kenapa harus ganti username facebook

Kenapa Harus Ganti Username Facebook Sebelum Mulai Bisnis

Promosi melalui social media seperti Facebook atau Instagram menjadi salah satu hal yang jamak dilakukan oleh banyak pedagang.

Selain mudah dan murah, social meda juga memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk promosi produk yang dimiliki sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Sayangnya masih banyak penjual yang salah strategi dalam promosi di Facebook salah satunya adalah dengan menggunakan akun pribadi yang dimiliki untuk promosi bisnis.

Padahal Facebook sendiri sudah menyediakan fitur Fanspage yang berguna untuk mempromosikan bsinis anda dengan berbagai fasilitas yang tidak dimiliki di Facebook Pribadi.

Tak hanya itu, dengan menggunakan Facebook fanspage juga membuat bisnis anda terlihat lebih profesional sehingga mampu menjangkau konsumen yang sebelumnya tidak mengenal produk anda.

Cara membuat Facebook Fanspage pun cukup mudah, pengguna tinggal mengubah akun Facebook pribadi yang dimiliki ke akun Facebook Fanspage.

Sebelum itu, jangan lupa juga untuk mengganti username Facebook Pribadi anda ke Facebook fanspage sebagai branding bisnis di social media.

Karenanya agar lebih mudah mengganti username Facebook berikut tutorialnya secara mudah dan cepat dan juga keuntungan mengguankan Facebook untuk promosi:

keuntungan facebook untuk promosi

Keuntungan Facebook Untuk Promosi

Banyaknya pengguna Facebook dari beragam usia dan gender menjadikan social media ini cocok digunakan sebagai tempat promosi bagi pebisnis pemula.

Tak hanya itu, adanya berbagai fitur di konten yang dimiliki juga membantu membuat produk yang dimiliki terlihat keren dan estetik saat dipromosikan di akun Facebook yang dimiliki.

Karenanya ketahui dulu keuntungan dalam menggunakan akun fanspage Facebook untuk promosi.

Promosikan Produk dengan Iklan Berbayar

Sebagai penjual yang baru memulai bisnisnya, menjadi hal yang wajar untuk mencari leads yang tepat sebelum menjadi konsumen dan pelanggan setia.

Tidak hanya mempromosikan produk anda ke kenalan, teman, atau bahkan saudara, anda bahkan bisa menyebarkan produk anda secara luas kepada konsumen melalui iklan berbayar.

Fasilitas yang kini dimiliki oleh banyak social media ini terbukti mampu membantu penjual mendapatkan konsumen dengan mengiklankan produknya melalui iklan berbayar.

Tak hanya itu, dengan adanya Facebook Ads pengguna juga bisa menjangkau konsumen yang sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelum memasang iklan anda di social media.

Pemasaran yang lebih fokus ini bisa berupa gender yang dipilih, range usia, daerah yang dituju serta frekuensi iklannya bahkan jumlah kosnumen yang dituju setiap harinya.

Dengan adanya target pemasaran ini juga membantu pengguna mendapatkan konsumen yang tepat berdasarkan minatnya sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Sudah pasang iklan paling mahal namun target penjualan tidak sesuai? Anda bisa mengevaluasi iklan  berbayar yang dimiliki melalui fasilitas Facebook insight.

Dengan adanya fitur ini pengguna bisa mengetahui alasan apa saja yang membuat iklan anda tidak dilirik oleh konsumen, bisa karena materi iklan yang membosankan atau frekuensi tayangnya terlalu sering.

Apabila hal ini terjadi kepada iklan anda, maka materi iklan bisa diganti menjadi lebih menghibur atau berisi edukasi pelanggan sehigga konsumen bisa lebih peduli pada masalah yang dihadapi dan menghadapi masalahnya dengan produk yang dimiliki.

Anda juga bisa menayangkan iklan berupa testimoni sehingga membuat konsumen lebih percaya pada produk anda dan lebih tertarik untuk membelinya.

Sebuah iklan yang ditayangkan terus menerus tentu saja bisa membuat seseroang bosan bukan?

Karenanya agar konsumen tidak jenuh dengan iklan anda maka bisa menayangkan iklan tersebut hanya di jam ramai penonton dan mengurangi tayangan iklan di jam sepi seperti waktu-waktu istirahat atau bekerja.

Buat Akun Fanpage Untuk Bisnis

Saat mencari produk di social media, banyak orang biasanya lebih mengunjungi akun bisnis dibandingkan akun pribadi.

Hal ini dilakukan karena akun bisnis tentunya terlihat lebih profesional dan berisi produk yang ingin dicari dibandingkan akun pribadi yang berisi foto dan video dokumentasi pemilik bisnis.

