instagram collab post

Tutorial Monetisasi Instagram Untuk Kreator dan Influencers

Ketahui cara baru untuk dapatkan uang dari instagram dengan melakukan monetisasi instagram di konten yang anda miliki.

Beberapa tahun belakangan penggunaan social media semakin meningkat mulai dari kalangan dewasa hingga remaja pun memiliki aku social media sendiri-diri.

Social media yang menjadi sarana ekspresi diri juga digunakan oleh banyak orang untuk membentuk komunitas sendiri yang menyukai konten yang mereka unggah di akun social media masing-masing.

Fenomena ini juga terjadi di instagram yang mengedepankan konten visual sebagai daya tarik social media satu ini.

Banyaknya pengguna instagram aktif membuat anda dapat dengan mudah menemukan sebuah akun yang memiliki banyak pengikut berkat konten yang dimiliki.

Pengikut yang banyak serta konten kreatif menjadi daya tarik sendiri bagi pengguna instagram untuk menjadi influencer yang mampu mempengaruhi banyak orang untuk membeli barang yang mereka pakai sehari-hari.

Instagram melihat fenomena ini dan akhirnya membuat langkah baru agar semakin banyak pengguna instagram berlomba-lomba menjadi influencer dengan cara memberikan kompensasi berupa monetisasi.

Kehadiran monetisasi instagram juga telah diuji coba di Amerika Serikat dan siap digunakan di beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Sebelum merasakan tambahan uang melalui monetisasi instagram maka ketahui dulu syarat dan konten yang bisa digunakan sebagai media penarik uang dari instagram.

apa itu monetisasi instagram

Pengertian Monetisasi Instagram

Bagi penggguna instagram yang telah memiliki banyak pengikut serta dapat membangun komunitas yang dimiliki biasanya akan mendapatkan tawaran endorsement dari berbagai brand.

Tawaran ini wajar sekali di dapatkan oleh influencers mengingat pengaruh besar yang diberikan mampu menarik konsumen baru sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.

Influencer sendiri bisa melakukan endorsement produk dengan berbagai jalan seperti membuat konten yang berkaitan dengan produk tersebut atau mempromosikan produk secara langsung menggunakan fitur instagram yang tersedia.

Tidak jarang, influencer juga menjual barang daganganya ke konsumen yang tertarik pada produk yang dijual sehingga mendapatkan uang tambahan.

Instagram sendiri melihat potensi besar dari akun instagram yang memiliki banyak pengikut dengan mengirimkan tawaran pemasangan iklan di konten instagram sehingga terjadi hubungan timbal balik dua arah.

Berbagai cara mendapatkan uang dari instagram tersebut dinamakan monetisasi instagram dimana influencer mendapatkan hasil dari berbagai promosi yang dilakukan di instagram.

Potensi besar yang dimiliki oleh influencer menjadikan instagram mengeluarkan fitur baru bernama monetisasi instagram.

Tertarik menggunakan layanan terbaru dari instagram ini? berikut beberapa langkah mudah mengaktifkan monetisasi instagram di akun yang anda miliki.

syarat monetisasi instagram

Syarat Monetisasi Instagram

Bagi influencer yang memiliki banyak pengikut tentunya akan terus menerus melakukan interaksi guna mendekatkan diri dengan komunitas yang dimiliki.

Pendekatannya pun bermacam-macam, mulai dari membalas komentar dan direct message, melakukan sesi tanya jawab di instagram story, atau komunikasi dua arah menggunakan instagram live.

Fitur siaran langsung ini juga digemari oleh pengguna instagram sebagai media interaksi yang efektif dan potensi komunikasi secara langsung dengan perantara video.

Instagram melihat antusiasme pengguna instagram yang tinggi dalam fitur siaran langsung sehingga meluncurkan badges untuk monetisasi instagrm.

Namun, apakah badges dan bagaimana influencer mengaktifkannya di instagram mereka?

Apa Itu Badges Monetisasi Instagram

Saat ini pengguna instagram yang menonton siaran langsung tidak hanya bisa melakukan interaksi dengan memberikan komentar atau tanda suka selama instagram live berlangsung namun saat ini telah tersedia badges instagram.

Badges sendiri merupakan bagian dari monetisasi instagram dimana penonton bisa memberikan dukungan kepada kreator dengan mengirimkan lencana yang bernilai sejumlah nominal uang tertentu.

Di saat penonton membeli badges instagram maka ikon hati akan muncul di samping nama komentator. Bagdes instagram sendiri memiliki fakta tersembunyi, diantaranya :

  • Badges instagram akan tetap muncul di samping nama komentator selama instagra live berlangsung
  • Ikon hati akan menjadi highlight selama penonton mengikuti instagram live tersebut
  • Nama komentator akan tersimpan di akun kreator sebagai pemberi badges instagram selama 3 bulan
  • Pengguna instagram yang membeli badges instagram akan memiliki kesempatan besar untuk disorot saat mengajukan pertanyaan selama siaran langsung
  • Penonton akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan perhatian lebih dari kreator dari penyematan pertanyaan.

Saat penonton membeli badges instagram sesuai level masing-masing maka kreator akan mendapatkan uang dalam jumlah berikut :

  • Level 1 : Badges 1 hati seharga Rp.14.000
  • Level 2 : Badges 2 hati seharga Rp 28.200
  • Level 3 : Badges 3 hati seharga Rp 70.800

Harga badges instagram tersebut merupakan hasil konversi mata uang dollar sehingga bisa saja harga badges tersebut berganti setelah masuk ke Indonesia.

Keuntungan lain dari mendapatkan badges instagram adalah instagram tidak akan memotong penghasilan monetisasi instagram sampai tahun 2023 sehingga kreator akan mendapatkan uang tunai secara utuh dari instagram.

Meskipun begitu, jangan lupa juga bahwa kreator akan dihadapkan sejumlah pajak yang harus dibayar setelah mendapatkan hasil monetisasi instagram.

Syarat Badges Monetisasi Instagram

Hasil yang menggiurkan dari monetisasi instagram tentunya membuat kreator tertarik untuk mengikuti program monetisasi instagram ini.

Namun, tidak semua akun instagram bisa mengaktifkan layanan ini karena ada kriteria tertentu dalam mendapatkan monetisasi instagram.

Berikut syarat-syarat yang dipenuhi dalam mendapatkan badges instagram

  • Kreator atau influencer harus berdomisili di Amerika Serikat, namun dengan rencana instagram yang berencana memperluas layanan monetisasi instagram mungkin saja anda tidak perlu tinggal di AS terlebih dahulu
  • Pemilik akun instagram setidaknya harus berumur 18 tahun, hal ini dilakukan untuk mencegah monetisasi instagram dilakukan untuk hal yang tidak semestinya dan mengikuti peraturan usia dewasa.
  • Menggunakan akun instagram business atau creator, kepemilikan ini dilakuka agar mempermudah instagram dalam mengubah badges instagram anda ke sejumlah uang yang diperoleh melalui data pribadi yang lebih lengkap.
  • Akun instagram memiliki 10.000 pengikut asli yang di dapatkan secara organik bukan dari hasil beli followers instagram.
  • Kreator juga harus mematuhi berbagai peraturan yang di tetapkan oleh Instagram termasuk Kebijakan Monetisasi Mitra, Kebijakan Monetisasi Konten, dan Pedoman Komunitas.

Apabila kreator sudah memenuhi berbagai persyaratan tersebut maka inilah saatnya mengaktifkan badges monetisasi instagram

Cara Mendapatkan Badges Monetisasi Instagram

  • Pertama, masuk ke akun instagram yang dimiliki kemudian pilih menu profile
  • Kedua, masuk ke ikon Professional dashboard
  • Ketiga, pilih opsi Apply for Monetization
  • Keempat, Set Up Badges

Tunggu instagram melakukan konfirmasi monetisasi instagram anda sambil membuat ide konten instagram live yang kreatif agar pengikut anda tertarik melakukan live streaming setiap harinya.

pexels los muertos crew 7261085 1

Tips Monetisasi Instagram Efektif

Meskipun monetisasi instagram digunakan untuk mengumpulkan badges dari instagram live namun kreator juga bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan uang dari instagram tentunya dengan hasil yang lebih banyak.

Berikut beberapa alternatif monetisasi instagram yang efektif guna menghasilkan uang dari instagram.

Kerjasama dengan Brand Tertentu

Seorang influencer atau kreator yang telah memiliki jutaan pengikut serta memiliki komunitas yang kuat biasanya akan lebih mudah mempengaruhi seseorang untuk membeli produk yang sering mereka gunakan.

Hal ini sering terjadi pada konsumen wanita yang biasanya membeli barang berdasarkan rekomendasi atau ulasan dari influencer tertentu.

Pengaruh yang besar serta komunitas yang kuat menjadikan sebuah brand tertarik untuk melakukan kerjasama dengan influencer tertentu.

Praktek kerjasama pun bisa bermacam-macam, mulai dari endorsement hingga brand ambassador brand tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Di saat kreator sudah menjalin kerjasama dengan banyak brand serta memberikan hasil terbaik dalam pengenalan produk hingga dapat membantu menaikkan penjualan maka bisa saja kreator mendapatkan hasil yang lumayan.

Kerjasama dengan brand tertentu juga bisa menjadi monetisasi instagram yang tepat karena kreator cukup memanfaatkan fitur instagram untuk membuat konten yang menarik serta diminati oleh konsumen yang diinginkan.

Proses monetisasi instagram melalui kerjasama dengan brand tertentu dianggap menjadi jalan yang lebih mudah karena influencer bisa mendapatkan tawaran dari brand terkenal serta melakukan negosiasi mengenai hasil yang di dapatkan serta konten yang dipakai untuk promosi.

Sehingga semakin banyak brand yang mengajak kreator melakukan kerja sama maka hasil monetisasi instagram yang di dapatkan pun semakin banyak.

Akan tetapi, sebelum mencapai titik tersebut tentunya kreator harus membangun komunitas secara bertahap dan konsisten membuat konten setiap harinya mengenai trend yang sedang naik daun dan dibicarakan oleh komunitas yang dimiliki.

Di sisi lain, sebelum anda melakukan kerjasama dengan brand maka terdapat beberapa persyaratan yang sebaiknya kreator lakukan :

  • Pada konten instagram feed atau story yang digunakan untuk promosi maka harus dicantumkan label paid partnership untuk label sebagai tanda anda sedang melakukan promosi dengan produk tertentu
  • Setiap konten yang diunggah mengandung tagar #ad atau #sponsored tag
  • Meskipun tidak ada batasan pengikut instagram yang dapat memenuhi monetisasi instagram untuk kerjasama dengan brand tertentu namun jumlah pengikut organik mencapai 10.000 orang akan mendapatkan pertimbangan khusus saat melakukan kerjasama dengan seseorang.
  • Kreator juga sebaiknya memiliki branding khusus yang membuat sebuah brand tertarik untuk mengajak anda melakukan kolaborasi selain memiliki banyak pengikut aktif dan organik.

Bergabung Program Affiliate

Pada tahun 2021, Instagram merilis gebrakan baru yang semakin memudahkan kreator untuk mendapatkan monetisasi instagram.

  • Pertama dengan adanya instagram link yang memudahkan pengguna instagram memasukkan link dari berbagai website dimana sebelumnya hanya akun instagram dengan jumlah pengikut 10.000 orang yang dapat mengggunakan layanan ini
  • Peluncuran instagram affiliate

Affiliate marketing menjadi jalan baru mendapat uang dari internet yang telah berkembang sangat lama dan mudah untuk digunakan.

Caranya adalah pengguna instagram cukup menyebarkan link affiliate dari website atau market place tertentu yang akan membawa kreator mendapatkan uang tambahan setiap seorang pengikut anda masuk dan melakukan transaksi pada link tersebut.

Instagram sendiri memudahkan jalan pengguna instagram untuk menjalankan bisnis affiliate marketing yang dimiliki dengan cara mempromosikan link produk melalui instagram story.

Promosi melalui instagram story dinilai efektif karena kreator dapat mengunggah konten produk dalam jumlah banyak yang berkesinambungan satu sama lain sehingga pengikut anda dapat melihat produk yang lebih beragam.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memasukkan link affiliate ke konten instagram post untuk produk yang selalu dicari konsumen agar bertahan lebih lama.

Layanan instagram affiliates sendiri telah diuji coba pada awal tahun 2022 dan instagram sendiri berencana meluncurkan layanan ini secara bertahap ke seluruh pengguna instagram yang tersebar di seluruh dunia.

Instagram sendiri memiliki jaringan affiliate sendiri dimana pengguna dapat mencari produk di instagram kemudian menyebarkannya ke orang lain melalui berbagai layanan kemudian mendapatkan hasil dari pengguna internet yang melakukan transaksi.

instagram monetization 5

Uniknya lagi pengguna instagram bisa mendapatkan hasil dari instagram affiliate tanpa perlu mencantumkan link yang panjang atau bekerja sama dengan kreator tertentu.

Tertarik untuk mencoba layanan instagram affiliate untuk hasil monetisasi instagram yang lebih banyak? berikut syarat-syarat untuk mengaktifkan layanan affiliate :

  • Pahami aturan konten instagram serta monetisasi instagram
  • Berikan ulasan produk secara jujur sebelum anda menyebarkan link affiliate untuk meningkatkan kepercayaan konsumen yang membeli produk yang anda rekomendasikan. Kreator juga bisa menggunakan tagar #ad pada setiap link yang disebarkan.

Sebelum memasarkan produk melalui instagram affiliate maka pastikan anda mengetahui konsumen yang dimiliki serta kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan agar link anda semakin banyak dikunjungi dan dibeli oleh konsumen.

Kreator juga bisa membuat konten yang bersifat ulasan dibandingkan promosi agar konsumen lebih percaya pada produk yang anda tawarkan.

Memasang Badges di Instagram Live

Monetisasi instagram melalui badges sedang banyak diperbincangkan oleh banyak orang, karena hanya dengan melakukan siaran langsung dengan durasi waktu tertentu maka kreator bisa mendapatkan uang dari badges yang diberikan oleh pengikut yang dimiliki.

Sekali kreator mengaktifkan layanan badges maka fitur tersebut akan menyala setiap anda melakukan siaran langsung serta mengizinkan penonton untuk mengirimkan badges dalam jumlah tak terbatas.

Sebelum mengaktifkan layanan badges maka kreator juga perlu memasukkan akun rekening bank yang dimiliki guna memudahkan instagram mengirim hasil badges yang anda dapatkan.

Instagram badges sendiri sudah tersebar sejak tahun 2020 namun masih berlaku di negara Amerika Serikat saja namun kini Instagram berusaha untuk melebarkan sayapnya dengan membuka layanan ini di beberapa negara seperti Australia dan Inggris.

Layanan instagram badges ini cocok bagi kreator atau influencers yang sering melakukan siaran langsung untuk interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Namun jika kreator ingin mendapatkan hasil lebih dari badges instagram maka anda bisa membuat ide konten siaran langsung yang menarik agar penonton betah berlama-lama di siaran langsung anda dan mengirimkan badges sebagai apresiasi.

Aktifkan Iklan di Instagram Reels

Sejak peluncuran instagram reels beberapa waktu lalu, layanan ini mendapat sambutan hangat dari pengguna atau kreator instagram.

Dengan berbagai konten yang beragam menjadikan pengguna instagram dapat melihat berbagai konten kesukaan dari akun instagram yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya.

Di sisi lain, kreator yang aktif membuat konten instagram reels dengan isi yang disukai konsumen mendapatkan pengikut yang lebih banyak dibandingkan akun instagram yang jarang mengunggah konten instagram reels.

Antusiasme instagram reels yang tinggi menjadikan instagram meluncurkan ikon instagaram reels sendiri guna memudahkan pengguna instagram melihat konten kesukaan dengan mudah.

Tidak hanya itu, Instagram juga meluncurkan fitur kolaborasi dimana kreator bisa melakukan kerja sama dengan kreator atau brand lain di konten instagram reels serta layanan instagram reels ada.

Instagram reels ads sendiri lebih di kenal dengan nama in stream video ads dimana instagram mengizinkan seorang kreator untuk menyajikan iklan pendek di instagram reels sebagai bagian monetisasi instagram.

In stream video ads yang dahulu di kenal sebagai IG TV ads kini mulai merambah ke instagram reels mengingat banyaknya pengguna instagram yang mulai menonton instagram reels.

Kreator yang menghadirkan ads di konten mereka tentunya akan mendapatkan monetisasi instagram dari slot iklan yang diberikan.

Kini dengan popularitas instagram reels yang semakin meningkatkan menjadikan instagram memutuskan untuk menghapus layanan iklan berbayar di IG TV dan menggantinya dengan in stream video ads di instagram reels di tahun 2022.

Tertarik untuk menggunakan layanan in stream ads di konten instagram reels? berikut beberapa syarat yang harus diikuti oleh kreator :

  • Konten instagram reels yang akan diunggah harus memiliki ukuran sebesar 9×16 ratio dan pastikan tidak ada caption yang tertutup saat video di unggah.
  • Jangan lupa juga untuk mengikuti aturan instagram untuk mengembangkan strategi iklan yang lebih maksimal.
  • Salah satu kunci agar iklan anda berjalan dengan baik adalah membuat konten original di instagram reels atau menghapus watermark dari video anda apabila anda melakukan re-post video dari akun social media lain yang anda miliki, salah satunya adalah tiktok.

Guna memotivasi kreator dalam membuat iklan promosi yang lebih beragam maka instagram menyediakan berbagai bonus yang lebih beragam :

  • Video ads bonus, layanan iklan berbayar ini awalnya tersedia di IG TV namun dengan penurunan peminat maka instagram memutuskan untuk mengganti layanan iklan ini di instagram reels.
  • Live video badges bonus, dimana kreator mendapatkan hasil dari setiap siaran langsung yang diadakan melalui lencana yang dikirimkan oleh penonton selama live streaming berlangsung.
  • Reels summer bonus, hadiah dari instagram untuk instagram reels populer.

Sayangnya layanan bonus ini mungkin belum tersedia di seluruh negara karena proses uji coba dari instagram dan juga melihat perkembangan yang menguntungkan bagi instagram atau kreator.

Meskipun begitu kreator bisa saja diundang untuk mendapatkan layanan tersebut dengan mengunggah konten instagram secara rutin dan disukai oleh konsumen serta menggunakan fitur yang sedang naik daun di instagram.

Izinkan Instagram Subscriptions

Tidak hanya peluncuran badges instagram sebagai bagian dari monetisasi instagram namun platform ini juga sedang melakukan uji coba pada layanan instagram subscriptions.

Layanan subscriptions yang telah beredar di Facebook pada tahun 2020 mulai di uji coba di instagram dimana nantinya pengikut anda dapat melakukan biaya berlangganan pada akun instagram anda sebagai apresiasi konten yang telah anda unggah dan mendapatkan akses konten eksklusif yang tidak tersedia di instagram feed.

Peluncuran layanan baru ini tentunya menjadi monetisasi instagram yang menarik dengan berbagai alasan berikut :

  • Hasil yang konsisten sehingga kreator bisa memprediksi hasil yang di dapatkan setiap minggunya
  • Kemampuan untuk mempromosika layanan ini ke audience yang dimiliki guna memperbesar peluang pelanggan berbayar.
  • Pengembangan bisnis yang lebih besar dengan fitur baru yang disediakan.

Bagian terbaik dari layanan monetisasi instagram ini adalah semua orang bisa mendapatkan uang dari layanan subscriptions apabila anda memiliki pengikut yang banyak serta memiliki konsumen yang suka mengikuti berbagai kegiatan anda.

Namun untuk pemberian konten eksklusif yang lebih maksimal maka kreator bisa menanyakan pengikut anda mengenai konten instagram yang mereka sukai serta mengembangkannya sebagai konten eksklusif.

Kreator bisa menampung berbagai saran dari konsumen serta mengembangkannya sebagai konten berbayar yang sesuai dengan target konsumen yang dimiliki.

Keuntungan lain dari instagram subscriptions adalah kreator memiliki kesempatan untuk mengontrol pengembangan jumlah subscriptions yang dimiliki dengan strategi konten yang tepat.

Sayangnya, layanan instagram subcriptions ini masih belum diluncurkan dan masih dalam tahap uji cpba di Amerika Serikat sebelum diluncurkan di berbagai negara.

Sumber :

Monetisasi Instagram: Cara Dapat Uang dari IG Live, Simak Syaratnya (digikarya.id)

Instagram Monetization: A Complete Guide for Creators and Influencers (hootsuite.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.