
Panduan Lengkap 12 Cara FYP di Tiktok dengan Cepat dan Mudah (Terbukti & Detail)
FYP (For You Page) di Tiktok memang adalah salah satu fitur penting untuk mendapatkan jangkauan yang tinggi dan tentunya Followers kamu bisa meningkat drastis. Tapi gimana cara FYP di Tiktok?
Tenang, kita akan pelajari satu per satu kok.

Sebagai seorang Konten Kreator ataupun orang yang ingin Jualan di Tiktok, kita harus jeli dan tau cara Memaksimalkan Konten kita agar masuk FYP dan meningkatkan interaksi di konten kita.
Pada Artikel ini, kamu akan belajar secara lengkap tentang gimana cara FYP di Tiktok dengan Mudah dan Cepat. Topik ini berdasarkan apa yang kami pelajari dari Algoritma Tiktok.
Btw, untuk memahami cara FYP di Tiktok dengan Mudah, tentunya kita harus sama-sama mengetahui faktor-faktor apa saja yang diperhitungkan oleh Tiktok sendiri untuk merekomendasikan Konten di FYP.
Dengan memahami ini, kamu pasti akan jauh lebih jelas dan mudah untuk membuat Konten dan melakukan Optimasi pada Tiktok kamu…

Engagement/Interaksi di Konten Tiktok
Sama halnya dengan Instagram atau Media Sosial lain, Tiktok juga mementingkan Interaksi yang terjadi di Konten kamu.
Namun, Engagement di Tiktok itu sedikit berbeda dengan Instagram. Jika Instagram ada 4 Interaksi, Like, Comment, Share dan Save, dan di mana Like dan Save adalah penentu yang terbaik untuk masuk Explore, di Tiktok justru berbeda.
Engagement di Tiktok yang terlihat ada 3, Like, Comment dan Share, tapi, ada 2 Engagement juga yang ternyata sangat penting untuk memengaruhi Konten kita masuk FYP, Interaksi itu adalah, Completion Rate dan Rewatch Rate.
“Wah, maksudnya bagaimana itu Completion Rate dan Rewatch Rate?”
Completion Rate itu adalah tingkat penyelesaian video.
Menariknya, semakin Video kamu ditonton sampai habis, semakin Tiktok akan memberi indikasi bahwa Video kamu ini cukup untuk dimunculkan ke FYP banyak orang.
Sementara Rewatch Rate adalah, berapa kali video kamu ditonton berulang-ulang oleh pengguna di Tiktok. Semakin video kamu sering ditonton berulang-ulang, otomatis Tiktok akan memberi indikasi bahwa Video kamu ini bagus.
Pada dasarnya, semua platform media sosial itu ingin pengguna berlama-lama di media sosial mereka bukan? Jadi, wajar saja jika Rewatch Rate ini memiliki faktor yang sangat penting agar konten kamu masuk FYP.
Dan ternyata, ada poin-poin yang dihitung oleh Tiktok, berdasarkan setiap interaksi yang kamu dapatkan di konten kamu, seperti ini:

Masalahnya adalah, bagaimana kita membuat Konten yang membuat pengguna ingin menonton video kita terus-menerus? Mungkin akan saya buat di Artikel yang lain ya, hehehe.
Menggunakan Filter yang lagi Ramai di Tiktok
Jika kamu sering melihat konten-konten di Tiktok, selalu ada yang namanya “tren filter” di Tiktok dalam beberapa waktu tertentu. Cara FYP di Tiktok dengan memanfaatkan Filter ini bukan lagi rahasia umum lho.
Karena dengan memanfaatkan Filter ini, konten kita bisa lebih banyak mendapatkan impresi tambahan dari banyak sumber. Termasuk mendorong konten kita bisa masuk di halaman FYP Tiktok.
Dengan menggunakan Filter yang lagi ramai ini, peluang untuk kamu bisa masuk FYP juga akan meningkat lho!
Contohnya seperti ini:

Ya, dengan menggunakan Efek yang disediakan oleh Tiktok, kamu bisa mendapatkan peluang untuk masuk di FYP Tiktok lho!
Efek-efek di Tiktok itu yang seperti ini ya:

Gunakan Hashtag yang Tepat & Relevan
Sadarkah kamu, bahwa di Tiktok itu juga ada Hashtag? Sama halnya dengan Platform Media Sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dll.
Tentu dengan menggunakan hashtag, kamu bisa mendapatkan Impresi tambahan yang lebih luas. Menariknya, cara fyp di Tiktok juga salah satunya datang dari Hashtag ini lho…
Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, sebenarnya, Hashtag apa sih yang sebaiknya kita gunakan? Nah, ada 2 Pilihan Hashtag yang bisa kamu gunakan:

Hashtag yang sedang Trending
Kamu bisa temukan Hashtag ini pada bagian pencarian menu utama tiktok kamu ya. Namun, pastikan juga hashtag yang kamu ingin gunakan sesuai dengan Tipe Kontennya.

Hashtag yang Relevan dengan topik Konten
Kamu bisa temukan Hashtag yang relevan/turunan Hashtag lain di pencarian Hashtag kamu. Pastikan juga Konten dengan Hashtag yang kamu gunakan Relevan.
Walaupun ada beberapa orang yang bilang bahwa dengan menggunakan Hashtag seperti #FYP #ForYouPage akan memberi peluang lebih banyak untuk masuk FYP, tapi hal ini belum ada data yang jelas. Bahkan, beberapa kasus hal ini hanya sekedar Mitos cara fyp di Tiktok. Jadi jangan mudah percaya.
Cara FYP di Tiktok dengan Trending Music
Ternyata bukan hanya isi konten saja, dengan kita melihat Music apa yang lagi trending di Tiktok, kita bisa memanfaatkan momentum ini untuk masuk FYP lho!
Ini contoh konten yang saya buat dengan memanfaatkan Music dan masuk FYP di Tiktok.

Tapi, kamu juga harus pastikan dulu, apakah konten kamu relevan tidak dengan Music yang ingin kamu gunakan. Karena hal tersebut juga diperhatikan oleh Tiktok.
Apalagi audiens yang menonton akan terasa aneh juga jika isi konten kamu/story telling yang konten kamu buat tidak relevan dengan sound yang kamu gunakan.
Sebenarnya, ada sedikit cara fyp di tiktok yang cukup “tricky/licik” yang digunakan banyak orang. Mereka tetap memakai Sound yang lagi trending, namun mereka menurunkan Volume Sound tersebut hingga 0, sehingga meskipun isinya tidak relevan, mereka tetap berpotensi Viral, menarik ya?

Menggunakan Caption yang Interaktif
Cara FYP di Tiktok berikutnya adalah menggunakan Caption Tiktok yang Interaktif. Hal yang perlu diingat adalah Caption di Tiktok hanya bisa 150 Karakter sudah termasuk Hashtag.
Jadi memang kamu harus benar-benar memaksimalkan Caption yang kamu gunakan untuk tidak bertele-tele dan harus langsung to-the-point. Apalagi, Caption di Tiktok ini tidak bisa kamu ubah setelah posting konten, beda halnya dengan Instagram ya.
Walaupun memang ada beberapa Kreator yang hanya menulis Caption seperti emoticon saja, atau hanya menggunakan Hashtag.
Namun, Caption ini juga menjadi salah satu faktor yang bisa dibilang penentu agar masuk FYP lho!
Bayangkan jika kamu memberikan Caption yang interaktif dan banyak orang yang berinteraksi, poin-poin agar konten kamu masuk FYP akan ikut meningkat juga.

Posting Konten ketika Followers pada jam FYP!
Betul! Memang sudah bukan menjadi Rahasia lagi, bahwa Posting Konten ketika jam FYP Tiktok yaitu pada saat Followers kamu aktif yang merupakan salah satu kunci agar konten kamu bisa lebih Optimal.
Kenapa? Karena coba kamu bayangkan, ketika kamu posting konten tapi tidak ada yang lihat, bukankah hal ini akan terasa sia-sia?
Terkait cara membaca Analitik di Tiktok, sudah saya buat Artikelnya di sini ya.

Isi Konten di Tiktok kamu
Sudah tidak dapat dipungkiri, bahwa Content is King. Cara FYP di Tiktok tidak lain bicara tentang isi dan Kualitas Konten yang menarik yang menjadi Kunci agar konten kamu bisa Viral dan masuk FYP di Tiktok.
Masalahnya, mungkin kamu bingung, “konten yang menarik itu seperti apa ya?”.
Nah sebenarnya, Konten yang menarik adalah Konten yang Relevan dengan Audiens kamu.
Maksutnya seperti ini:
Misalkan kamu ingin membahas tentang Skincare/perawatan wajah, kira-kira, audiens kamu butuh konten seperti apa? Masalah mereka apa saja?
- Bagaimana menggunakan Skincare jika muka saya sensitif?
- Jika muka tidak berjerawat, apa masih butuh Skincare?
- Tips memilih Skincare dengan Budget minim?
Mulai kebayang ya? Jadi memang kita perlu untuk Riset Market dan mengetahui apa yang audiens kita butuhkan.
“Mas, kalau barangnya general bagaimana? Misalkan seperti Hijab?”
Betul, kamu tidak bisa menggunakan Edukasi, apalagi jika hijab kamu adalah hijab yang tidak memiliki keunikan khusus.
Nah, kabar baiknya, kamu bisa lebih memainkan Sisi Emosional mereka. Contohnya:
- Tips OOTD Hijab kencan sama pacar.
- Warna Hijab Sesuai Mood Cek!
- Dan masih banyak hal lainnya.
Menghindari membuat Konten Negatif
Cara FYP di Tiktok selain dari membuat Konten yang menarik, kita juga tidak boleh lupa untuk menghindari membuat Konten Negatif. Entah itu yang bersifat SARA, Mengganggu dan Misleading atau konten yang menipu.
Saat Konten di Tiktok mendapatkan sinyal negatif, maka tentu hal ini akan menjauhkan kita dari halaman FYP atau For You Page. Tiktok bisa mengetahui sebuah Konten negatif dari fitur lapor atau report.

Hal ini hadir dalam 2 bentuk yaitu video yang tandai tidak menarik atau video yang tidak pantas. Terutama saat orang melihat isi konten yang kamu buat. Sebisa mungkin hindari melakukan ini ya!
Membuat Konten Favorit di Tiktok
Cara FYP Tiktok berikutnya adalah dengan membuat Konten yang bisa menjadi Konten Favorit penonton. Hal ini mungkin agak sedikit jarang dibahas, mengingat tidak banyak yang sadar akan fitur yang satu ini.

Menariknya dari hal ini adalah Fitur “Add to Favorites” diatas ini jarang banget dimanfaatkan. Padahal hal ini akan bisa memberikan sinyal positif pada Tiktok untuk kemudian memunculkan Konten kita tersebut pada halaman FYP Tiktok.
Jadi perlu untuk diingat, bahwa kamu bisa mengajak orang lain untuk bukan sekedar Like, Komen atau Share Konten Tiktok, namun bisa mengedukasi mereka untuk menyimpan Konten Tiktok kamu pada halaman Favorit mereka.
Membuat Konten Tiktok yang Menantang
Cara FYP di Tiktok berikutnya adalah membuat Konten Tiktok yang Menantang. Maksudnya disini bagaimaan kita bisa membuat konten yang bisa mengajak orang lain untuk ikutan juga membuat Konten Tiktok.
Bahkan, Tiktok sendiri bisa mengetahui sinyal ini dari fitur Duet dan Stitch Tiktok.

Tiktok sebagai Content Distribution Platform atau Media Sosial, tentu sangat membutuhkan Konten. Artinya, saat Konten kamu bisa mengajak pengguna lain untuk juga aktif membuat Konten. Hal ini akan mendapatkan sinyal terbesar sebagai kontribusi pertumbuhan Tiktok itu sendiri.
Alhasil, Tiktok akan pastinya mendistribusikan Konten kamu tersebut dihalaman FYP Tiktok. Ini juga, salah satu alasan lain mengapa Konten Tiktok yang bersifat ‘challenge’ atau tantangan pada pengguna lain, merupakan jenis Konten yang mudah sekali untuk Viral atau masuk halaman FYP.
Membuat Konten Tematis (Thematic)
Cara FYP di Tiktok lainnya adalah Membuat Konten Tematis. Seperti yang mungkin kamu ketahui, Tiktok secara rutin membuat kampanye atau program tertentu. Hal ini juga penting kita gunakan untuk memahami cara fyp di Tiktok. Coba perhatikan contoh berikut ini.

Kalau kita perhatikan diatas, Tiktok sedang melakukan campaign pada #HashtagChallenge dan #PuncakKomedi maka dengan kamu membuat Konten dengan tema seperti diatas. Besar kemungkinan saat Konten yang kamu buat tersebut untuk masuk dalam halaman FYP Tiktok.
Mengoptimalkan Kata Kunci di Tiktok
Kamu juga bisa mengoptimalkan Kata Kunci di Tiktok, terlebih saat kita juga melihat Tiktok cukup banyak menampilkan fitur-fitur pencarian tertentu. Coba cermati hasil pencarian dibawah ini ya.

Kamu bisa melihat saat saya mencoba melakukan pencarian tertentu, ada logo api dikanan kata kunci. Hal ini mengindikasikan bahwa pencarian dengan kata kunci tersebut tinggi.
Saat banyak pencarian dari sebuah Kata Kunci, biasanya akan memberikan ruang distribusi impresi tambahan untuk fitur FYP. Inilah cara fyp di Tiktok dengan memanfaatkan Kata Kunci.
Tidak hanya itu, sebenarnya, kamu bisa belajar langsung dari Konten Kreator di Tiktok yang punya 1,6 Juta Followers di Tiktok lho!
Klik Banner di bawah ini untuk cari tau Kelas Beliau ya!
Responses