Cara Promosi Instagram Secara Efektif
Setelah memiliki akun instagram tidak ada salahnya untuk melakukan promosi instagram yang bisa dilakukan secara gratis atau berbayar melalui fitur instagram.
Saat ini promosi melalui instagram menjadi strategi pemasaran yang sering dilakukan oleh banyak orang mengingat social media satu ini memiliki banyak pengguna yang berasal dari berbagai kalangan usia.
Meskipun begitu, banyaknya akun instagram yang melakukan promosi menjadikan kreator mau tak mau harus berinovasi agar membuat konten instagram mereka lebih menarik dibandingkan yang lain.
Promosi instagram sendiri menjadi jalan yang terbaik untuk membawa konten anda ke pengguna instagram yang lebih luas serta menaikkan engagement instagram melalui jumlah komentar, likes, dan share yang di dapatkan.
Salah satu cara untuk menaikkan sebuah akun instagram secara organik adalah melakukan promosi instagram gratis ataupun berbayar.
Namun sebelum melakukan promosi instagram maka sebaiknya kreator mengetahui cara promosi instagram yang sesuai dengan target konsumen yang dituju.
Pengertian Promosi Instagram
Bagi kreator yang memiliki akun instagram business tentunya ingin memiliki pengikut instagram yang banyak serta engagement instagram yang tinggi.
Kreator bisa saja mengunggah konten instagram sesuai dengan konten yang disukai konsumen namun akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Di sisi lain, seorang pelaku usaha juga menginginkan akun instagram yang dimiliki cepat terkenal sehingga produk yang dimiliki bisa terjual habis.
Pada saat inilah promosi instagram dibutuhkan untuk mendapatkan hasil promosi yang diinginkan.
Promosi instagram sendiri merupakan kegiatan untuk menaikkan konten instagram anda dengan membayar biaya tertentu sehingga bisa dilihat oleh banyak orang.
Di saat kreator melakukan promosi instagram maka konten anda akan muncul di timeline instagram orang lain yang tidak mengikuti anda namun menjadi target konsumen produk yang dijual.
Konten instagram yang dipromosikan juga bisa muncul di tayangan story atau instagram explore.
Promosi instagram sendiri merupakan bagian dari instagram advertising dimana kreator memiliki kemampuan untuk menargetkan konsumen melalui minat yang disukai, lokasi, usia, dan lain sebagainya.
Keuntungan dari melakukan promosi instagram adalah kreator dapat menjangkau audience yang lebih luas dan mendapatkan engagement di konten instagram anda yang tentunya dapat menarik pengikut yang lebih banyak.
Promosi melalui instagram juga akan memberikan pencerahan bagi kreator untuk mengetahui performa konten yang diunggah di luar pengikut instagram yang dimiliki.
Keuntungan Promosi Instagram
Instagram menjadi salah satu social media terkenal yang memiliki satu juta pengguna aktif setiap bulannya dan akan terus bertambah dari waktu ke waktu.
Dari sebagian pengguna instagram tersebut sebanyak 90% penggunanya merupakan akun instagram business yang memberikan anda kesempatan untuk meraih konsumen yang lebih banyak.
Selain itu, Instagram juga memiliki engagement rates yang cukup tinggi dengan kisaran 1.94% dibandingkan social media lain yang digunakan oleh pengguna internet.
Mempromosikan konten anda di instagram dapat membantu kreator mendapatkan audience yang lebih luas, mendapatkan engagement yang lebih banyak, serta mengajak pengguna instagram untuk mengikuti arahan yang anda berikan.
Karenanya berikut beberapa alasan melakukan promosi instagram yang efektif :
Promosi Instagram Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu alasan melakukan promosi di instagram adalah pengguna yang banyak dapat membantu meningkatkan brand awareness.
Hal ini tentunya dapat membantu produk anda menjadi lebih terkenal dan menjadi bahan perbincangan banyak orang yang memiliki akun instagram.
Semakin banyak orang yang mengenal brand anda tentunya akan membantu penjualan produk menjadi lebih mudah.
Tidak hanya itu, dengan melakukan promosi instagram maka pelaku usaha juga dapat menjangkau konsumen yang belum mengenal brand anda sebelumnya namun memiliki minat pada produk yang anda promosikan.
Guna menjadikan promosi lebih efektif maka kreator bisa menaikkan konten instagram dengan instagram ads sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.
Promosi Instagram Menaikkan Engagement
Sebuah konten instagram yang menarik dan dipromosikan melalui iklan tentunya akan membantu menaikkan engagement konten.
Hal ini dikarenakan semakin luas jangkauan konten tentunya akan menarik interaksi yang lebih besar seperti pemberian likes atau komentar di konten instagram.
Pemberian engagement melalui iklan berbayar juga lebih aman karena interaksi di dapatkan secara organik sehingga bagus untuk algoritma instagram.
Akan tetapi agar konten instagram yang dipromosikan mendapatkan lebih banyak engagement maka kreator bisa memulai dengan membuat konten yang disukai oleh konsumen yang lebih luas.
Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen untuk membaca konten yang disajikan sehingga saat sudah tertarik akan masuk ke akun instagram tersebut guna melihat variasi konten yang lain.
Promosi Instagram Mendorong Kunjungan Website
Seiring dengan berkembangnya jaman kini proses jual beli tidak hanya bisa dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli.
Namun pelaku usaha kini dapat dengan mudah melakukan penjualan produk melalui akun market place atau website yang dimiliki.
Keberadaan website tersebut juga memudahkan pembeli untuk membeli barang keinginan tanpa perlu ke luar rumah.
Namun guna meningkatkan penjualan melalui website atau market place maka pelaku usaha perlu meningaktkan kunjungan ke website jualan yang dimiliki.
Salah satu cara mudahnya adalah melakukan promosi instagram dengan mempromosikan konten potongan harga di akun market place tertentu agar semakin banyak orang yang berkunjung dan membeli produk dari website dan akun market place.
Promosi Instagram Jangkau Target Audience Secara Efektif
Saat melakukan promosi instagram tentunya kreator ingin konten yang dipromosikan menjangkau konsumen yang tepat.
Hal ini dilakukan agar pengguna instagram yang melihatnya bisa melakukan aktivitas yang diminta tanpa hanya melihatnya dengan sekilas.
Untungnya, instagram targeting memudahkan kreator untuk memilih pengguna instagram yang dapat melihat konten anda dengan pilihan lokasi, usia, gender, minat, dan lain sebagianya guna menjangkau konsumen yang tepat.
Karenanya dalam memilih target konsumen maka kreator juga memastikan apakah konsumen tersebut sesuai dengan tujuan campaign yang dituju agar hasil promosi menjadi lebih maksimal.
Kreator juga bisa memilih konten yang bebeda untuk campaign yang diberikan agar konsumen melihat variasi promosi yang beragam.
Promosi Instagram Membantu Strategi Marketing
Bagi kreator yang baru pertama kali melakukan promosi instagram mungkin saja kurang mengetahui target konsumen yang diinginkan sehingga memilih pengguna instagram yang sekiranya menyukai promosi yang diberikan.
Hal ini terkadang memberikan hasil promosi yang berbeda dari keinginan karena target konsumen yang kurang sesuai.
Akan tetapi saat melakukan promosi instagram nantinya instagram akan memberikan metrik berupa promosi yang sesuai serta target konsumen yang paling banyak melihat iklan promosi anda dan melakukan kegiatan yang anda minta.
Data inilah yang akan membantu kreator dalam merancang strategi marketing yang tepat sehingga ke depannya dapat melakukan promosi yang ideal.
Tipe-tipe Promosi Instagram
Banyaknya fitur yang dimiliki oleh instagram menjadikan kreator memiliki kebebasan dalam memilih konten yang akan dipromosikan di social media satu ini.
Berbagai jenis tipe promosi yang diberikan juga menguntungkan bagi kreator untuk memilih konten yang sesuai dengan target konsumen yang diinginkan.
Karenanya berikut beberapa konten yang bisa dipromosikan di Instagram :
Instagram Photos
Salah satu fitur unggulan di instagram yakni konten foto kerap kali digunakan oleh kreator untuk promosi instagram dengan cara mengunggah gambar yang berisi promosi event, potongan harga, serta perilisan produk baru.
Namun agar konten foto anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas maka kreator bisa melakukan promosi instagram.
Salah satunya adalah dengan mempromosikan foto agar menjangkau konsumen yang belum anda miliki sebelumnya sehingga terlihat di timeline instagram.
Keuntungan lainnya dari melakukan promosi instagram foto adalah konten anda mungkin saja muncul di halaman explore sehingga mungkin saja dilihat oleh konsumen yang memiliki minat pada produk yang anda miliki.
Instagram Video
Bosan melakukan promosi menggunakan foto yang estetik? maka kreator bisa memanfaatkan konten video guna mendapatkan hasil promosi yang lebih baik serta menarik perhatian konsumen.
Konten video yang berisi promosi produk terbaru dapat dipromosikan melalui instagram feed, explore, atau bahkan reels yang tengah disukai oleh pengguna instagram.
Agar promosi instagram menggunakan video menjadi lebih efektif maka kreator bisa menggunakan durasi yang pendek namun dapat merangkum promosi secara lengkap.
Tidak hanya itu, penambahan musik, suara, serta pencahayaan yang apik juga dapat membuat video menarik di tonton oleh pengguna instagram.
Kreator juga tidak perlu khawatir akan tools dalam membuat konten video karena dengan memanfaatkan pencahanyaan yang cukup, isi konten yang unik, serta aplikasi edit video yang mumpuni akan menghasilkan video promosi yang menakjubkan.
Instagram Carousels
Kehadiran instagram carousels yang dapat memuat banyak foto sekaligus biasanya digunakan kreator untuk mengunggah foto produk atau konten edukasi yang menjadi pencerahan pengguna instagram.
Instagram carousels sendiri juga bisa dipromosikan oleh kreator sehingga bisa tampil di instagram feed dan explore sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas serta minat yang sama.
Dalam mempromosikan foto produk di instagram carousels maka pastikan gambar yang diambil memiliki kualitas yang bagus sehingga dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk tersebut atau berkunjung ke akun instagram serta website yang anda miliki.
Sementara jika kreator ingin mempromosikan konten tips di instagram carousels maka bisa mengangkat topik dan isu yang hangat diperbincangkan oleh target konsumen sehingga bisa menarik perhatian pengguna instagram untuk melihat foto sampai akhir.
Solusi mudahnya adalah kreator bisa mempromosikan konten instagram carousels yang mendapatkan interaksi tertinggi di akun anda sehingga menarik perhatian pengguna instagram berkat jumlah engagement yang di dapatkan.
Instagram Stories
Saat membuka akun instagram biasanya konten story menjadi tujuan utama pengguna instagram.
Hal ini dikarenakan letak ikon story yang berada di bagian atas timeline instagram sehingga menarik perhatian pengguna instagram untuk melihat konten yang disajikan.
Tidak hanya itu, konten instagram story yang bertahan selama 24 jam menjadikan pengguna instagram selalu mendapatkan update konten terbaru lebih cepat dan mudah.
Fitur instagram story yang beragam juga menjadi alasan konten satu ini sering dikunjungi oleh pengguna instagram.
Karenanya melakukan promosi menggunakan instagram story cocok untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan suka melihat konten secara real time.
Dalam melakukan promosi instagram menggunakan konten story maka kreator bisa memasukkan trailer perilisan produk atau flyer evet yang diadakan sehingga dapat memberitahu konsumen mengenai acara yang akan diadakan dalam wkatu dekat.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa mempromosikan produk tertentu yang dimiliki dengan arahan ke akun market place yang dimiliki agar konsumen bisa langsung melihat berbagai produk yang disediakan atau membeli barang keinginan yang sedang diskon.
Products with Tags
Instagram kini tidak hanya bisa digunakan untuk promosi produk serta sarana ekspresi diri namun juga dapat dimanfaatkan untuk tempat jualan yang efektif.
Apalagi jika akun instagram business anda memiliki banyak pengikut yang tertarik pada produk yang anda jual.
Instagram sendiri menyediakan fitur product with tags dimana konsumen bisa memberikan tanda harga di produk yang dimiliki sehingga konsumen dapat mengetahui harga barang yang dijual dengan mudah.
Kreator juga bisa mempromosikan konten foto product with tags sehingga memudahkan pengguna instagram mengetahui produk anda serta harga barang yang ditawarkan.
Apabila konsumen tertarik maka bisa langsung melakukan pembelian produk melalui akun website atau market place yang dimiliki.
Cara Promosi Instagram
Guna melakukan promosi instagram post maka kreator sebaiknya mengubah akun instagram pribadi ke mode business account.
Setelah kreator mengubah akun instagram yang dimiliki maka anda bisa melakukan beberapa langkah berikut :
- Masuk ke instagram feed kemudian klik pada postingan yang ingin anda promosikan kemudian klik pada ikon boost. Instagram merekomendasikan untuk promosi konten instagram yang memiliki ukuran kurang dari 8 Mb guna memberikan kualitas yang terbaik.
- Kemudian isi detail yang diminta seperti tujuan promosi, audience, budget, serta durasi penayangan iklan. Tujuan dari promosi instagram adalah menyampaikan pesan ke audience yang dimiliki, sehingga perlu disesuaikan dengan budget yang dikeluarkan dalam jangka waktu sehari. Durasi iklan juga tergantung dari berapa lama anda ingin menjalankan promosi instagram tersebut.
- Setelah kreator mengisi beberapa data yang diminta maka anda bisa melanjutkan ke ikon next, namun jika anda belum menyambungkan akun instagram business ke akun facebook maka anda akan diminta melaukan hal itu sekarang namun jika kreator belum memiliki akun facebook maka bisa memilih akun yang sudah ada atau klik Lewati untuk melanjutkan.
- Saat kreator sudah menyelesaikan beberapa tahap tersebut maka klik pada ikon boost untuk mempromosikan konten yang dimiliki, dari sini iklan anda akan dimasukkan ke instagram untuk diulas terlebih dahulu sebelum ditayangkan ke pengguna instagram yang dituju.
Tips Promosi Instagram
Promosi instagram tentulah sangat mudah guna memasarkan konten ke audience yang lebih luas.
Namun, sama seperti promosi berbayar lainnya terdapat beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan budget yang dimiliki.
Berikut beberapa tips dalam melakukan promosi instagram :
Gunakan Fitur Instagram Secara Spesifik
Instagram sendiri dikenal sebagai platform penyebaran foto yang efektif namun saat ini promosi instagram juga bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan siaran langsung atau menyiarkan konten video di story atau reels.
Semakin sering kreator menggunakan fitur di instagram maka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan ranking yang bagus di instagram.
Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk menjangkau pengguna instagram yang lebih banyak namun membangun interaksi dengan pengikut yang anda miliki.
Di sisi lain, akun instagram biasanya memiliki keunggulan di satu fitur tertentu dan sering dilihat oleh pengguna instagram sehingga kreator bisa memanfaatkan fitur tersebut di sela-sela menggunakan layanan instagram yang lain,
Ketahui Target Konsumen
Salah satu keuntungan dari melakukan promosi instagram adalah kreator sudah membangun audience yang dimiliki namun bukan berarti kreator hanya menerima data yang disajikan begitu saja.
Sebelum kreator mempromosikan konten instagram yang dimiliki maka anda bisa memulai dengan memikirkan tujuan promosi yang ingin dicapai :
- Siapa konsumen yang ingin anda ajak bicara?
- Apa saja minat yang dimiliki?
- Konten yang mereka sukai
Namun jika kreator belum mengetahui jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut maka anda bisa memulai untuk masuk ke analisa instagram untuk melihat performa dari konten yang telah anda unggah sebelumnya.
Saat kreator melihat bahwa konten reels anda mendapatkan hasil engagement yang tinggi atau konten foto banyak disimpan oleh pengguna instagram maka anda bisa mempromosikan konten tersebut lebih dahulu.
Kreator juga bisa menggunakan layanan dari website social media management untuk mendapatkan informasi yang lebih detail serta saran promosi yang sesuai.
Promosikan Konten Carousel
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konten carousel mampu meningkatkan engagement rates di Instagram.
Pada data yang diberikan menunjukkan bahwa konten carousel dapat meningkatkan engagement sebanyak 5% sedangkan jika ditambahkan video maka akan menambah interaksi sebanyak 17%.
Guna membuat konten carousel dengan format tersebut maka kreator bisa membuat carousel dengan 8-10 konten dimana pada slide pertama anda bisa memberikan audience pertanyaan atau kalimat call to action guna membawa konsumen untuk melihat pada slide selanjutnya.
Kreator juga bisa memanfaatkan aplikasi edit foto untuk mendapatkan hasil konten carousel yang lebih bagus.
Gunakan Product Tags
Apabila pelaku usaha memiliki akun instagram shopping maka anda bisa mempromosikan akun tersebut melalui fitur product tags.
Dengan menambahkan fitur tersebut maka akan membawa lebih banyak orang ke produk yang dijual di akun instagram shop dimana konsumen bisa mempelajari produk yang dijual serta cara membeli produk tersebut.
Strategi ini merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan produk anda apabila kreator melakukan promosi instagram.
Mempromosikan konten instagram dengan product tags dapat membawa konsumen untuk mengetahui diskon yang sedang dilakukan sehingga bisa melakukan pembelian barang yang diinginkan.
Promosikan Konten Terbaik Anda
Kualitas foto dan video merupakan hal yang penting guna memberikan kesan pertama yang baik di mata pengguna instagram. Hal ini juga menjadi penilaian tersendiri bagi algoritma instagram,
Hal ini berarti jika kreator ingin konten yang dimiliki dilihat oleh banyak orang maka pastikan video atau foto yang akan dipromosikan memiliki kualitas terbaik.
Mempromosikan konten terbaik anda bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat konsumen melihat konten terbaik anda sehingga tertarik untuk melihat akun instagram anda.
Namun jika kreator ingin mempromosikan konten terbaik anda pastikan untuk melihat kualitas foto atau video yang akan dipromosikan, engagement seperti jumlah likes, comment, dan share, serta jumlah orang yang melihat konten anda.
Promosi Melalui Platform Social Media Lain
Upaya untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal serta memberikan caption yang jelas tentu merupakan usaha yang tidak bisa disia-siakan.
Mengunggah konten instagram anda ke platform social media lain juga bisa menjadi cara baru untuk mendapatkan engagement yang lebih banyak di luar akun instagram anda.
Salah satu contohnya adalah mempromosikan konten instagram anda ke akun facebook atau twitter yang dimiliki.
Meskipun promosi ke social media lain bisa menjadi alternatif yang bagus namun setiap platform memiliki prakter terbaiknya sendiri seperti instagram yang mengunakan tagar serta facebook yang memberikan keterangan di setiap foto yang diunggah.
Sumber :
How to Promote Your Instagram: 13 Ideas that Work | Sprout Social
Instagram Promotion: How to Boost an Instagram Post (Pro Tips) (hootsuite.com)
Responses