tiktok fyp

Panduan Lengkap Cara FYP di Tiktok dengan Mudah! (TERBUKTI)

FYP (For You Page) di Tiktok memang adalah salah satu fitur penting untuk mendapatkan jangkauan yang tinggi dan tentunya Followers kamu bisa meningkat drastis. Tapi gimana cara FYP di Tiktok?

Tenang, kita akan pelajari satu per satu kok.

cara fyp di tiktok
Source: Freepik.com

Sebagai seorang Konten Kreator ataupun orang yang ingin Jualan di Tiktok, kita harus jeli dan tau cara Memaksimalkan Konten kita agar masuk FYP dan meningkatkan interaksi di konten kita.

Pada Artikel ini, kamu akan belajar :

Faktor mempengaruhi FYP Tiktok dan Cara FYP di Tiktok.

Untuk memahami cara FYP di Tiktok dengan Mudah, tentunya kita harus sama-sama mengetahui faktor-faktor apa saja yang diperhitungkan oleh Tiktok sendiri untuk merekomendasikan Konten di FYP.

Dengan memahami ini, kamu pasti akan jauh lebih jelas dan mudah untuk membuat Konten dan melakukan Optimasi pada Tiktok kamu…

Engagement/Interaksi di Konten Tiktok

tiktok fyp
Source: Freepik.com

Sama halnya dengan Instagram atau Media Sosial lain, Tiktok juga mementingkan Interaksi yang terjadi di Konten kamu.

Namun, Engagement di Tiktok itu sedikit berbeda dengan Instagram. Jika Instagram ada 4 Interaksi, Like, Comment, Share dan Save, dan di mana Like dan Save adalah penentu yang terbaik untuk masuk Explore, di Tiktok justru berbeda.

Engagement di Tiktok yang terlihat ada 3, Like, Comment dan Share, tapi, ada 2 Engagement juga yang ternyata sangat penting untuk memengaruhi Konten kita masuk FYP, Interaksi itu adalah, Completion Rate dan Rewatch Rate.

“Wah, maksudnya bagaimana itu Completion Rate dan Rewatch Rate?”

Completion Rate itu adalah, Apakah Video kamu ditonton sampai habis?

Menariknya, semakin Video kamu ditonton sampai habis, semakin Tiktok akan memberi indikasi bahwa Video kamu ini cukup untuk dimunculkan ke FYP banyak orang.

Sementara Rewatch Rate adalah, berapa kali video kamu ditonton berulang-ulang oleh pengguna di Tiktok. Semakin video kamu sering ditonton berulang-ulang, otomatis Tiktok akan memberi indikasi bahwa Video kamu ini bagus.

Pada dasarnya, semua platform media sosial itu ingin pengguna berlama-lama di media sosial mereka bukan? Jadi, wajar saja jika Rewatch Rate ini memiliki faktor yang sangat penting agar konten kamu masuk FYP.

Dan ternyata, ada poin-poin yang dihitung oleh Tiktok, berdasarkan setiap interaksi yang kamu dapatkan di konten kamu, seperti ini:

tiktok point

Masalahnya adalah, bagaimana kita membuat Konten yang membuat pengguna ingin menonton video kita terus-menerus? Mungkin akan saya buat di Artikel yang lain ya, hehehe.

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25

Menggunakan Filter yang lagi Ramai di Tiktok

Jika kamu sering melihat konten-konten di Tiktok, selalu ada yang namanya “tren filter” di Tiktok dalam beberapa waktu tertentu.

Biasanya, karena seasonal event (puasa, natal,dll) atau memang ada campaign tertentu dari Tiktok sendiri.

Dengan menggunakan Filter yang lagi ramai ini, peluang untuk kamu bisa masuk FYP juga akan meningkat lho!

Contohnya seperti ini:

tiktok fyp
Source: Tiktok.com/@stanleyhao

Ya, dengan menggunakan Efek yang disediakan oleh Tiktok, kamu bisa mendapatkan peluang untuk masuk FYP lho!

Efek-efek di Tiktok itu yang seperti ini ya:

tiktok effect

Gunakan Hashtag yang relevan dengan Konten kamu.

Sadarkah kamu, bahwa di Tiktok itu juga ada Hashtag? Sama halnya dengan Platform Media Sosial lainnya.

Tentu dengan menggunakan hashtag, kamu bisa mendapatkan Jangkauan yang lebih luas.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, sebenarnya, Hashtag apa sih yang sebaiknya kita gunakan?

Nah, ada 2 Pilihan Hashtag yang bisa kamu gunakan:

Hashtag yang sedang trending

tiktok hashtag

Kamu bisa temukan Hashtag ini pada bagian pencarian menu utama tiktok kamu ya. Namun, pastikan juga hashtag yang kamu ingin gunakan sesuai dengan Tipe Kontennya.

Hashtag yang Relevan dengan topik konten yang kamu bahas.

tiktok hastag

Kamu bisa temukan Hashtag yang relevan/turunan Hashtag lain di pencarian Hashtag kamu. Pastikan juga Konten dengan Hashtag yang kamu gunakan Relevan.

Walaupun ada beberapa orang yang bilang bahwa dengan menggunakan Hashtag seperti #FYP #ForYouPage akan memberi peluang lebih banyak untuk masuk FYP, tapi hal ini belum ada data yang jelas.

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25

Masuk FYP di Tiktok dengan memanfaatkan Trending Sound

Ternyata bukan hanya isi konten saja, dengan kita melihat Sound apa yang lagi trending di Tiktok, kita bisa memanfaatkan momentum ini untuk masuk FYP lho!

Ini contoh konten yang saya buat dengan memanfaatkan Sound dan masuk FYP di Tiktok.

tiktok analytic
Source: Tiktok.com/@siauwandreas

Tapi, kamu juga harus pastikan dulu, apakah konten kamu relevan tidak dengan Sound yang ingin kamu gunakan. Karena hal tersebut juga diperhatikan oleh Tiktok.

Apalagi audiens yang menonton akan terasa aneh juga jika isi konten kamu/story telling yang konten kamu buat tidak relevan dengan sound yang kamu gunakan.

Sebenarnya, ada sedikit cara “tricky/licik” yang orang-orang gunakan. Mereka tetap memakai Sound yang lagi trending, namun mereka menurunkan Volume Sound tersebut, sehingga meskipun isinya tidak relevan, mereka tetap berpotensi Viral, menarik ya?

Menggunakan Caption yang Interaktif

tiktok caption

Di Tiktok sendiri, Hanya 150 Karakter yang bisa kamu gunakan untuk menulis Caption kamu (sudah termasuk Hashtag).

Jadi memang kamu harus benar-benar memaksimalkan Caption yang kamu gunakan. Apalagi, Caption di Tiktok ini tidak bisa kamu ubah setelah posting konten, beda halnya dengan Instagram ya.

Walaupun memang ada beberapa Kreator yang hanya menulis Caption seperti emoticon saja, atau hanya menggunakan Hashtag.

Namun, Caption ini juga menjadi salah satu faktor yang bisa dibilang penentu agar masuk FYP lho!

Bayangkan jika kamu memberikan Caption yang interaktif dan banyak orang yang berinteraksi, poin-poin agar konten kamu masuk FYP akan ikut meningkat juga.

Posting Konten ketika Followers pada jam FYP!

tiktok analytic

Betul! Memang sudah bukan menjadi Rahasia lagi, bahwa Posting Konten ketika jam FYP Tiktok yaitu pada saat Followers kamu aktif yang merupakan salah satu kunci agar konten kamu bisa lebih Optimal.

Kenapa? Karena coba kamu bayangkan, ketika kamu posting konten tapi tidak ada yang lihat, bukankah hal ini akan terasa sia-sia?

Terkait cara membaca Analitik di Tiktok, sudah saya buat Artikelnya di sini ya.

Isi Konten di Tiktok kamu

content is king
Source: Freepik.com

Sudah tidak dapat dipungkiri, bahwa Konten is King. Isi dan Kualitas Konten yang menarik yang menjadi Kunci agar konten kamu bisa Viral dan masuk FYP di Tiktok.

Masalahnya, mungkin kamu bingung, “konten yang menarik itu seperti apa ya?”.

Nah sebenarnya, Konten yang menarik adalah Konten yang Relevan dengan Audiens kamu.

Maksutnya seperti ini:

Misalkan kamu ingin membahas tentang Skincare/perawatan wajah, kira-kira, audiens kamu butuh konten seperti apa? Masalah mereka apa saja?

  • Bagaimana menggunakan Skincare jika muka saya sensitif?
  • Jika muka tidak berjerawat, apa masih butuh Skincare?
  • Tips memilih Skincare dengan Budget minim?

Mulai kebayang ya? Jadi memang kita perlu untuk Riset Market dan mengetahui apa yang audiens kita butuhkan.

“Mas, kalau barangnya general bagaimana? Misalkan seperti Hijab?”

Betul, kamu tidak bisa menggunakan Edukasi, apalagi jika hijab kamu adalah hijab yang tidak memiliki keunikan khusus.

Nah, kabar baiknya, kamu bisa lebih memainkan Sisi Emosional mereka. Contohnya:

  • Tips OOTD Hijab kencan sama pacar.
  • Warna Hijab Sesuai Mood Cek!
  • Dan masih banyak hal lainnya.

Tidak hanya itu, sebenarnya, kamu bisa belajar langsung dari Konten Kreator di Tiktok yang punya 1,6 Juta Followers di Tiktok lho!

Klik Banner di bawah ini untuk cari tau Kelas Beliau ya!

digital 4 20 2021 13 20 38565 336x280 20 04 2021 13 24 25

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *