linkedin marketing

Linkedin Marketing : Promosi Bisnis Efektif Melalui Linkedin

Promosikan bisnis anda ke target yang tepat menggunakan strategi Linkedin marketing.

Bagi sebagian besar orang, mungkin tidak asing dengan adanya platform Linkedin, dimana social media satu ini dikenal sebagai sarana untuk mencari pekerjaan atau memperluas jejaring sosial untuk mencari rekan kerja yang memiliki frekuensi yang sama.

Namun, Linkedin tidak hanya berguna untuk memperluas pertemanan dengan rekan kerja satu profesi, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai media promosi ke bisnis yang tepat.

Hal ini wajar dilakukan mengingat Linkedin memiliki 774 Juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia, dimana beberapa diantaranya terdiri dari bisnis besar atau menengah yang tengah menebar jaring untuk meningkatkan brand awareness dengan mempromosikan usaha ke pelaku usaha lainnya.

Sehingga bisa membuka peluang untuk mendapatkan partner kerja yang memiliki bidang usaha yang relevan dan tentunya membantu untuk meningkatkan usaha yang sedang anda kembangkan.

Karenanya sebelum mempromosikan usaha secara maksimal maka ketahui dulu strategi linkedin marketing yang tepat sasaran.

apa itu linkedin marketing

Apa Itu Linkedin

Pengguna internet tentunya pernah mendengar nama Linkedin atau malah memakainya untuk kegiatan promosi atau memperluas jejaring sosial yang lebih luas.

Namun, sebenarnya apa sih Linkedin itu sendiri dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk promosi bisnis?

Linkedin merupakan platform jejaring profesional yang dirilis sejak tahun 2003 untuk pengembangan bisnis, dimana seseorang dapat membagikan riwayat pekerjaan atau pencapaian yang telah dimiliki, dengan dukungan dari resume atau hasil kerja yang diunggah di akun yang dimiliki.

Tidak hanya itu, bagi seseorang yang telah memiliki sebuah usaha yang sedang berkembang atau stabil, Linkedin biasanya digunakan untuk mencari karyawan baru dengan kualifikasi yang diinginkan serta mengunggah pencapaian brand atau produk tertentu, sehingga mampu meningkatkan brand awareness atau brand value yang dimiliki.

Strategi ini jamak dilakukan oleh berbagai brand tertentu, salah satunya adalah yang dilakukan oleh produk kecantikan Mustika Ratu yang membagikan pencapaiannya mengenai penjualan barang yang meningkat dan akhirnya berpengaruh naikknya pendapatan di kuartal pertama tahun 2022.

Dengan membagikan postingan yang relevan mengenai prestasi brand atau produk tentunya dapat menaikkan kepercayaan konsumen pada produk tersebut.

Di sisi lain, mengunggah berbagai jenis postingan secara rutin di Linkedin juga termasuk ke dalam Linkedin marketing, dimana strategi ini digunakan membuat koneksi dengan pelaku usaha lainnya, membangun komunitas yang kuat, serta membagikan konten yang bermanfaat agar lebih banyak orang berkunjung ke akun social media atau website anda.

Dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke platform jejaring lainnya, tentunya akan membantu menaikkan pengikut yang lebih banyak serta mempromosikan produk secara efisien.

Tidak hanya itu, anda juga akan membuka kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan brand lain yang memiliki jumlah konsumen lebih banyak, namun masih memiliki ketersinggungan pada produk yang anda jual.

keuntungan menggunakan linkedin marketing

Keuntungan Menggunakan Linkedin Marketing

Saat melakukan strategi social media marketing, anda mungkin akan dihadapkan dengan berbagai pilihan platform dengan target konsumen yang berbeda-beda, contohnya Instagram atau Tiktok untuk menyasar pembeli di usia muda, atau menggunakan Linkedin untuk membangun jejaring dengan profesional.

Penggunaan Linkedin sebagai media membangun hubungan bisnis juga dinilai 227% lebih efektif dibandingkan dengan Facebook dan Twitter untuk membangun pemasaran usaha anda.

Linkedin juga menawarkan peluang bagi seorang CEO perusahaan atau brand usaha tertentu untuk membangun hubungan dan meningkatkan nilai usaha mereka di mata konsumen atau kompetitor lainnya.

Hal ini juga di dukung dengan pengguna Linkedin yang aktif mengunggah konten setiap harinya atau sekedar membaca berbagai postingan yang bermanfaat sembari mencari lowongan pekerjaan yang sesuai.

Tidak hanya itu, Linkedin juga menawarkan berbagai keuntungan yang menguntungkan bagi pelaku usaha atau bisnis tertentu.

Membangun Reputasi yang Lebih Baik

Saat membangun akun social media business, tentunya anda menginginkan untuk membangun reputasi yang baik di mata konsumen yang ingin anda tuju.

Hal ini juga berlaku saat anda membuat akun Linkedin business dimana platform yang fokus pada pengembangan bisnis dan karir ini ideal untuk menaikkan reputasi perusahaan anda sebagai pemimpin atau pelopor di industri yang tengah anda jalankan.

Dengan membangun identitas yang jelas serta mengunggah konten yang berkualitas secara rutin maka akan membangun reputasi yang baik di mata konsumen atau kompetitor lainnya.

Hal ini juga dilakukan oleh akun Linkedin Bibit.id yang membagikan link youtube live yang membahas topik yang berkaitan dengan brand atau produk yang dimiliki.

Tidak hanya itu, platform Linkedin juga cocok untuk membagikan event atau aktivitas yang akan atau telah anda lakukan sebagai media promosi yang lebih profesional.

Memiliki Hubungan dengan Target Audience 

Bagi pengguna social media yang rutin membuka aplikasi Linkedin, tentunya anda akan menemukan berbagai brand atau perusahaan terkenal yang membuat akun Linkedin Business.

Pembuatan akun ini dilakukan untuk membangun hubungan dengan target audience serta menjajaki peluang kerjasama dengan brand lain yang memiliki kaitan dengan produk dan brang yang tengah dijalankan.

Contohnya adalah apabila usaha anda bergerak di layanan keuangan, maka anda bisa membangun hubungan dengan audience yang memiliki ketertarikan pada bidang finansial atau membuka koneksi bersama perusahaan tertentu yang bergerak di usaha yang sama untuk melakukan diskusi di topik yang relevan.

Hal ini tentunya akan membuka peluang bagi anda untuk menambah konsumen baru yang relevan serta meningkatkan kepercayaan di mata pengguna Linkedin yang memiliki minat pada topik yang sama.

Cara ini dilakukan oleh agensi periklanan Socialmediaexaminer yang membuka diskusi dengan key opinion leader guna membahas optimasi akun Linkedin.

Sesi diskusi ini tentunya menguntungkan untuk membangun hubungan dengan konsumer sekaligus pengguna Linkedin yang ingin melakukan optimasi akun Linkedin yang mereka miliki.

Meningkatkan Brand Awareness

Penggunaan social media yang masif di kalangan masyarakat akhirnya menjadikan banyak brand berlomba-lomba untuk membuat akun social media business untuk mengenalkan produk mereka ke konsumen yang diinginkan.

Hal ini juga berlaku saat anda membuka akun Linkedin untuk meningkatkan brand awareness ke konsumen yang berada di platform ini.

Strategi ini biasa dilakukan apabila usaha anda menyasar pada kerjasama dengan brand tertentu, contohnya brand manufaktur yang melakukan kolaborasi pada brand alat berat.

Tidak hanya itu, penggunaan Linkedin sebagai media promosi juga berguna untuk menyebarkan nilai brand anda serta tujuan bisnis yang membuat anda berbeda dengan kompetitor lain yang memiliki produk yang sama.

Anda bisa menyorot brand anda di Linkedin untuk menaikkan brand awareness untuk menujukkan bahwa usaha yang anda kembangkan dapat memperoleh perhatian di antara bisnis lainnya.

Sebuah akun Linkedin business dapat menarik perhatian orang lain dengan membagikan berbagi konten yang unik dan menarik berkaitan dengan brand anda.

Salah satunya yang dilakukan oleh brand keuangan Finansialku yang membagikan konten mengenai cara menabung dengan efektif, dimana topik ini berkaitan dengan layanan yang mereka miliki di bidang penasihat keuangan.

Bagaimana Cara Menggunakan Linkedin Marketing

Setelah berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Linkedin, tentunya anda akan semakin tertarik menggunakan platform ini sebagai media promosi yang efektif.

Namun, sebelum menikmati berbagai keuntungan yang diberikan, tentunya anda harus mengiringi dengan strategi linkedin marketing untuk optimasi akun yang anda miliki.

Membuat Akun Linkedin Business 

Langkah pertama yang tentunya harus anda lakukan adalah membuat akun Linkedin business yang terlihat profesional.

Berikut langkah-langkah membuat akun Linkedin business dengan mudah dan cepat :

Masuk ke Website Linkedin 

Akun Linkedin business memiliki perbedaan dengan akun pribadi, dimana halaman ini menyediaan informasi yang spesifik mengenai perusahaan atau brand yang anda jalankan sehingga memudahkan pengunjung untuk mengenali akun bisnis anda.

Anda juga bisa membuat akun bisnis secara gratis dengan menggunakan email dan nama perusahaan, Berikut cara membuat akun Linkedin Business :

  • Pertama, masuk ke halaman Linkedin yang bisa anda akses melalui website atau aplikasi di handphone.
  • Kedua, lakukan pendaftaran akun Linkedin menggunakan email perusahaan dengan mencantumkan nama atau foto profil brand anda.
  • Ketiga, pada bagian atas halaman anda bisa melakukan klik pada ikon Work kemudian lanjutkan dengan klik di “Create a Company Page.

Pilih Kategori yang Sesuai

Setelah berhasil membuat akun Linkedin business maka anda akan diminta memilih beberapa kategori usaha yang relevan dengan jumlah karyawa yang anda milik :

  • Small business dengan jumlah karyawan kurang dari 200 orang.
  • Medium to Large Business dengan jumlah karyawan lebih dari 200 orang.
  • Educational Institution.
  • Showcase Page sebagai akun kedua dari perusahaan anda, apabila anda telah memiliki akun Linkedin yang sama sebelumnya.

Isi Detail Halaman 

Sebuah akun Linkedin business akan terasa tidak lengkap apabila tidak diisi dengan berbagai informasi yang relevan.

Hal ini juga akan membantu pengunjung untuk mengenali brand atau usaha anda sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikuti akun Linkedin anda.

Berikut beberapa detail informasi yang sebaiknya anda isi di halaman profil Linkedin :

  • Business Name : Gunakan nama brand atau usaha anda agar mudah dicari di kolom pencarian dan mudah diingat oleh konsumen yang melihat konten anda.
  • URL : Tentukan link Linkedin yang bisa anda bagikan ke social media atau website dengan menggunakan nama brand atau usaha anda agar mudah diingat 
  • Website : Sediakan link yang mengarah ke halaman website anda untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke platform anda serta menaikkan jumlah konsumen.
  • Jumlah Karyawan : Pencantuman jumlah karyawan sangat penting agar pengunjung mengetahui bahwa perusahaan anda termasuk usaha kecil yang tengah berkembang atau brand besar yang telah menjadi pemimpin di industri tertentu.
  • Tipe perusahaan : Pastikan juga untuk mencantumkan kelegalan brand anda dengan mencantumkan berbagai izin usaha yang telah dikantongi.

Tidak hanya itu, anda juga akan diminta untuk memilih industri yang relevan dengan brand anda.

Beberapa jenis industri tersebut diantaranya adalah : konsultasi, transportasi, layanan konsumen, periklanan, tekstil, kesehatan, teknologi, games, keuangan, bank, otomotif, telekomunikasi, serta software.

Tambahkan Logo Usaha serta Tagline 

Pada halaman profile Linkedin, anda akan diminta untuk mengisi foto profile yang dapat digunakan untuk memudahkan konsumen mengenali akun Linkedin.

Anda bisa mengisi bagian foto profile dengan logo usaha yang biasa dipasang di kemasan produk agar mudah dikenali oleh konsumen dan pengguna Linkedin.

Penambahan tagline juga bisa menjadi daya tarik tersendiri yang dapat membantu konsumen mengetahui nilai usaha yang akan anda usung untuk melayani konsumen dengan produk yang anda miliki.

Contohnya yang dilakukan oleh brand edukasi dan informasi Social Media Today yang memberikan logo dan tagline pada halaman profil.

Hal ini akan memudahkan konsumennya dalam mencari akun mereka di Linkedin serta membedakannya dengan kompetitor lain yang memiliki usaha yang serupa.

Sajikan Detail Usaha 

Linkedin memberikan penggunanya kesempatan untuk menambahkan beberapa detail usaha yang unik dan membantu untuk promosi akun serta menyediakan informasi bagi konsumen potensial.

Sehingga anda bisa mengambil kesempatan ini untuk memberikan detail informasi yang lebih lengkap, guna memastikan pengunjung mendapatkan informasi yang mudah diingat mengenai produk yang anda tawarkan.

Beberapa point yang bisa anda masukkan diantaranya adalah :

  • Deskripsi Perusahaan : Kolom ini merupakan tempat terbaik untuk menaikkan brand awareness dengan memberikan informasi mengenai brand yang anda jalankan serta kelebihan yang dimiliki.
  • Lokasi : Pastikan anda mencantumkan lokasi yang sesuai guna menghindari indikasi tertukar dengan usaha lain yang memiliki nama brand yang sama dengan lokasi yang berdekatan.
  • Hashtag : Penambahan hashtag akan membantu anda untuk menyorot topik yang relevan dengan industri serta usaha anda.

Penggunaan branded hashtag yang biasa digunakan di social media lain juga akan membantu memudahkan konten anda dicari oleh konsumen lain serta bisa digunakan sebagai media penyebaran konten testimoni yang diunggah oleh konsumen anda menggunakan tagar tertentu.

  • Sampul halaman : Dengan memasang sampul foto yang berisi produk, layanan, atau campaign promosi yang tengah anda lakukan akan membantu merefleksikan kegiatan usaha yang tengah anda jalankan.
  • Buttons : Anda juga bisa menggunakan opsi tombol call to action yang dapat membawa konsumen ke halaman social media atau website yang anda miliki. 

Optimasi Profil Linkedin

Melengkapi berbagai informasi yang relevan dengan brand dan usaha anda saat membuat halaman Linkedin Business akan memberikan detail yang berkualitas pada akun bisnis anda.

Hal ini untuk membantu memastikan konsumen anda untuk mendapatkan informasi yang relevan mengenai usaha anda, sehingga lebih tertarik pada produk dan layanan yang anda tawarkan.

Dengan cara tersebut juga akan memudahkan anda untuk menjangkau target audience serta membawa mereka ke akun social media yang anda miliki, sehingga membuka peluang untuk menaikkan penjualan dengan jumlah konsumen yang bertambah.

Optimasi halaman profil Linkedin juga akan membantu menghadirkan tampilan yang profesional, contohnya dibandingkan mengisi mengenai usaha yang anda jalankan, maka anda bisa menghadirkan kelebihan dan keunikan produk dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

ZcXgucVS22Bg5q2snwXg

Cara ini dilakukan oleh brand kecantikan Somethinc yang mencantumkan keunikan produk pada bagian taglines, sehingga pengguna Linkedin tertarik pada produk yang dijalankan, serta membedakan dengan kompetitor lain yang memiliki usaha serupa.

Tambahkan juga logo atau sampul profile dengan kualitas terbaik guna menonjolkan sisi profesionalitas yang anda miliki.

Tidak lupa juga untuk melakukan optimasi akun Linkedin business dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan usaha anda yang bisa dimasukkan ke deskripsi halaman.

tips linkedin marketing yang efektif

Tips Linkedin Marketing yang Efektif

Linkedin memungkinkan penggunanya untuk membawa kunjungan yang lebih banyak ke halaman website, serta memfilter konsumen potensial, dengan membagikan pengalaman anda melalui konten yang relevan.

Tidak hanya itu, Linkedin juga sudah lama digunakan sebagai media pencarian karyawan potensial yang memiiki keahlian di bidang yang relevan.

Sehingga tidak mengherankan apabila Linkedin menjadi platform yang ideal untuk semua kategori usaha.

Karenanya untuk optimasi akun brand anda, maka berikut beberapa strategi linkedin marketing yang efektif.

Ketahui Target Audience yang Sesuai 

Linkedin merupakan social media yang unik yang hanya menyasar audience profesional dan bergerak dalam membangun hubungan antar bisnis lain.

Meskipun begitu, penting bagi anda untuk mempersempit komunitas, profesional, atau bisnis yang relevan dengan brand anda.

Jika tidak maka pengunjung yang mendatangai akun Linkedin anda hanya mengunjungi sekilas namun tidak melakukan tindakan apapun, seperti mengikuti akun anda atau melakukan interaksi pada konten yang telah anda unggah.

Dengan mengetahui target audience yang sesuai juga akan membantu menyesuaikan lokasi perusahaan dengan target audience, contohnya apabila perusahaan anda berada di Jakarta, maka anda bisa menargertkan konsumen yang berada di daerah sekitar Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Hal ini membuat Linkedin lebih mudah digunakan untuk menargetkan konsumen serta bisnis yang sesuai dengan menambahkan detail informasi yang lengkap saat membuat profil Linkedin.

Anda juga bisa melakukan penargetan berdasarkan lokasi, ukuran perusahaan, industri, dan lain sebagainya.

Namun, anda juga perlu mempertimbangkan target usaha yang ingin anda tuju, contohnya apabila perusahaan anda bergerak di bidang layanan katering makanan untuk perusahaan, maka anda bisa menargetkan bisnis atau usaha berdasarkan ukuran karyawan.

Buatlah Kalender Konten

Sama seperti optimasi social media lainnya, platform Linkedin juga memerlukan kalender konten untuk merencanakan konten yang akan diunggah dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya adalah kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten tips, promosi event tertentu, atau membagikan berita yang mencantumkan nama usaha atau prestasi produk yang anda miliki.

Dengan mengunggah konten di Linkedin secara rutin juga akan membuat lebih banyak orang melihat akun anda serta melakukan interaksi di setiap postingan yang telah anda unggah.

Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa akun Linkedin anda bisa menjadi pemimpin berkat wawasan yang anda bagikan secara rutin mengenai industri yang anda ikuti serta informasi mengenai produk yang anda berikan.

Penggunaan kalender konten juga membantu anda untuk mengunggah konten secara konsisten dengan mengambil manfaat dari setiap event yang anda promosikan di Linkedin.

Contohnya adalah apabila usaha anda bergerak di bidang makanan sehat, maka anda bisa mengunggah konten yang berkaitan dengan isu yang relevan serta membuat postingan pada hari kesehatan dunia dan lain sebagainya.

Hal ini juga dilakukan oleh brand marketplace Bukalapak yang membuat perayaan bulan kemerdekaan dengan mengajak tenant yang dimiliki untuk bergabung bersama dan membagikannya di akun Linkedin Bukalapak.

Tambahkan Konten Foto dan Video yang Relevan 

Tidak hanya memikat konsumen dengan berbagai tulisan yang relevan dengan industri atau brand yang anda miliki, namun anda juga bisa memanfaatkan fitur foto dan video yang berada di Linkedin.

Hal ini dilakukan agar konsumen tertarik melihat berbagai postingan anda saat menemukan konten anda serta membantu menjelaskan isi konten secara jelas dan padat.

Anda juga bisa memasukkan informasi berupa grafik untuk menguatkan informasi yang anda unggah di Linkedin.

Cara ini dilakukan oleh akun Linkedin Green Network Asia yang membagikan informasi mengenai durasi produk plastik dapat terurai di tanah dengan pemberian visual yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Penggunaan foto atau video yang relevan juga dapat membantu menaikkan jumlah interaksi dengan konsumen anda.

Sumber :

https://www.upwork.com/resources/linkedin-marketing

https://www.socialmediaexaminer.com/linkedin-marketing-ultimate-business-guide/

https://sproutsocial.com/insights/linkedin-marketing/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.