cara menghapus akun instagram

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen atau Sementara

Berikut ini rangkuman tentang cara menghapus akun Instagram secara permanen maupun sementara bagi Anda yang memutuskan untuk menghapus akun Instagram.

Bagaimana cara menghapus akun Instagram? Ada beragam alasan bagi seseorang untuk menghapus akun Instagram miliknya.

Instagram adalah salah satu platfrom media sosial yang cukup besar. Pada media sosial ini, para pengguna bisa membagikan berbagai foto, video, carousel, dan berinteraksi dengan sesama penggunanya.

Media sosial ini adalah platform berbasis visual, berbeda dengan Facebook dan Twitter yang mengandalkan teks. Oleh sebab itu, keseluruhan estetika profil sangat berpengaruh untuk menarik pengikut atau audiens.

Aplikasi ini sangat populer di dunia, terutama bagi kalangan dewasa muda. Jumlah pengguna aktif Instagram per kuartal pertama 2021 mencapai 1,07 miliar pengguna.

Dikutip dari Statisca.com, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah pengguna Instagram tertinggi sebanyak 93 juta. Peringkat pertama ditempati oleh India dengan jumlah 180 juta pengguna.

Hingga Juli 2021, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 91,77 juta pengguna dengan rentang usia terbanyak 18 sampai 24 tahun, sebanyak 36,4% dari keseluruhan.

Peringkat Instagram di Indonesia menempati urutan ketiga sebagai media sosial yang paling banyak digunakan. Peringkat pertama ditempati oleh Youtube, dan diikuti Whatsapp.

Tidak hanya untuk berbagi konten visual saja, Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk berbagai keperluan. Contohnya seperti membangun bisnis online dengan memanfaatkan platform Instagram.

Anda dapat membangun branding perusahaan Anda dan menjangkau konsumen lebih luas. Selain itu, Anda dapat mempermudah komunikasi dengan konsumen untuk melakukan riset pasar.

Platform media sosial satu ini juga bisa digunakan sebagai media personal branding. Anda dapat mengunggah karya atau portofolio untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki.

Media sosial satu ini juga terus mengembangkan fitur-fitur yang menarik, mulai dari Instagram Question, Sticker, Instastory, berbagai filter yang menarik, dan lain sebagainya.

Tidak hanya potensial untuk mengembangkan bisnis, Instagram juga tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu dan mencari hiburan. Bagaimana tidak? Semua pengguna dari seluruh dunia bisa membagikan konten.

Tidak hanya itu, konten yang dibagikan pun beragam. Mulai dari komedi, komik, cerita pendek, dan masih banyak lagi. Hiburan di media sosial satu ini seperti tidak ada habisnya.

Ada berbagai macam alasan yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk menghapus akun Instagram miliknya.

Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh media sosial satu ini adalah kecanduan. Seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa sadar berselancar di Instagram, menikmati berbagai jenis konten hiburan yang tersedia.

Hal tersebut tentu akan menimbulkan dampak yang negatif bagi kesehatan mental seseorang. Selain itu, tekanan sosial bisa saja datang dari platform satu ini.

Pada bidang personal branding maupun penggunaan pribadi, Instagram digunakan sebagai media untuk berbagi konten visual seperti foto dan video.

Dalam hal berbagi konten, tentu seseorang akan menunjukkan versi terbaik dari foto maupun video tersebut. Tekanan sosial bisa terjadi apabila seseorang terus menerus terpapar pada persona tertentu.

Akan muncul kecenderungan atau tekanan tertentu untuk mengikuti persona tersebut. Tekanan sosial seperti ini juga akan berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membatasi atau menjauhi penggunaan media sosial Instagram dengan cara menghapus akun Instagram.

Ada kalanya juga, ketika sudah membuat sebuah akun Instagram, justru tidak bisa digunakan secara optimal. Karena sudah tidak aktif, maka salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan cara menghapus akun Instagram tersebut.

Lalu, bagaimana jika di waktu yang akan datang Anda ingin menggunakan kembali akun yang sudah dihapus tersebut? Nah, alternatifnya adalah dengan cara menghapus akun Instagram tersebut secara sementara atau menonaktifkan sementara.

Berikut ini adalah cara menghapus akun instagram secara permanen dan sementara yang telah kami rangkum untuk Anda.

cara menghapus akun instagram

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

Ada dua jenis cara menghapus akun Instagram, yaitu secara permanen dan sementara. Penghapusan Instagram secara sementara dapat disebut nonaktifkan atau deactivate.

Nah, berikut adalah panduan lengkap untuk masing-masing cara menghapus akun Instagram.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Sebelum melakukan cara ini, Anda harus mengetahui bahwa akun yang dihapus secara permanen tidak dapat dipulihkan kembali.

Dengan menghapus akun secara permanen, data-data pribadi seperti foto dan video yang telah Anda unggah, followers, following, dan semua arsip unggahan Anda juga akan terhapus.

Selain itu, Anda akan kehilangan hak untuk memakai username yang sama jika suatu hari nanti memiliki keinginan untuk membuat akun Instagram kembali.

Jadi, lakukanlah cara ini bila Anda sudah benar-benar yakin dengan keputusan untuk berhenti menggunakan media sosial Instargram.

Ada dua alternatif cara menghapus akun Instagram secara permanen, yaitu menggunakan web browser dan menggunakan aplikasi.

Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Browser

Anda bisa menghapus akun Instagram secara permanen melalui browser PC, laptop, smartphone maupun tablet. Berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen lewat website.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun yang ingin dihapus. Setelah itu kunjungi link penghapusan akun Instagram berikut ini Delete Instagram Account.

Setelah itu pilih menu Manage Your Account kemudian dilanjutkan dengan memilih Delete Your Account. Akan muncul halaman seperti di bawah ini.

1

Pilih salah satu alasan Anda menonaktifkan akun dengan menekan tanda panah ke bawah pada kolom yang tersedia. Baca dan pelajari terlebih dahulu beberapa keterangan yang ditimbulkan setelah Anda menghapus akun Instagram secara permanen.

Jika sudah menentukan alasan dan konsekuensi yang akan diterima, Anda akan diminta memasukkan password sebagai bentuk autorisasi bahwa Anda adalah benar-benar pemilik akun tersebut.

2

Setelah itu klik Permanently Delete My Account. Selanjutnya Anda akan diarahkan kembali ke halaman login.

Pada tahap ini, akun Anda telah berhasil dihapus. Namun, data akun Anda masih tetap tersimpan di server Instagram dalam jangka waktu 30 hari setelah tanggal penghapusan akun.

Peraturan ini sebagai bentuk antisipasi apabila nantinya Anda berubah pikiran dan ingin mengembalikan akun Anda. Akun tersebut bisa dipulihkan jika masih dalam jangka waktu tersebut.

Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Aplikasi

Selain menggunakan browser, ada cara menghapus akun Instagram lainnya yaitu melalui aplikasi di smartphone Anda.

Namun, Anda tidak bisa menghapus akun Anda secara segera melalui aplikasi. Cara ini adalah salah satu alternatif yang mempermudah Anda dalam mengakses halaman penghapusan akun.

Berikut cara menghapus akun Instagram secara permanen melalui aplikasi.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Instagram di smartphone Anda, setelah itu login ke akun yang akan dihapus.

Jika sudah, klik tanda tiga garis horizontal yang berada di pojok kanan atas profil Anda. Setelah itu, pilih menu Settings yang muncul di bagian bawah.

5 6

Pilih menu Help, kemudian klik opsi Help Center. Anda akan diarahkan ke halaman browser Help Center Instagram. Klik tanda tiga baris horizontal di pojok kanan, kemudian pilih menu Manage Your Account.

8

Setelah itu, klik opsi Delete Your Accounts. Anda akan melihat beberapa pertanyaan yang ditampilkan, pilih How do I delete my Instagram account? kemudian klik tautan Delete Your Account.

9

Anda akan diarahkan ke halaman penghapusan akun seperti sebelumnya. Isi alasan menghapus akun lalu masukkan password Anda.

Cara ini akan mempermudah Anda dalam menghapus akun Instagram, mengingat tautan halaman penghapusan akun tidak disediakan secara langsung oleh Instagram.

Anda dapat mengaksesnya melalui menu Help Center di aplikasi Instagram. Tidak ada perbedaan yang begitu jauh antara cara menghapus akun Instagram menggunakan website maupun aplikasi.

Akun Instagram Anda akan terhapus secara permanen dalam jangka waktu 30 hari setelah tangga penghapusan akun. Anda tetap bisa memulihkan akun jika berubah pikiran dalam jangka waktu tersebut.

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara

Lalu, bagaimana jika Anda tidak ingin kehilangan data-data akun atau hanya ingin rehat sejenak dari media sosial? Anda dapat menggunakan alternatif cara menghapus akun Instagram secara sementara.

Cara ini juga bisa disebut sebagai menonaktifkan atau deactivate akun Instagram. Dengan cara ini, akun Anda tidak akan muncul di Instagram ketika Anda menonaktifkannya namun data-data akun tetap akan aman.

Cara ini hampir mirip dengan menghapus akun Instagram secara permanen. Akan lebih mudah untuk menghapus akun Instagram melalui browser di PC atau smartphone.

Berikut cara menonaktifkan sementara akun Instagram Anda.

Langkah pertama adalah buka Instagram melalui browser Anda dengan alamat https://www.instagram.com kemudian login ke akun yang ingin dihapus.

3

Klik ikon profil di pojok kanan atas, kemudian pilih menu Settings. Anda akan diarahkan ke halaman Edit Profile. Pada halaman ini, scroll halaman sampai paling bawah, Anda akan menemukan opsi Temporarily disable my account, pilih opsi tersebut.

4

Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan alasan dan password akun ke kolom yang tersedia. Untuk memilih alasan, klik tanda panah ke bawah di sebelah kolom.

Jika sudah, masukkan password akun sebagai bentuk autorisasi bahwa Anda adalah benar-benar pemilik Akun tersebut.

Jika kedua kolom sudah terisi, selanjutnya klik Temporarily Disable Account untuk menonaktifkan akun Anda.

5

Ketika akun dinonaktifkan, profil Anda tidak akan muncul di Instagram. Artinya, orang lain tidak bisa mencari akun Instagram Anda. Video atau foto, komentar, serta pesan yang Anda kirim juga tidak akan dimunculkan.

Namun, data-data tersebut tidak akan terhapus. Ketika akun Anda diaktifkan kembali, maka seluruh konten, komentar, followers, dan data lainnya akan kembali dimunculkan.

Untuk mengaktifkan kembali akun tersebut cukup mudah, Anda hanya perlu login ke akun tersebut.

Nah, itulah cara menghapus akun Instagram baik secara permanen ataupun sementara. Anda dapat menggunakan cara tersebut jika merasa bosan atau butuh beristirahat dari segala aktivitas media sosial.

Menghapus akun Instagram bukanlah hal krusial, Anda dapat melakukannya dengan alasan apapun. Terlebih lagi di era digital seperti saat ini, tuntutan sosial tidak hanya datang dari lingkungan sekitar, tetapi juga dari media sosial.

Semua orang bisa mengatur apa saja yang ingin mereka tampilkan di media sosial. Jika tidak difilter dengan baik, hal tersebut akan berdampak negatif pada kesehatan mental.

Terlebih, pergaulan di dunia virtual berbeda dengan menjalin pertemanan di dunia nyata. Membatasi seperlunya tentu dibutuhkan untuk kebaikan diri sendiri.

Kendati demikian, Instagram adalah platform besar dengan berbagai macam peluang, termasuk dalam berbisnis. Dengan memanfaatkannya dengan tepat, bukan tidak mungkin Anda dapat mendulang sukses dari platform media sosial satu ini.

Nah, apabila Anda tertarik dengan strategi pemasaran melalui media sosial, Anda dapat mengunjungi Social Media Marketer untuk membaca artikel mengenai berbagai tips berbisnis di media sosial.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.