Perbedaan inilah yang membuat akun bisnis lebih dipercaya dibandingkan akun pribadi. Hal ini juga  berlaku bagi anda yang ingin mengembangkan produknya sendiri.

Karenanya agar produk yang dipromosikan lebih dilirik oleh konsumen maka anda bisa menggunakan akun bisnis di social media yang anda gunakan sebagai tempat jualan.

Pembuatan akun bisnis khususnya di Facebook pun sangat mudah, pengguna hanya tinggal mengubah akun Facebook pribadi yang dimiliki ke akun Facebook bisnis tanpa perlu registrasi ulang.

Namun, jangan lupa juga untuk mengganti username Facebook anda agar terlihat profesional dan konsumen pun mengetahui produk apa saja yang anda pasarlann.

Informasi Produk Lengkap dan Detail

Perbedaan mendasar dari mengunggah konten foto di Facebook dan Instagram adalah keterbatasan kata yang dimiliki.

Saat mengunggah konten foto di Instagram anda tidak bisa menuliskan deskripsi yang panjang di kolom caption, namun anda bisa mengatasinya dengan memberikan penjelasan di foto yang diunggah.

Lain halnya dengan konten foto di Facebook dimana anda bisa menulsikan deskripsi panjang mengenai produk anda seperti komposisi dan kegunaannya sehingga membuat konsumen lebih percaya.

Kolom deskripsi yang panjang tak hanya berguna untuk penjelasan produk namun digunakan sebagai tempat konten eduksi yang sesuai karena pengguna bisa menuliskan penjelasan konten anda dengan lengkap tanpa perlu menuliskan kembali di kolom komentar.

Namun, pastikan juga tulisan di kolom deskripsi tidak ada kesalahan penulisan dan isi konten berasal dari sumber yang terpercaya sehingga membuat konsumen yakin dengan produk anda.

Contohnya adalah pedagang masker yang memberikan edukasi mengenai virus dan kuman.

Anda bisa membuat konten dari sumber yang kredibel sehingga membuat konsumen lebih yain dan tertarik membeli produk anda.

Sumber yang terpercaya juga membantu anda terhindar dari perbedaan persepsi dari konsumen lain yang mungkin tidak sepaham dengan anda.

Berbagai Fitur Untuk Promosi

Sama seperti social media lainnya yang memiliki berbagai layanan yang membuat pengguna lebih betah di platfrom yang dibuka, Facebook sendiri juga memiliki berbagai fitur yang berguna untuk promosi dan menegnalkan produk anda.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Facebook dan bisa anda gunakan untuk promosi produk:

Buat Katalog dengan Konten Foto

Bagi penjual yang menjual berbagai banyak produk dari brand yang sama tentunya ingin mengenalkan semua barang jualannya agar laku di borong konsumen.

Salah satu caranya adalah dengan membuat katalog yang unik dan berisi berbagai deskripsi produk yang anda miliki.

Dengan memiliki akun Facebook bisnis anda bisa membuat katalog promosi dengan membuat album foto khusus yang berisi foto produk yang dimiliki.

Anda pun bisa menambahkan atau menghapus foto produk yang sudah habis di pasaran dan barang yang baru rilis menjadikan katalog lebih mudah diubah sesuai dengan keinginan penjual.

Pedagang pun bisa menambahkan berbagai deskripsi produk yang lengkap agar konsumen bisa mengetahui produk anda secara detail sehingga tidak perlu bertanya lagi di pesan masuk.

Agar katalog terlihat lebih menarik anda bisa mengunggah foto dengan background yang sama sehingga foto produk bisa satu tema sehingga terlihat lebih keren dan rapih.

Testimoni Menarik dengan Konten Video

Tidak hanya mempertimbangkan kegunaan produk, sebelum membeli tentunya anda akan melihat berbagai testimoni pelanggan yang dimiliki.

Berbagai ulasan yang baik mengenai isi produk juga membantu untuk meyakinkan konsumen sebelum membayar produk tersebut.

Strategi pemasaran melalui testimoni pun terbukti ampuh karena konsumen bisa melihat sendiri hasilnya tanpa adanya promosi yang berlebihan.

Tentunya hal ini membuat penjual harus putar otak agar testimoni yang diberikan terlihat menarik dan nyata di mata konsumen.

Solusinya adalah dengan membuat konten testimoni berupa video ulasan konsumen. Selain terlihat menarik juga membuat konsumen percaya melalui ulasan yang diucapkan langsung.

Membuat testimoni video pun mudah, penjual tinggal mendata pelanggan mana saja yang sering membeli produk anda secara berulang-ulang.

Setelah itu, penjual bisa menghubungi pelanggan tersebut untuk diminta ulasan mengenai produk yang dibeli dan merekamnya melalui video.

Anda bisa memberikan imbalan berupa voucher belanja di toko anda dengan nominal tertentu sehingga pembeli akan lebih senang.

Tak hanya itu, penjual juga bisa melakukan paid promote ke influencer yang memiliki fokus yang sama dengan produk anda untuk memberikan testimoni.

Adanya influencer ini juga membantu menarik konsumen dari pengikut yang dimiliki sehingga membantu peningkatan penjualan anda.

Promosikan Event Tertentu di Konten Story

Pada hari-hari tertentu seperti perayaan hari raya dan hari besar lainnya tentunya anda bisa ikut berpartisipasi dengan mengadakan event khusus untuk memeriahkannya.

Salah satu contohnya adalah potongan belanjan di hari lebaran bagi pelanggan yang membeli produk dengan nominal tertentu.

Hal ini tak hanya membantu untuk menaikkan penjualan namun menarik minat leads yang ingin membeli produk anda menjadi tergiur untuk membeli karena berbagai promo yang diberikan.

Agar event yang anda adakan mampu menarik banyak konsumen maka anda bisa mempromosikannya dengan mengunggah konten promosi tersebut di Facebook feed anda.

Tidak hanya mempromosikannya melalui unggahan Facebook feed namun anda bisa mempromosikannya di Story Facebook.

Selain mudah digunakan namun story Facebook juga mampu menjangkau konsumen yang jarang melihat unggahan Facebook anda sehingga informasi promosi masih tetap tersebar secara luas.

Anda bisa mengunggah konten countdown di Facebook story agar pembeli bersiap-siap dana lebih untuk membeli produk anda.

Kenalkan Produk dengan Konten live

Tidak hanya mengenalkan produk melalui konten foto dan video namun anda juga bisa membangun kedekatan dengan konsumen melalui konten siaran langsung.

Dengan adanya siaran langsung ini pembeli bisa mengetahui siapa orang di balik produk yang dibeli serta bisa melakukan interaksi dua arah untuk meningkatkan hubungan anda dengan pembeli.

Semakin dekat hubungan anda dengan pembeli maka akan mempermudah anda ketika akan meluncurkan berbagai produk baru.

Beberapa ide konten siaran langsung yang bisa anda gunakan adalah sesi konsultasi dimana konsumen dapat menanyakan berbagai manfaat produk anda sebelum membelinya.

Anda bisa mempromosikan berbagai produk baru sehingga konsumen tertarik untuk membelinya setelah melihat ulasan langsungnya.

Selain itu, penjual juga bisa melakukan siaran langsung berupa direct seliing produk tertentu dengan harga murah sehingga membantu untuk menaikkan penjualan.

Konten siaran langsung ini bisa diadakan setiap hari atau beberapa hari sekali agar anda bisa semakin dekat dengan konsumen sambil mengenalkan produk anda.

Promosikan Toko dengan Deskripsi Bisnis dan Alamat

Bagi penjual yang memiliki toko offline di pusat perbelanjaan tentunya ingin toko ramai dikunjungi oleh konsumen sehingga barang jualan lebih cepat terjual.

Salah satu cara agar toko anda lebih dikenal dengan cara menuliskan alamat toko anda di kolom deskripsi bisnis dan alamat.

Dengan memberikan alamat ini, pembeli yang ingin tahu terlebih dahulu produk anda sebelum membeli bisa mampir berkunjung dan memborong berbagai produk anda.

Pemberikan alamat ini juga menjadi pembuktian bahwa barang yang anda jual asli sehingga membuat konsumen lebih percaya saat belanja produk anda.

Pastikan juga alamat toko anda sudah terhubuung dengan Google Maps sehingga memudahkan konsumen untuk mencari alamat toko dnegan arahan yang benar.

Rencanakan Konten Instagram di Facebook

Banyaknya social media yang bermunculan dan digunakan oleh banyak orang tidak heran apabila seorang penjual bisa memiliki banyak akun social media untuk mempromosikan produknya.

Salah satunya adalah Instagram yang saat ini digunakan oleh banyak orang untuk sekedar bersosasi dan mengetahui kabar dari artis kesukaan atau mendapatkan informasi terbaru dari dunia maya.

Tidak heran apabila berbagai brang besar dunia juga menggunakan Instagram sebagai tempat promosi yang pas dan mampu untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Untungnya saat ini Instagram telah bergabung dengan Facebook sehingga anda bisa menggunakan berbagai layanan di Facebook untuk terkoneksi langsung dengan akun Instagram yang dimiliki.

Slah satu fiturnya adalah post schedule dimana anda dapat merencanakan konten apa saja dan jam rilisnya di Instagram.

Hal ini memudahkan anda yang tengah sibuk berjualan agar tidak terus menerus membuka Instagram untuk mengunggah berbagai konten edukasi atau promosi.

Selain itu, pengguna juga bisa membalas berbagai pesan dan komentar konsumen di akun Instagram melalui akun Facebook yang dimiliki sehingga tidak perlu membuka dua aplikasi sekaligus.

Fitur ini tentunya memudahkan bagi anda untuk melakukan promosi dan interaksi di Instagram dan Facebook.

alasan ganti username facebook

Alasan Ganti Username Facebook Sebelum Promosi

Sebagai salah satu social media yang memiliki banyak pengguna tentunya banyak sekali kompetitor atau penjual yang menggunakan platfrom ini untuk promosi produk.

Agar mampu bersaing dengan pedagang lain anda sebaiknya membuat akun bisnis sehingga terlihat profesional di mata konsumen.

Salah satu caranya adalah dengan mengganti username Facebook pribadi anda dengan username bisnis anda di akun Facebook bisnis yang dimiliki.

Hal ini dilakukan agar username Facebook lebih dipercaya oleh konsumen. Tak hanya itu, ada lagi beebrapa keuntungan dari mengganti username Facebook anda di akun Facebook bisnis:

Membuat Akun Bisnis Menjadi Profesional

Keuntungan pertama dari menganti username Facebook adalah menjadikan akun anda terlihat profesional d imata leads atau pun pelanggan.

Hal ini tentunya akan membuat pelanggan percaya pada produk yang anda tawarkan ke konsumen.

Tak hanya itu, pembeli juga biasanya lebih tertarik pada akun Facebook fanspage dibandingkan akun pribadi saat mencari nama brand di kolom pencarian Facebook.

Mengangkat Brand Awareness

Banyaknya kempotitor yang menjual produk yang sama dengan anda tentunya membuat penjual sebaiknya memikirkan cara agar barang yang dijual bisa dikenal oleh konsumen.

Salah satu caranya adalah dengan mengubah username Facebook pribadi menjadi nama brand yang dimiliki. Hal ini dilakukan untuk membantu memudahkan konsumen mencari nama produk di Facebook.

Selain itu, apabila anda mempromosikan akun anda melalui iklan berbayar juga akan membantu untuk mengenalkan nama brand yang dimiliki sehingga lebih dikenal oleh calon pembeli.

Pastikan juga nama brand mudah diingat dan dicari di social media sehingga mempermudah konsumen dalam mencari nama brand anda di kolom pencarian Facebook.

tutorial mengubah username facebook

Tutorial Mengubah Username Facebook

Setelah mengetahui berbagai macam keuntungan dengan menggunakan username Facebook yang profesional tentunya ini saat yang tepat untuk mengganti nama akun yang anda miliki. Cara menggantinya pun sangat mudah dan bisa dilakukan di berbaga gadget.

Berikut langkah-langkah mengubah username Facebook dengan mudah dan cepat.

Mengubah Username Facebook di Personal Computer

Apabila pengguna memiliki personal computer atau laptop untuk keperluan bisnis maka bisa menggunakannya untuk mengganti username Facebook yang diinginkan.

Mengganti username Facebook di personal computer juga dinilai lebih mudah dan cepat sehingga anda bisa melanjutkan untuk mengganti akun Facebook pribadi ke bisnis.

Berikut tutoral mudah mengubah username Facebook di personal computer.

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke halaman pencarian Google kemudian ketikkan Facebook.com. setelah itu, anda bisa log in terlebih dahulu dan masuk ke kolom pengaturan setelahnya.
  • Langkah kedua, pada menu umum pilih bagian edit di bagian nama pengguna
  • Langkah ketiga, ubah nama anda dengan nama brand atau produk yang diinginkan. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan dan tidak menambahkan dengan simbol tertentu.
  • Langkah keempat, Apabila nama sudah tersedia dan belum dipakai oleh orang lain maka anda bisa melanjutkan dengan klik ikon Simpan Perubahan
  • Langkah kelima, apabila nama akun tidak tersedia tandanya nama akun anda sudah digunakan oleh orang lain. Anda bisa menggunakan username Facebook lain yang belum digunakan oleh orang lain dengan minimal karakter yang sudah ditentukan oleh Facebook.
  • Langkah keenam, username Facebook anda sudah berhasil dirubah dan anda tinggal mengganti Facebook pribadi anda ke Facebook fanspagae.

