebook sehingga dapat mengenalkan barang yang dijual dengan mudah.

Namun kreator tidak hanya membuat akun facebook saja tapi di dukung dengan adanya facebook post yang menarik serta mampu meningkatkan interaksi antara penggunanya.

Di saat pengguna facebook menemukan konten anda di timeline facebook tentunya kreator dapat membangun komunitas yang berasal dari konsumen untuk meningkatkan koneksi dengan brand yang anda promosikan.

Selain itu, dalam membuat facebook post, seorang kreator tidak hanya mengunggah foto atau tulisan sesuka hati namun disesuaikan juga dengan konten kesukaan konsumen guna mendapatkan hasil engagement yang diinginkan.

Saat pengguna facebook menemukan konten anda di timeline facebook dan memberikan respon berupa komentar di postingan anda maka kreator bisa memerhatikan konten kesukaan yang dimiliki sehingga mempermudah anda untuk membuat konten yang mereka sukai dan melakukan interaksi di dalamnya.

Tidak hanya itu, memaksimalkan profile facebook juga menjadi cara yang efektif guna memperlihatkan pada konsumen bahwa brand anda aktif di platform ini sehingga konsumen tertarik membeli produk anda setelah melakukan analisa barang yang diinginkan.

Alasan lain untuk aktif di facebook adalah banyaknya kompetitor yang melakukan promosi di facebook sehingga kreator sebaiknya terus melakukan promosi dengan mengunggah facebook post yang menarik.

frekuensi mengunggah facebook post

Berapa Frekuensi Mengunggah Konten di Facebook?

Cepatnya pembaruan timeline facebook serta banyaknya pengguna facebook yang terus mengunggah facebook post setiap saat menjadikan konten anda mungkin saja tenggelam apabila kurang adanya interaksi berupa likes, komen, atau share.

Lalu berapa frekuensi mengunggah facebook post yang tepat?

Dilansir dari Hubspot experiment, kreator sebaiknya mengunggah facebook post sebanyak 2 – 5 kali dalam seminggu.

Namun kreator bisa mengubah frekuensi unggah facebook post tersebut sesuai dengan insight konsumen yang dapat membawa kesukesan pada akun facebook anda.

Meskipun begitu, eksperimen dari hubspot juga mengatakan bahwa mengunggah konten lebih dari lima kali dalam seminggu mungkin akan menurunkan ROI akun facebook anda.

Di sisi lain, menghabiskan waktu di akun facebook, mempelajari audience anda, serta menggunakan metrik engagement facebook akan menjadi kombinasi yang terbaik bagi akun facebook anda.

Karenanya guna memaksimalkan performa akun facebook anda berikut strategi maksimalkan jangkauan facebook post yang lebih luas.

cara maksimalkan facebook post

Cara Maksimalkan Jangkauan Facebook Post

Sebuah facebook post yang menarik dan viral nantinya akan membuat postingan anda berada di timeline facebook sehingga lebih banyak orang yang melakukan interaksi dan mengomentari unggahan tersebut.

Facebook algoritma juga membantu dalam menaikkan facebook post yang menarik di platform tersebut sehingga membuat pengguna facebook lebih mudah untuk melakukan interaksi pada konten yang menarik.

Meskipun begitu, kreator juga sebaiknya melakukan strategi agar ide facebook post anda tidak terbuang sia-sia.

Optimasi Facebook Post

Salah satu kesalahan dalam melakukan strategi marketing adalah melakukan copy paste konten yang sama dan telah diunggah di social media lain.

Meskipun melakukan cross posting populer di social media namun kreator sebaiknya mempertimbangkan untuk mengubah konten sesuai dengan facebook post lainnya sebelum mengunggahnya di akun facebook anda.

Karenanya beberapa hal berikut perlu kreator lakukan dalam mengunggah facebook post :

  • Memberikan caption facebook post yang jelas namun menarik guna menaikkan interaksi konten facebook
  • Berikan juga sentuhan manusia dibandingkan menambahkan hastag untuk optimasi facebook post
  • Tambahkan juga kalimat call to action untuk menarik konsumen dalam melakukan interaksi di konten anda.

Guna menghasilkan unggahan facebook post yang menarik maka kreator sebaiknya menambahkan beberapa aspek tersebut guna performa konten yang maksimal.

Unggah Facebook Post di Waktu Aktif Konsumen

Waktu mengunggah facebook post yang tepat menjadi kunci utama guna menaikkan interaksi konten facebook.

Penyebaran facebook post sendiri biasanya kurang dari sehari sehingga penting untuk mengunggah konten di waktu aktif konsumen.

Optimasi konten berdasarkan waktu aktif konsumen dapat memaksimalkan peluang facebook post anda menjangkau pengguna facebook post yang lebih luas.

Kreator juga sebaiknya melakukan berbagai cara untuk meningkatkan facebook post anda guna jangkauan organik yang lebih tinggi.

Gunakan Konten Video

Di dalam facebook sendiri, kreator tidak hanya menggunakan tulisan guna memikat pengguna facebook namun bisa menggunakan gambar atau video untuk menarik perhatian pembaca.

Facebook juga memiliki berbagai macam konten video seperti video di timeline facebook, story, atau siaran langsung guna meningkatkan interaksi dengan pengguna facebook.

Selain itu, unggahan facebook video juga mendapatkan jangkauan tertinggi dibandingkan postingan lainnya sehingga bisa digunakan untuk sebagai ide konten facebook post yang menarik.

Meskipun begitu, facebook sendiri tidak begitu selektif pada konten yang diunggah di facebook namun melakukan sesi siaran langsung atau video singkat di ide konten dapat meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

Kreator juga sebaiknya memahami bahwa sebagian facebook post yang viral berasal dari konten video dengan jumlah likes serta bagikan konten yang besar.

Sehingga kreator bisa memanfaatkan konten video yang memiliki visual menarik guna memanjakan mata pengguna facebook serta menaikkan engagement facebook.

Penjadwalan Konten Untuk Konsistensi Facebook Post

Banyaknya akun social media yang anda kelola untuk promosi produk mungkin membuat kreator melupakan jadwal unggah konten sehingga lupa untuk menyebarkan konten tepat waktu.

Hal ini tentunya bisa membuat engagement facebook post berkurang karena mengunggah konten di waktu yang tidak biasanya.

Dengan menggunakan facebook. penting bagi anda untuk mengunggah konten setidaknya sekali sehari agar akun anda mendapatkan reach serta engagement yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan konsitensi penting bagi facebook dan akun social media lainnya.

Konsistensi ini nantinya membantu untuk menaikkan audience serta membuat algoritma facebook memahami bahwa akun anda hidup dan berkembang dengan baik.

Facebook juga menyediakan schedule post yang dapat digunakan untuk mengunggah konten secara otomatis sesuai dengan jadwal yang ditentukan sehingga kreator tidak perlu upload facebook post manual.

Tidak hanya itu, kreator dapat memanfaatkan layanan yang disediakan oleh website social media management guna mengunggah konten secara terjadwal serta memberikan informasi mengenai performa konten serta akun facebook yang anda miliki.

Gunakan Iklan Facebook

Guna memaksimalkan peredaran jangkauan facebook post maka kreator perlu mempertimbangkan penggunaan iklan facebook.

Dengan menyebarkan konten promosi di facebook ads maka peluang menjangkau pengguna facebook yang luas secara organik lebih besar.

Di sisi lain, berdasarkan industri serta komunitas yang dimiliki maka kreator juga perlu mempertimbangkan untuk menjalankan facebook ads melihat dari kejatuhan jangkauan organik, Facebook ads dapat meningkatkan engagement secara langsung dengan sukses.

Di saat jangkauan utama anda berdasarkan strategi dan target konsumen maka iklan facebook berperan besar dalam menarik perhatian konsumen anda, dan bagi sebagian besar brand adanya promosi berbayar tersebut menjadi investasi yang penting.

Gunakan Engagement Pihak Ketiga

Tidak hanya menggunakan iklan facebook guna meningkatkan engagement facebook post namun kreator juga bisa menggunaka bantuan pihak ketiga.

Salah satunya adalah menggunakan facebook group serta bantuan engagement dari karyawan anda dapat menjadi jalan terbaik untuk meningkatkan interaksi dan memiliki potensi menjadi lebih viral.

Cara ini juga mampu meningkatkan peluang untuk ditemukan oleh konsumen baru yang tentunya potensial.

facebook post

Ide-ide Facebook Post Untuk Promosi

Sebagai seorang kreator tentunya memerlukan berbagai ide konten facebook post guna meningkatkan engagement facebook.

Ide konten yang variatif dapat menghemat waktu kreator dalam mencari konten yang menarik bulan ini sehingga bisa fokus melakukan pekerjaan lainnya.

Berikut beberapa ide facebook post yang bisa digunakan untuk promosi.

Konten Tanya Jawab

Salah satu cara untuk memulai interaksi dengan konsumen anda adalah dengan memberikan pertanyaan yang simpel, meskipun terlihat standar dan tidak bisa digunakan di semua facebook post namun strategi ini tentunya sangat efektif.

Di saat kreator menginginkan audience anda melakukan interaksi di facebook maka kreator bisa memberikan konten tanya jawab dengan memberikan dua pilihan yang berbeda untuk membuka interaksi di percakapan yang diinginkan.

Anda mungkin bisa menawarkan dua produk yang sedang naik daun dan konsumen sukai atau memberikan banyak pilihan yang anda pilah hingga menemukan jawaban yang sesuai keinginan.

Kreator juga bisa mendapatkan masukan dari audience atau pelanggan sebagai bagian dari keputusan promosi ke depannya atau memberikan pertanyaan acak yang terkait dengan industri anda guna mendapatkan engagement di konten yang anda unggah.

Pemberian pertanyaan yang menyenangkan serta mudah untuk dijawab juga bisa menjadi ide konten facebook post yang, seperti pemberian konten teka-teki atau tanya jawab.

Penggunaan konten tanya jawab dapat meningkatkan engagement atau memperkuat keakraban di komunitas yang anda miliki.

Berbagai respon yang diberikan oleh konsumen juga bisa menjadi kunci konten tanya jawab ke depannya atau masukan atas facebook post yang anda unggah.

Saat kreator menanyakan untuk memilih diantara sekian banyak produk yang potensial maka anda juga bisa menggunakan facebook post tersebut sebagai analisa produk.

Konten Behind the Scene

Bagi pengguna facebook yang sudah menjadi konsumen anda serta bergabung dengan konsumen yang dibangun tentunya akan penasaran dengan berbagai proses di balik layar produk yang disukai.

Guna mengurangi rasa penasaran konsumen maka kreator bisa mengembangkan konten behind the scene.

Ide konten facebook post yang menarik lainnya adalah membagikan postingan behind the scene produk anda, salah satunya adalah dengan membagikan bagaimana produk anda dibuat, mengenalkan karyawan yang dimiliki, serta menampilkan bloopers pada video atau campaign yang anda buat.

Kreator juga bisa mengambil foto random saat anda bekerja dalam sebuah campaign, atau melakukan promosi offline kemudian kumpulkan konten tersebut dan unggah saat anda belum memiliki ide konten facebook post lainnya.

Namun jika pelaku usaha hanya menjual beberapa produk maka anda perlu membuat pendekatan yang simpel dengan melakukan highlight satu persatu secara detail pada barang yang anda jual melalui facebook post.

Pertimbangkan juga untuk membagikan konten behind the scene secara lebih personal agar mendekatkan diri ke konsumen dengan mengunggah postingan tersebut di facebook story.

Konten Give Away

Siapa sih yang tidak suka diberi hadiah apalagi kado yang diberikan berupa produk yang anda inginkan sejak lama.

Keinginan konsumen ini bisa anda wujudkan dengan membagikan produk yang sedang naik daun agar semakin banyak orang yang mencoba produk tersebut dengan harapan bisa membeli kembali di kemudian hari.

Konten giveaway atau konten tertentu juga menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan engagement dalam melakukan interaksi dengan audience di facebook.

Kreator bisa menggunakan peraturan yang biasa digunakan dalam mengadakan konten give away di social media lain namun pastikan facebook post anda khsusus untuk event giveaway.

Penggunaan visual yang menarik serta sejumlah peraturan yang mudah dijalani membuat kontes give away anda akan mudah diikuti oleh banyak orang.

Dalam membuat konten giveaway maka kreator sebaiknya membagikan hadiah yang relevan dan disukai oleh konsumen salah satunya adalah memberikan gadget atau bucket produk yang disukai oleh konsumen dengan jumlah tak terbatas.

Pemilihan hadiah yang tidak sesuai keinginan konsumen akan membuat kreator mencari komunitas yang lebih sesuai dengan target hadiah tersebut.

Konten Testimoni

Tidak semua facebook di buat oleh kreator namun anda bisa membiarkan konsumen anda bercerita mengenai produk anda yang mereka gunakan apalagi jika ulasan tersebut berasal dari konten yang terpercaya dibandinkan konten berbayar.

Bagi sebuah brand yang telah memiliki banyak konsumen serta telah menjual banyak produk maka membagikan ulasan dari konsumen bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Di tambah lagi jika ulasan diberikan bumbu-bumbu cerita yang menyentuh perasaan tentunya akan meningkatkan engagement facebook post berkat apreasiasi yang diberikan oleh pengguna facebook lainnya.

Membagikan ulasan konsumen atau testimoni ke facebook membantu pengguna facebook mengetahui apa saja yang disukai konsumen mengenai produk anda.

Di sisi lain, jika pengguna facebook menemukan ulasan produk yang sesuai dengan tujuan serta preferensi mereka mungkin saja pembaca juga akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Hal ini di dukung dengan banyaknya konsumen yang lebih percaya dengan ulasan konsumen dibandingkan iklan berbayar, temasuk anda kan?

Karenanya penting untuk memberikan kesempatan dalam mengunggah sebanyak mungkin konten testimoni di facebook post anda.

Untungnya, testimoni merupakan salah satu ide konten facebook post yang bisa di daur ulang dan bisa digunakan kapanpun anda mau.

Dalam menmukan konten testimoni yang sesuai keinginan maka kreator bisa mencari di tagged post yang ditambahkan oleh konsumen, mencari nama anda di fitur pencarian facebook, atau mengumpulkan ulasan dari facebook groups serta akun market place yang anda miliki.

Semakin banyak ulasan yang diberikan oleh konsumen maka terbuka juga kesempatan anda untuk mendapatkan pandangan positif dari pengguna facebook.

Konten Before After

Salah satu ide konten tutorial yang bisa dimanfatkan oleh kreator adalah unggahan before after dimana kreator memperlihatkan kondisi sebelum menggunakan dan memakan produk yang anda jual.

Perbedaan ini tentunya akan membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda serta membuat pengguna facebook terkesima akan hasil yang anda dapatkan.

Konten before after juga mampu untuk menampilkan bagaimana produk atau layanan yang menampilkan hasil yang di dapatkan oleh konsumen setelah mengguanakn barang yang anda jual.

Selain itu, dengan menampilkan tampilan before dan after secara bersebelahan maka anda akan menampilkan visual yang efektif dan menginspirasi konsumen yang anda miliki.

Sebuah konten before after yang ditambah ulasan dari konsumen lain dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengguna facebook sehingga tertarik untuk mencoba produk yang anda jual.

Tipe konten satu ini sudah sering digunakan oleh brand kosmetik yang menunjukkan hasil riasan model yang menggunakan produk yang anda promosikan.

Pemberian visual yang menarik melalui foto dan video dapat membuat konten before after anda menjadi lebih menarik.

Konten Edukasi

Bagi pengguna facebook yang baru mengenal produk anda tentunya perlu mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan produk anda dibandingkan yang lain serta manfaat yang ditawarkan.

Guna menjawab pertanyaan tersebut maka kreator bisa memberikan konten eduka di unggahan facebook post yang anda buat.

Konten edukasi juga memiliki manfaat lain yakni mengenalkan produk atau layanan anda ke audience guna meningkatkan awareness pada penawaran yang anda berikan.

Tipe konten satu ini membantu meningkatkan posisi produk anda serta mengajak pengikut yang dimiliki untuk memilih pilihan terbaik bagi mereka apalagi bagi konsumen yang hendak membayar produk anda.

Kreator yang hendak membuat konten edukasi sebaiknya mencoba fokus pada satu produk atau layanan sehingga anda bisa mengulasnya secara lengkap dengan memberikan harga yang ditawarkan, kualitas yang diberikan, serta keuntungan yang tidak akan di dapatkan di tempat lain.

Salah satu contohnya adalah anda mungkin menampilkan kategori, design, atau warna yang ditawarkan. Cara ini juga membantu untuk membuat brand anda mendapatkan tempat tersendiri di pikiran konsumen.

Ide konten satu ini juga mampu meningkatkan brand awareness konsumen anda terhadap layanan atau produk, sehingga meskipun konsumen anda termasuk pengguna baru namun mereka dapat mengenal lebih dalam produk yang anda tawarkan.

Membagikan konten tutorial pada halaman facebook anda juga menjadi cara terbaik untuk meningkatkan engagement dengan audience yang dimiliki, apalagi jika konten anda relevan dengan produk yang ditawarkan.

Konsumen akan mengenali dan memberikan apresiasi jika kreator membantu mereka untuk menggunakan produk yang ditawarkan dengan sukses dan konsumen akan melanjutkan untuk mengunjungi halaman anda guna mendapatkan informasi yang serupa.

Tipe facebook post satu ini mengizinkan kreator untuk menuangkan kreativitasnya karena tidak perlu terpaku pada teks tertentu serta bisa membagikan konten yang berisi video tutorial atau infographic yang anda butuhkan.

Sumber :

41 Facebook Post Ideas for Businesses (hubspot.com)

40 Facebook Post Ideas That You Need to Know (socialchamp.io)

14 Facebook Post Ideas for Businesses : Social Media Examiner

15 Facebook Post Ideas to Increase Engagement | Sprout Social

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.