instagram insight

Mengenal Instagram Insight dan Cara Membaca Datanya

Anda pasti sudah mengenal salah satu platform media sosial Instagram. Banyak potensi yang bisa dimaksimalkan dalam menggunakan platform ini, lho!

Salah satu fitur yang akan kami bahas kali ini adalah Instagram Insight. Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang fitur ini sebelumnya? Fitur ini memang hanya dapat Anda temukan pada jenis akun tertentu saja.

Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan potensi media sosial milik Anda. Benarkah? Bagaimana caranya? Apa saja fitur yang bisa dimanfaatkan dalam Instagram Insight?

Jangan khawatir! Kami akan mengupasnya untuk Anda!

apa itu instagram insight

Apa itu Instagram Insight?

Instagram Insight adalah sebuah fitur di platform media sosial Instagram yang memberikan informasi mengenai seluruh perkembangan akun pribadi seseorang.

Fitur ini akan menampilkan kumpulan data yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui informasi yang bisa digunakan dalam optimalisasi akun.

Data tersebut berisi tentang berbagai informasi mengenai konten yang Anda posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram Anda, serta mengetahui data diri (jenis kelamin, usia, dan geografi) followers .

Anda dapat menemukan fitur Instagram Insight pada postingan feed maupun story yang telah diunggah. Namun, untuk dapat memanfaatkan fitur ini, pastikan akun Anda sudah menjadi akun Instagram Bisnis.

Fitur Instagram Insight memang hanya tersedia pada akun Instagram Bisnis saja. Hal tersebut karena data yang disajikan dalam fitur ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Tool analytics ini merupakan fitur bawaan Instagram yang disediakan secara cuma-cuma. Instagram Insight akan memberikan informasi grafik mengenai performa strategi marketing yang kamu jalankan dan pengaruhnya terhadap followers.

Sama halnya dengan strategi bisnis secara offline, Anda pasti butuh laporan yang berisi tentang analisis pencapaian sebelumnya dan perencanaan bisnis untuk ke depannya.

Informasi yang disediakan Instagram Insight seperti apakah postingan feed atau story Anda bisa menarik followers baru? Apakah followers Anda tertarik untuk mengunjungi profil Anda?

cara mengaktifkan

Cara Mengaktifkan Instagram Insight

Fitur ini dinilai sangat praktis bagi pengguna Instagram karena sudah tersedia dalam aplikasi. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau mengakses tautan link di luar aplikasi.

Tetapi, fitur ini ternyata hanya tersedia pada akun bisnis saja, lho! Jadi, sebelum menggunakan Instagram Insight, pastikan akun Anda sudah merupakan akun bisnis.

Bagaimana cara mengubah akun personal menjadi akun bisnis? Mudah saja. Anda hanya memerlukan tiga langkah.

Klik “Setting”

Pada halaman akun Anda, klik pilihan menu pada bagian atas kanan. Kemudian akan muncul beberapa opsi. Klik “setting”

setting

Klik “Account”

Setelah itu, Anda akan melihat beberapa bagian yang bisa diatur. Klik opsi “Account”. Opsi ini berfungsi untuk mengatur akun Anda sesuai dengan yang diinginkan.

accounts

Klik “Switch to Professional Account”

Kemudian pada pilihan paling bawah, Anda akan melihat opsi “Switch to Professional Account”. Klik opsi tersebut, lalu Anda akan diarahkan oleh Instagram untuk mempersiapkan akun bisnis Anda. Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.

switch

Nah, kini akun Anda telah berubah menjadi akun bisnis. Fitur Instagram Insight akan muncul secara otomatis pada postingan feed atau story yang Anda unggah setelah akun Anda berubah.

Postingan feed atau story Anda sebelumnya yang diunggah menggunakan akun personal tidak akan menampilkan data insight.

fitur

Fitur-fitur Instagram Insight

Anda telah mengetahui apa itu Instagram Insight dan bagaimana cara mengaktifkannya. Pada fitur tersebut Anda akan menemukan beberapa bagian lagi yaitu Activity, Content, dan Audience.

Mari kita bahas lebih lanjut.

Content

Bagian yang pertama yaitu menu Content. Pada menu ini, Anda akan menemukan informasi konten yang telah diunggah. Menu ini memuat informasi mengenai ada berapa banyak akun yang melihat postingan tersebut sejak diunggah.

Selain itu, Anda juga dapat melihat informasi jumlah berapa orang yang sudah membagikan postingan feed atau story tersebut, dan berapa jumlah akun yang menyimpan postingan tersebut.

Terdapat pula informasi mengenai frekuensi postingan Anda dalam sepekan. Lalu, perbandingan frekuensi jumlah postingan dengan pekan sebelumnya.

Pada menu ini, terdapat tiga sub-menu yang harus Anda ketahui.

Feed Post

Sub-menu Feed Post akan menampilkan insight konten Instagram Anda sejak diubah ke akun bisnis. Rentang waktu yang terjangkau dalam data ini mencapai dua tahun.

Namun, Anda tidak dapat melihat insight dari postingan yang diunggah saat menggunakan akun personal. Data yang ditampilkan akan diurutkan dari konten dengan performa paling baik ke paling buruk.

Anda juga bisa memfilter informasi tersebut berdasarkan foto, video, carousel, ataupun keseluruhan postingan. Sehingga, akan lebih mudah menemukan informasi yang Anda cari.

Feed Post juga akan menampilkan data-data yang lebih spefisik lagi seperti:

  • Comments atau jumlah komen yang Anda terima
  • Follow atau jumlah pengguna yang mengikuti akun Anda setelah melihat postingan
  • Like atau jumlah like yang Anda dapat dalam satu konten
  • Saved atau jumlah akun yang menyimpan postingan Anda
  • Engagement atau jumlah akumulasi dari like, komentar, dan menyimpan suatu postingan
  • Calls atau jumlah akun yang meng-klik tombol telepon di profil setelah melihat postingan Anda
  • Emails atau jumlah akun yang memencet tombol email di profil setelah melihat postingan Anda
  • Get direction atau jumlah pengguna yang menekan tombol get direction setelah melihat konten Anda.
  • Impressions dan View adalah jumlah penayangan konten Anda
  • Profile visit atau berapa kali profil Anda dikunjungi setelah melihat postingan
  • Reach atau jangkauan seberapa banyak pengguna yang melihat postingan Anda
  • Texts atau jumlah pengguna yang mengirim Anda SMS setelah melihat konten Anda
  • Website clicks atau seberapa banyak pengguna yang menekan tombol tautan link website di profil Anda setelah melihat postingan.

Stories

Selain postingan feed, Instagram Insight juga tersedia pada Story yang Anda unggah. Berbeda dengan postingan feed, Insight yang ditampilkan pada Story hanya tersedia dalam jangka waktu 24 jam, 7 hari, dan 14 hari.

Detail data pada sub-menu Stories tidak berbeda jauh dengan Feed Post. Hanya saja ada beberapa detail yang berbeda seperti:

  • Back atau berapa kali pengunjung memencet layar untuk melihat kembali unggahan Story Anda
  • Exited atau jumlah pencetan sebelum pengguna meninggalkan Story Anda
  • Forwards atau jumlah pencetan layar yang dilakukan pengguna untuk melihat Story Anda selanjutnya
  • Link Opens atau berapa banyak link yang disematkan pada Story tersebut dibuka
  • Next Story atau jumlah pengguna yang langsung berpindah ke Story akun lain
  • Replies atau jumlah balasan yang diterima dari Story yang diunggah

Promotion

Sub-menu yang ketiga yaitu Promotion. Sub-menu ini digunakan untuk melihat performa dari postingan feed atau story yang Anda iklankan. Detail data yang disajikan tidak sebanyak pada Feed Post atau Stories.

  • Audience Demographic yang berisikan data gender, usia serta lokasi akses iklan tersebut dilihat
  • Engagement yaitu akumulasi dari like, komentar, dan penyimpanan post pada postingan
  • Impression yaitu total penayangan konten tersebut
  • Reach yaitu seberapa banyak akun yang melihat postingan tersebut
  • Profile Visit yaitu jumlah pengguna yang mengunjungi akun Anda setelah melihat postingan.
activity

Activity

Menu yang kedua yaitu Activity. Pada menu ini Anda dapat melihat berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Anda. Selain itu, terdapat pula informasi mengenai berapa akun yang telah dijangkau oleh postingan Anda.

Pada menu ini, terdapat dua sub-menu yaitu Interactions dan Discovery.

Interactions

Sub-menu ini akan menampilkan jumlah interaksi yang dilakukan followers terhadap akun Instagram Anda dalam satu minggu. Anda dapat membandingan data-data yang dikumpulkan dalam tujuh hari.

Fungsi Interactions adalah agar Anda dapat mengetahui grafik engagement yang ada pada akun Anda. Misalkan, pada hari apa engagement paling tinggi? Mengapa engagement pada hari Rabu lebih rendah dari Jumat?

Anda dapat menemukan solusi untuk meningkatkan konten Anda dan mengetahui waktu-waktu terbaik untuk mempromosikan sesuatu.

Discovery

Sub-menu ini menampilkan performa akun Anda dengan menggunakan metriks marketing yaitu reach dan impression. Fungsinya adalah untuk melihat perbandingan antara jumlah pengunjung dan jumlah impresi.

Reach adalah jumlah akun yang mengunjungi atau melihat postingan tersebut. Sedangkan Impression adalah jumlah berapa kali postinganmu dilihat.

Sebagai contohnya, postingan Anda dilihat sebanyak 100 kali oleh akun A dan 200 kali oleh akun B. Jumlah total reach yang didapat adalah 2, sedangkan impresinya mencapai 300.

Data ini akan menunjukkan seberapa tertarik pengguna lain dengan postingan Anda. Apabila angka impresi Anda tinggi, maka bisa dikatakan konten tersebut menarik dan membuat orang-orang melihatnya berulang kali.

Anda jadi bisa mengetahui, jenis konten seperti apa yang menarik dan disukai oleh pengikut Anda. Dengan begitu Anda dapat memaksimalkan potensi akun tersebut.

audience

Audience

Bagaimana cara mengetahui data mengenai followers untuk menyesuaikan konten? Tidak perlu khawatir, Instagram Insight juga menyediakan informasi ini pada sub-menu Audience.

Sub-menu Audience akan menampilkan jenis kelamin, usia, dan letak geografis followers Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui kapan rata-rata waktu followers Anda mengakses akun Instagram.

Data tersebut akan ditampilkan dalam info grafik. Apabila Anda ingin mengetaui informasi yang lebih detail, cukup menekan grafik yang ingin diketahui saja.

Informasi tersebut akan berguna bagi Anda untuk menyesuaikan konten berdasarkan followers. Anda dapat mencari topik yang relevan dengan rentang usia audiens, atau topik yang sedang hangat pada lokasi geografis audiens.

Anda juga dapat menentukan kapan waktu yang optimal untuk mengunggah konten tersebut agar dapat menjangkau pengguna secara maksimal.

Kini Anda sudah mengetahui tentang Instagram Insight dan cara membaca data yang disajikan. Apakah Anda sudah memanfaatkan fitur ini pada akun bisnis Anda?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *