Cara membuat stiker WA Sendiri dengan Cepat

4 Cara Membuat Stiker WA Sendiri dengan Cepat

Dengan cara membuat stiker WA, Anda dapat mengubah percakapan yang membosankan menjadi lebih menarik. Pelajari caranya di sini!

Cara membuat stiker WA mungkin perlu Anda ketahui untuk membuat percakapan di platform yang satu ini lebih menarik. Apa itu stiker WA?

Stiker WA atau Whatsapp adalah salah satu fitur yang bisa Anda temui di aplikasi pengiriman pesan bernama Whatsapp.

Whatsapp adalah sebuah aplikasi perpesanan atau messenger instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa perlu menggunakan pulsa.

Aplikasi ini beroperasi dengan menggunakan jaringan koneksi internet dan juga memanfaatkan teknologi Voice over IP (VoIP) yang dimiliki oleh Facebook, Inc.

Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat saling mengirim pesan teks dan suara, melakukan panggilan suara (audio) dan video, berbagi gambar/ foto, video, dokumen, lokasi, dan jenis format media lainnya.

Whatsapp Inc didirikan pada 24 Februari 2009 di Mountain View, California, United States oleh Brian Acton dan Jan Koum yang dulu bekerja sebagai karyawan Yahoo!.

Barulah pada November 2009, Whatsapp akhirnya resmi dirilis di App Store untuk iPhone. Setelah berhasil masuk ke App Store, pada bulan Januari 2010 Whatsapp sudah masuk ke Blackberry Store.

Kemudian pada Agustus 2010, dukungan Whatsapp untuk Android OS sudah ditambahkan. Whatsapp adalah salah satu aplikasi pengirim pesan dengan jumlah pengguna yang banyak.

Jumlah pengguna Whatsapp mencapai angka 2 miliar orang di seluruh dunia. Pengguna aktif internet di Indonesia sendiri mencapai 202,6 juta jiwa per Januari 2021.

Sedangkan Whatsapp menempati posisi kedua dalam kategori media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Persentase pengguna Whatsapp mencapai 87,7%.

Itu artinya, pengguna media sosial pengirim pesan instan ini tak kurang dari 176 juta. Nah, seiring dengan berjalannya waktu, fitur yang tersedia pada aplikasi ini semakin berkembang dan inovatif.

Salah satu fiturnya adalah stiker WA. Fitur ini dapat Anda gunakan ketika berkomunikasi dengan orang lain melalui chat atau pesan. Secara tampilan, Stiker WA serupa dengan emoji, hanya saja memiliki varian yang lebih beragam.

cara membuat stiker wa

Manfaat Whatsapp

Sebelum membahas tentang cara membuat Stiker WA, tidak ada salahnya jika mengetahui apa saja manfaat yang akan didapat jika menggunakan Whatsapp. Berikut ini beberapa manfaat Whatsapp.

Media Komunikasi Personal atau Grup

Dengan adanya Whatsapp, Anda dapat berkirim pesan dengan pengguna lain baik dalam bentuk teks, audio, file dokumen, foto, dan video baik secara personal maupun grup.

WhatsApp juga mengizinkan pengguna untuk saling berbagi lokasi dengan dengan rentan waktu selama beberapa jam atau secara real-time.

Selain dapat berkirim pesan, Anda juga dapat menelpon pengguna lain dan juga melakukan video call dengan mereka. Pengguna dapat saling berkomunikasi dalam sebuah grup.

Fitur terbaru juga memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dalam grup dengan anggota terbatas. Anda dapat memanfaatkan Whatsapp sebagai tempat perkumpulan suatu komunitas secara daring.

Melalui sebuah grup, Anda dapat terhubung dengan para anggota komunitas lainnya sehingga penyebaran informasi dan komunikasi mudah dilakukan. Dampaknya, aktivitas komunitas pun dapat berjalan dengan baik.

Media Pendidikan

Kemudahan komunikasi menjadi alasan penggunaan WhatsApp sebagai media pendidikan dan pembelajaran.

Banyak contoh seperti sekolah, universitas, serta lembaga kursus memanfaatkan WhatsApp sebagai tempat belajar dan berbagi informasi, baik secara personal maupun grup.

Pandemi COVID-19 juga memaksa anak-anak untuk belajar secara daring dari rumah lewat aplikasi WhatsApp. Cukup dengan membuat grup chat, Anda dapat mengundang para partisipan masuk ke grup dan kelas dapat dimulai.

Media Bisnis

Whatsapp sering dimanfaatkan untuk kegiatan berbisnis. Misalkan promosi, informasi produk, dan pemesanan. Para pebisnis yang menggunakan Whatsapp dapat mempromosikan produknya kepada konsumen.

Fitur story biasanya dimanfaatkan pebisnis untuk mengiklankan produk hingga testimoni pembeli. Anda juga bisa melakukan promosi dengan mengirimkan informasi produk ke grup chat atau melalui pesan broadcast.

WhatsApp juga telah menghadirkan Business version sehingga para pebisnis lebih maksimal dalam menanggapi pesan yang masuk. 

Di WhatsApp Business, pengguna dapat menambahkan fitur jam buka hingga auto-reply sehingga sangat sesuai untuk kebutuhan bisnis.

Berbagi Informasi dan Hiburan

WhatsApp juga dapat dimanfaatkan sebagai media berbagi informasi dan hiburan. Dukungan fitur forward akan mempercepat penyebaran informasi dari pengguna satu ke pengguna lain, bahkan grup.

Pengguna juga dapat memanfaatkan story untuk berbagi hal-hal seru, sebagai hiburan. Sama seperti Instagram, Anda dapat membuat story yang dapat dilihat oleh teman Anda.

Anda dapat memasukkan teks, caption, stiker, dan sketsa atau gambar pada story dengan fitur yang tersedia.

kelebihan

Kelebihan Stiker WA

Stiker WA sering digunakan pada saat berkomunikasi melalui teks atau pesan. Sebelum mengetahui tentang cara membuat Stiker WA, perlu diketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan Stiker WA.

Gratis

Pada aplikasi WhatsApp seperti yang sudah dijelaskan di atas, berbagai stiker yang dapat digunakan merupakan fitur gratis yang diberikan untuk para penggunanya.

Whatsapp menyediakan Sticker Pack atau kumpulan stiker dengan tema tertentu yang dapat Anda unduh secara gratis dan langsung digunakan.

Selain itu, terdapat pula aplikasi yang menyediakan stiker yang dibuat oleh orang lain. Atau jika Anda ingin memiliki stiker yang berbeda dari milik orang lain, Anda dapat melanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui cara membuat Stiker WA.

Perbedaan stiker yang ada di WhatsApp dan pesaingnya yaitu Line adalah, Aplikasi Line terdapat beberapa stiker gratis, namun kebanyakan stiker yang ada merupakan stiker berbayar yang harus dibeli melalui Line Store. 

Bisa Dibuat Sendiri

Seperti yang sudah dibahas di atas bagaimana cara membuat Stiker WA secara personal di aplikasi ini, keunggulan kedua dari fitur stiker yang ada adalah Anda dapat membuat stiker sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat dengan mudah mengunggah berbagai macam gambar yang Anda sukai untuk digunakan sebagai stiker di aplikasi WhatsApp Messenger.

Dapat Menyimpan Stiker dari Pengguna Lain

Keunggulan yang ketiga dari fitur stiker di aplikasi WhatsApp Messenger adalah Anda dapat menyimpan stiker dari pengguna lain yang ingin Anda gunakan.

Misalkan seorang teman mengirimkan stiker yang menurut diri Anda menarik, Anda dapat menyimpan stiker tersebut.

Cara untuk menyalin stiker pada aplikasi WhatsApp Messenger adalah, pertama temukan stiker yang Anda ingin simpan kemudian beri tanda bintang pada stiker yang telah Anda pilih untuk disimpan.

Setelah itu, stiker yang telah diberi tanda bintang akan muncul pada daftar koleksi stiker di perangkat Anda dan Anda sudah dapat menggunakan stiker tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak perlu kesusahan untuk membuat stiker-stiker lain yang Anda inginkan, ataupun mengeluarkan biaya untuk membeli stiker kesukaan Anda.

Dimana pada aplikasi pesaing WhatsApp Messenger yaitu Line, jika ada stiker Anda sukai, Anda akan diarahkan ke Line Store untuk membeli stiker tersebut.

perbedaan

Perbedaan Stiker WA dan Stiker Line

Berdasarkan penjelasan di atas, telah diketahui bahwa aplikasi messenger lainnya yang memiliki fitur stiker adalah Line. Namun, apa yang membedakan keduanya?

Pada awalnya, Line yang terlebih dahulu merilis fitur ini banyak digemari masyarakat karena memiliki beragam stiker yang dapat diunduh secara gratis.

Stiker yang ada pada Line memakan storage RAM yang cukup besar di dalam gadget pengguna. Sedangkan WhatsApp lebih berfokus pada kegunaan awalnya yaitu untuk bertukar pesan yang memiliki tampilan sederhana.

Namun, pada bulan Oktober tahun 2018, WhatsApp melakukan pembaruan fitur dan menambahkan fitur stiker ini yang dapat digunakan oleh para penggunanya.

Selain itu, WhatsApp juga menyediakan fitur dimana para penggunanya dapat membuat stiker personal yang dapat digunakan untuk bertukar pesan menggunakan foto sendiri maupun foto orang lain.

Nah, apakah Anda tertarik dengan cara membuat Stiker WA? Berikut penjelasannya!

Cara Membuat Stiker WA

Cara membuat Stiker WA sebenarnya ada bermacam-macam. Ada beragam alternatif yang bisa Anda coba untuk cara membuat Stiker WA.

Secara keseluruha, ada 3 cara membuat Stiker WA yang bisa Anda coba, yaitu melalui aplikasi ketiga, menggunakan situs yang diakses melalui browser, dan menggunakan Whatsapp BOT untuk membuat stiker.

Cara Membuat Stiker WA Menggunakan Aplikasi

Cara Membuat Stiker WA yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jika Anda mencari aplikasi untuk membuat Stiker WA di Play Store atau App Store, ada banyak opsi yang bisa Anda pilih.

Lalu, aplikasi mana yang harus dipilih untuk cara membuat Stiker WA yang mudah? Anda tidak perlu bingung, kami akan memberikan rekomendasi dan tutorial cara membuat Stiker WA menggunakan aplikasi tersebut.

Personal Sticker for Whatsapp

Aplikasi pembuat Stiker WA yang pertama adalah Personal Sticker for Whatsapp. Aplikasi yang satu ini tergolong sangat ringan, hanya 2,5 MB saja. Sehingga, tidak akan memberatkan perangkat Anda.

Berikut langkah-langkah cara membuat Stiker WA menggunakan aplikasi Personal Sticker for Whatsapp yang bisa Anda ikuti.

Siapkan Gambar yang Akan Dijadikan Stiker

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan gambar atau foto yang nantinya ingin dijadikan stiker. Anda perlu menyiapkan setidaknya tiga foto atau gambar.

Hal tersebut dikarenakan minimal foto yang diperlukan untuk membuat stiker pribadi adalah tiga buah. Hapus latar foto dan mengubah format foto yang ada menjadi PNG agar foto yang ada memiliki latar belakang transparan.

Anda bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop atau aplikasi Background Eraser yang berfungsi untuk menghapus latar gambar. Atau, alternatif lainnya yaitu Anda bisa langsung mengunduh gambar yang Anda inginkan.

Unduh Aplikasi Personal Sticker for Whatsapp

Setelah gambar yang akan dibuat menjadi stiker sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi pembuat stiker melalui Play Store atau App Store.

Unduh aplikasi Personal Sticker for Whatsapp, atau jika Anda adalah pengguna Android, Anda bisa menggunakan tautan berikut ini Personal Sticker for Whatsapp

Di dalam aplikasi tersebut, Anda akan melihat beberapa gambar yang muncul yang dapat kamu jadikan stiker WhatsApp. Pastikan format stiker yang Anda inginkan sudah benar yaitu format PNG.

Hal tersebut karena aplikasi Personal Sticker for WhatsApp hanya dapat membaca foto dengan format PNG.

Buat Stiker

Setelah gambar Anda siap dijadikan stiker, bukalah aplikasi yang baru saja Anda unduh. Cari opsi create sticker packTuliskan judul sticker pack Anda dan masukkan semua gambar tadi ke dalam sticker pack itu lewat opsi yang diberikan.

Jika ada pertanyaan untuk mengakses folder gambar dan video, pilih opsi Allow. Setelah itu pilihlah gambar yang tadi dan pilih save sticker atau simpan stiker.

1
Tambahkan Stiker di Whatsapp

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menekan tomboh add dan stiker Anda siap digunakan. Silakan sebarkan stiker tersebut di chat.

Untuk menyimpan stiker yang tidak ada, caranya cukup dengan menekan stiker itu, lalu pilih save to favorite.

Ketika akan mengakses stiker itu, Anda cukup memilih ikon bergambar bintang. Di sana terdapat stiker-stiker yang telah Anda favoritkan.

2

Sticker Maker

Aplikasi untuk cara membuat Stiker WA selanjutnya adalah Sticker Maker. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah Sticker Maker meraih rating 4,7 di Play Store.

Artinya, banyak pengguna aplikasi ini yang merasa aplikasi ini berjalan dengan baik dan memiliki pengalaman yang bagus. Meskipun ukuran aplikasi yang tergolong besar, yaitu 17 MB, tapi sepadan dengan fitur yang disediakan aplikasi ini.

Sticker Maker menyediakan beragam fitur yang lengkap untuk Anda membuat Stiker WA. Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan lain seperti Adobe Photoshop atau Background Eraser karena Anda bisa mengedit langsung di aplikasi ini.

Berikut cara membuat Stiker WA menggunakan aplikasi Sticker Maker.

Unduh Aplikasi Sticker Maker

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan memasang aplikasi ini pada perangkat Anda.

Unduh aplikasi Sticker Maker yang tersedia baik di Google Play Store untuk Android maupun App Store untuk iOS. Untuk pengguna Android Anda bisa klik tautan berikut ini Sticker Maker

Jika sudah, buka aplikasi Sticker Maker dan pada halaman awal aplikasi Anda akan diminta untuk menulis nama untuk stiker yang nantinya Anda akan buat.

Buat Stiker

Setelah menulis judul stiker di halaman awal, selanjutnya Anda akan melihat beberapa kotak kosong yang memiliki logo galeri. Pilih salah satu kotak yang ada di tampilan tersebut.

Setelah klik kotak tersebut, Anda akan diminta untuk memberikan akses foto yang Anda miliki. Klik Allow untuk memberikan akses tersebut agar aplikasi Sticker Maker dapat mengakses galeri foto.

Selanjutnya, pilih foto atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker. Untuk mengedit gambar, pilih Smart select yang dapat membantu Anda memproses foto dengan melakukan pemotongan foto menjadi format PNG.

1

Tambahkan berbagai tulisan ke dalam stiker. Anda juga bisa memberikan garis kerangka foto agar stiker yang dibuat terlihat lebih tegas.

maker 2

Selanjutnya, simpan stiker yang sudah dibuat dengan menekan tulisan simpan stiker yang ada. Sehingga secara otomatis, kotak yang tadinya kosong akan terisi dengan stiker yang telah Anda buat.

3
Tambahkan ke Whatsapp

Setelah stiker Anda berhasil dibuat, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menambahkannya ke Whatsapp. Tekan opsi tambahkan ke WhatsApp.

Dengan begitu Anda sudah dapat menggunakan stiker yang telah Anda buat menggunakan Sticker Maker pada aplikasi WhatsApp Messenger Anda.

Cara Membuat Stiker WA Menggunakan Browser

Bagaimana jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk membuat Stiker WA? Anda dapat menggunakan alternatif cara membuat Stiker WA yang satu ini.

Selain sangat mudah dilakukan, cara ini juga bisa menghemat ruang memori pada smartphone. Nah, jika ingin menggunakan cara ini, pastikan koneksi internet lancar agar situs website dapat diakses.

Langkah pertama, buka situs pembuat stiker WhatsApp di alamat berikut ini  https://wasticker.app/id. Selanjutnya, klik tombol Pilih Gambar dan pilih gambar atau GIF yang telah disiapkan untuk dibuat stiker.

Pilih gambar dengan format JPG, PNG, WEBP untuk membuat stiker diam. Jika Anda ingin membuat stiker bergerak (animasi), silakan pilih gambar dengan format GIF.

Setelah gambar terunggah, isi nomor WhatsApp di kolom yang tersedia. Kemudian, klik tombol Buat untuk membuat stiker dan tunggu prosesnya sampai selesai. 

Setelah itu, klik Kirim Stiker untuk mengirim stiker pada nomor WhatsApp Anda. Setelah stiker dikirimkan, simpan stiker ke kolom favorit. Nah, stiker tersebut akan tersimpan di sana.

4

Cara Membuat Stiker WA Menggunakan BOT

Cara membuat Stiker WA yang terakhir adalah dengan menggunakan layanan BOT Stiker Whatsapp. Layanan ini berupa nomor atau kontak yang bisa Anda hubungi melalui pesan teks Whatsapp.

Nomor BOT Stiker WA merupakan suatu program layanan yang memungkinkan para pengguna bisa secara otomatis atau instan membuat stiker sesuai dengan keinginan.

BOT WA sendiri lebih dikenal dengan istilah Chat BOT yang umumnya dipakai untuk keperluan bisnis.

Sistem kerjanya seperti mesin penjawab otomatis yang memungkinkan balasan pesan dilakukan dengan lebih cepat sesuai dengan format telah ditentukan.

Setiap BOT dirancang khusus dengan beberapa fitur di dalamnya sehingga mampu merespon pesan yang masuk secara otomatis. Dengan menggunakan BOT, seluruh aktivitas yang dilakukan bisa lebih cepat dan mudah.

Namun BOT hanya bisa memahami beberapa perintah tertentu saja sesuai yang telah ditentukan oleh pembuatnya. Dengan begitu pengguna hanya perlu memasukkan perintah yang sesuai agar dipahami oleh BOT.

Secara otomatis BOT akan membalas pesan yang diberikan sesuai dengan perintah yang dimasukkan. Anda bisa mencari nomor BOT Stiker WA di mesin pencari Google.

Cara membuat stiker WA menggunakan BOT Stiker WA ini cukup mudah. Anda hanya perlu menyimpan atau menambahkan nomor kontak BOT tersebut.

Kemudian, kirimkan perintah berupa pesan teks pada BOT tersebut. Kirimkan pula gambar atau foto yang ingin Anda buat menjadi stiker. Dalam beberapa detik, BOT akan mengirimkan Stiker WA yang sudah jadi.

Anda cukup menambahkan stiker tersebut dengan mengklik opsi Save to Favorite. Selanjutnya, Anda bisa mengakses stiker tersebut melalui menu Favorite dengan ikon bintang.

Nah, itulah cara membuat Stiker WA yang bisa Anda coba. Secara keseluruhan, ada 3 alternatif cara membuat Stiker WA yaitu dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga, menggunakan situs pembuat stiker, dan menggunakan BOT Stiker WA.

Selamat mencoba!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *