cara maksimalkan facebook post

Tips Maksimalkan Facebook Group Efektif

Manfaatkan facebook group untuk meningkatkan engagement facebook serta interaksi yang efektif dengan konsumen di artikel berikut.

Bagi pengguna facebook tentunya tidak asing dengan kehadiran facebook group, salah satu fitur gratis dari facebook ini dapat menjadi andalan untuk membangun komunitas atau bergabung dengan minat yang anda sukai.

Dengan bergabung di facebook group maka pengguna bisa menemukan banyak orang yang memiliki minat yang sama sehingga membantu anda membangun relasi melalui facebook.

Kehadiran facebook group sendiri bermanfaat bagi kreator yang memiliki akun facebook guna melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki sembari mempromosikan produk yang dijual.

Tidak hanya itu, dengan memanfaatkan facebook group maka kreator bisa mendapatkan poin algoritma facebook yang lebih besar sehingga akun serta konten yang dimiliki dapat menjangkau pengguna yang lebih luas.

Namun dalam memanfaatkan facebook group ini tentunya kreator perlu mengetahui cara yang tepat untuk membangun kedekatan dengan komunitas yang dimiliki melalui facebook group.

Karenanya berikut beberapa tutorial membuat facebook group serta pemanfaatannya yang efektif.

cara membuat facebook group

Cara Membuat Facebook Group

Bagi kreator yang ingin memanfaatkan facebook group sebagai media interaksi dengan konsumen yang dimiliki sebaiknya mengetahui cara membuat facebook group yang dapat dibuat melalui akun pribadi atau halaman facebook yang anda kelola.

Berikut tutorial membuat facebook group secara mudah dan cepat.

Cara Membuat Facebook Group Melalui Akun Pribadi

create a facebook group 1

Langkah pertama membuat facebook group adalah dengan masuk ke akun facebook yang anda miliki kemudian klik ikon + untuk melihat menu yang disediakan, kemudian pilih group dan isi beberapa infromasi group yang anda perlukan.

Kreator bisa membuat nama facebook group berdasarkan nama brand atau komunitan yang ingin anda bangun, anda juga bisa melakukan klik Pin to Shortcuts guna membuat group anda dapat ditemukan di bagian kanan facebook profile.

Selanjutnya adalah memilih level privacy dimana kreator sebaiknya mengubah setting group ke mode private sehingga hanya orang-orang yang anda pilih dapat bergabung di grup tersebut.

Hal ini tentunya akan membuat facebook group anda terlihat eksklusif dan menjadikan alasan bagi pengguna facebook serta konsumen untuk bergabung di komunitas yang anda buat,

Kreator bisa memilah pengguna facebook yang dapat bergabung di grup anda sehingga tidak sembarangan orang dapat memasuki komunitas anda serta menjadikan komunitas anda berkualitas dengan penyebaran informasi yang benar serta tidak selalu terlihat jualan.

Langkah berikutnya adalah tentukan pilihan apakah facebook group anda dapat dicari di pencarian facebook serta semua orang dapat bergabung atau menjadikan grup anda tersembunyi sehingga hanya anda yang dapat memasukkan anggota ke dalam grup tersebut.

pasted image 0 46

Bagian terakhir dari melakukan setting facebook group adalah menambahkan teman, fitur ini tentunya opsional namun bisa menjadi langkah yang bagus dalam mengumbangkan sebuah grup.

Kreator bisa mulai menambahkan satu orang teman mulai dari rekan kerja yang anda miliki atau teman dekat yang memiliki minat sama.

Apabila anda sudah menambahkan teman yang diinginkan maka klik create maka kreator akan dibawa ke halaman dimana anda bisa memperbarui gambar group, mengatur unggahan, menjadwalkan konten facebook group, serta menambahkan deskripsi tambahan.

image38

Cara Menambahkan Deskripsi Group

Langkah pertama dalam membuat deskripsi grup adalah menambahkan Add an description di bagian kanan facebook group.

Pemberian deksripsi yang tepat dapat mengundang anggota potensial saat mereka mencari nama anda di pencarian facebook sehingga pastikan deskripsi ditulis dengan jelas sehingga mengundang orang lain untuk bergabung.

Kemudian klik pada bagian tag untuk memilih descriptive tags untuk facebook group yang anda buat.

Cara Menambahkan Cover Photo

Kreator bisa menambahkan cover photo melalui foto atau gambar yang telah anda simpan sebelumnya namun jika kreator ingin mencari gambar lain yang berkaitan maka bisa mencari di website pencarian gambar gratis serta pilih foto yang sesuai.

pasted image 0 39

Setelah memilih foto yang tepat maka kreator bisa masuk kembali ke facebook group kemudian klik upload photo.

Cover grup anda akan terlihat setiap kali anda atau penghuni facebook group lain mengunjungi grup tersebut serta bisa diganti apabila foto sudah tidak lagi relevan.

Pengaturan Facebook Group

Tidak hanya mengubah nama group atau menambahkan cover namun kreator juga menambahkan beberapa pengaturan lain yang berkaitan dengan facebook grup yang anda miliki.

Berikut beberapa pengaturan yang bisa kreator maksimalkan untuk menarik anggota facebook group yang lebih banyak.

facebook group setting

Cara Menambahkan Informasi Group

Dalam membuat facebook group tentunya kreator sebaiknya memasukkan beberapa informasi tambahan yang sesuai dengan komunitas yang ingin anda bangun.

Kreator bisa memilih tipe group dengan masuk ke fitur manage group kemudian klik settings dimana anda akan menemukan beberapa pilihan informasi yang bisa anda isi sesuai dengan keinginan.

pasted image 0 41

Cara Menentukan Lokasi Facebook Group

Tidak hanya memberikan informasi group yang sesuai namun kreator juga bisa menambahkan lokasi yang dimiliki guna menarik pengguna facebook yang memiliki domisili yang sama dengan anda.

pasted image 0 83

Selain itu anda juga bisa menambahkan pertanyaa-pertanyaan penting untuk pengguna facebook sebelum memasuki grup anda guna mempelajari konsumen yang dimiliki serta melihat potensi pembeli untuk ke depannya.

Tutorial Membuat Facebook Page untuk Facebook Group

Anda mungkin berfikir mengapa harus menggunakan halaman facebook di group yang anda miliki?

Sebuah facebook group memang tidak perlu memiliki halaman tersebut namun jika kreator ingin mempromosikan grup yang dimiliki maka anda perlu memilih akun facebook page tersebut.

Hal ini dikarenakan facebook group yang anda miliki bersifat privat sehingga hanya anggota grup yang dapat melakukan percakapan serta melihat konten yang disajikan.

Namun halaman facebook bersifat publik sehingga semua orang bisa melihat konten yang anda unggah, menyukai facebook page tersebut, dimana pengguna facebook dapat melihat unggahan anda di timeline facebook.

Selain itu, memiliki halaman facebook group juga menguntungkan karena anda bisa menjalankan ikland ari grup tersebut serta mempromosikannya melalui social media lain sehingga orang lain dapat bergabung di komunitas yang anda kembangkan.

facebook group add page

Cara membuat facebook page sama dengan facebook group dimana kreator bisa masuk ke ikon + di bagian profile kemudian pilih page.

pasted image 0 62

Kemudian pilih tipe halaman yang ingin anda buat dan pastikan sesuai dengan tema facebook group yang anda buat, jangan lupa untuk memasukkan nama komunitas dan klik get started.

Sama seperti facebook group, tentunya kreator ingin memberikan informasi halaman yang sesuai maka kreator bisa memasukkan foto profile serta cover photo yang sama dengan facebook group yang anda miliki.

Jangan lupa menambahkan deskripsi sebagai informasi utama mengenai facebook group anda dengan masuk ke bagian menu kemudian klik Edit Page.

Masukkan juga beberapa kategori yang relevan dengan halaman facebook anda dan sebuah deksripsi untuk mempromosikan facebook group anda termasuk link guna mengundang pengguna facebook bergabung dengan group anda.

Selain mencantumkan grup anda di bagian deskripsi maka kreator juga bisa menggunaka pinned post yang disematkan di halaman anda sebagai bagian dari promosi grup.

Pinned post sendiri merupakan unggahan biasa yang admin sematkan di bagian atas sehingga semua pengunjung halaman anda bisa melihat postingan tersebut.

Caranya adalah dengan membuat konten facebook seperti biasanya kemudian klik pada ikon publik dimana kreator diberikan pilihan untuk melakukan pinned post.

Hal ini akan membuat postingan anda berada di bagian atas sehingga ketika pengguna facebook mengunjungi halaman anda dari iklan yang anda tayangkan maka mereka dapat masuk ke grup dengan mudah.

Namun selain memaksimalkan penggunaan fitur grup maka kreator juga perlu mengetahui cara mengelola grup secara tepat.

kegunaan facebook group

Tips Maksimalkan Facebook Group Efektif

Di kala kemunculan banyak social media sebagai media promosi yang baru namun facebook masih bertahan dengan adanya pelayanan komunitas dengan baik melalui facebook group.

Di tambah lagi, Facebook masih menjadi salah satu social media terbesar yang memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk membangun komunitas yang kuat.

Tidak hanya itu, apabila kreator berhasil memanfaatkan berbagi fitur dengan baik maka memiliki komunitas di facebook merupakan aset yang berharga bagi kreator sehingga mengurangi kerja keras untuk mendapatkan perhatian karena akun facebook anda akan bertumbuh dengan sendirinya melalui komunitas yang dimiliki.

Di social media lainnya, saat akun anda mulai bertumbuh maka akan semakin banyak usaha yang dibutuhkan dalam membangun kehadiran anda dan interaksi dengan komunitas yang dimiliki.

Namun, cara ini tidak berlaku di facebook karena semakin akun facebook anda berkembang maka komunitas yang dimiliki akan ikut di dalamnya.

Hal ini dikarenakan adanya pemimpin yang muncul secara alami yang menjaga percakapan tetap pada alur dan keberadaan anggota komunitas senior tentunya akan membantu dalam menyambut anggota baru serta mengenalkan budaya yang dimiliki.

Alur tersebut tentunya akan memudahkan kreator sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu dalam membalas komentar atau melakukan interaksi setiap jam dengan konsumen yang dimiliki sehingga kreator bisa fokus ke hal lain.

Selain itu, kreator juga tidak perlu memeriksa grup setiap saat guna mengawasi konten yang diunggah anggota grup karena akan terdapat member lain yang membantu dalam mengawasi budaya yang di bangun di facebook group.

Keuntungan lain dari memiliki facebook group yang sudah stabil adalah kreator tidak perlu mengunggah konten setiap hari karena semakin banyak anggota yang dimiliki maka akan tersedia berbagai konten baru yang menarik setiap saat.

Benefit satu ini tentunya tidak dimiliki oleh social media dimana semakin banyak pengikut yang dimiliki maka kreator akan terus menerus membuat konten yang berkaitan dengan konsumen yang mengikuti anda di social media.

Namun, dalam membangun facebook group yang sesuai keinginan maka kreator sebaiknya mengetahui larangan serta tips di dalam sebuah komunitas facebook.

Hindari Konten Motivasi

Di saat perasaan di pagi hari kurang baik dan membutuhkan penyemangat pagi tentunya sebuah motivasi bisa meningkatkan semangat dalam satu hari.

Namun melihat konten motivasi setiap hari dengan isi yang terlalu menggebu-gebu terkadang membuat seseorang malas membacananya.

Apalagi jika konten tersebut disebarkan di facebook group yang menjadi tempat berbagi pemikiran mengenai minat yang diikuti serta berbagai pengalaman yang berkaitan dengan hobi.

