cara jadi viral di instagram

Trik dan Tips Viral di Instagram 

Jadikan akun media sosial business anda viral di instagram dengan berbagar tips dan trik yang bisa digunakan untuk optimasi konten.

Instagram tidak hanya menjadi tempat untuk bersosialisasi dengan pengguna lain di dunia maya, namun saat ini Instagram telah menjadi platform yang keren dan dapat membantu untuk menemukan personal brand dalam membangung awareness di social media.

Di tambah lagi, Instagram kini menjadi salah satu social media dengan pengguna terbanyak dimana 800 juta orang di seluruh dunia aktif mengakses instagram setiap hari dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Sehingga jika anda berencana untuk terkenal di internet maka instagram bisa menjadi platform yang tepat yang di dukung dengan jumlah engagement yang tinggi di bandingkan dengan media sosial lainnya.

Dengan menjadi viral di instagram maka akan membuka kesempatan bagi anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak yang dapat meningkatkan penjualan produk.

Karenanya berikut beberapa tips dan trik yang bisa anda gunakan untuk menjadi viral di instagram.

pexels julia avamotive 1236678

Tentukan Branding yang Ingin Ditampilkan

Saat pertama kali membuat akun instagram tentunya anda belum memiliki peluang untuk menjadi viral di instagram sehingga anda perlu memulai semuanya dari awal.

Sebelum menjadi viral di instagram tentunya kreator perlu memahami konten yang ingin ditampilkan di instagram, hal ini dikarenakan banyaknya pengguna aktif di instagram membuat kreator sebaiknya menjadikan akun instagramnya berbeda dibandingkan dengan yang lainnya untuk mendapatkan perhatian pengguna instagram lainnya.

Selain itu, dengan memahami postingan instagram yang akan ditampilkan maka anda akan memberikan ciri khas tersendiri yang menjadikan akun instagram anda menjadi lebih autentik.

Proses menentukan personal branding sendiri tentunya membutuhkan waktu lama dan membutuhkan analisa yang tepat, karenanya beberapa cara berikut bisa anda gunakan untuk menjadi viral di instagram.

Ketahui Tujuan Membuat Akun Instagram

Setelah membuat akun instagram maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menentukan tujuan yang ingin anda capai di instagram, seperti mengunggah konten pengembangan diri atau foto-foto tempat keren yang telah anda kunjungi sebelumnya.

Dengan menentukan tujuan tersebut maka akan membantu anda dalam menentukan keinginan-keinginan yang ingin anda gapai untuk menjadi seorang influencer yang viral di instagram.

Ketahui Kompetitor yang Anda Miliki

Banyaknya pengguna instagram yang aktif membuat konten dan mendapat perhatian di instagram mungkin membuat anda merasa minder saat pertama kali membuat konten di instagram.

Meskipun begitu, hal ini juga bisa menjadi pemicu semangat anda untuk membuat konten instagram yang menarik dan menjadi pembeda anda dengan kompetitor lain.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menemukan alasan mengapai pengguna instagram harus mengikuti anda dibandingkan kompetitor lain dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki.

Dengan mengetahui kompetitor yang anda miliki juga akan membuka peluang untuk menjadi viral di instagram dengan mempelajari kesuksesan di akun instagram lain.

Anda juga bisa meminjam konten yang mereka gunakan dan kemudian diubah dengan menambahkan ciri khas yang anda miliki.

Beberapa elemen penting yang bisa anda gunakan dari kompetitor anda adalah : penggunaan konten yang tepat, caption postingan yang tepat, konsistensi mengunggah akun instagram, instagram hastah yang digunakan.

Berikan Latar Belakang Anda

Bagi pengguna instagram yang kerap kali mengikuti akun instagram influencer tentunya jamak anda temukan kreator yang menceritakan latar belakang hidupnya dan selalu diceritakan berulang-ulang di konten instagram yang diunggah di social media.

Tanpa kita sadari, dengan menceritakan latar belakang cerita hidup yang diunggah oleh kreator membuat anda menjadi lebih tertarik untuk mengikuti akun instagram tersebut.

photo1657598065

Salah satunya akun instagram @siauwandreas yang menceritakan perjalanan menjadi content writer dan akhirnya bisa membantu banyak orang untuk belajar menulis konten di social media.

Meskipun terlihat sederhana namun latar belakang cerita tersebut menjadi daya tarik bagi pengikutnya untuk mengikuti akun instagram tersebut dan belajar cara menulis konten yang tepat berkat kesamaan latar belakang yang dimiliki.

Beberipa cerita yang bisa anda unggah di instagram adalah latar belakang yang dimiliki berupa asal tempat anda serta motivasi yang membuat anda ingin membuat akun instagram dan bikin konten sesuai dengan minat yang anda miliki.

Ketahui Kepribadian yang Ingin Anda Tunjukkan

Tidak hanya menceritakan latar belakang yang mampu membuat pengguna instagram mengikuti akun anda namun dengan menunjukkan kepribadian yang sesuai tentunya akan membuat anda lebih cepat viral.

Hal ini dikarenakan pengguna instagram juga ingin menemukan konten dan akun instagram yang sesuai dengan kepribadian mereka sehingga bisa lebih mudah memahami postingan viral yang anda sajikan.

photo1657598295

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @biasalahanakmuda, meskipun akun tersebut menyajikan ulasan bangunan rumah yang sesuai dengan minat yang disukai dan jamak ditemui di instagram namun akun tersebut mampu menarik lebih banyak pengikut serta interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan kreator menciptakan berbagai konten yang viral dengan ciri khas sendiri dan menampilkan kepribadian yang unik, seperti mengomentari sebuah ruangan dengan menggunakan bahasa dan istilah sunda yang menjadikan konten menjadi lebih menarik perhatian audiens.

Di sisi lain, dengan membuat konten yang sesuai dengan kepribadian anda maka akan lebih mudah dalam membuat konten secara dan merefleksikan kepribadian anda dengan cara yang sama, seperti membuat konten yang menginspirasi, hiburan, atau mengajari mereka pengetahuan-pengetahuan baru.

Kreator juga bisa menampilkan kepribadian ke pengguna instagram dengan menggunakan instagram profile dan menulis deskripsi konten yang ingin anda tampilkan.

photo1657589722

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @bynikojulius yang menjelaskan tujuan membuat akun instagram serta jenis-jenis konten yang bisa pengguna lihat di akun instagram yang dikembangkan.

Dengan pemberian deskripsi tersebut tentunya akan memudahkan bagi pengguna instagram untuk memilih akun dan konten instagram yang sesuai dengan minat yang mereka miliki.

pexels josh sorenson 976866

Temukan Audience yang Sesuai

Banyaknya pengguna instagram yang aktif setiap hari mungkin akan membuat kreator bingung untuk membuat konten postingan yang tepat dan disukai oleh semua orang.

Meskipun begitu, anda juga bisa memilih untuk membuat konten yang sesuai minat dibandingkan terus menerus mengikuti trend yang ada.

Hal ini nantinya akan membuat anda lebih mudah mendapat perhatian pengguna instagram sehingga membuat akun instagram anda viral.

Tidak hanya itu, anda juga lebih mudah dalam membuat konten yang menarik dan bisa diunggah setiap harinya.

Dengan membuat konten sesuai dengan target audience pastinya membantu dalam menaikkan jumlah followers secara konsisten setiap hari.

Keuntungan lain dari membuat konten sesuai dengan minat serta audience yang dituju maka akan lebih mudah dapat mendapatkan pengikut yang royal dan loyal sehingga akan membeli berbagai produk yang anda promosikan atau jual di instagram.

Sekali anda menemukan target audience yang tepat maka anda bisa menggunakannya untuk mencari influencer yang dapat membantu dalam mempromosikan produk yang anda miliki sehingga dapat meningkatkan penjualan serta menarik minat di mata konsumen yang anda inginkan.