Mengubah Username Facebook di Handphone

Apabila pengguna hanya memiliki Handphone untuk keperluan promosi tentu saja tidak masalah karena anda masih bisa mengubah username Facebook di handphone melalui Facebook for website.

Berikut cara mudah mengganti username Facebook di Handphone.

  • Langkah pertama, bukalah aplikasi Google Chrome yang ada di handphone anda kemudian ketikkan Facebook di kolom pencarian
  • Langkah kedua, pilihlah website teratas di kolom pencarian kemudian masukkan username dan kata sandi yang dimiliki agar bisa masuk ke akun Facebook prbadi anda.
  • Langkah ketiga, setelah berhasil log in maka masuklah ke meu pengaturan kemudian pilih menu informasi pribadi pilihlah nama akun Facebook bisnis yang diinginkan.
  • Langkah keempat, apabila username Facebook anda ditolak oleh Facebook maka pengguna bisa menggantinya ke nama lain yang belum digunakan dan pastikan panjang karakter tidak melebihi ketentuan yang dimiliki oleh Facebook.
  • Langkah kelima, setelah saran nama akun diterima maka anda bisa klik kolom simpan perubahan.
  • Langkah keenam, nama akun anda sudah selesai diganti dan bisa digunakan untuk promosi bisnis dan produk anda di Facebook.

Mengubah Username Facebook di Aplikasi

Bagi penjual yang aktif melakukan promosi di Facebook tentunya akan lebih mudah apabila memiliki aplikasi Facebook di Handphone.

Selain mudah untuk di akses dan mengunggah konten yang diinginkan, pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi dari akun Facebook yang dimiliki sehingga bisa merespon konsumen dengan cepat dan mudah.

Berikut langkah-langkah merubah username di aplikasi Facebook.

  • Langkah pertama adalah membuka aplikasi Facebook yang ada di Handphone, pengguna bisa melakukan log in terlebih dahulu apabila baru mengunggah aplikasi Facebook.
  • Langkah kedua adalah masuk ke menu pengaturan yang ada di pojok atas layar handphone anda.
  • Langkah ketiga adalah masuk ke kolom informasi pribadi untuk mengubah username Facebook yang dimiliki
  • Langkah keempat adalah anda bisa mengubah username Facebook yang ada dengan username Facebook yang diinginkan untuk promosi bisnis anda
  • Langkah kelima adalah jika sudah sesuai dan nama akun tersedia maka anda bisa klik kolom Tinjau Perubahan
  • Langkah keenam adalah setelah nama disetujui maka anda bisa menggunakan username Facebook tersebut untuk promosi produk.
cara memilih username facebook

Cara Memilih Username Facebook yang Menarik

Saat mengganti username Facebook bisnis tentunya anda menginginkan nama akun Facebook bisnis anda menarik sehingga konsumen terpikat dengan branding yang anda miliki.

Tidak hanya mengubah username Facebook sesuai dengan nama brand yang dimiliki namun anda juga bisa menambahkan berbagai elemen tambahan di username Facebook yang anda miliki.

Berikut beberapa cara memilih username Facebook yang menarik

Sertakan Nama Produk

Cara pertama dan paling mudah dilakukan adalah mencantumkan nama produk anda di username Facebook yang dimiliki.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness produk anda di mata konsumen serta mempermudah pembeli dalam mencari nama produk anda di pencarian Facebook.

Pastikan juga penulisan username Facebook sudah benar dan tidak adan penambahan simbol yang membuat saran username Facebook anda tidak disetujui oleh Facebook.

Tambahkan Domisili Produk

Cara kedua apabila nama produk anda sudah digunakan oleh orang lain maka anda bisa menambahkan domisili produk agar pembeli mengetahui darimana perusahaan anda berasal.

Cara ini juga bisa dilakukan pembeli yang menjadi reseller suatu produk agar pelanggan produk yang tinggal dekat dengan anda bisa mengetahui keberadaan anda sehingga bisa memilih untuk membeli produk keinginan di tempat anda dibandingkan di pusat toko.

Penambahan domisili ini bisa ditaruh di belakang nama brand produk anda sebagai identitas diri. Salah satu contohnya adalah Cosrx Surabaya dan lain sebagainya.

Cantumkan Produk Unggulan.

Apabila anda memiliki produk unggulan dari brand yang dimiliki maka anda bisa mencantumkannya di username Facebook anda.

Hal ini dilakukan untuk membuat konsumen mengetahui produk apa yang anda perjualbelikan sehingga bisa membelinya apabila tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Pencantuman nama produk unggulan juga membantu konsumen yang ingin mencari nama produk anda di pencarian Facebook.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.