apa itu whatsapp community

WhatsApp Comunnity : Fitur Chat Group dengan Kontrol Admin

Kenali lebih dalam mengenai fitur whatsapp community yang membantu komunikasi dengan banyak orang di satu grup besar dengan kontrol admin yang ketat.

Bagi pengguna whatsapp tentunya tidak asing dengan layanan grup yang ada di aplikasi sejuta umat ini. Adanya layanan ini memudahkan komunikasi antara satu orang dengan beberapa orang dalam jumlah banyak.

Keberadaan fitur grup ini tentunya menguntungkan untuk komunikasi yang terarah dengan banyak orang dan kerap kali digunakan untuk keperluan bisnis atau komunitas yang dimiliki.

Sayangnya meskipun layanan grup ini memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya namun fitur ini juga memiliki kelemahan yang juga dapat merugikan penggunanya.

Salah satu kelemahan dari whatsapp group adalah pengguna diberikan limitasi dalam menambahkan jumlah orang di satu grup sehingga tidak semua orang bisa bergabung di satu grup.

Hal ini tentunya membuat whatsapp group kurang cocok dijadikan sebagai tempat untuk diskusi dalam jumlah besar sehingga terbatas pada beberapa orang tertentu saja.

Untungnya saat ini platform Whatsapp mengeluarkan inovasi baru yang tentunya cocok bagi pengguna whatsapp yang ingin melakukan diskusi dengan banyak orang yakni whatsapp community.

Sebelum menggunakan layanan whatsapp community ketahui dulu fitur yang tersedia dan juga keguanaan whatsapp community bagi penggunanya.

whatsapp community

Apa Itu WhatsApp Community

Bertambahanya pengguna whatsapp yang terus bertambah setiap harinya menjadikan platform ini terus melakukan inovasi guna memudahkan komunikasi antar penggunanya.

Kali ini whatsapp meluncurkan layanan whatsapp community dimana admin dapat mengumpulkan lebih banyak orang dalam satu tempat untuk melakukan diskusi berupa chat atau tulisan dan bahkan mengirimkan file dengan ukuran yang besar.

whatsapp community

Layanan ini tentunya berbeda dengan whatsapp group dimana penggunanya diberikan batasan jumlah pengguna yang dapat masuk ke dalam sebuah grup.

Fitur whatsapp community ini pun masih dalam tahap pembenahan oleh whatapp namun untuk ke depannya layanan ini tentunya berguna bagi pengguna yang aktif dalam berbagai komunitas untuk mengumpulkan lebih banyak orang dalam satu tempat khusus.

Keuntungan lainnya dari menggunakan layanan whatsapp community adalah pengguna dapat membuat grup yang lebih kecil sehingga memudahkan diskusi untuk beberapa orang tertentu untuk mendiskusikan topik lain di luar bahasan whatsapp community.

Fitur ini tentunya menguntungkan bagi perusahaan besar yang memiliki banyak anggota dan perlu pengawasan yang ketat agar semua rencana berjalan dengan lancar.

Menurut Mark Zuckerburg, founder dari Facebook yang juga telah mengakuisisi whatsapp menyatakan ke depannya whatsapp community akan berfokus pada pengembangan feeds yang akan memudahkan penggunanya menemukan teman dan juga konten secara online.

Hal ini dilakukan karena whatsapp community nantinya akan membawa peraturan dasar dimana antar pengguna dapat melakukan komunikasi secara dua arah yang nantinya akan membawa mereka ke dalam komunitas yang lebih besar untuk mencari banyak orang yang sejalan dengan visi dan misi yang dikembangkan.

fitur whatsapp community

Fitur WhatsApp Community

Meskipun saat ini whatsapp community masih dalam tahap pengembangan namun layanan ini telah memiliki berbagai fitur yang tentunya berguna bagi pengguna untuk komunikasi dengan pengguna lainnya.

Fitur ini nantinya juga akan memudahkan admin dalam mengontrol konten yang kurang pantas yang dikirimkan oleh pengguna whatsapp community.

Karenanya berikut beberapa fitur whatsapp community yang nantinya bisa dinikmati oleh pengguna whatsapp.

Whatsapp Community Memiliki Kontrol yang Ketat

Banyaknya pengguna whatsapp yang tergabung dalam satu grup besar tentunya menjadikan whatsapp memberikan kontrol yang ketat agar penggunanya merasa nyaman dalam bergabung di satu grup besar.

Salah satunya adalah kebebasan bagi admin untuk mengeluarkan anggota yang dirasa melanggar peraturan di grup atau mengirimkan foto atau video yang kurang pantas sehingga membuat anggota lain merasa tidak nyaman.

Dengan penghapusan member tertentu maka anggota tidak akan bisa lagi menggunakan link yang sama untuk masuk ke grup whatsapp community yang pernah diikuti sebelumnya.

Salah satu fitur unggulan whatsapp yakni end to end encryption feature juga dihadirkan di layanan whatsapp community yang dapat memberikan perlindungan pada setiap pesan yang masuk ke dalam grup tersebut.

Tidak hanya itu, privasi dari anggota yang ada di whatsapp community tersebut juga dijaga dengan baik sehingga apabila anggota merasa tidak nyaman apabila nomornya dicantumkan maka bisa menyembunyikannya sehingga hanya anda dan juga admin yang dapat melihat nomor anda.

Cara ini tentunya membuat anggota grup terlindungi privasinya sehingga nomor telepon yang dimiliki tidak bisa tersebar dengan mudah.

Undangan Grup WhatsApp Community

Social media menjadi tempat yang tepat bagi pengguna internet untuk mencari kenalan baru di dunia maya dengan berbagai pilihan yang beragam.

Cukup dengan membuat akun social media maka pengguna internet bisa terhubung dengan berbagai grup komunitas secara mudah dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Meskipun begitu, hal ini tidak mungkin anda lakukan apabila ingin bergabung di grup whatsapp community.

Hal ini dikarenakan, pengguna whatsapp memerlukan undangan terlebih dahulu untuk membawa anda ke grup whatsapp community yang dimiliki.

Sehingga pengguna internet tidak mungkin untuk mencari grup di kolom pencarian dan kemudian bergabung sebagai anggota grup whatsapp community.

Adanya undangan grup ini tentunya memudahkan bagi admin untuk mengundang banyak orang dengan cepat sehingga tidak perlu mengirim pesan satu persatu.

Tidak hanya itu, kehadiran undangan ini juga meminimalisir adanya anggota grup whatsapp community yang masuk secara ilegal dan kemudian mengacaukan keadaan grup yang dimasuki.

Kehadiran penyusup di grup tentunya akan membuat anggota merasa tidak nyaman karena bisa saja konten yang dikirimkan berisi gambar atau video yang kurang pantas atau mengirimkan spam chat yang tentunya mengganggu anggota grup lain akibat notifikasi grup yang tidak kunjung berhenti.

Penalti Bagi Komunitas yang Berbahaya

Whatsapp community sendiri hadir guna mengakomodasi kebutuhan pengguna instagram yang membutuhkan ruang besar sebagai tempat diskusi dengan banyak orang.

Disisi lain, kehadiran whatsapp community bisa menjadi boomerang dengan dimanfaatkan menjadi tempat berkumpulnya beberapa orang yang menggunakan layanan ini untuk tujuan yang tidak baik yang menyebarkan konten yang tidak pantas.

Meskipun begitu, pengguna whatsapp dapat mencegah munculnya berbagai grup whatsapp community yang dirasa kurang pantas dengan melaporkan grup atau konten tersebut ke platform whatsapp.

Selanjutnya whatsapp akan melanjutkan laporan tersebut untuk ditindaklanjuti apakah konten atau grup tersebut melanggar atau tidak.

Beberapa hari setelah pengguna whatsapp mengirimkan laporan tersebut maka pelapor akan diberikan pemberitahuan mengenai kelanjutan grup tersebut.

Apabila grup atau konten dirasa melanggar peraturan yang ditetapkan oleh whatsapp maka grup tersebut akan hilang secara permanen.

Adanya fitur report ini tentunya menguntungkan pengguna whatsapp untuk melaporkan grup yang dirasa melanggar peraturan whatssapp dan menjaga lingkungan whatsapp terjaga dengan baik.

Diskusi Melalui Telefon atau Chat

Salah satu fungsi utama dari whatsapp adalah memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi secara tulisan atau suara dengan pengguna whatsapp lainnya.

Hal ini juga bisa ditemukan di fitur whatsapp community dimana kreator bisa mengirimkan pesan secara tulisan atau suara ke banyak anggota untuk dibaca dan juga direspon oleh penghuni grup lainnya.

Meskipun begitu, pengguna sebaiknya menggunakan pilihan bahasa yang baik agar dapat dipahami oleh anggota lainnya dan mengirimkan pesan pada waktu tertentu saja sehingga tidak mengganggu aktivitas anggota grup yang mungkin sedang melakukan kegiatan lain.

Ekspresikan Diri Melalui Beragam Emoticon

Percakapan yang cenderung serius mengenai topik tertentu di whatsapp community tentunya akan membuat anggota grup lain terasa bosan sehingga lambat laun meninggalkan grup pembahasan yang admin bangun.

Karenanya untuk mencairkan suasana diskusi yang cenderung tegang maka pengguna whatsapp community dapat mengirimkan berbagai emoticon lucu guna merespon percakapan yang dilempar sehingga suasana grup menjadi hidup.

Penggunaan emoticon sendiri tidak hanya membuat suasana grup menjadi lebih asik namun juga bisa menjadi ikon penguman sehingga isi penguman bisa lebih mudah dipahami oleh pengikut grup anda sehingga tidak perlu bertanya dua kali.

Kehadiran emoticon tentu saja tidak lengkap dengan adanya video pendek bergerak seperti GIF yang menghadirkan berbagai ekspresi melalui gerakan video yang lucu dan membuat orang tertawa.

Ke depannya mungkin saja fitur GIF akan hadir menemani fitur emoticon sehingga isi dari grup whatsapp community menjadi lebih cair dan dapat merangkul seluruh anggota grup.

Kirim Dokumen dengan Ukuran Tertentu

Dengan banyaknya pengguna whatsapp yang bisa ditampung di grup whatsapp community tentunya pengguna tidak hanya bisa mengirimkan pesan suara atau telefon dengan banyak orang.

Anggota grup whatsapp communitu juga diberikan keleluasan dalam mengirim dokumen berupa file pekerjaan atau video yang berkaitan dengan topik yang dibahas di grup tersebut.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengguna whatsapp yang menggunakan grup whatsapp community sebagai tempat diskusi pekerjaan atau komunikasi dengan berbagai divisi dengan anggota yang banyak.

cara kerja whatsapp community

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Community

Sebagai fitur baru yang tengah dalam proses peluncuran oleh whatsapp, beberapa pengguna whatsapp mungkin saja kurang mengetahui cara kerja whatsapp community.

Disisi lain, hadirnya whatsapp community nantinya akan membantu pengguna whatsapp untuk berkomunikasi dua arah dengan banyak orang di satu tempat yang aman.

Karenanya berikut cara kerja whatsapp community yang mulai dari membuat grup hingga mengumpulkan anggota grup di satu tempat.

Pertama, admin whatsapp community akan mengundang beberapa anggota baru di grup menggunakan undangan link sehingga memudahkan kreator untuk mengirimkan undangan ke beberapa orang sekaligus.

Kedua, setelah anggota grup terkumpul maka admin diberikan kebebasan untuk menambah atau mengeluarkan penghuni komunitas apabila dirasa melanggar peraturan yang ditentukan oleh grup atau whatsapp.

Tidak hanya itu, admin juga diberikan kekuasaan dalam menyebarkan pengumuman di melalui portal pengumuman grup yang bisa dibaca oleh anggota lainnya.

Kekuasaan lainnya yang didapatkan oleh admin whatsapp community adalah kemudahan dalam ikut membuat grup kecil yang dapat diisi oleh anggota grup yang telah disetujui sebelumnya sehingga anggota tidak bisa seenaknya keluar masuk grup kecil lain tanpa persetujuan admin.

Peraturan lain yang hanya bisa ditemukan di layanan whatsapp community adalah kebijakan mengirim pesan berantai.

