fitur youtube dashboard

Youtube Search Insights : Solusi Cari Inspirasi di Youtube

Temukan berbagai ide konten unik dan sesuai dengan keinginan konsumen dengan menggunakan youtube search insights.

Saat sedang bosan atau suntuk menonton video youtube menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bergantinya hari.

Platform youtube yang memiliki banyak pengguna aktif ini juga menyediakan berbagai konten video untuk semua kalangan usia yang bisa ditonton sesuai dengan topik yang diinginkan.

Banyaknya konten video ini juga disertai kreator youtube yang tersebar di seluruh dunia dan aktif mengunggah video setiap harinya untuk mendapatkan subscriber dan penonton sehingga mampu melakukan monetisasi youtube.

Salah satu cara agar kreator memiliki banyak pengikut baru dan juga penonton yang setia menonton video anda adalah dengan membuat ide konten yang unik dan jarang ditemukan di youtube.

Bagi kreator youtube pasti pernah mengalami rasanya bingung untuk membuat ide konten yang unik dan menarik sehingga mampu membuat pengguna youtube melihat konten anda.

Tidak hanya menganalisa keinginan konsumen dengan melihat komentar di konten youtube dan bertanya melalui social media yang dimiliki.

Kreator juga bisa menggunakan layanan youtube search insights untuk mengetahui selera konsumen dan juga ide konten yang tengah naik daun.

Karenanya ketahui lebih dalam mengenai layanan youtube search insights serta cara penggunaan fitur ini di akun youtube anda.

apa itu youtube search insights

Apa Itu Youtube Search Insights

Youtube mengumumkan telah mengeluarkan layanan baru yang bisa digunakan oleh kreator youtube dengan nama Youtube Search Insights.

Dengan layanan ini, kreator bisa mendapatkan data yang memudahkan untuk membuat rancangan strategi youtube marketing yang sesuai dengan keinginan subscriber dan juga konsumen yang dituju.

Layanan youtube search insights ini sebenarnya sudah diluncurkan pada November 2021 yang nantinya berguna bagi kreator untuk menyediakan informasi apa saja yang dicari oleh pengguna youtube.

Hasil dari informasi tersebut nantinya berhubungan dengan kanal youtube anda dan juga konten yang diunggah serta beberapa data penting yang diperlukan kreator untuk ke depannya.

youtube search insights1

Pada layanan youtube search insights sendiri kreator akan mendapatkan berbagai informasi yang tentunya berguna bagi pengembangan akun dan konten youtube anda ke depannya.

Berikut beberapa data yang bisa di dapatkan kreator di layanan youtube search insights

Your Viewer’s Searches

Banyaknya pengguna aktif di youtube terkadang berkunkung ke youtube untuk berbagai kebutuhan, ada yang mencari hiburan untuk menghilangkan penat setelah seharian berkativitas atau menghilangkan rasa bosan karena tiadanya kegiatan di hari itu.

Beberapa pengguna youtube terkadang berkunjung untuk berbagai kebutuhan seperti melihat video tutorial dan juga mencari trik memasak agar masakan yang diolah semakin nikmat.

Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh pengguna youtube sendiri nantinya akan menimbulkan algoritma youtube sendiri bagi kreator yang dapat membantu untuk mengetahui konten apa saja yang dicari dan disukai oleh konsumen sehngga kreator bisa menjangkau pengguna youtube tersebut.

Dengan mengetahui konten yang disukai oleh konsumen maka pengguna youtube akan lebih mudah dalam membuat yang sesuai dengan keinginan target konsumen anda.

Tidak hanya itu, data tersebut juga disajikan dalam bentuk angka sehingga memudahkan kreator untuk membaca grafiknya sehingga mengetahui jenis konten apa saja yang banyak dicari oleh konsumen dalam jangka waktu tertentu.

Content Gaps

Content Gap

Banyaknya konten dengan topik yang sama di youtube menjadikan video kreator terkadang sulit naik ke atas permukaan sehingga akan mendapatkan jumlah subscribers dan juga penonton yang lebih sedikit.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi algoritma akun youtube yang anda miliki sehingga kesulitan dalam menjangkau pengguna youtube yang lebih luas.

Jika sudah begini maka kreator sebaiknya memutar otak untuk mencari ide konten youtube yang sekiranya jarang di bahas oleh kreator lain namun tetap dicari oleh banyak pengguna youtube.

Karenanya untuk mengatasi masalah kekurangan ide konten maka kreator bisa menggunakan fitur Content Gaps guna memberikan informasi mengenai konten youtube yang jarang digunakan oleh orang lain.

Dengan membuat konten youtube yang jarang di bahas oleh orang lain tentunya akan memudahkan konten dan akun youtube anda untuk naik ke permukaan saat pengguna youtube berusaha mencari video yang diinginkan dengan kata kunci tertentu.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mengenalkan akun dan konten youtube anda sehingga dapat menjangkau pengguna youtube yang lebih luas dan berpotensi untuk menambah angka subsriber.

Meskipun begitu, karena konten yang anda bahas jarang dibicarakan oleh kreator lain maka penting bagi kreator untuk mengumpulkan informasi yang lebih lengkap mengenai topik tersebut.

Hal ini dilakukan agar penonton yang melihat konten anda tidak mendapatkan informasi palsu yang ternyata berbeda dari kenyataan.

youtube search insights

Search Across Youtube

Saat merilis konten youtube, kreator tidak hanya berfikir bagaimana kualitas video dan juga isi video dapat menarik perhatian pengguna youtube.

Namun kreator juga sebaiknya mengetahui judul konten youtube yang tepat sehingga video anda mudah dicari dan dijangkau oleh pengguna youtube.

Apalagi jika kreator baru saja mengembangkan akun dan konten youtube yang tentunya membutuhkan banyak engagement dari pengguna youtube yang sesuai dengan target konten yang dituju.

Pembuatan judul konten sendiri tidak harus selalu berisi clickbait yang justru membuat pengguna youtube tertipu dan menghindari konten yang anda unggah setelahnya.

Penggunaan judul youtube dengan menggunakan pilihan kata yang sering dicari oleh pengguna youtube justru dapat membantu video anda mudah ditemukan oleh pengguna youtube sehingga bisa mendapatkan lebih banyak penonton.

Guna memilih judul konten yang sesuai dengan kata kunci youtube maka kreator dapat menggunakan fitur searches across youtube yang tersedia di layanan youtube search insights.

Kreator akan disajikan kata kunci yang kerap kali digunakan oleh pengguna youtube dan mungkin saja bisa anda terapkan di judul youtube anda.

Anda juga bisa mencari kata kunci yang sesuai dengan topik yang anda bahas di konten youtube anda sehingga bisa menjadi inspirasi judul konten youtube.

Berbagai data yang diperoleh oleh kreator ini berada dalam jangka satu bulan sehingga cukup bagi kreator untuk memunculkan data mengenai topik yang dibahas oleh pengguna youtube dalam waktu 28 hari.

Sayangnya layanan search across youtube ini masih tersedia di beberapa negara saja namun tidak memungkinkan fitur ini juga dapat ditemukan di Indonesia.

Saved Tabs

Saat mencari keyowrd tertentu di youtube search insights biasanya kreator juga menemukan kata kunci yang menarik untuk dijadikan konten youtube sehingga perlu dicatat agar tidak lupa.

Meskipun begitu, kreator tidak perlu susah payah untuk mencatat kata kunci karena kreator bisa menyimpannya di fitur saved tabs yang ada di layanan youtube search insights.

Dengan begitu kreator bisa melihat kembali kata kunci yang telah disimpan sebelumnya dan menggunakannya di lain waktu sehingga kreator tidak akan kehabisan ide konten untuk akun youtube yang dimiliki.

keuntungan menggunakan youtube search insights

Keuntungan Menggunakan Youtube Search Insights

Kehadiran youtube search insights tentu tidak hanya menjadi inovasi terbaru di youtube namun memudahkan kreator youtube untuk berbagai keperluan.

Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan oleh kreator saat menggunakan youtube search insights adalah kemudahan dalam merancang strategi youtube marketing yang tepat sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengguna youtube yang sesuai dengan target konsumen.

Tidak hanya itu, youtube search insights juga memiliki beberapa keuntungan bagi kreator dalam mengembangkan akun youtube yang dimiliki

Merancang Strategi Youtube Marketing Lebih Mudah

Saat membangun sebuah akun youtube tentunya kreator tidak hanya membuat konten video lalu mengunggahnya di akun youtube.

Diperlukan juga strategi yang tepat agar video yang anda unggah disukai oleh target konsumen dan dapat menjangkau pengguna youtube yang lebih luas sehingga konten bisa mendapatkan lebih banyak penonton.

Salah satu cara untuk mendapatkan penonton yang lebih banyak dan jangkauan video yang luas adalah membangun strategi youtube marketing yang tepat.

Dalam strategi youtube marketing maka kreator sebaiknya mendapatkan data mengenai waktu aktif konsumen, range usia konsumen, konten yang disukai, dan juga durasi aktif di youtube.

Hal ini dilakukan agar kreator dapat mengetahui jenis konten yang tepat dan juga jadwal penayangan konten youtube dan durasi video sehingga bisa ditonton sampai habis.

Saat mengumpulkan berbagai data tersebut tentunya kreator membutuhkan tools yang mengumpulkan berbagai data yang diperlukan.

Beberapa tools tersebut disediakan secara gratis oleh youtube yakni Youtube Insights dan juga youtube search insights yang keduanya bisa diakses melalui akun youtube studios.

Disaat layanan youtube insights memungkinkan kreator mengukur performa sebuah akun youtube melalui berbagai konten yang diunggah maka layanan youtube search insights berfungsi sebaliknya.

Layanan youtube search insights ini digunakan untuk mencari kata kunci yang bisa digunakan untuk ide konten, judul video, serta caption video agar konten anda mudah dicari oleh pengguna youtube yang membutuhkan konten tertentu.

Inspirasi Konten Youtube yang Sesuai Keinginan Konsumen

Bagi kreator yang baru memulai karir di dunia youtube tentunya menginginkan mengunggah konten video yang sesuai dengan ide konten yang dibuat.

Namun seiring berjalannya waktu, seorang kreator juga sebaiknya memerhatikan keinginan konsumennya agar akun youtube yang dimiliki tetap laris di pasaran dan setiap konten yang diunggah bisa mendapatkan banyak penonton serta engagement yang tinggi.

Karenanya dalam membuat konten youtube maka kreator sebaiknya memadukan sesuatu yang sedang naik daun dan juga ide konten yang dimiliki agar video anda menarik perhatian pengguna youtube.

Salah satu cara untuk menari tahu kejadian atau berita yang sedang viral adalah dengan aktif membaca fenomena yang dibicarakan banyak orang di social media atau portal berita online.

Tidak hanya itu, kreator juga sebaiknya mencari topik yang paling banyak dicari oleh penonton youtube agar bisa diolah menjadi konten yang tepat.

Kreator bisa mencari kata kunci yang tepat dan banyak digunakan oleh pengguna youtube dengan mencarinya melalui layanan youtube search insights.

Melalui fitur ini maka kreator dapat mengetahui kata kunci yang dipaka dan dicari oleh pengguna youtube dalam jangka waktu tertentu.

Mengetahui Kefektifan Kata Kunci Konten Youtube

Salah satu strategi algoritma youtube yang dapat membantu konten anda naik di beranda dengan mudah adalah penggunaan kata kunci yang tepat.

Dengan pemakaian kata kunci yang dimasukkan ke fitur caption, judul, dan juga tagar maka akan memudahkan konten youtube anda naik ketika dicari oleh pengguna youtube.

Dalam menentukan kata kunci yang tepat maka kreator bisa menggunakan topik yang sedang anda bahas di youtube.

Penggunaan kata kunci yang sesuai dengan isi konten tentunya akan memudahkan algoritma youtube untuk membaca konten anda sehingga bisa naik ke konsumen yang relevan.

Sayangnya dalam penggunaan kata kunci sendiri terkadang kreator menggunakan keyword yang jarang dicari oleh pengguna youtube sehingga konten video anda akan sulit ditemukan oleh pengguna youtube lainnya.

Karenanya agar kreator menggunakan kata kunci yang sesuai maka kreator bisa mencarinya di layanan youtube search insights.

Pada fitur youtube search insights, kreator akan menemukan kata kunci yang banyak dicari dan digunakan oleh pengguna youtube sehingga bisa diaplikasikan di bagian judul, caption, dan juga hastag yang akan dipakai.

