cara membuat linktree gratis dan mudah

Cara Membuat Linktree: Gratis dan Mudah untuk Bantu Promosi

Bagi Anda pemilik bisnis di era digital, tentu penggunaan media sosial sangat lekat untuk membantu promosi produk barang atau jasa Anda. Media sosial kini tidak hanya untuk berbagi foto dan video untuk hiburan saja.

Anda dapat memanfaatkannya sebagai sarana mempromosikan bisnis yang efektif dan efisien. Media sosial dapat membuat sebuah brand terhubung langsung dengan audiens.

Beberapa media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook memiliki jumlah pengguna yang besar, sehingga dapat menjangkau audiens secara luas. Selain itu, biasanya para pemilik bisnis juga memanfaatkan marketplace.

Marketplace juga bisa menjadi media untuk mempromosikan dan menjual sebuah produk barang atau jasa. Contoh beberapa marketplace yang populer seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain lain.

Sudah hal yang lumrah bagi pelaku bisnis untuk memiliki lebih dari satu media berbisnis online. Namun hal tersebut juga akan sedikit merepotkan untuk menginformasikan kepada konsumen.

Bagaimana agar konsumen mengetahui bahwa bisnis Anda tersedia di beberapa platform yang bisa mereka pilih? Salah satu solusinya yaitu dengan cara membuat linktree yang menghubungkan seluruh platform tersebut.

Linktree akan sangat memudahkan Anda untuk menginformasikan konsumen mengenai platform bisnis Anda lainnya. Selain itu, linktree juga dapat Anda gunakan sebagai cara untuk konsumen menghubungi Anda lewat platform lain.

Hanya dengan satu link saja, seseorang dapat mengakses berbagai platform seperti media sosial, marketplace, kontak informasi, dan hal lainnya tanpa perlu repot mengetik secara manual satu per satu.

Cara membuat linktree tidak sulit, kok. Anda dapat melakukannya dalam beberapa langkah saja. Namun sebelum membahas tentang cara membuat linktree, ketahui dulu tentang apa itu linktree dan mengapa Anda harus menggunakan linktree.

cara membuat linktree

Apa itu Linktree?

Sebelum membahas tentang cara membuat linktree, kita harus mengetahui apa itu linktree. Jika Anda seorang pelaku bisnis yang memiliki lebih dari satu platform untuk berbisnis, linktree adalah tools yang akan mempermudah Anda.

Linktree adalah layanan yang akan menampilkan menu berupa beberapa link penting yang terhubung langsung ke platform tersebut.

Linktree akan memuat semua tautan media sosial, marketplace, kontak, dan lain lain yang Anda masukkan dan terhubung langsung ke sana.

Layanan ini berupa satu tautan pendek yang ketika diklik akan mengarahkan Anda ke sebuah laman berupa kumpulan tautan yang sudah Anda masukkan.

Biasanya Anda menemukan linktree di halaman bio instagram. Layanan ini akan sangat mempermudah akses ke platform Anda yang lainnya. Biasanya linktree akan berupa tautan linktr.ee/namadomain

fb 1 edit

Sebagai contohnya, kami menggunakan linktree yang terdapat pada bio Instagram milik Facebook. Ketika Anda meng-klik tautan tersebut, Anda akan diarahkan ke sebuah halaman berupa kumpulan tautan.

Apabila tautan tersebut diklik, maka Anda akan diarahkan langsung ke situs yang dimaksud. Sehingga tidak perlu lagi mengetik alamat website yang ingin dituju satu per satu. Menarik, bukan?

Sekarang, apa kelebihan layanan ini? Mengapa para pelaku bisnis yang memiliki lebih dari satu platfrom penting untuk menggunakan linktree?

Manfaat Menggunakan Linktree

Setelah mengetahui apa itu linktree, kami akan membahas tentang apa saja kelebihan layanan ini bagi bisnis Anda sebelum lanjut ke cara membuat linktree.

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapat jika menggunakan layanan linktree:

Mengarahakan Audiens

Manfaat pertama yang akan didapat jika menggunakan layanan linktree adalah Anda dapat mengarahkan audiens dengan mudah. Contohnya adalah ketika Anda mengunggah video Youtube baru, kemudian ingin memberi tahu followers di Instagram.

Anda dapat menambahkan tautan video atau kanal Youtube di halaman linktree tersebut. Kemudian Anda hanya tinggal mengarahkan audiens untuk klik link yang ada di bio Anda.

Contoh lainnya adalah ketika Anda mengadakan promo potongan harga di Shopee. Kemudian informasi tersebut disampaikan lewat Instagram. Anda dapat dengan mudah mengarahkan Audiens untuk mengakses linktree Anda.

Manfaat ini akan sangat terasa apabila terdapat lebih dari satu tautan yang ingin Anda masukkan. Anda dapat menambahkan tautan lainnya tanpa harus kehilangan tautan sebelumnya.

Konversi Audiens

Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis, Anda dapat menambahkan tautan yang terhubung dengan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain lain atau bahkan website toko Anda sendiri.

Audiens yang mengunjungi linktree tersebut akan diarahkan ke salah satu tautan berisi landing page. Landing page adalah halaman yang dibuat dengan mindset marketing.

Fungsinya adalah agar pengunjung yang melihat akan menerima informasi mengenai produk dan harganya, sehingga tertarik untuk melakukan transaksi.

Dengan begitu, audiens yang mengunjungi linktree tersebut akan berpotensi dikonversi menjadi pembeli melalui landing page yang diinput ke halaman linktree.

Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan jumlah penjualan produk barang atau jasa Anda.

Alternatif Sticker Link

Layanan ini akan mempermudah khususnya bagi Anda pemilik bisnis online di platfrom Instagram. Platform media sosial ini memiliki fitur Sticker Link yang menggantikan fitur Swipe Up.

Fitur ini memang mempermudah audiens untuk mengakses konten yang Anda sematkan di Story Instagram. Namun sayangnya, fitur ini tersedia hanya pada akun tertentu saja. Anda dapat menggunakan fitur ini apabila followers Anda berada di atas angka 10.000.

Lalu bagaimana jika Anda baru merintis bisnis dan belum bisa menggunakan fitur Sticker Link? Solusinya adalah dengan cara membuat linktree dan menyematkannya di bio Instagram.

Linktree akan mempermudah akses tersebut dan bisa menjadi alternatif bagi Anda yang belum mendapatkan fitur Sticker Link. Akses ke platform bisnis Anda yang lainnya pun kini tidak lagi terbatas.

Memudahkan Terhubung dengan Konsumen

Salah satu faktor penting dalam membangun branding sebuah perusahaan adalah reputasi online. Sebuah brand akan lebih disukai apabila kehadirannya terasa di antara audiens.

Hal-hal seperti saran, masukan, komplain, dan kritik adalah bentuk komunikasi yang harus direspon sesegera mungkin oleh sebuah perusahaan untuk membangun brand yang baik.

Beberapa bahkan menyediakan banyak media komunikasi agar konsumen terus terhubung dengan mudah dengan sebuah brand. Media komunikasi yang lumrah digunakan seperti Whatsapp, LINE, Email bahkan Call Center.

Ada beberapa perusahaan yang menyediakan lebih dari satu kontak Whatsapp atau LINE dengan tujuan mengurangi trafik dan supaya respon lebih cepat di dapat.

Tanpa adanya linktree, seseorang harus mengetik nomor Whatsapp atau ID LINE secara manual di aplikasi masing-masing. Merepotkan bukan?

Namun konsumen akan dengan mudah terhubung ke media komunikasi yang dituju hanya dengan sekali klik saja. Selain itu, beragamnya jenis media komunikasi yang bisa dipilih oleh konsumen juga merupakan nilai plus bagi sebuah perusahaan.

Optimasi Akses ke Platform Lain

Linktree adalah layanan yang mengumpulkan berbagai tautan penting agar lebih mudah diakses. Jumlah yang diinput pun tidak terbatas, Anda bisa menambahkan banyak opsi bagi audiens.

Contohnya bagi bisnis dalam bidang F&B atau Food and Beverage. Biasanya bisnis ini memanfaatkan platfrom marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Selain itu layanan pesan antar seperti GoFood dan GrabFood juga biasa digunakan.

Tautan yang terhubung ke platform tersebut dapat Anda tambahkan ke halaman linktree untuk memperluas opsi bagi konsumen dan memilih yang dianggap terbaik.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tautan yang berisi informasi lokasi toko supaya konsumen yang ingin datang langsung dapat mengetahuinya dengan mudah.

Misalkan, Anda memiliki cabang GoFood atau GrabFood di beberapa lokasi, Anda dapat menambahkan tautan masing-masing outlet di halaman linktree.

Atau jika anda berjualan di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain lain. Marketplace tersebut terkadang menawarkan promo yang berbeda, sehingga konsumen dapat memilihnya sendiri.

Cara Membuat Linktree Gratis

Nah, apakah Anda tertarik menggunakan linktree untuk bisnis Anda? Cara membuat linktree cukup mudah, lho! Fitur yang disediakan oleh linktree terbagi menjadi dua, yaitu gratis dan berbayar.

Linktree versi berbayar menyediakan fitur premium seperti contohnya, Anda dapat mengatur tema atau tampilan halaman linktree Anda agar sesuai dengan konsep brand.

Selain itu, linktree versi berbayar juga menampilkan angka statistik terhadap tautan yang berada pada halaman tersebut. Kali ini kami akan menampilkan cara membuat linktree dengan versi gratis.

Sign Up

Sebelum mulai membahas cara membuat linktree, pastikan Anda memiliki email dan password yang masih aktif. Email ini akan berfungsi sebagai proses verifikasi nantinya.

sign up

Langkah pertama yaitu kunjungi https://linktr.ee/ pada browser Anda untuk melakukan registrasi. Kemudian Anda akan masuk ke halaman awal linktree.

Pada halaman beranda, klik “Get Started for Free”. Setelah itu, akan tampil halaman registrasi dengan beberapa kolom yang harus Anda isi untuk mendaftakan akun linktree.

isi kolom

Isi kolom tersebut dengan informasi yang diminta. Isikan email, username, dan password yang akan digunakan untuk login akun linktree. Pada kolom “Username” pastikan isi dengan nama brand.

Nantinya, username ini akan digunakan dalam alamat linktree Anda seperti linktr.ee/namabrand. Jika sudah, klik “Sign up with email”. Sebuah link verifikasi akan dikirim ke alamat email Anda.

Verifikasi Akun

Jika Anda sudah menyelesaikan proses registrasi, akan muncul notifikasi bahwa link verifikasi telah dikirim ke email anda oleh pihak linktree. Verifikasi akun sangat mudah.

Buka akun email, dan Anda akan menemukan link verifikasi di inbox. Anda hanya perlu meng-klik link registrasi yang dikirim ke email Anda.

verifikasi

Sign In

Jika sudah memverifikasi akun, langkah selanjutnya adalah Sign In menggunakan alamat email dan password yang sudah dibuat.

Kini Anda telah berhasil melakukan cara membuat linktree. Langkah selanjutnya adalah memasukkan tautan yang Anda inginkan ke halaman linktree.

Cara Menambahkan Link di Linktree

Kini halaman linktree Anda telah berhasil dibuat, tetapi masih belum ada tautan yang bisa diakses di menu tersebut. Langkah selanjutnya setelah cara membuat linktree adalah menambahkan link agar muncul di halaman linktree.

Apa saja yang harus ditambahkan dalam halaman linktree? Anda dapat memasukkan link marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee. Atau jika memiliki alamat website toko sendiri, Anda juga dapat menambahkannya.

Untuk terhubung dengan konsumen, Anda dapat memasukkan kontak Whatsapp, LINE atau Email perusahaan. Layanan pesan antar seperti GrabFood dan GoFood juga opsi yang bagus untuk ditambahkan.

Jika Anda memiliki toko konvensional, peta lokasi toko dapat ditambahkan dalam halaman linktree. Langkah-langkah menambahkan link di linktree adalah sebagai berikut.

sign in

Sign In

Langkah pertama yaitu akses linktr.ee/login melalui browser Anda. Kemudian akan ditampilkan halaman yang berisi kolom yang harus Anda isi. Masukkan username dan password Anda dan klik “Sign In”.

add new link

Add New Link

Setelah itu Anda akan masuk ke halaman awal akun Anda. Klik tombol “Add New Link”. Untuk menambahkan link, ada dua kolom yang harus Anda isi. Kolom pertama yaitu judul link, dan kolom kedua itu URL yang dituju.

Contohnya jika ingin memasukkan menu Shopee pada halaman linktree, maka kolom pertama diisi “Shopee” dan kolom kedua berisi “shopee.co.id/namatoko”

Hal tersebut berlaku pula pada menu lain yang ingin ditambahkan. Jika ingin menambahkan link lainnya, klik “Add New Link” lagi. Dan begitu seterusnya.

Untuk link Whatsapp, Anda dapat mengubah link bagian belakang dengan nomor Whatsapp. Contohnya seperti https://wa.me/6285678901234.

Sedangkan untuk link LINE, link bagian belakang dapat diganti dengan ID LINE, seperti http://line.me/ti/p/IDLineAnda.

Akses URL Linktree

Nah, Anda sudah berhasil menambahkan menu di halaman linktree. Kini halaman linktree Anda sudah siap diakses oleh audiens Anda. Cara melihatnya adalah dengan mengakses link linktr.ee/username.

Tampilan halaman linktree yang sudah selesai akan terlihat seperti di bawah ini. Kami menggunakan contoh milik akun Facebook.

facebook 2

Terakhir, Anda tinggal menghubungkan alamat linktree yang telah dibuat dengan platform yang Anda miliki. Caranya mudah, Anda bisa memasukkan alamat linktree tersebut ke bio atau kolom website di platform yang diinginkan.

Mudah bukan, cara membuat linktree? Linktree sangat praktis dan efisien untuk mengoptimasi akses bisnis Anda di platform lain. Anda hanya perlu daftar akun gratis , dan menambahkan link platform yang diinginkan.

Tertarik mencoba linktree untuk promosi bisnis Anda?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.