efektifkah hastag tiktok

Efektifkah Hashtag Tiktok Untuk Naikkan Konten?

Saat membuka tiktok tentunya anda akan dengan mudah menemukan banyak konten yang menemukan hashtag tiktok, namun efektifkan penggunaan hashtag tiktok untuk naikkan konten?

Pengguna tiktok pastinya tidak asing dengan penggunaan hashtag tiktok di setiap konten yang dilihat, hashtag tiktok yang dipakai pun biasanya beragam mulai dari penggunaan nama produk atau produk dan bahkan menggunakan hashtag tiktok yang sedang viral.

Penggunaan hashtag tiktok yang sedang viral ini memiliki fungsi yakni menaikkan konten yang diunggah sehinggai bisa lebih mudah mudah masuk ke fyp recommend.

Ketika sebuah konten masuk ke fyp recommend dan menarik perhatian pengguna tiktok maka akan lebih mudah bagi sebuah akun tiktok untuk terkenal sehingga meningkatkan pengikut yang dimiliki.

Meskipun begitu, apakah penggunaan hashtag tiktok masih relevan masih saat ini atau bagaimana seorang kreator mengatur strategi pemakaian hastag tiktok agar konten yang diunggah bisa masuk ke komunitas yang dituju.

Karenanya berikut beberapa kegunaan hashtag tiktok serta strategi penggunaan hashtag tiktok yang efektif untuk mengoptimalkan konten yang diunggah di tiktok.

kegunaan hashtag tiktok

Cara Kerja Hashtag Tiktok

Welcome to Tiktok! dimana anda bisa menemukan berbagai variasi konten yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan minat yang disukai.

Ketenaran tiktok yang terus meningkat bisa saja menjadi alasan anda untuk menggunakan platform ini guna mencari konten video yang sesuai dengan keinginan.

Saat membuka sebuah konten di tiktok tentunya anda akan menemukan banyak perbedaan baru, salah satunya adalah hadirnya video yang memiliki filter dan juga diiringi lagu yang sedang naik daun.

Satu lagi fitur yang mungkin biasa anda temukan di platform social media lain adalah hadirnya hashtag tiktok yang biasanya tertera di caption.

Namun seperti apa hashtag tiktok ini dan bagaimana cara kerjanya?

Saat akan menunggah konten yang dibuat tentunya anda akan menggunakan hashtag tertentu. Hal ini dilakukan agar video anda masuk ke kategori tertentu sehingga mudah ditemukan oleh pengguna tiktok lainnya.

Semakin banyak penonton dan juga interaksi di konten yang anda unggah bisa saja video anda akan naik di halaman hashtag tiktok yang anda gunakan.

Tidak hanya memggunakan hashtag tiktok yang relevan dengan konten anda namun kreator juga bisa menambahkan tagar yang lebih umum seperti #fyp atau hashtag tiktok yang sedang naik daun.

Hal menarik lain dari hashtag tiktok adalah konten anda bisa masuk ke halaman fyp recommend komunitas anda meskipun anda baru saja menunggah konten tersebut atau masih baru di Tiktok.

Kegunaan Hashtag Tiktok

Penggunaan hashtag saat ini tidak hanya bisa ditemukan di tiktok namu sebagian besar social media saat ini seperti Instagram atau Facebook menggunakan hashtag tiktok ini untuk berbagai keperluan.

Bagi pengguna internet, keberadaan hashtag tentunya menguntungkan untuk mencari sebuah konten yang sedang viral atau menemukan social media dari brand tertentu.

Sementara itu, bagi kreator atau pelaku usaha, penggunaan hashtag juga berguna untuk melabeli sebuah konten yang akan diunggah karena sebuah akun promosi bisa saja mengunggah lebih dari satu jenis konten.

Cukup dengan menggunakan fitur pencarian dan masukkan hashtag tertentu maka pengguna akan mendapatkan banyak informasi yang diinginkan secara mudah dan efektif.

Tak hanya itu, penggunaan hashtag juga memiliki banyak kegunaan tersembunyi yang tentunya menguntungkan bagi pengguna social media.

Menaikkan Engagement Konten dengan Hashtag Tiktok

Salah satu kebiasaan pengguna tiktok saat akan mengunggah konten adalah mencari dan memilih hashtag yang tengah naik daun atau yang berkaitan dengan video yang akan diunggah.

Hal ini dilakukan agar mempermudah pengguna tiktok lain untuk mencari konten anda atau membantu untuk menaikkan engagement konten sehingga bisa masuk ke fyp recommend.

Seperti yang telah diketahui oleh pengguna tiktok, salah satu kekuatan dari tiktok adalah adanya fyp recommend.

Dimana pengguna tiktok bisa menemukan berbagai macam konten yang sesuai dengan minat atau berkaitan dengan komunitas anda meskipun anda tidak mengikuti akun tersebut.

Layanan ini tentunya menguntungkan baik untuk pengguna atau kreator tiktok karena bisa menemukan konten yang disukai dan bagi kreator tentu memudahkan untuk menaikkan konten yang dibuat meskipun pengikut yang dimiliki masih sedikit.

Hadirnya fyp tiktok tentunya bisa membantu kreator untuk mendapatkan engagement dengan pengguna tiktok lainnya apabila konten yang dibuat disukai oleh pengguna tiktok lainnya sehingga akan mendapatkan banyak penonton atau likes di konten yang dibuat.

Mempermudah Mencari Produk melalui Hashtag Tiktok

Dilansir dari Hootsuite, sebuah survei menunjukkan bahwa pengguna internet saat ini lebih menyukai mencari deskripsi produk melalui social media dibandingkan mengunjungi website resmi perusahaan.

Hal ini dikarenakan, pengguna internet bisa menemukan konten yang membahas kandungan dan manfaat produk secara lebih mudah dipahami dan mampu menjawab pertanyaan dari setiap masalah yang bisa dihadapi dengan menggunakan produk tersebut.

Saat mencari sebuah produk atau brand di social media biasanya pengguna internet akan menggunakan tagar disertai dengan nama barang yang ingin dicari.

Strategi ini dilakukan agar mampu mencari barang yang lebih spesifik dibandingkan mencari nama yang biasanya akan mengarah ke konten tertentu yang tidak sesuai.

Kreator untuk akun bisnis sendiri juga biasanya menggunakan hastag yang lebih spesifik ketika ingin mempromosikan produk yang baru saja rilis atau campaign yang membantu untuk mengenalkan brand tertentu.

Tak hanya itu, bagi pengguna internet yang ingin mencari ulasan mengenai suatu produk juga bisa menggunakan hastag tertentu untuk menemukan konten yang mengulas produk yang akan dibeli.

Konten dari pengguna tiktok yang bukan merupakan influencer biasanya lebih jujur dan sesuai dengan kondisi kreator setelah pengguna produk.

Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan pengguna internet untuk tidak menggunakan produk tersebut atau malah tertarik untuk membelinya karena ulasan yang telah dilihat.

Membentuk Komunitas dengan Hashtag Tiktok

Bagi pengguna tiktok yang menyukai dan berminat pada satu hal biasanya akan mencari konten yang berkaitan melalui hastag tertentu.

Cara ini dilakukan untuk mencari konten yang disukai dan menemukan banyak video yang beragam namun masih berkaitan dengan minat yang dicari.

Penggunaan hastag ini juga membantu algoritma di social media untuk lebih banyak menampilkan konten yang anda sukai dibandingkan yang kurang diminati.

Sehingga pengguna social media akan lebih sering berinteraksi dengan konten tersebut di bandingkan jenis konten yang lainnya.

Salah satu strategi algoritma ini tentunya bisa dimanfaatkan kreator untuk mencari dan menjaring komunitas yang sesuai dengan konten yang dibuat.

Hal ini dikarenakan jika kreator bisa menemukan hashtag tiktok yang berkaitan dengan komunitas tersebut maka akan lebih mudah untuk mengetahui jenis konten yang disukai dan kurang diminati.

Tak hanya itu kreator juga bisa melihat masalah apa saja yang sedang ramai di bahas oleh komunitas tersebut sehingga anda bisa mengangkatnya sebagai sebuah konten di akun social media anda.

Penggunaan hashtag yang sesuai dan banyak digunakan oleh komunitas yang dituju tentunya akan memudahkan konten anda masuk ke dalam timeline pengguna social media yang diinginkan.

Meskipun begitu, sebelum menggunakan hashtag tiktok tertentu sebaiknya kreator melakukan analisa terlebih dahulu hashtag yang akan dipakai sehingga bisa menjangkau lebih banyak komunitas.

