cara membuat akun linkedin

Tutorial Buat Akun Linkedin Untuk Freshgraduate

Jadikan akun Linkedin anda menjadi lebih menarik dengan optimasi profil yang lengkap.

Bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya, maka langkah selanjutnya yang harus ditempuh adalah mencari pekerjaan yang sesuai minat dan bidang yang telah dipelajari.

Namun, menemukan pekerjaan impian tentunya tidak mudah karena anda perlu memikat calon perusahaan anda dengan keahlian yang dimiliki.

Salah satunya adalah dengan membuat curriculum vitae serta portofolio sesuai dengan bidang keahlian yang anda kuasai.

Bagi fresh graduate tentunya hal ini dirasa menyulitkan karena perlu pemilihan kata yang dapat menjelaskan prestasi, keahlian, serta sertifikasi yang telah anda pelajari sebelumnya.

Karenanya pelajari dulu cara membuat akun Linkedin yang menarik dan mencuri perharian recruiter.

GBGQawZLTnCv9qofpSlv

Apa Itu Linkedin 

Bagi profesional yang telah memiliki pengalaman kerja yang cukup banyak serta telah menjadi ahli di bidangnya atau freshgraduate yang baru saja menyelesaikan pendidikannya, tentunya membutuhkan platform khusus dimana anda bisa mempromosikan kemampuan yang anda miliki.

Di antara sekian banyak platform pencarian kerja yang memiliki berbagai layanan yang memadai, Linkedin bisa menjadi tempat untuk memamerkan keahlian yang telah anda pelajari selama bertahun-tahun.

Hal ini dikarenakan akun Linkedin menyediakan berbagai kolom yang bisa anda isi mengenai keahlian yang anda pelajari serta sertifikat pendukung sebagai bukti bahwa anda telah memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Tidak hanya itu, apabila anda memiliki prestasi dalam mengikuti berbagai kompetisi yang relevan dengan bidang tertentu, maka anda bisa mencantumkannya pada kolom Linkedin guna menarik recruiter yang mencari seseorang dengan keahlian tersebut.

Di samping itu, bagi profesional yang telah bekerja bertahun-tahun di bidang tertentu maka anda bisa mengisi kolom pengalaman yang akan memudahkan untuk bertemu dengan kenalan yang memiliki profesi di bidang serupa.

Sehingga Linkedin tidak hanya menjadi area yang tepat untuk menemukan berbagai lowongan pekerjaan terbaik dari perusahaan impian.

Namun, anda juga bisa menemukan tempat terbaik untuk diskusi mengenai industri yang anda geluti dengan profesional lainnya.

keuntungan menggunakan linkedin

Kenapa Harus Menggunakan Linkedin

Jika anda bertanya alasan membuat akun Linkedin, maka anda akan menemukan berbagai jawaban yang berbeda-beda.

Pertama, banyak perusahaan besar dan terkenal di bidannya hanya membuka lowongan pekerjaan di Linkedin atau website perusahaan, sehingga apabila anda aktif mengecek berbagai lowongan pekerjaan yang dibuka maka semakin terbuka juga peluang untuk mendapatkan posisi impian di peusahaan yang anda inginkan.

Kedua, sembari mencari lowongan pekerjaan, anda juga bisa membuka wawasan dari setiap postingan yang diunggah oleh profesional yang ahli di bidangnya serta aktif untuk membagikan keilmuannya di Linkedin, jika anda beruntung maka anda bisa melakukan koneksi satu sama lain, sehingga anda dapat mempelajari pengetahuan baru secara gratis.

Ketiga, keaktifan anda dalam mengomentari postingan Linkedin dengan pendapat yang relevan, juga akan membuat anda dilirik oleh pengguna lainnya, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan relasi baru dari berbagai bidang keilmuan.

Tidak hanya itu, apabila anda aktif untuk mencari informasi terbaru mengenai topik yang anda geluti, maka anda akan memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan pengguna Linkedin yang berada di negara lain, sehingga membuka wawasan mengenai cara berfikir dan perkspektif orang lain.

Sehingga Linkedin tidak hanya menjadi tempat menemukan lowongan pekerjaan terbaik, namun juga membangun relasi ke jenjang yang lebih baik.

cara membuat akun linkedin untuk freshgraduate

Cara Membuat akun Linkedin Untuk Freshgraduate

Berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Linkedin tentunya membuat banyak orang tertarik untuk memulai membangun halaman profil yang menarik perhatian orang lain.

Namun, sebelum membuat halaman Linkedin yang menarik maka anda juga perlu mencantumkan informasi yang dapat membantu anda dilirik oleh pengguna Linkedin yang anda inginkan.

Karenanya berikut tutorial membuat akun dan profil Linkedin yang menarik untuk fresh graduate.

Isi Informasi Pribadi

Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebelum membuat akun Linkedin adalah mempersiapkan alaamt email yang telah terverifikasi oleh Google.

Dengan memiliki email yang valid juga akan membantu anda dalam melakukan verfikasi akun Linkedin yang anda miliki.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan pemberitahuan mengenai lowongan pekerjaan yang anda incar dengan cepat sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Anda juga bisa mencantumkan nomer telefon pribadi di akun Linkedin anda sebagai verifikasi dan memudahkan apabila ada recruiter tertarik pada profil yang anda miliki.

Linkedin juga memungkinkan anda untuk menambahkan status pekerjaan, apabila anda sedang mencari pekerjaan secepatnya maka anda bisa mengisi dengan “currently looking for employement opportunities” sedangkan apabila anda sudah bekerja maka anda bisa mengisinya dengan posisi pekerjaan yang sedang dijalani.

Sehingga akan memudahkan untuk menemukan pengguna Linkedin yang memiliki keahlian di bidang yang sama dan bisa diajak berdiskusi mengenai topik tertentu.

Bagi fresh graduate yang pernah mengikuti kompetisi yang berkaitan dengan keahlian yang anda miliki atau sertifikasi dan portfolio yang berkaitan, maka anda juga bisa mengisinya di profil Linkedin.

Berbagai informasi yang diberikan akan menjadi nilai tambah sendiri bagi recruiter yang melihat profil Linkedin anda, sehingga menjadi pertimbangan untuk diajak ke tahap wawancara selanjutnya.

Pilih Tipe Akun Linkedin

Sama seperti social meda lainnya yang memiliki akun pribadi dan business, maka anda bisa mengubah akun anda sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Misalnya anda hanya ingin menggunakan akun Linkedin gratis yang memungkinkan anda untuk melamar pekerjaan serta melakukan interaksi dengan pengguna lain yang menyukai topik yang sama.

Namun, jika anda ingin menjadikan halaman Linkedin anda sebagai media untuk menyampaikan pemikiran mengenai topik tertentu dari industri yang sedang anda geluti maka memilih akun Premium bisa menjadi pilihan yang menarik.

Hal ini dikarenakan akun premium menyediakan berbagai fasilitas tambahan yang memudahkan anda untuk mengetahui siapa saja yang mengunjungi akun anda sehingga bisa salng berkoneksi satu sama lain.

Tambahkan Foto yang Menarik 

Pengalaman yang bejibun serta prestasi yang berderet tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi recruiter yang mengunjungi akun Linkedin anda.

Namun, mereka bisa saja tidak jadi melirik profil anda karena kurangnya identitas tambahan berupa foto diri.

Padahal dengan menambahkan foto diri yang menarik akan menjadi poin tambahan bagi recruiter untuk melakukan verifikasi data sebelum akhirnya melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Pada proses pemilihan foto profil Linkedin, anda bisa menggunakan pas foto yang menarik dan menunjukkan wajah anda seutuhnya.

Meskipun begitu, anda juga bisa menggunakan gaya foto profesional sehngga mereka tertarik untuk melihat halaman linkedin yang anda kembangkan.

Jangan lupa juga untuk menambahkan foto pada sampul Linkedin untuk memberikan sentuhan yang menarik dan menjelaskan jati diri anda.

Bagikan Pengalaman yang Menarik 

Salah satu keuntungan dari memiliki akun Linkedin yang profesional adalah anda bisa menemukan berbagai pengalaman dari profesional yang sudah ahli di bidangnya.

Sehingga anda bisa mendapatkan wawasan baru mengenai dunia kerja serta industri yang anda sukai.

Meskipun cerita pengalaman tersebut biasanya di dominasi oleh profesional di bidangnya, namun anda masih bisa berpartisipasi dengan membagikan pengalaman selama menempuh pendidikan.

Misalnya anda membagikan pengalaman saat melakukan observasi masalah lingkungan hidup dimana anda menghabiskan waktu selama berminggu-minggu di pedalaman.

Anda juga bisa menceritakaan kegiatan saat mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di kampus lain dan mengenal mahasiswa dari berbagai negara yang berbeda.

Menceritakan berbagai sudut pandang mengenai pelajaran yang pernah anda ambil semasa kuliah juga bisa menjadi poin tambah bagi orang lain yang melihat postingan Linkedin yang anda unggah secara rutin.

Meskipun terkesan sederhana dan sepele namun dengan perpaduan gaya bahasa yang mudah dipahami dan memikat orang lain, maka akan menjadi daya tarik bagi orang lain untuk membuka koneksi dengan akun Linkedin anda.

Sertakan Pendidikan yang Telah Anda Tempuh 

Saat mengulik akun Linkedin dari pengguna lain yang telah memiliki banyak pengalaman, maka anda akan menemukan pencantumkan riwayat pendidikan yang telah ditempuh serta berbagai gelar yang di dapatkan.

Pencantuman riwayat pendidikan yang telah anda jalani sangatlah penting yang akan memudahkan recruiter untuk menentukan apakah pendidikan anda sesuai dengan lowongan pekerjaan yang anda lamar.

Tidak jarang anda akan menemukan alumnus di perusahaan yang akan anda lamar sehingga memberikan nilai tambah anda di mata orang lain.

Dalam pencantuman riwayat pendidikan ini, anda juga menceritakan fokus ilmu yang anda ambil serta keuntungannya bagi anda sebagai seseorang yang telah lulus dari program pendidikan tersebut.

Pertemuan dengan alumus yang sama juga akan memudahkan anda untuk membuka percakapan dengan kreator Linkedin yang kerap kali membahas topik yang anda sukai untuk membangun hubungan profesional yang lebih baik.

Berikan Headline yang Menarik

Di saat anda mengunjungi akun Linkedin yang dianggap menarik, maka anda biasanya akan melihat headline yang berisi deskripsi singkat mengenai kreator tersebut.

Meskipun terkesan singkat yang padat namun headline yang menarik akan menjelaskan pekerjaan yang anda inginkan dan bisa dilihat dari profil pendidikan yang dicantumkan.

Namun, jika anda fresh graduate yang baru saja menyelesaikan pendidikannya, maka anda bisa menuliskan beberapa informasi penting, contohnya adalah : Civil Enginering Student , Graduating 2022, dan kemudian tambahkan keahlian yang anda miliki yang tentuya relevan dengan pekerjaan yang akan anda lamar.

Penggunaan kata kunci yang sesuai juga akan membantu recruiter yang sedang membuka lowongan pekerjaan tertutup dan hanya mencari kandidat yang memiliki keahlian tertentu.

Tambahkan Informasi Tambahan 

Dalam pembuatan profil Linkedin yang baik, anda tidak hanya memberikan informasi mengenai pendidikan yang telah anda jalani sebelumnya.

Namun, anda juga bisa menambahkan informasi tambahan mengenai minat dan topik yang anda sukai.

Sehingga apabila salah satu postingan mencuri perhatian pengguna Linkedin lainnya, maka akan membuaka kesempatan untuk membangun relasi baru yang memiliki minat yang sama.

Tidak hanya itu, informasi tersebut juga akan memudahkan apabila anda ingin membangun profesional di bidang tertentu, sehingga mereka tertarik untuk membangun hubungan yang lebih baik.

Anda juga bisa mencantumkan hobi yang berkaitan dengan kemampuan yang anda miliki sehingga kesemapatan untuk membangun relasi baru akan terbuka lebar.

Lakukan Koreksi Ulang 

Setelah menambahkan berbagai informasi yang dibutuhkan dan wajib dicantumkan, maka sebaiknya anda melakukan pengecekan ulang pada data yang telah anda berikan di Linkedin.

Anda bisa mulai dengan melihat apakah penulisan skill serta bio Linkedin anda sudah sesuai atau perlu diperbaiki ulang.

Pastikan juga anda memerikan nama tempat pendidikan yang anda cantumkan sehingga tidak tertukar dengan tempat lain.

Jika anda menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama di profil Linkedin anda, pastikan untuk mengecek ulang grammar yang digunakan menggunakan website Grammarly.

Bertanya kepada Profesional 

Sebuah akun Linkedin yang baru dibuat pertama kali terkadang membuat seseorang merasa ragu apakah informasi yang disampaikan sudah sesuai atau diperlukan evaluasi ulang agar halaman profil Linkedin menjadi lebih optimal.

Guna menuntaskan rasa penasaran maka anda bisa memulai dengan melihat akun Linkedin dari profesional lain yang telah berkecimpung lama dan bandingkan dengan profil yang anda miliki.

Selanjutnya adalah anda bisa mencari konten social media yang membahas optimasi akun Linkedin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Terkadang ada beberapa kreator Linkedin yang menawarkan diri untuk mengulas akun Linkedin orang lain, sehingga anda bisa ikut bergabung agar profil Linkedin anda menyampaikan informasi yang dibutuhkan.

Buat Link Linkedin Personal 

Tahukah anda bahwa profil Linkedin yang anda miliki bisa dibagikan dengan mudah melalui link yang tertera di halaman profil Linkedin.

Penggunan link pribadi ini akan memudahkan anda apabila hendak melamar kerja di platform lain, namun membutuhkan portofolio karya yang telah anda kerjakan sebelumnya.

Hal ini juga akan memudahkan anda untuk mengirimkan berbagai macam dokumen tambahan dalam satu link yang berisi informasi pribadi serta portofolio yang telah anda kerjakan sebelumnya.

Sayangnya link Linkedin terlalu panjang sehingga anda perlu menyingkatnya dengan beberapa langkah berikut :

Pertama, masuk ke halaman Linkedin anda kemudian pada bagian kanan anda akan menemukan ikon edit profil & URl

Kedua, klik ikon tersebut kemudian anda akan dibawa ke halaman khusus dimana anda bisa mengedit link profil Linkedin dengan nama pribadi sehingga mudah dicari dan diakses oleh orang lain.

Ketiga, setelah sudah selesai maka anda bisa menyimpannya dan dibagikan ke orang lain atau platform social media lain yang anda miliki.

Mulai Membangun Hubungan 

Setelah semua informasi selesai dicantumkan maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membangun hubungan dengan kreator Linkedin lain yang memiliki topik dan minat yang sama.

Biasanya Linkedin akan memberikan rekomendasi akun kreator yang bisa anda ikuti berdasarkan kesamaan minat serta latar belakang pendidikan tertentu.

Namun, jika anda ingin mencari kreator lain yang lebih spesifik maka anda bisa mencarinya melalui kolom pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

Terkadang beberapa kenalan anda memiliki akun Linkedin yang tidak anda ketahui, sehingga anda bisa bertanya ke teman atau kenalan anda untuk memulai koneksi dari orang terdekat.

Gunakan Linkedin Secara Teratur 

Setelah merapihkan informasi pribadi di akun Linkedin maka anda bisa mulai menggunakan akun Linkedin secara rutin.

Dimulai dengan melihat konten dari akun kreator yang telah anda ikuti sebelumnya dan meninggalkan jejak berupa likes atau komentar yang relevan.

Dengan rajin melakukan interaksi di Linkedin, maka anda bisa mendapatkan rekomendasi akun Linkedin lain yang lebih menarik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mempelajari cara penulisan postingan Linkedin serta faktor lain yang membuat konten Linkedin menjadi lebih menarik.

Mulai Unggah Konten 

Memuat informasi Linkedin yang lengkap tentunya akan sia-sia jika tidak banyak orang yang mengetahui profil yang anda miliki.

