youtube shorts

Youtube Shorts : Cara Baru lihat Story di Youtube

Pahami cara kerja youtube shorts untuk jangkau lebih banyak pengguna youtube dengan konten video durasi pendek.

Bagi pengguna social media tentunya tidak asing dengan konten story yang menghadirkan video pendek atau foto dengan durasi tertentu.

Variasi konten story yang beragam dilengkapi dengan fitur yang menarik menjadikan konten story banyak dinikmati oleh pengguna social media.

Tidak heran apabila banyak social media yang mengadaptasi konten ini untuk menambah pengalaman penggunanya dalam berselancar di dunia maya, beberapa social media yang menggunakan konten story adalah instagram dan juga facebook.

Kini youtube juga memunculkan konten youtube shorts dimana pengguna youtube bisa melihat konten video pendek dengan durasi tak terbatas sehingga penonton bisa melihat berbagai konten video yang berbeda setiap harinya.

Disisi lain, kehadiran youtube shorts juga membantu kreator untuk mempromosikan akun dan juga konten video yang telah diunggah agar mendapatkan lebih banyak viewers serta meningkatkan interaksi dengan pengguna youtube.

Karenanya sebelum menggunakan fitur youtube shorts ini ketahui dulu cara kreasikan konten youtube shorts dan fitur-fitur yang dihadirkan oleh platform video favorit semua orang.

apa itu youtube shorts

Apa Itu Youtube Shorts

Saat membuka akun social media yang dimiliki, konten apa yang sering anda cari? konten feed dengan berbagai foto yang estetik, konten video yang menghibur dan mengundang tawa, atau malah konten story yang memiliki variasi konten yang menarik setiap harinya.

Bagi pengguna social media yang lebih menyukai konten story maka jenis konten satu ini mudah ditemukan di berbagai social media terkenal, seperti tiktok, whatsapp, intsagram, facebook, dan kini youtube juga mengikuti jejak untuk membuat konten youtube shorts.

Berbeda dengan layanan story di social media lain yang menghadirkan konten video dan foto maka youtube hanya menampilkan konten video pendek di dukung dengan berbagai fitur tambahan yang tersedia di youtube shorts.

Dengan menggunakan fitur edit dari youtube shorts tentunya kreator bisa mengkreasikan konten video pendek dengan menambahkan backsound lagu, kecepatan video, dan juga teks animasi dengan durasi 15 menit.

Tidak hanya itu, bagi pengguna youtube yang menonton konten story anda kemudian tertarik dengan video yang dilihat maka bisa memberikan apresiasi berupa likes, komentar, atau membagikannya ke orang lain yang dimiliki.

Kreator yang aktif mengunggah konten youtube shorts tentunya memiliki potensi besar untuk mengjangkau lebih banyak pengguna youtube dan juga menambah subscriber di akun youtube yang tengah dikembangkan.

keuntungan menggunakan youtue shorts

Keuntungan Gunakan Youtube Shorts

Meskipun fitur youtube shorts terhitung datang terlambat dibandingkan dengan social media lainnya namun peluncuran layanan ini disambut baik oleh banyak pengguna youtube.

Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna youtube yang menonton konten youtube shorts setiap harinya dan juga banyaknya kreator yang menggunakan layanan ini untuk promosi akun dan juga konten yang dimiliki.

Karenanya kemunculan youtube shorts tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik melihat banyaknya pengguna youtube aktif setiap harinya dan juga keuntungan yang tentunya bisa di dapatkan oleh kreator setiap harinya.

Youtube Shorts Ditonton Banyak Orang

Sebagai salah satu social media yang memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan baik dari usia anak-anak hingg dewasa tentunya Youtube memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas dan usia konsumen yang lebih beragam.

Hal ini ditambah juga dengan adanya berbagai konten video untuk berbagai kalangan umur dengan variasi konten youtube yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan serta bisa berubah setiap harinya.

Karenanya bagi kreator Youtube yang mencoba untuk mengunggah konten youtube shorts tentunya tidak perlu khawatir akan jumlah penonton yang akan di dapatkan karena pengguna youtube pastinya akan melihat dan mencari konten youtube shorts sebagai variasi tontonan di Youtube.

Jangkau Konsumen Anak Muda Penyuka Konten Story

Saat ini banyak anak muda yang lebih suka mengakses tiktok guna menemukan konten video pendek yang tentunya mengundang tawa atau menambah pengetahuan baru mengenai topik yang sedang terjadi atau bahkan tutorial yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Tidak heran apabila platform tiktok mengalami lonjakan pengguna baru secara cepat yang diiringi juga dengan banyaknya kreator baru yang bermunculan di tiktok.

Guna menjawab kebutuhan pengguna internet akan hadirnya konten video pendek maka youtube pun juga menghadirkan konten youtube shorts.

Melalui konten ini maka pengguna youtube dapat menemukan konten video pendek yang dibuat oleh kreator yang berkaitan dengan konten youtube yang dimiliki.

Banyaknya penyuka konten video pendek dan juga pengguna youtube yang banyak tentunya bisa menjadi peluang baru bagi kreator untuk menjangkau konsumen di youtube yang lebih luas.

Agar konten youtube shorts yang dibuat bisa ditonton oleh banyak orang dan menjangkau banyak pengguna youtube maka kreator bisa memulai dengan membuat konten yang biasa digunakan namun dengan durasi yang pendek.

Hal ini dilakukan agar subsriber anda mengenal konten yotube shorts anda terlebih dahulu sehingga bisa terus menunggu video youtube shorts yang akan anda unggah setelahnya.

Tidak hanya itu, bagi pengguna youtube yang baru mengenal akun anda tentunya bisa menjadi jalan baru untuk menarik konsumen menjadi subsribers youtube berkat konten youtube shorts yang dianggap menarik dan sesuai dengan selera konsumen.

Konten Youtube Shorts Anti Banned

Bagi kreator atau pengguna social media yang hobi membuat konten story mengenai kegiatan sehari-hari atau topik yang tengah viral tentu saja familiar dengan istilah aturan banned atau sensor konten.

Aturan ini sudah banyak diterapkan oleh platform social media guna mencegah konten yang diunggah memuat konten yang terlarang dan membuat pengguna social media merasa tak nyaman dalam menggunakan akun social media.

Sehingga tidak jarang apabila konten yang diunggah oleh pengguna social media terkena banned atau peringatan oleh social media karena memuat gambar atau video yang dinilai tidak pantas ditampilkan secara umum di internet.

Untungnya bagi kreator yang aktif mengunggah konten youtube shorts tidak perlu takut akan adanya aktivitas sensor ini karena Youtube sendiri sudah dinilai aman berkat adanya regulasi konten yang ketat.

Meskipun begitu, kreator sebaiknya berhati-hati dalam mengunggah konten youtube shorts agar penonton anda nyaman dalam melihat konten yang anda unggah di youtube shorts.

Youtube Shorts Memberi Keuntungan Jangka Panjang

Disaat konten story dari platform lain hanya dihadirkan dalam waktu satu hari dan terhapus di hari berikutnya maka hal ini tidak berlaku untuk konten youtube shorts.

Hal ini dikarenakan konten youtube shorts bertahan selamanya sehingga bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness dari akun youtube yang anda kembangkan.

Durasi tayang konten youtube shorts yang lebih panjang tentunya menguntungkan bagi pengguna youtube yang lebih menyukai konten dengan durasi pendek dibadingkan dengan video dengan durasi yang lebih panjang.

Kreator juga bisa memanfaatkan hal ini dengan membuat konten youtube shorts berupa tutorial singkat yang bisa dilihat lebih lengkap dan panjang di konten video yang anda unggah di akun youtube.

fitur di youtube shorts

Fitur Youtube Shorts

Tidak hanya menghadirkan keuntungan yang menggiurkan bagi kreator namun fitur youtube shorts juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang membantu membuat konten yang lebih menarik.

Penggunaan fitur di youtube shorts tentunya mudah digunakan dan diaplikasikan di konten youtube shorts yang akan diunggah,

Karenanya berikut beberapa fitur youtube shorts yang bisa digunakan di konten youtube shorts :

Durasi Video Youtube Shorts

Youtube shorts sendiri memiliki durasi video pendek yang cukup panjang yakni 1 menit, dengan durasi yang cukup panjang ini tentunya kreator dapat mengkreasikan konten yang menghibur dan menarik perhatian bagi penontonnya.

Beberapa referensi konten youtube shorts yang bisa dibuat dengan durasi video yang tersedia adalah konten tutorial atau spoiler mengenai konten youtube yang akan diunggah di akun youtube yang dimiliki.

Percepat Konten Video

Durasi video yang panjang terkadang membuat penonton bosan dengan konten video yang dilihat dan akhirnya mengganti ke video lain dengan durasi yang lebih pendek.

Video youtube shorts yang tidak dilihat sampai habis tentunya merugikan bagi kreator karena menurunkan skor insight di konten yang diunggah.

Karenanya agar penonton anda melihat video anda sampai habis maka kreator bisa mempercepat isi videonya sehingga pengikut anda dapat melihat isi video yang lebih singkat.

Pilih Durasi Video yang Sesuai

Meskipun video youtube shorts memiliki maksimal durasi sepanjang satu menit namun kreator sendiri bisa memilih panjang video yang akan diunggah.

Pemilihan durasi ini dilakukan agar kreator bisa menyesuaikan durasi video dengan konten yang akan diunggah serta tidak bergantung pada durasi video sepanjang satu menit.

Durasi video yang lebih pendek tentunya memungkin penonton melihat video anda sampai habis sehingga meningkatkan insight konten youtube shorts yang diunggah.

Pilih Backsound Lagu yang Menarik Perhatian

Saat melihat konten story di platform lain tentunya kreator akan diberikan pilihan untuk menambahkan lagu atau suara yang tersedia atau menambahkan suara sendiri.

Pemberian backsound yang menarik tentunya akan membuat penonton tertarik untuk melihat video anda sampai habis bahkan menyebarkannya ke pengguna lain sehingga menambah viewers ke konten youtube shorts yang diunggah.

Tidak hanya itu, di beberapa social media penggunaan lagu yang sedang viral tentunya akan menaikkan insight konten and sehingga lebih mudah viral dan menjangkau lebih banyak pengguna social media.

Fitur youtube shorts sendiri juga menambahkan layanan suara atau lagu yang bisa ditambahkan di konten yang akan diunggah sehingga membuat video lebih menarik untuk ditonton serta sesuai dengan isi video.

Penambahan Filter dan Teks

Pemberian lagu masih kurang cukup untuk menarik penonton melihat video youtube shorts anda? maka kreatir juga bisa menambahkan filter dan teks ke dalam video yang akan diunggah.

Dengan penambahan filter ini tentunya akan membuat hasil video anda menjadi lebih bagus sehingga lebih menarik untuk ditonton.

Tidak hanya itu, youtube shorts juga menyediakan fitur penambahan teks yang berfungsi untuk menambahkan judul video di konten anda sehingga penonton mengetahui konten yang akan dilihat dan bisa diganti apabila dirasa kurang cocok.

cara menggunakan youtube shorts

Cara Kreasikan Youtube Shorts

Sudah mengenal berbagai fitur dari youtube shorts? ini saatnya bagi kreator untuk membuat konten video yang menarik agar mampu menarik lebih banyak pengguna youtube untuk melihat video anda dan mengunjungi akun youtube yang anda kembangkan.

Jangan lupa juga untuk mengunggah video yang telah dibuat dengan beberapa cara mudah berikut :

Cara Mengunggah Konten Youtube Shorts

  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi youtube di Google Play Store atau Appstore dan jangan lupa juga untuk mendaftarkan akun youtube yang telah anda miliki di aplikasi youtube anda.
  • Kedua, Klik ikon yang ada di bagian bawah beranda youtube anda dan kreator akan diberikan untuk mengunggah konten story, melakukan siaran langsung, atau mengunggah video di youtube.
  • Ketiga, klik ikon bulatan merah yang ada di bawah untuk merekam konten youtube shorts, kreator juga bisa mengubah durasi video menjadi 60 detik tergantung dari isi video yang akan diunggah.
  • Keempat, kreator juga bisa mempercepat durasi video dan juga menambahkan suara dari handphone dengan melakukan klik pada pengaturan yang ada di bagian atas.
  • Kelima. Kreator juga bisa mengubah kamera depan menjadi fokus kamera belakang agar kreator dapat mengubah cara pandang di video yang akan diunggah.

Cara Edit dan Unggah Video Youtube Shorts

  • Pertama, Setelah kreator selesai merekam video youtube shorts yang akan diunggah maka lepaskan ikon bulatan merah kemudian klik ikon centang yang ada di bagian kanan
  • Kedua. Kreator bisa menambahkan lagu, filter, dan juga tulisan di video yang akan diunggah agar konten youtube shorts menjadi lebih menarik
  • Ketiga, Setelah proses pengeditan berhasil dilakukan maka kreator bisa melanjutkan dengan melakukan klik pada ikon centang yang ada di bagian kanan
  • Keempat, kreator juga dapat menentukan untuk mengunggah konten tersebut dalam bentuk privat ke pengguna tertentua atau mengunggahnya secara publik sehingga bisa dilihat oleh pengguna youtube.
  • Kelima, kreator juga diberikan pilihan apakah video youtube shorts yang diunggah cocok untuk ditonton anak-anak atau hanya orang dewasa.
  • Keenam, jika berbagai tahapan tersebut sudah dilalui maka kreator tinggal mengunggahnya dengan melakukan klik pada ikon Upload Short

Cara Monetisasi Youtube Shorts

Platform youtube menjadi tempat paling tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui konten video yang diunggah di akun youtube yang dimiliki.

Kreator tidak hanya bisa mendapatkan uang dari video namun juga dari konten youtube shorts yang diunggah setiap harinya.

Moneitisasi video ini bisa dilakukan dengan cara membuat video yang unik dan menarik serta mampu menarik banyak perhatian pengguna youtube sehingga platform ini akan memberikan reward yang lumayan bagi konten shorts yang mendapatkan engagement yang besar.

Adanya monetisasi ini tentunya memberikan keuntungan bagi kreator sehingga menjadi motivasi untuk membuat konten video yang unik dan menarik sehingga disukai oleh pengguna youtube dan mendapatkan engagement yang tinggi.

keuntungan menggunakan youtube shorts

Tips Youtube Shorts Dilihat Banyak Pengguna Youtube

Tidak hanya mengunggah video youtube shorts dan membiarkan algoritma youtube bekerja untuk menjangkau pengguna youtube.

Akan tetapi kreator sebaiknya membuat strategi yang tepat agar video anda dapat dilihat oleh subscriber yang dimiliki serta menarik perhatian pengguna youtube.

Karenanya berikut beberapa startegi yang bisa digunakan dalam mempromosikan konten video pendek yang dimiliki.

Gunakan Durasi Video Sebaik-baiknya

Durasi video yang pendek tentu menjadikan kreator sulit untuk membuat konten yang memiliki banyak pembukaan karenanya kreator bisa membuat konten pendek namun langsung ke intinya sehingga membuat penonton mengetahui isi konten secara mudah dan cepat.

Kreator juga bisa membuat detik-detik awal video menarik untuk ditonton dan mencuri perhatian penonton agar video yang anda unggah bisa ditonton sampai akhir sehingga meningkatkan insight video.

Jadikan Konten Sebagai Video Berulang

Durasi video yang singkat terkadang membuat penonton tidak sadar bahwa video yang dilihat telah habis sehingga menonton video tersebut dari awal.

Video yang ditonton berulang tersebut tentunya akan membuat insight konten anda meningkat dan menghitung jumlah viewers yang lebih banyak.

Trik ini bisa digunakan untuk menambah penoton yang melihat video anda secara berulang kali tanpa paksaan.

Buat Konten Video Lebih Berkesan

Sebuah video pendek yang terlihat biasa tentunya akan sulit memberikan kesan bagi penontonnya sehingga penonton akan melewati video anda ketika konten anda kembali muncul di beranda.

Karenanya agar video yang anda buat selalu ditunggu oleh penonton anda dan meninggalkan kesan bagai pengguna youtube maka kreator sebaiknya membuat konten yang unik dan memiliki pesan yang mendalam agar penonton terkesan dengan video yang anda buat.

Berikan Ciri Khas yang Berbeda

Banyaknya konten video pendek yang berada di beranda youtube short tentu menjadikan pengguna youtube melupakakan konten yang baru saja dilihat apabila video tersebut terlihat sama dengan yang lainnya.

Karenanya untuk membedakan konten video anda dengan yang lainnya maka kreator bisa memberikan ciri khas di setiap vidoe yang anda buat sehingga membuat penonton terus datang ke video yang anda buat.

Pemberian ciri khas tersebut bisa berupa iringan lagu yang sama, pemberian thumbnail video berupa gamabr atau tulisan, serta konten yang menarik perhatian.

Adanya ciri khas yang unik tentunya akan membuat penonton susah lupa pada video anda dan berkunjung ke akun anda hanya untuk melihat konten youtube short yang telah diunggah hari ini.

Ikuti Kebiasaan dari Youtube Short

Meskipun konten video pendek ini bisa dijadikan ajang promosi konten dan juga akun yang dikembangkan namun kreator kurang bisa menjadikan konten video pendek sebagai spoiler dari video yang sudah anda unggah.

Kreator bisa membuat sisi lain konten anda dengan memberikan sisi lain dari topik yang anda unggah. Salah satu contohnya adalah membuat konten tutorial make up apabila kreator adalah influencer yang bergerak di bidang tata rias.

Unggah Secara Konsisten

Mengunggah konten video pendek sekali kemudian membiarkannya tentunya akan membuat konten anda kesulitan dalam menembus lebih banyak pengguna youtube.

Hal ini akan berbanding terbalik jika kreator konsisten mengunggah konten yang menarik setiap harinya sehingga mampu menarik lebih banyak pengguna youtube untuk menonton video anda.

Namun apabila kreator merasa kesulitan untuk mengunggah konten setiap hari maka kreator bisa menyiasatinya dengan mengunggah konten dengan jarak waktu tertentu.

Unggah Konten dengan Durasi 58 Detik

Meskipun youtube shorts memiliki durasi video sepanjang 60 detik namun kreator sebaiknya membuat video dengan durasi 58 detik.

Hal ini dilakukan agar durasi video tidak terlalu panjang sehingga memudahkan penonton untuk melihat video anda dengan cepat sehingga bisa beralih ke konten yang selanjutnya.

Kreasikan Caption Video

Youtube Shorts juga memiliki fitur caption yang berguna untuk menjelaskan isi video yang diunggah atau menarik perhatian penonton untuk berinteraksi dengan konten yang dibuat.

Karenanya agar video anda mendapatkan lebih banyak engagement maka kreator bisa mengkreasikan caption video dengan memberikan tanggapan video yang lucu atau memerikan rangkuman video yang anda buat.

Tampilan caption juga diperlihatkan di depan video sehingga memudahkan pengguna mengetahui isi dari video sebelum melihatnya secara utuh, karenanya penting bagi kreator untuk membuat caption yang menarik.

Unggah Konten di Format Video Vertikal

Youtube shorts sendiri dibuat dalam bentuk video vertikal yang digunakan untuk memudahkan penonton dalam melihat video sehingga tidak perlu memutar handphone terlebih dahulu.

Karenanya penting bagi kreator untuk membuat konten dalam bentuk vertikal dibandingkan horizontal untuk memudahkan penonton melihat konten yang diunggah.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.