fitur baru whatsapp

Kenali 11 Fitur Baru WhatsApp yang Permudah Hidupmu

Kenali fitur baru whatsapp yang tentunya akan membantu mengubah layanan komunikasi menjadi lebih mudah dan nyaman.

Saat ini siapa yang tidak menggunakan platform whatsapp? aplikasi sejuta umat ini sudah digunakan oleh semua kalangan baik tua maupun muda.

Hal ini dikarenakan fitur whatsapp mudah dipelajari dan juga digunakan untuk pemula sekalipun sehingga pengguna gadget saat ini memilih whatsapp sebagai media komunikasi secara online dengan teman atau keluarga.

Melihat banyaknya pengguna baru whatsapp yang bertambah setiap hari dan keinginan untuk menjangkau lebih banyak orang maka platform ini terus berinovasi menghadirkan berbagai fitur baru whatsapp.

Fitur baru whatsapp ini tentunya akan memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dan juga memaksimalkan penggunaan fitur whatsapp yang telah dirilis sebelumnya.

Karenanya sebelum fitur baru whatsapp diluncurkan, kenali dulu keuntungan dan juga 11 fitur baru whatsapp yang akan diluncurkan bertahap

keuntungan whatsapp community

Keuntungan Fitur Baru WhatsApp

Pada blog pribadi milik whatsapp, platform kecintaan miliaran orang ini tengah mengembangkan berbagai fitur baru yang akan diluncurkan secara bertahap.

Pengumuman ini tentunya menjadi salah satu kebahagiaan sendiri bagi pengguna aktif whatsapp yang kerap kali menggunakan platform ini sebagai media komunikasi dengan banyak orang melalui internet.

Whatsapp sendiri juga mengumumkan bahwa whatsapp community akan menjadi fitur unggulan yang berguna untuk menampung banyak orang dalam satu tempat.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi seseorang yang mengelola organisasi atau komunitas tertentu untuk mengumpulkan lebih banyak orang di satu tempat dengan kontrol yang ketat.

Tidak hanya itu, fitur baru whatsapp ini nantinya akan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya serta memudahkan dalam penggunaan layanan yang telah tersedia di whatsapp.

Kumpulkan Lebih Banyak Orang di WhatsApp Community

Kesulitan dalam mengurus organisasi atau komunitas yang dijalani dan memerlukan ruang besar untuk menampung lebih banyak orang? layanan whatsapp community bisa menjadi solusinya..

Fitur baru whatsapp yang sedang dalam proses uji coba ini digadang-gadang menjadi fitur unggulan yang akan memudahkan hidup banyak orang.

Hal ini dikarenakan whatsapp community dapat menampung lebih banyak orang di satu grup besar sehingga memudahkan komunikasi dan koordinasi dengan banyak orang di satu tempat khusus.

Tidak hanya itu, apabila komunitas anda memiliki divisi khusus yang memiliki tugas dan peran berbeda maka admin dapat mengumpulkannya di satu grup kecil khusus yang tentunya bisa diakses oleh admin guna memudahkan pengawasan.

Whatsapp sendiri menyatakan perilisan whatsapp community sendiri diharapkan dapat memudahkan koordinasi di sekolah yang memiliki banyak orang tua murid sehingga memudahkan dalam pemberian informasi satu arah.

Kontrol Grup dengan Adanya Admin

Salah satu kendala dalam mengatur grup adalah banyaknya chat yang terkadang tidak relevan dengan pembahasan grup sehingga menimbulkan spam dan menutup informasi penting yang telah dikirim sebelumnya,

Tidak hanya itu, apabila admin salah memasukkan anggota grup maka bisa saja orang tersebut mengacau kedamaian grup dengan mengirimkan konten tidak pantas yang membuat anggotanya tidak nyaman.

Melihat fenomena yang terjadi ini akhirnya whatsapp merilis fitur baru yang memberikan kuasa penuh bagi admin grup untuk mengatur isi pesan grup dan juga mengeluarkan anggota grup yang kerap kali membuat keributan di grup.

Layanan ini tentu saja memudahkan admin untuk menciptaka tempat yang aman dan nyaman bagi anggota grup untuk berdiskusi dan mencipatakan gebrakan baru yang tentunya berguna bagi orang banyak.

Kemudahan Komunikasi dengan Banyak Orang

Salah satu alasan banyak orang menggunakan whatsapp adalah kemudahan berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan menyimpan nomor telefon seseorang.

Apabila nomor orang yang anda simpan terhubung dengan whatsapp maka mudah bagi anda untuk berkomunikasi melalui whatsapp tanpa perlu mengirimkan pesan singkat yang menghabiskan lebih banyak pulsa.

Tidak hanya itu, whatsapp sendiri juga menyediakn layanan grup yang memudahkan seseorang untuk mengumpulkan beberapa orang di satu tempat khusus guna memudahkan komunikasi serta penyebaran informasi terbaru.

Sayangnya layanan whatsapp group ini memiliki kekurangan yakni sulitnya berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus di satu tempat.

Hal ini dikarenakan adanya pembatasan dalam kuota whatsapp call sehingga hanya ada beberapa orang saja yang dapat bergabung dalam satu kali panggilan.

Akan tetapi, hal ini tidak akan anda alami lagi karena whatsapp tengah mengembangkan inovasi guna memudahkan lebih banyak anggota grup berkomunikasi di satu tempat hingga 32 orang dalam satu kali panggilan.

Fitur baru whatsapp ini tentunya menguntungkan bagi sebuah grup yang memiliki banyak anggota guna mengadakan forum melalui whatsapp call dengan banyak orang sekaligus.

Dengarkan Pesan Suara Lebih Mudah

Pengguna whatsapp tidak hanya dimudahkan untuk berkomunikasi melalui tulisan namun juga pesan suara.

Fitur yang telah lama hadir ini tidak hanya menguntungkan bagi pengguna whatsapp yang tengah sibuk namun harus membalas pesan penting atau bagi pengguna whatsapp yang malas dalam mengetik pesan tulisan yang panjang.

Sayangnya fitur pesan suara ini terkadang menyulitkan pengguna karena sulitnya dalam menghentikan pesan suara sehingga pengguna harus mengulangi dari awal untuk mendengar isi pesan suara yang sebelumnya tidak terdengar.

Disisi lain, terkadang pengguna whatsapp merasa kesulitan dalam mendengarkan intonasi pesan suara yang dikirimkan sehingga timbul perbedaan pendapat akibat maksud pesan yang diterima berbeda.

Berbagai kendala dalam menggunakan pesan suara ini kemudian di dengar oleh whatsapp yang akhirnya memutuskan melakukan pembaruan pada layanan pesan suara guna memudahkan penggunanya memahami isi dari pesan suara.

fitur baru whatsapp

11 Fitur Baru WhatsApp

Meskipun beberapa fitur baru whatsapp belum diluncurkan namun pembaruan layanan pesan suara menjadi salah satu layanan yang diperbarui oleh whatsapp.

Di tahun 2022 sendiri whatsapp mengumumkan akan meluncurkan layanan baru yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan whatsapp yang kini berada di bawah naungan Meta.

Beberapa dari layanan tersebut seperti pembaruan pesan suara sudah mulai diuji coba di beta yang bisa diunduh di platform android atau iOS.

Salah satu fitur baru whatsapp yang digadang-gadang menjadi unggulan adalah whatsapp community.

Dengan adanya layanan ini maka seorang admin dapat mengumpulkan lebih banyak orang dalam satu tempat dengan kontrol yang ketat serta memudahkan komunikasi dengan banyak orang secara terorganisir.

Layanan whatsapp community ini tentunya menguntungkan bagi komunitas besar yang memiliki banyak anggota atau perkumpulan wali murid yang biasanya dihuni oleh banyak orang tua murid yang ingin mengetahui informasi dari sekolah.

Berikut beberapa fitur baru whatsapp yang akan dirilis secara bertahap dan bisa digunakan oleh pengguna whatsapp lainnya.

whatsapp community

Emoticons WhatsApp

Saat mengirimkan pesan ke teman terdekat tentunya tidak lengkap apabila tidak melempar candaan untuk menumbuhkan keakraban satu sama lain.

Pengguna whatsapp terkadang merasa kaku dalam mengirimkan pesan satu sama lain karena isi pesan bisa bermakna berbeda apabila dibaca oleh orang lain.

Karenanya penambahan emoticon terasa wajib untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga isi pesan semakin seru serta menghilangkan perasan kaku saat mengirimkan pesan ke orang lain.

Whatsapp sendiri memiliki banyak emoticon yang berbentuk ekspresi atau ikon yang tentunya bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Beberapa pengguna whatsapp juga terkadang menggunakan emoticon saat mengirimkan pesan berantai agar isi pesan lebih mudah dipahami.

Whatsapp melihat banyaknya pengguna yang hobi menggunakan emoticon di setiap pesan yang dikirimkan untuk menghidupkan suasana komunikasi yang dibangun.

Karenanya whatsapp juga melakukan inovasi dengan meluncurkan layanan emoji reactions dimana pengguna bisa memberikan reaksi terhadap pesan yang dikirimkan oleh orang lain.

message reaction

Fitur emoji reactions yang sebelumnya tersedia di facebook ini juga tengah di uji coba di whatsapp untuk melihat reaksi pengguna dalam menggunakan fitur baru whatsapp tersebut.

Cara penggunaan fitur emoji reactions pun cukup mudah karena pengguna cukup menekan pesan yang dipilih dan kemudian akan muncul pilihan emoticon untuk memberikan reaksi terhadap pesan yang dikirim.

WhatsApp Community

Fitur whatsapp grup masih dirasa kurang untuk menampung banyak orang? menggunakan layanan whatsapp community bisa menjadi solusinya.

Bagi seseorang yang memiliki kesibukan dalam mengatur komunitas terkadang menemui halangan dalam mengumpulkan banyak orang di satu whatsapp group.

Hal ini dikarenakan whatsapp grup memiliki batasan jumlah orang yang bisa dimasukkan di satu tempat sehingga seorang admin biasanya harus membuat beberapa group untuk beberapa keperluan.

Hal ini tentunya menyulitkan bagi pengguna whatsapp untuk memantau banyak anggota pada beberapa tempat sehingga harus memeriksa pesan group satu persatu setiap harinya.

Belum lagi apabila terdapat anggota grup yang mengirimkan isi pesan secara berulang dan berisi konten yang tidak pantas.

Hal ini tentunya menggangu anggota grup lain yang merasa tidak nyaman dengan adanya pesan yang tidak pantas.

Karenanya agar admin group dapat mengatur grup komunitas secara mudah dan lebih terkontrol maka pengguna whatsapp bisa menggunakan layanan whatsapp community.

Fitur baru whatsapp yang tengah dikembangkan ini diharapkan dapat menjawab problema dalam admin group dalam mengatur anggotanya dalam satu tempat khusus.

Hal ini dikarenakan whastapp community group dibagi dalam beberapa tempat yakni grup besar yang dapat menampung lebih banyak anggota dan juga grup kecil yang bisa digunakan sebagai media diskui bagi beberapa anggota grup lainnya.

Fitur baru whatsapp ini juga dilengkapi oleh pengawasan ketat dari admin group yang juga diberikan fasilitas lebih oleh whatsapp.

Admin Group

Saat bergabung di sebuah whatsapp group biasanya seorang pengguna akan diundang terlebih dahulu oleh seorang admin group.

Kehadiran admin group sendiri tidak hanya berguna untuk mengundang seseorang untuk masuk ke whatsapp grup yang dimiliki namun juga mengatur keharmonisan dalam whatsapp group.

Beberapa tugas yang biasanya dilakukan oleh admin group adalah memeriksa percakapan pesan anggota grup guna memastikan tidak ada pesan yang dirasa melanggar.

Tidak hanya itu, admin group juga diberikan keleluasan dalam menutup whatsapp chat sementara sehingga hanya admin yang dapat mengirimkan pesan.

Admin group juga memiliki tugas dalam mengeluarkan anggota whatsapp group yang dinilai tidak aktif lagi dan juga menunjukkan aktivitas dalam jangka waktu tertentu.

Tugas admin group yang banyak ini menjadikan whatsapp meluncurkan fitur baru whatsapp yang memudahkan pengaturan anggota yang dimiliki.

Beberapa fitur baru whatsapp yang bisa digunakan oleh admin group adalah keleluasan dalam menghapus chat yang dirasa tidak pantas dibaca oleh orang lain.

Selain itu, admin whatsapp group juga dapat mengirimkan undangan whatsapp group secara cepat ke banyak orang sehingga memudahkan pekerjaan dalam mengatur grup.

Admin whatsapp community juga diberikan kemudahan lain yakni melarang anggota grup yang dikeluarkan untuk tidak hadir lagi ke grup dengan menghentikan akses link grup yang telah diberikan sebelumnya.

Ukuran File Lebih Besar

Penggunaan whatsapp sendiri tidak hanya digunakan untuk komunikasi dengan teman terdekat atau keluarga.

Lebih dari itu, whatsapp sudah lama dijadikan media komunikasi untuk keperluan formal seperti pekerjaan atau urusan organisasi yang dijalani.

Sehingga tidak mengherankan terjadinya penyebaran file penting dengan berbagai format di whatsapp group guna memudahkan pekerjaan serta permintaan konsumen.

Sayangnya, whatsapp sendiri masih memiliki pembatasan dalam ukuran file yang dikirim sehingga tidak bisa semua dokumen dikirim melalui whatsapp.

Hal ini tentunya merugikan pengguna whatsapp karena mengharuskan untuk mengggunakan platform lain untuk mengirim atau mengakses dokumen dengan ukuran yang besar.

Untungnya whatsapp saat ini berinovasi dengan memperbesar kapasitas file menjadi 2Gb sehingga pengguna bisa mengirimkan berbagai file dengan ukuran yang lebih besar.

Fitur baru whatsapp ini tentunya menguntungkan pengguna untuk mengirimkan dokumen dalam ukuran yang lebih besar ke relasi sehingga memudahkan pekerjaan.

Kapasitas Voice Call Lebih Banyak

Jarak yang jauh kini tidak menjadi penghalang untuk berkomunikasi dengan teman atau orang tersayang yang berada jauh disana.

Melalui fitur whatsapp maka pengguna bisa melakukan komunikasi melalui video call sehingga bisa berkomunikasi melalui pesan suara dan video sekaligus.

Meksipun akan memakan kuota internet yang lebih banyak namun layanan ini lebih efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Layanan video call saat ini tidak hanya bisa digunakan oleh dua orang namun dengan banyak orang sekaligus.

Hal ini bisa dilakukan apabila seseorang bergabung dalam whatsapp group dan ingin berkomunikasi dengan anggota grup lain melalui video call.

Sayangnya layanan video call ini tidak bisa dilakukan oleh banyak orang sekaligus dikarenakan whatsapp memiliki pembatasan dalam jumlah orang yang bisa diajak dalam melakukan video call.

Namun saat ini whatsapp membuat inovasi fitur baru whatsapp yang memungkinkan anggota whatsapp group untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang hingga 32 orang sekaligus.

Fitur baru whatspp ini tentunya berguna bagi komunitas atau organisasi yang biasanya diisi oleh banyak orang sehingga bisa melakukan diskusi darimana saja dan kapan saja melalui layanan video call.

Pause Pesan Suara

Bagi pengguna whatsapp yang sering mendapatkan chat berupa pesan suara terkadang memiliki kesulitan dalam menghentikan pesan suara yang di dapatkan, apalagi jika pesan yang dikirimkan terlalu panjang sehingga membutuhkan waktu untuk memproses isi pesan yang dikirim.

Apabila hal ini terjadi kepada anda maka bisa saja pengguna harus mengulang isi pesan dari awal lagi untuk mengerti isi pesan yang panjang.

Hal ini tentunya menjadi kegiatan yang tidak efektif karena pengguna whatsapp memakan waktu yang lebih panjang guna memahami isi pesan suara yang panjang.

Mengetahui masalah ini akhirnya whatsapp melunucurkan fitur baru whatsapp yang memudahkan pengguanya untuk mengentikan pesan suara ditengah-tengah sehingga pengguna bisa mengulang kembali isi pesan suara yang dirasa terlalu panjang.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menghentikan isi pesan suara yang dirasa terlalu panjang untuk kemudian di dengarkan lagi.

