google wallet

Google Rilis Layanan Google Wallet Untuk Transaksi Pengguna

Google munculkan layanan baru untuk proses pembayaran yang lebih mudah melalui Google Wallet, ketahui lebih dalam mengenai layanan dompet digital ini dan keuntungannya dalam penggunaan sehari-hari.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadikan banyak orang kini mulai merubah kebiasaan lama yang sering dilakukan setiap hari, salah satunya adalah proses pembayaran yang biasanya dilakukan menggunakan uang tunai.

Saat ini banyak orang yang mulai beralih menggunakan layanan dompet digital yang lebih mudah digunakan, cukup dengan menggunakan gadget di tangan maka anda mampu membayar semua barang yang telah dibeli menggunakan uang elektronik.

Google pun melihat trend ini dan mulai terinspirasi dalam meluncurkan layanan dompet digital dengan nama Google Wallet.

Kehadiran layanan ini nantinya memudahkan kreator dalam melakukan pembayaran mulai dari tiket hingga tagihan bulan yang muncul secara rutin.

Akan tetapi, sebelum layanan google wallet hadir di Indonesia, ketahui dulu apa itu google wallet serta keuntungannya bagi pengguna.

2

Perbedaan Google Wallet dan Google Pay

Pada bulan Mei 2022, Google meluncurkan layanan baru bernama Google wallet yang bisa diakses di perangkat elektronik Apple dan juga Android.

Dengan adanya layanan ini maka pengguna bisa menggunakan berbagai layanan seperti credit cards, loyalty cards, kartu tanda pengenal, tiket konser, kartu vaksinasi, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, Google sendiri telah meluncurkan layanan yang serupa bernama Google Pay dimana pengguna dapat membayar berbagai produk serta mengirimkannya ke orang lain melalui uang elektronik.

Bahkan saat itu Google juga berencana membuat akun bank sendiri guna memudahkan penggunanya dalam bertransaksi melalui Google Pay.

Sayangnya, layanan ini berhenti setelah enam bulan diluncurkan serta tidak ada kabar baik selanjutnya.

Baru-baru ini diketahui Google Pay masih aktif di 39 negara yang akhirnya menginisiasi Google untuk mengembangkan layanan Google Wallet dimana pengguna Google Pay dapat memperbarui layanan ini ke Google Wallet.

Meskipun begitu, beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Singapura diperkirakan akan berfokus pada layanan pembayaran dimana Google Wallet akan berfokus pada tempat kartu digital.

Sementara di India, Google akan meneruskan layanan Google Pay yang mulai familiar di kalangan penggunanya.

Meskipun, Google Wallet akan diluncurkan namun layanan Google Pay akan tetap dijalankan mengingat dua layanan ini memiliki fungsi yang berbeda.

3

Apa Itu Google Wallet

Selama dua tahun terakhir dimana pandemi merajalela, sebagian besar orang mungkin lupa untuk membawa kartu vaksin atau kartu kredit yang akhirnya menjadi kesulitan tersendiri bagi penggunanya.

Di sisi lain, sebagian besar kita pasti selalu membawa handphone kemana saja dan kapan saja bahkan saat bangun tidur yang kita cari adalah handphone.

Lalu dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya akan semakin banyak orang yang berfikir untuk melakukan digitalisasi kartu identitas yang dimiliki.

Melihat fenomena ini akhirnya Google pun meluncurkan layanan baru bernama Google Wallet yang direncanakan akan di rilis di 40 negara yang sayangnya Indonesia belum masuk ke daftar tersebut.

Lalu bagaimana layanan Google Wallet bekerja?

Google menyatakan Google Wallet merupakan aplikasi dompet digital yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai kartu identitas dalam bentuk digital yang biasa anda bawa di dompet tradisional.

Sehingga penggunanya tidak perlu membawa dompet serta handphone kemana saja namun cukup menggunakan handphone yang telah menyimpan berbagai dokumen pribadi yang dibutuhkan.

Agar pengguna Google Wallet merasa lebih aman dalam membawa dokumen pribadi di handphone maka Google telah menyediakan layanan keamanan sehingga data anda menjadi lebih aman.

4

Kegunaan Google Wallet

Peluncuran Google Wallet bukannya tanpa alasan mengingat saat ini lebih banyak orang yang melakukan transaksi digital melalui dompet digital.

Alih-alih menyediakan layanan untuk membayar barang keinginan secara online, Google Wallet hadir sebagai media penyimpanan dokumen yang aman serta memudahkan penggunanya untuk membawa dokumen lebih mudah.

Tidak hanya itu, Google wallet memiliki berbagai manfaat lain yang berguna bagi penggunanya untuk jangka panjang.

Penyimpanan Tiket yang Aman

Anda hobi berpergian atau pergi dari satu event ke event lain? Tentunya anda harus membeli tiket terlebih dahulu agar bisa masuk ke venue musik impian.

Saat ini, mulai banyak event musik yang menggunakan tiket digital dimana penonton bisa menukarkan tiketnya di hari konser menggunakan tiket fisik atau tiket digital.

Sayangnya, banyaknya orang yang datang ke suatu konser tentunya akan membuat aplikasi tersebut mengalami eror karena banyak orang yang mengakses secara bersamaan.

Di sisi lain, masalah ini tentunya merugikan pengguna karena memakan lebih banyak waktu untuk masuk ke venui konser sedangkan loket penukaran akan segera ditutup.

Untuk mengatasi hal ini maka pengguna bisa menyimpan tiket digital di aplikasi Google wallet yang dimiliki agar terhindar dari masalah aplikasi tiket yang eror sehingga kesulitan dalam mengakses tiket konser yang telah dibeli.

Terhubung dengan Layanan Google Lainnya

Sebagai sebuah platform internet yang memiliki berbagai layanan yang saling bersinergi satu sama lain tentunya menggunakan Google Wallet menjadi keuntungan tersendiri.

Salah satu contohnya adalah apabila pengguna sedang berpergian keluar kota menggunakan kendaraan umum sepert bis atau kereta maka Google wallet akan menyediakan informasi mengenai jarak yang ditempuh menggunakan Google maps sehingga pengguna merasa lebih aman.

Tidak hanya itu, pengguna lebih mudah melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain hanya dengan melakukan tap pada Google wallet.

Sedang berpergian ke luar kota namun lupa membawa sertifikat vaksin? tenang saja, Google wallet akan menyimpan informasi pribadi anda dengan aman sehingga pengguna tidak perlu ketinggalan dokumen saat bertamasya ke tempat yang jauh dari rumah.

Simpan Kartu Debit dan Kredit

Salah satu metode pembayaran yang juga sering digunakan oleh banyak orang adalah pembiayaan melalui kartu kredit atau kartu debit.

Melalui layanan ini, pengguna dapat dengan mudah membayar berbagai barang yang dibeli melalui saldo atm yang dimiliki atau menggunakan metode kredit yang dibayarkan pada periode waktu tertentu.

Penggunaan kartu debit dan kredit ini tentunya memudahkan banyak orang sehingga tidak perlu membawa banyak uang dalam satu tempat sehingga keamanan lebih terjamin.

Sayangnya, terkadang orang-orang lupa membawa kartu kredit atau debit karena dompet yang tertinggal di rumah atau kartu yang dimiliki jatuh di tempat lain sehingga digunakan oleh orang lain.

Meskipun begitu, pengguna tetap bisa menggunakan dana yang tersedia di kartu tersebut melalui Google wallet karena nomor virtual number yang dimiliki telah terdaftar di dompet tersebut.

Bayar Menggunakan Layanan Google Pay

Meskipun google wallet memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan dokumen pribadi namun pengguna tetap bisa menggunakan layanan ini untuk melakukan berbagai pembayaran elektronik.

Caranya adalah dengan melakukan pembayaran di toko yang menerima pembayaran melalui Google Pay, selain itu maka pengguna tidak bisa melakukan transaksi sama sekali.

5

Bagaimana Google Wallet Bekerja?

Tertarik dengan berbagai keuntungan yang diberikan oleh google wallet dan ingin menggunakannya setelah aplikasi tersebut ada di Indonesia? Sebelumnya, anda harus mengetahui bagaimana layanan ini bekerja dengan baik.

Google wallet sendiri telah bekerja sama dengan beberapa agensi, retail, penyedia tiket online, serta agensi hotel dan pesawat sehingga mereka dapat memberikan dokumen tiket digital melalui Google wallet.

Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan tiket atau kartu secara langsung ke google wallet atau melalui aplikasi agensi yang telah di ajak kerja sama sebelumnya.

Google juga sedang melakukan inovasi dalam menambah tipe fitur di google wallet seperti kunci kamar hotel atau tanda pengenal untuk masuk ke kantor.

Keuntungan lain bagi agensi yang melakukan kerja sama dengan google wallet adalah mereka bisa menggunakan template tiket yang telah disediakan atau menggunakan desain tiket sendiri yang dapat membedakan satu dengan yang lain.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

  1. Maaf nih Mbak Annisa, sumbernya dari mana yah? kok bulan mei hehe, lagian bukan layanan baru loh wallet itu, google wallet udah ada dari tahun 2011, tapi sempat di matikan, lalu dihidupkan kembali. tolong bikin berita sertakan sumbernya biar ga salah.