fakta fakta tiktok

Tiktok Rilis Tiktok Story, Kenali Fitur dan Penggunannya

Kenali fitur tiktok story yang baru saja dirilis dan ketahui lebih dalam mengenai keuntungan dan juga fitur yang disediakan.

Tiktok mulai meluncurkan fitur terbaru dengan nama tiktok story, dimana penggunanya bisa menyebarkan variasi konten kreatif di platform satu ini.

Sama seperti fitur story di Facebook atau Instagram, layanan tiktok story ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten dengan durasi singkat dan penayanga dalam waktu satu hari.

Fitur tiktok story pun belum banyak diketahui oleh pengguna tiktok lainnya namun tentunya layanan ini tentunya menjadi peluang bagus untuk cara berkomunikasi dengan komunitas yang dimiliki.

Layanan tiktok story tentunya bukan hal baru di social media mengigat banyaknya platform lain yang sudah menggunakan fitur ini namun tiktok story tetap dirilis sebagai gaya baru untuk pengalaman menggunakan tiktok yang lebih keren.

Meskipun begitu, sebenarnya apa saja kelebihan dari tiktok story dibandingkan fitur story di social media lain?

Perbedaan besarnya adalah pengguna tiktok bisa mengomentari postingan story tersebut dan juga bisa melihat seberapa banyak penonton yang telah melihat tiktok story yang telah diunggah.

Salah satu contohnya adalah ketika pengguna tiktok mengomentari sebuah postingan tiktok story maka komentar tersebut akan dipajang di tiktok story sendiri sehingga tidak mengarah pada direct message tiktok.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk melihat siapa saja yang telah menonton unggahan tiktok story dan isi komentarnya tanpa perlu melihat ke direct message terlebih dahulu.

Layanan ini tentunya dapat meminimalkan hate speech yang di dapatkan oleh pengguna tiktok ketika mengunggah sebuah konten tiktok story.

Perbedaan besar inilah yang nantinya akan menjadi pembuka jalan bagi kreator atau influencer untuk mendapatkan engagement yang lebih terbuka dan komunikasi dua arah melalui tiktok story.

Berbeda dengan Instagram story yang akan muncul di bagian atas timeline penggunanya dan hanya menampilkan unggahan dari teman terdekat, fitur tiktok story ini akan muncul di akun pengguna tiktok.

Sehingga pengguna tiktok akan melihat unggahan tiktok story dari akun kreator lain yang sesuai dengan minat komunitas yang telah diikuti.

Postingan konten tiktok story juga telah diberikan tanda tersendiri sehingga penonton bisa mengetahui konten apa saja yang telah dilihat.

Menariknya lagi, fitur tiktok story ini belum memiliki nama resmi namun Tiktok mempertimbangkan memberikan nama Quick untuk membedakan konten tiktok story saat diunggah.

Fitur tiktok story yang baru saja di rilis ini tentunya memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna tiktok lain atau komunitas yang dikembangkan.

kegunaan tiktok shop

Kegunaan Fitur Tiktok Story

Hadirnya tiktok story tentunya bisa menjadi peluang baru bagi sebuah brand untuk mengembangkan engagement dan juga membangun komunitas yang dimiliki.

Hal ini tentunya berguna bagi kreator untuk meningkatkan interaksi dengan komunitas yang dimiliki dibandingkan hanya terus menerus mencari audience baru melalui konten unggahan yang viral.

Konten tiktok story yang hanya terbatas selama 24 jam ini tentunya akan membuat pengguna tiktok mengikuti kreator yang memiliki video tiktok story yang unik sehingga tidak ketinggalan berbagai unggahan tiktok story.

Strategi tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan pengikut baru yang lebih banyak sehingga meningkatkan engagemnt dan jumlah komunitas yang dimiiki.

Pengguna tiktok juga bisa mengembangkan konten tiktok story menjadi beberapa video singkat menarik, diantaranya:

Behind the Scene Content

Bagi pengguna setia sebuah brand tentunya akan selalu penasaran mengenai produk yang akan dipasarkan atau campaign yang akan diadakan oleh suatu brand tertentu.

Tak heran jika seorang penggua setia biasanya mengikuti berbagai social media dari brand tertentu agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari brand kesayangan.

Nah hadirnya tiktok sebagai platform baru untuk promosi tentunya bisa menjadi alternatif baru untuk mendekatkan diri anda dengan konsumen yang dimiliki atau menemukan pelanggan baru yang bisa ditemukan melalui tiktok.

Apalagi saat ini tiktok mengeluarkan fitur baru yakni tiktok story dimana penggunanya bisa mengunggah video singkat dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun durasi penayangannya singkat namun konten tiktok story ini cocok untuk mengembangkan konten yang dapat mendekatkan diri anda dengan konsumen yang dimiliki.

Salah satu konten yang bisa dikembangkan di tiktok story adalah video singkat behind the scene dimana penonton bisa melihat aktivitas promosi produk yang ada di belakang layar.

Durasi yang pendek ini tentunya mampu meningkatkan rasa penasaran penonton untuk mengetahui produk apa saja yang sedang dikembangkan atau campaign yang akan dirllis ke depannya.

Apalagi jika anda sedang bekerja sama dengan influencer tertentu tentunya kreator bisa membuat spoiler mengenai konten kolaborasi yang akan dibuat sehingga memunculkan hype konsumen untuk menunggu konten yang akan dirilis.

QnA

Salah satu jenis interaksi yang disukai oleh penggemar dan mampu meningkatkan engagement adalah konten QnA.

Melalui konten ini pengguna bisa menanyakan berbagai hal pribadi yang berkaitan dengan kreator tertentu.

Fitur QnA ini juga biasa digunakan oleh influencer di instagram untuk menjawab pertanyaan penggemarnya melalui kolom QnA yang diunggah.

Sebelum adanya fitur tiktok story tentunya kreator kesulitan menjawab pertanyaa satu persatu melalui konten video karena durasi video tiktok yang terlalu panjang untuk membuat sebuah konten tanya jawab.

Namun dengan hadirnya tiktok story kini influencer bisa menjawab berbagai pertanyaan penonton atau pengikutnya secara singkat dan bebas melakukan spam karena video tiktok story akan terunggah melalui akun yang dimiliki.

Melakukan sesi tanya jawab yang sering tentunya akan membantu kreator untuk meningkatkan engagement dengan mudah sehingga dapat meningkatkan skor algoritma tiktok yang dimiliki.

Agar sesi tanya jawab semakin sukses dengan banyaknya peminat maka kreator bisa mengadakan sesi tanya jawab di waktu aktif konsumen sehingga konten anda bisa banyak dilihat oleh pengikut yang dimiliki.

Kreator juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer lain saat membuka sesi tanya jawab agar peminatnya semakin banyak dan juga meramaikan sesi tanya jawab yang dimiliki.

Konten tanya jawab ini juga cocok bagi brand yang memiliki konsumen di tiktok sehingga pembeli bisa menanyakan mengenai detail barang yang dipasarkan dan menjadi edukasi bagi pengikut yang lain.

Tiktok Story Activities

Tidak hanya konten QnA yang banyak diguakan oleh influencer di instagram namun biasanya mereka membuat konten story yang menceritakan keseharian mereka melalui video singkat.

Penggunaan fitur story untuk menceritakan keseharian seseorang tentunya lebih efektif karena pengguna tidak memerlukan banyak waktu untuk mengedit konten story yang akan diunggah.

Konten daily life ini tentunya bisa digunakan oleh kreator atau influencer yang ada di tiktok untuk menceritakan kesharian secara singkat sehingga pengikut anda bisa mengetahui aktivitas dari kreator atau influencer kesayangan.

Agar penonton tidak bosan melihat konten daily life yang diunggah maka kreator bisa mengkreasikannya dengan dokumentasi singkat saat pergi ke tempat baru sambil melakukan ulasan mengenai tempat yang dikunjungi.