Salah satu kesalahan yang dilakukan kreator ketika membangun komunitas di facebook group adalah melupakan memikirkan konten yang dapat membangun kebiasaan serta budaya di sebuah group.

Mengunggah konten motivasi yang berisi pengalaman hidup serta refleksi dari kejadian sehari-hari terkadang disukai oleh pengguna facebook serta mendapatkan engagement yang tinggi karena banyak orang yang menyukai isi konten tersebut.

Sayangnya, postingan tersebut kadang terlihat kosong serta tidak memiliki nilai di mata komunitas anda karena kreator hanya mendapatkan engagement berupa reaksi dari konten tersebut namun tidak akan menimbulkan percakapan yang dapat mendekatkan anda dengan komunitas yang dimiliki.

Sehingga konten tersebut terlihat bagus karena kreator mendapatkan validasi berupa engagement yang tinggi namun ketika interaksi tersebut berhenti maka isi dari percakapan group akan selesai karena sudah akan sedikit anggota yang melihat konten tersebut.

Apabila kreator membangun budaya komunitas menggunakan konten motivasi maka akan membuat anggota anda mulai mengunggah konten yang sama namun jika postingan tersebut kurang memiliki nilai yang berarti dan kurang membangun interaksi maka budaya di grup tersebut akan terasa datar.

Mengunggah Konten di Luar Konteks

Kesalahan lain yang mungkin akan dilakukan kreator saat membuat facebook group adalah mengunggah telalu banyak foto diri dibandingkan memiliki konten yang relevan dengan topik yang dimiliki.

Hal ini dilakukan saat kreator mengunggah foto yang tidak relevan saat memberikan topik di timeline facebook group guna mendapatkan perhatian lebih.

Sayangnya tipe konten satu ini akan sulit mendapatkan perhatian karena unggahan tersebut bukanlah alasan bagi konsumen untuk bergabung di sebuah facebook group.

Alasan terbesar memasuki sebuah facebook group adalah mendapatkan jawaban dari setiap masalah yang bisa dijawab oleh brand serta produk yang anda miliki.

Sehingga jika kreator hendak mengunggah foto di group maka pastikan gambar tersebut memiliki konteks yang sama dengan isi topik dan relevan dengan unggah tersebut.

Melakukan Konten Branding

Saat mengunggah konten di facebook group mungkin saja kreator akan mencantumkan watermark berupa logo brand atau mengunggah foto produk di setiap konten yang memiliki.

Sayangnya cara ini malah membuat konsumen anda kelelahan melihat berbagai promosi secara terselubung yang anda lakukan.

Hal ini menyebabkan anggota facebook group mulai mengabaikan konten anda karena terus menerus dicekoki oleh brand dan produk yang anda miliki padahal alasan terbesar pengguna facebook untuk bergabung adalah menemukan jawaban dari masalah mereka melalui brand atau produk yang anda miliki.

Mengunggah Konten Tutorial

Banyak facebook group yang berusaha mengajari anggotanya keahlian, layanan, serta produk yang biasa mereka jual, namun mengunggah konten tutorial secara rutin justru kurang disukai oleh anggota facebook group.

Masalah yang muncul saat kreator terus menerus mengunggah konten tutorial adalah orang-orang yang bergabung di grup anda terkadang tidak ingin membicarakan topik tersebut.

Kreator juga perlu mengingat tujuan utama membangun komunitas adalah memiliki interaksi yang natural dengan anggota yang dimiliki dengan konten dua arah.

Sebuah konten tutorial yang diunggah terus menerus akan diabaikan oleh anggota anda guna mencari percakapan yang menarik di tempat lain.

Berikan Batasan yang Jelas

Dalam membuat grup tentunya kreator sebaiknya membuat batasa yang jelas dengan komunitas facebook yang anda miliki.

Hal ini dilakukan mengingat grup yang tidak memiliki batasan dapat membuat anggotanya mengunggah konten apapun sehingga jika kreator dapat membangun budaya yang jelas serta memberikan pengarahan pada anggota yang dimiliki maka kemungkinan masalah yang muncul di grup anda semakin kecil.

Meskipun begitu, baik di grup baru atau komunitas kecil memiliki batasan yang renggang dapat membuat anggota grup merasa bingung saat memutuskan untuk bergabung di grup anda.

Selain itu, memiliki personaliti yang kuat serta serta menjadi pemimpin di grup yang anda miliki dapat membangun budaya yang diinginkan.

Langkah pertama dapat membuat batasan di grup adalah dengan menentukan peraturan dalam mengunggah konten, beberapa peraturan umum yang digunakan oleh sebuah grup adalah tidak memberikan konten motivasi, promosi, links, atau konten yang berkaitan dengan hal tersebut.

Kreator dapat memberikan dua pilihan, yakni mematikan izin mengunggah konten atau menaruh satu moderator yang diberikan kepercayaan untuk menghapus konten yang tidak sesuai.

Cara ini dapat membuat anggota grup mengunggah konten dan seorang moderator agar memberikan perizinan untuk menyebarkan konten tersebut di group.

Selain itu, moderator bisa menghapus konten yang sekiranya melanggar peraturan grup serta memperingatkan anggota tersebut untuk tidak mengunggah konten yang sejenis di kemudian hari.

Diantara dua opsi tersebut, mematikan perizinan mengunggah konten dan memberikan moderator kepercayaan untuk menghapus postingan memberikan keuntungan lebih guna memberitahu anggota mengenai peraturan yang dilanggar secara privat.

Dengan cara tersebut, moderator bisa memberikan arahan ke anggota baru yang tidak membaca peraturan grup dengan benar sehingga melanggar peraturan tersebut.

Bangun Budaya Facebook Grup

Salah satu kunci untuk membawa ke percakapan yang sesuai adalah dengan membangun budaya di komunitas yang dimiliki.

Sebagian besar orang mungkin berfikir cara membangun budaya tersebut adalah dengan menjelaskan isi dari grup tersebut namun cara tersebut nyatanya kurang tepat.

Kreator bisa memulai dengan mengidentifikasi anggota komunitas yang diinginkan sehingga anda bisa menentukan peraturan yang tepat dan sesuai dengan keinginan anggota.

Salah satu contohnya apabila target konsumen adalah ibu muda yang baru memulai bisnis pastinya mereke memiliki kecemasan mengenai hasil yang akan mereka dapatkan saat bekerja dari kantor atau rumah.

Anda bisa memberikan izin bagi anggota grup untuk membagikan keluh kesah yang dimiliki guna membangun kedekatan satu sama lain.

Seseorang biasanya lebih menyukai saat bertemu dengan sesuatu yang relevan dengan masalah yang dimiliki sehingga anda bisa mengubah masalah tersebut ke konten di grup.

Caranya adalah membuat video yang berisi solusi dari masalah anggota grup anda yang bisa anda jawab melalui konten yang inspiratif serta di tonton oleh banyak orang.

Berikan Interaksi Grup yang Bermakna

Kreator dapat menggunakan beberapa cara untuk membangun interaksi dengan anggota grup lain menggunakan fitur yang disediakan oleh facebook group.

Salah satunya adalah membuat postingan facebook yang berisi pertanyaan yang bisa dijawab oleh anggota facebook sehingga mereka bisa memberikan opini dan nasehat di konten tersebut.

Namun kreator bisa menerapak cara yang berbeda di facebook group yang anda miliki, salah satunya adalah memberikan topik yang mungkin disukai oleh konsumen atau menanyakan mengenai konten viral yang telah anda unggah sebelumnya.

Hal ini akan membantu komunitas anda untuk melihat kesempatan dalam melakukan interaksi satu sama lain.

Sumber :

Why Your Facebook Group Is Failing and How to Fix It : Social Media Examiner

Facebook Group Marketing: How to Grow Your Community | Sprout Social

How to Create and Grow an Engaged Facebook Group (neilpatel.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.