8 cara promosi di instagram

8 Cara Promosi di Instagram, Ampuh Bikin Bisnis Terkenal!

Cara promosi di Instagram yang tepat akan membuat bisnis Anda dikenal oleh banyak orang. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini!

Bagaimana cara promosi di Instagram? Jika Anda menggunakan strategi pemasaran melalui media sosial, Instagram adalah salah satu platform yang patut dipertimbangkan.

Strategi pemasaran kini semakin berkembang dan beragam. Terutama pada era digital seperti saat ini, media untuk mempromosikan produk barang dan jasa sering dilakukan secara online.

Kemudahan pada era digital tentu membawa banyak kelebihan bagi para pelaku bisnis. Dengan beragamnya media promosi, maka peluang untuk menjangkau konsumen pun terbuka lebar.

Salah satu bentuk pemasaran digital yang berpotensi besar adalah strategi pemasaran melalui media sosial atau sering disebut dengan social media marketing.

Social media marketing atau sering disingkat SMM, adalah bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan suatu produk barang atau jasa.

Bentuk promosi yang dilakukan biasanya berupa postingan teks, gambar, video, maupun bentuk konten lainnya yang berisi materi promosi produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Meningkatnya popularitas media sosial belakangan ini merupakan kesempatan yang baik bagi Anda memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis. Social media marketing akan membantu Anda mempelajari langkah-langkah yang harus dilakukan.

Social media marketing tidak hanya dimanfaatkan sebagai media promosi, tapi juga menjadi ajang bagi brand untuk menjangkau konsumen dan calon konsumen.

Melalui media sosial, sebuah brand dapat berinterksi langsung dengan konsumen, mengetahui keluhan, mempelajari selera pasar, hingga membangun kepercayaan konsumen.

Di Indonesia sendiri, potensi media sosial sangat tinggi. Terdapat sekitar 160 juta pengguna media sosial yang aktif dalam rentang usia terbanyak 24-25 tahun berdasarkan data yang dilansir oleh WeAreSocial.

Informasi tersebut tentu mendukung pernyataan bahwa strategi pemasaran melalui media sosial patut dipertimbangkan apabila Anda ingin memperluas jangkauan bisnis Anda.

Setiap platform media sosial yang digunakan sebagai media promosi tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Contohnya Twitter, yang berfokus pada konten berupa teks, dan TikTok yang berbasis video pendek.

Strategi promosi yang tepat pada media sosial yang tepat pula akan menghasilkan perkembangan bisnis yang baik pula.

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang potensial sebagai media promosi bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara promosi di Instagram? Yuk simak pembahasan berikut ini.

cara promosi di instagram

Instagram untuk Bisnis Anda

Sebelum membahas tentang cara promosi di Instagram, kami akan membahas terlebih dahulu mengapa Anda harus menggunakan Instagram sebagai media promosi Anda.

Salah satu media sosial yang patut Anda pertimbangkan sebagai media promosi adalah Instagram. Instagram adalah salah satu platfrom media sosial yang cukup besar.

Pada media sosial ini, para pengguna bisa membagikan berbagai foto, video, carousel, dan berinteraksi dengan sesama penggunanya.

Media sosial ini adalah platform berbasis visual, berbeda dengan Facebook dan Twitter yang mengandalkan teks. Oleh sebab itu, keseluruhan estetika profil sangat berpengaruh untuk menarik pengikut atau audiens.

Aplikasi ini sangat populer di dunia, terutama bagi kalangan dewasa muda. Jumlah pengguna aktif Instagram per kuartal pertama 2021 mencapai 1,07 miliar pengguna.

Dikutip dari Statisca.com, Indonesia menempati peringkat keempat sebagai negara dengan jumlah pengguna Instagram tertinggi sebanyak 93 juta. Peringkat pertama ditempati oleh India dengan jumlah 180 juta pengguna.

Hingga Juli 2021, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 91,77 juta pengguna dengan rentang usia terbanyak 18 sampai 24 tahun, sebanyak 36,4% dari keseluruhan.

Peringkat Instagram di Indonesia menempati urutan ketiga sebagai media sosial yang paling banyak digunakan. Peringkat pertama ditempati oleh Youtube, dan diikuti Whatsapp.

Tidak hanya untuk berbagi konten visual saja, Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk berbagai keperluan. Contohnya seperti membangun bisnis online dengan memanfaatkan platform Instagram.

