strategi konten instagram

Tutorial Strategi Konten Instagram yang Tahan Lama

Strategi konten instagram yang tepat dapat membantu kreator untuk membuat konten yang tahan lama serta disukai oleh pengguna instagram.

Kehadiran instagram tidak hanya menjadi sarana ekspresi diri yang tepat namun juga bisa menjadi promosi produk dan brand.

Hal ini dikarenakan tersedianya berbagai macam jenis pengguna instagram yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan namun juga fitur untuk membuat konten instagram.

Di sisi lain, ketenaran instagram sebagai media promosi menjadikan kreator harus bersaing dengan kompetitor yang memiliki produk serupa serta melakukan pemasaran di instagram.

Tidak hanya itu, kreator juga perlu mengetahui konten instagram yang tepat serta disukai oleh konsumen dan dapat menarik perhatian pengguna instagram yang memiliki minat serupa.

Karenanya guna membuat strategi konten instagram yang tahan lama serta disukai konsumen berikut beberapa ide konten instagram untuk promosi bisnis.

keuntungan strategi konten instagram

Keuntungan Memiliki Strategi Konten Instagram

Bagi banyak social media manager, marketer, atau pelaku usaha yang melakukan promosi melalui instagram mungkin pernah mengalami kebingungan dalam mengembangkan konten instagram untuk diunggah setiap hari.

Kreator tentunya membutuhkan waktu untuk mencari tahu konten instagram yang menarik perhatian konsumen namun kurang memiliki cara yang tepat untuk membangun strategi konten instagram yang tahan lama.

Sejujurnya, kreator bisa membuat strategi marketing dengan menentukan tipe konten instagram yang ingin anda unggah, konsumen yang ingin dituju, serta hastag yang ingin digunakan untuk jangkauan konten yang lebih luas.

Namun jika kreator kurang bisa membuat konten instagram secara konsisten maka strategi tersebut akan kurang membantu dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Pertumbuhan akun instagram sendiri bergantung pada pendekatan konsumen yang pelan namun pasti untuk menjangkau pengguna instagram secara organik.

Sehingga apabila kreator ingin merancang strategi konten instagram maka kreator sebaiknya membuat rencana yang bisa dieksekusi dalam waktu harian, mingguan, bulanan, dan dapat digunakan secara tahunan.

Sayangnya, kreator terkadang merasa kelelahan dalam membuat strategi konten instagram sehingga kehilangan motivasi atau kelelahan dalam membuat konten di instagram yang akhirnya membawa kerugian bagi pertumbuhan akun instagram anda.

Karenanya untuk mencegah kelelahan yang berulang dalam membuat konten instagram maka kreator sebaiknya membuat strategi marketing jangka panjang yang dimulai dengan mengetahui jenis-jenis konten instagram.

jenis-jenis konten instagram

Jenis-jenis Konten Instagram

Guna menambah pengalaman pengguna instagram dalam mengekspresikan diri melalui konten instagram maka platform ini terus berkembang menghasilkan jenis konten yang menarik.

Pada awal perilisan mungkin kreator hanya bisa mengunggah konten instagram kemudian dipamerkan di instagram feed namun kini anda bisa menggunakan berbagai layanan yang tersedia.

Adanya konten instagram yang beragam juga menguntungkan kreator untuk membuat konten promosi yang lebih menarik.

Berikut beberapa konten instagram yang bisa dimanfaatkan untuk promosi serta meningkatkan brand awareness.

Instagram Feed

Bagi pengguna instagram yang kerap kali mengunggah konten instagram tentunya bisa melihat berbagai macam konten yang dimiliki di instagram profile.

Kumpulan foto dan video yang pernah di unggah dinamakan Instagram feed yang dapat menjadi cara cepat untuk menarik perhatian konsumen.

Hal ini dilakukan mengingat konsumen yang telah tertarik dengan konten anda di instagram explore biasanya akan mengunjungi akun instagram anda untuk melihat konten yang ditawarkan.

Di saat konten instagram semakin menarik dan variatif maka menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk mengikuti akun instagram anda guna mendapatkan konten yang diinginkan.

Biasanya untuk menarik perhatian pengguna instagram maka kreator membuat konten dengan tone warna yang sama sehingga sedap di pandang pengikut anda.

Tidak hanya itu, konten foto yang berkesinambungan satu sama lain juga menjadikan instagram feed menjadi lebih estetik serta memiliki ciri khas tersendiri.

Guna mendukung konten instagram feed yang lebih menarik maka kreator bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk mengedit foto sebelum di unggah di instagram.

Penggunaan warna ciri khas juga bisa menjadi dasar warna konten instagram guna membedakan akun instagram anda dnegan kompetitor lain.

Keberadaan instagram feed juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk kolaborasi campaign dengan influencer yang dipilih.

Influencer bisa melakukan tag pada akun instagram brand sehingga konten promosi yang dibuat bisa tampil pada dua akun instagram sekaligus.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi akun instagram brand untuk mendapatkan engagement konten yang lebih tinggi serta mengenalkan akun anda ke target konsumen yang belum mengenal anda sebelumnya.

Instagram Story

Bagi kreator yang memiliki konsumen usia muda maka konten instagram story wajib dikembangkan lebih dalam.

Fitur story yang menyediakan konten dengan durasi 24 jam ini disukai pengguna instagram karena menyajikan bergaam konten menarik berupa foto dan video.

Ketenaran layanan ini tidak hanya ditemukan di instagram saja namun juga platform lain seperti facebook yang menyediakan layanan facebook story.

Pada fitur instagram story, kreator bisa mengunggah konten foto serta video untuk interaksi dengan pengguna instagram dengan fitur yang dimiliki.

Salah satu fitur unggulan yang ada di instagram adalah stiker yang membuat konten instagram story lebih menarik dan interaktif :

Stiker Add Reply

Interaksi menjadi kunci penting mengapa platform instagram disukai oleh banyak pengguna internet.

Instagram sendiri melihat kebiasaan penggunanya yang sering membagikan kejadian sehari-hari atau kilas balik mengenai peristiwa tertentu di konten instagram story.

Karenanya agar pengguna lebih mudah membagikan momen tertentu maka instagram merilis fitur add reply pada fitur instagram stiker.

Dengan berbagai pertanyaan yang menarik maka pengguna instagram bisa menjawabnya melalui kolase foto sesuai topik yang diberikan.

Kreator juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk membagikan konten behind the scene serta event yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membuat pertanyaan sendiri yang kemudian disebar ke pengikut yang dimiliki.

Semakin banyak orang yang bergabung ke pertanyaan anda maka semakin luas campaign anda diketahui oleh pengguna instagram

Stiker Lokasi

Saat melakukan event tertentu pasti pelaku usaha menginginkan banyak orang yang berkunjung ke stand anda untuk melihat barang yang dijual atau memborong produk yang dijual.

Kreator bisa memasarkan event tersebut menggunakan konten instagram story sehingga bisa dilihat pengguna instagram secara real time dan menarik perhatian konsumen untuk datang ke event anda.

Agar konsumen bisa mudah menuju ke tempat tersebut maka kreator bisa menambahkan stiker lokasi untuk mengarahkan pengunjung ke event yang dituju dengan mudah serta bisa diakses melalui maps.

Tidak hanya itu, apabila seorang pedagang merilis toko baru maka kreator bisa mempromosikan tempat tersebut di instagram story guna mendapatkan lokasi toko yang real time.

Stiker Mention

Saat berkumpul dengan teman dekat atau bertemu dengan teman lama tentu tidak afdol bila mengunggah foto atau video singkat di instagram story.

Jangan lupa juga untuk melakukan tag pada akun instagram masing-masing agar bisa di repost di akun instagram yang dimiliki.

Kegiatan melakukan tag konten kini lebih mudah dengan menggunakan stiker mention dimana pengguna instagram bisa melakukan tag akun instagram lebih mudah.

Kreator juga bisa memanfaatkan layanan ini untuk melakukan tag pada akun instagram influencer yang diajak kerjasama pada campaign tertentu sehingga konten anda bisa di repost sehingga bisa mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Stiker Pertanyaan

Jumlah pengikut yang banyak tentunya menguntungkan bagi pengguna instagram untuk menanyakan masalah yang dihadapi ke jangkauan yang lebih luas.

Guna mengumpulkan respon yang sesuai dengan mudah maka akun instagram bisa menggunakan stiker pertanyaan guna memberikan pertanyaan yang bisa dijawab oleh pengikut yang melihat pertanyaan anda.

Adanya stiker pertanyaan ini juga bisa digunakan kreator untuk bertanya ke konsumen mengani kesan dan pesan mengenai produk yang dimiliki dengan lebih efektif.

Tidak hanya itu, guna meningkatkan interaksi dengan konsumen maka kreator bisa menjawab pertanyaan tersebut melalui foto atau video yang unik untuk meningkatkan keakraban satu sama lain.

Kreator juga bisa melempat pertanyaan mengenai topik yang terkait sehingga semakin banyak pengikut yang berpartisipasi pada konten pertanyaan anda.

Stiker Lagu

Ingin buat konten instagram story yang unik dan anti mainstream? menambahkan stiker lagu bisa menjadi solusinya.

Dengan menambahkan lagu atau sound yang sesuai dengan konten foto atau video maka kreator bisa membuat konten instagram story enak dipandang sehingga bisa meningkatkan engagement konten instagram story.

Pastikan juga memilih lagu yang sedang viral agar konten anda sesuai dengan selera pengguna instagram yang dimiliki.

Stiker Tagar

Penggunaan tagar di social media tidak hanya digunakan untuk mencari konten mengenai topik tertentu namun juga dapat dimanfaatkan untuk menaikkan konten instagram.

Karenanya tidak mengherankan apabila konten instagram menggunakan variasi hastag yang sesuai topik atau berkaitan dengan konten yang dimiliki.

Keberadaan hastag sendiri tidak hanya bisa digunakan di konten instagram feed namun konten story juga bisa diberikan tagar yang sesuai agar pengguna instagram bisa menemukan konten anda di fitur pencarian.

Akan tetapi karena keterbatasan layar yang dimiliki maka kreator cukup menambahkan satu tagar yang sesuai dengan isi kontena tau campaign yang dipromosikan.

Stiker Tautan

Beberapa tahun lalu, hanya pengguna instagram yang memiliki pengikut sebanyak 10.000 orang yang dapat menggunakan layanan tautan di konten story.

Perbedaan ini tentunya membuat akun instagram business yang masih memiliki pengikut sedikit kurang bisa mempromosikan website yang dimiliki di konten instagram story.

Akan tetapi, kini layanan tautan bisa digunakan seluruh pengguna instagram berkat adanya stiker tautan yang memungkinkan penggunanya memasukkan berbagai link untuk promosi.

Stikter tautan tentunya menguntungkan kreator untuk mengajak pengikutnya untuk berkunjung ke akun social media atau website yang dimiliki guna meningkatkan jumlah pengunjung.

Stiker Hitung Mundur

Bagi kreator yang ingin mengadakan sesi siaran langsung tentunya ingin banyak orang yang bergabung agar sesi instagram live menjadi lebih menarik.

Kreator bisa mengajak pengikut instagram untuk bergabung di siaran langsung yang akan dilaksanakan dengan mengirimkan undangan pemberitahuan dalam bentuk stiker hitung mundur.

Apabila pengguna instagram melakukan klik pada stiker tersebut maka sebuah notifikasi akan muncul saat siaran langsung telah dimulai sehingga pengguna instagram tidak akan ketinggalan sesi tersebut.

Instagram Live

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat kreator tidak hanya mengunggah konten foto atau video guna melakukan interaksi dengan konsumen namun juga melakukan siaran langsung.

Dengan layanan instagram live ini kreator bisa melakukan siaran langsung oleh pengikut atau pengguna instagram yang bergabung pada konten live yang disiarkan.