Penggunaan kata kunci yang sering dipakai oleh banyak orang tentunya akan membantu menaikkan video youtube anda sehingga semakin dilihat oleh pengguna youtube.

Meskipun begitu, kreator juga bisa menggunakan kata kunci yang jarang digunakan oleh orang lain untuk memperbesar konten anda menguasai kata kunci tersebut.

Layanan Pencarian Kata Kunci Youtube yang Gratis

Youtube sendiri dinobatkan menjadi salah satu platform yang digunakan sebagai mesin pencari di internet setelah Google

Hal ini bisa dimaklumi mengingat banyak pengguna internet yang menggunakan youtube untuk menemukan konten tutorial menggunakan sesuatu atau menyelesaikan permasalahan yang ditemui sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah ibu rumah tangga yang mencari cara menggunakan mesin cuci untuk pertama kali atau murid sekolah yang mencari rumus matematikan untuk mengerjakan tugas yang diberikan.

Kebiasaan inilah akhirnya membentuk kata kunci tersendiri yang membantu pengguna youtube untuk mencari konten yang sesuai dengan yang diinginkan.

Bagi kreator sendiri penggunaan kata kunci sendiri bisa dimanfaatkan di berbagai sisi seperti caption, judul, dan juga hastag agar pengguna youtube bisa menemukan video youtube anda.

Sayangnya, website untuk menemukan kata kunci youtube sendiri belum dikembangkan sehingga kreator harus memilih kata kunci mana yang biasanya digunakan oleh konsumen.

Untungnya, youtube telah mengembangkan fitur baru yang menjawab permasalahan kreator mengenai kata kunci yakni youtube search insights.

Melalui layanan ini, kreator bisa memasukkan kata kunci yang sesuai dengan konten anda dan bisa menemukan kata kunci yang biasanya dipakai oleh pengguna youtube yang diurutkan dari yang terbanyak dipakai hingga yang paling jarang dicari oleh pengguna youtube.

Bagaimana Cara Menggunakan Youtube Search Insights

Setelah mengetahui berbagai fitur dan manfaat yang di dapatkan dari youtube search insights, tentulah saat yang tepat untuk menggunakan layanan ini guna mencari dan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan konten yang anda kembangkan.

Layanan youtube search insights ini di youtube business sehingga bagi kreator yang ingin menggunakan fitur ini sebaiknya mengubah dulu jenis akun yang dimiliki ke dalam akun bisnis.

Karenanya berikut beberapa langkah mudah mengakses layanan youtube search insights dan beberapa fitur yang tersedia di dalamnya.

Cara Mengakses Layanan Youtube Search Insights

Bagi kreator yang ingin mengakses layanan youtube search insights caranya cukup mudah dengan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, buka akun youtube yang dimiliki dan pastikan anda telah melakukan sign in akun youtube di gadget yang anda gunakan
  • Kedua, Pada beranda youtube maka klik ikon foto profil kemudian kreator akan menemukan fitur youtube studio
  • Ketiga, setelah masuk ke layanan tersebut maka kreator bisa melakukan klik pada ikon analytics kemudian research
  • Keempat, pada fitur research maka kreator akan menemukan beberapa fitur tambahan dari youtube search insights, seperti searches across youtube, your viewers searches, dan juga content gap.
  • Kelima, pilihlah fitur yang ingin kreator gunakan dan kumpulkan data sebanyak mungkin karena informasi konsumen akan diperbarui setiap sebulan sekali.
  • Keenam, Jika sudah selesai maka kreator bisa melanjutkan mengumpulkan informasi kebiasaan konsumen lainnya dari fitur analytics.

Cara Mencari Kata Kunci di Your Viewers Search’s

Salah satu tujuan utama dari adanya layanan youtube search insights adalah memudahkan kreator untuk mencari kata kunci yang kerap kali digunakan oleh konsumen.

