pexels pixabay 267447

Tiktok Menjadi Platform Pencarian Untuk Audience Gen Z

Tiktok kini menjadi platform pencarian bagi pengguna di usia muda untuk mencari solusi di internet.

Penggunaan Google kerap kali menjadi pilihan saat mencari segala sesuatu yang memerlukan jawaban dengan segera.

Hanya dengan memasukkan kata kunci tertentu, anda sudah bisa menemukan berbagai solusi dari masalah anda dengan mudah dan efektif.

Di sisi lain, bagi kalangan anak muda, penggunaan Google sudah bergeser dengan adanya Tiktok sebagai platform pencarian terbaru.

Di tambah lagi, Tiktok sudah menjadi platform yang familiar di kalangan pengguna millenial yang kerap kali menghabiskan waktu dengan melakukan scrolling konten tiktok.

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan dari wakil presiden senior Google yang menyatakan bahwa 40% anak muda tidak menggunakan Google sebagai platform pencarian, namun beralih ke Instagram atau Tiktok. Meskipun begitu, Google tidak menganggap perubahan ini tidak menjadi ancaman yang serius.

Fakta ini juga tidak terlalu mengejutkan, namun volume pencarian tersebut dapat mengimplikasikan bahwa ratusan juta pencarian yang biasa dilakukan oleh Google setiap menit yang digantikan oleh Tiktok dan Instagram, memberikan wawasan baru bagi pelaku usaha yang memiliki konsumen anak muda dan ingin terhubung dengan mereka untuk memaksimalkan peluang tersebut.

Sebuah motivasi menggunakan Tiktok sebagai platform pencarian sendiri sudah muncul sejak tahun 2019, mengingat saudaranya yakni Douyin telah menuai sukses besar sebagai platform pencarian yang merekomendasikan berbagai tempat kuliner dan berbelanja, serta kesempatan untuk mendapatkan kupon potongan harga.

Peluang ini juga semakin terbuka mengingat banyaknya pengguna Tiktok yang menggunakan platform ini untuk menemukan tren dan produk terbaru serta jalan potensial untuk menjangkau audiens baru, dan memaksimalkan minat online.

platform pencarian tiktok

Di tambah lagi, Tiktok tengah melakukan eksperimen dengan linked keywords yang bisa ditautkan pada kolom komentar serta deskripsi video yang akan membawa penonton untuk menemukan dan bergabung bersama mereka melalui trend yang lebih luas.

Hal ini juga akan membantu dalam hasil pencarian yang relevan serta memfasilitasi kegiatan dalam mencari produk atau akun tertentu.

Penggunaan linked keyword juga membantu pelaku usaha dalam menaikkan brand awareness serta menaikkan beberapa produk khusus yang sedang naik daun di toko anda.

Di sisi lain, sebuah survey dari Cloudfare.com, Tiktok telah mengakuisisi Google sebagai domain yang paling banyak dikunjungi di dunia pada tahun 2021.

Sumber:

TikTok is Fast Becoming a Key Search and Discovery Platform for Younger Audiences | Social Media Today

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.