fitur tiktok add ons

Tiktok Creator Fund : Cara Terbaru Menghasilkan Uang di Tiktok

Pengguna tiktok kini dapat menghasilkan uang dari konten video pendek melalui layanan tiktok creator fund. Pelajari cara menggunakannya dan syarat yang harus dilakukan untuk bergabung di layanan ini.

Tiktok telah menjadi fenomena di antara pengguna social media dimana anda bisa melihat berbagai jenis konten video pendek yang sesuai dengan minat yang diikuti oleh penontonnya.

Tidak jarang tanpa disadari kita telah menghabiskan waktu hanya untuk melihat berbagai konten tiktok yang tersedia tanpa merasa bosan.

Banyaknya pengguna tiktok yang aktif melihat konten setiap harinya akhirnya memunculkan berbagai macam kreator yang menghasilkan berbagai jenis konten tiktok dan mendapatkan perhatian dari penonton hingga jutaan penonton.

Tiktok pun menyadari hal tersebut hingga akhirnya meluncurkan tiktok creator fund yang memungkinkan kreator tiktok menghasilkan uang dari setiap konten yang dilihat oleh penonton.

Namun, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tiktok creator fund tentunya dibutuhkan strategi yang tepat untuk konten tiktok yang disukai oleh penonton untuk mempertahankan penonton yang di dapatkan.

Karenanya berikut beberapa cara mengaktifkan layanan tiktok creator fund serta perkiraan hasil yang akan di dapatkan oleh kreator tiktok.

tiktok creator fund

Apa Itu Tiktok Creator Fund

Tiktok creator fund merupakan dana monetisasi yang di dapatkan oleh kreator tiktok, tidak seperti Youtube yang menghimpun pendapatan kreator dari bagi hasil iklan, namun tiktok creator fund merupakan strategi berbagi hasil dengan pembuat konten di tiktok.

Peluncuran tiktok creator fund sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2021 dengan tujuan untuk kreator yang ingin menghasilkan uang melalui tiktok dengan ciri khas yang dimiliki.

Pada awal peluncurannya, layanan tiktok creator fund mendapatkan sambutan luar biasa dari kreator tiktok mengingat selama ini mereka hanya memperoleh uang dari tiktok melalui kerjasama endorsement produk.

Tiktok sendiri masih belum menyatakan struktur pembayaran yang akan di peroleh dari tiktok creator fund, namun tiktok akan membayar konten yang memenuhi persyaratan umum dengan kompensasi yang setimpal.

Platform satu ini juga akan membayar monetisasi akun dengan menghitung jumlah penonton, interaksi video, serta performa di region khusus.

Sebelum itu, beberapa fakta lain mengenai tiktok creator fund yang sebaiknya kreator ketahui adalah :

  • Tiktok creator fund dimulai pada tahun 2020 dimana platform ini memberikan investasi sebesar $200 juta dengan tujuan mengumpulkan $1 Miliar dollar dalam waktu tiga tahun.
  • Kompensasi untuk tiktok creator fund di dasarkan pada metrik kreator termasuk pengukuran dalam menghitung jumlah penonton serta interaksi yang di dapatkan oleh kreator.
  • Tujuan awal menyediakan tiktok creator fund adalah membuka peluang bagi kreator untuk menjadikan konten yang menarik di tiktok sebagai sumber mata pencaharian sehingga fokus untuk melancarkan karir di tiktok.
  • Layanan monetisasi tiktok ini menekankan pada keaslian konten yang sejalan dengan misi tiktok untuk memberikan inspirasi dan kreativitas.
pexels cottonbro 5081921

Tujuan Menggunakan Tiktok Creator Fund

Tiktok memberikan klaim bahwa peluncura tiktok creator fund adalah mendukung kreator tiktok serta memberikan motivasi lebih dalam membuat konten tiktok yang unik dan asli.

Berikut tujuan lain peluncuran layanan tiktok creator fund :

Mendorong Munculnya Lebih Banyak Konten

Dengan terbukanya peluang untuk mendapatkan penghasilan dari konten tiktok tentunya membuat pengguna tiktok akhirnya tertarik untuk membuat konten yang populer guna mendapatkan tambahan uang dari tiktok.

Tiktok sendiri menyatakan sebanyak 56% pengguna tiktok kini lebih bersemangat untuk membuat video tiktok setelah melihat hasil yang di dapatkan dari tiktok creator fund, pendanaan ini juga menjadi cara kreatif untuk mendorong lebih banyak aktivitas di tiktok serta menghabiskan waktu untuk melihat konten yang disajikan.

Memanfaatkan Popularitas Influencer Tiktok

Salah satu alasan lain untuk membuka aplikasi tiktok setiap hari adalah melihat konten yang disajikan oleh influencer tiktok.

Seorang influencer tiktok yang telah memiliki komunitas sendiri tentunya memiliki keuntungan untuk mendapatkan penonton yang lebih besar serta melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki sehingga memperluas jangkauan konten yang anda unggah,

Melihat perkembangan tiktok influencer yang semakin pesat menjadikan tiktok membuat strategi agar kreator tersebut tetap bertahan di tiktok dan menyajikan konten yang diinginkan oleh komunitas yang dimiliki.

Meskipun tidak diumumkan secara langsung, namun kehadiran tiktok creator fund sebagai bentuk penjagaan dari tiktok agar kreator tidak mencari dan bergabung dengan agensi lain atau melakukan kontrak dengan brand tertentu secara independen.

Membangun Hubungan dengan Influencer Tiktok

Keberadaan influencer tiktok yang konsisten membuat konten yang menarik dan mampu membuat penonton berlama-lama di tiktok tentunya menguntungkan bagi tiktok sendiri.

Sebagai tanda terima kasih serta keinginan membangun hubungan dengan influencer tersebut agar tetap bertahan maka tiktok memberikan hadiah virtual berupa tiktok creator fund.

Tiktok creator fund juga menjadi penanda untuk menentukan kreator terbaik dengan memberikan kompensasi dengan timbal balik dukungan ke tiktok dengan menjadi penyedia promosi di tiktok.

Berapa Hasil di Tiktok Creator Fund

Saat melihat modal yang disiapkan oleh tiktok tentunya membuat kreator akhirnya berharap untuk mendapatkan hasil yang besar dari tiktok creator fund.

Namun dengan banyaknya influencer tiktok yang aktif dan memiliki pengikut yang banyak tentunya anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil dari monetisasi konten video tiktok.

Di sisi lain, tiktok tidak memberikan syarat yang berat bagi kreator yang ingin merasakan pendanaan dari tiktok namun beberapa kreator luar telah memberikan ulasan hasil yang di dapatkan dari tiktok creator fund.

Tiktok sendiri akan membayar konten setiap 1.000 penonton organik yang berhasil di dapatkan kreator dari sebuah konten tiktok dan tentunya akan terus meningkat apabila video anda telah mencapai jutaan penonton.

Hasil yang tidak cukup banyak mungkin akan membuat kreator berfikir ulang untuk memanfaatkan tiktok creator fund namun pendanaan ini juga bisa menjadi motivasi bagi kreator untuk tetap menyajikan konten terbaik serta berkreasi pada konten yang dibuat agar bisa mendapatkan jumlah penonton hingga jutaan secara rutin.

Untuk saat ini, kreator luas bisa mencairkan pendanaannya melalui layanan Paypal atau Zelle namun jika tiktok creator fund sudah masuk ke Indonesia, mungkin saja tiktok akan memberikan pilihan pembayaran pendanaan digital yang lebih luas sesuai dengan kebutuhan kreator tiktok.

pexels solen feyissa 5744245

Syarat Mendaftar di Tiktok Creator Fund

Melakukan hobi yang disukai dan di bayar oleh orang lain tentunya menjadi keinginan semua orang termasuk pengguna tiktok yang hobi membuat konten video pendek.

Meskipun begitu untuk membuat tiktok membayar konten yang anda unggah tentunya anda perlu memenuhi syarat-syarat tertentu yang diajukan oleh tiktok.

creator

Karenanya berikut beberapa syarat untuk mendaftar di tiktok creator fund :

  • Memiliki akun professional yang bisa anda ubah secara mudah di halaman profil tiktok.
  • Memiliki setidaknya 10.000 pengikut di tiktok.
  • Menerima 100.000 penonton dalam jangka waktu sebulan.
  • Konten yang diunggah bersifat original dengan tidak meniru postingan orang lain.
  • Berumur 18 tahun dan mentaati segala peraturan yang diajukan oleh tiktok.
tiktok creator tools

Cara mendaftar di tiktok creator fund juga cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke halaman pengaturan kemudian pilih ikon creator tools di bawah creator next dimana anda akan menemukan ikon creator fund.

pexels tara winstead 7111593

Bagaimana Tiktok Membayar Konten

Tiktok menjelaskan bahwa tiktok creator fund bukan program bagi hasil seperti yang dilakukan di social media lain, sehingga hasil yang akan di dapatkan nantinya berdasarkan performa dan beberapa faktor yang mungkin berubah sesuai dengan pembaruan dari tiktok.

Peluncuran tiktok creator fund yang masih awal mungkin saja menimbulkan kritik diantara kreator tiktok namun platform ini tentunya akan melakukan pembaruan untuk memberikan pembayaran yang terbaik bagi kreator.

Tiktok menyatakan beberapa faktor yang menjadi alat pengukuran monetisasi konten adalah : jumlah audiens video tiktok, keaslian konten, serta interaksi yang di dapatkan di postingan tersebut.

Pembayaran tiktok creator fund sendiri di hitung setelah tiktok menghitung sebuah performa konten tiktok dalam waktu sebulan dan akan di bayarkan ke akun pembayaran yang telah di daftarkan oleh kreator.

Jika anda telah mematuhi segala persyaratan tersebut maka anda memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari tiktok creator fund, namun sebelum mendalami peraturan tersebut tentunya anda juga sebaiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiktok creator fund.

tiktok 5390055 640

Kelebihan dan Kekurangan Tiktok Creator Fund

Di awal peluncurannya, tentunya fitur tiktok creator fund tentunya menimbulkan pro kontra di kalangan kreator tiktok, baik dari segi pembayaran atau penghitungan konten yang dinilai tidak sesuai dengan ekspektasi.

Karenanya berikut kelebihan dan kekurangan tiktok creator fund yang bisa menjadi bahan pertimbangan :

Mendapatkan Uang di Tiktok

Saat pertama kali anda membuat konten tiktok tentunya anda hanya membuatnya untuk bersenang-senang.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, konten tiktok yang anda buat ternyata mendapatkan perhatian lebih dari pengguna tiktok sehingga mulai muncul tawaran kolaborasi konten dari brand-brand tertentu yang tentunya membuka peluang mendapatkan uang di tiktok.

Hasil yang bertambah banyak mungkin saja membuat anda berfikir untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari tiktok.

Keberadaan layanan tiktok creator fund tentunya membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan uang dari tiktok dengan mendapatkan hasil dari setiap konten tiktok yang viral.

Semakin besar hasil yang anda dapatkan di tiktok tentunya menjadi motivasi sendiri untuk melakukan inovasi pada setiap konten yang dibuat untuk mempertahankan performa konten tiktok untuk tetap mendapatkan jumlah penonton yang konsisten.

Penghasilan yang Tak Terbatas

Kelebihan algoritma instagram yang mungkin jarang anda sadari adalah kemampuan tiktok untuk menaikkan konten yang sudah lama anda unggah ke halaman for your page.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan hasil pembayaran yang lebih banyak dari konten yang telah di unggah sebelumnya.

Cara ini juga bisa membuat kreator mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas sehingga tidak bergantung pada konten yang baru anda unggah atau viral di tiktok.

Tidak hanya itu, tiktok juga tidak memberikan batasan jumlah penonton yang anda dapatkan sehingga jika konten tiktok viral anda terus menerus di tonton oleh pengguna tiktok maka akan membuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang tak terbatas.

Jumlah Penonton Tiktok di Hapus

Beberapa kreator luar yang telah lebih dulu menggunakan layanan tiktok creator fund menyatakan tiktok telah menghapus jumlah penonton yang di dapatkan sehingga mereka tidak bisa mendapatkan hasil monetisasi akun yang kurang maksimal.

Meskipun begitu, tiktok membantah mitos tersebut dan menyatakan bahwa tiktok creator fund tidak memiliki hubungan dengan algoritma tiktok sehingga kemungkinan penonton video menjadi sedikit karena banyaknya kreator tiktok lain yang menggunakan layanan ini.

Pembayaran Konten yang Masih Rahasia

Salah satu rahasia yang menjadi keraguan di kalangan kreator tiktok adalah jumlah pembayaran konten yang diterima oleh kreator.

Meskipun terdapat beberapa desas desus yang beredar mengenai jumlah pembayaran yang di dapatkan namun perjanjian antara kreator dengan tiktok memperlihatkan bahwa metrik serta informasi pembayaran konten masih bersifat rahasia.

Komitmen Membuat Konten Tiktok

Salah satu tantangan terberat dalam menjalani tiktok creator fund adalah konsisten membuat konten tiktok setiap hari untuk mempertahankan jumlah penonton video.

Di sisi lain, seorang kreator tentunya membutuhkan waktu untuk mencari inspirasi serta membuat konten video sebelum akhirnya diluncurkan di tiktok yang tentunya bisa membutuhkan waktu yang cukup lama.

Apalagi jika konten yang diunggah merupakan konten lifestyle, memasak, atau kuliner yang membutuhkan waktu lebih lama.

Di tambah lagi, kreator juga perlu memastikan kualitas konten yang diunggah tetap dalam keadaan terbaik sehingga penonton anda tidak beralih ke akun tiktok lain yang menyebabkan penurunan performa konten tiktok.

Hal ini tentunya akan membuat kreator merasa membuat konten tiktok sebagai sebuah pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dan bukan lagi hobi yang bisa dikerjakan di waktu luang.

Jumlah Pengikut dan Engagement yang Tidak Bertambah

Meskipun kreator mengunggah konten dengan konsisten setiap hari untuk mempertahankan pendapatan di tiktok, namun strategi ini tidak berpengaruh pada jumlah pengikut dan interaksi yang anda miliki.

Sebaliknya, bisa saja akun tiktok mengalami penurunan jumlah followers sebab konten yang diunggah terus menerus sehingga membuat penonton merasa bosan serta kehilangan rasa senang saat menonton konten tiktok anda.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi jumlah interaksi yang berkurang sehingga membuat konten tiktok anda sulit masuk ke halaman tiktok fyp.

tiktok 5277728 640

Optimasi Konten Tiktok

Setelah berhasil bergabung ke tiktok creator fund tentunya langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mempertahankan performa konten tiktok agar tetap bisa masuk ke halaman fyp sehingga mengamankan hasil dari tiktok creator fund setiap bulannya.

Guna mempertahankan performa konten tiktok anda berikut beberapa strategi yang bisa digunakan untuk optimasi konten tiktok.

Rancang Strategi Hastag

Saat sedang membuka sebuah konten, biasanya anda akan menemukan berbagai variasi hastag yang digunakan untuk meningkatkan performa video tiktok.

Karenanya penting bagi kreator yang baru memulai membuat akun tiktok atau sudah lama berkecimpung di dunia tiktok untuk membuat rencana strategi hastag yang dapat untuk menaikkan keberadaan konten anda di mata pengguna tiktok.

Dalam membuat strategi hastag yang sesuai maka dibutuhkan juga website atau tools yang dapat membantu untuk memilih tagar serta aplikasi yang dapat menyimpan dokumen hastag yang bisa dipakai seusai dengan kebutuhan konten.

Bagi sebuah akun tiktok baru maka anda bisa menggunakan variasi hastag yang banyak sampai anda mendapatkan lebih banyak penonton serta mendapatkan performa konten tiktok yang stabil.

Beberapa kreator tiktok juga menyarankan untuk melakukan variasi konten tiktok hastag yang panjang dan menggunakan kata kunci yang sedang viral untuk membuka kesempatan masuk ke dalam halaman fyp.

Berbagai kata kunci serta hastag tersebut bisa anda temukan di halaman explore dimana anda akan menemukan berbagai tagra yang sedang viral dan sering digunakan oleh kreator tiktok.

Namun penggunaan hastag tiktok trending biasanya berubah dengan cepat sehingga penting bagi anda untuk terus menerus melakukan pembaruan tagar yang akan digunakan.

Di sisi lain, jika akun tiktok anda telah memiliki pengikut setia dan komunitas yang kuat maka anda juga bisa menggunakan tiktok hastag yang sedang naik daun atau menggunakan kata kunci khusus agar mudah ditemukan oleh penonton tiktok.

Waktu Aktif Konsumen

Sama seperti media sosial lainnya, tiktok juga memiliki data waktu aktif konsumen yang menunjukkan waktu konsumen melihat dan melakukan interaksi dengan konten anda.

Dengan mengunggah konten tiktok pada waktu tersebut maka konten anda akan mendapatkan perhatian lebih banyak sehingga membuka kesempatan untuk masuk ke halaman for your page.

Kreator juga bisa mengecek waktu aktif konsumen dengan mudah yakni dengan masuk ke dalam halaman pengaturan tiktok dimana anda bisa mengecek waktu-waktu yang biasa digunakan oleh konsumen.

Anda juga bisa menggunakan layanan dari website social media management untuk mengecek waktu aktif konsumen sehingga anda bisa mengunggah konten pada waktu yang tepat.

Di sisi lain, jika anda baru memulai karir di tiktok dan belum menemukan waktu aktif konsumen maka anda bisa mengunggah konten di pagi hari, jam makan siang, atau malam hari saat konsumen mulai istirahat dan membuka aplikasi tiktok.

Namun anda juga bisa meniru waktu aktif konsumen dari kompetitor lain sehingga konten anda akan di rekomendasikan ke konsumen lain yang memiliki minat yang sama.

Penggunaan waktu aktif konsumen juga penting mengingat terdapat ribuan konten tiktok yang beredar setiap hari sehingga penting untuk menggunakan hastag yang sesuai sembari mengunggah konten di waktu yang telah di himpun oleh tiktok.

Naikkan Konten Tiktok di Platform Lain

Sudah melakukan strategi optimasi konten namun video tiktok anda belum viral? maka strategi lain yang bisa anda gunakan adalah menaikkan konten di platform lain.

Hal ini bisa anda lakukan mengingat seorang influencer juga bisanya memiliki platform social media lain, seperti instagram, facebook, atau twitter.

Dengan jumlah pengikut yang lebih banyak tentunya bisa anda gunakan untuk menaikkan konten tiktok sehingga akun tiktok anda mendapatkan kunjungan yang lebih banyak dibandingkan biasanya.

Salah satu cara untuk menaikkan konten tiktok adalah mengunggahnya di konten reels dimana fitur instagram ini memiliki format yang sama dengan tiktok sehingga memudahkan anda untuk mempromosikan akun dan konten tiktok yang anda kembangkan.

Akan tetapi, strategi satu ini kurang direkomendasikan untuk mempromosikan konten tiktok dengan rutin mengingat algoritma instagram kurang menyukasi konten yang berasal dari platform lain sehingga konten yang anda unggah bisa saja kurang mendapatkan perhatian sehingga kurang viral di instagram.

Namun, anda juga bisa mempromosikan akun tiktok anda dengan melakukan unggahan konten foto di instagram dan facebook untuk memikat pengikut anda yang memiliki akun tiktok untuk mengikuti akun tiktok anda.

Melakukan promosi dengan kontes give away juga dapat membantu menaikkan jumlah pengikut dan kunjungan ke akun tiktok anda.

Sumber:

Is the TikTok Creator Fund Worth It? Everything You Need to Know (hootsuite.com)

TikTok Creator Fund: How It Works and What to Expect | Sprout Social

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.