Keberadaan pesan berantai terkadang meresahkan banyak pengguna whatsapp karena menjadi sumber penyebaran informasi palsu yang akhirnya mengubah persepsi anggota grup dan menimbulkan keresahan banyak orang.

Whatsapp pun mengerti fenomena ini sehingga memutuskan memberikan limitasi terhadap pengiriman pesan berantai, salah satunya adalah ketika anggota telah mengirimkan pesan berantai maka pesan tersebut hanya bisa dikirimkan ke dalam satu grup.

Cara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran informasi yang ternyata palsu dan tidak sesuai dengan kenyataan sehingga mengurangi tersebarnya pesan ke banyak orang.

Admin whatsapp community juga diberikan kebebasan dalam mengatur pesan yang masuk dan menghapus pesan yang sekiranya tidak relevan dengan topik grup.

Selain itu, admin juga bertanggung jawab untuk mengirimkan dokumen penting dengan maksimal ukuran 2Gb sehingga tidak memberatkan media penyimpanan anggota lain.

Ingin membuat diskusi dengan anggota menjadi lebih seru dan lain dari biasanya? maka admin bisa memanfaatkan fitur voice calls yang dapat diakses oleh seluruh anggota secara langsung.

Layanan ini tentunya memudahkan admin dan anggota grup untuk mendiskusikan masalah dan topik penting dari berbagai tempat tanpa perlu berkumpul di satu tempat terlebih dahulu.

Berbagai pengaturan di whatsapp community tidak hanya menguntungkan bagi admin namun juga bagi pengguna whatsapp lainnya.

Bagi pengguna whatsapp yang aktif mengikuti berbagai komunitas dan memiliki banyak teman yang tersebar di banyak tempat tentunya memiliki peluang besar untuk diundang di grup whatsapp community.

Disisi lain, terkadang seseorang tidak bisa bergabung di banyak grup whatsapp community karena kegiatan yang padat sehingga kesulitan untuk terus mendapatkan informasi dari grup yang sebetulnya tidak ingin diikuti.

Bergabung di banyak grup whatsapp community yang tidak sesuai juga berpotensi membuat gadget anda lebih mudah kehabisan baterai atau paket data yang tentunya merugikan pengguna whatsapp karena handphone tidak bisa diakses untuk keperluan penting.

Tidak hanya itu, akun yang ramai dengan grup whatsapp community tentunya memungkinkan pengguna untuk kehilangan waktu istirahat karena memilih untuk membuka handphone selama berjam-jam dibandingkan mengistirahatkan tubuh.

Karenanya untuk menghindari undangan dari grup whatsapp community yang tidak diinginkan maka pengguna whatsapp bisa mengatur siapa saja orang yang dapat mengundang anda ke grup tertentu.

Tidak hanya itu, apabila pengguna whatsapp terlanjur bergabung di grup whatsapp community tertentu namun merasa kurang nyaman dengan lingkungan dan topik yang diangkat maka pengguna bisa meninggalkan grup secara diam-diam.

Hal ini tentunya tidak anda temukan di grup whatsapp biasa dimana pengguna akan meninggalkan pemberitahuan apabila keluar dari grup.

Selain itu, jika pengguna merasa grup whatsapp community yang diikuti melanggar peraturan whatsapp atau berisi konten yang kurang pantas maka pengguna bisa melaporkan grup tersebut untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh whatsapp.

Namun sebelum whatsapp meluncurkan layanan whatsapp community ke pasaran tentunya platform ini akan mengetes dulu penggunaan layanan ini ke komunitas yang ditunjuk langsung oleh whatsapp.

Apabila layanan ini sudah sesuai dengan keinginan konsumen maka ke depannya whatsapp akan meluncurkan layanan ini ke pasaran sehingga bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Dengan diluncurkannya layanan ini diharapkan pengguna whatsapp semakin nyaman menggunakan layanan serta menjadikan whatsapp sebagai tempat diskusi yang tepat serta menjangkau komunitas yang lebih luas.

serba-serbi whatsapp community

Serba-Serbi WhatsApp Community

Penggunaan whatsapp community tentunya mengutungkan bagi beberapa keperluan seperti mengumpulkan karyawan di sebuah perusahaan besar atau mengenal wali murid di suatu sekolah dengan mudah.

Hal ini dilakukan karena anggota di suatu komunitas tersebut tentunya memerlukan informasi terbaru mengenai kegaiatan yang dilakukan seperti karyawan yang membutuhkan informasi mengenai performa pekerjaannya atau wali murid yang membutuhkan jadwal kegiatan sang anak.

Tidak hanya itu, bagi komunitas yang bergerak di bidang khusus tentunya membutuhkan tempat diskui yang aman serta nyaman dan tentunya dapat mengundang orang lain dengan mudah menggunakan link tertentu.

Semua kebutuhan ini tentuya bisa dijawab dengan mudah oleh whatsapp community. karenanya sebelum menggunakan layanan ini maka pengguna sebaiknya mengetahui trivia mengenai layanan dari whatsapp ini.

Apakah WhatsApp Community Bersifat Private?

Keberadaan grup whatsapp community yang diatur oleh admin dan juga anggota yang memerlukan verifikasi khusus untuk masuk ke grup yang diinginkan tentunya membuat layanan whatsapp community menjadi fitur privat yang hanya dapat diakses oleh beberapa orang tertentu.

Whatsapp sendiri menyatakan bahwa layanan whatsapp community ini bersifat tertutup dan tidak seperti platform social media lain dimana penggunanya bisa mencari grup atau komunitas yang sekiranya sesuai dengan minat dan bisa keluar masuk sesuka hari.

Tidak hanya itu, layanan whatsapp sendiri sudah sejak lama memiliki peraturan keamanan guna memastikan percakapan anda dengan orang lain aman sehingga membuat komunikasi dengan pengguna whatsapp lain menjadi lebih nyaman.

Beberapa peraturan keaman yang dapat ditemukan di whatsapp community adalah :

Kontrol Grup di Bawah Admin

Kebebasan bagi admin grup untuk mengatur percakapan di dalam grup. Pemilik grup dapat memilih siapa saja yang dapat masuk ke grup yang telah dibentu dan mengeluarkan anggota yang dianggap tidak mematuhi peraturan.

Tidaak hanya itu, anggota yang telah dikeluarkan dari grup juga tidak bisa bergabung kembali karena kreator menghapus link untuk masuk ke grup yang telah dihuni sebelumnya.

Selain itu, apabila admin melihat pesan yang dirasa kurang pantas dan membuat anggota lain kurang nyaman maka admin bisa menghapus isi pesan tersebut sehingga tidak dilihat lagi oleh anggota grup.

Kebebasan Untuk Menolak Tawaran Grup

Kemudahan dalam mengirim link grup community oleh admin ke orang lain terkadang membuat seorang pengguna whatsapp mau tak mau menerima permintaan bergabung ke grup tersebut apalagi jika yang mengajak adalah orang terdekat dan kenal anda.

Karenanya agar pengguna instagram tidak sembarangan menerima permintaa grup community dari orang lain maka anda dapat memilih siapa saja yang dapat mengundang anda ke dalam grup.

Hal ini dilakukan untuk hidup yang lebih tenang dan jauh dari notifikasi grup yang mengganggu ketenangan hidup anda.

Kapan WhatsApp Community Rilis?

Saat ini whatsapp tengah memilih beberapa negara yang akan menjadi uji coba layanan ini dan menunggu ulasan dari pengguna whatsapp yang telah mencobanya berbagai fitur dan keuntungan yang di dapatkan.

Setelah whatsapp mendapatkan banyak ulasan dari penggunanya maka platform ini akan membenahi layanan yang dirasa kurang sebelum diluncurkan ke khalayak ramai.

Diharapkan hadirnya layanan ini dapat memudahkan pengguna whatsapp berkomunikasi dalam satu payung yang sama sehingga memudahkan pertukaran informasi dan juga komunikasi antar anggota satu sama lain.

Dimana Saja WhatsApp Community Tersedia?

Kejutan lain muncul dari whatsapp community dimana layanan ini tidak hanya hadir di Whatsapp namun juga layanan facebook dimana bernaung di satu payung yang sama bernama Meta.

Akankah instagram akhirnya juga ikut bergabung dengan whatsapp community? kita tunggu gebrakan selanjutnya dari whatsapp dan juga Meta.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.