kumpulan ide nama usaha makanan

Kumpulan Ide Nama Usaha Makanan

Mulai kenalkan produk anda dengan nama usaha yang baik dan mudah dikenal. Ketahui cara mudah memilih branding usaha yang tepat.

Banyaknya kompetitor atau bisnis yang memiliki produk sama dengan kita tentunya harus menjadikan brand yang dimiliki identitas tersendiri agar dikenal oleh konsumen dan juga masyarakat luas.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan nama usaha pada brand yang dimiliki. Dengan pemberian ini, konsumen bisa membedakan brand kita dengan kompetitor lain meskipun menjual produk yang sama.

Dalam pemberian nama sekalipun, seorang pengusaha juga sebaiknya memikirkan nama usaha yang unik sehingga menjadi identitas tersendiri serta mudah diingat oleh pembeli.

Tak hanya itu, sebuah nama usaha yang baik juga akan digunakan dalam pembuatan NIB Online UMKM dan juga berbagai perizinan yang harus anda urus sebelum memulai bisnis yang dijalani.

Karenanya pastikan untuk melakukan analisa dan juga riset terlebih dahulu sebelum memberikan hak paten pada nama usaha anda.

Sayangnya, bagi pemula yang baru memulai usaha makanan tentunya masih bingung dalam memilih nama yang bagus dan menjadi ciri khas brand yang dimiliki.

Karenanya sebelum memilih nama yang unik dan berkesan, ketahui dulu rekomendasi nama usaha yang bisa anda gunakan di produk anda.

kegunaan menggunakan nama usaha makanan

Kegunaan Menggunakan Nama Usaha

Saat berkenalan dengan makanan baru yang ditemukan di pusat perbelanjaan tentunya anda juga memperhatikan nama usaha yang tertera di bungkus makanannya.

Kebiasaan ini dilakukan untuk mengingat produk tersebut sehingga bisa membelinya di lain hari atau merekomendasikannya ke teman atau saudara.

Karenanya saat membuat namauntuk bisnis anda, pastikan untuk memilih nama usaha yang bagus dan mudah diingat sehingga konsumen bisa membeli produk anda di kemudian.

Tak hanya itu, memiliki nama yang bagus tentunya berguna bagi usaha anda ke depannya. Berikut beberapa kegunaan dari pencantuman nama usaha.

Nama Usaha Sebagai Identitas Bisnis

Kegunaan pertama dari menggunakan nama usaha adalah sebagai identitas bisnis sehingga penjual dapat bersaing dengan usaha dan juga kompetitor lain yang sudah mulai bisnis terlebih dahulu.

Pemilihan nama usaha yang bagus juga bisa menjadi identitas bisnis anda sehingga mudah dikenali konsumen baru anda dan menjadi ciri khas produk.

Penggunaan nama usaha juga menjadi pintu awal bagi konsumen untuk mengenal brand anda sehingga apabila anda mengeluarkan berbagai produk baru akan lebih dikenali oleh pelanggan setia anda karena citra baik yang telah anda bangun dari nama usaha anda.

Dengan memberikan nama usaha tentunya akan mempermudah konsumen anda saat memesan produk anda di berbagai market place atau layanan pesan antar seperti Shoope atau Tokopedia.

Bayangkan saja jika anda tidak memberikan identitas di brand anda, tentunya akan menjadi kesulitan tersendiri bagi konsumen anda untuk memesan kembali produk yang diinginkan dari usaha anda.

Mempengaruhi Brand Awareness

Saat membangun sebuah bisnis tentunya seorang penjual menginginkan produk yang dipasarkan dikenal oleh konsumen luas.

Salah satu caranya adalah dengan mencantumkan logo yang unik, warna yang menarik, serta pemberian nama usaha yang bagus dan mudah diingat.

Pemberian identitas tersebut disebut brand awareness dimana penjual memberikan usaha lebih untuk mengenalkan produk mereka.

Dengan adanya brand awareness ini bisa mendorong promosi anda lebih efektif karena dapat digunakan sebagai pengingat produk anda.

Contoh brand awareness yang sesuai adalah produk Aqua yang telah memiliki identitas sendiri berupa warna biru di kemasannya sehingga konsumen lain pun mudah mengingat produk anda.

Pemberian identitas yang mencolok dan juga sesuai dengan usaha anda juga membantu konsumen untuk mengingat produk anda.

Penjual juga bisa memberikan nama unik yang jarang digunakan oleh usaha lain sehingga bisnis anda akan dibicarakan oleh orang lain sehingga membantu untuk menaikkan penjualan anda.

Pemberian logo, warna dan juga nama usaha juga bisa digunakan untuk media promosi baik secara online atau offline sehingga membantu untuk menaikkan keuntungan.

Salah satu jenis promosi yang dinilai menguntungkan dan bisa menarik banyak konsumen dengan cepat adalah promosi melalui akun social media.

Penggunaan social media yang masif akhir-akhir ini menjadikan Facebook atau Instagram sebagai sarana yang tepat untuk media promosi secara online.

Banyaknya pengguna di social media tersebut tentunya menjadikan keuntungan tersendiri bagi sebuah usaha untuk mempromosikan produk agar lebih dikenal oleh konsumen luas.

Agar akun social media bisnis anda semakin dikenal adalah dengan menggunakan identitas tersebut agar lebih dikenal dan membuat akun anda terlihat profesional sehingga dipercaya oleh kosnumen meskipun usaha anda baru dibuka.

Tak hanya itu dalam usaha promosi offline seperti mencetak flyer atau banner untuk toko anda tentunya anda membutuhkan logo produk agar lebih mudah dikenali konsumen dan diingat oleh pengguna jalan yang lewat.

Keuntungan lainnya adalah saat anda menggunakan jasa pesan antar seperti Gofood atau ShopeeFood, kurir yang mengantar produk anda bisa menemukan toko anda lebih mudah dan cepat sehingga menghindari resiko tersesat.

Membedakan Usaha Anda Dengan Kompetitor

Menjamurnya berbagai usaha baik secara online atau offline akhirnya menjadikan penjual mencari cara baru untuk mengenalkan produk yang dimiliki.

Apalagi jika produk yang kita tawarkan memiliki kompetitor yang kuat sehingga harus mampu bersaing untuk merebutkan pasar dan juga target konsumen yang diinginkan.

Salah satu cara untuk memenangkan persaingan sehat dengan kompetitor adalah dengan membuat nama usaha yang unik.

Hal ini dilakukan agar konsumen bisa lebih mengenal produk anda dibandingkan kompetitor lain karena meskipun anda memiliki produk yang sama namun ada ciri khas lain yang membuat konsumen mencari produk anda.

Dalam pencarian nama usaha, pastikan identitas produk anda berbeda dengan kompetitor agar tidak mengecoh konsumen yang ada.

Hal ini tentunya akan merugikan anda ketika konsumen mengetahui produk anda ternyata berbeda dengan ekpektasi.

Nama Brand adalah Cerminan Produk

Saat membuat nama usaha atau mengembangkan produk yang dimiliki tentunya biasanya anda menambahkan ciri khas tertentu pada logo anda.

Salah satunya adalah pemberian warna merah pada makanan pedas atau warna coklat dan hitam untuk usaha kopi.

Pemberian nama usaha juga menjadi cerminan produk anda sehingga pembeli bisa menebak produk anda hanya dengan namanya.

Contohnya adalah pemberian nama Mie Setan yang mencerminkan bahwa produk tersebut adalah mie pedas.

Karenanya dalam pemberian nama pastikan untuk mencantumkan kata yang berkaitan dengan produk anda sehingga pembeli anda dapat menebaknya hanya dalam melihat kemasannya.

Sebuah nama produk yang memiliki ciri khas tentunya akan dijadikan pertimbangan konsumen sebelum membeli produk anda.

cara agar nama usaha dikenal

Cara Agar Nama Usaha Dikenal

Bingung memilih nama usaha yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri?

Hal ini tentunya tidak perlu dipusingkan karena anda bisa mendapatkan inspirasi dari keadaan sekitar atau meminta bantuan dari business agency untuk memberikan nama usaha yang cook.

Meskipun begitu anda juga bisa membuat nama usaha sendiri agar bisa memiliki makna khusus dalam pemberian identitas usaha anda.

Berikut beberapa cara agar nama usaha anda lebih dikenal oleh konsumen.

Singkat dan Mudah Diingat serta Dieja

Dalam pemilihan nama pastikan menggunakan kata yang singkat sehingga mudah diingat oleh konsumen yang baru mencoba produk anda sehingga mempermudah pembeli untuk membeli produk anda selanjutnya.

Pastikan juga menggunakan pilihan nama yang mudah dieja dan didengarkan sehingga memudahkan konsumen saat membeli produk anda di market place dan jasa pesan antar tertentu.

Bayangkan saja ketika konsumen gagal membeli produk anda karena ejaan nama produk yang salah membuah barang anda sulit ditemukan di mesin pencari, hal ini tentunya merugikan bagi anda karena penjualan bisa menurun.

Karenanya dalam memilih nama produk pastikan untuk menggunakan perpaduan huruf yang mudah diketik dan diingat sehingga kejadian salah pengejaaan bisa dihindari.

Dengan menggunakan ejaan yang mudah dibaca tentunya memudahkan bagi penjual untuk menjelaskan produk dan tidak perlu memeriksa ejaan konsumen berkali.

Hindari juga penggunaan istilah asing yang tidak pernah di dengar sebelumnya, hal ini bukannya membuat nama usaha anda menjadi estetik malah mudah dilupakan oleh konsumen karena pengejaan nama yang sulit.

Penulisan bahasa asing yang terkadang berbeda tentunya menjadi alasan lain mengapa penggunaan istilah asing sebaiknya dihindari dalam penggunaan nama usaha.

Gunakan Akronim

Salah satu cara agar nama usaha terlihat unik adalah menggunakan akronim dari sehingga tercipta nama brand yang berbeda dari biasanya.

Banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan akronim sebagai identitas produknya, salah satunya adalah perusahaan mebel terbesar IKEA.

Nama brand ini sebenarnya diambil dari singkatan huruf depan juga tempat lahir pendirinya sehingga menjadikan akronim yang saat ini dikenal oleh masyarakat luas.

Anda pun juga bisa menggunakan nama uaha dengan akronim yang sesuai dengan budaya masyarakat setempat dan saat diucapkan tidak menimbulkan kesan ambigu di mata pembeli

Karenanya pastikan akronim nama usaha memiliki makna positif dan sesuai dengan pengucapan yang ada di daerah usaha anda sehingga konsumen tidak merasa bingung saat mengetahui nama usaha anda.

Dengan menghindari makna negatif tentunya akan membantu untuk membangun citra usaha anda sehingga konsumen pun dengan senang hati berkunjung dan membeli produk anda.

Nama Memiliki Makna Positif

Langkah kedua dalam membuat nama usaha adalah pastikan memiliki makna positif karena nama adalah doa sehingga pastikan memiliki sisi positif yang membantu membangun usaha anda.

Dengan memberikan nama positif tentunya akan membantu untuk menjelaskan bisnis yang dijalani sehingga nama bisnis tidak hanya terlihat unik dan keren.

Contohnya adalah pencantuman nama produk dengan nama anda, tentunya akan membantu konsumen untuk mengetahui produk yang dijual dengan cepat sehingga konsumen bisa menentukan pilihan saat melihat produk anda dipajang di etalase pusat perbelanjaan.

Apabila anda ingin menggunakan istilah tertentu sebagai nama produk pastikan untuk mengetahui dulu makna dari istillah tersebut dan tidak asal dalam menggunakannya.

Jangan sampai menggunakan nama yang mudah dilafalkan namun ternyata memiliki makna yang tidak sesuai.

Hal ini dilakukan untuk menghindari persepsi negatif dari konsumen yang mengetahui arti produk anda sehingga nama usaha anda tetap dipandang baik.

Penggunaaan Nama Sesuai Produk yang Ditawarkan

Hal utama dalam pembuatan nama usaha adalah mencerminkan produk yang ditawarkan sehingga pembeli tidak kebingungan saat melihat produk anda dan penjual tidak perlu menjelaskan ulang barang yang ditawarkan.

Pemberian nama sesuai dengan produk yang ditawarkan juga membantu pembeli untuk mengingat produk anda lebih mudah sehingga bisa membantu dalam promosi dan meningkatkan penjualan.

