faktor viewers tiktok

Kelebihan & Kekurangan Durasi Video Tiktok Jadi 10 Menit

Tiktok umumkan inovasi baru dengan menambah durasi video tiktok menjadi 10 menit, apa saja keuntungannya bagi kreator dan jenis konten yang bisa dikembangkan dengan durasi yang panjang ini.

Tiktok saat ini menjadi salah satu aplikasi streaming video pendek yang banyak digunakan oleh banyak orang dari berbagai usia, sehingga tidak heran apabila saat ini tiktok menjadi salah satu platform social media yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Konten video yang beragam dengan tambahan fitur yang menarik menjadikan banyak orang tertarik untuk membuat konten sesuai dengan keinginan setiap harinya.

Mengingat banyaknya pengguna tiktok aktif yang terus bertambah setiap harinya menjadikan aplikasi ini juga menghadirkan berbagai inovasi baru secara rutin.

Salah satu inovasi terbaru dari tiktok yang kini diperbincangkan oleh banyak orang adalah bertambahnya durasi video tiktok menjadi 10 menit.

Penambahan durasi video tiktok ini menjadi perbincangan diantara kreator dan pengguna tiktok mengingat platform ini sudah lama dikenal sebagai platform video pendek.

Meskipun begitu, tiktok tetap meluncurkan fitur baru ini secara bertahap dengan harapan dapat meningkatkan pengalaman pengguna tiktok serta memberikan peluang bagi kreator untuk mendapatkan uang dari tiktok.

Lalu setelah durasi video tiktok bertambah, apa saja keuntungan dan kekurangan yang akan di dapatkan oleh pengguna tiktok dan ide konten yang cocok bagi kreator tiktok.

keuntungan durasi video tiktok
TikTok icon square envelope with round edges

Keuntungan Durasi Video Tiktok yang Panjang

Tiktok yang selama ini dikenal memiliki durasi video tiktok yang pendek menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk mengunduh aplikasi tiktok.

Hal ini dikarenakan, video yang pendek bisa ditonton saat menunggu teman datang, kereta yang berjalan, atau bahkan mengurangi rasa suntuk saat tidak adanya kegiatan.

Kehadiran video pendek dalam bentuk vertikal ini juga menjadikan banyak social media berlomba-lomba untuk membuat konten video dengan format yang sama.

Disisi lain, saat platform social media mencoba mengaktifkan layanan video pendek tersebut, tiktok malah membuat gebrakan baru dengan membuat durasi video tiktok yang lebih panjang menjadi 10 menit.

Hal ini tentunya menimbulkan bahan diskusi baru bagi pengguna internet atau pengguna tiktok yang aktif membuat konten setiap harinya.

Namun, penambahan durasi video tiktok ini ternyata dilakukan untuk memberikan keuntungan lain bagi pengguna tiktok dengan beberapa cara berikut.

Kesempatan Monetisasi Video Tiktok

Tiktok menjadi salah satu platform yang cocok untuk mendapatkan ketenaran dalam waktu cepat apabila kreator berhasil membuat konten yang menarik perhatian pengguna tiktok serta aktif dalam mengikuti trend yang sedang naik daun.

Ketenaran ini juga membantu kreator tiktok mendapatkan penghasilan tambahan dari tiktok berupa peluang endorsement dan paid promote, membuat konten promosi dengan brand besar, serta diundang menjadi pembicara di berbagai acara.

Sayangnya, hingga saat ini kreator tiktok belum mampu menghasilkan uang dari video yang diunggah di tiktok akibat durasi video tiktok yang terlalu pendek.

Padahal monetisasi video ini sangatlah menguntungkan bagi kreator tiktok karena peluang mendapatkan uang tambahan yang lebih besar seperti kreator youtube yang mampu menghasilkan uang miliaran rupiah hanya dengan mengunggah video di youtube

Dilansir dari website Social Media Today, salah satu alasan Tiktok meluncurkan durasi video tiktok yang lebih panjang adalah membuka peluang bagi kreator tiktok untuk melakukan monetisasi pada video yang diunggah.

Hal ini dikarenakan internet memiliki batasan sendiri bagi platform social media yang menginginkan adanya monetisasi video.

Tidak hanya itu, konten video yang terlalu pendek juga mengecilkan kemungkinan untuk menyelipkan iklan berbayar yang tentunya memberikan keuntungan bagi kreator tiktok sendiri.

Kasus ini terjadi pada platform Vine dimana layanan video dari twitter ini kesulitan dalam bertahan hidup karena ketidakmampuan dalam memasukkan iklan di konten yang dibuat sehingga membuat layanan ini kekurangan pemasukan dan akhirnya menghilang dari dunia internet.

Tiktok pun memahami masalah ini hingga akhirnya memunculkan durasi video tiktok yang lebih panjang untuk membuka peluang monetisasi video tiktok.

Perubahan durasi video tiktok ini tidak berlangsung dalam jangka waktu yang cepat mengingat tiktok berawal dari video dengan durasi 15 detik, 30 detik, 5 menit, hingga sekarang menjadi 10 menit.

Peluang Video Masuk FYP Recommend Terbuka Lebar

Salah satu kekhawatiran dari kreator tiktok dari durasi video tiktok yang semakin panjang adalah ketidakmampuan sebuah video tiktok untuk menembus FYP Recommend.

Padahal FYP Recommend sendiri menjadi salah satu kunci sebua video dan akun tiktok menjadi lebih terkenal dan menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas.

Namun, kekhawatiran ini dibantah Tiktok begitu saja dimana platform ini menyatakan bahwa konten dengan durasi video tiktok yang panjang masih memiliki peluang untuk masu ke FYP Recommend.

Ditambah lagi tiktok memiliki layanan siaran langsung yang tentunya memiliki durasi video yang lebih panjang namun masih mampu masuk ke fitur FYP Recommend.

Disisi lain, salah satu kembaran dari Tiktok yakni Douyin bahkan memiliki durasi video lebih panjang hingga 15 menit yang bahkan telah diluncurkan lebih dahulu di tahun 2019.

Tidak hanya itu, perubahan durasi video tiktok yang lebih panjang tentunya akan merubah kebiasaaan dari pengguna tiktok dari yang awalnya terbiasa melihat video dengan durasi yang pendek menjadi lebih panjang.

Hal ini tentunya akan dilihat terlebih dahulu oleh Tiktok untuk akhirnya memberikan inovasi atau fitur baru mengatasi masalah ini.

Meningkatkan Engagement dari Pengguna Tiktok

Meskipun awalnya ketenaran tiktok berawal dari durasi video tiktok yang pendek namun lama kelamaan platform satu ini terus memperpanjang durasi videonya hingga saat ini mencapai 10 menit.

Meskipun awalnya durasi video tiktok yang terus bertambah ini ditentang oleh banyak pengguna tiktok karena kurangnya konsentrasi dalam menonton video tiktok dengan durasi yang lama namun bagi kreator adanya durasi video tiktok yang lebih panjang memberikan keleluasaan dalam membuat konten.

Platform tiktok yang menjadi social media nomor satu yang banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia menjadikan banyak produsen atau brand besar berbondong-bondong membuka akun promosi di tiktok untuk menjangkau pengguna tiktok yang lebih banyak.

Sayangnya dalam membuat konten promosi di tiktok, kreator kesulitan dalam membuat konten dengan durasi video tiktok yang pendek sehingga tidak maksimal dalam membuat konten promosi yang menarik perhatian konsumen.

Tidak hanya itu, kreator juga diberikan keleluasan membuat konten yang lebih beragam dengan durasi yang lebih panjang sehingga membuat penonton mengenal produk anda dan cara pemakaian produk yang tepat.

Hal ini memungkinkan kreator membuat konten tutorial yang tentunya disukai oleh pengguna tiktok lainnya.

Keleluasan Membuat Video Tutorial

Saat menelusuri berbagai konten di tiktok bisa saja pengguna tiktok menemukan konten tutorial baik disenagaja atau pengguna tiktok sengaja mencari konten tutorial di tiktok.

Konten tutorial yang direkam melalui video tentunya lebih mudah dipahami dibandingkan konten foto yang terkadang menampilkan hasil yang berbeda saat kita mencobanya.

Sayangnya durasi video tiktok yang terbatas menjadikan kreator akhirnya membuat konten tutorial dalam beberapa segmen video.

Disisi lain, pemberian segmen video yang terlalu lama dan panjang terkadang merepotkan pengguna tiktok karena harus menunggu lebih lama lagi bahkan terkadang akun tiktok tersebut tidak lagi lewat di timeline tiktok.

Hal ini membuat pengguna tiktok harus mencari video tutorial secara manual di kolom pencariana atau mencarinya satu persatu di akun kreator tiktok tersebut.

Cara ini tentunya memakan waktu lebih lama bahkan kreator bisa saja terlewat video tersebut apabila tidak teliti dalam mencarinya.

Karenanya agar kreator tiktok tidak perlu mengunggah video tutorial dalam beberapa segmen maka kreator bisa menggunakan durasi video tiktok yang lebih panjang.

Hal ini tentunya menguntungkan kreator tiktok untuk membuat konten video tutorial dalam satu video sehingga bisa meningkatkan engagement video serta bisa berfokus ke konten video lainnya.

DIsisi lain, pengguna tiktok tidak perlu ketinggalan video tutorial dan bisa menyimpannya setelah menonton video tersebut.

Kemudahan Menonton Konten dengan Durasi Panjang

Momen durasi video tiktok yang mendadak habis saat menonton konten video yang seru terkadang membuat pengguna tiktok kesal dan harus menunggu waktu lebih lama sambil menunggu video lain diunggah.

Hal ini biasa dialami oleh pengguna tiktok yang menyukai konten komedi atau cerita bersambung yang biasanya tersedia di tiktok.

Untungnya rasa kesal tersebut bisa diatasi dengan durasi video tiktok yang lebih panjang sehingga memperkecil kemungkinan pengguna tiktok untuk melihat konten komedi yang pendek.

Disisi lain, kehadiran durasi video tiktok yang lebih panjang menjadikan kreator harus membuat ide video tiktok yang lebih segar dan membosanakan agar pengguna tiktok mampu melihat konten video yang lebih panjang tanpa merasa terbebani.

Kreator bisa menggunakan berbagai fitur tiktok baik berupa stiker atau filter yang dapat membantu video anda menjadi menarik ditonton dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu, penggunaan audio yang lucu dan sedang viral juga dapat membantu video anda semakin seru untuk ditonton.

Penonton video yang mampu menonton video anda sampai akhir tentunya dapat membantu meningkatkan engagement video serta meningkatkan insight akun tiktok yang anda kembangkan.

Peluang Fitur Baru Tiktok

Bertambahnya durasi video tiktok tentunya akan membuka peluang baru bagi munculnya fitur tiktok yang dapat membantu konten video menjadi lebih keren serta tidak membosankan di mata penonton.

Hal ini tentunya membuat kreator lebih berkreasi dalam membuat konten tiktok yang sesuai dengan keingina penonton sehingga video tiktok anda tetap mendapatkan engagement yang tinggi.

Kekurangan Durasi Video Tiktok yang Panjang

Meskipun bertambahnya durasi video tiktok memiliki lebih banyak keuntungan namun durasi video tiktok juga memiliki kekurangannya yang mempengaruhi insight akun tiktok yang dikembangkan.

Hal ini dikarenakan perubahan durasi video tiktok tentunya akan merubah perhitungan kebiasaan menonton pengguna tiktok dari yang awalnya menonton satu video sampai habis hingga akhirnya menonton video hingga setengah dari durasi video tiktok yang telah diunggah.

Kebiasaan ini nantinya juga akan merubah algoritma yang dapat menarik pengguna tiktok guna melihat video yang anda unggah.

Namun untuk mengatasi masalah ini kreator bisa menyeimbangkannya dengan mengunggah konten video dengan durasi yang paling banyak dilihat oleh penonton anda.

Guna mengetahui data tersebut maka kreator bisa melihatnya di kolom insight yang ada di kolom pengaturan akun tiktok business

ide konten video tiktok

Ide Konten Video Tiktok

Kehadiran durasi video tiktok yang lebih penjang tentunya menjadikan kreator lebih mudah dalam membuat konten promosi atau konten hiburan yang mampu menarik perhatian pengguna tiktok.

Disisi lain, adanya durasi video tiktok dalam durasi panjang menjadikan kreator yang terbiasa dengan konten tiktok durasi pendek harus berinovasi agar dapat menjangkau pengguna tiktok yang menyukai konten dengan durasi yang panjang.

Berikut beberapa ide konten tiktok yang bisa digunakan untuk membuat video tiktok dengan durasi hingga 10 menit.

@didoyii apa lagi yang kalian penasaran in dari dorm life ? #fyp #adayinmylife #dormlife ♬ suara asli 🌼 – anak asrama

Vlog Pendek

Salah satu konten tiktok yang sering ditemui oleh pengguna tiktok adalah konten kehidupan sehari-hari atau biasa disebut dengan konten vlog.

Pada konten ini, penonton dapat melihat konten keseharian seseorang dengan profesi tertentu yang tentunya menarik untuk diikuti.

Sayangnya beberapa konten vlog tidak bisa dilihat dalam jangka waktu yang lama karena durasi video tiktok yang sebentar sehingga menjadikan kreator membuat segmen video lain dan juga penonton menunggu hadirnya konten vlog di hari lain.

Akan tetapi dengan hadirnya durasi video tiktok yang lebih panjang menjadikan kreator bisa membuat konten vlog dengan durasi yang lebih panjang sehingga menghibur penonton yang mengikuti keseharian video anda.

Namun agar konten vlog anda tidak terasa membosankan karena durasi video tiktok yang lebih panjang maka kreator bisa berinovasi dengan membuat melakukan kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga penonton tidak mudah bosan dan tertarik menonton video anda.

Pengguaan fitur lainnya dari tiktok tentunya akan membantu konten vlog anda menjadi lebih menarik untuk ditonton meskipun dengan durasi yang lama.

Kreator juga bisa berkreasi meningkatkan kemampuan dalam mengedit konten agar hasil video menjadi lebih estetik.

@phoebe.mulyana WAIT A MINUTE!❤️‍🔥 new dance challenge by @yo_badmama #dancetutorial #willowsmith #fyp ♬ Wait a minute duckhead edit – Duckhead Dj Kasur

Tutorial Dance

Konten dance menjadi daya tarik utama yang mampu menarik konsumen awam untuk mengunduh tiktok dan mencoba berbagai dance challange atau dance cover yang tersedia di tiktok.

Tiktok sendiri terkenal dengankonten dance challange yang selalu muncul setiap harinya menjadi kreator tiktok berlomba-lomba menarikan dance challange yang tengah viral dan digunakan oleh banyak orang.

Sayangnya beberapa kreator dance cover terkadang merasa durasi video tiktok yang diberikan terlalu pendek sehingga sulit untuk melakukan penampilan dance video yang lebih estetik.

Namun kreator bisa memanfaatkan durasi video tiktok yang semakin panjang guna membuat tampilan video yang lebih panjang serta bisa dipamerkan ke penonton tiktok.

Disisi lain, dance cover terkadang memiliki gerakan yang rumit sehingga menyulitkan pengguna tiktok lain yang ingin membuat konten dance cover.

Kreator bisa membantu pengguna tiktok lain dengan cara membuat tutorial dance cover yang mudah ditirukan oleh orang lain.

Durasi video tiktok yang panjang tentunya tidak menyulitkan kreator untuk membuat video dance tutorial yang lebih panjang.

Agar konten dance tutorial ditonton lebih banyak pengguna tiktok maka kreator bisa membuat konten dari dance yang sedang naik daun atau sedang dipakai oleh banyak pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa melakukan request konten dari pengguna tiktok lain untuk meningkatkan engagement konten yang anda unggah.

@kerajinankuninganimanda Resep Martabak Tahu Ekonomis#martabak #royco #gorengan #memasak #resep #makanan #peralatandapur #minuman #fyp #fypシ #bakwan ♬ suara asli – Kerajinan Kuningan Imanda

Konten Memasak

Hobi memasak dan suka mencari ide masakan yag simpel dan mudah dipraktikan? Tiktok menjadi tempat yang tepat untuk menemukan berbagai konten memasak.

Mulai dari resep simpel yang mudah dicoba oleh anak kos sampai resep makanan modern dan tradisional bisa ditemukan dengan mudah di tiktok.

Durasi video tiktok saat ini memang sangatlah cukup untuk konten memasak yang terkadang hanya membutuhkan bahan masakan dan teknik yang simpel.

Sayangnya durasi video pendek juga menjadi alasan bagi kreator tiktok untuk mempercepat penjelasan isi video sehingga terkadang penonton video merasa kesulitan dalam mendengarkan atau mempraktekkan konten memasak yang tersedia.

Untungnya durasi video tiktok yang semakin panjang memudahkan kreator tiktok untuk membuat konten memasak yang lebih panjang sehingga memudahkan penonton untuk melihat isi konten video memasak secara mudah.

Tidak hanya itu, kreator juga berinovasi dalam membuat konten memasak dengan resep yang lebih rumit tanpa memperhatikan durasi video tiktok yang pendek.

Durasi video tiktok yang semakin panjang tentunya memudahkan kreator untuk meningkatkan engagement konten video karena penjelasan resep masakan yang semakin jelas dan mudah untuk dipahami.

Guna meningkatkan engagement akun tiktok anda maka kreator bisa sesekali membuat resep masakan berdasarkan permintaan dari pengguna tiktok sehingga semakin banyak orang yang berkunjung dan menonton video anda.

@citatociki Makeup Low budget udh ada nih😍✨#makeup #tutorialmakeup #RamadanKembaliKuat #fyyyp ♬ suara asli – Fanny Kondoh

Tutorial Make Up

Ingin mempercantik diri namun masih bingung langkah awal yang harus dilakukan? Tenang saja, Tiktok memiliki jutaan konten skincare atau tutorial make up yang bisa ditemukan dengan mudah tergantung kata kunci yang dipakai.

Penonton bisa memilih konten video yang mengajari tutorial basic skincare untuk segala usia dan juga pilihan skincare yang cocok untuk permasalahan kulit yang dimiliki.

Tidak jarang berbagai produk yang dipasarkan di tiktok menjadi viral sehingga banyak orang yang membeli produk tersebut.

Disisi lain, pengguna tiktok juga dapat dengan mudah menemukan konten make up di tiktok. Mau riasan untuk bertemu teman atau pujaan hati juga bisa ditemukan dengan mudah tiktok.

Dengan mengikuti satu influencer make up di tiktok dan sering menyukai konten yang berkaitan maka algoritma tiktok akan menampilkan berbagai macam video make up dan skincare yang bisa dilakukan di rumah dan tentunya dengan berbagai pilihan harga yang sesuai kantong.

Durasi video tiktok saat ini tentulah sangat cukup untuk membuat video tutorial make up atau menjelaskan produk skincare yang digunakan,

Meskipun begitu, untuk riasan yang lebih rumit tentunya kreator perlu menjelaskan teknik yang dipakai secara jelas agar penonton bisa menirunya dengan mudah.

Karenanya penggunaan durasi video tiktok yang lebih panjang tentunya akan memudahkan kreator untuk membuat konten video make up yang lebih detail serta mudah dipahami oleh penonton tiktok.

Disisi lain, durasi video tiktok yang lebih panjang tentunya memudahkan kreator di bidang brand kosmetik untuk mempromosikan produk yang dimiliki sehingga penonton lebih mudah percaya pada produk yang anda pasarkan.

Guna promosi konten make up dan skincare yang lebih sukses maka kreator bisa melakukan kerjasama dengan influencer lain yang terus-menerus membeli produk anda.

Drama Series Pendek

Beberapa tahun terakhir banyak brand besar yang mempromosikan produk atau brandnya melaui serial drama pendek yang diunggah di Youtube.

Penempatan produk yang baik diiringi dengan pemeran yang berbakat serta alur cerita yang menarik menjadikan series pendek dari berbagai brand ini tentunya disukai oleh konsumen dan juga pengguna internet yang menonton series tersebut.

Series drama yang menarik tentunya dapat membantu menaikkan brand awareness yang dimiliki sehingga lebih banyak orang yang mengenal produk anda.

Serial pendek ini tidak hanya bisa ditemukan di youtube namun juga di tiktok dengan menggunakan durasi video tiktok yang lebih panjang.

Jangkauan pengguna tiktok yang luas tentunya akan membantu konten series anda ditonton oleh banyak pengguna tiktok sehingga dapat membantu menaikkan nilai brand awareness anda di mata konsumen.

Kreator bisa membuat ide series dari pengalaman konsumen atau membuat serial drama pada event tertentu.

Promosi jenis ini sudah dilakukan oleh brand marjan yang konsisten membuat series drama yang disiarkan melalui televisi setiap bulan ramadhan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.