Dengan mengetahui target audience maka kreator juga mengetahui bakat dan minat yang ingin ditampilkan di instagram serta menyesuai konten yang sesuai dengan keinginan konsumen.

pexels artem beliaikin 2292919

Ketahui Keinginan Konsumen

Sama seperti strategi konten marketing lainnya, mengetahui audience yang dimiliki di instagram juga menjadi faktor penting untuk menjadi viral di instagram.

Audience yang dimiliki di instagram tentunya menjadi aset yang berharga bagi sebuah akun instagram influencer atau business.

Hal ini nantinya akan membantu anda dalam memahami kesukaan konsumen dan akhirnya membuat tipe konten yang membuat pengikut anda melakukan interaksi di postingan instagram anda.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengetahui keinginan konsumen dengan melakukan sesi tanya jawab secara konsisten.

Hal ini dilakukan untuk memahami keinginan pengikut instagram anda dengan mudah serta membuat konten atau event yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Guna mengumpulkan jawaban yang sesuai maka kreator bisa memanfaatkan fitur tanya jawab di instagram story guna memahami keinginan konsumen dengan jawaban yang diberikan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunggah konten foto di instagram feed yang bisa konsumen jawab di kolom komentar sehingga memudahkan dalam pengumpulan data audience.

pexels andrea piacquadio 3776868

Interaksi dengan Pengikut Anda

Menjadi viral di instagram tentunya tidak bisa langsung anda dapatkan setelah anda membuat akun instagram.

Namun diperlukan waktu untuk menjangkau pengguna instagram lain dengan konsisten mengunggah akun instagram yang sesuai dengan minat dan mengikuti trend yang ada.

Akan tetapi, hal yang paling penting adalah terus menerus melakukan interakasi dengan pengikut instagram organik yang anda miliki dan tidak menggunakan akun instagram palsu atau bot.

Di tambah lagi instagram merupakan bagian dari social network sehingga penting bagi anda untuk bersosialisasi dengan pengikut instagram yang anda miliki.

photo1657592489

Strategi ini juga dilakukan oleh akun instagram @skintificid yang melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki dengan membalas berbagai pertanyaan konsumen sehingga bisa menjadi ajang konsultasi produk secara gratis sebelum membeli produk yang ditawarkan.

Kualitas interaksi yang dilakukan secara rutin juga akan menjadi nilai tambah akun instagram anda di mata pengguna instagram lainnya.

Selain itu, dengan melakukan interaksi secara konsisten tentunya akan membantu menaikkan poin algoritma instagram sehingga membuat konten dan akun instagram anda masuk ke dalam instagram explore sehingga membantu menaikkan popularitas.

Beberapa jenis interaksi yang bisa anda lakukan di instagram adalah dengan membalas komentar yang masuk di konten dan pesan instagram anda, memberikan tanda suka pada komentar yang masuk atau memberikan like pada akun instagram yang mengunggah konten dengan tag akun instagram.

Anda juga bisa melakukan repost konten instagram sebagai bentu apreasiasi ke konsumen anda atau dijadikan konten testimoni yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.

Penggunaan konten instagram live juga bisa menjadi strategi yang tepat untuk membangun hubungan dengan konsumen melalui interaksi dua arah secara langsung sehingga bisa menciptakan kedekatan satu sama lain.

Melakukan interaksi dengan pengikut yang anda miliki tentunya penting bagi influencer untuk membangun kedekatan dengan pengikut yang anda miliki sehingga membangun royalitas yang kuat.

Tentunya anda akan senang bukan apabila komentar anda di balas oleh influencer atau kreator kesayangan?

Karenanya pastikan juga anda menyediakan waktu untuk membalas berbagai pesan dan komentar yang masuk guna meningkatkan keakraban satu sama lain.

instagram highlight

Konsisten Mengunggah Konten Instagram

Salah satu faktor krusial yang dapat membantu menaikkan akun instagram anda dan menarik lebih banyak pengikut instagram adalah mengunggah konten instagram secara konsisten.

Semakin banyak anda mengunggah konten di instagram maka akan membuka peluang untuk melakukan interaksi dengan pengikut anda.

Selain itu, jumlah interaksi yang di dapatkan oleh akun instagram yang rajin mengunggah konten instagram juga memiliki jumah engagement rate yang berbeda dengan akun yang jarang posting di instagram sehingga peluang untuk masuk ke halaman instagram explore juga berbeda.

Dengan mengunggah konten instagram secara rutin maka akan membuka peluang anda untuk meningkatkan jumlah followers yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya sehingga membuat anda dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Namun sebelum anda mengunggah konten instagram secara konsisten maka pastikan juga untuk melakukan upload konten di waktu aktif konsumen.

Hal ini dilakukan untuk mendaparkan interaksi yang lebih banyak dari pengikut instagram anda sehingga membuka peluang untuk masuk ke halaman instagram explore dengan lebih mudah serta mendapatkan rekomendasi dari instagram.

Guna mengetahui waktu aktif instagram maka anda bisa mengeceknya di instagram insight yang menyediakan informasi mengenai waktu aktif konsumen yang bisa berubah setiap minggunya.

Namun jika anda baru membuka akun instagram maka bisa melakukan eksperimen dengan mengunggah konten di jam makan siang, waktu istirahat malam, atau pagi hari saat konsumen aktif membuka instagram.

Konsistensi mengunggah konten instagram juga tidak hanya mengunggah konten tepat waktu namun menggunakan konten yang tepat serta menggunakan ciri khas yang anda tampilkan di social media sehingga akun instagram anda mudah diingat oleh pengguna atau pengikut akun instagram anda.

Namun, konsistensi akun instagram juga bisa berubah apabila anda memiliki kesibukan lain yang membuat anda sulit mengunggah konten seara tepat waktu atau menggunakan ciri khas yang telah ditentukan sebelumnya.

Guna mengatasi masalah tersebut maka anda bisa menggunakan layanan penjadwalan konten yang tersedia di creator studio instagram atau website social media management.

Penggunaan layanan ini dilakukan agar konten anda bisa diunggah secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan serta membuat konten instagram anda tetap memiliki kualitas yang baik.

instagram story

Unggah Konten yang Berkualitas

Instagram telah dikenal sebagai social media yang mengedepankan visual sehingga tidak heran apabila anda dapat dengan mudah menemukan foto-foto yang estetik di instagram.

Hal ini jamak anda temukan saat mengunjungi akun instagram influencers yang kerap kali mengunggah konten instagram dengan tampilan estetik di setiap postingan yang tentunya membuat pengguna instagram tertarik untuk mengikuti akun tersebut.

Sehingga dalam melakukan promosi di instagram anda juga sebaiknya mengunggah konten yang estetik untuk menarik minat konsumen.

Dalam mengunggah konten instagram yang estetik tentunya dibutuhkan kreativitas dengan memberikan sisi estetik pada tampilan feed instagram dengan tema konten yang konsisten di semua postingan instagram dengan menggunakan bantuan aplikasi edit foto di internet.

Pastikan juga anda memberikan ciri khas pada konten instagram yang anda unggah sehingga menjadi pembeda di antara konten kompetitor lainnya serta membuka peluang untuk menjadi viral di instagram.

Anda juga bisa mencari ide konten instagram dengan memberikan jadwal khusus untuk berselancar di halaman instagram serta mengunjungi website-website tertentu yang menyediakan rekomendasi foto dan konten yang sedang viral di instagram.

Setelah konten instagram sudah dibuat maka anda bisa melakukan optimasi konten dengan memberikan caption yang menarik dengan kata kunci yang sesuai, penggunaan hastag yang populer, serta menggunakan kalimat call to action.

photo1657594677

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @flickabags yang mengunggah foto produk dengan tampilan estetik sehingga mampu menarik perhatian pengguna dan pengikut instagram.

Tujuan dari membuat konten instagram yang estetik adalah menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi akun instagram anda dan memberikan perspektif bahwa anda konsisten dalam mengembangkan konten yang anda buat.

Tampilan akun instagram yang estetik dan profesional juga memberikan pengaruh dalam menjangkau konsumen yang sesuai.

pexels artem podrez 6003271 1

Kolaborasi dengan Influencer Instagram

Saat membuka dan mengembangkan akun instagram untuk pertama kali tentunya anda belum mendapatkan pengikut yang cukup banyak untuk melakukan promosi di instagram.

Untuk mengatasi masalah ini maka anda bisa melakukan kolaborasi dengan influencer instagram yang disukai oleh konsumen anda serta memiliki pengikut yang banyak sehingga bisa mendapatkan lebih banyak perhatian.

Dalam memilih influencer instagram yang tepat maka anda mulai dengan mencari di halaman pencarian dan menggunakan kata kunci yang tepat untuk menemukan konten influencer yang viral di instagram dan bisa digunakan untuk promosi di instagram.

Anda juga bisa melihat ke akun kompetitor lain untuk melihat influencer instagram yang pernah diajak kerjasama sehingga bisa anda gunakan untuk promosi produk ke depannya.

Tidak hanya itu, dalam memilih influencer instagram pastikan anda memilih akun instagram yang mendapat kepercayaan penuh dari konsumen sehingga apapun produk yang direkomendasikan mendapatkan perhatian lebih sehingga mempengaruhi kepercayaan konsumen kepada produk anda.

Pelaku usaha juga bisa menggunakan micro influencer yang memiliki banyak pengikut serta kepercayaan dari konsumen berkat ulasan terbaik yang diberikan.

Di sisi lain, saat melakukan kolaborasi dengan influencer instagram maka anda bisa melakukan beberapa strategi yang membuat promosi anda menjadi lebih menarik.

Salah satunya dengan manfaatkan instagram collab post dimana influencer bisa melakukan tag konten pada akun instagram sehingga postingan tersebut bisa muncul di dua tempat sekaligus sehingga berguna untuk menaikkan engagement dan pengikut baru di waktu yang bersamaan.

Anda juga bisa mengajak influencer instagram tersebut untuk mengikuti siaran langsung yang anda ikuti sehingga semakin banyak orang yang akan menonton live streaming yang anda adakan.

pexels prateek katyal 2694434 1

Eksperimen dengan Instagram Hastag

Keberadaan tagar sudah banyak ditemukan di berbagai social media berkat fungsinya yang membantu pengguna untuk mencari konten tertentu di halaman pencarian.

Tidak hanya itu, penggunaan hastag di instagram juga berguna untuk menaikkan konten di social media sebab konsumen biasanya menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari topik di instagram, sehingga penggunaan tagar tersebut dapat membantu menaikkan postingan anda untuk menjadi viral di instagram.

Pentingnya penggunaan hastag akhirnya memunculkan strategi penggunaan tagar di instagram untuk menaikkan keterlihatan konten di instagram.

Beberapa diantaranya menyarankan menggunakan konten yang sedikit namun sesuai agar postingan anda tidak terlihat spam dan beberapa di antaranya menyarankan untuk menggunakan hastag sebanyak mungkin.

Website Influencermarketinghub sendiri menyatakan penggunaan hastag instagram sendiri dapat menaikkan enagement konten sebesar 12.6% dengan variasi tagar yang berbeda.

Keuntungan inilah yang bisa anda terapkan dalam membuat konten instagram dengan menggunakan hastag yang sesuai dan relevan dengan komunitas anda untuk menjadikan konten anda viral di instagram.

Sumber:

How To Go Viral On Instagram: 12 Tips & Tricks (rafflepress.com)

How To Become Instagram Famous in 2022 [8 Steps] (hootsuite.com)

How to Become Instagram Famous (From 14 People Who Did) (hubspot.com)

How to Become Instagram Famous: 6 Simple Steps to Mastery (influencermarketinghub.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.