Konten daily life juga cocok bagi akun bisnis yakni dengan memperlihatkan keseharian karyawannya dalam bekerja dan mengembangkan produk yang dimiliki.

Kreator juga bisa memperlihatkan secara singkat event atau acara yang diadakan sebelum mengunggahnya di akun tiktok yang dimiliki.

Spoiler dalam durasi pendek ini tentunya akan membuat pengikut anda penasaran dengan event yang diadakan sehingga akan menungggu konten yang akan diunggah

Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan engagement secara cepat berkat adanya bocoran yang disiarkan melalui konten tiktok story.

Kode Promo

Ingin memberikan apresiasi ke pengguna tiktok yang dimiliki melalui event terbatas? maka pengguna bisa menggunakan fitur tiktok story untuk menyebarkan kode promo tertentu.

Dengan menyebarkan kode promo di konten tiktok story tentunya hanya pengikut tertentu saja yang dapat melihat kode promo tersebut dan tidak tersebar ke pengguna tiktok lainnya.

Strategi ini juga cocok apabila ingin mengadakan campaign yang hanya dilakukan kepada pengikut yang dimiliki sehingga meningkatkan loyalitas dan royalitas konsumen kepada brand anda.

Tak hanya itu dengan menyebarkan konten promosi melalui tiktok story tentunya akan membantu meningkatkan pengikut anda karena pengguna yang tidak mengikuti anda akan menjadi followers untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai konten promosi yang diunggah.

Kreator juga bisa menyebarkan kode promosi di hari-hari tertentu secara rutin sehingga pengikut anda mengetahui jadwal yang tetap untuk mendapatkan kode promosi tersebut.

Pengguna juga bisa membagikan kode promo di tiktok story pada saat masa promosi produk tertentu sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Pastikan juga untuk mengecek antusiasme dari pengikut anda dengan cara memberikan pengumuman sebelumnya atau membuat countdown sebelum kode promosi dibagikan.

Semakin banyak pengikut yang penasaran dan tidak sabar dengan konten tiktok story anda dengan cara bertanya melalui kolom komentar meraka maka bisa menjadi parameter kesuksesan promosi yang diadakan.

Tips and Tutorials

Saat melihat konten story dari influencers kesayangan tidak jarang anda akan menemukan berbagai konten tips atau tutorial yang disebarkan melalui video pendek.

Pengguna tiktok pun bisa membuat konten tips atau tutorial melalui video tiktok story sehingga menjadi variasi dari konten yang diunggah.

Konten story yang biasanya diunggah dalam jumlah banyak tentunya akan membuat pengikut anda penasaran serta menunggu tiktok story yang diunggah sehingga membantu untuk meningkatkan engagement pada tiktok story tersebut.

Agar konten tutorial yang diunggah semakin menarik dan mendapatkan perhatian pengguna maka anda bisa melihat dulu masalah atau trend apa saja yang banyak diperbincangkan oleh konsumen atau komunitas anda.

Jika anda sudah mengetahui masalah yang dibicarakan maka anda bisa mengembangkannya dengan membuat konten tips atau tutorial yang diinginkan oleh konsumen.

Selain itu, kreator juga bisa meminta saran konten tips yang ingin dibahas melalui konten story yang diunggah.

Semakin banyak jawaban yang diperoleh maka bisa dijadikan pertimbangan untuk konten story berikutnya sehingga kreator tidak kehabisan ide dalam mencari konten yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Anda juga bisa menambahkan lagu atau efek lain di konten story anda sehingga penonton tidak bosan saat melihat konten yang diunggah dan menjadi hiburan tersendiri.

Jangan lupa juga untuk meminta feedback dan ulasan dari konsumen untuk mengetahui apakah konten yang diunggah disukai oleh konsumen dan perlu diperbaiki lagi.

Jika konten story yang diunggah dirasa bagus dan bermanfaat bagi konsumen maka mereka akan mencobanya sendiri dan memberikan ulasan melalui konten video tiktok di akun mereka.

Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi anda karena konten anda bisa lebih mudah tersebar ke pengguna tiktok lainnya apalagi jika tips yang disajikan viral dan dibuat oleh pengguna tiktok lainnya.

Pengumuman

Tidak hanya menyebarkan konten promo di konten story atau mengunggah konten tips dan tutorial di akun yang dimiliki namun pengguna juga bisa menyebarkan pengumuman singkat di konten story.

Pengumuman yang tentunya bersifat sementara ini tentunya lebih cocok apabila diunggah di konten story yang akan menghilang dalam jangka waktu tertentu dibandingkan diunggah di konten video yang bisa tersimpan dalam jangka waktu lama.

Menyebarkan pengumuman melalui konten story juga membantu pengikut anda untuk melihat informasi yang penting sehingga tidak tenggelam saat melihat konten tiktok yang lain.

Beberapa pengumuman yang bisa disebarkan adalah promosi produk tertentu, promo potongan harga, atau perilisan produk terbaru.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa merilis pengumuman berupa hitung mundur yang bisa diulang keesokan harinya.

Stretegi ini dinilai lebih kreatif dan lebih mudah dibandingkan harus mengunggah konten video di tiktok dalam durasi yang pendek.

Sayangnya, fitur story di tiktok ini belum memiliki layanan highlight sehingga kreator tidak bisa menyimpan video story yang diunggah dalam jangka waktu lama seperti yang biasa dilakukan oleh influencer di Instagram.

Fitur Tiktok Story

Meskipun fitur story baru diluncurkan beberapa hari ini di Indonesia namun berbagai layanan untuk membuat konten story lebih estetik bisa ditemukan di fitur ini.

Pada dasarnya layanan di story ini memiliki kesamaan dengan konten video tiktok seperti adanya layanan pengeditan, pemilihan lagu dan suara, serta penambahan caption yang memudahkan penonton untuk mengerti isi dari story yang dibuat.

Namun untuk mengenali berbagai fitur yang ada di tiktok story berikut beberapa layanan yang bisa ditemukan untuk membuat konten story menjadi lebih menarik.

Fitur Foto

Berbeda dengan konten video dimana pengguna hanya bisa merekam video atau mengunggah video di galeri, kini kreator bisa mengunggah foto ke fitur story ini.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk memberikan informasi berupa gambar atau foto kepada pengikutnya.

Selain itu, kreator yang mengelola akun bisnis perusahaan juga bisa mengunggah foto produk secara mudah dan dalam jumlah banyak. Hal ini tentunya tidak bisa pengguna lakukan apabila menggunakan fitur tiktok lainnya.

Kreator sendiri juga bisa mengambil foto dari konten story serta menambahkan stiker atau filter untuk mempercantik foto atau membuat tampilan foto menjadi lebih menarik.

Durasi Video

Berbeda dengan konten video tiktok dimana penggunanya bisa mengunggah video dalam durasi maksimal 3 menit, kreator bisa mengunggah video dengan durasi lebih pendek yakni 15 detik.

Durasi yang singkat ini tentunya cocok bagi kreator yang ingin melakukan sesi tanya jawab dengan pengikutnya sehingga dala satu story bisa fokus ke satu pertanyaan yang diajukan.

Tak hanya itu, durasi pendek ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan video dalam bentuk GIF untuk mengumumkan promosi event tertentu atau perilisan produk dalam jangka waktu dekat.

Kreator juga bisa mengedit terlebih dahulu video yang akan diunggah sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan.

penambahan musik

Penambahan Musik

Adanya tambahan lagu atau suara tentunya menjadi kekuatan dari konten tiktok dibandingkan platform lainnya yang membuat video dari tiktok banyak digandrungi oleh pengguna lain.

Penggunaan lagu dan juga suara yang sedang viral juga dapat membantu menaikkan konten yang dibuat sehingga dapat menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas.

Karenanya agar konten story menjadi lebih menarik maka kreator bisa menambahkan lagu ke video singkat yang akan diunggah.

