Instagram Reels Ads : Pengertian, Penggunaan, & Optimasinya
Pelajari cara menjangkau target audience dengan konten instagram reels ads yang kreatif dan menarik.
Di tahun 2020, Instagram merilis fitur reels dimana penggunanya bisa membuat dan mengunggah konten video pendek dan bisa ditonton di kolom instagram reels, explore, atau halaman profil instagram.
Tidak disangka, fitur satu ini mendapatkan tempat di hati penggunanya hingga akhirnya instagram pun menambah format baru dimana marketer bisa mengunggah konten iklan di reels.
Namun, untuk membuat konten instagram reels ads anda semakin menarik maka dibutuhkan strategi serta ide konten yang tepat agar konsumen tertarik melihat iklan yang anda tayangkan.
Karenanya berikut beberapa cara menggunakan instagram reels ads serta ide konten yang menarik.
Apa Itu Instagram Reels Ads
Layanan instagram reels telah menjadi andalan untuk menarik minat penggunanya untuk menghabiskan waktu lebih lama di Instagram.
Hal ini dikarenakan reels memiliki banyak konten video pendek yang menghibur dan bisa dipilih sesuai dengan minat dan topik yang mereka sukai.
Tingginya peminat instagram reels yang terus meningkat dari hari ke hari menjadikan Instagram menambahkan fitur baru yakni Instagram reels ads.
Dimana pengguna bisa melihat tayangan iklan saat scrolling konten reels dengan durasi tertentu.
Fitur ini tentunya menguntungkan bagi marketer karena membantu menjangkau audience yang lebih luas dengan konten yang menarik.
Tamplian instagram reels ads sendiri memiliki kesamaan dengan iklan instagram story dimana anda akan ditunjukkan iklan dalam bentuk vertikal serta kolom call to action yang bisa di klik dan membawa konsumen ke website atau akun marketplace tertentu.
Selain itu, terdapat juga kolom caption yang bisa dimanfaatkan untuk menuangkan kalimat call to action yang dapat menarik minat penonton untuk membeli produk yang anda promosikan.
Uniknya lagi, penonton iklan anda juga dapat memberikan interaksi melalui likes atau komentar saat melihat video anda sehingga dapat membantu menaikkan poin engagement di algoritma instagram reels.
Sehingga membuat konten instagram reels yang unik dan menarik serta tidak sekedar berisi promosi juga dapat meningkatkan brand awareness pada produk yang dipromosikan.
Penggunaan instagram reels ads ini juga digunakan oleh akun instagram brand @mamaschoiceid yang mempromosikan produknya melalui konten video pendek yang menarik.
Bagaimana Cara Membuat Instagram Reels Ads
Berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh instagram reels ads tentunya membuat anda tertarik untuk membuat konten iklan di reels.
Namun, sebelum membuat konten iklan yang menarik maka anda perlu mengetahui langkah-langkah menayangkan iklan di instagram reels secara mudah dan cepat.
Buat Konten Iklan Terlebih Dahulu
Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum membuat instagram reels ads tentunya adalah merancang konten iklan terlebih dahulu.
Desain konten instagram reels ads ini bisa berupa ide video yang akan anda tayangkan ke konsumen serta pengggunaan caption yang tepat.
Jangan lupakan juga format instagram reels ads yang tentunya berbeda dengan iklan instagram feed yang biasa anda buat sebelumnya.
Anda juga bisa menambahkan branded hashtag yang bisa anda sematakan di konten iklan, sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan iklan dan produk anda saat melakukan klik pada tagar tersebut.
Bagian paling penting dalam membuat konten instagram reels ads adalah memastikan orisinalitas iklan yang anda buat dan tidak terlihat menjiplak ide dari orang lain.
Biasanya kreator akan membuat format konten percakapan, monolog, atau menggunakan animasi dan visual untuk menampilkan iklan di instatagram reels.
Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @grassenatural yang menyorot produk yang dimiliki dengan sentuhan estetika yang menarik serta iringan lagu yang membuat penonton tertarik untuk melihatnya.
Memiliki Akun Ads Manager
Setelah membuat konten iklan dengan format yang sesuai maka inilah saatnya untuk menayangkan iklan di instagram reels.
Sebelumnya anda juga perlu memiliki akun ads manager yang bisa diakses melalui halaman Facebook.
Cara mengakses halaman ads manager juga cukup mudah, anda cukup masuk ke akun Facebook yang anda miliki kemudian klik ikon ads manager yang terletak pada bagian kiri kolom Facebook.
Tentukan Tujuan Iklan
Apabila anda sudah masuk ke halaman ads manager maka anda akan disuguhkan berbgai tujuan iklan yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan.
Hal ini juga akan memudahkan Meta untuk memilih konsumen yang tepat sesuai dengan iklan yang akan ditayangkan di Instagram reels.
Tidak hanya itu, anda juga akan lebih menghemat budget iklan yang dikeluarkan karena menjangkau target konsumen yang diinginkan.
Berikan Nama Campaign yang Jelas
Setelah memilih tujuan iklan yang diinginkan maka anda bisa memberikan nama campaign pada iklan yang akan ditayangkan.
Pastikan anda memberi nama campaign dengan deskripsi yang jelas, sehingga akan memudahkan dalam memahami isi iklan saat melakukan analisa performa instagram reels ads.
Contohnya saja, dibandingkan hanya menuliskan deskripsi iklan reels 1 maka anda bisa menggantinya dengan reach (tanggal iklan) sehingga akan memudahkan untuk membedakan iklan satu dengan yang lainnya.
Setelah selesai memberi nama iklan maka anda bisa melanjutkan untuk menyimpannya dan kembali ke halaman main editor.
Kualifikasi Jenis Iklan
Kemudahan dalam menayangkan iklan di instagram reels akan memudahkan kreator dalam membuat iklan yang memiliki tujuan tertentu, misalnya untuk tujuan politik atau isu yang tengan naik daun.
Meta sendiri memahami hal tersebut dan akhirnya memberikan kategori khusus pada iklan dengan tema tertentu, sehingga iklan anda lebih bebas ditayangkan serta dapat menjangkau konsumen yang tepat.
Uji Coba Penayangan Iklan
Setelah anda memiliki kategori iklan yang sesuai maka anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum menayangkan instagram reels ads.
Dimana anda akan diberikan kesempatan untuk melakukan uji coba penayangan iklan melalui pilihan audience, caption, serta gambar kemudian menentukan performa terbaik yang dapat dipilih.
Tidak hanya itu, apabila anda baru pertama kali menggunakan layanan Ad Manager maka anda bisa meminta Meta untuk melakukan optimasi iklan dimana video anda akan ditayangkan sesuai dengan pilihan harga.
Sehingga akan membantu anda untuk memilih dan memilah jenis iklan yang sesuai dengan performa iklan di masing-masing harga.
Namun, apabila anda sudah terbiasa menggunakan layanan ad manager maka anda bisa mengatur sendiri budget pengeluaran yang diinginkan untuk campaign promosi tertentu.
Setelah anda merasa puas dengan budget yang akan dikeluarkan maka anda bisa melakukan klik pada tombol Next untuk beralih ke tahap selanjutnya.
Atur Budget dan Campaign
Bagian paling penting dari membuat instagram reels ads adalah menentukan budget iklan yang dimiliki.
Penentuan ini akan membantu biaya promosi yang maksimal dengan target audience yang telah ditentukan sebelumnya.
Ads manager sendiri menyediakan opsi dynamic creative dimana anda bisa mengunggah beberapa konten video caption dan kemudian Ads Manager akan menentukan kombinasi terbaik untuk penayangan iklan.
Meskipun opsi ini menguntungkan untuk menentukan jenis iklan terbaik, namun fitur ini kurang sesuai untuk instagram reels ads, namun Instagram memiliki opsi lain yang menguntungkan untuk penyangan konten iklan video pendek.
Anda juga perlu menentukan durasi penayangan iklan, karena setiap campaign promosi biasanya hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu dan tentunya akan memengaruhi biaya iklan yang akan dikeluarkan selama masa penayangan iklan.
Kenali Target Audience
Tidak hanya biaya promosi yang dapat menyukseskan penayanan instagram reels ads, namun memilih target audience juga menjadi bagian penting agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang didapatkan.
Penargatan audience instagram reels ads ini memiliki kesamaan dengan fitur iklan instagram dan facebook lainnya, dimana anda bisa memilih demografi, kesukaaan, lokasi, atau menggunakan audience yang sudah anda gunakan sebelumnya.
Meskipun begitu, audience di instagram reels ads mungkin berbeda dengan konsumen di iklan lainnya, sehingga anda perlu menentukan untuk memilih konsumen baru atau menggunakan audience yang sebelumnya.
Namun, apabila anda ingin menggunakan audience baru maka anda bisa mengubah kembali parameter sesuai dengan target yang akan anda pilih.
Apabila audience yang dipilih dapat mendulang kesuksesan iklan secara siginifikan maka anda bisa menyimpannya untuk promosi campaign di masa yang akan datang.
Pastikan juga untuk menyimpannya menggunakan deskripsi nama yang mudah dicari dan diingat.
Pilih Penempatan Instagram Reels Ads
Meskipun konten instagram reels ads akan ditempatkan di fitur reels namun anda juga perlu merubahnya apabila anda menayangkan iklan memlalui Ads manager.
Hal ini dikarenakan layanan ini dibuat untuk mengelola iklan di platform Facebook dan Instagram yang tentunya memiliki fitur yang berbeda.
Anda juga perlu memastikan agar tidak melakukan klik pada kolom platform karena mereka tidak memiliki layanan untuk Instagram reels ads.
Sehingga hal ini bisa anda ubah dengan melakukan klik pada bagian placements dimana anda bisa meletakann konten instagram reels ads pada halaman explore atau instagram reels sehingga mudah ditemukan oleh target audience yang diinginkan.
Atur Campaign Instagram Reels Ads
Meta termasuk platform yang sensitif dimana iklan anda akan diblokir apabila tidak sesuai dengan peraturan iklan yang diberikan.
Sehingga anda bisa melakukan penyaringan terlebih dahulu agar iklan anda dapat tayang lebih lama dan bebas dari pelanggaran Meta.
Anda bisa mengatur topik yang sensitif atau pengguna yang tidak bisa melihat iklan anda, bahkan anda bisa memilih tipe handphone serta penggunaan data internet yang bisa melihat konten iklan anda.
Setelah anda merasa yakin dengan pilihan yang disuguhkan maka anda bisa melanjutkan dengan melakukan klik pada ikon next.
Pada tahap selanjutnya, anda bisa memilih identitas brand dengan memastikan akun instagram yang akan mengunggah konten instagram reels ads.
Tambahkan Konten Instagram Reels Ads
Nah, setelah melewati berbagai persyaratan yang panjang untuk menentukan target audience serta mencegah iklan di blokir maka inilah saatnya untuk memasukkan konten instagram reels ads yang telah anda buat sebelumnya.
Meta memberikan dua opsi bagi marketer untuk mengunggah iklan, pertama adalah menambah atau membuat video.
Apabila anda memilih opsi menambahkan video, maka Meta akan memberikan pilihan untuk mengunggah konten dari file komputer atau konten instagram reels yang telah anda unggah sebelumnya.
Selain itu, anda juga bisa mengambil konten iklan dari halaman facebook atau link website penyimpanan.
Pastikan juga anda memilih ukuran video serta durasi iklan agar konten anda tidak terpotong di tengah jalan atau video anda tidak tampil dengan maksimal.
Menariknya lagi, Meta juga memberikan saran konten video yang sekiranya memberikan performa konten iklan terbaik, sehingga menarik untuk dilihat oleh target audience yang telah dipilih sebelumnya.
Namun, apabila ukuran video anda dirasa terlalu kecil atau besar maka anda bisa mengubahnya kembali sesuai dnegan ukuran yang diminta di instagram reels ads.
Membuat Instagram Reels Ads
Marketer tidak perlu risau apabila belum memiliki konten instagram reels ads, karena anda bisa membuatnya sendiri dengan mengunggah koleksi foto terlebih dahulu atau mengambil dari konten yang telah diunggah sebelumnya.
Kemudian anda bisa memilih template konten instagam reels ads, seperti ratio dan ukuran konten video.
Jangan lupa juga untuk memasukkan caption yang akan membuat penonton tertarik untuk membeli produk dan mengikuti campaign yang anda tayangkan.
Agar tampilan konten instagram reels ads terlihat lebih menarik maka anda bisa menggunakan background efek yang menarik.
Tambahkan Call to Action dan Link Landing Page
Agar konsumen lebih mudah dalam membeli produk yang anda tawarkan maka wajib bagi anda untuk menambahkan landing page yang biasanya berada di bagian bawah foto.
Instagram reels ads sendiri memiliki beberapa opsi swipe up link yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
Analisa Kinerja Instagram Reels Ads
Bagian terakhir dari merancang instagram reels ads adalah menentukan analisa kinerja instagram reels ads.
Hal ini untuk mengetahui apakah penonton mengunjungi website yang anda ajukan atau mengabaikannya begitu saja.
Guna memudahkan layanan analisa maka anda perlu mengaktifkan akun Facebook Pixels dan mendaftar melalui akun instagram business yang anda miliki.
Tips Membuat Instagram Reels Ads
Sebagai seorang digital marketer, anda tidak hanya mengetahui langkah-langkah mengunggah instagram reels ads.
Namun, diperlukan juga pengetahuan agar optimasi konten iklan anda semakin efektif.
Karenanya berikut beberapa cara membuat konten instagram reels ads agar semakin optimal.
Ketahui Durasi Instagram Reels Ads
Berbeda dengan pendahulunya yang memiliki durasi video yang panjang, Instagram reels ads memiliki durasi yang lebih pendek dengan ukuran maksimal mencapai tiga puluh detik
Sehingga penting bagi anda untuk menangkap perhatian konsumen di detik pertama agar penonton melihat iklan anda sampai selesai.
Di sisi lain, durasi yang terlalu panjang akan membuat konten anda berhenti di tengah jalan atau tidak dapat diunggah di instagram reels ads.
Dalam proses pembuatan konten instagram reels ads, anda bisa menyuguhkan foto produk terlebih dahulu sehingga membuat penonton mengetahui produk yang anda promosikan.
Baru selanjutnya anda bisa menambahkan pesan yang ingin anda sampaikan ke konsumen sehingga mereka tertarik untuk membeli produk atau mengunjungi website yang dipromosikan.
Pemakaian foto produk di awal durasi video instagram reels ads juga digunakan oleh akun instagram brand @elievskin sehingga menarik penonton untuk melihat isi video sampai akhir.
Anda juga bisa menambahkan kolom link yang dapat membawa konsumen untuk mengunjungi akun marketplace atau website yang anda miliki agar mereka tertarik untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan.
Kenali Target Audience
Saat merencanakan instagram reels ads maka anda akan diberikan kesempatan untuk memilih target audience yang sesuai dengan konsumen yang diinginkan.
Hal ini akan memudahkan anda untuk menyasar target audience yang sesuai serta menghemat budget iklan yang dimiliki.
Dalam memilih target audience yang diinginkan, anda bisa memulai dengan mengenali brand dan produk yang akan dikembangkan.
Misalnya saja, apabila produk anda berupa kitchen set maka konsumen yang akan anda sasar adalah ibu rumah tangga dengan kisaran usia 30-40 tahun serta pemula yang baru membeli rumah dengan kisaran usia 25-30 tahun.
Target audience juga akan berubah sesuai dengan produk atau layanan yang dimiliki.
Selanjutnya adalah anda perlu menentukan demografi lokasi konsumen agar produk anda menyasar ke target konsumen yang tepat.
Pilihan ini tentunya menguntungkan bagi usaha kecil yang hanya memiliki toko di satu daerah saja dan tidak membuka layanan jual beli secara daring, sehingga anda dapat menyasar konsumen di lokasi tertentu.
Namun, apabila produk dan layanan anda melayani konsumen di luar kota maka anda bisa memilih demografi seluruh Indonesia untuk jangkauan konsumen yang lebih luas.
Pemberian demografi yang berbeda juga akan menentukan biaya iklan yang akan dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu.
Pemilihan target audience yang bisa anda pilih adalah gender konsumen yang akan membeli produk atau layanan tersebut.
Hal ini dikarenakan biasanya suatu produk akan fokus pada ke satu gender tertentu namun dengan pilihan usia yang berbeda.
Contohnya saja produk perawatan motor biasanya akan disukai oleh konsumen laki-laki dibandingkan wanita.
Tambahkan Audio dan Teks yang Sesuai
Salah satu keunggulan instagram reels ads yang membuat penonton tertarik untuk melihatnya adalah adanya penambahan audio di iklan yang anda unggah.
Sehingga penonton tidak merasa bosan saat melihat konten iklan yang ditayangkan di halaman instagram reels.
Pada pilihan audio ini, anda bisa memilih lagu yang sedang naik daun dan banyak digunakan oleh pengguna instagram atau menggunakan instrumen yang sesuai dengan produk yang anda jual.
Namun, anda juga perlu memastikan bahwa audio anda memiliki durasi yang sesuai dengan iklan yang akan ditayangkan.
Selanjutnya, anda juga bisa menambahkan teks di iklan instagram reels yang akan diunggah.
Penambahan ini akan membantu konsumen memahami isi iklan dengan mudah sembari melihat konten yang ditayangkan.
Pada proses penambahan tulisan, anda bisa memberikan promosi yang ditawarkan serta kelebihan produk yang dimiliki.
Sehingga penonton tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan serta berkunjung ke website atau akun marketplace yang anda tawarkan.
Pastikan juga tulisan di video tersebut memiliki kontras yang berbeda sehingga mudah dibaca oleh penonton.
Penggunaan tulisan di video ini juga digunakan oleh akun instagram brand @panasoniccooking.id yang menambahkan tulisan dengan kontras yang berbeda dengan background video agar mudah dibaca oleh penonton.
Anda juga bisa menambahkan caption di bagian bawah video sehingga penonton dapat memahami isi video dengan mudah.
Di tambah lagi, video instagram reels ads tidak memiliki fitur pause sehingga durasi yang terlalu cepat akan menyulitkan penonton untuk melihat isi dari tulisan di video.
Di sisi lain, penggunaan caption instagram reels ads yang panjang namun sesuai dengan isi video, akan membuat penonton tertarik untuk membacanya selama video tersebut di putar.
Hal ini akan menambah jumlah penayangan video yang berulang kali oleh penonton yang sama.
Sumber :
https://www.socialmediaexaminer.com/9-instagram-ad-ideas-to-improve-conversions/
artikelnya membantu banget
Terima kasih atas tanggapannya 🙂