Sehingga untuk memperluas jangkauan akun Linkedin dan membuka relasi baru maka anda bisa memulai membuat konten Linkedin yang menarik.

Contohnya adalah apabila anda telah mengikuti kursus dan keahlian tertentu maka anda bisa mengunggahnya di Linkedin dan menceritakan pengalaman dan ilmu baru yang telah anda dapatkan.

Ikuti Tes Gratis di Linkedin

Saat mengembangkan akun Linkedin, anda tidak hanya bisa membangun relasi atau mencari pekerjaan yang sesuai.

Namun, anda juga bisa mendapatkan pelajaran tambahan dari Linkedin yang mengundang berbagai profesional di bidangnya.

Hal ini akan membantu anda untuk membuka wawasan lalu mengenai berbagai topik yang menarik.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengikuti berbagai tes gratis yang disediakan oleh Linkedin, sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi recruiter yang mencari calon pekerja baru berdasarkan skill yang dimiliki.

Sayangnya, berbagai fasilitas ini hanya bisa di dapatkan dengan mengakses layanan akun premium.

Namun terkadang Linkedin memberikan rekomendasi kursus yang bisa anda ikuti secara gratis dan relevan dengan minat yang anda sukai.

Sehingga anda sebaiknya terus mengecek akun Linkedin anda untuk melihat berbagai kursus yang ditawarkan.

Ikuti Berbagai Kegiatan di Linkedin

Saat mengikuti berbagai akun Linkedin perusahaan tertentu, biasanya anda akan menemukan beberapa kegiatan menarik yang bisa anda ikuti.

Salah satunya adalah webinar gratis yang diadakan  di Linkedin dan mengundang berbagai profesional di bidangnya.

Berbagai kegiatan webinar tersebut bisa anda ikuti untuk membuka wawasan baru mengenai minat yang anda sukai serta topik yang beragam.

Di akhir sesi webinar, anda bisa membagikan rangkuman dari materi yang disampaikan serta cuplikan saat live video tersebut ditayangkan.

Hal ini bisa menjadi ide konten yang bagus sehingga anda membuka relasi dengan peserta lain yang mengikuti acara tersebut dan memiliki kesempatan lebih terkenal apabila konten anda di repost oleh akun penyelenggara webinar tersebut.

Gunakan Kata Kunci yang Sesuai 

Sama seperti social media lainnya yang menggunakan tagar atau kunci untuk memperluas jangkauan konten yang dimiliki, maka anda bisa menggunakan kedua fitur tersebut untuk optimasi konten linkedin.

Hal ini bisa dilakukan mengingat pengguna Linkedin biasanya menggunakan kata kunci atau hashtag tertentu untuk mencari topik yang ingin dibaca dan diikuti.

Sehingga apabila anda menggunakan kedua fitur tersebut dengan tepat maka anda bisa memperluas jangkauan konten yang lebih luas.

Anda juga bisa melakukan analisa kata kunci dan hashtag dengan melihat akun kreator lain yang membahas topik yang sama dan kemudian mencatat beberapa hashtag yang memiliki kinerja yang lebih baik.

Pastikan juga bahwa tagar yang digunakan tidak termasuk pada campaign produk tertentu sehingga membedakan akun anda dengan kreator lainnya.

Bagikan Juga Konten yang Menarik 

Penggunaan tulisan dengan gaya bahasa yang sesuai tentunya akan memikat lebih banyak pengguna Linkedin.

Namun, anda juga bisa menambahkan beberapa visual tambahan seperti foto dan video sebagai gambaran pada konten yang telah anda buat.

Misalnya anda menceritakan pengalaman saat mengikuti magang di bank negara dan kegiatan yang anda lakukan.

Guna mendukung bukti kegiatan tersebut maka anda bisa memasukkan beberapa foto dan video untuk mendapatkan lebih banyak interaksi serta memikat orang lain.

Sumber :

https://www.linkedin.com/business/sales/blog/profile-best-practices/17-steps-to-a-better-linkedin-profile-in-2017

How To Create An Impressive Linkedin Profile (With Examples) – TheB2BHouse

How to Create a LinkedIn Profile: Expert Tips & Examples (learnhowtobecome.org)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.