Sayangnya pemilihan lagu di konten story masih sedikit yakni lagu yang disarankan dan juga suara yang menjadi favorit kreator.

Karenanya untuk menambahkan lagu atau suara lain maka pengguna bisa menambahkan lagu atau suara yang diinginkan ke menu favorit terlebih dahulu.

Meskipun begitu, pengguna masih bisa memotong lagu agar dapat memilih lirik yang sesuai dengan konten yang diunggah.

pengaturan privasi

Pengaturan Privasi

Saat mengunggah konten tertentu di tiktok terkadang seseorang hanya ingin membagianya ke teman terdekat namun hal ini belum bisa dilakukan karena tidak adanya pengaturan privasi.

Untung saja saat ini layanan story di tiktok bisa digunakan untuk membagikan konten kepada orang tertentu.

Kreator bisa memilih untuk membagikan konten tersebut ke pengikut yang dimiliki, teman yang sudah anda ikuti, dan membagikan konten kepada diri sendiri.

Tak hanya itu pengguna juga bisa memberikan izin kepada penonton anda untuk memberikan komentar atau tidak sama sekali sesuai dengan keinginan.

stiker tiktok story

Stiker

Saat mengunggah konten story tentunya kreator menginginkan kontennya menarik sehingga bisa dilihat lebih banyak orang.

Tentunya kreator bisa menambahkan stiker yang tidak hanya menarik namun juga bisa meningkatkan interaksi anda dengan pengikut yang dimiliki.

Beberapa stiker yang disediakan oleh tiktok adalah polling dimana kreator bisa mengumpulkan pendapat dari pengikutnya dengan memberikan pilihan terlebih dahulu.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan sesi tanya jawab lebih mudah dengan menggunakan stiker Tanya atau Jawab yang diambil dari konten yang diunggah di tiktok.

Kreator juga bisa menambahkan stiker emoticon yang dapat membantu untuk mengekspresikan konten yang diunggah.

Penambahan Teks

Fitur story sendiri tidak seperti konten video yang memiliki kolom untuk menuliskan caption yang dapat membantu untuk menjelaskan isi dari video.

Namun kreator tidak perlu khawatir karena terdapat fitur teks dimana kreator bisa menuliskan maksud dari konten story yang diunggah.

Tidak adanya kolom yang terpisah ini kreator mau tak mau harus membuat isi caption yang singkat dan padat agar tidak menggangu isi dari story yang diunggah.

Kreator sendiri juga diberikan pilihan font dan juga warna yang dapat dipilih sesuai keinginan agar tulisan tidak menyatu dengan gambar dan agar mudah dilihat oleh pengikut anda.

cara mengakses fitur tiktok

Cara Menggunakan Tiktok Story

Fitur baru dari tiktok ini tentunya menarik perhatian banyak penggunanya untuk menggunakannya sebagai media interaksi dengan pengikut agar lebih intens dan juga mendekatkan diri secara mudah.

Layanan ini pun bisa anda gunakan dengan mudah dan cepat sehingga bisa mengunggah konten yang diinginkan.

Berikut tutorial membuat konten story di tiktok dan menggunakan berbagai fiturnya:

  • Pertama, masuk ke akun tiktok yang anda miliki dan pastikan sudah login terlebih dahulu
  • Kedua, klik ikon + yang ada di tengah dan pengguna bisa menemukan fitur story yang dinamakan dengan kolom cepat
  • Ketiga, kreator bisa memulai untuk mengunggah foto atau video yang telah disiapkan dari galeri atau memotret dan merekam konten yang diinginkan tentunya sesuai dengan durasi yang ditetapkan oleh tiktok story.
  • Keempat, pengguna juga bisa mengedit konten terlebih dahulu dengan menambahkan filter atau mempercantik video. Anda juga bisa menjawab pertanyaan dari pengikut anda dengan menggunakan fitur jawab.
  • Kelima, jika konten yang dipilih sudah selesai direkam maka bisa klik ke ikon posting story untuk mengunggah konten story yang diinginkan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.