Masuk Ke Konten Viral melalui Hashtag Tiktok

Salah satu strategi yang sering digunakan oleh kreator tiktok adalah menggunakan hashtag yang sedang naik daun dan banyak digunakan oleh pengguna lainnya.

Cara ini dilakukan karena dengan menggunakan hashtag tertentu yang sedang viral maka bisa membantu untuk menaikkan konten yang di buat sehingga bisa masuk ke fyp recommend.

Selain itu, hashtag di tiktok sendiri juga mudah ditemukan ke kolom rekomendasi sehingga kreator bisa memilih tagar yang paling banyak digunakan untuk dicantumkan di konten yang dibuat.

Tiktok pun melihat dan menyadari kebiasaan ini sehingga membuat cara baru agar konten yang dibuat bisa lebih mudah masuk ke fyp recommend dengan menggunakan hashtag tiktok yang sesuai.

Salah satu caranya adalah dirilisnya tagar #ViraldiTiktok, #TiktokTainment, dan juga #SerunyaOlahraga, hadirnya beragam hastag tiktok ini tentunya bisa membuat konten dikelompokkan di tempat yang tepat dan juga lebih mudah viral karena dinaikkan oleh Tiktok.

Pada tagar #ViraldiTiktok, pengguna tiktok bisa menemukan konten yang tengah naik daun dan dilihat oleh banyak orang di tiktok.

Dikarenakan hastag ini tidak membahas hal yang spesifik maka anda bisa menemukan variasi konten yang juga bisa menjadi inspirasi konten ke depannya.

Apabila kreator ingin menggunakan tagar yang lebih spesifik maka bisa menggunakan hastag tiktok #Tiktoktainment dimana kebanyakan konten membahas seputar hiburan seperti film yang tengah rilis atau kabar dari selebriti di seluruh penjuru dunia.

WhatsApp Image 2022 03 23 at 10.22.04

Tagar ini cocok bagi anda yang ingin membuat konten hiburan berupa ulasan film atau lagu di akun yang dimiliki.

serunya olahraga

Salah satu tagar yang lebih spesifik lainnya adalah hastag tiktok #SerunyaOlahraga dimana pengguna tiktok bisa menemukan banyak konten yang membahas seputar olahraga dan kabar terbaru dari kompetisi atau atlet yang disukai sehingga anda tidak akan ketinggalan berita terbaru.

cara menggunakan hastag tiktok

Cara Menggunakan Hashtag Tiktok

Banyaknya hastag yang bisa dijumpai dengan mudah di fitur rekomendasi terkadang membuat kreator bingung untuk memilih konten yang sesuai dan bisa membantu untuk menaikkan konten yang dibuat.

Karenanya kreator sebaiknya menemukan dan juga menganalisa konten yang akan dipakai dengan beberapa cara berikut:

Temukan Hashtag Tiktok yang Sesuai dengan Konten

Saat mencari konten yang diinginkan menggunakan hashtag tiktok tertentu bisa saja anda menemukan video yang tidak berkaitan dengan topik yang anda cari.

Hal ini bisa saja membuat anda kesal karena harus mencari video dan juga konten yang sesuai dengat minat anda lebih dalam.

Karenanya agar kejadian ini tidak terjadi ke konsumen dan komunitas yang anda miliki maka kreator sebaiknya menggunakan hashtag tiktok yang sesuai dengan konten dan juga produk yang dibahas.

Kreator juga bisa menggunakan tagar tersebut di setiap konten yang anda buat supaya mempermudah konsumen untuk mencari video yang diinginkan.

Seorang kreator bisa saja membuat berbagai video di akun yang dimiliki sebagai variasi konten yang dibuat dan sesuai dengan tujuan promosi yang telah dirancang sebelumnya.

Maka kreator sebaiknya menggunakan hastag tiktok yang berbeda di setiap konten yang diunggah sebagai pembeda antara satu video dengan yang lainnya.

Penggunaan hashtag tiktok yang sama di setiap konten tertentu yang diunggah tentunya bisa membantu menaikkan engagement konten yang dibuat sehingga video anda lebih banyak dilihat oleh pengguna tiktok lainnya.

Sebagai langkah awal untuk mencari hashtag tiktok yang sesuai maka kreator bisa memanfaatkan kolom pencarian di Tiktok untuk melihat konten apa saja yang berkaitan dengan produk dan konten anda.

Analisa Hashtag Tiktok Kompetitor

Banyaknya kompetitor yang juga hadir di Tiktok juga bisa menjadi berkah tersendiri bagi kreator karena anda bisa melihat strategi apa saja yang digunakan dan konten yang dibuat sehingga menjadi celah tersendiri untuk mendapatkan audience yang sesuai dengan minat anda.

Kreator tidak hanya bisa melihat konten apa saja yang dibuat oleh kompetitor namun anda juga bisa mengetahui hasthtag tiktok yang sering dipakai di setiap konten yang dibuat.

Strategi ini dilakukan agar kreator bisa menggunakan hashtag tiktok yang berbeda sehingga konten anda tidak bersinggungan dengan kompetitor lain.

Dengan menggunakan hashtag tiktok yang berbeda maka kreator akan berpeluang untuk menguasai komunitas yang sering menggunakan tagar tersebut.

Tidak hanya menggunakan hashtag tiktok yang berbeda dari kompetitor lain namun kreator juga sebaiknya memikirkan apakah konsumen anda menggunakan hashtag tersebut untuk mencari produk anda di tiktok.

Jika tidak maka hasilnya akan sia-sia karena konten anda mungkin bisa naik namun tidak sebesar bila menggunakan hashtag tiktok yang lain.

Guna mengatasi masalah ini maka kreator bisa melihatnya melalui berapa banyak pengguna tiktok yang menggunakan tagar tersebut sehingga menjadi pertimbangan anda untuk menggunakan tagar tersebut atau menggantinya ke hashtag yang lain.

Semakin banyak jumlah pengguna di hashtag yang anda pakai maka akan memudahkan konten anda untuk naik lebih mudah.

Masukkan Hashtag Tiktok ke Konten yang akan Diunggah

Setelah memilih hashtag tiktok yang akan digunakan di konten yang diunggah maka langkah selanjutnya adalah memasukkan tagar tersebut ke setiap konten yang akan diunggah.

Namun karena banyaknya variasi tagar yang ada di tiktok terkadang membuat kreator untuk memasukkan hashtag mana saja dan jumlah tagar yang akan dipakai.

Kreator tidak perlu memasukkan banyak hashtag tiktok cukup menggunakan tiga tagar yang sering digunakan oleh pengguna tiktok.

Menggunakan hashtag yang terlalu banyak nantinya akan membuat kreator tidak bisa memasukkan caption di video yang diunggah.

Hal ini justru merugikan karena kreator tidak bisa menjelaskan konteks dari video yang diunggah padahal kolom caption di tiktok sendiri memiliki keterbatasan sehingga harus dimanfaatkan dengan efektif.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan hashtag tiktok yang mudah diketik dan dicari oleh konsumen.

Tentu akan percuma jika kreator menggunakan hashtag tiktok yang bervariasi namun tidak bisa ditemukan oleh konsumen sehingga konten yang diunggah akan sulit mendapatkan engagement yang diinginkan.

Cara lain yang biasanya digunakan oleh kreator tiktok adalah menggunakan hashtag yang sedang naik daun dan digunakan oleh banyak pengguna di setiap konten yang diunggah.

Dengan menggunakan hashtag yang viral tentunya akan memudahkan konten anda dilihat oleh banyak pengguna tiktok atau masuk ke fyp recommend.

Strategi ini tentunya akan menguntungkan bagi kreator tiktok sehingga konten yang dibuat bisa mendapatkan perhatian dari konsumen yang diinginkan.

Analisa Kemampuan Hashtag Tiktok melalui Insight

Sudah sering mengunggah konten dengan hashtag tiktok yang telah dipilih sebelumnya? Ini saatnya untuk mengtahui kemampuan hashtag tiktok yang dipakai.

Cara analisanya pun mudah karena kreator bisa memanfaatkan fitur insight yang ada di layanan Tiktok Business.

Namun bagi kreator yang masih menggunakan akun pribadi untuk membuat konten maka bisa mengubah akun yang dimiliki ke akun business.

Cara melihatnya pun mudah, kreator cukup melihat peningkatan engagement berupa banyaknya penonton atau jumlah komentar yang masuk ke akun anda.

Semakin tinggi jumlah engagement yang dimiliki maka semakin besar juga pengguna tiktok yang berinteraksi dengan konten dan akun anda berkat kefektifan hashtag tiktok yang anda gunakan.

efektifkah hastag tiktok

Efektifkah Hastag Tiktok #FYP Untuk Naikkan Konten?

Di konten tiktok sendiri kita sering menemukan hastag #fyp yang digunakan untuk membantu menaikkan konten agar bisa masuk ke fyp recommend.

Seorang kreator tentunya ingin konten yang dibuat masuk ke fyp recommendation guna mendapatkan lebih banyak perhatian dari pengguna tiktok lainnya serta membuka peluang untuk konten tiktok menjadi viral.

Hastag #fyp atau #foryourrecommendation menjadi salah satu hastag tiktok yang paling banyak digunakan untuk memperbesar peluang naikknya konten yang diunggah,

Namun melihat dari cara kerja algoritma tiktok mungkin saja hastag tiktok #fyp sudah tidak lagi efektif untuk menaikkan konten yang dimasukkan ke akun tiktok.

Hal ini terjadi karena meskipun hastag tiktok merupaka rahasia untuk meningkatkan algoritma tiktok namun social media ini menggunakan tagar untuk membantu pengguna tiktok mencari konten baru dan segar yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Jadi jika seseorang mencari konten terbaru menggunakan hastag tiktok #fyp maka mungkin saja tiktok akan membantu untuk mencari video yang menarik untuk anda.

Sebuah eksperimen dari Hootsuite yang mencoba menggunakan hastag tiktok #fyp saat mengunggah konten menunjukkan hasil yang tidak terlalu baik bahkan tidak adanya penonton yang melihat video tersebut.

Hasil ini menunjukkan bahwa untuk menaikkan sebuah konten di tiktok tidak hanya membutuhkan hastag tiktok namun kreator juga bisa berinovasi dengan membuat konten yang menarik perhatian pengguna tiktok untuk menyukai konten anda.

Tidak hanya itu, beberapa strategi berikut juga membantu untuk menaikkan konten anda secara mudah selain menggunakan hastag tiktok #fyp

Gunakan Hastag yang Berkaitan dengan Konten

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menaikkan konten yang anda buat adalah memasukkan hastag tiktok yang berkaitan dengan konten anda.

Hal ini dilakukan agar Tiktok mengidentifikasi konten anda serta mengelompokkannya ke dalam konten tiktok yang sesuai sehingga konten anda akan masuk ke komunitas yang tepat.

Strategi ini juga menguntungkan anda untuk memudahkan pengguna tiktok untuk mencari konten yang berkaitan dengan hastag yang anda gunakan.

Semakin banyak interaksi yang terjadi di konten anda maka tidak menutup kemungkinan bahwa video yang dibuat bisa naik ke halaman teratas hastag yang anda gunakan.

Gunakan Hastag yang juga Dipakai Orang Lain

Kenyatannya, tidak ada pengguna tiktok yang menggunakan hastag #fyp untuk mencari konten yang diinginkan, mereka justru akan mengetikkan hastag tiktok yang spesifik untuk mendapatkan video yang ingin ditonton.

Disisi lain, pengguna tiktok yang sedang bosan dan ingin mencari variasi konten lain bisa menggunakan hastag tiktok #fyp untuk mencari konten yang lebih beragam daripada yang biasa dilihat di halaman fyp recommend.

Sebuah konten tiktok yang mendapatkan banyak penonton tentunya akan lebih membantu untuk menaikkan video anda untuk masuk ke fyp recommendation.

Gunakan Hastag yang Beragam

Seorang pengguna tiktok tentu saja menginginkan konten yang dibuat menjadi viral sehingga mencari banyak cara untuk mencari celah dari algoritma tiktok untuk menaikkan engagement konten yang dibuat.

Salah satu caranya adalah dengan memasukkan semua hastag tiktok #fyp ke dalam sebuah konten yang hasilnya malah memperburuk performa konten di akun tiktok yang dimiliki.

Guna menghindari buruknya performa video yang diunggah dengan hastag tiktok #fyp maka kreator sebaiknya menggunakan tagar yang sedang naik daun dan tagar yang sesuai dengan konten yang anda bahas dan sering digunakan oleh komunitas anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.