Kehadiran fitur baru whatsapp ini tentunya menguntungkan bagi pengguna whatsapp sehingga bisa mendengarkan isi pesan suara lebuh efektif.

Dengarkan Pesan Suara di Luar WhatsApp Chat

Kesibukan yang padat terkadang membuat banyak orang harus bekerja multi tasking agar pekerjaan yang diemban cepat selesai.

Namun kegiatan pengguna whatsapp bisa saja berhenti sejenak apabila pengguna menerima pesan suara yang harus diberikan perhatian khusus.

Hal ini dikarenakan pengguna whatsapp harus mendengarkan pesan suara di kolom chat tersebut dan tidak bisa keluar sejenak meskipun pesan suara yang dikirim dengan durasi yang penjang.

Kegiatan mendengarkan pesan suara dalam jangka waktu lama tentunya membuat pengguna tidak bisa membalas pesan lain yang menunggu untuk direspon.

Belum lagi jika intonasi pengirim pesan suara kurang jelas sehingga penerima pesan harus menunggu mengulangi isi pesan dari awal.

Hal ini tentunya merugikan penerima pesan karena tidak bisa membalas pesan lain sebelum isi pesan suara selesai di dengarkan.

Namun kini, pengguna whatspp tidak perlu khawatir lagi karena whatsapp meluncurkan fitur baru whatsapp yang memungkinkan penggunanya untuk keluar dari kolom chat namun pesan suara tetap berputar seperti biasanya.

Fitur baru whatsapp ini tentunya menguntungkan bagi pengguna whatsapp karena dapat membalas pesan lain sembari mendengarkan pesan suara yang dikirim.

Dengarkan Pesan Suara Sebelum Dikirim

Saat mengirimkan pesan suara ke orang lain terkadang pengguna whatsapp mengobrol begitu saja hingga terkadang terjadi kesalahan pengucapan yang baru disadari ketika pesan suara di kirim ke orang lain.

Hal ini terkadang membuat pengguna harus mengirim kembali isi pesan suara ke orang lain untuk klarifikasi pesan yang telah dikirim sebelumnya sehingga lebih banyak memakan waktu.

Apalagi jika isi pesan tersebut terlanjur dikirim ke orang penting dan baru disadari beberapa saat setelahnya.

Untungnya whatsapp berencana meluncurkan fitur baru whatsapp dimana pengguna bisa mendengarkan isi pesan terlebih dahulu sebelum dikirm ke orang lain.

Hal ini tentunya menguntungkan pengguna whatsapp agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengirimkan isi pesan suara.

Percepat Isi Pesan Suara

Pesan suara yang panjang terkadang membuat pendengarnya bosan sehingga ingin mempercepat pesan agar cepat selesai di dengarkan.

Apalagi jika pesan suara yang di putar pernah di dengarkan sebelumnya dan pengguna hanya memerlukan inti dari salah satu pesan yang panjang.

Karenanya agar kegiatan mendengarkan pesan suara bisa lebih cepat selesai maka pengguna bisa menggunakan fitur baru whatsapp yang dapat mempercepat pesan suara dalam 1,5-2x kecepatan.

Cara menggunakan layanan ini pun mudah karena pengguna tinggal melakukan klik pada ikon baru guna mengubah kecepatan isi pesan suara.

Pilihan Last Seen Pada Kontak WhatsApp Tertentu

Banyaknya kontak whatsapp yang dimiliki terkadang membuat pengguna memilih beberapa orang yang bisa melihat ikon biru bertanda pesan sudah dibaca.

Pemilihan ini dilakukan karena terkadang beberapa pengguna whatsapp menghindari pesan yang dikirim dibaca oleh orang lain.

Sayangnya saat seseorang mematikan last seen maka semua kontak yang di pilih tidak bisa melihat kapan anda membaca pesan yang dikirim.

Untungnya di awal tahun lalu, whatsapp meluncurkan fitur baru whatsapp dimana pengguna bisa memilih siapa saja kontak yang dapat melihat status pesan anda dan siapa saja yang tidak.

Hal ini menguntungkan bagi pengguna whatsapp yang menghindari beberapa orang tertentu di whatsapp namun sering berkomunikasi dengan anda melalui pesan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.