Berikut tata cara mengumpulkan data kata kunci konsumen dengan beberapa langkah mudah berikut :

  • Pertama, masuk ke akun youtube yang ada di gadget anda dan pastikan kreator sudah melakukan sign in terlebih dahulu
  • Kedua, pada layar beranda youtube klik pada ikon profile dan kemudian kreator akan masuk ke dalam layanan youtube studio dimana kreator dapat mengedit video sebelum diunggah dan tentunya menggunakan layanan youtube search insights
  • Ketiga, pada fitur youtube search insights pilih ikon analytics kemudian research
  • Keempat. Pada fitur tersebut kreator akan menemukan kolom khusus yang berada di bagian atas layar dimana kreator bisa menuliskan kata kunci yang diinginkan
  • Kelima, setelah mengetik kata kunci tersebut maka klik tombol Enter maka youtube akan menampilkan data mengenai kata kunci yang dipilih dan diurutkan sesuai banyaknya orang yang mengakses kata kunci tersebut. Kreator bisa berpindah ke tab your viewers search’s untuk mengumpulkan data dari konsumen yang anda tuju.
  • Keenam, kreator bisa mengumpulkan data kata kunci yang dibutuhkan dan diterapkan saat mengunggah konten youtube

Cara Mengakses Fitur Contents Gaps

Saat mengakses layanan youtube search insights tentunya kreator akan disajikan sebagian besar kata kunci yang banyak digunakan oleh pengguna youtube sedangkan kata kunci yang jarang dipakai berada di bagian bawah.

Padahal beberapa kata kunci yang jarang dikembangkan juga bisa digunakan sebagai konten youtube untuk menguasai pasar yang lebih kecil.

Karenanya untuk mencari kata kunci dengan pengguna yang sedikit maka kreator bisa menggunakan fitur contents gaps yang bisa diakses dengan langkah berikut :

  • Pertama,buka aplikasi youtube yang ada di handphone anda dan pastikan untuk log in terlebih dahulu untuk masuk ke akun youtube yang anda miliki
  • Kedua, pada layar utama cari ikon profile dan kemudian klik ikon tersebut dan kreator bisa menemukan fitur youtube studios
  • Ketiga, pada layanan tersebut kreator akan menemukan ikon analytics kemudian pilih fitur research
  • Keempat, di ikon research maka kreator akan menemukan kolom kosong yang dapat diisi sesuai dengan kata kunci yang ingin dicari
  • Kelima, setelah mengetikkan kata kunci dan melakukan klik pada tombol enter maka kreator akan diberikan jumlah pengguna youtube yang mengakses kata kunci tersebut
  • Keenam, di bagian bawah kolom pencarian, kreator akan menemukan kolom Search Gap yang beberapa fiturnya bisa dipilih sesuai dengan keinginan kreator

Cara Mengakses Fitur Search Across Youtube

Layanan youtube search insights tidak hanya bisa digunakan untuk menemukan data kata kunci yang digunakan oleh target konsumen anda namun mengumpulkan informasi kata kunci yang paling banyak dicari pengguna youtube.

Layanan ini tentunya memudahkan kreator untuk mendapatkan informasi pengguna youtube yang lebih luas sehingga memungkinkan konten anda diakses oleh pengguna youtube diluar konsumen anda.

Berikut cara mudah menggunakan layanan Search Across Youtube:

  • Pertama, masuk ke akun youtube yang anda miliki dan jangan lupa log in agar dapat mengakses berbagai data yang anda butuhkan
  • Kedua, pada beranda utama youtube, kreator akan menemukan ikon profil yang bisa di klik agar kreator dapat menuju ke fitur youtube studio
  • Ketiga, di layanan youtube studio, kreator akan menemukan layanan analytics yang bisa di akses sehingga kreator dapat masuk ke fitur research
  • Keempat, pada layanan research, kreator bisa mencari kata kunci yang diinginkan dengan mengetikkanya di kolom pencarian
  • Kelima, setelah youtube menampilkan data kata kunci yang di pilih maka kreator bisa memindahkannya ke kolom search across youtube.

Cara Menggunakan Layanan Saved Tabs

Banyaknya kata kunci yang berkaitan satu sama lain terkadang memunculkan inspirasi bagi kreator untuk membuat konten dari rekomendasi kata kunci yang disediakan.

Saking banyaknya kata kunci yang bermunculan tentunya membuat kreator kesulitan dalam menyimpan kata kunci yang sesuai sehingga tidak hilang saat ingin diakses.

Namun kreator dapat menyimpannya dengan mudah dengan melakukan klik pada ikon lencana yang berada di sebelah kiri kata kunci.

Dengan melakukan klik pada ikon tersebut maka kata kunci yang dipilih akan tersimpan dengan sendirinya dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja,

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.