Apa Itu TikTok dan Manfaatnya untuk Brand?

tiktok

TikTok merupakan aplikasi media sosial yang memungkinkanmu untuk merekam, mengedit, serta mengunggah video. Sebagaimana Instagram, kamu juga bisa berinteraksi komentar & like disana. Tapi, disini kita akan membahas Tiktok dan manfaatnya untuk Brand secara lebih spesifik.

Mengenal TikTok

TikTok dibuat oleh Zhang Yiming di Cina. Aplikasi ini sendiri telah memiliki ratusan juta pengguna. Sejak dirilis pada September 2016, aplikasi ini memiliki pengguna sebanyak 689,17 juta. Jumlah ini sangat banyak, mengingat aplikasi ini masih berusia empat tahun.

Apalagi jumlah ini terus menerus berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini diketahui bahwa TikTok merupakan aplikasi yang paling banyak didownload ke dua setelah whatsapp.

Kepopuleran ini tidak terlepas dari viralnya aplikasi ini semasa pandemi. TikTok dianggap sebagai sarana healing oleh banyak orang kala harus terisolasi sendirian di dalam rumah.

Kamu memang dimungkinkan untuk mengkreasikan video pendek. Video yang kamu ciptakan bisa sepanjang 60 detik saja. TikTok juga menyediakan basis data musik yang bisa kamu gunakan untuk soundtrack yang sangat kaya.

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25

Selain itu, tools berupa teks hingga filter yang bisa kamu akses membuatmu makin leluasa untuk membuat beragam video yang menarik.

Berbagai kemudahan untuk menciptakan konten ini tentunya berkontribusi banyak dalam meningkatkan popularitas platform ini.

Hal ini pun mendorong banyak bermunculannya konten creator di TikTok. Kehadiran para konten creator ini menciptakan fenomena tersendiri.

Beberapa waktu lalu, salah seorang konten creator bernama Charlie D’Amelio berhasil membuat viral sebuah perusahaan rintisan bernama Step.

Perusahaan ini menawarkan produk perbankan khusus untuk remaja. Menggunakan 114 juta pengikutnya di TikTok, Charlie berhasil mengubah pola pikir pemuda AS dalam memanfaatkan layanan perbankan.

Hasilnya, 1,5 juta akun sudah terdaftar di bank digital tersebut. Bahkan setiap harinya ada 10.000 akun baru yang mendaftar.

Melihat hal ini, maka bisa disimpulkan bahwa TikTok memiliki manfaat yang tidak main-main untuk brand Anda.

Bagaimana Memanfaatkan TikTok untuk Brandmu?

tiktok dan manfaatnya

Setelah sedikit memahami tentang TikTok dan manfaatnya untuk brand, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa memaksimalkannya. Cara tersebut diantaranya adalah membuat branded hashtag challenge, brand takeover ad, serta in feed video ads.

Kamu juga bisa membuat top-view video ads, branded lenses, serta branded songs.

Branded Hashtag Challenge

Branded hashtag challenge sejauh ini merupakan pendekatan yang paling popular bagi brand yang ingin melakukan promosi. Hal ini telah dilakukan oleh beberapa brand, seperti Sunsilk dan Universal Studio.

Kampanye ini kurang lebih berisi tantangan untuk membuat video tertentu terkait hashtag yang perusahaan telah tentukan. Untuk melengkapi challenge ini, bisa juga ditambahkan dengan musik atau tarian tertentu yang harus diperagakan kala memenuhi challenge ini.

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25

Brand Takeover Ads

Brand takeover ads pop up akan muncul ketika seseorang membuka aplikasi. Bentuknya berupa video full screen, GIF, atau gambar, serta links menuju external atau internal landing page.

TikTok hanya mengijinkan satu pengiklan untuk format ini setiap harinya, dengan jaminan impressions sebanyak lima juta impressions harian.

In Feed Video Ads

Video ini akan muncul pada feed “For You” . Melalui video ini, kamu juga akan bisa diantarkan menuju external atau internal landing page. Sebagaimana organic content, kamu juga bisa menyukai, mengomentari, serta melihat profil. Konten ini bisa kamu pakai lewat suatu lelang.

Video yang ditampilkan pada in feed video ads sepanjang 10-15 detik.

Maybelline pernah membuat in feed video ads dan mampu mendapatkan like sebanyak 48,7 ribu, serta 3.000 komen dalam satu hari.

Top view Video Ads

apa itu tiktok

Konten ini merupakan gabungan antara brand takeover ads dengan in feed video ads. Diawali dengan brand takeover ads, lantas kemudian akan langsung dilanjutkan dengan in feed video ads. Durasi video ini total adalah 15 menit.

Konten ini belum tersedia di semua negara, jadi pastikan kamu memeriksa ketersediaan konten ini di negaramu ya!

Branded Lenses

Brand bisa bekerjasama dengan TikTok guna menciptakan efek 2D dan 3D yang bisa dicoba dan di share. Sekitar 64 persen pengguna TikTok sendiri telah mencoba efek serta filter. Karena itu, menggunakan branded lenses untuk promosi brandmu bisa dipertimbangkan.

Branded Song

Kamu bisa bekerjasama dengan TikTok guna membuat branded song yang keren untuk produkmu.

Lagu sendiri merupakan bagian tak terpisahkan dari TikTok. Seringkali, sebuah lagu menjadi viral melalui TikTok. Kesempatan yang sama juga mungkin kamu peroleh jika bisa membuat branded song yang bagus.

Kerjasama dengan Influencer

Jangan lupakan fenomena viralnya Step di Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Kekuatan influencer TikTok memang tak perlu diragukan lagi. Temukan influencer yang tepat dan ajak ia kerjasama untuk mempromosikan produkmu.

Kamu juga bisa membaca tips jualan di Tiktok, di sini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts