cara menggunakan whatsapp business

Tips Mudah Maksimalkan Layanan Whatsapp for Business

Layani konsumen dengan cepat dan efektif dengan penggunaan fitur whatsapp for business yang maksimal.

Beberapa tahun lalu untuk memesan produk kesukaan biasanya konsumen harus datang ke toko langganan terlebih dahulu atau mengirimkan pesan singkat ke penjual untuk mendapatkan barang keinginan.

Cara ini terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama bagi pembeli untuk mendapatkan barang keinginan sehingga perlu memikirkan ulang untuk membeli barang yang dibutuhkan.

Akan tetapi, saat ini konsumen dapat lebih mudah membeli produk keinginan dengan mengirimkan pesan ke akun whatsapp for business milik penjual.

Tidak hanya itu, produsen pun dapat melakukan jemput bola untuk mendapatkan konsumen yang dituju atau melayani pembeli agar proses jual beli semakin lancar.

Akan tetapi, sebelum menggunakan berbagai layanan dari whatsapp for business maka kreator sebaiknya mengetahui cara aktivasi akun serta tips menggunakan berbagai fitur yang disediakan secara efektif.

apa itu whatsapp for business

Apa Itu Whatsapp for Business

Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan cara komunikasi seseorang mulai berubah dengan perlahan.

Jika dulu seseorang perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mengirimkan pesan ke orang lain kini cara komunikasi pun menjadi lebih mudah.

Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan pengiriman pesan secara online seperti Facebook atau Wechat.

Whatsapp sendiri menjadi salah satu platform komunikasi digital yang banyak digunakan oleh semua orang di seluruh dunia.

Banyaknya pengguna yang di peroleh oleh Whatsapp berkat kemudahannya dalam mengirimkan pesan baik melalui pesan singkat atau suara bahkan penambahan video atau foto yang membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan murah.

Whatsapp juga tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi dengan keluarga atau teman terdekat namun juga di pakai sebagai media komunikasi antar pembeli dan penjual.

Platform ini pun melihat potensi besar dari penggunaan layanan whatsapp untuk komunikasi bisnis hingga akhirnya mengeluarkan layanan whatsapp for business.

Melalui akun whatsapp for business maka penjual dapat memberikan layanan maksimal kepada pembelinya, mulai dari layanan pemesanan hingga informasi produk yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, penggunaan whatsapp for business juga memiliki beberapa alasan diantaranya aplikasi whatsapp for business yang gratis dengan berbagai layanan yang diberikan. akses komunikasi yang mudah, serta penggunaan whatsapp yang bisa diakses di berbagai negara.

Tidak hanya itu, agar proses promosi menjadi lebih maksimal maka penjual bisa menyajikan berbagai informasi tambahan mulai harga yang ditawarkan hingga gambar produk yang membuat pembeli tergiur untuk membeli barang yang dijual.

Di sisi lain, sebelum menggunakan berbagai layanan yang diberikan oleh whatsapp for business maka penjual sebaiknya mengetahui cara aktivasi akun whatsapp untuk mempermudah layanan dengan konsumen serta penggunaan fitur yang lebih maksimal.

keuntungan whatsapp for business

Keuntungan Menggunakan Whatsapp For Business

Whatsapp for business tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dengan konsumen secara efektif.

Namun berbagai fitur yang diberikan dapat dipakai untuk meningkatkan keuntungan yang lebih mudah dan efektif.

Berikut beberapa keuntungan dalam menggunakan layanan whatsapp for business :

Jangkau Konsumen yang Lebih Luas

Beberapa tahun belakangan, promosi produk dan pelayanan konsumen menjadi lebih mudah berkat adanya internet serta berbagai aplikasi yang mampu memudahkan promosi serta layanan konsumen yang lebih maksimal.

Salah satu layanan aplikasi yang bisa digunakan sebagai media promosi dan layanan konsumen sekaligus adalah whatsapp for business.

Melalui platform ini, produsen bisa mempromosikan produk yang dimiliki melalui fitur katalog serta berkomunikasi dengan konsumen menggunakan layanan chatting.

Di sisi lain, penggunaan whatsapp yang saat ini digunakan oleh sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia menjadikan penjual memiliki kesempatan besar untuk melakukan komunikasi dengan pembeli yang berada di luar negeri.

Sehingga tidak ada lagi halangan untuk melakukan ekspansi ke luar negeri yang tentunya akan membantu meningkatkan keuntungan lebih cepat.

Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Berbelanja melalui internet kini menjadi aktivitas yang jamak dilakukan oleh banyak orang, melalui gadget yang ada di tangan kini konsumen mampu melakukan proses transaksi secara mudah dan cepat.

Di tambah lagi dengan hadirnya market place atau social media shopping menjadikan pengguna internet dapat membeli barang dengan mudah tanpa perlu ke luar rumah.

Meskipun begitu, pembeli kini juga bisa melakukan transaksi secara mudah melalui layanan chatting yang ada di whatsapp for business.

Cukup dengan menyimpan nomor telefon penjual maka pembeli bisa mengakses berbagai layanan yang diinginkan seperti melihat produk yang di jual serta bertanya mengenai ketersediaan produk serta metode pembayaran yang diberikan.

Dengan adanya fasilitas dari whatsapp for business maka pembeli bisa mendapatkan pengalaman baru untuk melakukan transaksi melalui pesan singkat dan mendpatkan informasi promosi yang aktual dari penjual secara langsung.

Menaikkan Komunikasi Antar Team

Kemudahan dalam menggunakan berbagai layanan di whatsapp for business untuk berkomunikasi dengan konsumen tidak hanya menguntungkan bagi penjual namun customer service yang melakukan interaksi langsung dengan pembeli.

Dengan kemudahan fitur yang diberikan menjadikan tingkat kepuasan pegawai meningkat hingga 50% dibandingkan saat menggunakan layanan tradisional.

Hal ini dikarenakan customer service dapat menjawab berbagai keluhan konsumen melalui layanan chatting sambil menawarkan penawaran khusus kepada pembeli lain melalui fitur pengiriman gambar sehingga customer service dapat memberikan dua hal sekaligus dalam satu tempat.

Keuntungan yang Berlipat Ganda

Dengan berbagai layanan yang diberikan oleh whatsapp for business yang dapat digunakan secara maksimal oleh penjual tentunya akan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda dibandingkan menggunakan layanan komunikasi tradisional.

Tidak hanya itu, kemudahan dalam menjawab berbagai pertanyaan dan pelayanan konsumen menjadikan pembeli akan terus setia kepada anda meskipun banyak kompetitor yang datang silih berganti.

Koneksi dengan Instagram serta Facebook Shop

Beberapa orang mungkin sudah mengetahui bahwa tiga platform social media besar di dunia yakni Instagram, Facebook, serta Whatsapp bergabung dalam satu perusahaan besar bernama Meta.

Dengan penggabungan tiga social media ini maka pengguna bisa menyambungkan tiga aplikasi tersebut untuk mendapatkan layanan yang maksimal.

Salah satu contohnya melakukan setting iklan berbayar atau penjadwalan konten instagram yang bisa dilakukan melalui layanan facebook creator studio.

Begitu juga dengan whatsapp for business yang bisa dikoneksikan ke akun instagram dan facebook shop sehingga penjual dapat menjangkau konsumen yang lebih mudah serta promosi produk yang lebih optimal.

Tidak hanya itu, konsumen juga bisa mendapatkan layanan konsumen lebih cepat menggunakan layanan whatsapp for business.

Cara Aktivasi Akun Whatsapp For Business

Bagi penjual skala kecil yang bingung untuk mencari layanan komunikasi untuk konsumen yang mudah namun lengkap maka platform whatsapp for business bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal ini dikarenakan layanan whatsapp for business memiliki berbagai fitur lengkap untuk konsumen yang bisa digunakan secara gratis dan dapat dijangkau oleh konsumen secara mudah.

Akan tetapi sebelum menggunakan berbagai layanan yang diberikan oleh whatsapp for business, ketahui dulu cara mengaktifkan akun ini.

Download Aplikasi Whatsapp Business

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menggunakan layanan whatsapp for business adalah dengan mengunduh aplikasinya di gadget yang dimiliki.