Anda dapat membangun branding perusahaan Anda dan menjangkau konsumen lebih luas. Selain itu, Anda dapat mempermudah komunikasi dengan konsumen untuk melakukan riset pasar.

Instagram menempati posisi ketiga dengan jumlah pengguna sebanyak 1 miliar per bulan dengan demografi terbesar antara 25-34 tahun. Persentase gender pengguna Instagram terbagi menjadi 43% laki-laki dan 57% perempuan.

Fitur yang ada pada Instagram sangat beragam dan menarik, sehingga kemungkinan konten yang dapat diproduksi juga variatif. Anda dapat membuat konten berupa foto, video, maupun carousel untuk bisnis Anda.

Selain itu, Instagram memiliki fitur tersendiri untuk akun Instagram Bisnis yang menyajikan data analisis lengkap performa akun atau konten Anda.

Oleh sebab itu, Instagram adalah platform yang potensial apabila Anda ingin mengembangkan bisnis dengan cara mempromosikan produk barang atau jasa Anda di media sosial satu ini.

Dengan cara promosi di Instagram yang tepat, maka Anda akan dapat mencapai target bisnis Anda secara tepat pula. Bagaimana cara promosi di Instagram?

Kami telah merangkum beberapa cara promosi di Instagram yang bisa Anda coba.

Cara Promosi di Instagram

Ada beberapa strategi cara promosi di Instagram yang berpotensi membantu Anda meraih target bisnis Anda. Cara promosi di Instagram ini penting bagi para pelaku bisnis.

Anda dapat meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, membangun interaksi dengan konsumen, hingga menciptakan loyalitas konsumen dengan cara promosi di Instagram yang tepat.

Apa saja cara promosi di Instagram yang ampuh? Simak poin-poin di bawah ini.

Akun Bisnis

Sebenarnya, platform media sosial satu ini telah memberi fasilitas bagi para pelaku bisnis untuk cara promosi di Instagram. Media sosial satu ini menyediakan dua jenis akun, yaitu akun personal dan akun bisnis.

Jika Anda ingin menggunakan Instagram sebagai media promosi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah akun Instagram dari akun personal menjadi Instagram Bisnis.

Dengan cara tersebut, Anda dapat mengelola akun Anda secara lebih profesional. Berbeda dengan akun personal, akun Instagram Bisnis memiliki lebih banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

Salah satunya adalah dengan cara promosi di Instagram. Akun Instagram Bisnis memungkinkan pelaku bisnis mendapatkan informasi traffic dan engagement antara pemilik akun dengan audiens atau calon konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa membaca data demografi followers mulai dari jam berapa mayoritas followers Instagram Anda aktif, hingga rentang usia followers di akun Anda.

Informasi tersebut akan berguna sebagai data riset Anda dalam menentukan strategi yang tepat di akun media sosial Anda. Dengan informasi tersebut, Anda dapat menentukan langkah yang tepat dalam strategi pemasaran bisnis Anda.

1

Cara mengubah akun personal menjadi akun bisnis juga cukup mudah. Pertama, buka halaman profil akun Anda. Kemudian, klik ikon tiga garis yang terletak di pojok kanan atas.

2

Klik Setting lalu pilih menu Account. Selanjutnya, scroll ke bawah sampai menemukan opsi Switch to Professional Account. Pilih opsi tersebut, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman Instagram selanjutnya.

3

Anda akan diminta memilih beberapa opsi kategori akun. Anda dapat memilih kategori akun yang dirasa sesuai dengan bisnis Anda. Klik Done untuk lanjut ke langkah berikutnya.

4

Pada halaman selanjutnya, tersedia dua opsi, Creator dan Business. Apabila Anda ingin melakukan promosi pada bisnis Anda, pilih opsi Business. Selanjutnya, klik Next.

5

Masukkan informasi kontak yang diperlukan untuk memudahkan konsumen menghubungi Anda. Kemudian klik Next. Langkah selanjutnya adalah Anda dapat melakukan penyesuaian pada akun Anda.

Pada tahap ini, akun personal Anda sudah berubah menjadi akun bisnis. Selanjutnya, Anda tinggal menyusun cara promosi di Instagram Anda dengan maksimal.

Lengkapi Informasi di Bio Instagram

Salah satu cara promosi di Instagram yang harus Anda perhatikan adalah informasi yang tersedia di bio Instagram. Menyajikan informasi yang lengkap di bio Instagram adalah langkah yang penting.

Informasi tersebut dapat mencakup nama brand Anda, kontak perusahaan Anda, dan masih banyak lagi. Dengan memberikan informasi yang lengkap, akun bisnis Anda akan terlihat lebih profesional.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan branding atau membangun brand awareness terhadap calon konsumen dengan menyajikan informasi di bio Instagram dengan lengkap.

Beberapa informasi yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan untuk dimasukkan dalam bio Instagram adalah sebagai berikut:

Nama Brand

Informasi ini dapat ditemukan pada username atau nama akun yang terletak di atas bio Instagram. Pastikan Anda menggunakan username atau nama brand yang mudah diingat dan unik.

Dengan begitu, calon konsumen yang baru mengetahui tentang brand Anda memiliki kemungkinan yang besar untuk mengingat brand Anda.

Deskripsi

Buatlah deskripsi yang singkat dan jelas mengenai bisnis atau produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Link

Komponen satu ini sangat penting. Anda dapat memasukkan link menuju situs atau marketplace bisnis Anda, serta link menuju kontak informasi seperti Whatsapp, Line, atau Telegram.

Namun sayangnya, Instagram hanya menyediakan satu kolom untuk mengisi satu link saja. Anda dapat menggunakan linktree untuk meringkas semua link yang Anda butuhkan.

Foto Profil

Foto profil pada akun bisnis Anda juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Anda dapat memasang logo bisnis, maskot, atau produk Anda agar terlihat profesional dan kredibel.

7

Konten yang Menarik dan Konsisten

Sebelum mulai menerapkan cara promosi yang tepat, mulailah dulu dengan konten yang menarik. Cara promosi di Instagram yang paling visual adalah konten.

Pastikan konten yang diunggah menarik secara visual agar bisa mencuri perhatian calon konsumen. Selain itu, pilihlah tema konten yang sesuai dan relevan dengan target pasar serta produk.

Tidak hanya itu, Kualitas konten tentu menjadi salah satu poin terpenting jika Anda ingin melakukan promosi Instagram. Pastikan konten yang Anda buat menarik dan memicu audiens untuk berinteraksi.

Sehingga, ketika seseorang melihat konten Anda di halaman explore, mereka akan tertarik dan mengunjungi halaman profil akun bisnis Anda. Pada tahap tersebut, Anda telah melakukan langkah brand awareness.

Konten yang Anda buat bisa berupa foto, video, maupun carousel, tergantung materi promosi yang ingin disampaikan. Anda juga bisa memperhatikan halaman Instagram brand besar sebagai bahan riset.

Biasanya, brand besar konsisten mengatur halaman profil mereka dengan tema tertentu. Tema tersebut misalnya bisa dengan animasi atau dilihat dari warna dominan di situs atau logo bisnis yang Anda miliki.

Tidak hanya dari segi desain, Anda juga perlu konsisten dalam hal jadwal unggah konten. Untuk mengetahui waktu optimal mengunggah konten, Anda dapat mempelajarinya dari fitur insight.

Tentukan apakah konten yang Anda buat untuk Instagram bisnis Sobat akan diunggah sekali atau dua kali sehari, atau lebih. Dengan konsistensi seperti ini, sobat akan memperbesar kemungkinan interaksi dan engagement dengan calon pelanggan.

Tentukan apakah konten yang Anda buat untuk Instagram bisnis Anda akan diunggah sekali atau dua kali sehari, atau lebih. Selain itu, cobalah untuk konsisten mengunggah konten sesuai jadwal pada waktu yang optimal.

Dengan begitu, peluang bisnis Anda diketahui oleh calon konsumen akan semakin besar.

8

Instagram Ads

Jika Anda telah mengatur halaman profil dan konten yang akan diunggah, artinya cara promosi di Instagram yang satu ini sudah bisa Anda lakukan.

Instagram ads adalah salah platform beriklan di Instagram untuk menjangkau target yang lebih luas. Platform ini mengandalkan visual berupa gambar atau video untuk menarik perhatian target.

Instagram ads juga bisa memilih target pasar lebih spesifik. Selain digunakan untuk berjualan di toko Instagram, IG ads juga dapat membantu meningkatkan exposure untuk brand Anda.

Salah satu syarat penting agar dapat beriklan di Instagram adalah akun Anda harus terhubung dengan laman Facebook dengan profil yang sama. Selanjutnya, tentukan target audiens dan budget untuk iklan Anda.

Anda juga dapat menentukan jadwal dan penempatan iklan Anda. Dengan begitu, iklan yang dipasang akan jauh lebih efektif dan tepat sasaran.

Ada beberapa jenis format Instagram Ads yang bisa Anda pilih, di antaranya yaitu carousel, single image, slideshow, video, lead ads, dan stories ads. Jika sudah, Anda hanya perlu melanjutkan ke tahap pembayaran dan menunggu persetujuan dari Instagram.

Selain menggunakan fitur yang tersedia sebagai cara promosi di Instagram, Anda dapat menggunakan alternatif paid promote atau endorsement untuk mempromosikan bisnis Anda.

Paid promote atau promosi berbayar adalah salah satu strategi promosi yang memanfaatkan beberapa akun untuk mempromosikan bisnis Anda.

Akun tersebut akan mempromosikan bisnis Anda dengan materi yang berasal dari Anda. Jadi, paid promote hanya berperan sebagai media promosi untuk menyebarkan informasi mengenai bisnis Anda.

Sementara untuk endorsement, Anda bisa bekerja sama dengan beberapa influencer terkenal di Instagram. Teknik promosi ini dilakukan melalui kerja sama antara pemilik produk dengan influencer atau public figure.

Biasanya produk yang diberikan kepada para influencer atau public figure tersebut diberikan sebagai pengganti uang tunai. Namun, ada beberapa influencer yang mengenakan tarif di luar barang tersebut.

Jadi, perbedaan antara paid promote dan endorsement adalah adanya keterlibatan produk barang yang dipromosikan.

Untuk memilih pihak yang akan diajak kerja sama, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti tingkat engagement akun tersebut. Jumlah followers tidak menentukan efektifitas iklan.

Jumlah engagement yang tinggi, terutama jika melebihi jumlah followers, menandakan bahwa akun tersebut dapat menjangkau banyak akun di luar followers-nya sendiri.

Selain itu, pastikan pula audiens atau followers dari akun yang akan Anda ajak kerja sama sesuai dengan target pemasaran produk bisnis Anda. Dengan begitu strategi promosi akan tepat sasaran.

9

Hashtag

Salah satu cara promosi di Instagram yang paling mudah, gratis, bahkan sangat cocok untuk pemula adalah penggunaan hashtag

Hashtag akan berguna bagi orang-orang yang melakukan pencarian Instagram secara spesifik. Dengan kata lain, hashtag dapat mempermudah orang untuk menemukan akun serta produk yang dijual di Instagram.

Anda dapat menambahkan hashtag setelah caption pada konten yang diunggah. Sertakan beberapa hashtag yang menggambarkan bisnis atau produk yang ditawarkan.

Calon konsumen bisa menemukan akun atau produk Anda jika mencari hashtag yang relevan dengan yang Anda gunakan pada postingan produk yang ditawarkan.

Untuk itu, sebelum meng-upload konten di Instagram, cobalah untuk riset berbagai keyword yang sekiranya banyak dicari oleh target pasar Anda sehingga apa yang Anda promosikan bisa lebih tepat sasaran.

Giveaway

Manfaatkan giveaway untuk mempromosikan produk anda. Giveaway dianggap lebih efektif karena memungkinkan pelanggan untuk mengenal dan mencoba produk secara gratis.

Pelanggan yang merasa puas, tidak akan segan-segan untuk melakukan repeat order, bahkan mempromosikan produk bahkan tanpa Anda minta.

Testimoni Pelanggan

Cara promosi di Instagram yang terakhir yang juga ampuh adalah dengan membagikan testimoni pelanggan. Membagikan testimoni pelanggan sebagai upaya meyakinkan prospek terhadap kualitas produk Anda.

Gunakan kesempatan ini dengan menanyakan pengalaman pelanggan setelah mencoba produk Anda. Jangan ragu untuk membagikannya atau repost ke Instagram toko online Anda.

Nah, itu dia 8 cara promosi di Instagram yang bisa bikin bisnis Anda terkenal! Selain strategi promosi, Anda tentu juga perlu memikirkan hal operasional dan produk yang ditawarkan dengan matang.

Dengan kombinasi tersebut, maka Anda akan memperoleh kepuasan pelanggan yang berdampak pada meningkatnya kepercayaan konsumen pada brand Anda.

Jangan lupa ikuti terus Social Media Marketer untuk tips pemasaran melalui media sosial lainnya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *