pexels lisa 1092671 6

Ide Feed Instagram Untuk Berbagai Kebutuhan Promosi

Berikan tampilan terbaik untuk feed instagram untuk berbagai kebutuhan dengan inspirasi tampilan yang menarik perhatian pada pandangan pertama.

Instagram merupakan tempat dimana 70% penjual datang untuk mempromosikan produk yang dimiliki. Namun, untuk menarik minat konsumen, tentunya anda memerlukan tampilan feed instagram yang menarik dan keren.

Tentunya, tampilan feed instagram yang konsisten dan sesuai dengan konsep produk yang anda miliki akan membantu menampilkan brand awareness serta memberikan kesan pertama yang baik di mata pengguna instagram.

DI tambah lagi, feed instagram yang estetik, rapih, dan konsisten juga akan memberikan alasan tersendiri bagi konsumen anda untuk mengikuti dan membeli produk yang anda jual.

Karenanya bebeberapa ide feed instagram berikut bisa anda gunakan untuk membuat tampilan feed instagram anda terlihat lebih keren guna menarik lebih banyak pengikut instagram.

feed instagram

Apa Itu Feed Instagram

Saat mengunjungi sebuah akun instagram, tentunya anda akan melihat profil instagram yang berisi konten instagram yang telah diunggah sebelumnya.

Keberadaan profile instagram tidak hanya menampilkan konten instagram yang anda miliki namun juga bisa digunakan untuk mengatur feed instagram agar terlihat sama sehingga memiliki ciri khas sendiri.

Adanya feed instagram ini juga menjadi representasi dari koleksi konten foto dan video yang bisa pengguna instagram lihat saat mengunjungi akun instagram yang anda miliki.

Sehingga wajar bagi banyak kreator atau pengguna instagram untuk membuat feed instagram yang estetik dan indah dipandang mata.

Penggunaan feed instagram juga efektif membuat akun instagram anda terlihat mencolok dibandingkan kompetitor lain, sehingga akun instagram business anda menonjol dibandingkan kompetitor lain.

Namun, untuk membuat feed instagram estetik tentunya anda perlu mengetahui strategi membuat tampilan instagram yang tepat sesuai dengan konsep serta ide konten instagram yang akan anda usung.

pexels cottonbro 5082579 8

Cara Mengatur Feed Instagram

Memiliki rencana untuk mengatur feed instagram bisnis menjadi lebih keren? memiliki feed instagram tidak hanya memilih tema dan mencoba menyesuaikan konten instagram dengan tampilan yang telah anda rencanakan sebelumnya, namun diperlukan juga dasar media sosial yang tepat untuk menentukan jenis feed instagram yang tepat.

Karenanya berikut beberapa tips mengatur instagram feed yang tepat untuk tampilan instagram dalam jangka panjang.

Pilih Tema Feed Instagram yang Sesuai

Sebelum membuat tampilan feed instagram yang estetik, maka pastikan dulu jenis akun instagram yang ingin anda kembangkan, apakah untuk akun instagram pribadi, kreator, atau business?

Pemilihan ini diperlukan untuk memilih feed instagram yang sesuai dengan tipe konten yang akan anda tampilkan di hadapan pengguna instagram.

Setelah mengetahui karakteristik akun instagram yang ingin dikembangkan, maka anda bisa menetapkan tema serta pemilihan warna yang sesuai dengan gambar atau warna yang ingin anda tampilkan di depan pelanggan.

Salah satunya adalah jika anda menjual lampu hias yang biasanya mengusung konsep estetik atau homey, maka anda bisa menggabungkannya dengan pemilihan gambar produk yang minimalis serta tambahan warna yang sesuai, seperti warna putih, coklat muda, atau kuning terang.

photo1659315473

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @shopkanyon yang menampilkan feed instagram estetik untuk produk lampu yang dimiliki dengan pilihan warna yang cerah dengan penempatan produk yang sesuai.

Namun, jika anda memerlukan lebih banyak ide untuk tampilan feed instagram maka anda bisa memanfatkan fitur instagram search atau explore untuk melihat berbagai jenis konten estetik dari kompetitor atau pelaku usaha lainnya.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pinterest untuk mencari inspirasi tampilan instagram dengan pilihan kata kunci yang sesuai.

Pilih Feed Instagram Sebelum Mengambil Foto

Salah satu kekurangan menggunakan feed instagram adalah kreator perlu konsisten dan patuh dalam mengikuti tema instagram yang telah anda buat sebelumnya.

Hal ini dilakukan agar konten instagram yang tengah anda buat terlihat menyatu dengan konten instagram yang tekah anda unggah sebelumnya.

Salah satu contohnya, jika anda ingin memilih feed instagram dengan konsep minimalis maka anda bisa mengambil foto produk dengan background sebagai subject utama, sehingga anda akan fokus pada tampilan yang bersih serta pemilihan warna yang simpel.

Pastikan juga anda selalu mengambil gambar menggunakan pencahayaan yang sama untuk menampilkan kesan konsisten pada konten feed yang anda miliki.

Pengambilan foto menggunakan kondisi cahaya yang berbeda-beda akan menghasilkan tampilan yang berbeda sehingga akan sulit bagi anda untuk memberikan tampilan yang konsisten di feed instagram.

Edit Foto Secara Konsisten

Guna memberikan tampilan feed instagram yang konsisten, maka anda juga memerlukan mengedit foto secara konsisten untuk menyamakan tema dan konsep yang telah anda rancang sebelumnya.

Untuk mengedit foto secara konsisten maka kreator bisa menggunakan aplikasi atau website edit foto digital yang tersedia secara gratis dan berbayar di internet.

Penggunaan aplikasi edit foto akan membantu kreator untuk mengedit konten instagram dengan tema yang sama menggunakan filter yang telah anda gunakan sebelumnya.

Sssst… asal anda tahu, pemakaian edit foto yang konsisten juga menjadi rahasia bagi banyak brand untuk menjadi terkenal berkat feed instagram yang bagus sehingga dapat membantu untuk meningkatkan penjualan produk berkat daya tarik konsumen yang semakin tinggi.

Membuat Kalender Konten

Sebagai seorang kreator, tentunya anda familiar dengan penggunaan kalender konten, dimana anda bisa merancang ide konten yang akan anda aplikasikan di berbagai akun social media.

Dengan memakai kalender konten, juga akan membantu anda untuk menampilkan tampilan feed instagram segar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Perancangan konten dan foto juga akan membantu anda untuk memastikan tampilan feed instagram anda terlihat profesional serta memiliki tampilan yang atraktif.

Sehingga, pastikan anda memiliki kalender konten untuk menandai hari-hari penting agar tidak ketinggalan momen yang berharga untuk meningkatkan brand awareness pada produk yang anda miliki.

Penggunaan kalender konten juga membantu anda untuk memastikan agar tidak lupa pada tanggal-tanggal penting untuk mengunggah konten instagram.

Rencanakan Feed Instagram

Merencanakan konten di instagram tidak hanya memilih konten yang akan anda unggah, namun memastikan urutan postingan terlihat berurutan dan serasi satu sama lain.

Guna membuat tampilan feed instagram lebih rapih maka anda bisa menggunakan aplikasi edit foto yang tersedia secara gratis untuk mengombinasikan feed instagram sehingga terlihat lebih dinamis satu sama lain.

Anda dapat memindahkan berbagai konten instagram dan menyesuaikan urutan foto yang sesuai untuk membantu merencanakan feed instagram lebih baik.

pexels cottonbro 5053851 5

Ide Feed Instagram Untuk Bisnis

Bingung memilih ide feed instagram sesuai dengan bisnis yang anda jalani? Berikut beberapa ide feed instagram yang bisa anda gunakan untuk promosi bisnis.

Feed Instagram Columns

Tipe feed instagram satu ini cocok digunakan untuk akun instagram brand, dimana anda bisa mengombinasikan konten foto yang estetik serta konten promosi produk untuk mempromosikan diskon atau perilisan produk.

Pada konsep satu ini, anda bisa menggunakan 2 slide foto sebagai tampilan foto estetik serta sisi lainnya digunakan untuk konten promosi produk atau interaksi dengan konsumen yang anda miliki.

photo1659318142

Salah satunya yang dilakukan oleh halaman instagram @khakikhakiku yang menampilkan foto produk dengan tampilan estetik namun dipadukan dengan konten interaksi berupa tulisan, sehingga tidak hanya memperlihatkan produk yang dijual serta meningkatkan engagement agar menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Feed Instagram Rows

Tampilan feed instagram lain yang bisa anda coba adalah penggunaan rows, dimana pada 3 slide pertama dapat berisi promosi produk serta 3 konten selanjutnya bisa digunakan untuk mengunggah konten instagram yang estetik.

Feed instagram rows ini juga cocok bagi anda untuk menampilkan konten instagram estetik serta lainnya berisi promosi produk untuk menyeimbangkan tampilan instagram yang anda miliki.

Penggunaan feed Instagram rows adalah anda akan lebih mudah untuk mengkreasikan konten instagram menggunakan foto atau video pada satu garis lurus.

Ide feed instagram ini juga bisa digunakan oleh akun instagram business makeup artist, dimana anda akan menampilkan dokumentasi dari klien dengan satu garis lurus khusus sedangkan selanjutnya bisa anda isi dengan konsumen lain.

Dalam menggunakan ide feed instagram anda anda perlu memerlukan konsistensi agar menjadi ciri khas tersendiri di mata pengguna instagram.

photo1659318447

Salah satu contohnya yang dilakukan oleh akun instagram @nufaceid yang menggunakan tiga instagram feed pertama untuk promosi produk serta lainnya digunakan untuk mengenalkan brand ambassador yang dimiliki.

Feed Instagram Tiles

Perlu konten feed instagram untuk produk fashion yang anda miliki? tampilan instagram tiles bisa anda coba.

Dengan gaya yang sederhana serta penggantian foto yang berbeda, maka anda bisa memadukan foto produk dengan konten menggunakan model yang menjadikan tampilan instagram anda menjadi lebih menarik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mencampurkan foto produk dengan beberapa quotes inspiratif yag memotivasi konsumen.

photo1659319648

Tampilan konten ini juga digunakan oleh akun instagram @mayoutfit yang mengkolaborasikan foto produk dengan tampilan busana menggunakan bantuan model sehingga konten instagram menjadi lebih menarik dan keren.

Feed Instagram Puzzle

Ingin memberikan impresi pertama yang baik di depan pengguna instagram? Maka penggunaan feed instagram puzzle bisa anda coba.

Pengguna instagram tentunya pernah menggunakan tampilan feed instagram dimana sebuah foto akan menghabsikan 9 foto khusus yang memiliki tema yang sama, sehingga dapat mencuri perhatian pengguna instagram saat pertama kali melihatnya.

photo1659320375

Tampilan instagram puzzle ini digunakan oleh akun instagram @riverburn.official yang menggunakan feed instagram untuk menonjolkan sebuah produk sehingga pengikut anda akan terpesona pada pandangan pertama.

Sayangnya tampilan instagram puzzle ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama dengan bertambahnya berbagai konten baru yang akhirnya membuat urutan foto berubah.

Meskipun begitu, anda bisa menggunakan feed instagram puzzle untuk mempromosikan produk baru sehingga dapat meningkatkan ketertarikan konsumen.

Feed Instagram Warna

Dalam membuat feed instagram yang estetik, anda tidak hanya bekerjasama membuat konten instagram dengan tampilan yang serupa, namun anda juga bisa menggunakan variasi warna tertentu sebagai ciri khas tersendiri.

Penggunaan warna ini juga akan memudahkan pengguna instagram mengenali tipe produk yang anda jual, contohnya jika anda menggunakan warna-warna coklat maka konsumen akan memiliki asumsi bahwa anda menjual produk furnitur.

Tidak hanya itu, pemberian warna khusus pada instagram feed yang anda miliki juga akan menimbulkan sisi emosional di mata konsumen.

Karenanya berikut beberapa inspirasi instagram feed berdasarkan warna yang bisa digunakan di akun instagram business.

Penggunaan Warna Gelap

Penggunaan warna gelap, seperti hitam, biru tua, dan coklat tua biasanya memiliki kaitan dengan produk yang berkaitan dengan laki-laki untuk menampilkan tampilan maskulin.

Karenanya jika anda memiliki produk yang berkaitan dengan laki-laki, maka penggunaan warna hitam dan sejenisnya bisa anda gunakan untuk ciri khas instagram feed yang sesuai.

photo1659321572

Salah satu akun instagram yang menggunakan warna gelap adalah @kahfeveryday yang menggunakan dominan warna coklat tua serta hitam untuk memberikan ciri khas pada tampilan instagram yang dimiliki.

Penggunaan Core Colour

Dalam memilih warna instagram feed, maka anda tidak hanya menggunakan warna yang menjadi ciri khas suatu gender, namun anda juga bisa memakai warna yang menjadi ciri khas produk yang anda kembangkan.

Penggunaan warna yang sesuai ciri khas ini akan memudahkan pengguna instagram dalam mengenali desain konten instagram yang anda miliki sehingga memudahkan untuk membedakan dengan kompetitor lain.

photo1659321955

Strategi ini juga digunakan oleh akun instagram @wardahbeauty yang menggunakan warna biru muda serta putih untuk menjadi ciri khas warna pada konten instagram yang diunggah.

Meskipun begitu, Wardah juga memiliki beberapa series produk tertentu dengan tampilan warna yang berbeda, sehingga terkadang warna instagram feed berubah tergantung dari produk yang akan dipromosikan.

pexels jeremy levin 122383 2

Ide Feed Instagram Untuk Kreator

Penggunaan instagram tidak hanya digunakan untuk promosi produk namun juga biasa dipakai oleh kreator atau seniman untuk memamerkan karya yang dimilki.

Hal ini dilakukan mengingat instagram sebagai media sosial visual sehingga bisa digunakan kreator untuk memamerkan karya yang dimiliki melalui penggunaan konten konten atau foto.

Karenanya, jika anda ingin mempromosikan atau menampilkan karya yang dimiliki maka beberapa strategi konten berikut bisa anda gunakan untuk membuat tampilan instagram feed yang estetik.

Tampilkan Karya yang Dimiliki

Ide instagram feed pertama yang bisa anda gunakan untuk memamerkan karya yang anda miliki adalah hanya dengan mengunggah lukisan yang telah anda buat di instagram.

Dengan mengunggah foto tersebut akan membantu menarik perhatian pengguna instagram apabila karya yang anda miliki memiliki selera yang sama.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memaksimalkan fitur instagram seperti caption atau hashthag untuk menjelaskan isi karya yang anda unggah serta menggunakan hashtag untuk menjangkau pengguna instagram yang memiliki selera yang sama dengan karya anda.

photo1659322721

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @stevemcdonald yang mengunggah hasil karyanya ke akun instagram yang dimiliki sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang yang memiliki minat yang sama.

photo1659322915

Ia juga menambahkan caption yang menjelaskan perjalanan saat melukis serta arti gambar tersebut sehingga memudahkan pengikutnya untuk memahami isi gambar yang dilukis.

Tidak lupa juga untuk menambahkan hashtag instagram untuk memudahkan pengguna instagram untuk mencari konten yang telah anda unggah.

Penggunaan Warna yang Sama

Penyelarasan warna tidak hanya digunakan untuk akun instagram brand namun juga bisa dipakai oleh kreator yang ingin mengunggah karyanya di instagram.

Penggunaan warna yang selaras juga akan memberikan ciri khs tersendiri di akun instagram anda sehingga tidak mudah dilupakan oleh pengguna instagram.

Kreator yang menggunakan warna palet yang sama biasanya memiliki konten komik untuk memudahkan pengikutnya membaca isi komik yang diunggah.

photo1659323508

Pemakaian warna yang sama ini digunakan oleh kreator @jase_pain_t yang mengunggah semua karya komiknya menggunakan palet warna putih guna memudahkan pembaca dalam melihat isi konten yang dimiliki.

Flatlay

Ide lainnya dalam membuat instagram feed adalah menambahkan properti tambahan di sekitar foto atau gambar yang akan anda unggah di instagram.

Penggunaan tambahan alat ini juga akan memberikan ciri khas serta memberikan suasana tambahan dari gambar yang anda unggah.

photo1659324000

Salah satu contohnya adalah akun instagram @hellojanina.art yang menaruh properti gambar yang digunakan sebagai pelengkap sebelum mengunggah foto tersebut di instagram.

Colored Background

Saat mengunggah karya anda di instagram, tentunya anda tidak hanya menampilkan lukisan yang telah anda buat namun juga menambahkan background warna tertentu untuk menyamakan instagram feed yang dibuat sebelumnya.

Pemakaian warna yang variatif akan memberikan tampilan instagram yang cerah serta tidak membosankan di mata pengguna instagram.

photo1659324281

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @itsthebeastlyfigure_ yang menampilkan karya disertai background warna yang beragam untuk mempercantik tampilan konten instagram.

Pemberian warna yang berbeda-beda juga akan menonjolkan karya yang anda miliki sehingga memberikan jiwa tersendiri bagi setiap karya yang dilukis dan diunggah di instagram.

Timelapse Video

Kata siapa hanya konten foto yang bisa diunggah di instagram kreator? anda juga bisa menggunakan konten video sebagai variasi tampilan karya yang anda miliki.

Dengan menampilkan karya anda dalam bentuk video maka kreator bisa mengunggahnya di berbagai fitur instagram, seperti instagram stories atau instagram reels.

Penggunaan dua fitur tersebut juga akan membantu meningkatkan kreasi konten yang anda unggah serta menjangkau konsumen yang lebih luas untuk mengenalkan karya yang anda miliki.

Anda juga bisa menggunakan tambahan fitur lagu di story atau reels sehingga konten yang anda unggah terlihat lebih menarik saat diunggah di instagram.

Penggunaan konten reels untuk memamerkan karya juga digunakan oleh akun instagram @moe_kickz yang melakukan timelapse video saat melakukan sablon baju menggunakan lukisan yang dimiliki.

Cara satu ini tidak hanya memamerkan karya yang dimiliki namun sebagai bukti ke konsumen mengenai proses pembuatan produk yang dijual ke pasaran.

Before and After Carousel

Salah satu fitur instagram yang sering digunakan oleh banyak pengguna adalah instagram carousel, dimana anda bisa mengunggah banyak foto sekaligus dalam satu postingan instagram.

Penggunaan instagram carousel ini juga membantu anda dalam mengunggah beberapa foto atau video sekaligus sehingga tidak menghabiskan insagram feed dengan isi konten yang hampir mirip.

Tidak hanya itu, penggunaan instagram carousel juga bisa digunakan untuk menampilkan karya anda dengan cara yang unik, salah satunya adalah menampilkan before after.

Pada konten satu ini, anda akan menampilkan proses pengerjaan suatu karya seni kreatif sehingga membuat pengikut instagram lebih menghargai konten yang anda buat setelah melihat proses hasil karya yang lumayan rumit.

Cara ini dilakukan oleh akun instagram @aljahorvatco yang mengunggah hasil before-after dari gambar yang dimiliki sehingga memberikan pengguna instagram pandangan mengenai proses menggambar karya tertentu.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menggungah video singkat yang dipercepat di akhir konten carousel sehingga memberikan variasi konten yang unik.

Sumber :

15 Instagram Feed Ideas for Business in 2022 – Socialhead

5 Tips Instagram Feed Ideas for Business and Examples – Ginee

25 Creative Instagram Feed Ideas that Will Inspire You – Creatopy

15 AMAZING Instagram Feed ideas for Artists (thepreviewapp.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.