6 langkah mudah dan cepat membuat aplikasi untuk bisnismembuat

5 Langkah Mudah Membuat Aplikasi Untuk Bisnis

Penggunaan aplikasi kini sangat sering dipergunakan bagi kehidupan sehari-hari. Perangkat lunak ini biasanya digunakan pada handphone ataupun berbagai macam gadget.

Setiap orang yang memiliki gadget terbaru pasti memulai dengan mengunduh aplikasi di gadget.Memiliki aplikasi yang memudahkan kehidupan akan membantu setiap orang untuk membuka berbagai jenis social media ataupun media hiburan lainnya dengan mudah dan cepat.

Berbagai aplikasi yang menarik pun bisa diunduh melalui Google Play Store ataupun Apple Store, tergantung dari bawaan gadget yang dipakai.

Dalam perkembangannya, aplikasi sendiri bisa digunakan dengan koneksi internet atau tanpa internet tergantung pada bawaanya. Hal ini memudahkan pengguna untuk membuka aplikasi meski sedang tidak tersambung dengan internet.

Penggunaanya yang mudah, bisa dipelajari dengan cepat,  serta akses ke berbagai gadget membuat aplikasi mulai dikembangkan banyak orang, mulai dari instansi, kelompok, serta perusahan untuk berbagai macam kebutuhan.

Berikut beberapa kegunaan aplikasi yang biasanya digunakan di kebutuhan sehari-hari.

kegunaan aplikasi untuk bisnis

Kegunaan Aplikasi di Kehidupan Sehari-hari

Keberadaan aplikasi yang mudah diakses melalui handphone membuat sebagian besar orang saat ini memiliki ketergantungan pada berbagai aplikasi yang dimiliki di berbagai gadget. Dimulai dari bangun tidur hingga tidur kembali semuanya bergantung pada aplikasi yang memudahkan hidup.

Tak jarang banyak orang merasa resah dan gelisah ketika gadget yang dimiliki sudah kehabisan memori untuk mengunduh berbagai aplikasi yang ada. Beberapa aplikasi ini terbukti sudah memudahkan hidup banyak orang menjadi lebih mudah dan efektif.

Aplikasi Sebagai Pelepas Suntuk dan Bosan

Banyak orang tentunya membutuhkan berbagai hiburan yang bisa diakses dengan mudah ketika rasa suntuk dan bosan sudah mulai menyapa. Keberadaan handphone dengan berbagai aplikasi yang ada bisa membantu untuk menghilangkan kebosanan.

Salah satu aplikasi yang sering dibuka oleh banyak orang adalah Youtube. Aplikasi streaming musik dan video ini tidak hanya bisa diakses melalui browser melainkan sudah menjadi aplikasi bawaaan handphone yang bisa dibuka dan digunakan oleh banyak orang.

Sekali membuka aplikasi ini, seseorang sudah mendapatkan berbagai rekomendasi video yang ingin dilihat atau bisa menonton video yang sudah disimpan atau diunduh.

Konten yang bermacam-macam dengan durasi yang beragam membuat Youtube sebagai solusi untuk menghilangkan kebosanan dengan mudah.  

Sayangnya aplikasi ini bisa menghabiskan kuota internet dengan cepat saat menonton video dengan durasi panjang dan resolusi yang tinggi. Selain itu, pengguna juga harus waspada dengan berbagai konten kontroversi ataupun hoax yang biasanya berisi informasi yang sesat.

Selanjutnya adalah aplikasi Tiktok dimana pengguna dapat melihat berbagai macam konten video dalam durasi yang singkat. Aplikasi ini diminati banyak orang karena terdapat berbagai macam video sesuai dengan konten yang disukai.

Pada awal membuka aplikasi Tiktok, pengguna akan diberikan rekomendasi video yang mungkin kurang disukai namun hal ini bisa berubah atau berhenti ketika pengguna terus menerus melihat konten Tiktok dengan genre yang disukai.

Sebuah aplikasi juga tidak hanya bisa digunakan untuk mengakses berbagai video melainkan untuk bersosialisai melalui social media. Mengakses social media melalui aplikasi dapat memudahkan pengguna untuk upload video dan gambar bahkan juga membuat dan membalas status.

Salah satu aplikasi yang sering dibuka oleh banyak pengguna adalah Facebook dan Instagram. Biasanya pengguna membuka kedua social media ini saat sedang senggang atau malah menyediakan waktu tersendiri untuk membuka kedua aplikasi tersebut

Banyaknya  pengguna yang membuka kedua social media tersebut membuat banyak gadget menjadikan kedua aplikasi social media tersebut sebagai bawaan di Handphone sehingga pengguna tidak perlu mengunduh lagi.

Mendengarkan musik juga menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan seseorang saat sedang merasa suntuk dan bosan. Irama musik yang menenangkan atau malah membangkitkan semangat menjadikan musik sebagai energi tersendiri.

Beberapa tahun lalu, mendengarkan lagu membutuhkan perjuangan karena harus mencari kemudian mengunduh lagu tersebut di internet. Namun saat ini, pengguna bisa mendengarkan lagu melalui aplikasi musik berlangganan, seperti Spotify ataupun Joox.

Pengguna bisa memilih lagu dari artis yang disukai dengan mudah dan mengunduhnya agar bisa langsung di dengarkan. Aplikasi musik tersebut juga menyediakan konten podcast dimana pengguna bisa mendengarkan obrolan orang lain dengan topik yang menarik.

Media Komunikasi

Beberapa puluh tahun lalu, komunikasi menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, hal ini terjadi karena proses komunikasi melalui surat membutuhkan waktu yanga lama bahkan sering tidak tersampaikan karena surat yang hilang, rusak, dan tercecer.

Namun saat ini, seseorang bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain melalui berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan komunikasi, seperti WhatsApp, Google Mail, dan juga Telegram.

Aplikasi WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi yang sering dikunjung oleh banyak orang. Kemudahan dalam mengirim pesan dan juga berbagai media seperti foto dan video menjadikan aplikasi ini digunakan oleh 2 Miliar pengguna di dunia.

Cara penggunaan WhatsApp pun mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi tersebut di Google Paly Store atau Apple Store maka nomor yang tersimpan di kontak telepon pun akan otomatis tersambung dengan WhatsApp pengguna.

Google pun tidak mau kalah dalam memberikan pelayanan di bidang komunikasi. Hadirnya Google mail di aplikasi memudahkan banyak orang untuk terhubung melalui surat elektronik yang bisa dikases melalui berbagai aplikasi.

Komunikasi via email sendiri biasanya digunakan untuk berbagai urusan penting seperti verifikasi akun social media, mengirim surat lamaran kerja, serta mengirimkan data berupa gambar dan video dalam ukuran besar secara cepat dan mudah.

Dengan hadirnya aplikasi Google Mail di gadget menjadikan seseorang bisa membuka email secara mudah dan tidak memerlukan mesin pencari di internet.

Banyaknya aplikasi komunikasi yang bermunculan menjadikan persaingan semakin ketat. Bahkan beberapa negara menggunakan aplikasi komunikasi khusus, seperti Jepang yang menggunakan Line, Korea dengan KakaoTalk, serta China melalui aplikasi Wechat.

Telegram muncul dengan menawarkan berbagai fitur yang menarik, diantaranya fitur channel dimana seseorang dapat menyebarkan postingannya melalui kanal channel tersebut. Fitur ini juga berguna untuk mempromosikan bisnis dengan mudah dan efektif.

Berbagai aplikasi komunikasi ini  bisa digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai urusan sehingga memudahkan seseorang untuk terhubung satu sama lain dengan mudah dan cepat.

Sebagai Media Edukasi

Perkembangan aplikasi yang cepat tidak hanya memudahkan seseorang untuk mengakses hiburan atau berkomunikasi dengan orang lain. Aplikasi saat ini bisa digunakan sebagai media pendidikan dan pengajaran.

Salah satu aplikasi yang biasanya digunakan pengajar untuk proses belajar mengajar adalah GoogleForm. Website besutan Google ini berguna untuk membuat kuisioner untuk menanyakan pendapat atau mengirim soal yang bisa dikerjakan oleh pelajar.

Tidak hanya itu, pendidik juga bisa menggunakan aplikasi power point guna memudahkan dalam proses belajar mengajar sehingga materi pelajaran bisa lebih mudah dipahami.

Beberapa Startup yang bergerak di bidang pendidikan juga menggunakan berbagai aplikasi untuk mengembangkan produknya. Penggunaan aplikasi juga memudahkan konsumen yang sebagian besar pelajar untuk mengakses berbagai materi pelajaran dan soal untuk belajar.

Tempat Konsultasi Kesehatan

Beberapa tahun lalu, seseorang yang sakit harus menemui dokter secara langsung, hal ini tentunya memakan banyak waktu ditambah lagi harus merasa kesakitan selama mengantri.

Namun dengan berkembangnya berbagai perusahaan di bidang konsultasi kesehatan, saat ini bermunculan juga aplikasi Halodoc dimana pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan dokter ahlinya melalui chat dan akan diberikan rekomenadi obat yang bisa dibayar di apotek terdekat.

kegunaan memiliki aplikasi untuk bisnis

Kegunaan Memiliki Aplikasi Untuk Bisnis

Selain berguna untuk memudahkan hidup manusia melalui berbagai aplikasi yang ada. Saat ini banyak perusahaan yang melirik penggunaan aplikasi untuk kelancaran bisnis dan promosi.

Mempermudah Pekerjaan

Pekerjaan menghitung dan juga menulisakan surat perjanjin ataupun berkas perusahaan biasanya menjadi hal yang memberatkan.

Hal ini karena dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam menghitung angka atau uang yang dimiliki dengan kalkulator atau mengetik melalui mesin tik. Melakukan pekerjaan menghitung secara manual menimbulkan resiko hilangnya berkas lebih besar.

Akan tetapi, berbagai pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dengan mudah melalui berbagai software dan aplikasi yang diluncurkan Microsoft, diantaranya adalah Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Microsoft Word memiliki kegunaan untuk menulis berbagai berkas ataupun surat melalui handphone atau laptop. Pengguna juga bisa melihat file microsoft word melalui handphone sehingga tidak perlu menggunakan laptop. Kemudahan ini bisa untuk memudahkan waktu dan tenaga.

Selain itu proses penghitungan keuangan serta data penjualan pun bisa lebih mudah dilakukan dengan software dan aplikasi Microsoft Excel. Pengguna bisa menghitung data dengan cepat melalui berbagai formula yang ada sehingga pekerjaan lebih mudah diselesaikan.

Promosi Mudah dengan Desain yang Menarik

Dalam proses promosi tentunya dibutuhkan desain yang unik dan menarik agar lebih banyak orang yang tertarik untuk mengetahui produk yang ditawarkan.

Proses desain tersebut kini bisa dilakukan dengan mudah melalui handphone dengan berbagai aplikais yang ada di Google Play Store atau Apple Store.

Salah satu aplikasi yang biasanya digunakan oleh para desainer dan bisa diakses di Handphone adalah Canva. Melalui aplikasi ini pengguna bisa membuat desain produk dengan mudah serta membuat desain poster, flyer, atau banner untuk promosi tempat jualan.

Selain itu, Canva juga bisa diakses melalui laptop guna memudahkan dalam desain gambar yang lebih mudah.

Sayangnya ada beberapa fitur Canva yang harus dibuka dengan fitur berbayar namun dengan fitur gratis pun pengguna bisa menghasilkan desain yang menarik minat pelanggan.

Mempermudah Proses Transaksi

Sebagian besar bank saat ini menggunakan aplikasi guna memudahkan pelanggan melakukan proses transaksi yang mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini memudahkan perusahaan ataupun pedagang dalam mengecek proses transaksi yang keluar masuk.

Penggunaan aplikasi banking sendiri biasanya diaktifkan melalui teller bank di cabang terdekat namun banyak juga bank yang memudahkan konsumennya dengan verifikasi langsung melalui handphone tanpa perlu datang ke bank terdekat.

Proses Jual Beli dengan Pelanggan

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan juga membangun aplikasi sendiri untuk pengguna guna memudahkan proses pembayaran produk sehingga konsumen cukup masuk ke fitur bayar guna memilih transaksi yang dipilih.

Aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan juga terkadang menyediakan berbagai promo tertentu sehingga menarik minat konsumen untuk mengunduh dan melakukan transaksi di aplikasi tersebut.

Perusahaan bisa mengembangkan aplikasi jual beli dengan memberikan berbagai konten yang menarik dan berkaitan dengan produk yang ditawarkan sehingga konsumen akan terus membuka aplikasi tersebut untuk menunggu konten terbaru dan tidak hanya membukanya saat membeli barang.

Sebagai Tempat Pemasaran

Banyak pelanggan atau konsumen yang mengunduh aplikasi jual beli perusahaan tertentu untuk memperoleh diskon kemudian menghapusnya apabila sudah tidak menggunakannya.

Hal ini karena konsumen takut memori penyimpanannya terbuang dan hanya membutuhkan saat melakukan proses jual beli. Padahal perusahaan bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai branding dan juga tempat pemasaran yang baik.

Guna mengatasi hal itu, pelanggan bisa mengembangkan berbagai macam konten berupa artikel, foto, dan video yang hanya bsia diakses di aplikasi terserbut. Tujuannya agar pengguna membuka aplikasi tersebut terus menerus sehingga bisa digunakan untuk promosi dengan baik.

Branding Bisnis

Sebuah perusahaan yang memiliki aplikasi tentunya memiliki pandangan yang lebih baik di mata pelanggan. Hal ini dikarenakan perusahaan terlihat lebih profesional dalam mengembangkan bisnisnya.

Pembuatan aplikasi juga harus dipikirkan secara matang agar bisa bertahan lama dan bisa dimanfaatkan oleh pelanggan sehingga bisa menjadi branding bisnis yang baik untuk jangka panjang.

Mudah Digunakan oleh Pelanggan

Sebuah aplikasi yang bisa diakses secara mudah di genggaman tangan tentunya akan menjadkan senang dan terus menggunakan produk tersebut karena kemudahan dalam membeli di aplikasi perusahaan dibandingkan membeli di tempat lain.

Dalam pengembangan aplikasi, sebuah perusahaan juga harus memerhatikan apakah aplikasi yang dimiliki sudah user friendly sehingga bisa digunakan semua kalangan.

Ketahui juga apakah pengukuran font, gambar, dan berbagai fitur bisa dilihat jelas oleh pelanggan sehingga bisa digunakan dengan mudah.

tools yang dibutuhkan

Tools yang Dibutuhkan

Aplikasi yang memiliki berbagai macam fitur yang menarik tentunya dibangun dengan berbagai tools yang mumpuni. Dengan begitu hasilnya pun akan lebih maksimal. Beberapa tools yang bisa digunakan dalam membuat aplikasi adalah sebagai berikut.

Android Studio

Saat ini banyak sekali yang menggunakan handphone dengan basis Android untuk kegiatan sehari-hari. Selain murah dan digunakan dimana saja, handphone dengan bawaan Android juga mudah dipelajari oleh semua kalangan.

Guna membuat sebuah aplikasi android dibutuhkan sebuah software khusus bernama Android Studio.

Kemudahan yang di dapatkan dalam membuat aplikasi menggunakan software Android Studio adalah memiliki banyak tools yang mudah dipahami dan digunakan, pengujian aplikasi yang sudah dibuat, serta menghemat waktu kerja.

Penggunaan Android Studio juga berguna untuk memperdalam ilmu coding guna membuat aplkasi yang lebih baik.

Kemudahan dalam membuat aplikasi yang ditawarkan oleh Android Studio adalah pengguna tinggal menulis, mengedit, menyimpan, dan mengetes project aplikasi beserta file lainnya.

Pengguna juga diberikan kemudahan untuk mengakses Andorid Software Development Kit guna mengaktifkan kode Java sehingga aplikasi dapat berjalan di handphone bawaan Android.

Software ini bisa diunduh melalui web resmi Android Studio. Jangan lupa juga untuk mengunduh Java Development Kit agar pembuatan aplikasi menjadi lebih mudah.

Laptop yang Mumpuni

Peralatan selanjutnya yang harus dipersiapkan dalam membuat aplikasi berbasis Android adalah laptop yang mumpuni. Hal ini dikarenakan sebuah aplikasi hanya bisa dikembangkan dengan berbagai software di laptop.

Salah satu spek yang harus dimiliki sebuah laptop agar dapat membuat aplikasi adalah memiliki ruang penyimpanan sebesar RAM 8 Gb. Hal ini dikarenakan software-software pengembangan aplkasi membutuhkan memori yang cukup besar.

Perhatikan juga kondisi laptop yang lain seperti resolusi layar minimal 1280-800 guna melihat hasil dari aplikasi yang lebih baik. daya tahan baterai sehingga tidak mengganggu saat proses pembuatan aplikasi yang tentunya berlangsung sangat lama.

Bahasa Pemrograman

Guna berkomunikasi dengan orang lain tentunya dibutuhkan sebuah bahasa yang dapat membantu untuk melancarkan  komunikasi. Begitu juga dengan berbagai aplikasi yang tersedia saat ini membutuhkan bahasa pemrograman untuk menjalankan sistemnya.

Sama seperti kita yang menggunakan berbagai macam bahasa yang berbeda, sebuah software dan aplikasi juga memiliki berbagai macam bahasa pemrograman dengan kegunaan dan fungsi yang berbeda.

Tidak hanya itu, bahasa pemrograman juga memiliki fungsi lain sebagai media pengembangan sistem sehingga dapat membentuk berbagai aplikasi yang dapat membuat hidup manusaia menjadi lebih mudah.

Secara umum, terdapat berbagai macam bahasa pemrograman. Beberapa bahasa tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah : Object oriendted language, high level language, middle level language, dan juga low level language.

Dalam pembuatan aplikasi android sendiri ada beberapa bahasa yang bisa digunakan, diantaranya adalah Java Script, Phyton, dan Java.

Akan tetapi, disarankan bagi pemula disarankan untuk menggunakan bahasa pemrograman Java yang lebih mudah dan digunkan oleh banyak pengembangan Android.

cara mudah dan cepat membuat aplikasi android

Cara Mudah Membuat Aplikasi Andorid

Persiapan yang matang dalam membuat aplikasi tentunya harus dieksekusi secepat mungkin agar aplikasi yang diinginkan bisa terwujud dan dapat digunakan dalam menjalankan bisnis yang dimiliki, Berikut beberapa langkah mudah dan cepat dalam membuat aplikasi Android.

Install Android Studio

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh software Android Studio melalui webiste resminya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perangkat lunak ini berguna untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android yang diinginkan oleh pengguna.

Dalam proses instal ini, dibutuhkan laptop dengan penyimpanan yang memadai agar software bisa terinstal dan dijalankan di laptop. Pengguna juga harus mengunduh file Android Studio untuk menggunakan berbagai fitur yang digunakan kemudian pilih DOWNLOAD ANDROID STUDIO.

Selanjutnya software sudah siap dan pengguna bisa melanjutkan dengan menekan tombol NEXT. Jangan lupa untuk memiliih komponen tambahan untuk Android Studio berupa AVD (Android Virtual Device) yang berguna untuk konfigurasi perangkat dengan emulator Android.

Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih dan kemudian pilih tombol NEXT. Jangan lupa juga untuk menentukan lokasi install  Android Studio di laptop dan klik tombol NEXT untuk melanjutkan ke langkat berikutnya.

Jangan lupa untuk mengganti nama aplikasi yang akan dikembangkan sehingga pengguna tidak lupa dan lebih mudah saat melanjutkan pekerjaan dalam membuat aplikasi. Selanjunya proses instalasi Android Studio akan berjalan dan tunggulah hingga selesai.

Langkah selanjutnya yang mesti dilakukan adalah mengunduk SDK Andorid Studio untuk membuat aplikasi pada platform tertentu. Pastikan juga perangkat terhubung ke internet untuk melancarkan proses pengunduhan software.

Setelah SDK Install Studio berhasil diunduh saatnya untuk memilih tipe instalasi yang bisa dipilih oleh pengguna.

Tipe standard dimana pengguna mendapatkan default pengaturan dan instalasi tambahan dari android studio serta custom dimana pengguna dapat memilih beberapa pengaturan dan komponen yang diperlukan.

Pengguna juga bisa memilih tampilan Android Studio sesuai dengan keinginan, yaitu Dracula untuk warna hitam dan juga Light untuk warna putih. Pemilihan RAM juga penting untuk memperlancar kerja Emulator yang dibuat, pilihlah ukuran 4Gb agar tidak memperlambat proses kinerja.

Selanjutnya pengguna akan diperlihatkan mengenai komponen tambahan beserta ukuran filenya, pilih tombol Finish untuk menyelesaikannya. Setelahnya proses pengunduhan dan Install SDK Android Studio akan berlangsung dan pengguna bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Membuat Interface

Setelah mengunduh berbagai software yang membantu untuk pembuatan aplikasi android, selanjutnya pengguna bisa membuat Interface.

Hal ini dilaukan untuk membentuk desain visual, interaksi, dan juga informasi. Interface sendiri terdiri dari dua kategori, yakni view dan view group.

View sendiri adalah komponen layar dimana pengguna dapat berinteraksi langsung. Di view sendiri terdapat empat komponen utama yaitu : text view, image view, list view, dan juga grid view.

Text view berguna untuk tampilan teks ke layar, image view untuk menampilkan gambar, list view sebagai tampilan informasi dalam bentuk list, serta Grid View untuk menampilkan infrormasi berupa grid.

Selain fitur view, pengguna juga akan menemukan view group yang berguna untuk membentuk tampilan aplikasi yang utuh. Beberapa komponen yang dapat ditemukan diantaranya adalah Linear layout, frame layout, relative layout, dan juga table layout.

Liner layout berfungsi untuk menampilkan komponen secara vertikal dan horizontal, sedangkan frame layout memiliki fungsi untuk membangun komponen menjadi saling tumpuk sehingga komponen pertama akan menjadi tumpun bagi atasnya.

Tak hanya itu relative layout mmeiliki kebebasan dalam relatif layout lainnya. Selain itu ada table layout yang terdiri dari baris dan kolom.

Request Data Adapter

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan setelah mengatur interface adalah meminta data adapter. Hal ini berguna untuk pengaturan tampilan data pada list view. Data adapter sendiri akan bekerja dengan menyediakan akses ke data per item serta bertanggung jawab untuk membuat sebuah View pada item tersebut.

Tampilkan Data Melalui Recycler View

Berubahnya perkembangan dalam pembuatan aplikasi membuat fungsi dari List View diperbarui menjadi Recycler View. Fitur ini berguna untuk menampilkan data secara efisien dalam jumlah besar.

Hal ini akan membantu pengguna untuk mengoleksi berbagai data elemen yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Kumpulkan Database Melalui Dataset

Di dalam pembuatan aplikasi tentunya dibutuhkan berbagai data sebagai komponen yang ingin ditampilkan di aplikasi. Beberapa kumpulan tersebut bisa berbentuk array, list, atau object map.

Disaat membuat aplikasi yang menarik dan berguna untuk konsumen, pengguna dapat menyiapkan database dalam jumlah besar menggunakan VPS yang tersedia di berbagai jasa hosting.

kesimpulan

Kesimpulan

Pentingnya sebuah aplikasi dalam berbagai kebutuhan saat ini menjadikan banyak perusahaan mencari orang yang berpengalaman dan kompeten dalam membuat aplikasi.

Karenanya mengembangkan diri dan kemampuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi menjadi nilai tambah apabila ingin memulai karir di bidang pembuatan aplikasi.

Seseorang yang sudah mahir dalam membuat aplikasi juga dapat mencari kerja dengan mudah dimulai dengan mendaftar di berbagai job portal seperti Jobstreet serta membangun portofolio yang menarik.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.