pexels pixabay 270271

12 Cara Membuat Hashtag Instagram Secara Efektif

Penggunaan hashtag instagram akan membantu memaksimalkan strategi marketing di instagram, pergunakan fitur berikut dengan baik agar postingan anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Ketika anda mengunggah sebuah postingan instagram, biasanya seseorang tidak hanya mencantumkan caption yang menjelaskan foto atau video, namun juga hashtag instagram yang dapat membantu memperluas jangkauan konten yang telah anda buat.

Sehingga tidak mengherankan apabila penggunaan hashtag instagram yang relevan sangat penting untuk optimasi strategi marketing di instagram.

Sebaliknya, penggunaan hashtag instagram yang terlalu banyak bahkan tidak sesuai akan membuat konten media sosial anda menjangkau pengguna yang salah sehingga berpengaruh pada engagement akun instagram anda.

Karenanya, untuk menggunakan hashtag instagram secara efektif maka anda perlu mengetahui cara kerja serta penempatannnya dalam strategi instagram post.

Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam memanfaatkan hashtag instagram yang sesuai dan populer.

hashtag instagram

Apa Itu Hashtag Instagram

Saat melakukan scrolling di instagram dan melihat sebuah konten yang menarik, biasanya anda juga akan menemukan hashtag instagram yang menyertai di kolom caption.

Fitur hashtag instagran sendiri merupakan kombinasi dari kata, angka, dan bahkan emoticon yang di dahului dengan tagar.

Penggunaan hashtag instagram ini dipakai untuk mengkategorikan konten sehingga lebih mudah untuk dicari di instagram.

Keuntungan lain dari menggunakan hashtag instagram adalah kemudahan untuk melakukan klik pada tagar tertentu sehingga membuat pengguna instagram dapat melihat isi konten yang memiliki kesamaan topik.

photo1659502806

Salah satu contohnya ketika anda mencari topik dengan hashtag instagram #idemakansiang, maka anda akan menemukan berbagai konten yang menggunakan tagar tersebut serta beberapa ide makanan yang bisa anda gunakan untuk referensi santapan makan siang.

pexels katie harp 7361185

Keuntungan Menggunakan Hashtag Instagram

Hashtag instagram sendiri sangat penting untuk memperluas jangkauan audience instagram yang anda inginkan.

Karenanya, saat anda menggunakan hashtag instagram maka postingan anda akan muncul di halaman yang memuat tagar tersebut.

Salah satunya, ketika anda menggunakan hashtag di konten instagram story yang anda unggah maka konten anda akan muncul di tagar story yang relevan, beserta dengan halaman khusus yang memuat postingan anda.

Tidak hanya itu, agar anda tidak ketinggalan berbagai topik terbaru maka anda bisa mengikuti beberapa hashtag instagram yang memudahkan anda untuk mencari konten terbaru dengan topik yang relevan.

Keberadaan hashtag instagram juga menguntungkan untuk membangun komunitas di instagram sehingga penggemar anda tertarik untuk melakukan interaksi dengan akun instagram bisnis anda.

Salah satu contohnya adalah anda menggunakan branded hashtag testimoni yang juga bisa digunakan oleh pengikut dan penggemar anda untuk mengulas produk yang anda miliki.

Penggunaan branded hashtag tersebut, tentunya akan membantu dalam membangun reputasi anda di sosial media, sehingga memudahkan bagi calon konsumen untuk mengumpulkan pendapat mengenai brand dan produk yang anda kembangkan.

Tidak hanya itu, keberadaan hashtag di instagram juga memiliki keuntungan lebih bagi kreator atau pengguna sosial media.

Mudah Ditemukan oleh Pengguna Instagram

Saat mencari sebuah konten atau topik di instagram, pastinya anda akan menggunakan fitur pencarian di instagram untuk mencari konten yang berkaitan menggunakan hashtag instagram yang relevan.

Kebiasaan ini akhirnya diadaptasi oleh kreator instagram untuk menggunakan hashtag instagram di caption untuk memudahkan konten ditemukan di instagram.

Dengan melakukan klik pada sebuah hashtag instagram, anda akan dibawa ke halaman khusus yang berisi postingan tertas dan terbaru yang menggunakan tagar tersebut.