Saat ini aplikasi whatsapp for business dapat diunduh di layanan android atau iOS sehingga tidak ada alasan bagi penjual untuk menggunakan platform satu ini.

Tidak hanya itu, whatsapp for business juga bisa diakses melalui dekstop melalui layanan windoews sehingga memudahkan penjual untuk fokus di jam kerja tanpa perlu melirik ke akun social media lain yang ada di handphone.

Pastikan juga memori penyimpanan yang ada di handphone cukup untuk menyimpan aplikasi ini serta berbagai data yang sekiranya dibutuhkan dalam proses komunikasi dengan konsumen.

Setujui Aturan yang diminta oleh Whatsapp Business

Setelah aplikasi whatsapp for business sudah terpasang di gadget anda maka penjual diminta untuk menyetujui berbagai aturan yang sudah dipersiapkan oleh platform ini.

Penjual sebaiknya membaca berbagai aturan yang diminta agar nantinya tidak melanggar peraturan sehingga komunikasi dengan konsumen menjadi lebih lancar.

Apabila penjual sudah memahami peraturan yang diminta serta setuju untuk mengikuti aturan yang ada maka anda bisa melakukan klik pada ikon kotak yang ada di bagian bawah untuk menuju ke langkah selanjutnya.

Masukkan Nomor Telefon

Salah satu hal yang paling penting dalam proses pendaftaran akun whatsapp for business adalah memasukkan nomor telefon bisnis guna memudahkan konsumen dalam menghubungi nomor telefon anda.

Pastikan nomor telefon sudah diketik dengan benar agar kode verifikasi terkirim ke nomor anda bukan ke orang lain.

Penjual bisa menunggu beberapa saat sebelum akhirnya mendapatkan angka verifikasi yang dikirimkan melalui pesan singkat, anda bisa memasukkan kode tersebut agar verifikasi disetujui oleh whatsapp.

Apabila anda tidak kunjung mendapatkan kode verifikasi melalui pesan singkat maka penjual bisa menggunakan layanan lain yakni panggilan suara

Isi Informasi Perusahaan dengan Benar

Setelah penjual mengisi kode verifikasi dan mendapatkan persetujuan dari whatsapp maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengisi informasi dengan benar.

Informasi ini nantinya berguna untuk memberitahukan konsumen mengenai produk yang anda jual serta brand yang dikembangkan sehingga membuat konsumen percaya.

Penjual bisa mengisi beberapa informasi penting seperti nama bisnis, logo bisnis, serta kategori yang sesuai dengan bisnis anda.

Dalam pemilihan foto logo bisnis maka pastikan kualitas foto terbaik sehingga mudah dilihat oleh konsumen guna mengidentifikasi nama perusahaan anda.

Pemilihan foto tentunya akan membuat konsumen tertarik untuk berkomunikasi dengan anda dibandingkan menggunakan foto profil yang kurang jelas.

Pelajari Berbagai Layanan yang Diberikan

Bagi penjual yang baru pertama kali menggunakan layanan whatsapp for business maka bisa mempelajari berbagai layanan yang diberikan melalui deskripsi singkat yang diberikan oleh whatsapp.

Akan tetapi, jika penjual sudah memahami berbagai layanan yang diberikan maka anda bisa melakukan klik pada ikon Not Now untuk beralih ke layanan settings.

Pada layanan ini nantinya kreator dapat menemukan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk pelayanan konsumen secara maksimal.

Beberapa fitur yang bisa ditemukan oleh penjual di akun whatsapp for business adalah katalog dimana penjual bisa mengisi berbagai foto produk dan deskripsi singkat guna menarik memudahkan konsumen dalam mempelajari produk anda.

Penjual juga bisa menyambut konsumen yang baru menambahkan nomor anda dengan fitur greeting message sehingga pembeli merasa mendapat sambutan yang baik dari penjual.

Namun apabila konsumen memiliki beberapa pertanyaan spesifik yang bisa dijawab secara otomatis maka fitur quick replies akan membantu menjawabnya dengan kode tertentu sehingga memudahkan penjual dalam melakukan interaksi dengan konsumen.

Penjual juga bisa memilih pesan mana saja yang belum di balas, perlu mendapatkan balasan dengan cepat, serta sudah di balas dengan menggunakan label warna yang disediakan oleh whatsapp for business.

Pilihlah warna yang mencolok dan mudah diingat agar penjual tidak keliru dalam memberikan label chat konsumen.

Tips Menggunakan Whatsapp For Business

Penggunaan whatsapa for business untuk kegiatan bisnis tentunya memiliki berbagai alasan tersendiir, baik untuk komunikasi dengan konsumen atau promosi ke pelanggan tetap.

Berikut beberapa tips menggunakan whatsapp for business untuk berbagai kebutuhan sehari-hari.

Gunakan Whatsapp For Business untuk Media Promosi

Sama seperti facebook atau instagram yang memiliki akun business untuk memaksimalkan brand awarenss sebuah brand maka Whatsapp sendiri juga memiliki layanan business yang memudahkan konsumen untuk melihat berbagai produk yang anda jual.

Dalam memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang anda promosikan maka kreator bisa memaksimalkan penggunaan profil business dan katalog.

Melalui fitur profil maka kreator dapat mengisi berbagai informasi penting yang berguna bagi konsumen seperti alamat toko offline yang dapat dikunjungi kapan saja,

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memanfaatkan layanan katalog yang bisa diisi berbagai informasi produk seperti foto, deskripsi singkat mengenai barang yang dijual, serta harga yang ditawarkan.

Detail informasi yang lengkap tentunya akan memudahkan konsumen untuk memilih barang yang diinginkan sebelum akhirnya membeli produk keinginan.

Keberadaan halaman business tentunya meningkatkan keinginan konsumen untuk melakukan interaksi dengan anda.

Salah satu contohnya apabila konsumen ingin mengetahui informasi bisnis anda namun terlalu malas untuk mencari informasi di google atau social media maka dengan akun whatsapp for business maka pembeli dapat mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Layanan Pesan Bot untuk Komunikasi yang Efektif

Jumlah konsumen yang terus bertambah setiap hari tentunya menjadi keinginan bagi semua penjual karena berarti keuntungan yang berlipat ganda terlihat di depan mata.

Akan tetapi, semakin banyak konsumen yang dimiliki berarti penjual harus dengan sigap membalas berbagai pesan dengan cepat agar layanan konsumen semakin maksimal.

Di sisi lain, penjual tentunya harus melakukan berbagai pekerjaan lain seperti mebuat produk, mengemas barang, serta mengirimkannya melalui jasa pengiriman.

Karenanya agar pelayanan konsumen semakin optimal namun tidak memakan banyak waktu penjual maka anda bisa menggunakan layanan pesan bot.

Dengan fitur ini maka konsumen bisa mendapatkan jawaban mengenai informasi produk tertentu secara cepat dengan memasukkan kata kunci tertentu,

Keberadaan layanan pesan bot ini tentunya memudahkan konsumen untuk mendapatkan jawaban secara cepat sehingga bisa langsung memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Meskipun begitu, penjual tetap harus tetap sering mengecek pesan yang dijawab oleh pesan bot sehingga konsumen bisa mendapatkan barang keinginan secara cepat tanpa waktu lama.

Sesekali penjual juga bisa menjawab pertanyaan konsumen secara langsung sehingga pembeli merasakan interaksi dua arah secara menyenangkan karena terkadang komunikasi melalui pesan bot terkesan kaku sehingga kurang disukai oleh konsumen.

Rapihkan Berbagai Pesan Masuk dan Keluar

Banyaknya pesan yang masuk terkadang membuat penjual bingung akan pesan yang harus di balas terlebih dahulu atau di berikan promosi lebih lanjut.

Guna membedakan berbagai pesan yang masuk lebih mudah maka penjual bisa menggunakan fitur label untuk membedakan satu pesan dengan yang lain.

Tidak hanya itu, whatsapp for business juga bisa di hubungkan dengan layanan lain yang memudahkan penjual memasukkan berbagai kontak yang telah menghubungi nomor anda.

Penggunaan layanan ini tentunya memudahkan penjual untuk memantau konsumen yang dimiliki sehingga memudahkan dalam proses promosi produk atau respon konsumen yang baru saja masuk.

Tidak hanya itu, apabila penjual memiliki konsumen yang terus menerus memesan produk anda maka penjual bisa menyimpan nomor tersebut sehingga anda bisa mengirimkan berbagai konten promosi lebih mudah.

Beberapa cara promosi yang efektif menggunakan layanan whatsapp for business adalah pesan broadcast ke beberapa konsumen sehingga penjual tidak perlu mengirimkan katalog promosi satu persatu yang tentunya akan memakan lebih banyak waktu.

Selain itu, penjual juga bisa mengirimkan promosi secara tidak langsung melalui fitur whatsapp story dimana anda bisa mengirimkan konten promosi berupa foto atau video produk yang bisa diakses dalam waktu satu hari.

Pemberian konten promosi melalui whatsapp story yang menarik tentunya akan membuat konsumen tergiur membeli produk anda.

Rancang Campaign Promosi yang Sesuai

Kegunaan akun whatsapp for business sebagai media promosi tentunya membuat penjual sebaiknya merancang strategi campaign promosi yang sesuai.

Hal ini dilakukan agar penjual mengetahui strategi promosi yang tepat di akun whatsapp for business, apakah hanya untuk membuat pembeli membeli produk anda atau meningkatkan pengunjung ke akun market place yang dimiliki.

Beberapa campaign promosi yang bisa dilakukan oleh penjual adalah menjadikan whatsapp for business sebagai layanan konsultasi.

Layanan ini tentunya disukai oleh konsumen untuk menanyakan berbagai masalah yang dihadapi dengan produk yang anda jual.

Tidak hanya itu, pembeli juga bisa melakukan konsultasi mengenai pilihan produk yang sesuai dengan masalah yang dihadapi sehingga hasil yang di dapatkan bisa lebih maksimal.

Guna memudahkan konsultasi dengan konsumen maka penjual bisa mengirimkan rekomendasi e-book yang sesuai dengan masalah yang dihadapi sehingga pembeli mendapatkan pengetahuan baru mengenai masalah yang dihadapi.

Perbarui Informasi Katalog Secara Rutin

Banyaknya produk yang di jual serta varian baru yang di rilis secara rutin membuat penjual juga harus rutin memperbarui informasi mengenai produk yang di jual.

Hal ini dilakukan agar konsumen anda di whatsapp for business tidak ketinggalan informasi mengenai produk yang anda jual.

Tidak hanya itu, bagi pembeli baru yang berkunjung ke akun anda bisa menemukan produk yang ditemui di social media secara mudah sehingga tidak terjadi perbedaan informasi.

Penjual juga bisa memperbarui harga produk atau ketersediaan barang secara rutin agar konsumen mendapatkan pemberitahuan secara rutin.

Di sisi lain, konsumen tidak perlu berharap pada produk yang sekiranya habis namun masih di pajang sehingga pembeli bisa memilih produk lain yang masih tersedia.

Karenanya penting bagi penjual untuk memperbarui informasi katalog secara guna memudahkan pemberian informasi untuk konsumen.

Hubungkan Akun Whatsapp for Business ke Social Media

Memiliki akun whatsapp for business tanpa dipromosikan sama sekali tentunya akan sia-sia karena konsumen tidak akan mengetahui nomor anda sehingga memilih melakukan komunikasi menggunakan fitur pesan langsung di social media.

Karenanya agar semakin banyak konsumen yang mengunjungi nomor whatsapp for business maka penjual bisa menyelipkan nomor anda ke link social media yang dimiliki.

Dengan memajang nomor anda ke akun social media maka akan memudahkan konsumen untuk menghubungi anda sehingga mendapatkan layanan konsultasi yang lebih maksimal.

Pencantuman kalimat call to action dan pemberiaan hadiah gratis di akun whatsapp for business juga bisa menjadi magnet yang membuat konsumen tertarik untuk menambahkan nomor anda dan melakukan komunikasi menggunakan layanan whatsapp for business

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.