Tips Facebook Story Sukses Untuk Marketer

Tips Facebook Story Sukses Untuk Marketer

Maksimalkan fitur facebook untuk promosi bisnis dengan menggunakan layanan facebook story untuk konten yang lebih menarik.

Fitur story sudah lama menjadi konten yang diminati oleh pengguna internet untuk menemukan konten foto yang lebih variatif dan juga video dengan durasi pendek.

Tidak hanya disitu saja, pengguna juga bisa melihat berbagai konten dalam waktu cepat sehingga memakan waktu yang lebih singkat untuk melihat konten yang disajikan.

Kehadiran konten story pun juga sudah digunakan di berbagai social media seperti instagram stories, youtube shorts, facebook story, bahkan tiktok pun juga meluncurkan fitur story.

Adanya fitur facebook story tidak hanya memungkinkan penggunanya untuk membagikan konten dengan penayangan singkat namun juga bisa digunakan sebagai media promosi yang tepat.

Namun, sebelum menggunakan layanan facebook story maka ketahui dulu tutorial serta cara mengoptimalkan konten story secara maksimal.

apa itu facebook story

Pengertian Facebook Story

Fitur social media yang fleksibel menjadikan suatu fitur akan digunakan di berbagai platform lain apabila konten tersebut mulai terkenal dan mampu menarik minat pengguna internet.

Salah satunya adalah konten story yang berawal dari instagram kini juga digunakan oleh facebook dengan fitur yang sama.

Facebook story merupakan fitur yang mengizinkan penggunanya untuk menyebarkan konten dalam jangka waktu sehari baik berupa video atau foto dengan tambahan teks, filter, atau lagu yang membuat konten story menjadi lebih menarik.

contoh facebook story

Konten facebook story bisa di dapatkan dari akun teman yang anda ikuti atau halaman facebook yang anda sukai dan ditampilkan di bagian atas beranda.

Tidak hanya itu, pengguna facebook juga dapat mengakses konten facebook story melalui handphone atau website sehingga bisa membuka konten di mana saja dan kapan saja.

Kemudahan dalam menonton konten facebook story juga memungkinkan fitur ini sebagai media promosi yang menguntungkan serta efektif.

keuntungan facebook story

Keuntungan Menggunakan Facebook Story

Pada awalnya, facebook mengumumkan akan meluncurkan fitur story yang membuat banyak orang kaget karena pada akhirnya layanan ini diluncurkan di instagram beberapa bulan kemudian.

https later.com blog wp content uploads 2019 01 Instagram stories daily user stats

Namun di tahun 2019, Facebook story mampu meningkatkan aktivitas pengguna lebih banyak dibancingkan fitur lain hingga 500 juta pengguna harian.

Kenaikan ini tentunya menguntungkan facebook mengingat pengguna facebook mulai bosan dengan timeline facebook sehingga mencari alternatif konten lain berupa facebook story.

Di tambah lagi, facebook story membuka kesempatan bagi kreator untuk meningkatkan engagement akun facebook, membangun brand awareness, serta mengeratkan hubungan dengan konsumen yang dimiliki.

Tidak hanya itu, keberadaan facebook story yang berada di bagian atas beranda facebook menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna untuk melihat konten story yang baru saja diunggah agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Selain itu, algoritma facebook yang terkadang berubah secara mendadak membuat kreator bingung akan naik turun insight akun facebook yang akhirnya mempengaruhi raihan engagement yang organik.

Untungnya letak facebook stories yang berada di bagian atas menjadi mudah dikenali oleh pengguna facebook sehingga dapat mempertahankan engagement melalui konten story yang diunggah.

Facebook Story Meningkatkan Reach Organik

Sebagai social media yang telah berkembang kurang lebih selama 10 tahun tentunya facebook terkadang mengalami naik turun reach organik.

Guna mengatasi hal ini maka menggunakan facebook story efektif untuk membuat konten anda menjangkau targer konsumen yang sesuai.

Hal ini dikarenakan keberadaan facebook strory berada di bagian atas timeline facebook sehingga mampu menarik perhatian pengguna facebook saat pertama kali membuat aplikasi atau website facebook.

Semakin banyak pengikut yang melakukan interaksi atau menonton konten facebook story anda maka algoritma facebook akan menaikkan konten anda untuk dilihat oleh pengikut anda.

Hal ini tentunya menguntungkan kreator untuk membuat akun dan konten anda lebih mudah dilihat oleh pengikut facebook.

Engagement Facebook yang Lebih Variatif

Beberapa konten story mungkin dibuat untuk untuk menaikan brand awareness atau menyediakan konten hiburan bagi pengikutnya akan tetapi facebook story juga menyediakan peluang untuk menaikkan engagement facebook.

Salah satunya adalah menggunakan fitur facebook story yang membuat pengikut anda melakukan interaksi dengan konten facebook dengan penggunaan stiker yang mengizinkan pengikut anda ikut dalam polling atau memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan topik tertentu.

Kreator juga bisa mengumpulkan saran pengikut facebook mengenai ide konten atau event promosi yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga kreator dapat membuat campaign yang sesuai tujuan promosi serta keinginan konsumen.

Bagikan Berbagai Pengumuman Menarik

Keberadaan facebook story yang berada di bagian atas timeline facebook menjadikan konten ini cocok untuk digunakan dalam membagikan pengumuman terbaru atau mengumumkan kabar baru yang tentunya tidak boleh dilewatkan oleh konsumen.

Konten facebook story juga cocok digunakan untuk merilis teaser produk terbaru, perilisan campaign, serta promosi diskon di event spesial.

Dengan cara ini, pengikut anda bisa melihat berbagai pengumuman lebih mudah tanpa perlu melakukan scrolling timeline facebook yang tentunya akan memakan lebih banyak waktu.

Selain itu, keberadaan fitur facebook story yang menarik juga membuat pengikut anda tertarik untuk melihat konten promosi yang disuguhkan.

Bagikan Situasi Terbaru Secara Mudah

Keberadaan facebook story yang hanya bertahan selama 24 jam sebelum menghilang menjadikan layanan ini kesempatan bagus untuk membagikan situasi terbaru secara mudah dibandingkan mengunggah di timeline facebook.

Hal in tentunya menguntungkan bagi kreator saat mengadakan event langsung dengan konsumen sehingga pelanggan anda di tempat lain dapat mengetahui situasi acara secara langsung dan tepat waktu.

Konten facebook story yang terkesan autentik juga mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen lebih erat.

Guna meningkatkan konten autentik yang menarik maka kreator bisa membuat konten behind the scenes yang menunjukkan kejadian tak terduga dan unik selama event atau campaign berlangsung.

Konten sehari bersama kru serta perilisan produk terbaru bisa menjadi ide konten facebook story yang mengagumkan.

Naikkan Kunjungan Website

Dari mengunggah konten facebook sampai menambahkan link di kolom komentar, facebook memberikan alternatif promosi link website yang lebih mudah.

Akan tetapi, jika promosi link website membuat pengunjung halaman anda menurun maka kreator perlu mencari cara lain untuk promosi yang sesuai.

Untungnya, facebook strories menyediakan layanan swipe up serta stiker link yang dapat digunakan untuk menambahkan link website atau unggahan konten.

Dengan cara ini, kreator bisa mempromosikan konten facebook yang baru saja diunggah atau website brand yang menyediakan promosi potongan harga.

Jual Produk Melalui Facebook Shop

Bagi pengguna facebook yang memiliki akun facebook shop tentunya perlu mempromosikan akun yang dimlliki agar dikunjungi oleh lebih banyak pengguna facebook yang membantu menaikkan penjualan produk.

Dengan fitur shopable stiker maka kreator dapat menarik konsumen ke akun facebook shop yang dimiliki dimana pembeli dapat melihat berbagai produk yang disediakan serta membeli barang yang diinginkan.

Promosi yang efektif dan rutin tentunya dapat membantu naikkan kunjungan akun facebook shop sehingga lebih banyak orang yang berkunjung dan membeli barang yang ditawarkan.

Kreator juga bisa mempromosikan promo di akun facebook shop yang dapat melalui konten facebook story yang menarik.

cara menggunakan facebook story

Tutorial Mengunggah Konten Facebook Story

Tertarik mengembangkan konten facebook story untuk promosi yang lebih optimal, kreator bisa menggunakan berbagai pilihan untuk mengunggah konten story dari personal computer atau handphone.

Unggah Facebook Story dari Aplikasi Business Suite

Apabila kreator ingin mengunggah konten story untuk halaman facebook maka menggunakan aplikasi Mete Business Suite menjadi tempat yang paling mudah digunakan.

Pada aplikasi yang bisa digunakan dari handphone ini, kreator bisa memulai dengan masuk ke halaman facebook yang dimiliki kemudian klik pada ikon story untuk mulai membuat konten facebook story.

Kreator juga bisa mengunggah foto atau video dari media penyimpanan atau kamera untuk menangkap gambar terkini atau merekam video.

Guna mempercantik konten facebook story maka kreator bisa menambahkan fiter atau stiker guna menaikkan interaksi dengan konsumen.

Meskipun Meta business suite belum menyediakan fitur sebanyak instagram story namun kreator bisa memilih berbagai stiker atau penambahan link serta kalimat di konten story.

Dengan menggunakan stiker di facebook story maka kreator bisa mengajak konsumen untuk berpartisipasi pada polling yang diberikan, masuk ke hastag campaign, atau mengunjungi lokasi event atau toko yang anda miliki.

Bagi kreator yang memiliki akun facebook business maka bisa menambahkan link ke facebook story meskipun akun anda belum terverifikasi atau pengikut kurang dari 10.000 orang.

schedule facebook story

Apabila kreator sudah siap untuk mengunggah konten facebook story maka anda bisa melakukan klik pada ikon Share dan pilih konten yang akan diunggah di facebook atau instagram pada waktu yang bersamaan.

Pada layanan akun business maka kreator juga bisa menjadwalkan konten facebook story sehingga anda bisa mengunggah konten secara otomatis di waktu aktif konsumen.

Unggah Facebook Story di Creator Studio

Konten story biasanya di buat di handphone namun kreator juga bisa membuat konten di layanan dekstop.

Apabila kreator sudah membuat konten dari aplikasi edit foto maka mengunggah dan menyebarkan konten facebook story dengan creator studio bisa menjadi opsi terbaik.

create facebook story in creator studio step 1 1536x840 1

Saat mengunggah konten facebook story melalui creator studio maka kreator bisa memulai dengan klik pada ikon New Button dan pilih Add Story.

Kemudian kreator bisa memilih antara photo story atau text story, jika anda memilih text story maka pilihlah dari opsi background, sayangnya kreator tidak bisa menambahkan link atau stiker selain tulisan di bagian background.

create facebook story in creator studio step 2 1536x833 1

Akan tetapi apabila kreator memilih opsi photo story maka kreator bisa menambahkan text overlay dan ikon link termasuk kalimat call to action yang dapat mengundang penonton untuk masuk ke link tersebut.

Ketika kreator sudah siap untuk mengunggah konten maka klik ikon Share, sayangnya creator studio tidak mengizinkan layanan schedule post sehingga kreator harus mengunggah konten saat itu juga.

Unggah Konten Instagram Story ke Facebook Story

Guna mengunggah konten facebook story dari aplikasi yang berbeda maka kreator bisa memulai upload story dari aplikasi instagram.

Unggah atau rekam konten terbaru dan tambahan efek yang menarik serta elemen interaktif seperti stiker dan lain sebagainya.

Ketika kreator membuat konten facebook story melalui aplikasi instagram maka anda mendapatkan akses ke berbagai stiker interaktif yang memungkinkan kreator untuk membuat konten :

  • Polling untuk survey audience
  • Undang orang lain untuk memberikan pertanyaan
  • Bagikan link streaming video dan event online
  • Tarik minat konsumen melalui fitur hitung mundur

Sayangnya, tidak semua fitur instagram tersedia untuk facebook story, contohnya pengguna facebook bisa berpartisipasi pada konten polling namun tidak bisa mendapatkan pengingat event pada fitur countdown.

share instagram story to facebook

Namun jika kreator telah siap mengunggah konten pada bisa melakukan klik pada ikon panah dan pastikan anda dapat membagikan konten tersebut ke facebook story, pastikan melakukan klik pada tombol bagikan untuk mengunggah konten pada dua platform sekaligus.

tips analisa facebook story

Cara Optimalkan Fitur Facebook Story

Konten promosi menggunakan facebook story tentu sebaiknya digunakan secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.

Kreator tidak hanya mengunggah konten promosi di facebook story secara rutin namun bisa menggunakan beberapa strategi berikut untuk optimalkan berbagai fitur di facebook story.

Buat Strategi Menggunakan Layanan Insight

Masih bingung mencari ide konten facebook story yang tepat? jika kreator telah mengunggah konten instagram story secara rutin sebelumnya maka menyebarkan konten story di facebook menjadi lebih mudah.

Kreator bisa mencoba konten estetik dengan topik dan waktu unggah yang biasa anda gunakan di konten instagram story.

Anda mungkin saja mendapatkan hasil yang berbeda saat mengunggah konten story di facebook dan instagram namun penting untuk menentukan tolak ukur setiap platform.

Hal ini dikarenakan perbedaan dalam ukuran audience, demografi, pengikut, serta kemampuan masing-masing social media akan memberikan hasil yang berbeda di setiap konten story yang diunggah.

Analisa Tujuan Pemasaran di Facebook

Membangikan konten instagram story ke unggahan facebook story memang menjadi cara yang mudah untuk memulai promosi menggunakan layanan story.

Akan tetapi mengunggah dua konten yang sama dari platform yang berbeda bukan menjadi cara yang efektif untuk promosi bisnis.

Hal ini dikarenakan setiap platform social media memiliki tujuan marketing yang berbeda untuk setiap kanal yang dimiliki.

Karenanya kreator sebaiknya membuatnya konten yang menarik di unggahan facebook story, contohnya konten story di facebook untuk menaikkan kunjungan website serta instagram story untuk mengajak konsumen berbelanja di akun shopping yang dimiliki.

Tujuan yang berbeda tentunya membuat kreator menyajikan konten yang tidak mirip antara satu dengan yang lain.

Jadikan Facebook Story Penuh Interaksi

Salah satu alasan untuk tidak mengunggah konten instagram story ke facebook adalah tidak tersedianya beberapa stiker di fitur facebook story.

Salah satu contohnya adalah stiker hitung mundur dan pengingat siaran langsung dimana kreator belum bisa menggunakan layanan ini di Facebook.

Sama juga dengan stiker Add Your yang banyak digunakan pengguna instagram namun tidak bisa diterapkan di konten facebook stories.

Guna mendapatkan interaksi yang lebih banyak serta menghindari kebingungan pengguna facebook maka kreator bisa memanfaatkan berbagai stiker yang tersedia di Facebook dibandingkan mengunggah kembali konten dari instagram story.

Namun jika kreator memiliki campaign yang sama di dua platform maka bisa menggunakan call to action yang berbeda dan sesuai dengan fitur yang digunakan.

Unggah Konten Video ke Story

Jalan mudah untuk membuat konten story secara efisien tanpa perlu membagikan dari konten instagram story adalah membuat kembali konten video yang pernah anda unggah.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur terbaru dari creator studio yang memungkinkan mengubah konten video yang panjang ke potongan video sehingga bisa digunakan sebagai konten story.

Guna membuat konten tersebut maka kreator bisa masuk ke layanan creator studio kemudian masuk ke fitur published video kemudian pilih video yang diinginkan.

Setelahnya klik pada ikon create clip maka creator studio secara otomatis memberikan rekomendasi video 20 detik untuk dibagikan atau memperpanjang durasi video sesuai keinginan.

Apabila kreator telah menentukan durasi video maka klik pada ikon Next untuk melihat tayangan video yang telah di edit, Creator studio secara otomatis membuat link yang dapat membawa penonton untuk melihat tayangan video dalam durasi yang penuh.

Sayangnya saat menggunakan layanan ini maka kreator tidak bisa menambahkan effects atau stiker sehingga konten satu ini cocok untuk meningkatkan kunjungan pengikut anda ke konten video yang anda unggah.

Semakin banyak penonton di konten video maka konten anda akan menyebar ke pengguna facebook yang lain.

Bagikan Konten Facebook ke Story

Tidak semua konten yang diunggah ke story menjadi konten hiburan namun facebook story juga bisa digunakan sebagai media promosi event, campaign, dan bahkan konten yang telah diunggah di facebook.

Salah satunya adalah kreator bisa membagikan konten facebook story yang berisi foto atau video dari facebook feed untuk meningkatkan engagement konten agar bisa dilihat oleh pengikut yang belum melihat konten anda sebelumnya.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membagikan konten dari akun facebook lain yang tentunya diberi tambahan sumber konten.

Guna membagikan konten dari facebook timeline maka kreator bisa memulai dengan masuk ke halaman facebook yang dimiliki kemudian temukan unggahan facebook yang ingin anda masukkan ke facebook story.

Pilih ikon panah pada konten kemudian pilih bagikan ke halaman facebook story, pada bagian inilah kreator bisa menambahkan efek tertentu guna membuat pengikut anda penasaran mengenai konten yang dibagikan.

Setelah kreator memilih efek yang cocok maka kreator bisa mengunggah konten tersebut dengan melakukan klik pada ikon bagikan.

Unggah Konten Facebook Story Secara Rutin

Kreator tidak bisa mengharapkan satu konten facebook story dapat membawa banyak pengikut anda untuk merespon promosi yang dibagikan namun diperlukan juga mengunggah konten secara rutin.

Facebook sendiri tidak memberikan batasan konten facebook story yang bisa diunggah oleh kreator sehingga anda bisa mengunggah konten story yang banyak setiap hari.

Akan tetapi, melihat konten facebook story dalam jumlah banyak dengan isi yang sama tentunya akan membosankan bukan?

Karenanya kreator bisa mengunggah konten facebook story tiga kali dalam sehari sambil melihat waktu aktif konsumen.

Agar pengikut facebook anda tidak bosan pada konten story yang dibagikan maka kreator bisa membagikan konten promosi sesekali dan diselingi konten komedi guna menghibur pengikut anda.

Membagikan konten interaksi berupa polling atau sesi tanya jawab juga penting untuk mendekatkan diri anda dengan konsumen yang dimiliki sehingga hubungan yang terjalin semakin akrab.

Apabila kreator kurang yakin akan facebook story yang akan diunggah maka kreator bisa melihat pada analisa facebook story untuk melihat konten yang disukai serta kebiasaan konsumen.

Saat banyak pengikut yang keluar di tengah-tengah facebook story maka bisa dipastikan konten yang dibuat mulai membosankan sehingga bisa diganti ke konten lain.

Namun jika kreator melihat banyaknya pengikut yang melihat konten story sampai habis maka dipastikan konten anda menarik perhatian penonton story.

Saat kreator baru memulai konten facebook stories maka anda bisa memulai bereksperimen dengan melihat kebiasaan pengikut anda.

Sumber :

Facebook Stories Success Guide for Marketers : Social Media Examiner

The Ultimate Guide to Facebook Stories in 2021 (later.com)

Creative best practices for stories | Meta Business Help Centre (facebook.com)

The Ultimate Guide to Using Facebook Stories for Business | Sprout Social

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.