pexels monstera 5849562

2 Jenis Social Media Ads yang Menarik Perhatian

Pelajari cara menggunakan berbagai jenis social media ads untuk promosi usaha yang lebih maksimal.

Saat membuka aplikasi social media, anda akan menemukan berbagai iklan dengan format yang berbeda-beda.

Penggunaan social media ads telah menjadi keharusan bagi sebuah brand mengingat 28% pengguna internet menghabiskan lebih banyak waktu di social media, yang akhirnya membuat banyak brand menyadari manfaat dari kehadiran social media.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak merk yang menggunakannya untuk meningkatkan brand awareness di depan konsumen.

Di sisi lain, keberadaan social media dan iklan menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dimana social media bertugas untuk mengembangkan identitas anda sedangkan iklan membantu untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan yang lebih efektif.

Sementara jangkauan organik saat ini mengalami kesulitan untuk menjangkau target konsumen yang lebih cepat, sehingga mau tak mau marketer sebaiknya membuat akun socia media yang dimiliki menjadi lebih terkenal dan diingat oleh banyak orang.

Namun, sebelum membuat social media ads yang efektif maka anda juga perlu mengetahui berbagai jenis iklan social media untuk promosi yang lebih maksimal

apa itu social media ads

Apa Itu Social Media  Ads

Seiring dengan berjalannya waktu serta kebiasaan yang berubah, akhirnya menjadikan strategi pemasaran juga terus berkembang dari waktu ke waktu.

Jika dulu anda biasa menemukan berbagai iklan dalam bentu banner, flyer, brosur, atau billboard di pinggir jalan, maka strategi ini mulai jarang ditemukan.

Hal ini dikarenakan masifnya penggunaan social media yang akhirnya membuat banyak brand yang melakukan promosi di social media.

Selain harganya yang lebih murah, maka anda juga bisa melakukan penargetan ke konsumen yang anda inginkan.

Sehingga banyak orang yang akhirnya berbondong-bondong untuk beralih melakukan promosi di social media dibandingkan media lainnya.

Social media ads sendiri merupakan strategi digital marketing yang memungkinkan anda untuk menjalankan iklan berbayar di berbagai platform social media, strategi ini juga termasuk jumlah budget promosi yang dibayarkan untuk menjangkau target konsumen yang diinginkan, sehingga mereka lebih mengenal brand dan produk anda.

Nah, ketika anda menggunakan social media ads secara rutin untuk keperluan tertentu, maka anda bisa menjangkau target audience yang lebih luas dan banyak dibandingkan dengan pengikut yang anda miliki.

Anda juga bisa memilih target konsumen yang akan anda tuju sehingga anda bisa menargetkan pengguna social media yang benar-benar tertarik pada produk anda daripada yang kurang berminat sama sekali.

Selain itu, variasi iklan yang unik dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggguna social media untuk melihat iklan anda dan akhirnya mengunjungi akun social media yang anda miliki.

jenis jenis social media ads

Jenis-jenis Social Media Ads

Melakukan social media ads merupakan cara yang tepat untuk menjangkau audience yang anda inginkan, dimana anda bisa menargertkan konsumen baru yang dapat menjadi pengikut baru atau menargetkan kembali konsumen yang telah anda miliki sebelumnya.

Saat ini hampir semua social media membuka layanan iklan berbayar yang membantu akun business melakukan promosi yang lebih efektif, namun bukan berarti anda harus menggunakan semua platform tersebut.

Hal ini dikarenakan konsumen anda hanya berkumpul pada satu tempat saja, sehingga bisa anda manfaatkan untuk promosi yang lebih efektif dibandingkan mencoba berbagai social media ads di tempat yang belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Di saat anda memilih tempat yang akan digunakan sebagai social media ads, maka anda juga perlu mengenal platform yang biasa dipakai oleh target audience anda, tempat komunitas anda saling melakukan interaksi satu sama lain, dan tentunya mudah diakses.

Contohnya apabila anda ingin menargetkan kalangan anak muda maka Tiktok bisa menjadi pilihan pertama, sedangkan apabila anda memiliki produk perawatan bayi maka anda bisa menargetkan kalangan ibu-ibu yang berada di Instagram atau Facebook.

Masalah lainnya dalam memilih platform social media ads yang tepat adalah memilih kanal yang bekerja secara organik bagi akun business anda, dimana konsumen anda secara natural melakukan interaksi pada setiap konten promosi yang akan anda unggah.

Pemilihan ini juga masih menjadi pertanyaan bagi kalangan marketer yang akan melakukan promosi social media ads pertama kali.

Karenanya berikut berbagai jenis iklan social media serta jenis konten promosi yang ditawarkan.

Facebook Ads 

Facebook masih menjadi social media yang banyak digunakan oleh banyak orang, khusunya bagi pengguna internet di kalangan usia 30-40 tahun.

Penggunaan facebook ads juga akan membantu anda dalam mencapai tiga tujuan campaign, diantaranya adalah :

  • Awareness : membangun awareness atau memperluas jangkauan konsumen.
  • Consideration : membawa konsumen ke website anda untuk melakukan jual beli atau membaca konten yang diberikan, mengajak untuk mengunduh aplikasi atau melihat video tertentu, serta membuat mereka melakukan komuniksi melalui facebook messenger.
  • Conversion : meningkatkan penjualan atau kunjungan ke halaman website dan marketplace atau mengajak konsumen mengunjungi toko fisik yang and amiliki.

Di sisi lain, Facebook sangat populer di banyak demografi dengan jumlah pengguna hingga 2,45 miliar dimana banyak orang melakukan interaksi dengan kenalannya atau akun tertentu yang memiliki minat yang sama.

Sehingga dengan pilihan yang beragam ini memungkinkan anda untuk melakukan promosi social media ads pertama kali melalui Facebook.

Di sisi lain, untuk menunjang promosi yang lebih efektif, maka Facebook memberikan variasi iklan yang beragam sesuai dengan kebutuhan penggunanya.Facebook Photo Ads

Penggunaan foto yang berisi informasi yang jelas serta visual yang menarik, menjadikan konsumen anda tertarik pada social media ads yang anda tayangkan.

Facebook sendiri menyatakan bahwa kumpulan iklan foto dapat menarik kunjungan yang lebih banyak dibanding format lainnya.

Dalam penggunanan jenis iklan ini, Facebook menyediakan 90 karakter di kolom caption serta tambahan 25 karakter pada bagian headline, dimana anda bisa memasukkan kalimat call to action yang mengajak konsumen untuk berbelanja di website atau akun marketplace serta mengunduh e-book yang anda sediakan.

Pembuatan photo ads ini bisa anda gunakan di Facebook Business Manager atau mempromosikan konten foto di halaman anda.

Keuntungan lainnya dari menggunakan facebook photo ads adalah anda bisa menampilkan berbagai macam foto produk dalam jumlah banyak, sehingga memungkinkan konsumen untuk melihat produk yang anda jual.

Video Ads 

Beberapa pengguna Facebook mungkin lebih menyukai konten foto yang menarik, namun ada juga yang lebih tertarik pada video ads yang lebih informatif dan mudah dipahami.

Guna optimasi video ads yang akan digunakan untuk promosi produk atau layanan, anda bisa memilih opsi konten short, video clips yang memutar secara langsung, atau konten original yang diputar di dekstop target konsumen.

Agar hasil video ads menjadi lebih baik, maka anda juga bisa mengembangkannya dengan membuat konten iklan yang bermain dengan video lain atau membagikan video 360 derajat yang memperlihatkan produk anda secara detail.

Dengan banyaknya opsi konten video yang diberikan, maka kreator juga perlu mengimbanginya dengan strategi pemasaran yang sesuai.

Salah satu ide konten video ads yang bisa anda kembangkan adalah menujukkan penggunaan produk anda atau ulasan konsumen mengenai layanan yang anda miliki.

Story Ads

Meskipun konten story hanya menayangkan konten selama 24 jam namun fitur ini selalu dilihat pertama kali saat membuka Facebook, mengingat lokasi konten yang berada di bagian atas.

Sehingga fitur story juga bisa menjadi saluran pemasaran yang tepat apabila konsumen anda lebih menyukai mengakses konten story dibanding layanan lainnya.

Sayangnya layanan ini tidak bisa mempromosikan konten story yang telah anda buat, melainkan terpisah sendiri dan muncul apabila anda memilih penempatan konten iklan.

Agar konten story ads anda menjadi lebih menarik dan ditonton oleh banyak orang, maka anda bisa membuat konten yang mudah dicerna serta memperlihatkan video pendek yang bisa dipahami dalam satu kali penayangan video.

Carousel Ads

Bagi pengguna facebook atau instagram, tentunya tidak asing dengan kehadiran carousel ads yang memungkinkan untuk mengunggah beberapa konten sekaligus dalam satu postingan.

Jenis iklan satu ini memiliki kinerja yang lebih baik dalam memperlihatkan detail produk, menampilkan berbagai produk yang anda miliki, atau menunjukkan tutorial penggunaan barang tertentu.

Agar hasil konten carousel ads anda mendapatkan perhatian yang lebih banyak, maka menggunakan berbagai variasi konten dalam satu postingan bisa menjadi pertimbangan, dibandingkan hanya menunjukkan beberapa foto yang membuat konsumen akan merasa bosan.

Slideshow Ads 

Apabila anda ingin membuat social media ads namun belum memiliki materi iklan yang sesuai, maka penggunaan layanan slideshow bisa menjadi andalan.

Slideshow ads merupakan jenis iklan yang membuat konten video berdasarkan kumpulan dari foto yang anda simpan di Facebook atau koleksi dari Facebook.

Jenis iklan ini menawarkan gerakan video namun tidak memberikan sumber awal video yang spesifik, serta anda bisa menambahkan audio berupa lagu yang sedang naik daun sehingga menjadikan iklan anda lebih menarik.

Penggunaan jenis iklan ini juga cocok bagi anda yang ingin melakukan promosi namun belum memiliki fotografer untuk memotret produk yang anda miliki.

Messenger Ads 

Jika anda ingin melakukan promosi ke konsumen yang sudah anda miliki sebelumnya, maka penggunaan messenger ads bisa menjadi solusi terbaik.

Dimana iklan anda akan ditampilkan di bagian atas kolom chat, sehingga konsumen bisa melihat konten promosi anda saat membuka halaman pesan.

Penggunaan messenger ads juga bisa digunakan untuk memulai percakapan dengan konsumen potensial yang telah mengenal anda namun belum melakukan pembelian di kolom pesan, sehingga anda bisa membawa mereka ke halaman facebook shop, website, atau marketplace untuk melakukan proses jual beli.

Messenger ads sendiri dinilai efektif mengingat ada 1,3 juta orang yang mengguankan layanan pesan setiap hari meskipun mereka bukan merupakaan pengguna Facebook.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan messenger ads untuk memulai kembali percakapan dengan konsumen yang telah lalu dengan memilih jenis konsumen yang ingin anda ajak komunikasi kembali.

Playable Ads 

Keberadaan Facebook tidak hanya digunakan untuk interaksi dengan teman sebaya namun menjadi platform dimana gamers berkumpul untuk membicarakan hobi yang dimiliki.

Facebook playable ads merupakan iklan yang hanya tampil di handphone dan menampilkan konten game atau aplikasi tertentu, dimana konsumen bisa mencoba terlebih dahulu layanan yang dimiliki sebelum akhirnya mengunduhnya di handphone.

Promosi satu ini tentunya cocok digunakan bagi konsumen yang ingin mencoba game atau aplikasi tertentu, namun masih sangsi untuk menggunakannya.

Iklan satu ini dimulai dengan memperlihatkan bagaiman game ini bekerja dan jika penonton mulai tertarik maka anda bisa melakukan klik pada ikon Start, sehingga anda bisa memulai permainan dengan durasi tertentu.

Apabila anda cocok pada game tersebut atau penasaran dengan kelanjutan permainan yang telah dimainkan, maka anda bisa mengunduhnya secara langsung di handphone.

Cara ini merupakan cara terbaik untuk menunjukkan game ini sembari target konsumen melakukan scrolling halaman facebook.

Instagram Ads 

Instagram masih menjadi salah satu social media yang digunakan oleh kalangan anak muda serta orang dewasa untuk melakukan interaksi atau sekedar melihat konten dari kreator kesukaan.

Banyaknya pengguna instagram yang terdiri dari beberapa jenis konsumen, menjadikan berbagai brand akhirnya memutuskan untuk membuat akun business di platform Instagram.

Kesamaan yang dimiliki dengan Facebook serta bernaung di satu perusahaan yang sama, menjadikan iklan instagram memiliki tujuan yang sama, yakni awareness, consideration, dan conversion.

Persamaan iklan instagram dengan facebook juga terlihat dari kemampuan untuk menargetkan konsumen melalui berbagai pilihan, yakni usia, demografi, kebiasaan, dan kesukaan.

Tidak hanya itu, keduanya juga memiliki jenis iklan yang sama yakni photo, video, carousel, dan collection ads yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhannya serta jenis informasi yang akan disampaikan.

Salah satu perbedaan yang dimiliki oleh instagram ads adalah adanya iklan instagram reels yang memungkinkan kreator mempromosikan brand yang dimiliki melalui konten video pendek.

Photo dan Video Ads 

Salah satu bagian paling menganggu saat mengakses social media adanya iklan yang datang tiba-tiba, sehingga membuat seseorang akhirnya beralih untuk melihat konten lainnya dengan cepat.

Karenanya dalam membuat konten iklan di instagram, maka anda perlu memastikan bahwa materi iklan anda menyatu dengan postingan lainnya, sehingga membuat target konsumen lebih tertarik untuk melihatnya.

Untungnya, Instagram memiliki iklan photo dan video dimana anda bisa membuat iklan anda terlihat menyatu dengan konten lainnya, sehingga penonton lebih menikmati promosi yang anda lakukan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan tombol call to action yang dapat membawa konsumen anda untuk memasuki halaman instagram shop, website, atau market place yang anda miliki.

Agar hasil promosi iklan anda menjadi lebih efektif, maka pastikan untuk membuat konten iklan yang sesuai dengan postingan social media anda agar tidak terlihat perbedaan satu sama lain.

Jenis promosi satu ini juga dilakukan oleh akun instagram brand perawatan wajah Reglow yang mempromosikan produknya dengan satu foto barang untuk memikat konsumen yang ingin melihat produk tertentu.

Carousel Ads 

Instagram juga memiliki konten carousel yang memperlihatkan berbagai jenis konten dalam satu postingan, sehingga membuat konsumen lebih tertarik untuk melihat postingan yang disajikan.

Pada penggunaan iklan carousel ads, maka anda bisa melihat berbagai jenis informasi yang berbeda namun saling berkaitan hanya dengan memindahkannya secara perlahan.

Sama seperti materi iklan untuk foto dan video, maka anda bisa menggunakan tema yang selaras di setiap postingannya agar hasil yang di dapatkan semakin maksimal.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membagikan konten carousel yang berisi informasi sehingga konsumen tertarik untuk mengikuti akun anda.

Collection Ads 

Seorang marketer yang memiliki berbagai macam produk tentunya ingin menampilkan semua barang anda di satu iklan untuk budget yang lebih murah.

Sehingga penggunaan konten collection ads bisa anda gunakan untuk menampilkan cover image serta video produk, sedangkan pada bagian bawah berisi ikon call to action yang akan membawa konsumen masuk ke halaman profil instagram.

Berbagai brand yang memiliki banyak produk juga telah menggunakan layanan iklan satu ini.

iklan marina

Contohnya adalah brand kecantikan Marina yang mempromosikan potongan harga di akun marketplace.

Agar promosi semakin maksimal, maka menampilkan berbagai foto produk dengan potongan harga yang diberikan akan membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli produk tersebut.

Iklan Instagram Explore 

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Instagram adalah melihat berbagai referensi konten yang disajikan di Instagram.

Dimana anda bisa melihat berbagai postingan pengguna lain yang tidak anda ikuti namun memiliki minat yang sama.

Tidak hanya itu, anda juga akan ditampilkan berbagai jenis konten berdasarkan aktivitas yang anda lakukan, seperti mengomentari pada postingan tertentu, sehingga Instagram akhirnya merekomendasikan jenis konten yang sama.

Banyaknya pengguna instagram yang melakukan kegiatan di halaman explore untuk mencari suasana baru, menjadikan Instagram akhirnya meluncurkan iklan untuk instagram explore.

Keuntungan lainnya dari menggunakan iklan di halaman explore adalah konsumen akan mendapatkan referensi produk yang tidak terlihat seperti promosi, sehingga mereka lebih tertarik untuk mengunjungi akun instagram anda.

minyak kayu putih habbie

Pemakaian konten promosi di halaman instagram explore ini juga dilakukan oleh akun instagram minyak kayu putih habbie yang mempromosikan salah satu produknya dengan wangi yang lebih khas.

Penggunaan kolom call to action di bagian bawah foto juga membuat konsumen yang tertarik pada produk tersebut bisa berkunjung ke akun instagram untuk melihat referensi konten yang lebih beragam.

Instagram Story Ads 

Fitur instagram story menjadi salah satu konten instagam yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna social media.

Dimana anda bisa melihat berbagai konten social media yang diunggah oleh pengikut atau orang yang anda ikuti dalam waktu 24 jam.

Tidak jarang, anda menemukan berbagai interaksi yang menarik dan membuat anda bergabung pada percakapan tersebut.

Keberadaan instagram story juga kerap kali digunakan oleh influencer instagram untuk melakukan promosi produk dengan fitur link serta stiker yang memudahkan interaksi satu sama lain.

Melihat aktivitas tinggi yang dilakukan di fitur story, menjadikan Instagram akhirnya membuat layanan iklan story yang bisa digunakan untuk mempromosikan berbagai jenis produk.

prior

Salah satunya yang dilakukan oleh brand pakaian wanita Prior yang mempromosikan produk yang kembali dirilis, sehingga konsumen yang menunggu akan tertarik untuk membelinya.

Agar promosi melalui instagram story ads semakin efektif, maka anda bisa menggunakan konten video dengan durasi hingga 2 menit dengan tampilan full layar agar lebih mudah dinikmati oleh penonton.

Anda juga bisa menambahkan fitur stiker dan link di instagram story ads agar membangun interaksi dengan konsumen.

Instagram Reels Ads

Konten video pendek telah menjadi fenomena di kalangan banyak pengguna internet, sehingga banyak social media yang berlomba-lomba untuk membuat jenis fitur yang sama.

Hal ini juga berlaku di Instagram yang membuat fitur reels dimana pengguna bisa membuat konten video pendek.

Berbagai rekomendasi konten yang menarik akhirnya membantu menaikkan antusiasme pengguna instagram untuk melihat atau membuat konten reels yang menarik dan unik.

Instagram juga tidak ketinggalan momen tersebut dengan membuat layanan instagram reels ads dimana marketer bisa membuat konten promosi dengan durasi yang lebih pendek.

sephora

Salah satunya yang dilakukan oleh brand online shop Sephora yang mempromosikan produknya melalui layanan instagram reels agar menjangkau konsumen yang lebih luas.

Sumber :

What Is Social Media Advertising? | Definition, Types & Tips (webfx.com)

Social Media Advertising 101: How to Get the Most Out of Your Ad Budget (hootsuite.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.