tiktok subscriptions

Tiktok Luncurkan Tiktok Subscriptions

Tiktok kembali memberikan fitur baru bernama tiktok subscriptions untuk mendapatkan konten eksklusif dari kreator tiktok.

Tiktok telah mengkonfirmasi bahwa mereka tidak menyelenggarakan tawaran berlangganan ini yang sebenarnya difasilitasi oleh pihak ketiga dimana penawaran ini disiarkan melalui Tiktok live namun bukan menjadi proyek langsung Tiktok.

Platform ini sendiri sedang melakukan uji coba monetisasi konten untuk tayangan series komedi di tiktok.

Monetisasi tiktok ini nantinya menjadi gebrakan baru bagi tiktok dimana aplikasi serta layanan video durasi pendek ini menjadi popular, yang akhirnya membuat tiktok berhadapan dengan berbagai tantangan proses monetisasi.

Salah satu tantangannya adalah laporan masalah untuk creator fund dan beberapa variasi antara Tiktok dan yang akan mereka dapatkan di aplikasi tiktok.

Dimana salah satu masalahnya adalah kreator tiktok mendapatkan hasil yang tidak setara dengan jumlah viewers serta konten yang telah dibuat sebelumnya.

Ditambah beberapa kreator mengaku mendapatkan hasil yang lebih besar dari monetisasi konten di aplikasi lain sehingga bisa saja mereka akan berpindah ke layanan lain yang tentunya memberikan hasil yang lebih besar.

Guna menghadapi persaingan dengan kompetitor lain maka Tiktok mengeluarkan berbagai pilihan monetisasi konten seperti subscriptions, pemberian hadiah saat siaran langsung, integrasi dengan e-commerce, konten brand partnership dengan layanan lainnya.

Tiktok juga mempermudah kreator untuk membuat konten yang lebih variatif dengan memperpanjang durasi video tiktok hingga 10 menit dengan berbagai pilihan opsi konten serta in-stream ads untuk mengubah kebiasaan konsumen.

Dengan fitur baru ini maka tiktok mengharapkan lebih banyak pengguna tiktok yang menghabiskan waktu untuk melihat konten di aplikasi ini, menaikkan kesempatakan eksposure iklan tiktok, dimana memungkinkan kreator untuk membangun pendapatan yang lebih besar serta rasa pengabaian konten tidak ditonton oleh pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, tiktok juga memberikan layanan playlist yang sudah digunakan oleh banyak pengguna tiktok.

Dengan layanan ini maka kreator memungkinkan mengelompokkan konten ke grup yang berbeda yang dapat membawa penonton untuk melihat konten yang mereka sukai.

Adanya layanan playlist ini juga menguntungkan kreator untuk mendapatkan lebih banyak engagement penonton serta aktivitas pada konten anda sedangkan bagi sebuah brand adalah membangun audience yang lebih besar di aplikasi tersebut.

Namun sekali lagi, monetisasi konten tentunya akan memberikan tantangan baru bagi tiktok sehingga menguatkan aplikasi ini untuk eksplorasi jalan baru.

Sumber :

TikTok Launches its First Subscription Comedy Series, Opens Up ‘Playlists’ to More Users | Social Media Today

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.