Pada siaran langsung ini kreator bisa mengisi dengan sesi tanya jawab mengenai topik tertentu sehingga membangun pengetahuan produk yang dimiliki serta meningkatkan kepercayaan konsumen.

Agar sesi siaran langsung menjadi lebih menarik maka kreator bisa mengundang profesional yang ahli di bidangnya sebagai narasumber topik yang dimiliki.

Instagram Reels

Konten video pendek kini tengah digemari oleh pengguna internet karena dengan durasi yang singkat namun pengguna dapat mengerti inti video dengan mudah sehingga bisa menonton video lainnya secara cepat.

Fitur video singkat ini juga hadir di instagram dengan nama reels dimana penonton bisa melihat video vertikal dengan iringan lagu yang menarik.

Adanya instagram reels juga membantu kreator dalam membuat video durasi pendek yang digunakan sebagai media promosi atau hiburan bagi pengguna instagram.

Keuntungan lain dari menggunakan konten reels adalah akun instagram anda memiliki kemungkinan untuk terkenal sebab jangkauan reels yang luas hingga menjangkau pengguna instagram lainnya.

Instagram TV

Kreator tidak hanya bisa mengunggah konten video dengan durasi pendek namun juga video dengan durasi penayangan yang lebih lama.

Caranya adalah dengan mengunggah video melalui instagram tv dimana kreator bisa melakukan upload konten promosi, trailer produk, atau film pendek yang tentunya menjadi media hiburana atau promosi brand yang dimiliki.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menyimpan siaran langsung yang dimiliki di Instagram TV agar bisa ditonton oleh pengikut instagram.

Sayangnya, keberadaan instagram TV kini kurang di dengar oleh pengguna instagram karena ketenarannya tergeser oleh reels yang tengah digandrungi oleh banyak orang.

strategi konten instagram

Strategi Konten Instagram Untuk Promosi

Sudah memahami berbagai jenis konten instagram dan ingin membuat strategi marketing yang tepat untuk promosi? Berikut beberapa strategi yang bisa kreator gunakan.

Ketahui Konten Instagram yang Disukai

Komponen pertama yang sebaiknya disiapkan dalam membuat strategi konten instagram adalah membuat konten yang anda sukai.

Hal ini dilakukan karena saat anda membuat konten tersebut akan ada rasa puas sendiri saat konten tersebut telah diunggah.

Kreator juga lebih bersemangat dalam membuat konten instagram dengan membuat analisa yang sesuai agar konten sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Sehingga kreator akan menghemat waktu dalam membuat konten serta mengunggah konten instagram secara tepat waktu.

Pilihan lainnya adalah konten yang anda sukai tentunya akan lebih mudah untuk dinikmati oleh orang lain dan diri sendiri.

Salah satu contohnya apabila kreator suka menonton konten instagram reels maka kreator juga akan menyukai membuat video reels karena telah mengetahui fitur yang dimiliki serta lebih mudah membayangkan isi konten yang akan dibuat.

Namun jika kreator kurang menyukai konten video pendek dan memilih untuk menunda pembuatan konten tersebut maka anda mungkin akan sedikit memasukkan video reels ke strategi konten instagram yang dimiliki serta lebih selektif dalam memilih konten yang akan diunggah.

Karenanya kreator perlu jujur pada diri sendiri sebelum membuat konten instagram, apakah lebih menyukai proses pembuatan caption atau melakukan siaran langsung dimana kreator harus berhadapan langsung dengan konsumen menggununakan layanan video dan audio?

Apabila kreator bergantung pada kekuatan dalam membuat konten maka kreator akan lebih mudah membuat konten yang diinginkan sehingga meminimalkan rasa stress saat membuat konten.

Meskipun begitu, hal yang paling penting dalam memilih konten instagram yang tepat adalah memilih konten yang disukai oleh konsumen yang tentunya akan berubah sesuai dengan perubahan fitur yang terjadi di instagram.

Guna mengetahui konten yang disukai konsumen maka kreator bisa mencarinya di layanan instagram insight untuk mengetahui performa konten yang diunggah dalam jangka waktu tertentu.

Semakin banyak konten yang mendapatkan perhatian maka konten instagram tersebut bisa dimanfaatkan untuk menaikkan enaggement akun instagram.

Ketahui Konten Instagram yang Disukai Konsumen

Sebelumnya kita telah membahas berbagai macam konten yang tersedia di instagram dan disukai oleh konsumen yang dimiliki, namun kreator juga perlu mengingat bahwa performa instagram sangatlah obyektif.

Hal ini dikarenakan strategi konten instagram yang dimiliki terkadang tidak bekerja di akun instagram yang dimiliki dikarenakan perbedaan produk, target konsumen, serta jenis konten instagram yang biasa diunggah.

Tidak hanya itu, engagement konten juga berdasarkan cara pengikut anda merespin konten yang telah anda unggah sebelumnya.

Berikut beberapa strategi konten instagram serta pemanfaatannya :

Instagram Reels

Tidak seperti konten instagram lain yakni instagram feed atau story, instagram reels berputar pada topik yang disukai oleh target konsumen serta akun instagram yang mereka ikuti.

Sehingga menggunakan konten instagram reels ampuh untuk menarik pengguna instagram baru yang belum mengenal akun instagram anda.

Instagram reels sendiri memiliki beberapa format yang memiliki performa terbaik namun memasukkan diri anda ke dalam topik yang sedang naik daun atau menggunakan lagu serta audio viral bisa menjadi strategi konten instagram reels yang efektif.

Tidak hanya itu, pengguna instagram juga bisa menggunakan sound sendiri guna memberikan gaya berbicara tersendiri dimana kreator berbicara di depan kamera sehingga memberikan perbedaan konten anda dengan reels yang lain.

Saat kreator mengunggah konten di feed atau story maka anda hanya mengunggah konten ke seseorang yang telah mengetahui anda sehingga mereka memberikan waktu untuk melihat konten yang anda unggah.

Akan tetapi bila kreator mengunggah konten instagram reels maka video anda mungkin dilihat oleh pengguna instagram lain yang belum mengetahui konten anda sebelumnya sehingga kreator sebaiknya membangun kepercayaan dan menarik perhatian penonton reels tersebut.

Karenanya saat kreator membuat konten reels maka gunakan tarik perhatian pengguna instagram pada pandangan pertama dan serta melakukan interaksi di konten reels yang anda buat.

Konten tutorial bisa menjadi cara efektif untuk menjangkau followers yang ideal serta membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Carousels

Instagram carousels juga efektif untuk promosi bisnis. Format satu ini cocok untuk konten edukasi dengan banyak graphic dan teks yang dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan mudah dan efektif.

Saat konsumen menemukan konten yang bermanfaat maka mereka bisa membagikannya ke konten instagram story yang tentunya akan membantu menaikkan engagement secara organik.

Guna membuat konten carousel yang apik maka kreator bisa membuat slide yang berdiri sendiri namun saling berkesinambungan satu sama lain.

Meme

Saat seharian lelah melakukan aktivitas atau mencari distraksi dari kegiatan yang sedang dilakukan maka membuka akun instagram sejenak bisa menjadi solusi.

Dalam membuat konten instagram sendiri kreator sebaiknya tidak hanya membuat konten instagram promosi atau edukasi namun dengan menyelipkan konten komedi bisa menambah engagement konten.

Kreator bisa menggunakan meme yang di dapatkan dari candaan yang ada di sekitar komunitas anda atau trend yang sedang naik daun.

Segala sesuatu yang terlihat lucu dan berkaitan dengan komunitas akan menunjukkan hasil engagement yang bagus.

Kabar baiknya adalah kreator bisa dengan mudah membuat konten meme di aplikasi edit foto atau mengambil konten dari internet.

Saat kreator mencoba membuat meme maka pastikan memilih referensi yang sesuai dengan konsumen sehingga jika meme anda menjadi terkenal maka konten anda akan disebarkan ke orang lain sehingga meningkatkan engagement secara organik.

Sumber :

Building an Instagram Content Strategy That Lasts : Social Media Examiner

✔ Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2022 (niagahoster.co.id)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.