Dari sinilah, pengguna instagram dapat menelurusi konten yang berkaitan, sehingga menguntungkan bagi pengguna social media yang tertarik pada topik tertentu untuk mengikuti akun instagram yang berkaitan.

Alur tersebut tentunya menjelaskan apabila anda menggunakan hashtag instagram yang tepat maka konten anda akan lebih mudah ditemukan di instagram.

Tidak hanya itu, bagi konsumen yang mengulas sebuah produk menggunakan branded hashtag instagram yang telah anda buat, maka akan membantu meningkatkan eksposure brand yang anda miliki.

Mendorong Interaksi Audiens

Banyaknya akun instagram brand yang aktif, tentunya membuat kreator harus berusaha menjadikan akun instagram mudah ditemukan oleh orang lain, salah satunya adalah mendorong interaksi dengan audiens.

Semakin banyak interaksi yang anda lakukan dengan pengikut anda, maka akan membantu algoritma instagram untuk menaikkan akun instagram anda ke instagram explore.

Tidak hanya itu, ketika anda menggunakan branded hashtag instagram dan meminta pengikut anda untuk menggunakannya, maka akan menguntungkan bagi interaksi ke akun instagram anda.

Hal ini dikarenakan sebuah postingan yang menggunakan branded hashtag akan tersimpan di halaman pencarian sehingga tersimpan dalam jangka waktu lama, kecuali konten story yang hanay bertahan dalam waktu 24 jam.

Sehingga penggunaan hashtag instagram menguntungkan untuk menjangkau konsumen dan melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Analisa Kinerja Kompetitor

Banyaknya pengguna instagram brand yang aktif menggunakan hashtag instagram, juga menjadi manfaat sendiri bagi kreator. Hal ini dikarenakan hashtag instagram akan membantu dalam riset kinerja kompetitor.

Selain itu, dalam penggunaan hashtag instagram, biasanya terdapat kemungkinkan adanya tumpang tindih dalam menggunakan tagar yang sama, apalagi jika anda dan kompetitor menggunakan hastag yang berkaitan dengan industri tertentu atau lokasi yang sama.

Namun, dalam situasi yang berbeda, postingan instagram anda yang ditandai oleh konsumen lain akan memenuhi hasil pencarian hashtag instagram tertentu.

Tidak hanya itu, penggunaan hashtag instagram yang sama akan membantu anda dalam melihat berbagai macam konten yang bisa dijadikan inspirasi dan uji coba untuk memilih jenis konten yang sekiranya disukai oleh target konsumen serta pengikut yang dimiliki.

Anda juga bisa melakukan evaluasi terhadap konten instagram yang telah anda unggah, sehingga bisa menjadi pembaruan untuk ke depannya.

Analisa Konten Instagram

Bagi kreator yang juga mengembangkan halaman website atau blog, tentunya pernah melakukan analisa artikel atau konten menggunakan analisa kata kunci.

Riset hash ini dilakukan untuk menganalisa pencarian yang sedang tren di kalangan pengguna internet sehingga bisa dimanfaatkan untuk konten artikel.

Analisa satu ini juga digunakan di instagram, dimana kreator menggunakan analisa konten instagram menggunakan hashtag yang dapat membantu anda untuk mencari tipe konten yang berbeda.

Dengan menganalisa hashtag yang akan digunakan di postingan instagram, maka akan membantu kreator dalam optimasi konten dengan menggunakan tagar yang relevan.

photo1659506859

Salah satu contohnya, apabila anda menggunakan hashtag instagram #skincare untuk promosi produk perawatan tubuh di postingan anda, maka peluang konten untuk menjangkau konsumen kecil.

Hal ini dikarenakan hashtag instagram tersebut digunakan oleh 100 juta postingan, sehingga peluang konten masuk ke dalam daftar pencarian teratas sedikit.

Bandingkan apabila anda menggunakan hastag instagram spesifik namun mendeskripsikan produk yang anda jual, maka akan lebih membantu untuk menaikkan konten instagram yang telah anda unggah.

pexels katie harp 6083737

Cara Menggunakan Hashtag Instagram

Kreator bisa menggunakan dua cara dalam menggunakan hashtag instagram, mencari tagar yang relevan dengan topik yang akan diunggah atau membuat branded hashtag sendiri.

Ketika anda ingin menggunakan hashtag instagram yang relevan, maka anda bisa mencari tagar yang selaras dengan topik atau industri yang anda jalani.

Sedangkan saat membuat branded hashtag, maka anda bisa membuat tagar yang sesuai dengan tema yang akan anda gunakan serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Namun, jika anda ingin menggunkan hashtag instagram yang telah tersedia atau membuat tagar sendiri, maka beberapa tips berikut bisa anda coba untuk mengoptimalkan hashtag yang akan anda gunakan.

Pilih Tipe Hashtag Instagram yang Sesuai

Saat akan memilih atau membuat hashtag instagram yang sesuai, maka pastikan dulu anda mengetahui beberapa jenis tagar yang populer, diantaranya adalah :

Hashtag Produk atau Layanan

Salah satu cara untuk mencari produk atau layanan teretntu di instagram adalah menggunakan tagar dengan nama barang tertentu, seperti #handbag atau #shoesrun.

Nah, jika anda ingin menggunakan hashtag produk atau layanan tertentu, maka anda bisa menggunakan nama produk yang lebih spesifik, seperti #taswanitamurah atau #taswanitabranded.

Penggunaan hashtag instagram yang lebih spesifik, akan memudahkan anda menjangkau konsumen yang mencari dengan kata kunci khusus

Hashtag Komunitas Tertentu

Instagram tidak hanya digunakan sebagai media promosi, namun sebagai tempat berkumpul komunitas tertentu yang memiliki minat yang sama.

Contohny adalah hashtag instagram #bookclubofinstagram, yang berisi kegiatan pecinta buku untuk menemukan komunitas baca di instagram.

Apabila anda ingin menyasar komunitas tertentu pada event yang akan anda adakan maka hashtag komunitas tersebut bisa anda gunakan untuk menjangkau orang-orang yang memiliki minat sama.

Hashtag Hari Raya

Pada momen-momen tertentu, biasanya anda akan merayakan hari raya besar keagamaan yang dirayakan oleh banyak orang, seperti idul fitri atau natal.

Anda juga bisa menggunakan hashtag hari raya untuk memberikan ucapan pada konsumen yang merayakan hari besar tersebut.

Tidak hanya itu, pemakaian hashtag hari raya juga bisa anda manfaatkan dengan mengunggah konten yang terkait dengan hari raya tersebut.

Slah satu contohnya adalah tagar #ootdidulfitri yang bisa anda guankan untuk mengunggah konten mix and match busana muslim untuk memperingati hari raya lebaran.

Hashtag Lokasi

Bagi usaha kecil yang tengah mempromosikan produk dan brand yang dimiliki, maka menggunakan hashtag lokasi penting untuk membantu calon konsumen anda menemukan produk atau brand anda di tempat tersebut.

Penggunaan hashtag lokasi yang sesuai juga bisa diguanakan untuk menjangkau konsumen terdekat sebelum menjangkau pelanggan di tempat yang lebih jauh.

Hashtag Sehari-hari

Jumlah hari dalam seminggu juga bisa anda manfaatkan untuk hashtag instagram yang mencerminkan suasana hati seseoang di hari tertentu.

Salah satunya adalah tagar #sundayfunday atau #jumatberkah, yang menggambarkan hari minggu yang ceria atau jumat yang penuh keberkahan.

Berbagai hashtag instagram tersebut juga bisa anda gunakan untuk membuat konten motivasi yang relevan, seperti cara produktif di hari senin atau tips agar semangat di hari senin.

Hashtag yang Relevan

Pada pemakaian hashtag satu ini, anda tidak hanya menggunakan satu jenis tagar saja namun menggabungkan beberapa tagar menjadi satu, seperti hashtag produk dan komunitas.

Penggabungan hashtag instagram ini digunakan untuk menjangkau komunitas tertentu di instagram, untuk melirik layanan atau produk yang anda promosikan.

Hashtag Akronim

Pernahkah anda menggunakan hashtag instagram seperti #OOTD, #TGIF, atau #TBT? Penggunaan tagar tersebut berisi akronim singkatan dari beberapa kata yang digabung menjadi satu.

Pemakaian hashtag akronim sendiri bisa digunakan untuk brandes hashtag bagi promosi campaign yang anda lakukan, sehingga mudah untuk diingat dan digunakan oleh kosnumen anda saat mengunggah konten yang berisi ulasan produk.

Hashtag Emoticon

Dalam pemakaian hashatag instagram, anda tidak hanya menggunakan kata atau angka tertentu namun emoticon juga bisa digunakan sebagai variasi tagar yang unik.

Memasukkan emoticon ke dalam hashtag insatgram juga akan membuat caption anda terlihat ekspesif, lucu, dan menggemaskan.

Jumlah Hashtag Instagram

Sebelum mengunggah sebiah konten instagram, tentunya anda akan diminta untuk mengisi caption instagram, dimana anda bisa menuliskan kalimat yang dapat memancing konsumen untuk melakukan interaksi atau membeli produk yang anda jual.

Jumlaah kata di instagram caption yang cukup banyak, juga memungkinkan kretor untuk menambahkan hashtag instagram yang relevan dengan jumlah tagar yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Di instagram sendiri, anda bisa memasukkan hingga 30 hashtag instagram pada konten instagram feed atau 10 tagar di postingan story. Namun, jika anda menambahkan jumlah tagar yang lebih banyak maka postingan anda tidak bisa di unggah di instagram.

Meskipun begitu, anda tidak bisa menggunakan semua hashtag instagram secara bersamaan, cukup memilih tagar yang relevan dengan produk serta industri yang anda jalani guna memudahkan konsumen dalam menemukan konten instagram yang telah anda unggah.

Agar penggunaan hashtag instagram lebih optimal, maka anda bisa menggunakan 1-3 tagar yang berisi branded hashtag, produk, serta industri yang anda ikuti.

Tidak hanya itu, anda juga perlu melakukan uji coba untuk mengetahui jumlah hastag instagram yang sesuai untuk jangkauan konten instagram yang anda buat.

Pastika juga untuk mengubah hashtag instagram sesuai dengan topik dan produk di konten instagram yang akan anda unggah.

Cek Hashtag Instagram yang Digunakan Oleh Kompetitor

Saat merancang strategi konten instagram, tentunya anda tidak ingin memiliki kesamaan dengan kompetitor lain yang akan membuat promosi anda kurang dilirik oleh orang lain.

Namun, anda bisa melhat hashtag instagram yang kompetitor gunakan untuk mengintip strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor lain.

Mungkin saja, anda bisa menambahkan hashtag instagram yang sesuai di konten insatgram anda, atau menghindari tagar yang sama dengan kompetitor, agar performa konten anda menjadi lebih baik saat menggunakan tagar yang berbeda.

Gunakan Hashtag Instagram yang Telah Digunakan Audience

Tidak hanya menganalisa hashtag instagram yang diguankan oleh kompetitor, namun anda juga bisa melihat tagar yang bisa digunakan oleh audience.

Jika audience anda menggunakan tagar yang sama, maka orang lain juga mungkin untuk menggunakannya untuk tujuan yang sama.

Dengan penggunaan tagar instagram yang sama, maka anda akan lebih mudah menemukan komunitas di instagram yang memiliki minat yang sama, sehingga bisa anda targetkan untuk calon konsumen selanjutnya.

Guna mencari tagar yang biasa digunakan oleh konsumen anda, maka anda bisa mencari pengikut akun anda yang memiliki jumlah followers yang cukup banyak, sehingga anda bisa menganalisa tagar yang biasa digunakan saat mengunggah konten.

Namun, cara tersebut akan memakan waktu lama sehingga menghabiskan waktu kreator untuk mencari satu persatu pengikut yang memiliki jumlah followers cukup banyak.

Karenanya, anda bisa menggunakan kolom pencarian instagram kemudian mencari beberapa tagar yang relevan untuk melihat hashtag yang biasa digunakan dan diikuti sehingga bisa anda gunakan untuk optimasi konten social media.

Agar hasil pencarian tagar instagram lebih efektif, maka anda bisa melakukan pencarian melalui handphone dibandingkan dekstop.

Gunakan Hashtag yang Relevan

Pada halaman pencarian instagram, saat mencari tagar tertentu, maka anda juga akan diberikan rekomendasi tagar yang bisa digunakan sebagai referensi hashtag di postingan yang akan anda ungah.

Cara ini bisa digunakan untuk menemukan tagar yang relevan dengan komunitas anda sehingga memudahkan dalam menargetkan konsumen, dibandingkan memakai tagar yang memiliki postingan terbanyak.

Penggunaan tagar yang sesuai dan banyak digunakan oleh konsumen, akan memudahkan anda dalam bersaing dengan kompetitor lain yang memiliki jumlah pengikut lebih banyak serta membuka peluang untuk melakukan interaksi dengan komunitas yang sesuai.

Buat Branded Hashtag

Pada promosi campaign di instagram, biasanya kreator juga akan membuat branded hashtag tertentu agar bisa diakses oleh konsumen.

Dengan adanya branded hashtag, juga akan memudahkan pengguna instagram yang mencari informasi mengenai produk tertentu sebelum akhirnya tertarik untuk membeli di website marketplace.

Tidak hanya itu, hashtag terbaik di instagram adalah tagar yang anda buat sendiri yang digunakan untuk proses promosi dalam jangka waktu tertentu.

Anda juga bisa mengizinkan audience untuk mengetahui branded hashtag yang anda gunakan dengan meletakkannya di instagram bio atau mencantumkannya di caption instagram feed atau story.

Keberadaan branded hashtag juga bisa anda gunakan saat mengadakan kontes giveaway tertentu, sehingga dapat memudahkan dalam melihat konten dengan engagement tertinggi serta mengidentifikasi peserta yang mengikuti lomba yang anda adakan.

Pastikan juga anda mengikuti branded hashtag, baik di instagram atau platform sosial media lainnya, sehingga anda bisa memantau apakah tagar tersebut sudah digunakan dengan baik dan menjangkau konsumen yang anda inginkan.

Anda juga memiliki kesempatan untuk mengunggah kembali konten instagram yang memiliki interaksi tertinggi ke akun instagram anda untuk mendekatkan diri dengan target konsumen yang anda inginkan.

Untuk mengikuti suatu hashtag di instagram, anda hanya perlu melakukan klik pada ikon follow di tagar tertentu.

Analisa Hashtag Melalui Insight Instagram

Sebelum memilih hashtag instagram, maka penting untuk menganalisa kinerja masing-masing tagar untuk membantu konten anda menjangkau konsumen yang lebih luas.

Guna menganalisa kinerja hashtag di instagram, anda bisa mengubah akun instagram pribadi menjadi akun business untuk memanfaatkan layanan insight instagram.

Berikut tutorial menganalisa kinerja hashtag melalui fitur insight instagram :

  • Masuk ke aplikasi instagram, kemudian pada halaman profile instagram, masuklah ke menu insight instagram.
  • Pilih konten instagram yang memiliki kinerja terbaik, dan klik pada ikon view insights di bagian kiri postingan.
  • Pada bagian ini, anda bisa melihat performa konten instagram termasuk hashtag yang telah digunakan.
  • Beberapa data tersebut akan membantu anda dalam melihat hashtag instagram yang efektif untuk meningkatkan jangkauan instagram.

Hindari Banned atau Spam Hashtag

Pernahkah anda menemukan komentar dengan tagar #lfl #followtofollow dan lainnya saat anda mengunggah konten di instagram?

Tagar tersebut biasanya digunakan oleh banyak pengguna instagram untuk menaikkan interaksi konten dengan menggunakan hashtag tertentu.

Sayangnya, meskipun tagar tersebut digunakan oleh banyak orang, namun jenis tagar tersebut cenderung dihindari karena menimbulkan efek spam yang tidak disukai oleh instagram karena dapat merubah kinerja algoritma yang anda gunakan.

Sehingga, anda bisa menghindari jenis tagar spam agar konten anda tidak dihapus oleh isntagram sehingga merugikan untuk promosi atau interaksi dengan konsumen.

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/instagram-hashtags/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.