Pemilhan nama ini juga akan bepengaruh pada target pasar yang akan dituju.

Salah satu contohnya apabila anda menggunakan nama Batik Gaul untuk usaha anda maka konsumen akan berpikir bahwa anda menjual batik untuk kalangan remaja sehingga model baju yang diharapkan lebih trendi dan tidak kaku sepeti baju batik lainnya.

Hal ini akan membantu konsumen untuk mengenal produk anda lebih cepat sehingga penjual tidak perlu menjelaskan lagi produk anda kepada konsumen.

Penggunaan nama produk juga membantu apabila anda melepas barang jualan anda ke market place dimana konsumen hanya mengandalkan deskripsi dan nama produk sebelum mempertimbangkan membeli barang jualan anda.

Pemberian nama yang kurang sesuai dengan produk yang ditawarkan akan mengurangi keyakinan pembeli sehingga tidak menjadi membeli produk anda dan beralih ke merk lain.

Hindari Penggunaan Angka

Penggunaan angka juga bisa digunakan untuk nama usaha apabila anda sudah memiliki cabang usaha yang banyak sehingga perlu diidentifikasi dengan penggunaan angka.

Apabila anda akan membuka cabang dari suatu tempat makan yang telah memiliki nama besar maka anda bisa membubuhkan angka di belakang nama agar konsumen mengetahui agar anda merupakan cabang dari usaha tersebut.

Agar cabang tersebut makin terkenal maka anda bisa mempromosikan cabang tersebut di social media bisnis yang dimiliki agar pelanggan bisa mengetahui cabang usaha tersebut serta mengunjunginya karena kedekatan dengan tempat tinggal.

Pemberian diskon khusus pada saat pembukaan cabang juga bisa menjadi penarik agar konsumen mau datang ke cabang anda dan menarik leads yang awalnya penasaran dengan produk anda menjadi berkunjung karena adanya potongan harga yang menarik.

Apabila anda menggunakan angka sebagai variasi nama usaha seperti B3bek Goreng Sambal Hijau sebagai nama usaha agar terlihat unik maka hal ini sebaiknya dihindari karena alih-alih terlihat keren melainkan brand anda kan semakin sulit dibaca.

Tak hanya pemberian penambahan angka di tengah-tengah nama usaha justru membuat nama usaha anda akan sulit dicari di market place atau jasa pesan antar sehinga menurunkan penjualan.

Karenanya pilihlah nama yang mudah dibaca dan diingat lebih penting dibandingkan menggunakan nama usaha yang unik namun susah dibaca.

Meskipun begitu anda tetap bisa menggunakan angka sebagai tagline atau jargon bisnis anda contohnya #GelattoPertamadiSurabaya, dengan penggunaan angka tersebut konsumen akan tertarik untuk membeli produk anda karena produk yang dijual termasuk langka dan satu-satunya.

Pastikan Nama Usaha Unik

Saat nama usaha sudah mulai terkenal dan memiliki cabang dimana-mana tentunya menjadi saat yang tepat bagi penjual untuk memberikan hak paten nama usaha.

Hal ini dilakukan untuk mencegah plagiasi atau adanya orang lain yang membuka usaha dengan nama dan produk yang sama kemudian mengaku bahwa orang tersebut adalah pemilik asli kemudian mendaftarkannya di badan hak cipta.

Apabila kejadian ini terjadi pada anda maka akan menimbulkan kerugian ke depannya karena mau tak mau anda harus mengganti nama usaha dan berpeluang kehilangan konsumen.

Tak hanya itu, apabila anda menggunakan nama usaha yang sudah dipatenkan maka bisa saja anda dibawa ke jalur hukum akibat kelalaian menggunakan identitas yang sama.

Karenanya setelah memilih nama usaha yang sesuai dengan keinginan maka pastikan mencari terlebih dahulu nama anda di Google dan menggantinya apabila nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Dengan menggunakan nama yang sama maka bisa menimbulkan kebingungan bagi orang lain atau konsumen yang mengunjungi usaha anda.

kumpulan nama usaha unik

Kumpulan Nama Usaha Unik

Sudah memiliki referensi nama usaha namun masih kurang yakin dengan nama yang dipilih? Tenang saja kami memberikan rekomendasi kumpulan nama usaha yang bisa anda gunakan sebagai identitas usaha anda.

Berikut beberapa nama brand yang bisa anda gunakan sebagai identitas produk.

Pakai Nama Keluarga

Rekomendasi pertama dalam membuat nama usaha adalah menggunakan nama keluarga atau nama asli penjual.

Strategi ini sudah banyak digunakan oleh pebisnis diluar sana sebagai identitas produk yang dimiliki sehingga konsumen tahu siapa pemilik dari produk yang dikonsumsi.

Pemberian nama keluarga sebagai identitas produk juga kerap kali digunakan oleh tempat makan yang telah berdiri puluhan tahun lamaya dan sudah dikelola hingga beberapa keturunan.

Dengan adanya nama keluarga ini, konsumen yang datang dari jauh masih bisa mengenali tempat makan ini karena adanya nama keluarga di belakang produk.

Nama Usaha yang Mengandung Ajakan

Rekomendasi kedua saat membuat nama usaha adalah mencantumkan kalimat ajakan, contohnya minumyuk atau makanyuk.

Dengan penggunaan kata ajakan ini, pembeli seolah-olah diajak untuk menikmati produk anda sehingga konsumen tertarik untuk membeli dan menciciipi barang jualan yang anda tawarkan.

Kata ajakan tersebut sebaiknya dicantumkan diakhir kata sehingga lebih sesuai dengan tatanan bahasa.

Deskripsikan Rasa Melalui Nama Usaha

Saat mengenal produk makanan yang baru dirilis di pasaran tentunya anda akan meneba-nebak dari rasa makanan tersebut apakah sesuai dengan selera atau kesukaan anda.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh penjual untuk mendeskripsikan rasa produk yang dijual sehingga pembeli lebih tertarik untuk membeli produk anda.

Contoh dari nama usaha yang mencantumkan rasa adalah cemilanenak, kripikpedas, atau sususegar.

Cantumkan Nama Produk

Rekomendasi selanjutnya dalam pembuatan nama usaha adalah dengan pencantuman nama produk yang dijual sehingga pembeli yang belum mengetahui produk anda bisa mendeskripsikan menu makanan anda hanya dalam sekali lihat.

Salah satu contoh bisnis makanan yang mencantumkan nama produk adalah Bebeksinjay atau Kebab BabaRafi.

Anda juga bisa mencantumkan nama produk anda sehingga konsumen lebih mudah mengenali bisnis yang anda jalankan.

Pencantuman nama produk ini juga memudahkan anda apabila mulai memasarkan produk anda di market place atau jasa pesan antar.

Hal ini biasanya konsumen mencari nama produk terlebih dahulu dibandingkan nama usaha saat mememsan makanan.

Kebiasaan ini tentu saja menguntungkan penjual karena apabila toko anda memiliki ranking yang tinggi maka kemungkinan konsumen untuk mengunjungi akun usaha lebih besar sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Meskipun begitu, pastikan juga kompetitor terdekat anda tidak menggunakan nama usaha yang sama sehingga tidak terjadi persaingan diantara anda dan konsumen pun tidak kebingungan saat menemukan dua nama usaha yang sama di tempat yang berbeda.

Karenanya disarankan untuk memberikan imbuhan lain setelah nama produk untuk membedakan nama usaha anda dengan yang lain

kesimpulan

Kesimpulan

Sebelum memulai sebuah usaha yang sukses tentunya seorang penjual haruslah membuat identitas produk agar lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Tidak hanya memggunakan logo khusus namun penting bagi penjual untuk memberikan nama usaha agar bisnis yang dijalani lebih mudah diketahui oleh konsumen.

Karenanya penjual juga sebaiknya tidak asal-asalan memilih nama usaha namun juga melakukan riset mendalam agar produk yang dikembangkan lebih mudah dikenali dan mendapatkan pengakuan dari konsumen lain.

Dalam memilih nama usaha, pastikan juga tidak memiliki kesamaan dengan kompetitor agar anda tidak disangka plagiat dan memberikan citra yang baik bagi usaha anda.

Pastikan juga memilih nama yang baik dan juga mengandung harapan agar bisa menjadi doa bagi usaha anda ke depannya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.