kegunaan akun tiktok

3 Waktu FYP Tiktok, Bantu Video Cepat Viral

Tidak hanya membuat konten yang menarik dan optimasi hastag namun mengunggah konten di waktu fyp tiktok yang tepat juga dapat membantu membuat video lebih viral.

Saat membuat strategi konten di Tiktok beberapa pengguna terkadang hanya berfokus pada algoritma tiktok seperti optimasi hastag, penggunaan lagu viral, dan juga interaksi dengan pengikut di tiktok.

Namun tak hanya itu, seorang kreator juga perlu memikirkan waktu fyp tiktok sesuai dengan akun yang dimiliki agar video anda bisa dilihat oleh pengikut di waktu yang tepat.

Karenanya agar konten anda semakin viral dan menjangkau lebih banyak pengguna maka ketahui dulu waktu fyp tiktok dan cara mengetahui waktu fyp tiktok di akun yang dimiliki.

waktu fyp tiktok

Alasan Menggunakan Waktu FYP Tiktok

Video sudah sering FYP namun mendadak penonton hilang walau konten yang diunggah sama? Bisa saja karena waktu fyp tiktok anda berubah.

Apa sih waktu fyp tiktok dan mengapa harus menggunakannya?

Berbeda dengan social media lain dimana penggunanya harus mengikuti akun tersebut untuk mendapatkan konten yang diinginkan maka Tiktok memiliki cara lain yang tentunya menguntungkan bagi kreator dan juga penonton.

Salah satu fitur dari tiktok yakni for your page memungkinkan video dan juga siaran langsung anda dilihat oleh penonton lain meskipun anda tidak memiliki banyak pengikut.

Hal ini tentu menguntungkan bagi kreator karena video yang diunggah bisa mendapatkan banyak penonton dan juga tanggapan meskipun akun anda tergolong kecil dan baru mengunggah beberapa video.

Sedangkan bagi pengguna tentu saja mendapatkan rekomendasi video baru dari kreator lain yang memiliki minat yang sama dengan anda sehingga tidak bosan saat mengakses aplikasi Tiktok.

Namun pengguna tiktok sendiri tidak selalu membuka aplikasi Tiktok setiap waktu dan hanya mengaksesnya di waktu senggang atau jam menuju istirahat.

Pada waktu-waktu inilah penonton lebih banyak menonton video di tiktok dan biasanya platform ini sendiri hanya menampilkan video terbaru yang tidak lebih dari dua hari tayang.

Karenanya penting bagi seorang kreator untuk mengetahui jam tertentu dimana penonton menghabiskan waktu untuk stalking konten tiktok.

Dengan menentukan jam tersebut maka kreator bisa menentukan waktu fyp tiktok agar video anda lebih banyak ditonton oleh pengguna tiktok lainnya.

Selain itu terdapat lagi alasan lain untuk mengetahui waktu fyp tiktok yang tepat di akun anda.

Memudahkan Konten Cepat FYP

Bagi seorang kreator yang aktif di Tiktok menjadi salah satu keinginan terbesar agar konten yang dibuatnya mudah masuk ke FYP recommendation dan mendapatkan pengikut yang banyak.

Tidak hanya menganalisa algoritma tiktok dengan mengetahui konten yang sedang trend, lagu yang sedang dipakai, dan juga optimasi hastag.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menambahkan strategi lain dengan menambahkan analisa waktu konten FYP.

Dengan mengetahui waktu unggah video yang tepat maka video anda akan lebih mudah dilihat oleh pengikut anda dan pengguna tiktok lainnya sehingga membantu agar lebih mudah FYP.

Namun waktu fyp tiktok sendiri tentu saja bisa berubah-ubah tergantung dari kebiasaan pengikut di Tiktok.

Karenanya penting bagi anda untuk selalu melihat waktu FYP tiktok secara rutin agar bisa mengubah waktu unggah konten sesuai dengan waktu aktif pengikut anda.

Video Lebih Mudah Ditemukan Pengguna

Saat memiliki waktu luang untuk melihat konten di tiktok tentunya pengguna akan disajikan konten yang lebih dulu di unggah baru konten yang sudah lama ada di tiktok.

Hal ini terkadang membuat pengguna melihat referensi konten baru yang disukai dari berbagai kreator yang berbeda.

Namun hal ini juga sedikit merugikan kreator karena apabila mengunggah di waktu yang tidak sesuai maka bisa saja konten yang dibuat tidak mendapatkan terlalu banyak penonton dibandingkan biasanya.

Karenanya agar video anda bisa diakses oleh pengguna selain pengikut aktif maka tentukan dulu waktu fyp tiktok

yang tepat dan sesuai dengan waktu aktif agar penonton video anda bisa mendapatkan konten anda tepat waktu.

Menjadwalkan Konten Dalam Sehari

Sebagai seorang kreator yang aktif di tiktok tentunya anda bisa saja mengunggah lebih dari satu konten yang berbeda setiap harinya.

Perbedaan konten inilah yang akhirnya membuat kreator harus membuat jadwal tersendiri untuk video yang akan diunggah dalam satu hari agar tidak bentrok dan pengguna pun tidak bosan.

Karenanya dengan mengetahui waktu fyp tiktok yang sesuai dengan waktu aktif pengguna tentunya akan membantu konten anda viral dan masuk FYP recommendation.

Dengan melihat waktu fyp tiktok di tiap konten maka kreator juga bisa mengetahui selera konten pengguna di jam yang berbeda.

Penjadwalan konten ini juga membantu kreator dalam membuat jadwal harian sehingga masih memiliki waktu untuk beristirahat dan mengedit video tiktok yang akan diunggah.

Mengatur Waktu Tayang Tiktok Ads

Salah satu cara cepat untuk menaikkan pengikut dan tayangan konten yang dimiliki salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur tiktok ads.

Layanan iklan berbayar yang disediakan tiktok ini membantu anda untuk mempromosikan konten tiktok yang dimiliki agar bisa menyasar pengguna tiktok yang sesuai dengan pasar anda sehingga hasilnya lebih optimal.

Tak hanya itu, layanan ini juga menyediakan limit pembayaran yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan juga jadwal tayang di FYP Recommendation.

Karenanya agar budget anda tidak terbuang sia-sia maka anda bisa mengetahui dulu waktu fyp tiktok konsumen anda sehingga bisa tayang di jam yang tepat serta tepat sasaran.

Namun guna mengetahui waktu fyp tiktok yang tepat maka pengguna bisa melakukan analisa terlebih dahulu di kolom pengaturan dan mengubah akun tiktok yang dimiliki menjadi tiktok for business

3 waktu fyp tiktok

3 Waktu FYP Tiktok

Dilansir dari halaman hootsuite, di tahun 2022 ini berikut bberapa waktu fyp tiktok terbaik yang bisa digunakan sebagai referensi jadwal mengunggah konten setiap harinya.

Hari Selasa Jam 7 Pagi

Hari Kamis Jam 10 pagi

Hari Jumat Jam 5 Pagi

Kemampuan tiktok dalam menyiarkan konten dari satu negara ke negara lain dengan mudah dan bisa ditonton melalui FYP recommendation tentunya menjadikan pengguna sebaiknya mengetahui waktu aktif penonton dari seleuh belahan dunia.

HootSuite sendiri menjelaskan, waktu unggahan di pagi hari lebih cocok di hari-hari awal dalam seminggu, contohnya dari hari senin hingga rabu.

Sedangkan untuk waktu tayang fyp di sore hari cocok digunakan pada hari-hari menjelang akhir pekan seperti kamis sampai minggu dimana pengguna tiktok memiliki waktu lebih luang untuk melihat berbagai video terbaru.

Meskipun begitu, waktu fyp tiktok tersebut

cara menentukan waktu posting tiktok

Cara Menentukan Waktu Posting Tiktok

Tidak hanya menggunakan waktu fyp tiktok yang beredar di internet namun alangkah lebih baik untuk mengetahui waktu posting video yang tepat sesuai dengan akun yang dimiliki.

Hal ini dilakukan karena perbedaan pengguna pasti akan berbeda juga kebiasaan dan juga waktu aktif pengikut akun tiktok yang anda miliki.

Pengguna juga bisa mengecek sendiri waktu fyp tiktok akun anda dengan melihatnya di pengaturan akun tiktok for business.

Selain itu terdapat beberapa cara lain untuk mengecek waktu fyp tiktok yang sesuai dengan akun yang dimiliki.

Cek Video Viral di Akun Anda

Sama seperti social media lainnya seperti Instagram atau Facebook, salah satu cara mengecek waktu fyp tiktok yang dimiliki adalah dengan melihat konten yang paling banyak disukai oleh pengikut.

Dengan melihat analisa dari konten tersebut maka pengguna bisa mengetahui waktu aktif dari pengikut dan juga tipe konten yang disukai oleh konsumen anda.

Cara meliharnya pun mudah dengan melihat analisa tiktok yang ada di pengaturan maka segala informasi mengenai waktu unggah video dan engagement yang dimiliki bisa terlihat dengan jelas.

Salah satu contoh kolom algoritma tiktok yang bisa digunakan untuk analisa konten adalah Video views section dimana pengguna bisa melihat jumlah penonton dalam jangka waktu tertentu, misalnya dalam sebulan atau seminggu.

Selain itu, dengan adanya grafik yang dimunculkan maka akan memudahkan pengguna untuk mengetahui apakah terjadi kenaikan atau penurunan penonton di konten yang dimiliki.

Hal ini tentunya memudahkan pengguna untuk menarik kesimpulan dan mencari faktor yang membuat penonton video anda menurun..

Sayangnya fitur analisa engagement dan algoritma tiktok ini hanya tersedia di fitur tiktok for business dan tidak bisa digunakan di akun tiktok pribadi.

Karenanya mengalihkan akun anda ke akun bisnis bisa menjadi opsi yang bagus untuk membuat strategi konten yang lebih terarah.

Cara mengubahnya pun mudah, pengguna cukup masuk ke akun tiktok yang dimiliki lalu masuk ke pengaturan akun.

Kemudian pilihlah kolom kelola akun dan pengguna akan menemukan opsi Alihkan ke Akun Bisnis dan pilih opsi akun yang diinginkan, apakah untuk akun bisnis atau kreator.

Setelah selesai maka akun anda akan berubah ke akun bisnis dan bisa digunakan untuk analisa konten yang dimiliki.

Lihat Kompetitor Lain

Kesuksesan tentunya bisa dipelajari dari pengalaman orang lain, quotes ini tentunya sangat cocok untuk diterapkan dalam mengembangkan akun tiktok yang dimiliki.

Dalam membuat konten yang dimiliki tentunya pengguna bisa memulai dengan menganalisa konten dari kompetitor lain seperti video yang dibuat, topik yang sering mendapatkan perhatian, dan interaksi dengan pengikut.

Dengan mempelajari konten kompetitor maka anda bisa menemukan celah yang tepat dan bisa anda masuki saat membuat video di Tiktok.

Berikut beberapa cara mudah menganalisa konten kompetutor lain:

  • Pertama, Temukan akun yang memiliki cakupan komunitas yang sama namun sudah memiliki nama besar dan pengikut yang banyak, dengan begini anda bsa mengetahui konten apa saja yang biasa dibuat dan juga interaksi yang dilakukan dengan pengikutnya.
  • Kedua, saat melihat konten di akun kompetitor maka pengguna bisa melakukan analisa dengan menonton video yang memiliki penonton tertinggi kemudian cek trend akun tersebut, apabila konten tersebut di unggah pada waktu dan hari yang sama terus-menerus maka anda bisa menggunakan jadwal tersebut sebagai waktu unggah konten yang dimiliki kemudian cek analisanya seminggu ke depan.
  • Ketiga, beberapa engagement yang sebaiknya anda lihat dalam melakukan analisa konten adalah dengan melihat jumlah likes, komentar, dan share video. Semakin tinggi ketiga faktor tersebut maka akan semakin tinggi juga tingkat keberhasilan engagement akun tersebut.

Banyaknya kompetitor yang harus anda analisa tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga untuk menentukan jadwal yang tepat.

Untuk cara yang lebih mudah maka anda bisa menggunakan website bernama analisa.io dengan menggunakan platform ini pengguna akan lebih mudah melakukan analisa konten kompetitor dengan cepat dan efektif sehingga tidak memakan banyak waktu.

Tak hanya itu, website ini juga menyediakan analisa hastag yang sesuai dengan konten anda sehingga video anda bisa lebih cepat menyasar komunitas yang dituju sehingga lebih mudah untuk FYP.

Meskipun tidak menampilkan video viral dari suatu akun namun analisa engagement yang lengkap dari website ini bisa dijadikan pertimbangan sebagai tempat analisa akun kompetitor tiktok yang diinginkan.

Selain itu website ini juga bisa digunakan secara gratis sehingga anda bisa mengecek engagement kompetitor berkali-kali tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

1 2

Ketahui Waktu Aktif Pengguna

Cara paling mudah untuk mengetahui waktu fyp tiktok adalah dengan mengetahui aktif pengguna di akun yang dimiliki.

Dengan mengunggah video di jam-jam tersebut kemungkinan video menjadi viral semakin besar karena semakin banyak pengikut meneonton konten anda maka akan membantu menaikkan unggahan video anda untuk masuk ke FYP recommendation.

Tak hanya itu, Tiktok sendiri juga akan membantu menaikkan video yang baru saja diunggah dibandingkan dengan konten yang sudah lama dengan maksimal waktu dua hari setelah upload di Tiktok.

Berikut cara mudah untuk mengetahui waktu aktif pengguna di kolom pengaturan.

  • Pertama, apabila akun anda masih berupa akun pribadi maka ubahlah duku ke akun bisnis dengan masuk ke kolom profile kemudian masuk ke menu kelola akun kemudain pilih ke akun bisnis. Jangan lupa juga untuk memlih kategori yang sesuai dengan akun tiktok yang anda miliki
  • Kedua, setelah akun berpindah ke akun bisnis maka anda bisa masuk ke profile dan klik pada ikon garis tiga yang ada di pojok kanan
  • Ketiga, pilihlah kolom Business Suite kemudian klik Analytics
  • Keempat, pada fitur analytics pengguna bisa melihat waktu aktif pengguna dan pilihlah jam dimana pengikut anda lebih banyak menonton video anda.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengetahui waktu aktif pengikut yang dimiliki namun anda juga bsia melihat video yang paling banyak ditonton oleh pengikut sehingga anda bisa lebih banyak membuat jenis konten tersebut namun dengan variasi yang berbeda agar pengikut anda tidak bosan.

Pengguna juga bisa melihat rekomendasi lagu yang paling banyak didengarkan dan digunakan oleh pengikut anda sehingga bisa dijadikan referensi ke depannya untuk menyelipkan lagu tersebut di video anda.

Dengan menggunakan lagu yang disukai oleh pengikut anda maka akan memudahkan video anda menyasar komunitas yang tepat sehingga konten bisa lebih mudah viral dan juga mendapatkan pengikut yang lebih banyak.

Hal ini tentunya menguntungkan pengguna untuk membantu menaikkan akun yang dimiliki dan juga menaikkan point engagement akun anda.

Ubah Pengaturan Ketika Dibutuhkan

Sama seperti social media lainnya yang terus menerus melakukan pembaruan fitur yang dimiliki, hal ini juga dilakukan oleh Tiktok.

Sebagai salah satu aplikasi yang tengah naik daun beberapa tahun belakangan ini tentuna Tiktok terus menambah berbagai fitur terbaru dan juga memperbaiki layanan yang dimiliki sehingga membuat penggunanya lebih nyaman untuk menngunakan aplikasi ini.

Karenanya disaat anda menemukan berbagai perubahan baru yang ada di Tiktok maka pengguna bisa memulai untuk mengubah pengaturan di akun anda sehingga konten yang dibuat bisa lebih maksimal menjangkau komunitas yang ditemukan.

Sebagai salah seorang kreator tentunya pengguna juga sebaiknya terus menerus memperbarui informasi mengenai Tiktok sehingga anda tidak ketinggalan trend terbaru atau malah menciptakan trend sendiri yang bisa digunakan oleh orang lain.

Analisa di Kolom Pengaturan

Saat mengubah akun pribadi ke akun bisnis tentunya pengguna bisa merasakan berbagai fitur keren yang membantu anda dalam menaikkan konten yang dimiliki.

Salah satunya adalahh fitur tiktok ads yang membantu untuk mempromosikan akun bisnis yang dimiliki sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengikut dan komuntas yang tepat.

Selain itu pengguna juga akan disuguhkan denganberbagai fitur menarik yang bisa digunakan untuk variasi konten di tiktok.

Fitur Tanya Jawab

Salah satu fitur yang tersedia di akun bisnis adalah layanan tanya jawab dimana pengikut yang bertanya ke akun anda bisa mengajukan pertanyaan dan anda bisa menjawabnya dengan mudah.

Business Suite

Layanan paling penting di akun bisnis adalah fitur Business Suite dimana pengguna bisa melakukan analisa, promosi akun, pengaturan pesan,pusat kreatif bisnis, dan juga pendaftaran bisnis.

Beberapa analisa yang bisa dilihat di layanan ini adalah engagement akun, pengikut, jumlah postingan baik di konten video yang diunggah atau live tiktok yang dilakukan

Promosi

Bagi pengguna baru yang menginginkan akun anda lebih mudah beredar di pengikut yang tepat maka bisa memakai layanan tiktok Ads.

Layanan iklan berbayar dari tiktok ini tentunya akan memudahkan anda menyiarkan konten yang dimiliki.

Tidak hanya itu pengguna juga bisa menentukan biaya yang dikeluarkan serta waktu tayang yang sesuai dengan jam aktif pengguna tiktok.

Pusat Kreatif Bisnis

Bingung membuat konten di tiktok? Selain melihat konten yang biasa dibuat oleh kompetitor maka pengguna akun bisnis juga bisa melihat berbagai trend yang sedang naik daun di layanan pusat kreatif bisnis.

Pada pengaturan ini anda kan diperlihatkan berbagai konten dari pengguna lain yang sedang naik daun dan mendapatkan engagement yang tinggi dari konsumennya.

Anda juga bisa memilih trend yang diinginkan mulai dari bisnis hingga komunitas tertentu sehingga pengguna bisa mendapatkan referensi konten yang menarik dan sesuai dengan keinginan komunitas yang dituju.

Pendaftaran Bisnis

Salah satu keuntungan dari menggunakan akun bisnis adalah anda bisa memasarkan produk anda dan melakukan jual beli dengan pengguna tiktok melalui fitur Tiktokshop.

Dengan menggunakan layanan ini pengguna bisa lebih mudah menjangkau konsumen yang ada di Tiktok sehingga tidak perlu masuk ke akun marketplace yang dimiliki untuk membeli barang yang diinginkan.

Pengguna juga diberikan aplikasi khusus bernama Tiktok Seller dimana pengguna bisa memantau penjualan dan juga melihat keuntungan yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Fitur ini tentunya akan membantu meningkatkan keuntungan dan menjadi sumber pendapatan baru dari bisnis yang dimiliki.

Pengaturan Pesan

Apabila pengguna memiliki menggunakan akun bisnis untuk promosi maka anda juga bisa mengatur pesan yang masuk ke akun yang dimiliki sehingga mudah dibaca oleh anda.  

Beberapa pengaturan yang ada di pesan adalah pesan selamat datang dimana konsumen yang mengirim pesan ke akun anda akan diberikan penyambutan secara otomatis sehingga anda tidak perlu membalas satu persatu.

Pemberian pesan pembuka ini tentunya akan membuat konsumen senang karena merasa disambut dengan baik sehingga meningkatkan minat untuk membeli.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur Tiktok untuk menjawab pertanyaan secara otomatis menggunakan kata kunci yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga anda tidak perlu lagi membalasny karena sudah dibalas langsung oleh Tiktok.

Sebelum menggunakan layanan ini sebaiknya pengguna mengecek terlebih dahulu kata-kata kunci yang sering digunakan oleh pembeli agar lebih tepat sasaran.

kesimpulan

Kesimpulan

Penambahan pengikut di akun tiktok yang dimiliki tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah mengetahui lokasi komunitas tiktok yang dingin disasar, waktu unggah video yang tepat dan sesuai dengan jam aktif pengguna sehingga anda bisa mendapatkan pengikut akun yang memiliki minat dengan konten anda.

Namun jangan lupa juga untuk mebangun interaksi dengan penonton video anda dengan menjawab dan menyukai komentar untuk menimgkatkan engagement akun anda sheingga video yang diunggah lebih mudah viral di Tiktok dan masuk FYP recommend.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.